Daftar Isi [Tampilkan]

Menjejakkan kaki ke berbagai destinasi wisata, belum afdol rasanya jika tak beli buah tangan. Apalagi saat kita berada di tempat yang jauh, dengan kearifan lokalnya yang memesona. Aneka kerajinan tangan yang khas, fashion yang tiada duanya, kuliner yang unik dan sebagainya, membuat kita ingin merasakan dan membawanya pulang ke rumah.

 

JNE Raih Penghargaan Brand Pemberdaya UKM Kategori Ekspedisi Logistik Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
 

Belanja Produk UKM sebagai Cinderamata

Saat aku sekeluarga traveling ke Yogyakarta, Dieng, Malang dan lain-lain misalnya. Pasti deh bawaan ketika pulang segambreng. Ah, memang sih emak-emak doyan belanja. Tapi, yakin kalian para lelaki bisa tahan godaan melihat produk UKM yang menggemaskan dengan harga terjangkau?

Biasanya bapak-bapak senangnya membeli jam tangan kayu, peci batik atau terbuat dari bahan tertentu yang langka, lukisan, tanaman, ukiran kayu jati, sarung songket dan masih banyak lagi. Aku sih suka belanja tas kulit, blouse batik, mukena, tas kain tradisional, makanan dan bererot produk UKM lainnya hahaha.

JNE Raih Penghargaan Brand Pemberdaya UKM Kategori Ekspedisi Logistik Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Traveling Pakai Tas Kulit Buatan UKM Indonesia
 

Makanan khas Dieng yang wajib dinikmati adalah mie ongklok, tempe kemul dan carica. Aku suka, walaupun rasa kuah mie manis hihihi. Kalau main ke Jogja, tak absen beli bakpia, gudeg, serta belanja di Hamzah Batik.

Berjualan fashion bisa dilakukan dengan menjual produk dari nol atau bahkan tanpa mempunyai modal yakni menjadi reseller. Jaket kulit Garut, ukiran patung di Bali, mutiara Lombok dan masih banyak lagi merupakan kerajinan daerah yang berpotensi untuk ekspor hingga mancanegara.

UKM kuliner memiliki pangsa pasar besar dan bisa dimulai dengan modal kecil, seperti penjaja makanan dan minuman kaki lima atau bazaar. Dapat juga dengan menitipkan produk pada toko lain misalnya kafe, angkringan atau berjualan online.

Kunci utama perkembangan UKM adalah kolaborasi dan inovasi. Tentu saja dukungan dari pemerintah dan berbagai pihak terkait dibutuhkan supaya UKM dapat bersaing di ranah global mulai dari pemasaran hingga teknologi digital. Sebagai tulang punggung ekonomi negara, UKM memberikan kontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja, menyedot 90% total pelaku usaha serta 61% terhadap Product Domestic Bruto (PDB).

Produk UKM yang berkualitas mesti diimbangi dengan jasa ekspedisi yang mumpuni. Konsumen pasti yakin membeli barang-barang UKM jika pengirimannya juga, mudah terlacak, biaya terjangkau dan masuk akal serta tepat waktu. JNE sudah lama menjadi andalan masyarakat luas dalam hal antar kirim paket. 

Teman-teman pasti sudah mengetahui JNE, bukan? Dulu, sebelum menulis blog, aku sempat berjualan pakaian tidur, lho. Urusan kirim paket baju aku serahkan kepada JNE tentunya. Sampai saat ini aku pun masih kirim barang melalui jasa JNE. Mari kita simak tentang JNE dan penghargaan yang diterimanya baru-baru ini!

Tentang JNE

JNE yang didirikan oleh Soeprapto Suparno pada tahun 1990 ini fokus pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian. JNE juga berekspansi ke jasa pengiriman makanan khas daerah (PESONA), jasa kepabeanan, penjemputan di bandara dan pengiriman uang/ money remiitance.

Kemudian di akhir tahun 2012 JNE memisahkan divisi logistik menjadi unit usaha tersendiri dan terpisah dari unit kurir ekspres. Mulai tahun 2013 JNE memperluas kembali usahanya di bidang logistik dengan fokus pada layanan pergudangan kargo, pengiriman jalur darat, sea freight dan air freight.

