Daftar Isi [Tampilkan]

Sudah pernah berkunjung ke Cilegon? Di Cilegon terdapat berbagai objek vital negara Indonesia, seperti Pelabuhan Merak, Pelabuhan Cigading, Krakatau Steel, PLTU Suralaya, PLTU Krakatau Daya Listrik, Krakatau Tirta Industri Water, Jembatan Selat Sunda dan Berikat Selat Sunda. Makanan khas Cilegon yang dapat dijadikan oleh-oleh pun bervariasi. Penasaran?

Cilegon adalah sebuah kota di Provinsi Banten, Indonesia, tepatnya di ujung barat laut Pulau Jawa di tepi Selat Sunda. Dahulu, kota ini merupakan bagian dari Kabupaten Serang. Namun sejak 20 April 1999 ditetapkan sebagai kotamadya, atau ‘kota’ yang dikenal sebagai kota industri. Bertandang ke Cilegon, kita bisa menggunakan kereta api Jakarta-Merak, teman-teman. 

 

5 Oleh-Oleh Makanan Khas Cilegon yang Wajib DIbawa Pulang JNE
 

5 Oleh-Oleh Khas Cilegon yang Wajib Dibawa Pulang

Berwisata ke Cilegon, belum lengkap rasanya jika belum menikmati aneka jajanan yang dapat dijadikan buah tangan untuk keluarga tersayang maupun handai taulan. Sebenarnya banyak makanan khas Cilegon yang bisa menjadi pilihan. Kali ini aku hanya membahas 5 jenis kuliner Cilegon yang terkenal dan favorit yakni sebagai berikut:

Kue Ketan Bintul

Ini dia makanan khas Cilegon, namanya kue ketan bintul. Wujudnya mirip dengan ketan biasa, hanya saja kue ini menggunakan topping serundeng alias parutan kelapa yang digoreng. Camilan ini disajikan menggunakan daun pisang.

Biasanya kue ketan bintul menjadi menu wajib saat berbuka puasa Ramadan. Konon, masyarakat CIlegon merasa ada yang kurang jika tak ada ketan bintul dalam salah satu menu berbuka. Banyak penjaja kue ini di pusat oleh-oleh maupun di sekitar pbjek wisata terkenal di Cilegon.

Kue Gipang

Kue gipang merupakan olahan beras ketan yang dipadukan dengan air gula sehingga bercita rasa manis. Teman-teman yang ingin membawakan oleh-oleh saat traveling jangan khawatir, kue ini cukup tahan lama lho. Harganya pun terjangkau jika kalian ingin membelinya dalam jumlah banyak.

Gegatas

Gegatas adalah makanan berbahan tepung beras yang dicampur dengan kelapa parut dan dibentuk menjadi keripik. Dengan rasanya gurih, keripik ini juga dipadukan dengan rasa balado. Gegatas jadi oleh-oleh khas Cilegon yang bisa kita bawa pulang untuk orang di rumah.  

Kue Engkak

Kue engkak merupakan oleh-oleh khas Cilegon yang menjadi favorit bagi wisatawan. Bentuk kuenya seperti kue lapis. Kue engkak ini resep dari nenek moyang sejak zaman dahulu kala. Rasanya enak, gurih, cocok sebagai teman ngemil saat family time.

Kerupuk Dapros

Kerupuk dapros yang berwarna-warni ini memiliki tekstur renyah dan gurih. Kerupuk dapros dibuat dari bahan tapung terigu. Camilan ringan yang satu ini pas menemani kita selama di perjalanan. Harganya murah meriah membuat hati senang berpetualang.

Bicara soal oleh-oleh makanan khas Cilegon, rupanya pas sekali dengan pembahasan yang satu ini. Sebagai informasi, aku mengabarkan bahwa di Cilegon kini sudah ada JNE Kantor Perwakilan Kepandean untuk tingkatkan layanan pelanggan, lho. Yuk, simak bersama!

JNE Cilegon Resmikan Kantor Perwakilan Kepandean

Kita tentu sudah mengenal PT. Jalur Nughara Ekakurir (JNE) yang sangat mendukung pengiriman barang, baik secara personal maupun bisnis jual beli. JNE konsisten melanjutkan pembangunan infrastuktur dan perluasan jaringan. Hal ini dilakukan agar kualitas pelayanan kepada customer makin maksimal dan memudahkan aktivitas pengiriman karena titik layanan JNE mudah dijangkau.

