Daftar Isi [Tampilkan]

Sungguh tak menyangka aku bisa memperoleh penghasilan dari iklan yang bergentayangan di personal blog-ku. Dulu, aku mulai menulis blog hanya untuk menyalurkan hobi menulis saja. Kini, Google AdSense membuatku makin semangat menulis dan meraup pundi-pundi secara online dengan cara menyenangkan. Siapa mau dapat ‘Surat Cinta dari Google?”. 


Pengalaman Pertama Gajian Google AdSense Cara Daftar dan Aktivasi Iklan Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
 

Banyak orang yang mulai blogging karena ingin menghasilkan uang dari internet. Google AdSense semakin diminati dan menjadi incaran bloggers. Apalagi sejak Google AdSense mendukung website berbahasa Indonesia, semakin banyak bloggers yang mendaftar Google AdSense. 

Kali ini aku mau berbagi cerita ‘Gajian pertama dari Google’ yang pastinya membuatku senang, bangga dan bahagia sekali. Mungkin banyak teman blogger yang sudah mencapainya lebih dari sekali bahkan berkali-kali. Namun ga ada salahnya kan kalau aku bagikan juga kisah seru yang 'romantis' ini? 😀

Gara-gara postinganku waktu itu di status Facebook tentang gajian ini, ga sedikit japrian menghampiri. “Gimana sih cara daftarnya?” atau “Kok aku belum sampai juga PIN AdSense-nya?” atau “ Apa sih tips supaya lekas terkumpul USD 100 padahal aku sudah lama banget ngeblog?” dan sebagainya. 

Aku memang bukan tipe pengajar yang pandai mentransfer ilmu, karena aku pun seperti ini ngulik sendiri, sama halnya ketika memasang Google Analytics. Jadi memang butuh waktu lama buatku memahaminya meskipun sampai saat ini aku masih meraba-raba hahaha 😂 😂 😂 😂  

Pokoknya aku ga bermaksud menggurui ya, tapi sekadar berbagi pengalamanku ‘Gajian AdSense”. Aku baca dan kumpulkan tentang AdSense terutama dari laman Google Adsense ditambah Qword Com, Cloud Raya Blog, Niagahoster, CNN Indonesia, Dewa Web. Yuk, kita simak bersama!

Tentang Google AdSense

Apa Itu Google AdSense?

Google AdSense merupakan program advertising CPC (Cost Per Click) dari Google yang memungkinkan pemilik website/ blog mendapatkan uang dengan cara gratis dari iklan yang tayang pada blog. Dengan AdSense, kita bisa menampilkan iklan yang menarik dan relevan bagi pengunjung website/ blog, bahkan menyesuaikan tampilan serta nuansa iklan agar sesuai dengan blog yang kita miliki. 

Tayangan Iklan di Blog

Program AdSense menyediakan iklan yang ditayangkan oleh Google Ads pada blog. Google akan membayar untuk iklan yang telah tayang berdasarkan klik pengguna pada iklan atau tayangan iklan. Iklan dapat berupa teks, gambar, video tertarget sesuai dengan minat pengunjung blog.  

AdSense menayangkan iklan di blog kita secara otomatis yang ditargetkan ke konten atau pengunjung. Jadi kita memang ga bisa memilih iklan sesuai keinginan. Saat iklan berjalan dan aktif, kita sebagai pemilik blog bisa melihat iklan tersebut, tetapi ingat jangan mengklik iklan sendiri ya. 

Tujuan pemasangan iklan pada website/ blog ini adalah membantu pemasang iklan untuk memasarkan produknya yang sesuai dengan minat pengunjung. Biaya dari pengiklan yakni 68% untuk pemilik website dan sisanya untuk Google. AdSense memberikan akses cepat dan otomatis ke banyak sumber permintaan pengiklan. Ini merupakan persaingan untuk mendapatkan ruang iklan, iklan yang lebih relevan dan iklan untuk semua konten online.

Manfaat Google AdSense

Dilansir dari laman Google AdSense, berikut adalah beberapa manfaat dari AdSense:

  • Hanya iklan yang membayar paling tinggi yang akan ditampilkan. Tingkatkan pendapatan dengan memanfaatkan jaringan terbesar pengiklan online yang mengajukan tawaran untuk ruang iklan kita.
  • Iklan yang tepat untuk audiens. Iklan ditinjau untuk memastikan iklan tersebut berkualitas tinggi dan relevan dengan konten atau audiens, bahkan saat dilihat dari smartphone dan tablet, sehingga kita dapat meningkatkan penghasilan secara online.
  • Kita/ publisher yang memegang kendali. Jika ada iklan yang tak disukai, kita bisa memblokirnya dan memilih tata letak iklan di blog.

Tips Mudah Diterima AdSense

Ternyata iklan-iklan yang diharapkan muncul di personal blog aku ga semudah yang dibayangkan, teman-teman. Pengajuan akun AdSense baru yang diterima oleh Google harus sesuai dengan TOS (Term of Service) yang ditentukan oleh Google. 

Berikut tips cara daftar Google AdSense supaya lekas diterima Google AdSense:

1.    Usia di atas 18 tahun

Google AdSense hanya menerima publisher baru yang berusia di atas 18 tahun. Jika usia kalian belum mencukupi, maka gunakan data dari nama kakak, saudara atau orang tua. Hal ini berhubungan dengan akun dan pengiriman kode PIN akun AdSense untuk aktivasi.

2.    Pastikan hanya memiliki 1 akun

Setiap publisher hanya boleh memiliki satu akun AdSense saja. Dari satu akun AdSense kalian bisa menambahkan banyak website untuk dipasangi iklan AdSense. Kalau kekeuh ingin punya juga, bisa pinjam identitas kakak, saudara, orang tua. Hati-hati kalau sampai ketahuan nanti akun AdSense kalian bakal langsung di-banned oleh Google karena dianggap menyalahi aturan.

