Tuesday, July 18, 2017

# blogging # event & hang out

Tips dan Trik Blogging, Antara Hobi dan Profesi Bersama Ani Berta


Pada Hari Minggu, 16 Juli 2017 lalu saya menghadiri sebuah workshop yang begitu dinantikan oleh banyak orang, terutama calon blogger. Saya yang newbie blogger aja antusias sekali, apalagi lokasinya terbilang ga begitu jauh dari rumah saya di Jagakarsa. Dalam hati saya bilang, "Pokoknya saya harus bisa ikutan acara ini. Saya mesti terjaring sebagai pesertanya" 😄

Saya buru-buru daftar via Whatsapp dan langsung mengisi form yang diberikan mas Said. Alhamdulillaah bisa join di sini. Biar dapat ilmu ngeblog sama ahlinya nih. Makin pintar, makin banyak rezekinya deh aamiin hehehe. Memangnya bisa dapat uang dari blog? Hhmm... bisa dong! Dari hobi menjadi profesi, lalu bisa memperoleh penghasilan, siapa yang ga mau? 😍
Peserta yang hadir sebanyak 60 orang dari berbagai usia dan profesi. Ada murid SMU, mahasiswa, karyawan, blogger, dokter, forografer dan masih banyak lagi. Semua berkumpul di Gedung Republika di bawah komunitas RepzoneSocmed. Workshop "Blogging: Hobi dan Profesi" ini disponsori oleh Republika dan I_shoppedhere bekerja sama dengan Indonesian Social Blogpreneur (ISB) dengan pembicaranya yaitu Ani Berta.


Tak kenal maka tak sayang. Yuk, kenalan dulu sama si teteh 😃
Teh Ani Berta adalah lulusan dari STIKMI Bandung. Lahir di Bandung, 20 Juni 1977 dan mulai ngeblog sejak tahun 2008. Sebelumnya beliau sudah malang melintang berkarir di bidang akunting selama 13 tahun di beberapa perusahaan hingga akhirnya memutuskan menjadi full time blogger

Kata teh Ani, awalnya menulis blog berisi curhat-curhatan, cerita sehari-hari, kemudian tips bekerja di kantor, menerima telepon, tamu, customer dll. Bagusnya sih kalau udah curhat, buru-buru cari solusinya nah siapa tau jadi inspirasi.

Teh Ani Berta bisa ke Malaysia dan Singapura berkat ngeblog. Sudah keliling ke 10 provinsi juga lho. Beliau dikontrak selama 3 bulan oleh sebuah NGO Australian Ad dengan eksklusif. Keren yach!

Gajah mati meninggakan gading. blogger mati meninggalkan tulisan. Begitu sih katanya hehehe 😊 Untuk menjadi blogger yang oke, kita mesti rajin membaca, ga cukup hanya googling. Begitu pula dengan teks yang mencerminkan kemampuan dan kepribadian seseorang. jadi jangan sepelekan ya.

Ini dia nama media sosialnya.
Blog: anny.blogdetik.com, aniberta.com
Twitter: @ani.Ringo
Instaram: @ani.berta

Blog mulai dikenal di Indonesia sejak tahun 2004. Sejak internet diciptakan di dunia, blog awalnya diperkenalkan oleh seorang mahasiswa asal Amerika yaitu Justin Hall. Blog berasal dari kata web blog yang artinya log in weblog atau masuk ke dalam blog. Isi blog adalah tulisan berupa ungkapan pribadi pemilik blog atau konten tertentu sesuai tujuan pembuatan blog oleh pemiliknya. Adapun jenis platform blog ada blogspot, wordpress, blogdetik, Thumblr dan domain sendiri.

