Daftar Isi [Tampilkan]

Yakinkah dengan budget seadanya kita bisa berlibur ke Bali? Sudah menjadi rahasia umum jika pergi ke Pulau Dewata memerlukan biaya yang tak sedikit. Hal ini membuat banyak orang mengurungkan niatnya. Ternyata aku sekeluarga berhasil road trip Jakarta Bali plus Taman Nasional Baluran, Kota Lama Semarang, Telomoyo dan Ambarawa, lho! Apa sih rahasianya?

11 Tips Road Trip Jakarta Bali Hemat, Aman dan Menyenangkan

Tulisan ini aku persembahkan untuk diriku sendiri yang berhasil traveling jauh, menyetir dari Taman Nasional Baluran sampai Hotel Sari Ambarawa, serta ada perasaan was-was karena aku memiliki keluhan tulang punggung bawah yang agak bengkok. Tentu saja cerita ini teruntuk para kesayangan Aa Rahmad, teteh Rafa dan ayang Fakhri dong. 

Oh ya, urusan mengendarai mobil tentu porsinya lebih banyak suamiku. Dia pun tak tega jika aku sampai kelelahan. Malah selama di Bali, hampir semua jalanan dia telusuri. Tapi aku senang sekali bisa berpartisipasi eeeaa gentian nyetirnya, baik di jalan tol, jalan raya biasa dan sebagainya. Perjalanan menggunakan mobil pribadi Avanza 2005 manual 1.300 CC dimulai sejak 22 April 2023 hingga tiba di rumah dengan selamat pada 30 April 2023, alhamdulillaah.

Sebenarnya rencana road trip Jakarta Bali ini sudah lama menjadi wacana keluarga. Terlebih dulu sih inginnya kami membawa mama dan papaku serta. Namun apa daya mereka sedang dalam masa ikhtiar pengobatan di rumah sakit. Mama mengalami penyakit anemia aplastik dan papa terkena kanker prostat. Kisah ini nanti saja diceritakannya ya, teman-teman. 

Daripada kebanyakan ngomong, langsung saja yuk kita bahas gimana sih tips road trip Jakarta Bali hemat, aman dan menyenangkan! Selain modal duit yang mesti dipenuhi, destinasi, faktor kesehatan juga mesti diperhatikan dengan baik. Jangan lupa banyak berdoa agar perjalanan lancar sampai tujuan dan tiba di rumah tanpa kurang suatu apapun. 

Pada hari Sabtu, 22 April 2023 bertepatan dengan 1 Syawal 1444 H kami memulai road trip, berangkat dari kediaman orangtuaku. Jadi, kami menunaikan salat Idulfitri terlebih dahulu di Masjid Jami' Nurul Muqaddimah Jagakarsa. Setelah selesai salat, kami berempat bergegas menuju rumah mama papaku yang hanya berjarak 1,2 km saja, langsung bawa mobil pastinya. 

Momen Hari Raya Idulfitri yang begitu istimewa, sungkeman dengan orangtua, kemudian sarapan menu lebaran buatan mama tercinta, alhamdulillaah. Sekitar pukul 09.45 WIB berangkatlah kami diiringi doa mama papa sekaligus ketupat, telur, rendang yang sudah mama siapkan. “Untuk makan siang di jalan, supaya kamu, Aa dan anak-anak ga kelaparan dan susah cari tempat makan”. Ya begitulah orangtua. Meskipun aku sudah tua hihihi tetap saja dianggap masih bocil. Apalagi perlakuan terhadap cucu, lebih sayang lagi 😊

11 Tips Road Trip Jakarta Bali Hemat, Aman dan Menyenangkan
Momen Idulfitri 1444 H Bersama Keluarga Tercinta

11 Tips Road Trip Jakarta Bali Hemat, Aman dan Menyenangkan
Taman Nasional Baluran


11 Tips Road Trip Jakarta Bali Hemat, Aman dan Menyenangkan
Telomoyo dan Kota Lama Semarang

11 Tips Road Trip Jakarta Bali Hemat, Aman dan Menyenangkan

Teman-teman, berikut aku bagikan 11 tips road trip Jakarta Bali hemat, aman dan menyenangkan versi keluargaku ya. Semoga cocok diterapkan pada kalian. Apabila kurang pas, bisa disuaikan dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing deh, fleksibel.