3.    Website sudah terindeks Google

Awal menulis di blog aku ga pernah kenal dengan Google Search Console. Di tengah perjalanan ngeblog, lambat laun aku mempelajari gimana blog dan kontenku dipastikan sudah terindeks Google. Agar artikel cepat terindeks Google, cobalah cara berikut ini:

  • Daftarkan website/ blog di Google Webmaster (Console). Sekarang ini Google menjadi penyumbang traffic terbesar dari internet. Perangkat ini gratis kok, kita tinggal daftar dengan menyiapkan email aja.
  • Tambahkan Sitemap. Sitemap atau peta situs berfungsi memudahkan robot crawler spider Google untuk melakukan indeks pada blog kita seperti diantaranya author, category, post, page dan tag yang perlu di-submit ke Search Console.
  • Langkah setelah terindeks. Kita mesti melakukan optimasi website/ blog agar bersaing di halaman pertama pencarian Google dengan teknik SEO. Perhatikan metric mulai riset kata kunci, navigasi website, kualitas konten, internal link, external link dan kecepatan website.

4.    Perhatikan umur website/ blog

Untuk bisa mendaftarkan blog ke AdSense, kita harus menunggu minmal 1 bulan. Ada juga sih yang menyarankan idealnya 6 bulan aja supaya peluang diterimanya lebih besar.

5.    Perhatikan jumlah konten

Teman-teman perlu banget membuat konten yang banyak dengan kualitas yang baik serta bermanfaat bagi pembacanya. Dengan demikian Google bisa melihat blog kalian berpotensi dipasang iklan AdSense.

6.    Sudah memiliki pengunjung

Semakin banyak pengunjung yang datang ke blog kita, semakin besar pula potensi penghasilan dari iklan yang diperoleh. Usahakan visitors harian minimal 100 orang.

7.    Navigasi website

Ternyata salah satu penyebab blog ditolak AdSense saat mendaftar adalah navigasi website/ blog yang membingungkan. Desain tema/ template blog harus baik dan ga lemot. Ga perlu warna ngejreng, cukup warna polos atau lembut aja, bersih dan simple.  

Menu navigasi yang dapat diakses dan mudah digunakan (atau panel menu) adalah bagian penting dalam memberikan pengalaman pengguna yang baik. Perhatikan apakah penataan sudah benar, teks jelas dan mudah dibaca serta menu drop-down sudah berfungsi dengan benar.

8.    Konten menarik dan unik

Konten yang bersifat unik, segar, menarik dan asli bukan hasil copy paste akan dinilai Google sebagai artikel berkualitas. Durasi pengunjung membaca tulisan kita pun penting, semakin lama berarti semakin bagus isi konten tersebut. 

Pertimbangkan susunan elemen seperti teks, gambar dan lainnya di halaman blog Tata letak harus terlihat mengundang dan pengunjung harus dapat menemukan apa yang mereka cari dengan mudah.

9.    Buat halaman about, contact dan privacy policy

Ada peraturan dalam kebijakan Google AdSense bahwa mencantumkan ketiga halaman tersebut adalah wajib.

10.    Lakukan posting rutin saat masa peninjauan

Selama masa peninjauan AdSense, ada baiknya teman-teman ngeblog setiap hari. Hal ini menunjukkan bahwa blog kalian layak untuk bekerja sama dengan AdSense.

Cara Mendaftar Google AdSense

Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mendaftar Google AdSense dari laman Support Google:

  1. Buka situs Google AdSense terlebih dulu di https://www.google.com/adsense/start
  2. Klik “Mulai” di pojok kanan atas yang berwarna biru.
  3. Masukkan alamat website/ blog yang akan didaftarkan ke Google AdSense, misalnya www.nurulsufitri.com.
  4. Masukkan alamat email dan centang "Ya" atau "Tidak" untuk mendapatkan atau tidak mendapatkan info AdSense melalui email.
  5. Klik "Simpan dan lanjutkan".
  6. Login ke Akun Google.
  7. Pada “Pilih negara atau wilayah Anda”, pilih Indonesia.
  8. Tinjau dan setujui "Persyaratan dan Ketentuan Adsense".
  9. Klik "Buat akun".

Cara Mengaktifkan Google AdSense

Setelah mendaftar akun Google AdSense, kita harus mengaktifkannya supaya blog dapat menampilkan iklan dan memperoleh penghasilan/ uang secara online. Ada tiga langkah pengaktifan yaitu  menghubungkan situs ke AdSense, memasukkan detail alamat pembayaran dan verifikasi nomor telepon sebagai berikut:

1. Menghubungkan situs ke AdSense

  • Login ke akun Adsense yang sudah dibuat.
  • Pasang kode iklan AdSense pada website, dibawah <head> and </head>  
  • Edit URL apabila terdapat kesalahan memasukkan URL pada saat membuat akun Adsense. Caranya dengan klik "Edit" lalu perbarui URL.
  • Periksa seluruhnya, termasuk kode HTML yang ditempelkan, lalu klik "Selesai"

2. Memasukkan detail alamat pembayaran

  • Login ke akun AdSense tadi.
  • Pada kolom "Jenis akun" pilih antara "Perorangan" atau "Bisnis”.
  • Pada kolom "Nama" isi nama lengkap sesuai dengan yang tertera pada informasi perbankan pribadi untuk jenis akun perorangan. 
  • Pada kolom "Alamat" masukkan alamat lengkap beserta kode pos.
  • Pada kolom "Nomor telepon" masukkan nomor telepon yang valid.
  • Periksa seluruh data lalu klik "Kirim".

3. Memverifikasi nomor telepon

  • Login ke akun AdSense.
  • Pada tampilan "Verifikasi nomor telepon Anda" masukkan nomor telepon dengan format internasional yang diawali dengan tanda tambah (+), diikuti dengan kode negara, kode area, dan nomor telepon. Contoh: +62891234567.
  • Pilih apakah kode verifikasi dikirim melalui pesan teks atau panggilan suara.
  • Klik "Dapatkan kode verifikasi".
  • Pengguna secara otomatis akan dikirim ke halaman berikutnya dimana harus memasukkan kode verifikasi yang telah diterima sebanyak 6 digit.
  • Klik "Kirim".