Menulis bisa membuat perubahan dunia seperti  tokoh nasional yaitu R. A. Kartini dan internasional yaitu Anne Frank. Yuk, menulis dengan menjadi diri sendiri! Tulis dengan ekspresi, percaya diri, sunting setelah selesai menulis dan mulai sekarang juga. Dengan menulis sebagai blogger, kita bisa menjadi copy writer, content writer, book writer lho, mau? 😍
 
Teh Ani Berta Menjelaskan Tentang Blogging (Foto: dokumen pribadi)

Menulis blog itu ada tujuannya. Misalkan saya nih yang sejak duduk di bangku SD hobi menulis diary.  Saya ingin memiliki sejarah yang suatu hari nanti bisa menjadi warisan untuk anak-anak saya, suami dan keluarga. Apalagi saya juga suka menuliskan status di media sosial, sayang kan kalau tenggelam ga disimpan tersendiri. Selama ini alhamdulillaah tulisan saya bermanfaat bagi orang lain. Saya senang dapat memberikan informasi tentang hal-hal yang memang saya sukai dan langsung dituangkan ke dalam blog saya. 

Menurut teh Ani Berta, tujuan membuat blog selain menciptakan sejarah sendiri juga bisa menambah wawasan, mengembangkan hobi menulis, mencurahkan hati, sebagai bahan penulisan buku, memberitakan kepada khalayak, memperoleh penghasilan, sebagai media promosi serta bisa juga menjadi kampanye politik.

Menulis blog berarti kita menuangkan ide dalam bentuk opini, essay atau membuat karangan fiksi. Blog bermanfaat sebagai jembatan informasi, merekam dan membagikannya kepada orang lain. Nah, sepertinya saya pun bermaksud membuat arsip kehidupan nih membuat blog. Selain mengekspresikan diri, refreshing dan healing suasana hati kita, siapa tau bisa memberikan inspirasi bagi pembaca dan membuka banyak peluang.

Rosinta Gabriela Berbagi Cerita Blogging (Foto: dokumen pribadi)

Rosinta Gabriela berbagi cerita tentang ngeblog bisa memperoleh wawasan, diundang event, memberikan penghasilan dan lain-lain. Teh Ani berpesan kepada para peserta workshop agar jika memiliki blog usahakan memberi nama yang bagus terutama nama kita sendiri saja. Bisa juga nama perusahaan atau apa pun yang penting bukan asal-asalan, supaya dikenal orang.

Apa aja sih yang ditulis di dalam blog? Bermacam-macam aktivitas blog kita, seperti menulis artikel berupa opini, reportase, fiksi, non fiksi, dan sebagainya. Oh ya, jangan lupa Blog Walking ke blog-blog lain supaya menambah pertemanan sesama blogger dan pageviewers. Selain itu ita bisa mendapatkan referensi untuk menulis, membuat konten blog dengan tulisan tema tertentu, video, musik, animasi serta sebagai optimisasi SEO.

Teman-teman, ada 4 poin penting nih syarat membuat dan menulis blog. Apa aja sih? Pertama, kita mesti bisa mengoperasikan komputer. Kedua, memiliki email aktif. Ketiga, menyiapkan foto, file, tulisan atau video yang akan di-upload sebagai penambah konten blog. Keempat, terkoneksi dengan internet. Nah, gimana? Oh ya sebagai tambahan, lingkungan sekitar, kejadian yang ditemui di suatu tempat, pengalaman pribadi dan penelitian ilmiah bisa menjadi bahan untuk artikel blog lho.  Yuk, mulai dari sekarang!


Pak Dian Kelana (Foto: dokumen pribadi)

Pak Dian Kelana, fotografer senior sejak tahun 1981 yang kini sudah berusia 62 tahun aja masih semangat sekali ngeblog. Pak Dian tergabung di Kompasiana sejak 2009. Pernah katanya beliau ini menulis 45 artikel dalam 18 hari. Mayoritas fotografinya di perjalanan. Wah, keren banget, Pak Dian! 😄

Beliau juga menulis buku lho. Ada 1 buku yang diberikan secara cuma-cuma untuk seorang peserta workshop karena bisa mengikuti kata-kata MC_ mas Roy Saputro yang njelimet itu hehe saya aja udah lupa saking susahnya. Selamat buat yang dapat bukunya!