1. Perhitungkan Dana yang Harus Dikeluarkan

Hitung dana untuk bensin, pembayaran tol, makan, biaya naik kapal feri, penginapan, tiket wisata dan lainnya. Bawalah uang tunai secukupnya, kalau perlu uang kecil juga. Uang tunai tetap diperlukan, jangan sampai kita kerepotan mesti mampir ke ATM. Siapkan saldo di kartu elektronik melebihi kebutuhan, dilebihkan saja supaya hati tenang saat tap kartu selama perjalaann tol atau parkir. 

2. Bawa Dokumen Penting yang Diperlukan

Siapkan surat-surat kendaraan untuk dibawa serta, seperti SIM, STNK mobil, KTP harus lengkap dan masih berlaku. Bawa juga kartu elektronik dan dokumen terkait lainnya. Untuk penyeberangan naik kapal feri dari Pelabuhan Ketapang ke Pelabuhan Gilimanuk, diperlukan e-ticket yang dibeli secara online.

3. Pastikan Kondisi Mobil Prima dan Tangguh

Cek kendaraan secara keseluruhan kondisi mobil mulai dari mesin, kaki-kaki, AC dan semuanya terperinci. Kondisi kendaraan sebelum berangkat hukumnya wajib sangat siap sekali. Saat ini perjalanan Jakarta Bali memakan waktu paling cepat sekitar 20 jam atau 3.000 km lebih. 

Jangan ragu melakukan servis mobil secara mandiri, bukan di bengkel resmi, jika kebetulan penuh atau antrean panjang. Suamiku memiliki mekanik khusus yang sudah sejak lama kenal bertahun-tahun. Alhamdulillaah Mas Suradi, demikian nama panggilannya, cocok sekali menangani mobil pribadi kami di rumahku.

Idealnya, kebersihan mobil secara fisik dari luar terutama dalam harus kinclong, sehingga nyaman dikendarai. Pengalamanku, tempat pencucian mocil selalu penuh, malah sudah tutup. Terpaksalah suami dan anak bungsuku mencucinya di rumah. Justru hasilnya sangat memuaskan, super bersih, meskipun memang mobil tak diangkat (Hidrolik).

 

11 Tips Road Trip Jakarta Bali Hemat, Aman dan Menyenangkan
Cuci Mobil dan Nyetir
 

4. Ketahui Rute yang Akan Dilalui dan Buat Itinerary

Terbayang ga sih selama perjalanan Jakarta Bali kita mampu menembus segala rintangan, tantangan, hambatan serta keruwetan tanpa GPS? Oh, no! Wajib banget aku sekeluarga mengandalkan Google Map atau apapun itu untuk mempercepat rute yang dilalui agar terhindar dari kemacetan yang signifikan. Mau pilih jalan raya atau jalan alternatif? 

Kalau ragu, mendingan pilih jalan biasa saja gaes. Jika khawatir tersesat, bisa tanya pada orang-orang di sekitarnya. Sebaiknya kita atur rute perjalanan sejak awal dan ketahui lokasi rest area untuk beristirahat, salat, makan, mengisi bahan bakar mobil dan sebagainya. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi risiko salah sarah yang dapat menyita waktu dan tenaga.

Oh ya, rute road trip Jakarta Bali ini dimulai dari Tol Jakarta-Cikampek setelah itu kita ambil arah Tol Trans Jawa menuju Tol Probolinggo. Dari sini kita akan meneruskan perjalanan rute Pelabuhan Ketapang menyebrang naik kapal feri hingga tiba di Gilimanuk dan sampai di Bali. Sebaiknya buat itinerary dahulu ya, agar ada bayangan yang lebih pasti akan berwisata ke mana saja sekaligus mengatur biayanya.

5. Beli Tiket Penyeberangan Lewat Ferizy

Untuk dapat melakukan penyeberangan naik kapal feri atau ferry, kita harus membeli tiketnya melalui laman ferizy.com atau bisa juga gunakan aplikasi Ferizy dengan cara mengunduhnya melalui Google Play Store atau App Store. Oh ya kata baku dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah feri. 

Kapal feri merupakan kapal yang memenuhi syarat-syarat pelayaran di laut dan dipakai untuk menyelenggarakan perhubungan tetap, misalnya antar pulau. Aku akan menceritakan pengalaman naik kapal feri Ketapang - Gilimanuk dan cara membeli tiket online di judul berikutnya ya, teman-teman.

