Daftar Isi [Tampilkan]

Siapa yang suka membawa pulang sandal hotel saat staycation? Siapa pula yang senang pernak-pernik dan membeli cinderamata sebagai buah tangan saat liburan? Toss, aku juga, lho!. Tahukah teman-teman, sandal hotel dan craft termasuk produk UMKM yang mesti kita dukung keberadaannya? UMKM di Indonesia turut membantu meningkatkan perekonomian rakyat terutama pasca pandemi.  

 

Cara Meningkatkan Penjualan Produk UMKM JNE Kolaborasi Bisnis Online Nurul Sufitri Travel Blog
 

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berupakan bisnis yang dijalankan individu, rumah tangga, atau badan usaha ukuran kecil. Penggolongan UMKM secara umum dilihat dari batasan omzet per tahun, jumlah kekayaan atau aset, serta jumlah karyawan. Jenis UMKM yakni usaha kuliner, fashion, furniture, agribisnis dan bidang jasa.  

 

Cara Meningkatkan Penjualan Produk UMKM JNE Kolaborasi Bisnis Online Nurul Sufitri Travel Blog
Belanja Batik di Bazaar UMKM
 

UMKM di Cilegon

Dari laman Pos Kota, diketahui bahwa produk-produk Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) Kota Cilegon ternyata masih sulit masuk retail yang ada di Cilegon. Hal ini dituturkan oleh Walikota Cilegon Helldy Agustian, bahwa salah satu kendalanya adalah pemasaran produk yang belum maksimal. Situasi dan kondisi saat itu masih dalam masa pandemi Covid-19. 

Beliau hadir di acara talkshow tentang ‘Peran Koperasi Perempuan sebagai Wadah Usaha UMKM’ yang diselenggarakan oleh Koperasi Perempuan Sejahtera Mandiri di gedung pertemuan PT. Krakatau Tirta Industri (KTI). Sebenarnya sudah ada aturan tentang peran serta retail dalam memasarkan produk UMKM, tetapi implementasi aturan tersebut belum maksimal juga.

Katanya lagi, produk UMKM seharusnya bisa masuk retail untuk dipasarkan ada dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 23 Tahun 2021. Pengembangan UMKM di Kota Cilegon sangat penting untuk meningkatkan perekonomian rakyat. 

Untuk itu diperlukan cara efektif dan efisien agar barang-barang yang hendak dijual memenuhi standar produk yang dapat masuk dalam syarat dan kriteria yang diminta. Berkolaborasi dengan perusahaan lain bisa menjadi salah satu kiat terbaik. 

Inilah saatnya para pelaku UMKM mulai berjuang kembali. Tentu saja butuh dukungan dari berbagai pihak misalnya dengan kolaborasi. Alhamdulillaah kini ada JNE yang menjalin kolaborasi bersama UMKM Cilegon untuk meningkatkan perekonomian rakyat pasca pandemi.

Dukungan JNE Cilegon untuk UMKM dan Masyarakat

Pandemi telah mentransformasi lebih dari 17,5 juta UMKM di Indonesia untuk mengenal kanal digital. Selain itu juga memanfaatkan berbagai media sosial sebagai sarana marketing. Nah, UMKM di Cilegon melakukan terobosan baru yakni berkolaborasi dengan perusahaan jasa ekpedisi JNE. 

Sesuai dengan tagline Connecting Happiness, JNE tidak hanya memberikan jasa ekspedisi semata, tetapi juga memberikan kesempatan kolaborasi bagi UMKM setempat. Demi meningkatkan tujuan dan tercapai kemajuan UMKM di Cilegon, JNE Cilegon mempersiapkan beberapa program bagi para UMKM yang manfaatnya bisa dirasakan oleh masayarakat sekitar.

JNE Cilegon sangat mendukung para UMKM agar mampu meningkatkan penjualan. Beberapa kegiatan yang sudah direalisasikan setelah Goll Aborasi yakni trading house, digital marketing dan sebagainya yang berkolaborasi dengan para seller. 

Tentu melihat potensi yang ada dimaksimalkan dengan berbagai inovasi terkini. Hal ini diungkapkan oleh Herry Herbowo selaku Branch Manager JNE Cilegon. Inovasi dan potensi yang ada mesti terus dikembangkan agar hasilnya maksimal. 

 

Cara Meningkatkan Penjualan Produk UMKM JNE Kolaborasi Bisnis Online Nurul Sufitri Travel Blog
JNE Ngajak Online

JNE Goll Aborasi Bisnis Online 

JNE Express mengadakan acara JNE Ngajak Online 2022, Goll Aborasi Bisnis Online Kota Cilegon. Herry Herbowo mengatakan, “JNE menggelar JNE Goll Aborasi Bisnis Online dalam rangka mendukung para UMKM. Semoga dengan adanya  acara JNE Goll Aborasi Online ini bisa menjadi inspirasi untuk para UMKM  dan  kita semua”. 

