Daftar Isi [Tampilkan]

Sudah pernah makan gohyong? Gohyong ini jajanan viral dan menjadi salah satu kuliner kaki lima legendaris yang seringkali dicari orang. Bahkan pembeli rela antre untuk mendapatkan makanan tersebut. Ini pengalamanku menikmati gohyong ayam di Warunk Gohyong Depok. 

Pengalaman Pertama Makan Gohyong Ayam di Warunk Gohyong Depok


Pertama kali aku mengetahui gohyong viral di kawasan Cikini dari berbagai media sosial, khususnya Instagram. Seorang teman blogger, mbak Alida pertama kalinya membeli gohyong di sana, antrannya 2 jam lho. Ia tinggal pesanannya dan diambil kemudian begitu pulang ngantor. 

Seperti apa sih rasa gohyong? Aku mengajak suamiku berkali-kali untuk mencobanya, tetapi dia ga mau. “Ah, malas kudu antre, capek tau. Jangan-jangan rsanya ga sesuai lidah kita”, sahutnya sambil nyengir. Hihihihi. 

Tempat Makan Gohyong di Jakarta

Oh ya, aku baru satu kali mencoba gohyong, itu pun yang berlokasi di Margonda, Depok. Semoga di lain kesempatan aku bisa mencicipi gohyong di tempat lain. Berikut adalah beberapa tempat makan gohyong di Jakarta bersumber dari laman IDN Times, yakni:

  1. Gohyong Cikini, berada di Jalan Pegangsaan Timur, Cikini, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Buka setiap hari pukul 17.00-00.00 WIB. Harga per porsi di kisaran Rp25.000. 
  2. Gohyong Malaya, terletak di Jalan Gereja Theresia, Gondangdia, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Jam operasional mulai pukul17.00-00.00 WIB, buka setiap hari. Harga seporsi adalah Rp30.000. 
  3. Gohyong Babe Malaya berlokasi di Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Jam buka setiap hari pukul 17.00-01.30 WIB. Gohyong per porsi Rp30.000.
  4. Gohyong Menteng Fatmawati, berada di Jalan RS. Fatmawati Raya Nomor 72, Gandaria Utara, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Buka setiap hari pukul 18.00-00.00 WIB. Harga per porsi Rp25.000.
  5. Gohyong Menteng, terletak di Jalan Pangeran Antasari Nomor 10, Cipete Utara, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Buka setiap hari pukul 16.00-01.30 WIB. Harga per porsi adalah Rp25.000. 

Asal-Usul Gohyong

Teman-teman, aku mau berbagi cerita singkat sejarah gohyong ini terlebih dahulu ya. Kalian tentu penasaran, bukan, bagaimana pengalamanku makan gohyong ayam di warunk Gohyong Margonda, Depok? Supaya kita lebih menikmatinya kalau sudah tahu asal-usulnya. 

Gohyong berasal dari kawasan Fujian, Tiongkok, kemudian disebarkan oleh perantau Hokkien dan Teocheow ke wilayah lain seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Filipina dan lain-lain. Gohyong aslinya dari Cina dengan bahan utama daging babi, daging ayam, udang. 


Pengalaman Pertama Makan Gohyong di Warunk Gohyong Depok
Gohyong Ayam 1 Porsi dan 1/2 Porsi di Warunk Gohyong Depok

Di Indonesia, makanan ini diakulturasikan dengan budaya Betawi. Gohyong disebut juga ‘ngohiang’, terbuat dari daging ayam cincang, dihaluskan, dibumbui, dibungkus dengan kulit tahu hingga berbentuk lonjong. Dari bentuknya yang lonjong tersebut kemudian dipotong-potong dan digoreng kering. 