 

11 Tips Road Trip Jakarta Bali Hemat, Aman dan Menyenangkan
Naik Kapal Feri Dharma Rucitra

6. Tentukan Destinasi Wisata yang Akan Dikunjungi

Maunya sih, semua tempat wisata didatangi. Ya, ga bisa gitu dong hahaha, mesti ditentukan kira-kira kita mau healing di mana nih di Bali? Sempat terpikir destinasi yang sudah pernah disambangi 10 tahun lalu sebagai kenangan anak-anak masa kecil. 

Ada pula destinasi impian yang keseruannya ga habis-habis kalau lihat di Instagram para selebriti hihihi. Yang realistis ajalah, wong wisatanya cuma beberapa hari hehehe. Kami berharap bisa mampir ke Taman Nasional Baluran dan Telomoyo sih dan alhamdulillaah tercapai.

Cek harga tiket masuk, jam operasional, kuliner di sekitarnya yang mendukung kegiatan berwisata. Jangan sampai ternyata harga tiket masuk/ HTM sulit dijangkau alias mahal. Sudah jauh-jauh datang, ternyata batal masuk. Banyak kok tempat yang menarik untuk relaksasi dengan biaya tiket yang murah.

 

11 Tips Road Trip Jakarta Bali Hemat, Aman dan Menyenangkan
Danau Beratan

 

11 Tips Road Trip Jakarta Bali Hemat, Aman dan Menyenangkan
Desa Penglipuran

 

11 Tips Road Trip Jakarta Bali Hemat, Aman dan Menyenangkan
Tanah Lot

7. Pastikan Tubuh dalam Kondisi Fit dan Bawa Obat-obatan yang Diperlukan

Saat mengemudi tentu kita butuh energi yang banyak, baik itu tingkat konsentrasi tinggi maupun secara kenyamanan fisik berada di posisi yang sama dalam jangka waktu lama. Olahraga, minum vitamin, istirahat yang cukup agar saat hari keberangkatan tubuh dan pikiran bugar. Bawa obat-obatan yang diperlukan misalnya obat flu, batuk, demam, pilek, anti nyamuk, anti gatal dan lain-lain seperti kirm, salep, minyak gosok, hadeuh berasa jompo hihihi.     

8. Menginap di Homestay Atau Hotel Transit

Mengingat faktor kesehatan dan keselamatan, sebaiknya kita tidak langsung mencapai Bali. Carilah penginapan murah misalnya homestay untuk sekadar istirahat dan tidur beberapa jam sebelum berangkat pagi keesokan harinya. Sebisa mungkin lokasinya strategis dan terbilang dekat dengan pelabuhan, tempat makan dan SBPU.

Pengalamanku saat ini, kami menginap di Hotel Sari Ambarawa (Mungkin lebih mirip kos-kosan) dan Homestay Nurbani Banyuwangi sebagai tempat transit. Baca terlebih dahulu ulasan para tamu sebelumnya. Hubungi pemilik atau pengelola penginapan agar kita yakin pasti menginap di tempat tersebut sesuai ekspektasi.

 

11 Tips Road Trip Jakarta Bali Hemat, Aman dan Menyenangkan
Hotel Sari Ambarawa dan Homestay Nurbani Banyuwangi
 

9. Makan di Warung Kaki Lima Atau Food Court

Sebenarnya pilihan makan di warung kaki lima maupun food court bukan alasan penghematan semata. Kami ingin bisa menikmati menu khas daerah yang rasanya lezat, berbeda dengan yang ada di Jakarta. Kalau soal tempat sih bisa diaturlah, bukan hal signifikan yang mesti terlalu bersih atau apapun itu. Namanya juga tempat umum, adaptasi harus bisa dong

Baca: Tempat Makan Enak dan Hangout Asyik di Depok yang Wajib Dicoba

 

11 Tips Road Trip Jakarta Bali Hemat, Aman dan Menyenangkan
Makan Daging Bebek Goreng di Situbondo, Ayam Taliwang di Bali, Food Court Kota Lama Semarang dll

10. Bawa Air Mineral Galon dan Camilan Secukupnya

Lumayan lho, saat kita road trip membawa sebuah galon air mineral berikut camilan kesukaan keluarga! Jangan lupa persiapkan pompa air galonnya dan kabel untuk charge jika daya listriknya menipis. Paling asyik di dalam mobil itu ngemil. Siapkan snack asin, manis maupun kue lebaran. Kami juga selalu membawa buah-buahan seperti apel, jeruk dan anggur.