Pak Irfan Junaedi (Foto: dokumen pribadi)

Pak Irfan Junaedi selaku Pemred Republika berkesempatan hadir dan memberikan sepatah dua patah kata. Kami dipersilakan datang ke gedung ini untuk mengikuti kelas socmed. Sejak November 2016 ada kelas intensif selama 6 bulan. Kita bisa belajar membuat twitter, iklan Facebook dan masih banyak lagi. Mau gabung di Repzone Republika? Colek aja mbak Rahmi dan Nadin ya.
Instagram, Twitter dan Facebook namanya: @repzoneid

Pak Dr. Charles (Foto: dokumen pribadi)

Nah, kalau ini adalah Pak Dokter Charles. Beliau tergabung dalam Fotografer.net. Minatnya adalah bicara tentang lansia, berbuat untuk lansia, karena menurut beliau kini sudah jarang orang memikirkan lansia. Kebanyakan parenting, ibu dan anak dll. Katanya lagi," Kita harus berhati-hati mengambil foto. Ga boleh sembarangan comot sana-sini tanpa narasumber yang jelas".


By the way, teman-teman sudah punya alamat email belum nih? Ikuti langkah-langkah membuat email di google yaitu:
-    - Buka browser yang tersedia, misalnya Mozilla, internet explorer, chrome atau opera.
-      - Masukkan link http://gmail.com
-       -  Arahkan kursor mouse ke menu ‘new
-      - Isi biodata yang tersedia
-      - Setelah selesai, klik tombol ‘next step
-      - Selanjutnya klik ‘continue to gmail

Kalau sudah, masukkan nomor HP ‘mobile phone’ teks kode yang tampil. Location pilih “Indonesia’. Klik atau centang kotak yang bertuliskan “I agree to the google terms of service and privacy policy’ lalu klik ‘next step’.

Untuk membuat blog di blogspot, caranya adalah:
-      - Buka browser yang tersedia
-      - Ketik link www.blogger.com
-       -  Klik tombol ‘sign up’ atau daftar di pojok kanan atas url halaman blog.
-      - Masukkan email yang telah dibuat di google di kolom ‘sign in
-      - Klik blog baru, maka akan masuk ke registrasi.
-      - Masukkan data-data yang diminta di halaman registrasi.


Coffee Break (Foto: dokumen pribadi)

Komunitas Repzone Republika (Foto: dokumen Pribadi)


Suasana Workshop (Foto: dokumen pribadi)


Sebagian Peserta Workshop (Foto: dokumen  pribadi)




Saya Bersama Ani Berta (Foto: dokumen pribadi)


Saya Bersama Pak Dian Kelana (Foto: dokumen pribadi)


Berada di Depan Degung Republika Jakarta (Foto: dokumen pribadi)


Bersama Sebagian Teman Blogger (Foto: Maria Soraya)


Pose Bareng Para Peserta Workshop (Foto: Maria. S)

Teh Ani berhahap agar banyak yang menulis agar ilmu yang diperoleh benar-benar dipublikasikan, bukan hanya semangat pada saat workshop saja. Ada kemauan tanpa action percuma saja, tidak akan mendapatkan apa yang diharapkan. Jika ada sedikit kemauan dan kerja keras, harapan teman-temen setelah workshop tidak akan sekadar angan-angan atau keinginan saja. Sebaiknya keinginan itu dibarengi usaha dan menjalani proses.

Oh ya, teh Ani Berta juga berpesan, sebaiknya menulis reportase itu maksimal 2 hari setelah event biar masih fresh gitu. Blog walking jangan kelupaan juga karena bisa sebagai booster, memperoleh kata pencarian. Selain itu kan link blog kita saat memberikan komentar pun akan terekam di blog teman kita. Gimana? Seru kan? Yuk, lah mulai bikin blog dari sekarang!

Semoga tulisan ini bermanfaat buat kita semua. Terima kasih teh Ani Berta. Semoga kita bisa bertemu lagi di lain kesempatan. Wassalam.

Facebook: Nurul Sufitri
Email: nurulsufitri@gmail.com
Instagram: @nurul_sufitri
Twitter: @Nurulsufitri
Linked In: Nurul Sufitri
WA: 08129634587 


56 comments:

  1. Terima kasih sudah hadir ya Mba Nurul, semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama teh Ani. Makasih udah share ilmu ngeblognya. Pasti bermanfaat dong 😊😊😊😃

      Delete
  2. teh ani emang salah satu blogger panutan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Vanisa hehe beliau keren banget yach...

