Daftar Isi [Tampilkan]
Pada Hari Minggu, 16 Juli 2017 lalu saya menghadiri sebuah workshop yang begitu dinantikan oleh banyak orang, terutama calon blogger. Saya yang newbie blogger aja antusias sekali, apalagi lokasinya terbilang ga begitu jauh dari rumah saya di Jagakarsa. Dalam hati saya bilang, "Pokoknya saya harus bisa ikutan acara ini. Saya mesti terjaring sebagai pesertanya" 😄

Tips dan Trik Blogging Antara Hobi dan Profesi Bersama Ani Berta

Saya buru-buru daftar via Whatsapp dan langsung mengisi form yang diberikan mas Said. Alhamdulillaah bisa join di acara ini. Biar dapat ilmu ngeblog sama ahlinya nih. Makin pintar, makin banyak rezekinya deh aamiin hehehe. Memangnya bisa dapat uang dari blog? Hhmm... bisa dong! Dari hobi menjadi profesi, lalu bisa memperoleh penghasilan, siapa yang ga mau? 😍

Peserta yang hadir sebanyak 60 orang dari berbagai usia dan profesi. Ada murid SMU, mahasiswa, karyawan, blogger, dokter, fotografer dan masih banyak lagi. Semua berkumpul di Gedung Republika di bawah komunitas RepzoneSocmed. Workshop "Blogging: Hobi dan Profesi" ini disponsori oleh Republika dan I_shoppedhere bekerja sama dengan Indonesian Social Blogpreneur (ISB) dengan pembicaranya yaitu Ani Berta.

Kenalan dengan Ani Berta

Tak kenal maka tak sayang. Yuk, kenalan dulu sama si teteh 😃
Teh Ani Berta adalah lulusan dari STIKMI Bandung. Lahir di Bandung, 20 Juni 1977 dan mulai ngeblog sejak tahun 2008. Sebelumnya beliau sudah malang melintang berkarir di bidang akunting selama 13 tahun di beberapa perusahaan hingga akhirnya memutuskan menjadi full time blogger.
 
Tips dan Trik Blogging Antara Hobi dan Profesi Bersama Ani Berta
Teh Ani Berta
 
Kata teh Ani, awalnya menulis blog berisi curhat-curhatan, cerita sehari-hari, kemudian tips bekerja di kantor, menerima telepon, tamu, customer dll. Bagusnya sih kalau udah curhat, buru-buru cari solusinya nah siapa tau jadi inspirasi. Teh Ani Berta bisa traveling ke Singapura dan Malaysia berkat ngeblog. Ia juga sudah keliling ke 10 provinsi juga lho. 
 
Beliau pernah dikontrak selama 3 bulan oleh sebuah NGO Australian Ad secara eksklusif. Keren yach! Gajah mati meninggakan gading, blogger mati meninggalkan tulisan. Begitu sih katanya hehehe 😊 Untuk menjadi blogger yang oke, kita mesti rajin membaca, ga cukup hanya googling. Begitu pula dengan teks yang mencerminkan kemampuan dan kepribadian seseorang. jadi jangan sepelekan ya.

Ini dia nama media sosialnya.
Blog: anny.blogdetik.com, aniberta.com
Email: aniberta@gmail.com
Twitter: @ani.Ringo
Instaram: @ani.berta
 

Tentang Blog

Blog mulai dikenal di Indonesia sejak tahun 2004. Sejak internet diciptakan di dunia, blog awalnya diperkenalkan oleh seorang mahasiswa asal Amerika yaitu Justin Hall. Blog berasal dari kata web blog yang artinya log in weblog atau masuk ke dalam blog. Isi blog adalah tulisan berupa ungkapan pribadi pemilik blog atau konten tertentu sesuai tujuan pembuatan blog oleh pemiliknya. Adapun jenis platform blog ada blogspot, wordpress, blogdetik, Thumblr dan domain sendiri.