11. Pilih Hotel Berbintang dengan Diskon atau Promo Menarik di Bali

Road trip Jakarta-Bali Hemat, bukan berarti ga boleh menginap di hotel yang bagus, lho. Pilihlah hotel berbintang dengan diskon maupun promo menarik di tujuan utama. Banyak kok aplikasi online travel agent (OTA) yang memberikan voucher hotel dengan kode promo tertentu. Baca pelan-pelan syarat dan ketentuan sebelum memutuskan pilihan hotelnya.

 
11 Tips Road Trip Jakarta Bali Hemat, Aman dan Menyenangkan
100 Sunset Hotel Kuta & Ballroom

Saat di Bali, aku sekeluarga menginap di 100 Sunset Hotel Kuta & Ballroom yang jaraknya tak terlalu jauh dari Pantai Kuta. Jika menggunakan kendaraan mobil atau motor, jaraknya sekitar 3 km, sedangkan dengan berjalan kaki adalah 2 km. Sempat sih kami pilih dan sudah membayar hotel di kawasan Canggu, namun karena alasan tertentu, kami batalkan. Alhamdulillaah free cancelation dan dana dikembalikan kurang lebih 30 menit sejak aku menghubungi customer service via telepon rumah di pagi hari sekitar pukul 06.00 WIB. 

 
11 Tips Road Trip Jakarta Bali Hemat, Aman dan Menyenangkan
Pantai Kuta

Baca: Java Village Resort Yogyakarta

Waktu kami main di Pantai Kuta, berangkat dengan mobil online karena khawatir kemacetan luar biasa dan sulit dapat area parkir. Adapun pulangnya, Ya Allah terpaksa berjalan kaki karena semua kendaraan pemesanan online membatalkan pesanan kami. Sungguh pengalaman tak terlupakan. Yang penting jadi ke pantai, jangan sampai batal nanti anak-anakku sedih.

Melakukan road trip dari Jakarta ke Bali butuh rencana yang matang agar berjalan lancar. Semoga tips dari aku ini dapat membantu teman-teman dalam melakukan perjalanan darat yang cukup jauh, eh jauh banget malah hahaha. Boleh ditambahkan di kolom komentar jika kalian memiliki tips keren lainnya ya.

IndiHome, Sahabat Sejati yang Setia Menemani Kegiatan  Keluarga

By the way, soal membuat itinerary perjalanan, telepon rumah, aplikasi OTA, Google Map serta pencarian online lainnya secara praktis, tentu bukan sulap bukan sihir. Aku punya sahabat sejati yang setia menemani keseharianku dan segala kegiatan suami dan anak-anak dengan lancar tanpa hambatan, namanya IndiHome dari Telkom Indonesia. 

Teman-teman pasti sudah kenal internet provider hebat milik PT. Telkom Indonesia (Persero) ini, bukan? Internetnya Indonesia yang satu ini jaringannya luas, sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia. IndiHome merupakan layanan digital yang menyediakan internet, telepon rumah, dan TV interaktif dengan beragam pilihan paket serta layanan tambahan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan kita. 

Keluargaku sudah cukup lama menjadi pelanggan IndiHome. Kami memilih paket 3P (Internet+TV+Phone) IndiHome Internet Unlimited 30 Mbps hingga menjadi Internet Loyalty 40 Mbps. Layanan ini bisa digunakan aktivitas tanpa batas untuk 10 perangkat sekaligus, baik handphone, laptop dan lainnya. Ada 89 channel menarik yang dapat dinikmati keluarga. Jika melakukan pembayaran sebelum tanggal 15 setiap bulan, kita bisa mendapatkan gratis minipack IndiHome TV, lho. 

 
11 Tips Road Trip Jakarta Bali Hemat, Aman dan Menyenangkan
IndiHome, Internet Provider Terpercaya Andalan Keluarga

11 Tips Road Trip Jakarta Bali Hemat, Aman dan Menyenangkan
Paket 3P Internet Unlimited, Telepon dan Televisi

Fiber Optik dan Tayangan Televisi Favorit

Kami cocok banget sama IndiHome karena bebas akses internet stabil, telepon rumah jernih dan tayangan televisi interaktifnya juga populer. IndiHome telah menggunakan teknologi fiber optik, sehingga transmisi data dan akses bisa dilakukan dengan kecepatan optimal. Serat optik juga terbukti lebih resisten dan tahan terhadap gangguan elektromagnetik misalnya gangguan cuaca, karena fiber optik sama sekali tidak mengandung arus listrik.

