Daftar Isi [Tampilkan]
Hai, teman-teman! Kita ketemu lagi di sini. Sebelumnya saya sudah menuliskan Kreasi Resep So Good Bakso Ayam Kuah Instan Ala Nurul Sufitri, dibaca juga yach 😊 Mungkin ada teman yang bertanya-tanya, "Kenapa sih mbak Nurul demen banget pamer masakan apalagi ayam?".

Hehehe..hhmm..sebagai penggemar masakan ayam, rasanya kurang afdol jika saya ga berbagi resepnya dong. Oh ya, resep kali ini diikutsertakan dalam Lomba Kreasi Masak Ramadhan dan Idul Fitri ala SO GOOD #BPNxSOGOOD yang diselenggarakan oleh SO GOOD bersama Blogger Perempuan Network #RamadhanSoGoodAyamPotong
 
So Good Ayam Goreng Cabai Hijau Ala Nurul Sufitri (Foto: dokumen pribadi)
 

Produk So Good (Foto: Dokumen pribadi)


Saya tuh kalau bikin apa-apa maunya serba praktis ga pake ribet. Pilihan saya sudah pasti ayam potong So Good. Saya tahu deh kalau semua produk So Good dibuat dari daging pilihan terbaik. So Good Ayam Potong diolah secara higienis melalui proses yang modern dan uji kualitas ketat. Jadi ga perlu ragu mengonsumsi produk So Good. Oh ya, harganya terjangkau juga kok. So Good Is Very Good ini sudah ada sejak tahun 1999 oleh PT So Good Food Manufacturing. Pada tahun 2000 namanya berubah menjadi So Good.

Suka makan chicken nugget juga kan? Nah produk So Good Chicken Nugget dan sejenisnya telah melewati proses pemasakan pada suhu 170° C selama tidak kurang dari 3 menit. Setelah itu langsung dibekukan dengan cepat agar kesegaran dan kelezatannya terjamin. Begitu juga nutrisi kandungan daging olahannya.


Struk Pembelian Produk So Good (Foto: dokumen pribadi)


Kenapa saya memilih ayam potong So Good? Ssssttt.. saya kasih tau rahasianya hihii... 😄😃 Ayam So Good ini berkualitas sekali, berasal dari peternakan sendiri yang moderen (JAPFA). Selain itu, pembiakannya selektif juga. Ayam dikembangkan dan diseleksi agar pertumbuhannya efisien, menghasikan daging lebih banyak dan ga mudah sakit.

Nah ini ga kalah penting. Ayam So Good ga disuntik hormon. Hhmm... besarnya alami kan ga dibuat-buat deh. Lalu dipotongnya di rumah potong ayam yang bersertifikasi. Ada label MUI nya pula. Proses secara halal dari awal hingga akhir.

Potongan ayam So Good ga menempel atau melekat satu sama lain. Begitu dipotong, dibekukan sempurna dalam waktu 45 menit. Selain itu, proses IQF mengunci empat kualitas yaitu segar, gizi, rasa dan bersih. Ayam potong ini sangat praktis tinggal diolah tanpa perlu dipotong bahkan dicuci. 


Ayam Potong So Good dan Bumbu Ungkeb (Foto: dokumen pribadi)


Resep So Good Ayam Goreng Sambal Cabai Hijau Ala Nurul Sufitri



Bahan-bahan ayam ungkeb:
1 bungkus So Good ayam utuh potong 10
Bawang merah 6 siung
Bawang putih 5 siung
Garam secukupnya
Daun serai 2-3 helai
Daun jeruk 4 helai
Kunyit 2 buah
Air secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Bahan-bahan sambal cabai hijau: 
Cabai hijau keriting 80 - 100 buah
Cabai rawit hijau 50 - 80 buah
Tomat 3 buah
Garam secukupnya
Terasi yang sudah disangrai sesuai selera
Gula pasir secukupnya

Cara membuat:
1. Cuci bersih semua bumbu, kupas kemudian ulek hingga halus atau bisa juga menggunakan blender.


Bumbu Ayam Ungkeb (Foto: dokumen pribadi)


Bumbu Ayam Ungkeb Setelah Dihaluskan (Foto: dokumen pribadi)


2. Siapkan wajan. Tuangkan minyak goreng secukupnya. Masukkan bumbu ayam ungkeb ke dalam wajan, aduk perlahan. Tambahkan daun serai dan  3 helai daun jeruk.

Bumbu Ayam Ungkeb, Serai, Daun Jeruk (Foto: dokumen pribadi)


3. Siapkan air mineral sebanyak 250 ml. Masukkan daging ayam, aduk terlebih dahulu perlahan sampai bumbu melumuri semua potongan ayam, tunggu beberapa saat.

4. Tambahkan air mineral sebanyak 250 ml kemudian aduk.


Air Mineral 250 ml (Foto: dokumen pribadi)


Mengungkeb Ayam So Good Is Very Good (Foto: dokumen pribadi)


Ayam Ungkeb So Good (Foto: dokumen pribadi)


6. Ayam ungkeb So Good sudah matang. Simpan di wadah dan siap digoreng. Biasanya saya menggoreng ayam secukupnya dulu, selebihnya disimpan di kulkas. Supaya pas dimakan pas panas, jadi pas lezatnya 😍


Ayam Potong So Good Sudah Matang (Foto: dokumen pribadi)


7. Siapkan bahan bahan sambal hijau seperti yang telah disebutkan di atas yaitu tomat, cabai hijau keriting dan cabai rawit hijau.

Bahan-bahan Sambal Cabai Hijau (Foto: dokumen pribadi)


8. Rebus semua bahan sambal hingga layu di atas api sedang.


Merebus Bahan Sambal (Foto: dokumen pribadi)

9. Ulek hingga tercampur dan merata. Saya bikin sambal sebanyak ini selain langsung dinikmati bersama ayam goreng, biasanya saya simpan di kulkas sebagai persediaan. Sebanyak ini sih pas untuk seekor ayam. Cocok juga buat pecinta makanan pedas seperti keluarga saya hehehe. Nikmaaat!
 
Sambal Hijau (Foto: dokumen pribadi)


10. So Good ayam goreng sambal hijau sudah selesai dimasak dan siap dihidangkan. Tambahkan beberapa irisan tomat dan mentimun. Selain bisa sebagai hiasan, pastinya enak juga dimakan lho. Banyak vitaminnya, bikin tubuh kita semakin sehat. Yuk, makan! 😍


Ayam Goreng Sambal Hijau Ala NUrul Sufitri (Foto: dokumen pribdi)


So Good Ayam Goreng Sambal Hijau Ala Nurul Sufitri (Foto: dokumen pribadi)




Teman-teman, yuk ikutan! Lomba Kreasi Masak Ramadhan dan Idul Fitri Ala SO GOOD ini berlangsung mulai 8 Juni hingga 23 Juli 2017. Jurinya adalah Chef Ari Galih. Semoga berkenan dan bermanfat ya, wassalam.