Menulis bisa membuat perubahan dunia seperti tokoh nasional yaitu R. A. Kartini dan internasional yaitu Anne Frank. Yuk, menulis dengan menjadi diri sendiri! Tulis dengan ekspresi, percaya diri, sunting setelah selesai menulis dan mulai sekarang juga. Dengan menulis sebagai blogger, kita bisa menjadi copy writer, content writer, book writer lho, mau? 😍
 

Tujuan Menulis Blog

Menulis blog itu ada tujuannya. Misalkan saya nih yang sejak duduk di bangku SD hobi menulis diary. Saya ingin memiliki sejarah yang suatu hari nanti bisa menjadi warisan untuk anak-anak saya, suami dan keluarga. Apalagi saya juga suka menuliskan status di media sosial, sayang kan kalau tenggelam ga disimpan tersendiri. Selama ini alhamdulillaah tulisan saya bermanfaat bagi orang lain. Saya senang dapat memberikan informasi tentang hal-hal yang memang saya sukai dan langsung dituangkan ke dalam blog saya.

Menurut teh Ani Berta, tujuan membuat blog selain menciptakan sejarah sendiri juga bisa menambah wawasan, mengembangkan hobi menulis, mencurahkan hati, sebagai bahan penulisan buku, memberitakan kepada khalayak, memperoleh penghasilan, sebagai media promosi serta bisa juga menjadi kampanye politik.

Menulis blog berarti kita menuangkan ide dalam bentuk opini, essay atau membuat karangan fiksi. Blog bermanfaat sebagai jembatan informasi, merekam dan membagikannya kepada orang lain. Nah, sepertinya saya pun bermaksud membuat arsip kehidupan nih membuat blog. Selain mengekspresikan diri, refreshing dan healing suasana hati kita, siapa tau bisa memberikan inspirasi bagi pembaca dan membuka banyak peluang.

Tips dan Trik Blogging Antara Hobi dan Profesi Bersama Ani Berta
Rosinta Gabriela Berbagi Cerita Blogging

Rosinta Gabriela berbagi cerita tentang ngeblog bisa memperoleh wawasan, diundang event, memberikan penghasilan dan lain-lain. Teh Ani berpesan kepada para peserta workshop agar jika memiliki blog usahakan memberi nama yang bagus terutama nama kita sendiri saja. Bisa juga nama perusahaan atau apa pun yang penting bukan asal-asalan, supaya dikenal orang.

Apa aja sih yang ditulis di dalam blog? Bermacam-macam aktivitas blog kita, seperti menulis artikel berupa opini, reportase, fiksi, non fiksi, dan sebagainya. Oh ya, jangan lupa Blog Walking ke blog-blog lain supaya menambah pertemanan sesama blogger dan pageviewers. Selain itu ita bisa mendapatkan referensi untuk menulis, membuat konten blog dengan tulisan tema tertentu, video, musik, animasi serta sebagai optimisasi SEO. 

4 Poin Penting Membuat dan Menulis Blog

Teman-teman, ada 4 poin penting nih syarat membuat dan menulis blog. Apa aja sih? Pertama, kita mesti bisa mengoperasikan komputer. Kedua, memiliki email aktif. Ketiga, menyiapkan foto, file, tulisan atau video yang akan di-upload sebagai penambah konten blog. Keempat, terkoneksi dengan internet. Nah, gimana? Oh ya sebagai tambahan, lingkungan sekitar, kejadian yang ditemui di suatu tempat, pengalaman pribadi dan penelitian ilmiah bisa menjadi bahan untuk artikel blog lho. Yuk, mulai dari sekarang! 

Tips dan Trik Blogging Antara Hobi dan Profesi Bersama Ani Berta
Pak Dian Kelana

Pak Dian Kelana, fotografer senior sejak tahun 1981 yang kini sudah berusia 62 tahun aja masih semangat sekali ngeblog. Pak Dian tergabung di Kompasiana sejak 2009. Pernah katanya beliau ini menulis 45 artikel dalam 18 hari. Mayoritas fotografinya di perjalanan. Wah, keren banget, Pak Dian! 