Ada beberapa film dan tayangan unggulan favorit keluarga kami, diantaranya Good Bones - HGTV, Dr. Pimple Popper - TLC, Gangaa - Zee, The Pickers - History, Queen of Mask - KPLUS, Go, Dog. GoDreamworks, America’s Got Talent Season 17 – Hits Now

The Pickers ini paling juara deh. Fakhri dan papanya ga bisa diganggu kalau mereka sudah anteng duduk manis di depan televisi 😂 Hiburan yang mendidik dan sangat menginspirasi para pencinta otomotif. Apalagi saat road trip, biasanya topik obrolan di sepanjang jalan adalah motor antik dan mobil jadul melulu.

Baca: Yuk, Nonton Saluran Televisi yang Menarik dan Berkualitas dengan Paket IndiHome!

Wifi.id Seamless 

Oh ya, kalian sudah kenal dengan Wifi.id Seamless, belum? Nah, hanya dengan Rp 10,000,00 per bulan per perangkat, kita bisa menikmati koneksi otomatis jaringan luas Wifi.id dengan kecepatan internet sampai 100 Mbps. Di manapun berada, kita dapat tersambung langsung dengan ribuan titik Wifi.id di seluruh Indonesia tanpa harus memasukkan username dan password berulang kali. Asyik sekali!

Cara berlangganan add-on Wifi.id Seamless melalui website IndiHome:

  1. Klik tombol 'Berlangganan' pada halaman Wifi.id Seamless.
  2. Login menggunakan email atau nomor handphone yang terdaftar.
  3. Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone.
  4. Pada halaman Wifi.id Seamless, pilih nomor IndiHome, klik 'Langganan'.
  5. Ceklis Syarat & Ketentuan, klik 'Berlangganan'.
  6. Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone.
  7. Masukkan nama perangkat yang ingin ditambahkan di Wifi.id Seamless, klik 'Simpan'.
  8. Sambungkan perangkat ke jaringan seamless@wifi.id di lokasi manapun di Indonesia.
  9. Wifi.id Seamless berhasil diaktifkan.

Promo IndiHome

Kini sedang ada promo spesial dari internet provider IndiHome. Cuma bayar mulai dari 200 ribuan per bulan saja kalian sudah bisa memiliki akses internet dengan kecepatan hingga 40 Mbps. Cocok digunakan sampai 10 perangkat. Dapat diskon biaya pemasangan 50%, lho. Tunggu apa lagi? Yuk, berlangganan sekarang! Promonya sampai 30 Juni 2023 saja.

Gunakan aplikasi myIndiHome untuk aktivasi OTT Video Streaming, berlangganan fitur tambahan, lapor gangguan, cek dan bayar tagihan, cek Poin myIndiHome, info pemakaian, serta layanan menarik lainnya. Biasanya sih aku juga dapat info tagihan melalui Whatsapp IndiHome Care setiap bulan. Kece banget dan tentu puas menjadi pelanggan setianya. 

Solusi internet cepat, berkelas dan cerdas utnuk aktivitas tanpa batas, pilih IndiHome dari Telkom Indonesia aja!

Berkonten ria bersama IndiHome memang tiada habisnya. Tulisan ini pun diikutsertakan dalam lomba blog IndiHome 😊😊 Nantikan itinerary dan berbagai kisah menarik tentang pengalaman road trip Jakarta Bali yang bukan main serunya di judul selanjutnya. Terima kasih dan sampai jumpa!


60 comments:

  1. Wooow daebaak road trip Jakarta Bali. Itu cita2 ade tuh ama uda. Tapi kita lebih ke pulau Sumatera. Trus nyebrang ke Singapore kalau bisa.. Aamiin.. Beli mobilnya dulu daah.. Hahaha.. Btw gut ide yaa bawa air mineral galon. Drpd repot buang2 botol. Mending galon sekalian yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah :D Aamiin, semoga impian mbak Ade sekeluarga untuk road trip to Bali bisa tercapai juga ya. Yoi, bawa air mineral galon, hemat lho :)