Selain itu ada pula program CSR yang memiliki manfaat bagi masyarakat di Cilegon, misalnya pembangunan rumah, wakaf Al Qur’an, pemberian bantuan ketika ada bencana serta yayasan asrama. JNE Goll Aborasi Bisnis Online Kota Cilegon merupakan kota ke-9 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022.

Aborasi Bisnis Online pada tahun 2022 akan dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Setelah Kota Cilegon, gelaran road show ini diselenggarakan di Kota Pasuruan pada 19 Mei 2022.

 
Cara Meningkatkan Penjualan Produk UMKM JNE Kolaborasi Bisnis Online Nurul Sufitri Travel Blog
Webinar JNE Goll Aborasi Bisnis Online 2022
 

Pelaku UMKM JNE Goll Aborasi Bisnis Online

Ada dua pelaku UMKM yang turut menghadiri acara JNE Goll Aborasi Bisnis Online yakni Farah Kartika Sari selaku pemilik usaha sandal Hotel Cilegon bernama IKM Permata dan Linda Yuli Yani selalku pemilik ELYECRAFT.

Farah mengatakan bahwa pandemi menghambat produksi sandal hotel, malah sempat mengalami penurunan tajam. Setelah pandemi, sandal IKM Permata yang digawanginya kini mulai bergerak dan stabil. Farah memanfaatkan sarana media sosial, jual-beli di e-commerce kemudian kolaborasi dengan perusahaan jasa ekspedisi JNE dalam mengembangkan UMKM. Industri perhotelan merangkak perlahan namun pasti.

Ia menjaga kepercayaan dan loyalitas kepada customer. Menerima kritik dan saran serta selalu mengevaluasi agar lebih baik lagi. Customer akan merasa lebih dihargai misalkan dengan pemberian reward kartu ucapan dan semacamnya. Harapannya tentu saja customer akan melakukan pembelian secara kontinyu produk sandal hotel di Cilegon.

Menurut Linda, penting sekali peran dan fungsi media sosial dalam kesuksesan UMKM. Sebelum pandemi, penjualannya berkisar 40 hingga 80 paket, namun sejak pandemi dua tahun belakangan, yang terjual hanya 4 paket. Namun semangatnya tetap membara dan berusaha bertahan.

Ia malah sempat banting stir memproduksi konektor masker bagi wanita berhijab yang dipasarkan melalui market place seperti Facebook dan Instagram. Tak disangka omzetnya tinggi sekali melebihi ekspektasi. “Jangan malas untuk buat konten. Kita harus memiliki diferensiasi dan tentunya original. Yang terakhir yaitu,  jangan anggap kompetitor jadi lawan, tetapi jadikan motivasi bahkan teman kolaborasi,” ungkapnya lagi.

Cara Meningkatkan Penjualan Produk UMKM

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan performa UMKM agar omzet penjualan berkembang dan melejit. Berikut adalah sebagian kecil kiat-kiat yang bisa direalisasikan secara nyata oleh para pelaku UMKM, yakni:

  • Konsisten. Ini adalah kunci keberhasilan supaya omzet terus dapat dicapai dengan baik. Pelaku UMKM harus memiliki target yang dibuatnya untuk usahanya tersebut. 
  • Riset tren produk. Bisa dilakukan dengan search engine di Google, produk apa saja yang sedang marak dicari dan dibutuhkan konsumen. 
  • Evaluasi kegagalan sebelumnya. Cek dan catat apa saja kekurangan maupun kesalahan yang dilakukan ketika berjualan. Dari segi kemasan, rasa, pelayanan, pengiriman dan sebagainya apakah sudah baik atau harus diperbaiki, dan lain-lain. 
  • Maksimalkan kanal digital. Gunakan market place untuk menjangkau calon pelanggan lebih luas lagi. Ciptakan brand awareness produk UMKM supaya dapat mendongkrak penjualan dan omzet lebih tinggi. Media sosial kini merupakan cara terampuh untuk mengoptimalkan marketing produk. 
  • Berkolaborasi dengan perusahaan lain dan influencer. Mensponsori atau kolaborasi influencer dengan produk atau layanan bisa menjadi cara yang baik untuk mengekspos bisnis UMKM ke komunitas Instagram yang lebih besar. 
  • Memberikan layanan terbaik. Ini penting sekali dilakukan dalam meningkatkan omzet penjualan UMKM. Jam operasional on tine, adanya diskon khusus, free ongkos kirim maupun reward tentu dapat membuat konsumen senang dan puas, sehingga akan terjadi repeat order

Teman-teman, itulah cara meningkatkan penjualan produk UMKM agar berkembang lebih maju dan mencapai omzet lebih tinggi pasca pandemi. Semoga kolaborasi UMKM di Cilegon bersama JNE Goll Aborasi Bisnis Online dapat berkesinambungan hingga nanti. Maju terus UMKM di Cilegon dan kota-kota lainnya!