Kantor Perwakilan Kepandean JNE yang berada di Jalan Raya Cilegon No. 1D Pandean, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten. Kantor ini diresmikan pada Senin, 17 Oktober 2022 lalu. Adapun yang hadir saat itu adalah Sales Regional Bodetabekcilcik Eko Suprihantoro, Kepala Cabang JNE Cilegon Herry Herbowo, Sales and Marketing JNE Cilegon Julianasari, Babinsa Kagungan, Koramil 0602-16/Ciruas Serang, Sersan Kepala Joni Nurjaini, Ketua RW Kampung Kepandean, Muhibin. Selain itu ada pula pemberiaan santunan serta doa bersama yang dihadiri anak-anak yatim piatu dari lingkungan sekitar. 

 
5 Oleh-Oleh Khas Cilegon yang wajib dibawa pulang
Peresmian Kantor Perwakilan Kepandean JNE Cilegon

Dukungan JNE Cilegon bagi UMKM

Kepala Cabang JNE Cilegon Herry Herbowo menyampaikan kata sambutannya. “JNE secara konsisten terus berupaya melakukan berbagai program pengembangan terutama untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan turut membangun perekonomian bangsa”. Sebagai perusahaan logistik dengan tagline ‘Connecting People’, JNE sangat mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif lokal supaya mampu berdaya saing dengan menjadi tuan rumah di negeri sendiri. 

Baca:

JNE Raih Penghargaan "Brand Pemberdaya UKM" Kategori Ekspedisi Logistik

Pelatihan Bisnis Online UMKM di Era Digital

Apalagi kini perkembangan ekonomi digital sangat berdampak positif kepada bidang logistik karena perpindahan barang dari produsen kepada konsumen. Tentu saja hal ini membutuhkan logistik yang efisien serta harus tepat waktu. Ditambah lagi bertambahnya perusahaan sejenis, tentu kualitas pengiriman JNE harus terdepan.

Kantor Perwakilan Kepandean JNE di Cilegon berlokasi strategis dengan gedung baru yang memiliki fasilitas representatif, terstandarisasi dan area parkir luas. Untuk mendukung koneksi usaha UMKM, hal ini menjadi salah satu keuntungan. komunitas, para penjual dan lainnya dapat meningkatkan kebutuhan akan distribusi barang. 

Baca: Cara Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Pasca Pandemi

 
5 Oleh-Oleh Khas Cilegon yang Wajib Dibawa Pulang JNE
Berbagai Program JNE Cilegon

Berbagai Program JNE Cilegon

JNE Cilegon sering menyelenggarakan program-program sosial dan kerjasama dengan berbagai lembaga seperti: 

  • Donor darah dengan PMI Cilegon.
  • Kejaksaan Negeri Cilegon dalam program Siap Antar Kirim Tilang (SAKTI).
  • Kejaksaan Negeri Serang dalam program Sistem Ekspedisi Tilang (SI ELANG).
  • Program bersama Banten Thrift Festival.

Ada pula beragam kegiatan positif lainnya dalam rangka memeriahkan momen spesial JNE misalnya diskon ongkos kirim dan giveaway di media sosial. Teman-teman bisa mengetahui informasi selengkapnya di Instagram @jne.cilegon ya. Belanja oleh-oleh khas Cilegon, jangan lupa kirimi aku paket makanannya melalui JNE CilegonπŸ˜€

50 comments:

  1. Paling suka nyicipin makanan tradisional walau belum tentu semua suka. Kalau ada yang belum merasakan jadi penasaran walau ujungnya bisa suka atau gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti dicoba ya bun makanan khas seperti ini, supaya kita tau ada makanan apa aja di Cilegon hehehe :D

      Delete
  2. Aku pakai JNE terus Mba kalo pas order barang dari luar negeri. Freeongkir lo, gak ngerti juga bisa gimana. Terbantu banget lah pokoknya. Tapi estafet gitu, dari USA ekspedisi di sana, sampai sini lanjut JNE yg ngirim dari gudang di jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, mbak, aku juga :D Karena sering pakai JNE ada reward spesial hehehe :) Mantap ya.

      Delete
  3. aku belom pernah nih ke Cilegon, ada dulu temen orang Cilegon tapi kayaknya jarang bawa makanan khasnya deh, hehehe. kalau aku pernahnya ke Bantennya, yg deket pantai, trus aku beli sate bandeng, nah enak bgt itu sate bandengnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gituuu hehehe :D Bisa dikirim paket makanannya via JNE Cilegon mbak.