      Delete
  2. Wah, seru banget perjalanan road tripnya mbak
    Aku yang di Surabaya aja masih mager klo harus ke bali naik mobil pribadi.
    Tapi baca ini jadi semangat buat cobain kapan kapan melakukan road trip seperti mbak Nurul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dekat dong kalau dari Surabaya mah, mbak Dian hehehe. Kuy agendakan kapan2 main ke Bali naik mobil pribadi :)

      Delete
  3. Nah iya,menentukan destinasi wisata juga harus realistis yang Mbak Nurul, jangan sampai berlebihan jadinya. Tipsnya lengkap banget ini Mbak Nurul, bisa jadi panduan keluarga yang mau nge-trip bawa mobil Jakarta-Bali. Moga nangkring di page 1 yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, mbak Niar. Hehehe aamiin makasih ya :)

      Delete
  4. seu ya Mba bisa liburan ke Bali bersama keluarga, apalagi jalur darat. entah suami gak pernah mau ajak keluarga kalo ke Bali, hehehe. dia sih sering perjalanan dinas. kapan2 deh mungkin nunggu anak agak gede bisa ngikutin cara mab dan keluarga liburan ke Bali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooooo, asyik loh sekeluarga naik mobil ke Bali :D Perjalanan sangat menyenangkan deh! Siiip.

      Delete
  5. wii mupeng jadi pengen lagi ngukur jalan ke Bali. Dulu aku langsung aja dari Bogor ke Bali, nginep pas udah nyebrang nyampe jam 1 pagi :D ...pake itinary n rincian bajet yg udah disusun suami.

    kalo emaknya malah nyusun... dreskod! niat banget foto bareng di tempat2 wisata biar seragaman gitu bajunya (bawa tripod juga). seseru itu emang ke Bali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda ya emak dan bapake wkwkwkwk...iya dong kudu kece kalau foto2 kan bajunya kudu istimewa ya hehehe.

      Delete
  6. Wah akhirnya ya mbak bisa road trip jakarta-bali...seneng banget, aku aja belum kesampaian nyebrang ke Bali padahal rencananya tahun kemarin pas mudik ke Jember-Banyuwangi mau lanjut nyebrang ke Bali...eh malah ada acara keluarga besar suami di Malang, akhirnya putar balik ke Malang. Semoga tahun depan bisa meluangkan waktu ke Bali sekaligus ke Taman Nasional Baluran. Terima kasih atas tipsnya, jadi yang berencana mau road trip bisa dapat informasi yang lengkap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah kesampaian akuuuu :D Aamiin semoga rencana mbak Mutia road trip ke Bali tahun depan bisa terlaksana ya :)

      Delete
  7. Waaa, pengen juga ih road trip ke Bali sama keluarga... Insya Allah bisa jadi kenangan sama anak-anak ya, Mak.. Tapi kalau lebaran, kami mudiknya ke 2 tempat, Mak, jadi harus cari waktu lain. Soalnya, kami jarang ketemu keluarga besar selain di liburan dan lebaran kan... Alhamdulillah sih lebaran kemarin sempat jalan-jalan ke Bandung juga sama mertua.

    Omong-omong, aku baru tau tentang WiFi Seamless. Praktis dan murah banget, ya, daripada harus beli kuota. Wkwkwk, soalnya kekurangan dari pasang WiFi di rumah adalah mesti beli kuota kalau pas mau pergi-pergi. Kadang aku kelupaan beli kuota, jadi pas keluar misalnya jemput anak-anak gitu, suami kesulitan menghubungi aku kalau mau titip dibeliin sesuatu. Hahaha... Nice info, Mak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuuuuk, rencanain sebaik-baiknya :) Pas liburan sekolah anak2 aja bisa tuh hehehe. Iya praktis dan murah pakai Wifi Seamless. Sama2 mak Arinta.

      Delete
  8. Seru banget ya road trip jakarta to Bali bareng keluarga. Eneran harus kuat staminanya yaa secara terus menerus jalan by kendaraan pribadi. Btw tipsnya bermanfaat banget. Moga lain waktu aku bisa road trip bareng keluarga macam mbak Nurul. Seru banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks mbak Sri. Iya serunya ga habis2 kalau diceritakan wkwkwkwkwkwk :D

      Delete
  9. Keren banget pergi ke bali. Molly pun pingin banget plesiran ke bali. Noted ya mbak. Kpn2 ke bali mau ikutin tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah :) Semoga kapan2 Molly juga bisa road trip ke Bali aamiin.