PIN Google AdSense

Proses pendaftaran dan pengaktifan Google AdSense selesai. Tunggu peninjauan dan sering cek email yang digunakan untuk mendaftar. PIN Google AdSense akan dikirimkan saat akun AdSense sudah menyentuh USD 10 dan pembayaran AdSense biasanya dilakukan tanggal 21 sampai 26 setiap bulannya.

Banyak teman-teman blogger yang bertanya padaku tentang belum diterimanya PIN Google AdSense. Padahal si ‘Surat Cinta’ tersebut merupakan verifikasi pertama yang harus dilewati ya. Pernah dengar sih info bahwa surat-surat dari Google mungkin masih berada di kantor pos. Mungkin bisa juga diusahakan menghubungi tim support Google AdS Indonesia atau menu ‘get help’ pada dashboard Google AdS.

 

Pengalaman Pertama Gajian Google AdSense Cara Daftar dan Aktivasi Iklan Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
PIN Google AdSense
 

Google Indonesia

Alamat: Sentral Senayan II Lantai 28, Jl. Asia Afrika No. 8, Gelora, Tanah Abang, RT.1/RW.3, RT.1/RW.3, Gelora, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270.
Call center: (021) 30422800

PIN AdSense ini memang butuh waktu lama untuk sampai di alamat tujuan. Lakukan ‘input’ 6 digit ke bagian verifikasi alamat. Hati-hati jangan sampai salah memasukkannya ya karena request PIN ada masa berlakunya. 

Test Deposit

Jadi saat kita memasukkan data bank, Google akan mengirimkan/ transfer dana sebesar kurang dari Rp 1.000,- ke rekening kita. Waktu itu aku isi angka 999. Jumlah tersebut harus diverifikasi dengan input ke kolom verifikasi. Buat teman-teman yang belum mendapatkan test deposit dari Google, harap bersabar ya 😄

 

Pengalaman Pertama Gajian Google AdSense Cara Daftar dan Aktivasi Iklan Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
AdSense Disetujui dan Iklan Tayang di Blog


Pengalaman Pertama Gajian Google AdSense Cara Daftar dan Aktivasi Iklan Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Verifikasi Rekening Bank dan Lainnya
 

Proses Gajian AdSense Perdana

Lama juga ya sejak 5 Januari 2018 iklan tayang di blogku sampai 21 November 2020 hingga terkredit di rekeningku pada 23 November 2020. Berikut kronologis yang sangat kupersingkat tentang perjalanan AdSense yang lalu.
  • September 2017 : Daftar Google AdSense.
  • 2 Januari 2018 : Your account is now fully approved (Akun disetujui).
  • 5 Januari 2018 : Ads are now live on your site (Iklan tayang di blog).
  • 6 Januari 2018 : Adjust your settings to improve your ads.
  • 2 November 2018 : Verify your bank account (Info harus memverifikasi rekening bank).
  • 12 – 24 November 2018 : You need to verify your identity to receive payment. The photo of the document was blurry. The photo of document was too small. Untuk melanjutkannya aku harus menyiapkan foto identitas, nama di pembayaran harus sama dengan nama pada KTP. Dokumen yang mendukung selain KTP bisa juga SIM atau paspor. Untuk memverifikasi identitas kita sign in ke ‘Setting” kemudian klik “Verify now” pada judul ‘Verify your identity to receive paymentsto start process.
  • 25 November 2018 (9.48 AM) : The document was expired or not current.
  • 25 November 2018 (11.47 AM) : Your identity has been verified.
  • 26 November 2018 : Verifying your EFT test deposit. According to our records, your test deposit was sent on 02-11-2018 to your bank account. Please check your bank account statement 2-5 days after this date.
  • 4 Desember 2018 : Reminder to verify your bank account. It’s been 32 days since you added your bank account ****. Please verify your bank account to start using it.
  • 5 Desember 2018 : Your bank account is verified. You’re now set up to reveive payments by EFT.
  • 16 April 2020 : Automatic experiments about Auto Ads (Info)

Gaji Pertama dari Google AdSense Akhirnya Datang Juga 

Alhamdulillah pada 21 November 2020 aku dapat email konfirmasi pembayaran dari AdSense 😍😍😍😍 Girangnya bukan main! Sampai loncat-loncat hahaha lebay ga apa-apa, kan bahagia diri sendiri yang punya. Terkredit ke rekening bank aku sebesar Rp 1.352.128,- Bukan hoax bukan sihir dech karena memang riil.
  • 21 November 2020 : CHECK YOUT RECENT PAYMENT. We sent payment for your AdSenses **** earnings on Nov 21, 2020. If you haven’t received yor payment within 5 business days from the date of this email, please contact your bank account.
  • 4 Februari 2020 : Auto AdS.
Di sela-sela tanggal dan bulan sejak awal daftar AdSense dan seterusnya banyak kiriman email dari Google AdSense tentang optimasi iklan, kenali audiens, kontrol iklan, review up date Ads performance, explore opportunities, up date monthly report, Auto Ads dan sebagainya.
 
Pengalaman Pertama Gajian Google AdSense Cara Daftar dan Aktivasi Iklan Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Dapat Gaji Pertama dari Google AdSense USD 100
 

Oh ya, waktu itu Threshold Payment AdSense sebesar Rp 1.300.000,- dan aku butuh 2 tahun 11 bulan alias hampir 3 tahun untuk mencapai nilai tersebut. Aku agak bingung caranya dan kurang percaya diri, sehingga email-email tentang AdSense yang datang agak aku cuekin hihihi.  Duh, please jangan diketawain yach hihihi 😂 😊 

Just FYI, mendapatkan penghasilan AdSense bukan target utamaku, tetapi tetap dinanti karena ini merupakan sesuatu yang istimewa. Menyalurkan hobi menulis, berbagi, bermanfaat itulah yang maknanya sangat berarti bagiku. Menurutku, tulisan organik, sponsorship, content placement dan sebagainya harus sama-sama berkualitas dan enak dibaca. 