Sekilas memang mirip dengan mpek-mpek/ pempek. Bumbu rempahnya ada Shicuan pepper, cengkeh, biji adas, bunga lawang, kayu manis. Bentuknya memanjang, dipotong serong agar lebih estetik. Gohyong disajikan dengan kuah cuko dan potongan cabai rawit. Gohyong (ala Indonesia) merupakan campuran daging ayam dan telur yang sudah dihaluskan, dibumbui, dibungkus dengan kulit tahu. 

Kuliner Gohyong Ayam di Warunk Gohyong Depok

Akhirnya kesampaian juga aku makan gohyong untuk yang pertama kalinya. Senin, 22 April 2024 lalu aku menikmati gohyong ayam Margonda, Depok bersama mbak Ade UFI. Sebenarnya ini wacana lama, namun memang baru terealisasi saat itu. Ceritanya mbak Ade traktir aku nih hehehe alhamdulillaah ya. 

Viode reels sudah aku upload di Instagram aku @nurul_sufitri ya judulnya ‘Gohyong Ayam Margonda’. Selamat menonton, teman-teman. Di video ini sengaja aku ga pakai musik tambahan supaya kalian bisa ikut merasakan secara riil suasana aslinya on the spot ya. 

Warunk Gohyong Depok

  • Jalan Raya Margonda No. 492, Pondok Cina, Kota Depok, Jawa Barat 16424 (sebelum Cano printing arah Jakarta)
  • Telepon/ WA: 0878-1505-4058
  • Jam operasional: Pukul 15.00-23.00 (Datang pk 16.00 saja ya, soalnya kalau pk 15.00 belum ready, masih persiapan eeeaaaa 😁)
  • Fasilitas: Ruangan ber-AC dan non AC, toilet, area parkir di ujung dalam kedai. 

Aku berangkat dari rumah setelah menunaikan salat ashar. Naik ojek online dengan tujuan JPO Margonda Residence (Mares). Menyeberangi jalan raya menggunakan JPO alias Jembatan Penyeberangan Orang) sambil melihat arus lalu lintas Margonda ternyata asyik juga. Langsung terlihat Warunk Gohyong yang dimaksud deh.


Pengalaman Pertama Makan Gohyong di Warunk Gohyong Depok
Warunk Gohyong Depok

Janjian sama mbak Ade UFI yang ternyata lama sekali belum kelihatan batang hidungnya, membuatku jadi berkeliling tempat ini, berjalan ke sana kemari dan mengobrol dengan dua orang mbak penjual gohyong. Aku melihat proses menggoreng gohyongnya, kebetulan adonan cincangan ayam sudah jadi di sebuah wadah. Adonan panjang siap dipotong-potong. 

Aku sempat duduk lama di dalam ruangan ber-AC. Saat itu ada dua orang pengunjung laki-laki. Kemudian aku ganti posisi menempati mejad an kursi di depannya yakni ruangan non AC. Ada tiga perempuan yang sedang menyantap goyhong juga. Belum ramai pengunjungnya pada saat itu.


Pengalaman Pertama Makan Gohyong di Warunk Gohyong Depok
Ruang AC dan non AC, toilet, area parkir di Warunk Gohyong Depok

Baca juga:

Pempek Pak Jenggot Pasar Minggu

Tempat Makan Enak dan Hangout Asyik di Depok yang Wajib Dicoba

Makan Siang di Buhara 93 Restaurant Turki

Menu Pilihan Kami

Pesan apa saja nih di Warunk Gohyong Depok? 

Gohyong Ayam

Aku pesan seporsi gohyong, sedangkan mbak Ade setengah porsi saja. Satu porsi isinya 6 potong gohyong, adapun yang setengah porsi isinya 3 saja. Warna kuah dan rasanya seperti kuah mpek-mpek, namun untuk kuah gohyong ini ada potongan cabai rawitnya. Santap makanan ini panas-panas begitu diangkat dari wajan hhmmm nikmatnya!