      Delete
  4. Waaaa, enyak enyaaakkk semuanyaaaa
    Suka dgn jajanan khas Cilegon ini
    Jipang tuh anak2 jg demen bgt

    ReplyDelete
  5. Dominan yang memiliki cita rasa manis ya, tapi aku suka banget eksplor kuliiner tradisional. Aku pernah loh pakai jasa jne untuk beli makanan, Alhamdulillah aman. Kayaknya harus menjadwalkan untuk liburan ke Cilegon

    ReplyDelete
  6. sepupu aku nikah dgn orang daerah hampir ke arah sana, arah Cilegon, udah ada gipang. . aku pernah nyobain tapi gegatas belum pernah nih mbaa...
    Cilegon aku paling ingat krakatau steel ya, pas belajar waktu sekolah hihi. Keren ya merata JNE support UMKM nya. Sukses selalu untuk JNE

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah JNE selalu mendukung UMKM. Aamiin. Kapan2 cobain gegatas mbak hehehe.

      Delete
  7. Baru tahu istilah getas itu gegetas kalau di Cilegon ya. Di tempatku namanya getas, enak deh mbak apalagi diminum pakai teh hangat. Nah kan Cilegon emang istimewa, makanya JNE bisa buka lagi dan lagi. Pastinya keberadaan JNE yang dekat dengan masyarakat ini membantu banget dengan banyak kegiatan positif yang dilakukannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hihihi :D Benar, Kehadiran JNE di CIlegon membantu UMKM dll,

      Delete
  8. Belum pernah ke Cilegon dan belum familiar juga sama 5 makanan yang disebutkan diatas hehe. Boleh loh mba, kirimin ke Bandung makanan khas Cilegon pake Jne tentunya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kudu dimampirin kapan2 tuh CIlegon :D Boleh haha siiip :D

      Delete
  9. Kebetulan aku belum pernah ke Cilegon mba, ternyata oleh-oleh makanan dari sana bervariasi dan sepertinya enak-enak deh. Dan karena Cilegon banyak pelaku UMKM menjadi lokasi daerah yang sempurna untuk JNE mengembangkan industri rumahan di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, banyak juga variasi camilan khas Cilegon ini :)

      Delete
  10. Wah, kalau JNE bisa makin bermanfaat gini, orang-orang jadi makin kenal dengan JNE dan jadi pilihan mereka deh yaa. Anw, kayanya aku belum ngerasain semuanya deh, ahaha. Juarang banget ke daerah Cilegon euy :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali. JNE selain sudah terdepan, makin diyakini sebagai pilihan kirim paket dll.

      Delete
  11. wow ternyata banyak ya oleh-oleh makanan khas Cilegon. Ngiler deh semuanya, terutama yang ketan dan kerupuk Dapros. Makanan daerah itu mengapa selalu enak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak :) Unik rasanya dan jarang dimakan setiap hari hahah.

      Delete
  12. Buat oleh-oleh saya lebih suka kasih jajanan tradisional gini, kalau mba Nurul punya favorit oleh-oleh Cilegon yang mana?
    Selalu suka sama program JNE yang terus support UKM bangkit pasca pandemi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerupuk dapros :) ALhamdulillaah JNE senantiasa membantu UMKM dengan program2 dan kerjasamanya.

      Delete
  13. Enak-enak nih oleh-oleh khas Cilegon. Sebagian ada yang mirip dengan makanan di daerahku, yang ketan pakai gula tuh kalo di Jogja namanya Lupis..

    ReplyDelete
  14. Ya ampun gipaaang, dah lama sekali aku gak makan itu mbak. Cilegon nih deket ma Jabodetabek ya, jd pengen ke sana juga. Suamiku sesekali dinas di sana hehe.
    Keren JNE Cilegon nih ternyata kantornya besar dan program2nya banyak ya dalam membantu masyarakat sekitar, khususnya UMKM.
    Iya ya kue engkak mirip sekali ma kue lapis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deketttt. Oh ya, bisa ngintil suami kapan2 pas lagi dinas hahaha :D JNE sangat membantu UMKM Cilegon dan sekitarnya alhamdulillaah.