Alhamdulillah beberapa kali aku memperoleh achievements dari berbagai kompetisi blog maupun event, bisa berupa uang maupun produk atau keduanya.


Pengalaman Pertama Gajian Google AdSense Cara Daftar dan Aktivasi Iklan Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Saldo AdSense per 10 Februari 2021

Kendala Verifikasi ID

Masalah tersulit bagiku saat proses Google AdSense ini berlangsung adalah identifikasi diri (ID) yang belum lolos verifikasi. Believe it or not, aku lupa berapa lamanya ya, lama deh, banyak kiriman email bahwa dokumen ID blur atau habis masa berlakunya. Sampai-sampai Mbak Ade dan Nita menungguku berhasil dulu, jadi aku ibarat kelinci percobaan hihihihi.

Pertama, aku kirim foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang berlaku seumur hidup. Lupa-lupa ingat waktu aku daftar menggunakan gelar setelah nama lengkap atau ga, karena di KTP jelas tertera Nurul Sufitri, SE. Kemudian aku cek kembali dan kucoba isi nama lengkap sesuai tertulis di KTP. Datang email lagi yang mengatakan bahwa fotoku blur dan email lainnya lagi bahwa dokumenku expired

Tak habis akal, aku coba kirimkan foto Surat Izin Mengemudi (SIM). Di situ kan masih tertera tanggal, bulan dan tahun masa berlaku, sehingga kupikir kemungkinan berhasilnya lebih banyak. Saking penasaran, aku bahkan siapkan scan kedua kartu identitas tersebut, dengan pemikiran masa iya ditolak terus gara-gara foto blur. Perasaan fotoku jelas, terang secara wajar dan ga kurang suatu apapun. 

Pernah aku baca bahwa ada batas maksimal pengiriman dokumen ID ini sebanyak tiga kali, jadi hatiku was-was, deg-degan banget kira-kira bakalan berhasil atau ga. Belum lagi urusan memasukkan nominal di bawah Rp 1.000,-. Mikirnya aja lama haha maklum lah waktu itu masih takut soalnya. 

Untuk pembayaran setelah terkumpul $ 100, aku pilih transfer via rekening Bank Mandiri saja. Tentu dengan alasan lebih praktis, duduk manis di rumah, uang terkredit di rekening. Agak kaget memang, kupikir seharusnya aku dapat sekitar 1,5 juta dengan kurs waktu itu di kisaran 14-15 ribu rupiah. Namun aku teringat memang di grafik garis nominal Threshold Payment sebesar 1,3 juta saja.

Kalau menggunakan Western Union (WU) misalnya, yang membuatku mesti keluar rumah. Memang sih kabarnya jika menggunakan WU ga ada potongan, hanya isi formulir dan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 5.000,- saja. Mungkin sampai saat ini aku tetap pilih transfer ke bank lokal deh. 

Tips AdSense Lekas Cair

Oh ya, ada sedikit tips dan trik yang aku lakukan supaya aliran perduitan lancar. Dari nominal 900 ribuan di awal Maret 2020 hingga cair pada 21 November dan terkredit 23 November 2020 kemarin menjadi Rp 1.325.128-, aku kebut sedikit penulisan artikel di blog. Aku usahakan nulisnya sesuai tema dan kejadian sehari-hari plus yang sedang marak terjadi di masyarakat.

Bersemangat, tetap menjadi diri sendiri, riil apa adanya tanpa adalah salah satu caraku agar AdSense cepat cair. Aku suka searching aku ketik hal-hal apa saja yang sesuai niche blog juga. Saat orang sibuk mencari tiket perjalanan mudik atau wisata, aku menulis kisah jalan-jalan yang ter-pending.  

Ada cerita tentang suami dan anak-anaku yang gemar gowes, pengalamanku mencuci masker kain, kesibukan PJJ anak-anakku, bebikinan camilan, pokoknya diary ala aku deh. Ga ketinggalan kisah gaya hidup dan kesehatan yang termasuk dalam tema blogku. Mungkiiiiin poin ini yang bisa mendongkrak kecepatan pertambahan saldo AdSense-ku.  

Tiap orang tentu memiliki pemikiran dan pilihan masing-masing soal besar kecil pendapatan dari Google AdSense ini. Begitu pula soal tata letak iklan di blog, gaya penulisan dan sebagainya. Namanya juga ikhtiar, berusaha sekaligus berdoa itu wajib hukumnya. Tak mengapa aku lama sekali proses Adsense-nya, yang penting berbuah manis.   

Premium Blogger Template Membuatku Makin Semangat dan Happy 

Mulai Januari 2020 aku memiliki premium blogger template yang ‘Aku Banget’ sesuai yang diinginkan, di mana sebelumnya masih gratisan. Iklan yang ditampilkan juga Auto AdS yang muncul otomatis pada header, footer, kolom komentar dan bertebaran di mana-mana. Kini aku lebih fokus pada niche blog aku yakni ‘Travel and Lifestyle' dan sementara ini ga menerapkan Auto AdS, lihat sikon nanti 😃

Tampilan blogku lebih besar dan lebar, sehingga jika iklan terlihat banyak sekali sepertinya gimanaa gitu. Karena blogku adalah rumahku, maka suka-suka nyonya rumah bagaimana menata isi rumahnya, khan? Mengutamakan estetika ternyata penting dan membuatku semakin betah berada di dalamnya.

Aku menempatkan AdSense di side bar kanan dan bawah jika dilihat dari laptop, mengusahakan agar iklan tidak tepat berada persis di bawah namaku. Adapun via smartphone, iklan ada di paling atas, tengah, kanan dan bawah. Mungkin seandainya aku menerapkan Auto AdS, penghasilanku bakalan lebih banyak dan cepat ya hehehe. 