Menurutku sih, tekstur gohyong ayam Margonda di Warunk Gphyong Depok ini rasanya enak, renyah di luar, lembut di dalam. Acar dan potongan cabai rawitnya serta kuahnya juga pas. Perpaduan rasa masam, asin, gurih, sedikit pahit membuat lidah bergoyang. Memotong gohyong dengan sendok, terdengar ‘kres’ kriuk gitu. 

Mie Bangladesh

Kami juga pesan seporsi mie Bangladesh karena penasaran. Makan mie sepiring berdua sekadar ingin mencoba. Rasa mie ga terlalu spesifik, biasa saja. Sepintas rasa keseluruhan mirip kuliner Aceh ya rempah-rempahnya terasa, hanya saja bentuk dan tekstur mie Bangladesh ini seperti mie pada umumnya.

Teh Tawar Hangat dan Teh Tarik Dingin

Minuman yang kami pesan adalah teh manis hangat dan teh tarik dingin. Teh tawar hangat memang pilihan tepat menurutku untuk menetralisasi rasa makanan. Teh tarik sebagai pelengkapnya. Kebetulan aku memang sangat menyukai minuman yang satu ini. Memang sih bukan sungguhan teh tariknya, kayaknya sejenis inatan gitu deh hehehe. 


Pengalaman Pertama Makan Gohyong di Warunk Gohyong Margonda Depok
Gohyong Ayam, mie Bangladesh dan teh tarik dingin di Warunk Gohyong Depok

Daftar Menu


Pengalaman Pertama Makan Gohyong Ayam di Warunk Gohyong Depok
Daftar Menu Warunk Gohyong Depok (Foto: Mbak Ade UFi)

  • Gohyong 1 porsi Rp25.000
  • Gohyong 1/2 porsi Rp15.000
  • Teh tawar hangat (lupa harganya) 😃
  • Teh tarik dingin Rp10.000.

Setelah adzan maghrib selesai berkumandang, aku pun lekas pulang, naik ojek online lagi. Begitu pula dengan mbak Ade naik ojol juga. Terima kasih traktirannya ya. Semoga di lain kesempatan kita bisa wisata kuliner lagi. Sehat selalu, aamiin. 


Pengalaman Pertama Makan Gohyong di Warunk Gohyong Depok
Makan Gohyong bersama mbak Ade UFI

Nah, teman-teman, itulah cerita singkat pengalaman aku mencoba gohyong ayam di Warunk Gohyong Depok. Cocok buat mengisi perut, ngemil cantik. Malah cukup mengenyangkan kok gohyong seporsi. Di tempat ini terdapat beberapa kedai lain juga. Semua rata-rata bisa dipesan online.

Selamat mencoba gohyong. Terima kasih sudah mampir di blog aku. Sampai jumpa lagi! 😍




50 comments:

  1. Aku pertama kali coba gohyong pas mama mertua msh ada mba. Yg di Theresia Menteng. Pas coba, makan pake kuahnya, eh kok enaaaak. Kuahnya itu yg bikin nikmat. Krn pas aku makan ayamnya aja, ga terlalu doyan. Kering kan. Tapi pas udh bersatu ama kuah, baru deeeh 😆😄. segerrr. Apalagi rasa kuah kayak pempek cuma lebih light dan encer.

    Harusnya sih sama lah yaa rasanya. Dah banyak skr yg jual gohyong. Kalo dulu kayaknya yg Menteng dan Cikini itu yg banyak pembeli, sampe antri memang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi resep mah mirip2 ya sama gitu. Cuma biasanya beda tangan bakalan beda rasa karena mungkin ga ada standarisasi hehehehe :D

      Delete
  2. Penasaraaaaaan. Aku dari pertama viral sampe sekarang belum pernah kesampean euy nyobain gohyong. Deket sini ada yang jual di grobakan gitu, tapi gatau kenapa kayak kurang meyakinkan.
    Nah, kalo tempatnya permanen gini kayaknya aku mau deh coba. Apalagi deket ini di MSD (Margonda Sonoan Dikit), hahaha.