      Delete
    2. teh nurul juga keren, kemaren menang lomba blog ya. selamat :)

      Delete
    3. Sama-sama teh Vanisa hehehe toss yuk! Asssiiikkk :D

      Delete
  3. Waah keren ya kegiatannya. Mantap banget kalimatnya "Blogger mati meninggalkan tulisan"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...semoga bermanfaat ya.. makasih 😁

      Delete
  4. kereennnn.

    haloo, Bun. saya Iput :)

    Mau jugaaa poto sama Pak Dian hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mb Iput pa kabar? Makasih dibilang keren hehehe... Seru ya liat foto aku sama fotografer senior Pak Dian?

      Delete
  5. Wah seru bgt ya mba kegiatannya.. aku jg sbg blogger baru jd bisa nambah tahu dr tulisan mba nih, tfs mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Amrl. Alhamdulillaah aku terjaring di workshop teh Ani ini 😁😁

      Delete
  6. Wah ilmu bagus nih. Apalagi buat blogger pemula kayak saya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem mb Ade...apalagi aku yg newbie gini hehe..dapat banyak ilmu dari praktisinya langsung seneng banget.

      Delete
  7. Wih acaranya keren, sayang dakunya kejauhan mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh jauh ya mam Keizha...pdhal kepengen hadir ya? Maybe next time ada lagi.

      Delete
  8. wah kepengen bgt ih kyk mb Ani sampe ke LN mantap semoga aku juga dpt rezeki kuk mba Ani aamiin 🙏🏻😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Begitupun saya :D.
      Kalau mbak Herva udah mantep ih nulisnya, malah pernah menang lomba nulis blog. Mana tau lambat laun impiannya jadi kenyataan mbak

      Delete
  9. saya ngeblog dri 2012, untuk menyalurkan unek unek saja, pingin tiap momen special terutama tentang anak bsa tersimpan dengan baik. samasekali tidak menghasilkan uang, tapi ketka ada yg bilang tulisannya bermanfaat, senengnya gak ketulungan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memperoleh penghasilan dari blog itu adalah nilai tambah buat aku. Awalnya sih mau bikin sejarah kayak diary gitu tapi alhamdulillah suka dapat email cantik hehehe..

      Delete
  10. Ulasan kegiatannya sangat menarik, Mbak. Harus banyak-banyak menimba ilmu, nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas Ahmad...aku juga masih belajar nih dari bawah dari ga ngerti apa2 soal blog.

      Delete
  11. Kereen ya mbak acaranya, kira-kira di Depok bakal diadain nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih :D Wah kurang tau deh, coba join ISB aja di FB nanti bakalan ada acara lain kok.

      Delete
  12. Aku sedih ga ikutan ini. Karena hari minggu itu tadinya aku mo ada acara. Yaudah emang sengaja gak daftar. Eeeh ternyata aku acaranya batal. Gigit jari doang liat temen2 pada hadir. Huhuhu...

    Thanks for sharing ya mak. Aku suka artikelnya. Sangat2 bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duuuuuhhh mungkin belum jodohnya ketemu Teh Ani ya hehee...mudah-mudahan tulisan aku ini bisa bermanfaat buat teman-teman yang ga bisa hadir ya mbak Dzulkhulaifah :)

      Delete
  13. Lengkap sekali ulasannya jadi seperti mengikuti workshopnya juga. Walopun nge blog sudah lama, dunia blogging masih baru buat saya karena masih belum mendapatkan banyak pencerahan. Ke depan semoga bisa juga mengikuti kiat-kiat dari teh Ani Berta yang sudah sampai ke taraf menjadikan blog sebagai sumber penghasilan yang sangat bisa diandalkan. Semoga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahamdulillaah kalau dibilang lengkap tulisanku ini, semoga bisa membantu ya. AKu pun masih baru balejar ngeblognya mbak Novie :)Join komunitas ISB aja dan Repzoone kan nanti bakalan ada event lagi tks.

      Delete
  14. Replies
    1. Makasih mbak/ mas :) Alhamdulillaah.