      Delete
  15. Oh kue engkak namanya yang mirip dengan kue lapis legit, jadi ngiler lihat foto makanannya.
    Bersyukur ya JNE bisa memberikan pelatihan bisnis untuk UMKM, jadi makin nambah pengetahuan agar bisa meningkatkan omzet penjualannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mirip ya hihi. ALhamdulillaah, supaya pelaku UMKM makin eksis di kancah bisnis nasional menuju internasional aamiin.

      Delete
  16. Halo mba Nurul. Aku belum pernah ke Cilegon. Teryata banyak juga kuliner menarik ya mba yang bisa jadi pilihan untuk oleh oleh. Mau icipin kue gipang ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menarik banget, sip2 met cobain kue gipang :)

      Delete
  17. Baruu tau makanan khas cilegon padahal sudah pernah ke.cilegon tapi tidak kulineran sih makk...suka coba2 staycation aja...

    Senoga JNe makin maju dg kolaborasi berdama umkm menjadikan maju bersama sama pastinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mesti remedial kalau gitu ke Cilegon kapan2 hehehe :D Aamiin. Hidup JNE!

      Delete
  18. Eh iya juga yaaa aku kok belum pernah ke Cilegon deh kayaknya. Atau mungkin pernah tapi cuman lewat aja.
    Pernah dibawakan kerupuk dapros sama anak anak yang kos di Eyang.

    Terus kalau gak salah dia juga bawain keripik singkong yang unik jadi yang potongannya ga beraturan tapi buatku lebih enak daripada keripik yang bulet bulet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bentuk yang ga beraturan dan enak rasanya, bikin ga berhenti makan wkwkwkwkwk :D

      Delete
  19. Semua list kuenya, kue kesukaan semua. Jadi ngiler pengen jastip. Apalagi sekarang udah ada jne, pengiriman cepat dan aman. Jangkauannya juga luas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyam3x hahah :D Iya dong, pakai JNE ngirim makanan ke mana2 pasti aman.

      Delete
  20. Aku kalau ke luar kota, beli oleh-oleh yang modelnya kering, gak mau yang basah karena takut basi pas belum sampai rumah. Keripik sama kerupuk ini yang jadi favorit. Btw, selamat buat peresmian kantor perwakilan JNE. Makin banyak yang terbantu nih karena program-programnya juga okeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iyaaaa.... Keripik dan kerupuk favoritku juga :D Program2 JNE oke banget.

      Delete
  21. Ternyata makanan tradisional khas Cilegon itu banyak ya mbak
    Ini menjadi peluang bagi UMKM
    Apalagi ada dukungan dari JNE
    makin berkembang deh UMKM

    ReplyDelete
  22. Kalau sudah ada kantor resmi JNE di Cilegon, kini untuk mendapatkan makanan khas Cilegon jadi gak susah lagi yaa, kak Nurul. Bisa banget nih, kalau kangen sama kue bipang kesukaan akuu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Bisa kirim kue gipang bia JNE aja :)

      Delete
  23. Dari semuanya cuma yg kerupuk dapros aja yg aku belum cobain mba Nurul. Lainnya udah. Paling suka jelas yg ketan bintul πŸ˜„πŸ‘. Mungkin Krn gurih sih yaaa. Kalo makanan manis aku memang kurang begitu suka. Paling Icip dikiit aja πŸ˜„.

    Tapi dulu aku cobain kue2 ini bukan di Cilegon. Malah belum pernah kesana 🀣.

    Ada sodara yg bawain, dan kalo ketan bintul, sepupuku kebetulan pernah bikin. Jadi sempetlah icip2πŸ‘

    Pengen juga main ke Cilegon, biar langsung rasain di tempat asal 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku juga lebih cuka camilan yang gurih atau asin. Main ke Cilegon deh kapan2, deket dari Jakarta 😁😁 Jangan lupa borong oleh2nya. Biar ga rempong bawanya, kirim aja via JNE 😍

      Delete
  24. nah ini, kalau ke cilegon kudu bawa oleh oleh nih...

    ReplyDelete
  25. Saya tinggal di cilegon tapi bukan asli si, sering nyobaain tape hitam itu tapi rada mabok soalnya di diemin keknya ngandung alkhohol, pokonya tape itu udah tradisi hehe pas lebaran..oh ya gipang juga enak itu,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas. Oh gitu ya hehehe :D Enak2 semua ya makanan khas Cilegon :D

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.