    Btw, kok kalo diliat-liat bentuk dan kuahnya. Agak mirip martabak telor ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuy kapan2 dimampirin sini kan dekat. Iya kayak martabak tapi gohyong tebal, isiannya banyak.

      Delete
  3. ih penasaran juga sama si gohyong ini, enak banget ya mba, aku liatnya video di tiktok yang viral di cikini kalo salah, jadi pengen kan kan

    ReplyDelete
  4. Belum pernah cobain makanan gohyong ini mba, malah baru denger namanya dari tulisan mba disini. Hehe tapi gara-gara lihat gambarnya mirip kayak pempek, jadi pengen cobain deh. Ada kemungkinan makanan ini dijual di daerah Jawa Timur gak ya? Surabaya sekitarnya misal, karena kalau harus ke Depok rasanya belum memungkinkan kendala waktu, situasi dan kondisi 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, masa sih? Hihihihi..... Kemon dicoba. Bisa jadi nanti merambah ke kota2 lain si gohyong ini :)

      Delete
  5. bentar, biarkan daku melihat kemiripan antara mbak Nurul dan Ummi, Asli dah jadi kayak kembar hihi.
    balik ke si Gohyong, daku belum mencoba kuliner ini, padahal lumayan sering lewat Cikini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha iya yach? Harus dicoba kuy deh buruan :)

      Delete
  6. Selain Gohyong, ada menu Mie juga. Kelihatan enak apalagi ada irisan cabainya. Pedas segar ditambah daging lembut di dalamnya. Jauh wak kalau ke Depok. Mungkin nanti cek di kota sendiri. Siapa tahu udah ada ya

    ReplyDelete
  7. Kadang mikir, kok bisa viral ya. Apa memang promosinya keren, kuliinernya jos, atau faktor lainnya.
    Semoga kuliner-kuliner seperti ini tetap ramai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ramai terus dan jadi favorit hehehe.

      Delete
  8. ya ampuun kalo ga mampir gak tahu ada gohyong dan jadi penasaran, coba ah ntar kalo ada waktu mampir cikini mumpung dekat kantor, kalo mie bangladesh aku udah pernah mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain gohyong di beberapa tempat berbeda deh jadi tahu rasanya :D

      Delete
  9. Belum pernah mencoba menikmati gohyong yang sedang viral ini
    Tapi baca di artikel ini jadi bisa membayangkan sedikit bagaimana rasanya. Hehe...
    Btw sepertinya bikin sendiri juga bisa, biar lebih yakin dengan kehalalannya... Haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba bikin sendiri deh, mantap hihihihi :)

      Delete
  10. Aahh, jadi mau gohyong. Aku pertamakali mengenal gohyong diajak anakku beli yang lagi Piral katanya di Cikini, pas banget liburan di Jkt sekalian kulineran.

    Pas ke Bandung , belom ada yg jualan, ga lama kemudian gara2 Piral mulai ada Gohyong di Bandung. Rasanya emang yummy, masih bersahabat di lidah aku, haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, cocok berarti di lidah ya. Lanjutkeun jajan gohyong lagi hihihihi :D

      Delete
  11. Kemarin sempet makan gohyong juga di Senayan Resto.
    Seneng karena enaakk~
    Kalau di Bandung rasanya belum pernah cobain. Hihi.. asiknya Jekarda tuh gini yaa.. jajanan apa aja selalu banyak pilihan lokasi dan tinggal menyesuaikan selera.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, namanya juga kulineran perpaduan Betawi dan Cina hehehe jadi banyaknya di Jakarta.