Beliau juga menulis buku lho. Ada 1 buku yang diberikan secara cuma-cuma untuk seorang peserta workshop karena bisa mengikuti kata-kata MC_ mas Roy Saputro yang njelimet itu hehe saya aja udah lupa saking susahnya. Selamat buat yang dapat bukunya! 


Tips dan Trik Blogging Antara Hobi dan Profesi Bersama Ani Berta
Pak Irfan Junaedi

Pak Irfan Junaedi selaku Pemred Republika berkesempatan hadir dan memberikan sepatah dua patah kata. Kami dipersilakan datang ke gedung ini untuk mengikuti kelas socmed. "Sejak November 2016 ada kelas intensif selama 6 bulan. Kita bisa belajar membuat twitter, iklan Facebook dan masih banyak lagi. Mau gabung di Repzone Republika? Colek aja mbak Rahmi dan Nadin ya. Instagram, Twitter dan Facebook namanya: @repzoneid", ujarnya.

Tips dan Trik Blogging Antara Hobi dan Profesi Bersama Ani Berta


Untuk membuat blog di blogspot, caranya adalah:

- - Buka browser yang tersedia
- - Ketik link www.blogger.com
- - Klik tombol ‘sign up’ atau daftar di pojok kanan atas url halaman blog.
- - Masukkan email yang telah dibuat di google di kolom ‘sign in
- - Klik blog baru, maka akan masuk ke registrasi.
- - Masukkan data-data yang diminta di halaman registrasi.


Tips dan Trik Blogging Antara Hobi dan Profesi Bersama Ani Berta
Coffee Break

Tips dan Trik Blogging Antara Hobi dan Profesi Bersama Ani Berta
Komunitas Repzone Republika


Tips dan Trik Blogging Antara Hobi dan Profesi Bersama Ani Berta
Sebagian Peserta Workshop


Tips dan Trik Blogging Antara Hobi dan Profesi Bersama Ani Berta
Workshop


Tips dan Trik Blogging Antara Hobi dan Profesi Bersama Ani Berta
Saya Bersama Teh Ani Berta


Tips dan Trik Blogging Antara Hobi dan Profesi Bersama Ani Berta
Saya Bersama Pak Dian Kelana


Tips dan Trik Blogging Antara Hobi dan Profesi Bersama Ani Berta
Berada di Depan Gadung Republika Jakarta


Tips dan Trik Blogging Antara Hobi dan Profesi Bersama Ani Berta
Bersama Sebagian Teman Blogger (Foto: Maria Soraya)


Tips dan Trik Blogging Antara Hobi dan Profesi Bersama Ani Berta
Pose Bareng Para Peserta Workshop (Foto: Maria. S)

Teh Ani berhahap agar banyak yang menulis agar ilmu yang diperoleh benar-benar dipublikasikan, bukan hanya semangat pada saat workshop saja. Ada kemauan tanpa action percuma saja, tidak akan mendapatkan apa yang diharapkan. Jika ada sedikit kemauan dan kerja keras, harapan teman-temen setelah workshop tidak akan sekadar angan-angan atau keinginan saja. 
 
Sebaiknya keinginan itu dibarengi usaha dan menjalani proses. Oh ya, teh Ani Berta juga berpesan, sebaiknya menulis reportase itu maksimal 2 hari setelah event biar masih fresh gitu. Blog walking jangan kelupaan juga karena bisa sebagai booster, memperoleh kata pencarian. 
 
Selain itu kan link blog kita saat memberikan komentar pun akan terekam di blog teman kita. Gimana? Seru kan? Yuk, lah mulai bikin blog dari sekarang! Semoga tulisan ini bermanfaat buat kita semua. Terima kasih teh Ani Berta. Semoga kita bisa bertemu lagi di lain kesempatan. Wassalam.