Banyak dunia blogging yang mesti dipelajari pelan-pelan supaya lebih paham. Sampai saat ini pun aku masih memperbaiki isi blogku. Maunya cepat kelar semua dalam waktu dekat ini, namun apa daya banyak urusan domestik yang harus dikerjakan juga. Jadi jika teman-teman berkunjung ke blog ini dan melihat masih ada yang belum oke seperti ukuran dan penempatan foto, alinea, permalink dan lain-lain, harap dimaklumi ya hehehe 😄  

Teman-teman, itulah cerita singkat pengalaman pertamaku gajian dari Google AdSense. Eeeaaaa……😂 kenapa jadi panjang begini kayak nulis diary hehehe. Sudah plong rasanya aku menuliskan ini sebagai kenang-kenangan buatku. Mudah-mudahan aku segera mendapatkan gaji ke-2 dan seterusnya yach aamiin.

Meskipun masih banyak kekurangannya, semoga tulisanku dapat bermanfaat bagi kalian yang membutuhkannya. Lelah yang terbayarkan, seperti CJ 7 nih hehehe. Terima kasih sudah mampir dan baca-baca artikel di blog aku. Sampai jumpa! 😍
 
 
 
 

102 comments:

  1. Yeay, selamat mbk.. Assik bisa jajan.. Dulu aku sering ditolak wkwkwk. Terus nggak daftar lagi karena sering pindah tempat tinggal. Makasih infonya mbk, siap daftar lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks :D Hehehe, yuk dicoba daftar lagi, mbak :)

      Delete
  2. Punyaku sampe sekarang malah belum aku kasih iklan hehehehe, sementara nyarinya yang placement post dll heeee

    ReplyDelete
  3. jadi ngiler deh buat pasang adsense di blog, biar mengoptimalisasi blog juga trus bonusnya bisa gajian dari google hehehe makasi ya buat info cara daftar ini mba

    ReplyDelete
  4. Wowwww congrats yah mbak Nurul, aku pake adsense sejak pertengahan 2018, sampe skrg saldoku baru 500 rb mbak hihihi, masih lama banget menuju 1.3 juta wkwkkw, btw ada batasan waktunya nggak sih mbak sampe batas ambang 1.3 juta?

    Btw mbak premium blogger template ini belinya dmn? temanya bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seingatku sih tidak ada batasan waktu sampai 1.3 juta. Ada teman saya yang lima tahun baru dapat 1.3 JT dan baru gajian.

      Btw, biar cepat dapat bayaran maka pakai VPN luar negeri mbak meta, harga per kliknya mahal diatas 1.000, tapi resiko dibanned tanggung sendiri.😂😂😂

      Delete
    2. Hai, mbak Ursula. Wah, ga apa2 masih 500K juga ntar kan lama2 bertambah :D Kayaknya ga ada batasan deh pokoknya mencaai $100 aja. Namanya Sophie :) Makasiiiih.

      Delete
    3. Helo, Mas Agus. Iya, ga ada batasan sampai berpaa lama kok, yang penting terkumpul $100. Oh gituuuu...Ga tau soal VPN wkwkwkwkwk :D Begini ajalah yang biasa.

      Delete
  5. Aku belum gajian dari adsense. Kalau diingat, dulu daftarnya itu mudah. Mulai drama saat dari blog gratisan dan beli domain. Jadi harus semacam daftar ulang gitu. Semoga tahun ini bisa gajian

    ReplyDelete
    Replies
    1. In sya allah mbak lekas gajian dari AdSense ya aamiin.

      Delete
  6. Makasih ya Mba Nurul, Inspiring sekali..
    aku jadi ikutan nih pasang google ads. baru bgt di bulan ini feb 2021.
    lagi masih coba dan meraba-raba tapi seminggu ini pas cek lagi ternyata udah dapat 52ribu! trus tapi iklanku lg dibatasi..:) kadang keluar kadang enggak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2, semoga bermanfaat. Wah, mantap mas Riza. Semoga berhasil yaaa sampai terkredit ke rekening bank hehehe aamiin.

      Delete
  7. Wahhh congrats mbak Nurul :D.
    Mau ngiklanin blog tapi masih maju mundur xD. Bentar lagi deh hehe,, terima kasih informasinya yaa,, bermanfaattt bangeeett :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks, Mbak Lima :) Sama2, dicoba deh bakalan suka hihihi :)

      Delete
  8. Alhamdulillah. Kerennya Nurul. Aku selalu maju mundur mau pasang GA karena isi blog ku masih minim banget jumlahnya. Masih harus ngejar kualitas dulu. Mudah-mudahan dalam tahun ini bisa beryakin diri untuk mencoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak Annie. AH, biasa aja, malah lama ku mah hampir 3 tahun hihihihi :D Mbak udah banyak dan berkualitas loooh tulisan2 di blog. Coba aja pasang Adsense :D

      Delete
  9. Wah lumayan ya gajinya dari Adsense. Dari dulu pengen daftar tapi masih malas ngurusinnya. Habis baca ini jadi termotivasi daftar Adsense juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa, alhamdulillaah. Sip2 semoga lekas pasang AdSense juga yah.

      Delete
  10. waaaa congrats kak nurul 😍😍😍
    jadi termotivasi juga nih 😍
    soalnya selama ini kayak pasang pasang aja iklan di blog, ngga yang 'ngejer' gitu, soalnya lamaa banget ngumpulin 1$ aja

    sekali lagi selamat kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay!! :D Makasiiiiiiih, Farah :D Hihihii semangaaaat.

      Delete
  11. Yeaay.. alhamdulillah ikut senang mbaa nurul. Aku blum pernah daftar mba.. pengin tapi bluman melulu 😆
    Itu rasanya pasti bahagia, karena prosesnya bertahap ya mba. Makasih udah sharing. Mau ah daftarrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuuuuu :D :D Thanks, Mbak Suci :) Iyaaaa, yuk dicoba pelan2 aja pasti bisa.

      Delete
  12. Replies
    1. Sip, udah chat kita yach. Semoga berhasil, mbak 😊😊

      Delete
  13. Kemarin baru daftar adsense tapi ditolak.
    Ternyata masih ada banyak hal yg harus dilakukan.
    Terima kasih sharing pengalamannya kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gituuuu, ya ga apa2 dicoba lagi, semangat yach. Sama2.