JNE EXPRESS berpusat di Jakarta dengan memiliki kantor cabang di kota-kota besar di Indonesia antara lain Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Batam, Medan, Palembang, Cilegon, Bandar Lampung, Balikpapan, Banjarmasin, Surabaya, Pontianak, Kendari, Makassar, Denpasar.

Di tahun 2014, JNE mempersiapkan JNE E-Commerce dan melakukan optimalisasi Mobile Applications. Selain itu JNE juga membangun 250 kantor operasional dan mempeluas jaringan hingga lebih dari 7000 outlet di seluruh Indonesia untuk bersaing dalam Asia Free Trade Area yang berjalan sejak tahun 2015.

Tujuan utama pendirian JNE adalah agar membawa manfaat bagi orang banyak, baik internal maupun kesternal perusahaan sesuai dengan tagline “Connecting Happiness”.

Program dan Kolaborasi JNE dengan UKM Lokal

Kondisi perekonomian semenjak pandemi hadir di Indonesia hingga saat ini memang belum sepenuhnya pulih. JNE berkomitmen secara nyata memberikan manfaat seluas-luasnya kepada masyarakat dan tetap konsisten mendukung kegiatan UKM. Hal ini sesuai dengan tagline “Connecting Happiness” di mana perusahaan jasa ekspedisi ini turut meningkatkan kapabilitas dan kapasitasnya lebih maju.

Berbagai program dilaksanakan seperti edukasi digital marketing dalam roadshow webinar JNE Ngajak Online di seluruh Indonesia, ada pula JLC Lucky Draw. Selain ini ada juga kolaborasi JNE bersama UKM lokal dan brand artisan ternama untuk meningkatkan daya saing dan daya jual UKM. JNE telah mengembangkan UKM Fulfillment Center yang menyediakan warehousing, order fulfillment, technology development, shipping management dan delivery.

JNE Meraih Penghargaan "Brand Pemberdaya UKM" Kategori Logistik

Kualitas JNE akan pelayanannya kepada pelanggan berbuah manis. JNE meraih apresiasi bergengsi dari Briefer yang berkolaborasi dengan IGICO Advisory dan Rumah Perubahan sebagai ‘Brand Pemberdaya UKM” kategori Ekspedisi Logistik.

Award tersebut diberikan oleh Prof Rhenald Khasali, Founder Rumah Perubahan kepada Presiden Direktur JNE, M. Feriadi Soeprapto. Penghargaan ini adalah bagian dari rangkaian acara seminar diskusi, pameran UKM dan coaching clinicEmpowering SMEs to Recover Stonger" yang diadakan secara hybrid pada Jumat, 11 Maret 2022 lalu. 

 

JNE Raih Penghargaan Brand Pemberdaya UKM Kategori Ekspedisi Logistik Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Penyerahan Penghargaan Brand Pemberdaya UKM Kategori Ekspedisi Logistik
 

Brand Pemberdaya UKM merupakan penghargaan yang diberikan khusus bagi perusahaan dari berbagai kategori hingga pemerintah daerah yang aktif dalam berkontribusi, mendukung dan memberdayakan UKM agar dapat menopang langsung ekosistem UKM demi kebangkitan ekonomi Indonesia.   

Selamat kepada JNE, semoga penghargaan ini semakin meningkatkan performa yang prima bagi seluruh manajemen dan karyawannya. Mudah-mudahan JNE dapat terus berinovasi mengembangkan usahanya dan memberikan manfaat magi masyarakat luas serta konsisten mendukung aktivitas para pelaku UKM.

 

Referensi:

https://accurate.id/bisnis-ukm/pengertian-ukm/

https://www.jne.co.id


90 comments:

  1. JNE sudah jadi ekspedisi andalan saya, apalagi yang tinggal nun jauh di Kalimantan. Sama kayak mbak nurul, suka belanja produk UMKM apalagi yang unik2 😍😍😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, mbak Siti :) Andalan kita kirim paket ya JNE :D

      Delete
  2. JNE uda paling the best sih emg soal logistik. kantir cabang nya ada dimana mana sehingga memudahkan untuk pengiriman barang. wajar mereka dapat penghargaan sih, keren! nice review mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, the best deh JNW. Keren ya dapat penghargaan :)

      Delete
  3. Selamat buat JNE!
    Sukses terus JNE, terutama dalam keterlibatan dalam ekspedisi UKM ini.
    Two thumbs up!