      Delete
  10. Mbaaa, dirimu keren banget bisa ikutan nyetir pake manual pulak. Ini mah mimpi aku banget bareng keluarga. Bisa naik mobil sendiri, bisa gantiin suami nyetir juga. Aku ngga kepikiran lho bawa galon, ini bisa banget menghemat budget biar ngga turun mulu ke indomaret. Semoga bisa lah ya dalam waktu deket road trip ke Bali juga. Tipsnya boleh nih di catet buat dicontek. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiihihi alhamdulillaah mbak. Seruuuu banget, yuk road trip kapan2 :D Aamiin.

      Delete
  11. Banyak kawan yang sengaja pakai kendaraan sendiri menuju Bali, terlebih teman-teman penghobi touring. Memang kita harus pintar memilah-milah agar tetap hemat dan aman sewaktu bepergian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, mas Sitam :D Hemat tapi tetap happy jalan2nya kan.

      Delete
  12. Jakarta Bali more than 1000 kms, pake nyebrang pulak ya mbak hehhehe. Greaaat... asiknya sih uda bisa gantian nyetir, jd si bapa ga terlalu capek. Aku belum bisa nggantikan nih mba kalau jalan jauh.

    Tipsnya keren mba..komolet. pas lebaran lalu kami jug ajalan jaub, tapi masih lokal aja sib hehe. Dan memang terbantu sekali oleh info2 dari inet. Tapi karena belum pake indihome seamless , jd masih pake laket data deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba mbak, enak loh nyetir sambil menikmati pemandangan hehehe. Iya, butuh internet cepat nih buat gugelan berbagai informasi wisata dll pakai IndiHome kece dong.

      Delete
  13. Wow road trip yang panjang. Iya terutama untuk bikin itinerary, kadang sampe berhari-hari ya. Mulai dari tempat wisata, kuliner, dan biaya. Makanya dibutuhkan googling dengan sinyal yg mantap, biar beres semuanya, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa, mesti dipilah-pilih apa saja yang masuk itinerary terutama dananya hahaha :D

      Delete
  14. Waahhh ke Telomoyo saat libur lebaran sepi ya, bisa pakai mobil pribadi untuk naik ke spot selfi.
    Kuta makin rame aja ya, dulu pun problem kami juga nyari parkir susah banget. Aku road trip Semarang ke Bali waktu anak-anak masih balita, ya Allah udah 20 tahun lebih. Road trip lagi ke Bali udah jadi wacanadan buyar karena pandemi, pengen mengulang kenangan. Sayang belum terwujud sampai sekarang karena alasan pekerjaan anak-anak.
    Nah untuk tawaran pelanggan baru makin murah deh, udah dapet 40 Mbps dengan biaya berlangganan 200 ribuan yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu lumayan sepi di Telomoyo hehehe :) IYa tuh duuuuh area Pantai Kuta ruameeee pisan, super macetttttt :D Udah 20 tahun lalu ke Bali road trip, jadi diulang lagi aja mbak Wati hahahah :D

      Delete
  15. mba makasi banget lho buat artikel ini, karena aku tuh memang ada planning mau road trip ke Bali dari Jakarta sama suamik dan anakku

    ReplyDelete
  16. Mantaap nih. Saya yang bacanya jadi ikut seneng. Dari hari lebaran ke rumah orang tua, terus langsung berangkat.

    Menikmati perjalanan panjang dg keluarga tercinta udah pasti seneng. Terus di Bali temtunya menimmati destinasi wisata impian. Sambil menikmati kulineran.

    Persiapan budget emang kudu dihitung matang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks mbak Eri. Paling seru memang menikmati perjalanannya, bukan hanya sampai di tujuan. Betul sekali.

      Delete
  17. Mba.. seru banget lo road tripnya apalagi ini sama keluarga. Jadi lebih hemat budget ya kalau perjalanannya memang benar-benar direncanakan dan memanfaatkan promo dan diskon. Hemat tapi tetap menyenangkan dan seru jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya donk, namanya emak2 paling demen promo maupun diskon2 hotel dll hehehe.

      Delete
  18. kapan yaa aku bisa road trip bareng keluarga seperti ini, seru banget berasa ikut dalam perjalannya. Aku baru tau sekarang ada aplikasi untuk beli tiket ferry, dulukan nggak ada . pasti banyak searching di internet yaa buat vacationnya benar-benar terencana dan semua menikmati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuuu...yoi mbak. Yuk, agendain road trip ke Bali sama keluarga. DIjamin asyik! Iya, serba online sekarang booking tiket macam2 jadi lebih praktis.