      Delete
  14. waw.. selamat mbaaa..
    aku dari 2017 belum gajian juga nih.. hehe.. tips nya dong mbaa biar cepet gajian.. hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya memang mesti rajin nulis :) Tentu yang berkualitas karena tetup aja content is the king hehehe. SEO juga diperhatiin yang basic2 aja dulu. Makasih ya.

      Delete
  15. Aku seneng banget baca pengalaman Teh Nurul ini. Jarang banget blogger Indonesia yang bisa menceritakan pengalaman gajian dari Adsense-nya dengan tutur kata yang sederhana.

    Kebanyakan blogger yang gajian AdSense jarang mau cerita, karena mereka takut diintipin kantor pajak, hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiiiih, Mbak Vickyyyy :) Hahahaha :D Ya, ini aku berbagi sebisa mungkin sesuai pengalamanku aja sih. Buat kenang2an aku dan siapa tau teman2 lain jadi terpacu pasang AdSense juga :D

      Delete
  16. Hallo teh, aduh main gajian aje ne, hehe proficiat teh. Wah luar biasa teh, inspirasi buat kami yang masih berjuang di dunia ini kwkw.

    Teh cerita dong, jilid 2 nya, apakah ada 'drama' saat ke kantor pos atau bank, pada suatu masa saya pernah mengalaminya, duh pening masalah nama (satu huruf saja ribet amat), bolak balik sampai saya jadi lelah hehehe.. tetah adakah drama saat di Bank,

    Buatkan artikel terkait google adsense tetapi saat di Bank atau di kantor pos, pingin tahu kisahnya teh. hehehe oke tetah semangat dan sukses terus ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, pak guru Martin apa kabar? Iyaaaa, makasih yaaach. Aku ga pake Western Union jadi ga mesti datang ke kantor pos. Ga ada drama macam2 alhamdulillaah. Tau2 23 November terkredit deh duit gajiannya ke bank akyuuuuh hehehe :D Selamat mencoba.

      Delete
  17. Haloo, mbak. Saya udah daftar Google Adsense jg nih, udah diterima, tapi yaa gitu, Bingung gimana cara pasangnya hahaha
    jadi, sampe skrng di blog ku belum muncul iklannya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus :) Ada langkah2nya di tulisanku ini, Do. Dicoba pelan2 aja ya.

      Delete
  18. Oh jadi kl sudah 10 dolar itu dikirimi PIN, mbak? Saya kok belum ada 10 dolar disuruh verifikasi ya? Maksudnya kirim scan KTP?

    Tp KTP sy belum seumur hidup. Gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes. Lihat aja seperti yang dikirm via email. KTP bisa difoto biasa atau di-scan biar lebih jelas.

      Delete
  19. Selamat mbak Nurul...aku juga baru pasang AdSense 2 Minggu ini...masih puluhan ribu wkwk. Doakan ya mbak bisa CPT gajian hehehe. Tapi aku ga diminta verfikasi Pin gitu ya mbak? Langsung tayang aja dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Mbak Shafira :) Wow.... ayuk semangat, dikit2 lama2 menjadi bukit hehehe :D Oh, jadi cepet tayang iklannya nih.

      Delete
  20. Yeayy, selamat Mbak Nurul. Keren nih, dan sharing pengalamannya membuktikan bahwa ketekunan akan membuahkan hasil ya...Semoga makin sukses ngeblognya, terus berbagi dan bermanfaat bagi sesama dan makin nambah juga saldo adsense-nya. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, mbak Dian :D Alhamdulillaah, belajar ini mbak, makanya lama hahaha. Semoga gajian kedua dst lebih cepat dan lancar. Aamiin.

      Delete
  21. Selamat, ya. Kalau baca pejalanannya, berarti salah satu kunci utamanya harus sabar hihihihi.

    Kalau saya pribadi, sampai sekarang belum ada keinginan untuk pasang adsense. Tetapi, bila suatu saat berubah pikiran, postingan Mbak Nurul ini termasuk yang bakal saya baca lagi. Karena penjelasannya mudah dipahami. Step by stepnya cukup jelas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Mbak Myra. Betul, sabar dan ikhtiar hehehe :) OH iya, boleh mbak kapan2 mampir lagi ke blog aku.

      Delete
  22. Wah selamat ya Mbak Nurul. Aku punya akun Google Adsense namun gak pernah diurus...Membaca ini jadi pengen serius ah lihat-lihat gimana nanti pasang di blog. Terima kasih sudah menginspirasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks, Uni Evi. Ooooh gituuu hehe, sip2 coba diseriusin uniii siapa tau berhasil terkumpul $100 nya. Sama2.

      Delete
  23. Apa aku coba juga ya mba :D. Selama ini msh belum tertarik nempatin iklan di blog ku, Krn memang ga kepengen iklan malah ganggu pembacab:D. Tapi kalo design penempatan bisa diatur, rasanya okelaaah :).

    Beberapa syarat di atas, aku udh terpenuhi sbnrnya, cm blm coba aja :p.

    Eh tapi KTP ku itu yg tgl expirednya msh ada, tp kan asal udh e-KTP ttp akan dianggab seumur hidup. Naah si google tau ga yaa kalo itu sudah e-KTP dan ttp seumur hidup walobdi tanggalnya seolah terlihat expired wkwkwkwk. Ribet dah kalo dia ga mau trima. SIM aku ga punya. Pasport palingan, tapi itu juga renew dulu Krn THN ini habis masa berlaku hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kita bisa pilih penempatan iklan di blog, malah kalau yakin dan mampu kode2 html tuh bisa ditentuin setting iklan mau gimana2. Tapi aku mah biasa aja soalnya ga paham begituan hahaha :D Bisa kok pakai KTP seumur hidup. Aku tapi kirim lagi SIM karena yang KTP dibilang blur mulu wkwkwkwk :D

      Delete
  24. Aww.. senengnya, Mbak. Aku lagi nunggu surat cinta dari Google Adsense juga nih. Udah 3 minggu belum datang-datang. Kayaknya perlu nih aku klik tombol help-nya.