    ReplyDelete
  4. Meskipun pernah mengecewakankuuu huhu JNE tetap menjadi pilihanku karena 1 dibanding sekian kali aku kirim paket, lebih sering aku puas daripada kecewanya. Alhamdulillah selamat JNE semoga performanya makin makin makin baikkk πŸ₯Ί

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, JNE tetp menjadi pilihan terbaik kita kirim2 barang ya mbak.

      Delete
  5. Dibandingkan ekspedisi lainnya, JNE memang paling bagus sih. Paling dipilih oleh UKM. Saya juga kalau tidak dari e-commerce lebih pilih JNE.

    ReplyDelete
  6. Namapun emak2 ya, kalo traveling pasti excited banget mikirin oleh2 atau cinderamata khas daerah tsb.
    akupun begituuuu mba.
    Makanya super hepi ada JNE yg sangat memudahkan hidup.
    Ngga perlu worry kalo pengin belanja produk khas sebuah destinasi, kan ada JNE yg support UMKM lokal yak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah benr banget. Ga afdol kalau ga belanja cindera mata terutama dari UKM.

      Delete
  7. Salut dengan JNE, semoga tetap menebar kebaikan bagi masyarakat luas, dan semoga para pelaku UMKM tetap bisa bertahan dan terus bertumbuh meski di masa pandemi seperti sekarang.
    Btw batiknya cantik2 ya.

    ReplyDelete
  8. Selamat kepada Bapak Feriadi Soeprapto untuk penghargaan Brand Pemberdayaan UKM. JNE memang selalu dihati para pelaku UMKM

    ReplyDelete
  9. JNE ini emang udah terkenal banget ya mbak, gerainya banyak banget. Semoga makin sukses JNE

    ReplyDelete
  10. Brand pemberdaya UKM, layaklah kalau di sandang sama JNE ini. Soalnya JNE emang mitra pelaku UKM dalam hal kirim-kirim barang pesanan pelanggan.

    Soal oleh-oleh khas daerah, saya pyn begitu mbak. Jadi kalau ada tugas ke luar kota, pasti bawa tas cadangan yang bisa di lipat. Ntar pulangnya khusus buat tempat oleh-oleh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kirim oleh2nya pakai JNE aja jadi kita bawa diri pulang wisata ga rempong hehehe :)

      Delete
  11. Jalan-jalan dan buah tangan memang tak terpisahkan ya, Mbak.Senangnya kini UMKM makin berkembang..di antaranya berkat dukungan dari jasa pengiriman seperti JNE ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalan2 dan belanja inderamata itu menyatu hahaha :)

      Delete
  12. Salutt, JNE mau mendukung UMKM lokal sehingga para bedagang bisa terus mengembangkan usahanyaπŸ˜‰

    ReplyDelete
  13. Senang dengan gberakan JNE yang mernagkul UMKM, semoga UMKM semakin maju dan merambah nasional maupun internasional. Pihak ekspedisi seperti JNE juga pasti mendapatkan peran.

    ReplyDelete
  14. JNE ini emang top banget deh pokoknya, apalagi jasa pengirimannya bener-bener dikirim sampe kerumah dan tepat waktu..

    ReplyDelete
  15. Eh mbak nurul... Yuk JNE dulu, sebelum kita JNA (Jalan-jalan Naik Angkot) hehe... Keren mbak, dan borong semua aja mbak itu bajunya...

    ReplyDelete
  16. udah gak kaget si, menurut saya JNE masih jadi yang terbaik sebagai ekspedisi nasional. bahkan utk paket yang dikirim ke plosok pun sudah bisa melalui JNE. Semoga kedepanya JNE bisa terus melakukan inovasi-inovasi terbaik demi memuaskan para penggunanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kirim paket ke pelosok kita bisa andalkan JNE mantap.

      Delete
  17. Udah hal yang wajib sih kalau jalan-jalan pasti harus bawa oleh-oleh khasnya. JNE emang top banget deh dalam mendukung para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya jadi sudah sepantasnya sih dapat berbagai penghargaan. Selamat untuk JNE

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren banget JNE dalam melayani konsumennya :)

      Delete
  18. udah bener banget sih kalau JNE dapat penghargaan brand pemberdaya UKM. soalnya aku lumayan sering belanja UKM, jasa ekspedisi yang dipakai pasti JNE.