      Delete
  12. Aku penasaran sama gohyong ini karena belum pernah makan, kemarin ada ibu-ibu sekolahan nawarin mau pesan gak? Tapi aku ragu gitu karena belum pernah makan, lihat review mbak Nurul ini jadi pengin banget nyobain. Nanti mau ajak kak Elly dan Desy ah sekalian kulineran di daerah Cikini

    ReplyDelete
  13. Aku baru tahu gohyong ini sepertinya enak banget ya mana crunchy lagi karena digoreng kering, rumah makannya juga nyaman dan bikin betah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak, gurih, garing, cincangan daging ayamnya cukup banyak.

      Delete
  14. Gohyong ternyata kalo di aku namanya Eggroll jeng Nurul
    aku suka pake banget, aku suka beli yang frozen (di Tangerang udah ada yang jualan frozen soalnya) - jadi kalo makannya ya panas-panas lebih nikmat

    Mie Bangladesh juga fave banget, kapan dooong aku diajak mamam bareng?

    ReplyDelete
  15. penasaran juga saya sama gohyong. kemarin ada teman di kantor yang buka open order tapi kayaknya sekarang udah nggak lagi. saya sudah beli sih sebenarnya bubuk ngohiongnya tapi belum sempat bikin he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli aja langsung hap ga capek hahahahah :D

      Delete
  16. Aku baru tahu Gohyong dari suamiku, sejak makanan ini viral di Instagram. Dia sempat ngajakin aku untuk nyoba kuliner yang satu ini, tapi belum kesampaian juga nih sampai sekarang. Haha. Baca ceritanya Mbak Nurul makan Gohyong di Warung Gohyong Depok, jadi makin pengin nyobain. Penasaran sama rasa daging dan kuahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk buruan deh cobain biar ga kepo lagi :D

      Delete
  17. Aku juga belum lama tau gohyong ini. Pas kapan hari kelurahan ngadain kelas masak di balai RW, yang dimasak gohyong. Pertama denger namanya, pertama icipin.

    ReplyDelete
  18. Aku belum pernah beli Gohyong, namun memang sudah lama cukup ngiler sama makanan yang satu ini 🤩 kebayang sih enak nya. Salut juga sama pencetus makanan Gohyong, ini tuh kaya angin segar buat food blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadi memperkaya wawasan kuliner kita :)

      Delete
  19. Aku belum pernah makan gohyong, liat fotonya jadi pengen cobain jugaaa.. Jadi pengen cari cari gohyong juga di jakarta nihhh.. penasaran mau cobaiiinn

    ReplyDelete
  20. SAya penasaran banget sama gohyong, sampai sekarang belum sempat mencoba.

    ReplyDelete
  21. Oalahh dari Tiongkok ternyata, masak tadi saya pikir dari Korea lho. Eh itu mah Gong Yoo yaa wkwkkw. Ini dasar sayanya lagi ga ngikutin tren sekarang nih, masa iya Gohyong nih viral, sayanya blas ga tahu bahwa ini makanan. Boro-boro mau coba. Hadeuhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahahahahah... ga apa2 kuy lah cobain gohyong sekarang.

      Delete
  22. Gohyong nih ada dimana mana ya aku pernah coba yang di Jatinegara perpduan ayam sama udang, dan emang seenak itu Gohyong

    ReplyDelete
  23. Aku juga baru pertama kali makan gohyong. Dan langsung suka. Enak ya. Di sini ada kaki lima yang jualan. Pake gerobak gitu. Enak dan murah pula. Bikin ketagihan terus dan terus nih makan gohyong ini. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak :D Apalagi disantap saat hujan hhmmm,,angetin :D

      Delete
  24. Waaaww isian gohyongnya penuh banget ituuu....
    Aku udah bbrp kali makan gohyong ya memang enak sih, apalagi dicampur cabe rawit potongan gitu di kuahnya. Gurih pedes seger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuahnya segar ya, enak makan gohyong panas dan pedas.

      Delete
  25. Cobain yang di Cikini kapan2, rul.. Penasaran juga mau cobain yg di Fatmawati deh.. Kabarnya itu terkenal juga. Ntar kalau pas jalan2 ke daerah Fatmawati ah.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.