    Semoga surat cinta itu segera sampai juga ke tempatku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoiiii, mbak. Ditunggu aja hihihih... Kayaknya seneng gimanaaa gitu pas surat cinta sampai ke tangan kita yeyeye! Aamiin.

      Delete
  25. Wah selamat mbaak, bisa gajian dari google
    Aku belum nyobain pasang adsense nih, jadi terinspirasi buat pasang juga deh
    Walau butuh perjuangan juga yah untuk proses pengajuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah makasih mbak :) Iya selangkah demi selangkah pelan2 aja pasti bisa.

      Delete
  26. Aku dari daftar adsense tuh yang ngurus anakku, pusing ngurus sendiri. Terus dibantu temen, dan masih dikit sih. Alhamdulillah ya bisa gajian dari Google karena semua hasil itu buah dari usaha pantang menyerah. Juga dari riset yang udah dilakukan Mba Nurul selama ini. Selamat menikmati buah usahamu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? Hehehe, keren anaknya bisa juga mbak :) Iya, seneng aja ga nyangka buat seseruan jerih payah rajin menulis :D Makasih, Mbak Wati. Semoga berhasil ya.

      Delete
  27. Aakkk, ikut hepiii dan girang banget bacanyaaa

    Pas bagian lonjak², aku auto ikutan lonjaakk.

    Seruuu 😆😆😆makasiii ya udah sharing tips iniii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha ikutan loncat2 kegirangan yach mbak? Hihihihi iyaaa sama2.

      Delete
  28. Wuih keren..aku pengen coba daftar mbak buat blogku satunya.. bismillah semoga berhasil aamiin!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, mbak Dedew :D Hehehe..yuk, daftar dech. Good luck yach. Aamiin.

      Delete
  29. Alhamdulillah, Mantaaaap... Selamat ya Mba, semoga tambah semangat ngeblognya.

    ReplyDelete
  30. Ecieee... yang sudah gajian.. tau nggak ade langsung cek google adsense ade sudah berapa. Rasanya hepi banget yaa kalau sudah gajian dari adsense. Tapi alhamdulillah tuh untuk urusan ID ade berjalan dengan cepat. Yang tidak berjalan dengan cepat duit adsensenya.. hahaha.. jadi makin semangat deh untuk rajin nulis sesuai nichi kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iya donk, senang dan bangga dengan jerih payah sekian tahun wkwkwkw. Semoga kita nanti bisa lebih cepat ya gajiannya. Betuuuuulll...kalo bisa konsisten malah lebih baik.

      Delete
  31. Alhamdulillah selamat ya Mbak Nurul, makasih juga sharingnya aku jadi paham kenapa blog aku masih belum di aprove juga nih, padahal dari tahun kapan itu loh.

    Sepertinya akupun jadi kepikiran untuk ganti template balik ke template bawaan blogger dulu deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah, thanks mbak Astin :) Hihihihi..iya dicek aja dulu dari email2 yang dikirim oleh AdSense kan ada tuh. Kalau bingung klik 'pelajari lebih lanjut' aja.

      Delete
  32. congraaaat mbak. aku bookmark nih tulisannya. karena bahasanya curhat kan, enakan baca yg kayak gini drps step by step yg kaku hahah
    blogku sendiri mmg sudah dipasangi adsense. Tapi sebenernya itu temenku yg bantuin jd duitnya dibagi dua hahaha. Dulu aku males blajar gini2 tp kayaknya skrg aku mulai pengin blajar deh. thank you sharingnya mbak. moga makin cepet gajiannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaciiiwiww mbak Lisdha :) Oh gitu hahaha bisa aja. Untuk diri sendiri aja lama, apalagi dibagi dua lama dan berbagi hihi tapi ga apa2 ikhtiar dan semangat terus yach. Aamiin.

      Delete
  33. aiih Nuruuul@ Selamat yaaaaa
    semangat semangat semangaaat! aku masih belom ngerti juga (hihihi) tapi ini akan aku jadikan acuan untuk boalk balik ke link ini, makasih yaaa udah berbagi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks, Mbak Tanti :) Hihihi, aku dulu juga mabok ginian ga ngerti2 mbak. Kalau bingung klik 'Pelajari lebih lanjut' aja in sya allah bisaaaa. Sama2.

      Delete
  34. wah lengkap banget informasinya. Saya bookmark ya mbak. Besok saya baca lagi pelan-pelan sambil dipraktekkan.

    Lumayan besar juga ya bagiannya pemilik blog, sampai 68%

    ReplyDelete
  35. Asiknyaaa, alhamdulillah ya, bisa jadi passive income, pasti rasanya nano2, percaya ga percaya bisa menghasilkan. Kalo jamanku dulu pertama kali PO Ads ngambilnya ke kantor Pos seneng banget tiap bulan antri, lagsung dipalak anak2 kantor, soalnya mereka yg ngajarin sesat asoy ternak blog tak tempelin ads.

    Semangat terus menulis mak, main ads mah harus kenceng di konten dan seo juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah, iya teh Hanie :)Kayak mimpi gitu yach hahaha. Oh gituuuuu.... searang mah enak pake rekening bank lokal aja yach. Sip2 ini semangat nulisnya hehe makasih teh.

      Delete
  36. Seneng dapat gajian dr blog ya.
    Dapat gaji dari adsense aku pakai buat bayar2 hosting dan domain blognya, dari blog utk blog hehe
    Emang salah satu jalan supaya gampang diterima adalah bikin konten yang menarik supaya banyak pengunjung yg datang ya mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Oh gitu hehehe...jadi di seputar blog aja perduitannya ya mak. Betul.

      Delete
  37. Ya Allah...liat nominalnya, aku ikutan girang, kak.
    Senangnyaaa...
    Ini pencapaian banget yaa...berasa lelah terbayarkan dengan gajian. Seperti mendapat penghargaan, tapi ada nilainya.

    selamat kak Nuruull...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoiiii mbak Lendyyyyy hihihihi :D Iyaaa, mbak udah pasang juga beluuum? Makasiiiih ya.