    ReplyDelete
  19. JNE dari dulu memang terpercaya. Gerainya ada dimana mana. Antar paket memamg paling tepat kalau pakai jasa pengiriman terpercaya kayak JNE ya mbak.

    ReplyDelete
  20. Ahhh, jadi mau Mie Ongklok..Lavaar..
    Ku suka makanan2 tradisional dan produk2 lokal juga.
    Mereka pelaku UMKM selalu disupport oleh pgrogram2 JNE ya, keduanya saling membutuhkan satu sama lain.
    MAkanya layak banget mendapatkan penghargaan brand pemberdaya UKM.
    Pokoke selamat buat JNE, sukses selalu yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mie ongklok instan mbak. Kita bisa kirim juga pakai JNE hehehe :) Aamiin, congrats JNE.

      Delete
  21. Memang UKM harus ada yang mendukung seperti pemerintah agar bisa berkembang. Di era digital seperti sekarang UKM dapat berkembang dengan memanfaatkan internet dan pembeli bisa dari mana saja. Tentu saja peran jasa ekspedisi jadi penting untuk pengiriman yang cepat.

    Disinilah JNE berperan penting ya mbak. Cepat dan murah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mas. Urusan pengiriman barang sudah tentu JNE andalan kita. Dapat memajukan UKM di Indonesia juga.

      Delete
  22. Tidak kaget JNE mendapatkan penghargaan karena memang ekspedisi ini baguss, menjangkau pelosok negeri. UKM terbantu dengan adanya JNe produknya bisa di sebar luaskan ke seantero
    negeri.

    Makin Jaya JNE

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ammin semoga peran serta JNE mendukung UKM terus berkesinambungan.

      Delete
  23. Selamat untuk JNE... Meski saya bukan pelaku UKM, tapi sebagai yang suka belanja produk-produk UKM, merasa terbantu banget dengan jasa JNE...

    ReplyDelete
  24. wah keren banget JNE mendapatkan penghargaan brand pemberdayaan UKM, mantap banget ya. Memang JNE ini paling keren diantara pengusaha logistik di Indonesia. semoga JNE makin terpercaya yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya allah JNE selalu memegang amanah dengan layanan terbaiknya :)

      Delete
  25. baru aja kemarin aku daftar jadi member di JNE karena memang terbilang cukup sering kirim paket di JNE buat keperluan kantor, lumayan mau ngumpulin poinnya

    ReplyDelete
  26. JNE ini adalah ekspedisi favorit aku. Ekspedisi ini emang keren sih, dan selamat ya buat JNE dapat penghargaan... ❤❤❤

    ReplyDelete
  27. Sudah sewajarnya ini ya mak kalau JNE mendapatkan penghargaan, karena peran mereka dalam membantu para UMKM. Apalagi selama pandemi ini pasti pelayanan logistik antar kota dan pulau ini jadi pilihan untuk teman-teman yang memiliki usaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar :) Dengan berbagai program JNE yang sedang dilakukan saat ini, tentu saja dapat membantu UKM naik kelas dan bangkit kembali.

      Delete
  28. Saya sangat bangga dengan JNE. Pantas mendapatkan anugerah itu secara tahu bagaimana kinerja JNE sesungguhnya. Dulu sewaktu belum banyak jasa ekspedisi yg masuk ke kampung saya, ya JNE ini. Pos saja kalah

    ReplyDelete
  29. Wah selamat buat JNE
    Memang sangat terbukti ya JNE ini
    Jasa pengiriman yang terpercaya

    ReplyDelete
  30. Selamat buat JNE atas penghargaan yang Diraihnya. Memang dari dulu JNE ini merupakan jasa kurir yang paling dipercaya

    ReplyDelete
  31. keren JNE, ak jd inget fasilitas logistik yang aku rasakan saat maraknya bisnis online ya JNE ini jd aku udah langganan lama lah sama mereka dan mereka pantas bgt mendapatkan ini semua dan kereen ya bisa bantu UMKM di tengah pandemi gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuuu, alhamdulillaah :) Membantu UKM bangkit dari keterpurukan jualannya gegara pandemi.