      Delete
  15. Seru banget ya Mba acaranya, bagus banget buat update ilmu blogger. Semoga bisa sekeren Mba2 sekalian suatu hari nanti, Aamiin 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Helo mbak Septia :D Aku pun masih newbie ngeblognya meskipun nulis2 buku udah sejak 2011 hehe soalnya kan beda teknik penulisannya hehehe... Semua seru nih dan menyenangkan.Aamiin.

      Delete
  16. masak sih newbie mba? blog dan tulisannya sudah bagus ini ^^ asyiknya ikut event beginian di Jambi belum ada. saya follow ya blognya mba Nurul :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe kan ngeblognya baru Oktober 2016 hihihi... iya makasih mbak nanti aku folbek.

      Delete
  17. wah, ketemu orang2 hebat ya di sana. pengalaman yang bagus sekali buat yang mulai ngeblog :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Farida. Siiipp makasih ya.

      Delete
  18. Wuih,,,, keren ya Mbak, kegitannya, pasti banyak dapat ilmu tu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak Yelli. Iya dapat banyak ilmu baru buatku dan teman-teman nih.

      Delete
  19. I enjoy what you guys tend to be up too. Such clever
    work and exposure! Keep up the wonderful works guys
    I've included you guys to our blogroll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you dear :) Hope you enjoy reading my blog.

      Delete
  20. wah lengkap bangettttt.....serasa datang kepertemuannya

    makasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak Maria :) Hehehe... alhamdulillaah bermanfaat yach.

      Delete
  21. Waaah asyeek dapat ilmu dari mbak ani berta. Makasih ya udah bagi-bagi ilmunya

    ReplyDelete
  22. sukses terus mbak... semoga nular ke sayahhhh... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiin alhamdulillaah makasih ya mbak Agatha :) Mbak juga keren!

      Delete
  23. seneng banget ya mbak, bisa menyerap ilmu dari para pakar. jadi makin semangat ngeblog :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Inna...ga nyangka deh akhirnya bisa ketemu sama teteh Ani Berta secara langsung dan nyimak ilmu blogging juga alhamdulillaah.

      Delete
  24. Jadi semakin semangat ngeblog yach mbak setelah baca ulasan tentang seminar blogging dengan mbak Ani Berta. Salam kenal mbak Nurul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Esther. Salam kenal kembali. Ini mbak yang tinggal di Finlandia kan? hehehe...

      Delete
  25. Wah banyak juga ya yang mau belajar sama Teh Ani. Blog dan Socmed kalau memang diseriuskan dan terus evaluasi semuanya, insya Allah memang mendatangkan rezeki sih, kalau memang rezekinya di sini.

    Untuk blog walking, beberapa bulan ini saya tinggal kunjungan balik aja. Kecuali ada tulisan yang penting banget untuk saya pelajari. Ini pun saya sortir juga berdasarkan komennya, karena dari komen akan ketahuan, apa dia memang hasil baca tulisan saya seluruhnya, atau cuma sekedar baca judul atau lihat2 foto aja, haha... Ketika dia cuma baca judul doang lantas komen, saya nggak bakalan mampir balik, haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget miss Nita :) Alahmdulillaah aku dapat kesempatan belajar sama teh Ani. Oh ya untuk blog walking, emang tuh ya terkadang ada yang irit komen alias ga dibaca tulisan kita. Terakhir sih ada yang komen aku hanya 1 kata yaitu "Yummy" hehehe Ya begitulah manusia :) Maklumi aja. Nanti orang tsb juga mengerti.

      Delete
  26. Wow banyak juga ya pesertanya smpai 60 orng,aku ketinggalan info sih acara ini haha. Btw teh Ani ilmunya dan pengalamannya banyak banget lho sampai bisa pergi keluar negri karena ngeblog. Tapi emang ya segala sesuatu apalagi itu hobi kita kalo ditekuni dan bener2 dinikmati pasti akan menghasilkan wkwkkw ya hobi ya kerja deh..kita bangetttt

    ReplyDelete
  27. Aku padahal mau ikutan tp bentrok sama kerjaan. Mbak Ani juga humble banget loh orangnya ya mbak. Aku beberapakali ketemu aduhh baik banget. Salah satu blogger panutan

    ReplyDelete