      Delete
  38. Jadi inget awal2 Mba Nurul bikin blog, "Ya untuk menyalurkan hobi nulis aku aja sih, Nit." // "Gak boleh! Harus buat nyari duit, biar post-nya rutin." Hahahah... dan ternyata diriku yg sekarang selalu dapat suntikan semangat dari Mba Nurul. Ikut senang ketika Mba Nurul adsense-nya cair duluan. Moga disusul Ummi dan abis itu diriku deh, moga2. Oh ya diriku masih di kendala atau tahap yg transfer itu, belum tau lagi kelanjutannya, karena toh duitnya juga masih agak jauh, hehe... Jadi ntar lagi aja deh ngurusnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahahahah iya yak, Nita yang bantuin bikin blognya waktu itu :D Hihihi kita kan saling menyemangati satu sama lain. Aamiin, semoga Nita dan Mbak Ade lekas cair AdSense-nya yach. Oh yang itu masukkan nominal di bawah Rp 1.000,- aja mseal Rp 999,- kalau aku. Mudah kok buat test deposit itu kan.

      Delete
  39. pengalaman dapat gajian pertama adsense memang sangat mengesankan ya mbak. aku dulu juga gitu langsung tak belikan bakso. wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kayak gimanaaa gitu rasanay berjuta2 hahahaha :D Dapat berapa mangkok baksonya tuh mas? Mantap deh.

      Delete
  40. Masyaallah Tabarokallah, selamat ya Mbak Rul. Ikutan seneng lihatnya. Wah detil banget nih infonya sharing dari awal sampai akhir aku baca sampai habis. Lumayan lama juga ya mbak 2 tahun 11 bulan, sungguh bukan waktu yang sebentara. Tapi namanya hasil iseng berhadiah pasti menggembirakan, gpp kog jejingkrakan xixi. Karena semua ini dilalui dengan sebuah proses yang lumayan panjang dan melelahkan. Semoga cepet ngisi lagi ya Mbak dari ads nya, ditunggu sharing selanjutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah, makasih, Febriiiii :)Makasih udah mampir dan baca ceritaku gajian dari AdSense hehehe. Iya, karena aku ga pede ngerjain dan belajar sendiri tentang ini, jadi lama deh. Semoga gajian kedua dst lebih cepat dan lancar aamiin. In sya allah sip.

      Delete
  41. Alhamdulillah senang bacanya mbak, aku jadi ikutan belajar gimana cara ngeaddsense Hehe Moga berkah yaa

    ReplyDelete
  42. Wah selamat mba Nurul.. aku catet poin2nya.. Mau ikutan juga ah daftar.. semoga mudah prosesnya. Makasih mba Nurul sudah berbagi.. 💕

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks, mbak Hikmah. Iya, silakan. Good luck yach. Sama2.

      Delete
  43. Wah, selamat ya Bu sudah gajian. Senang dan sekaligus pembuktian bahwa dengan blog bisa mendapatkan gaji he..he....

    Semakin rajin membuat kontent yang menarik ya Bu. Tulisan Tulisan Ibu sangat menarik dan informatif, semoga gajian berikutnya akan semakin banyak dan semakin cepat pencapaiannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah, makasih Pak Eko :) Iya donk, sampai2 suamiku juga ga percaaya gitu tapi kan rill wkwkwkwkw :) Aamiin. Iya, ini juga mulai berusaha bisa mengatur waktu agar mampu ngeblog berkualitas namun urusan domestik juga lancar hehe.

      Delete
  44. Waah lengkap sekali infonya, yang lagi pengen daftar google adsense pasti langsung paham kalau baca postingan ini ...

    Selamat ya udah gajian dari google adsense untuk pertama kali~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks :) Iyaaa mas. Berbagi cerita siapa tau yang belum pasang iklan jadi kepengen hehehe :D

      Delete
  45. Perjuangan yang panjang dan luar biasa sabar menungu gajian Adsense. Saya sendiri sampai sekarang masih belum banyak penghasilan dari Adsense. Mungkin nanti bisa lambat melebihi mbak. Paling tidak setelah baca artikel ini, saya sudah termotivasi lebih banyak menulis lagi tema-tema popular.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mbak hihihi :) Ga apa2 mbak, selalau ada yang pertama kali dalam hidup :D Sip2 mbak semoga makin semangat nulisnya yach.

      Delete
  46. Alhamdulillah, aku merasakan betapa penantian panjang ini sangat diidam idamkan.beda banget ya mba kalau dapat uang dari Adsense dengan dapat dari job atau review. Berasa sayang banget sama hasil adsense karena perjuangannya yang sungguh berliku hehe

    ReplyDelete
  47. Inspiring Mbak. Thank you for sharing

    ReplyDelete
  48. Wah seru nih baca pengalaman gaji pertamanya. Jadi pengen ditraktir deh 😄
    Aku masih pesimis daftar google adsen tapi mau, gimana yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hehehe :) Sini, kutraktir mie ayam bakso wkwkwkwkw virtual tapi :D Yuk, dicoba pelan2, in sya allah bisa.

      Delete
  49. Akhir Januari kemarin aku gajian pertama dr adsense happy banget kak bebs soalnya gak nyangka aja gitu, nggak pernah pake trik, seo dll istilahnya ga terlalu berharap eh kebagian juga jadi happy banget kwkwkw rezeki Tuhan emang maha luas ya.. Dulu verifikasi sempet ditolak karena ktp belum jadi, pake paspor dah dengan alas kerudung hitam eh diterima hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahah yeyeye alhamdulillaah aku ikut senang mbak Sandra gajian juga dari AdSense :D :) Haha iyaaaa biasanya adaaaa aja kendala yang bikin lama. Tapi kalau udah terlewati dan berhasil, pasti hepinya bukan main ya... Thanks mbak udah mampir :D

      Delete
  50. Wah selamat mbak, dibintangin dulu nih artikelnya. Siapa tau suatu saat bisa sampai juga ke tahapan merasakan gajian pertama dari ads blog :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih 😍😍 Iya, mbak. Semangaaaat 😀

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.