      Delete
  32. Dukung terus JNE dengan langkah-langkahnya yang selalu mendukung UMKM dalam bertumbuh dan berkembang terutama di masa pandemi ini. Dukungan sekecil apapun, apalagi secara kontinyu seperti JNE ini akan sangat berarti.

    ReplyDelete
  33. Selalu bangga dengan inovasi dan program JNE yang usianya nyari sama dengan usiaku
    Semoga terus langgeng konsumennya...

    ReplyDelete
  34. langsung happy banget loh, waktu JNE akhirnya buka cabang di kotaku. sebenarnya bukan kota kecil dan pelosok banget sih, tapi areanya yang memang nanggung. jadi belum banyak pilihan ekspedisi kalau mau kirim-kirim. nah JNE jadi semacam oase, bisa kirim dan terima paket dengan cepat, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senangnyaaaa. Mau dong dikirimin paket oleh2 hihihih :D

      Delete
  35. Selamat JNE! Aku salah satu pelanggan JNE, kirim apa2 pake JNE terus nih. Btw aku suka tagline mereka "connecting happiness"

    ReplyDelete
  36. Wah JNE panutan ya mbak bisa ikut mendukung UKM, karena memang kalau bukan peran peran mereka mereka ini, UKM akan susah maju. Padahal sebenarnya kualitas produknya pun nggak kalah menarik dan bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti didukung dengan layanan ekspedisi mumpuni kayak JNE ini.

      Delete
  37. Selamat buat JNE, sukses selalu yah. Pelayanannya emang bagus, aq betah menggunakan jasa JNE

    ReplyDelete
  38. Selamat ya JNE. Makasih udah bantu kami sebagai UMK untuk menyampaikan orderan sampai ke pelanggan dengan amanah. Pokoknya you are the best.

    ReplyDelete
  39. Selamat buat JNE. Saya pelanggan setia JNE. Selama jualan online selalu kirim pakai JNE. Satu-satunya ekspedisi yang membungkus plastik lagi barang kiriman. Ini yang bikin syaa tenang. Nggak was-was kemasan koyak karena ada membungkus plastik lagi dari JNE. Masyaa Allah Hebat JNE membantu meningkatkan omset UMKM.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salut sama JNE. Semoga semakin maju aamiin :)

      Delete
  40. Kereennn JNE. Dari dulu sampe sekarang bisnisnya pun langgeng, sampai bisa membantu meningkatkan bisnis dan omset UMKM karena pelayanan dan komitmennya. Bravo deh, JNE!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, JNE selalu concern sama kemajuan UKM Indonesia.

      Delete
  41. Menurut saya JNE keren karena dia mampu bertahan dan bahkan terus berkembang ditengah2 maraknya ekspedisi baru. kalo kirim dokumen insyaAllah aman pake JNE dan jadi andalan saya selalu

    ReplyDelete
  42. Keren banget yaa prestasi JNE yang diraih karena dukungannya selama ini pada UMKM di Indonesia. JNE berjasa banget dalam membantu perekonomian masyarakat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah JNE berkesinambungan mendukung UKM kita :)

      Delete
  43. Wah selamat ya JNE! JNE memang dari dulu bagus banget dan berjasa banget membantu perekonomian UKM dan UMKM di Indonesia. Kita jadi bisa nyoba produk berkualitas dari UKM dan UMKM di penjuru Indonesia.

    ReplyDelete
  44. keren memang konsistensi JNE ini yaa.. soalnya sejak dulu memang selalu mendukung UMKM. JNE ini kan juga perusahaan logistik indonesia, jadi memang kudu kolaborasi biar tangguh, tumbuh, dan kuat bareng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay! JNE memang selalu support pelaku UKM agar bangkit dan sukses :)

      Delete
  45. semakin banyak umkm yang dirangkul jne, semakin banyak peluang pengusaha dan konsumen untuk bisa saling klop dan memiliki banyak referensi atau pilihan belanja ya mba nurul. Btw salfoks dengan batiknya. Cantik mba nurul pake batik hehehe

    kalau ke dieng memang khasnya itu carica...cuma pas ke dieng dulu aku banyak belinya malah keripik jamur pas turunan kebun teh tambi. Mie ongklok malah belom nyobain heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbul :D Betul, keren ya support JNE terhadap UKM kita. Hehe makasih :) Kapan2 kudu coba mie ongklok deh.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.