      Delete
  19. Mantep banget road tripnya. Aku ada cita-cita kaya gini juga, tapi ya belum terlaksana. Masih nyari partnernya ini, hehehe. Ya udah catet dulu tips-tipsnya buat nanti bepergian. Gak masalah juga kalau nginep atau makan di tempat sederhana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kapan2 terlaksana aamiin. Nginep di homestay enak kok :)

      Delete
  20. Iyaya..kudu jeli dan teliti saat bepergian dari mulai biaya hingga persiapan yang harus dilakukan.
    Travelling nyaman ketika tempat tujuan dan akomodasi transportasi semua sudah di booking online menggunakan aplikasi yang mudah diakses menggunakan internet Indihome.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. Hati jadi tenang karena persiapan sudah dilakukan sejak awal.

      Delete
  21. Ah, jadi inget waktu road trip dari Surabaya
    Banyak tempat bisa dikunjungi juga
    Asalkan ada yang bisa bantu itinerary dengan singkat dan padat
    Jadi kangen Bali

    ReplyDelete
  22. Kalau mau road trip kudu banyak survey sulu ya. Pemesanan tiket Feri dan otel juga mesti dilakukan sebelum berangkat ya. Kalau pakai Indiome enak banget. BIsa cepat survey dan perencanaan road trip. Internetnya cepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Pemesanan feri bisa di hari H di pelabuhan, kok. Nanti aku tulis cara bookingnya.

      Delete
  23. Wow wow keren dan seru ya mba petualangan road trip ya ke Bali naik mobil bareng keluarga jadi pengalaman berkesan buat anak-anak juga

    ReplyDelete
  24. Senangnya bisa road trip smpe Bali ya mbak...tp yg bkin aku kaget itu router indihome bs dbawa2 juga ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah. Ada caranya mbak seperti dituliskan di atas :)

      Delete
  25. Yang jelas, saya belum jadi petualang kayak Mbak Nurul. Saya belum punya nyali untuk main jauh, apalagi bawa keluarga. Hehehe.... Tapi joss, baca pengalaman Mbak ini. Bikin saya iri, tentunya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk deh kapan2 main jauhan dikit, geser dikit hehehe. Sip mas Ardi, thanks yaach :D

      Delete
  26. Wahh seru banget ya apalagi bareng sama keluarga, foto fotonya keren banget, terimakasih banyak tipsnya semoga suatu hari nanti bisa ke Bali.

    ReplyDelete
  27. Akhir THN kemarin aku udh niat mau road trip JKT Bali naik mobil Mbaaa. Biar anak2 liat Bali. Tapi batal Krn ada trip US yg mendadak . Makanya aku masih nyimpen planning harus bisa ke Bali road trip. Membantu banget sih tulisan mbak ini, jadi aku udah ada bayangan rutenya gimana.

    Sbnernya ITIN udh aku bikin juga. Tapi ya itulah, belum rezeki 😄.
    .

    Mobil mba Nurul pasti di rawat bangettt itu, masih bagus walo thnnya 2005. Kliatan dari foto 👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti mbak Fanny kesampaian road trip Bali insya allah. Iya ya, kemaren kan Amrik jadinya hehehe :D Thanks, iyaa mobilku udah kayak anak ke sekian wkwkwkwkwk :D

      Delete
  28. Wah mau banget deh ih bisa roadtrip Jakarta - Bali. Seru bisa melewati banyak spot asyik. Aamiin, semoga aku juga bisa begitu. Bawa anak-anak roadtrip Jakarta Bali. Pasti mereka suka. 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuklahhh :D Aamiin. Ntar liburan anak2 bisaaa tuh.

      Delete
  29. Aku dan Suami jg suka road trip Mba, seru memang ya. Krn kami di surabaya kami pernah surabaya semarang jakarta. Surabaya bali jg pernah istirahat di lumajang. Indihome mmg andalan ya uk persiapan liburan. Cari2 hotel dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap mbak Ria :D Serunya bukan main hehehe :D Iyaaaa.

      Delete
  30. Pengalaman perjalanan yang menyenangkan, ke Bali pun bisa berangkat dengan biaya yang cukup terjangkau ya Bun... Senang sekali jadi berasa mengikuti perjalanannya. 🥰

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.