74 comments:

  1. aku tuh paling suka kalau ada pameran UMKM gini, terutama offline ya. udah lama gak datang ke pameran. ya sekarang meski online, ternyata bisa asyik juga ya. terima kasih JNE buat ide kerennya mendukung UMKM

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, paling asyik datang ke pameran UMKM. Keren ya program2 JNE berkolaborasi dengan UMKM di CIlegon dan kota2 lain di Indonesia :)

      Delete
  2. Salut sama JNE yang terus memajukan UMKM Indonesia, termasuk di Cilegon. Memang penting sekali adanya dukungan bagi peningkatan penjualan produk UMKM ya, Mbak Nurul.

    ReplyDelete
  3. Bravooo utk para UMKM yang tetep struggling dan survive melewati masa pandemi ini!
    Memang sebuah tantangan yg luar biasa utk tetep bisa mengarungi dunia bisnis di masa sulit

    JNE juga jempoooll banget dah, support UMKM Indonesia dgn maksimal!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dukungan JNE terhadap UMKM di CIlegon dll memang patut diacungi jempol.

      Delete
  4. Alhamdulillah kita punya JNE yang selalu mendukung UMKM Indonesia ya mbak. Saya lama ga datang ke pameran UMKM, biasanya beberapa mall di Surabaya suka menyelenggarakan pameran UMKM.

    ReplyDelete
    Replies
    1. AKu juga paling senang datang, lihat2 dan membeli produk UMKM di pameran2 apalagi kalau ada tas kulit sapi asli.

      Delete
  5. pelaku usaha kudu update tren kekinian ya mbak, karena orang zaman sekarang suka penasaran sama hal-hal yang "aneh", dan bawaannya pengen dicoba atau dibeli

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa sih hehehe...mesti terus berinovasi dengan produk2 yang tren dan makin dibutuhkan.

      Delete
  6. Kontribusi JNE sungguh luar biasa. Membantu para pelaku UMKM untuk bangkit itu sungguh clue kalau JNE benar sangat memperhatikan kondisi nasib sesama

    ReplyDelete
  7. Wahh bangga sih sama JNE, semoga UMKM di indonesia semakin maju dan bisa menuntaskan kemiskinan di negri ini.

    ReplyDelete
  8. Yah, sejak pandemi dan sampai saat ini bnayak sekali teman-teman UKM saya yang memanfaatkan kanal digital untuk memaksimalkan marketing, hal ini emang berdampak positif terhadap penjualan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kanal digital memang menjadi andalan UMKM untuk meningkatkan penjualan produk2nya.

      Delete
  9. Suka banget ama pameran UMKM kaya gini, biasanya produknya bagus2 malah

    ReplyDelete
  10. Perlu bersungguh-sungguh dalam hal perencanaan agar hasil yang diperoleh juga seperti yang diimpikan.
    Kesuksesan UMKM kian melaju ketika berkolaborasi dengan JNE dan saling memberikan insight serta dukungan yang baik sesama UMKM melalui program CSR JNE.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. Dukungan JNE terhadap UMKM di Cilegon sangat berarti memajukan penjualan hingga mancanegara.

      Delete
  11. Selalu salut dengan uletnya para pemilik UMKM dalam mengembangkan bisnisnya. Ide-ide kreatif yang muncul, dipadukan dengan penguasaan media digital, beneran bisa mendongkrak penjualan di masa pandemi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ALhamdulillaah kini UMKM bangkit kembali pasca pandemi.

      Delete
  12. Pemasaran UMKM masa pandemi biasanya melalui media sosial sih kini masyarakat sudah faham memanfaatkan internet. JNE keren ya....semoga banyak masyarakat terbantu melalui programnya..

    ReplyDelete
  13. Duh tertohok nih Ruang Aksara kontennya kadang rajin kadang lama kosong nggak di-update jadi terpacu semangat nih untuk lebih giat ngonten dan promosi

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah sekarang sudah mulai ramai lagi ya pariwisata setelah covid mereda jadi hotel pun terisi kembali dan pemesanan sandal hotel bisa kembali aktif semoga situasi semakin membaik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, hotel2 mulai terisi lagi sejak pandemi berangsur reda.

      Delete
  15. Bener sekali, Teh, UMKM harus bisa masuk retail. Wah, makasih kiatnya langsung aku catat, maklum lg berusaha jg di bidang ini hihi....

    ReplyDelete
  16. Keren banget ya JNE dukung UMKM kecil. Semoga bisa benar2 membantu UMKM hingga mereka bisa bangkit lagi ya

    ReplyDelete
  17. Agar produk UMKM meluas ke berbagai penjuru Negeri, yang memang harus berkolaborasi dengan jasa ekspedisi yaa. Oya, Mbak Nurul sama dengan bapakku, kalo abis nginep di hotel, pasti sendalnya dibawa. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ogah rugi bener ya kita wkwkwkwkwk :D

      Delete
  18. konsisten ini penting bangeett biar bisnisnya berkembang. dan yang ga kalah penting kita juga kudu melek digitaal. aku suka artikel inii 😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks. Iya mbak, mesti melek digital marketing supaya produk UMKM laku keras.

      Delete
  19. Dukungan JNE untuk UMKM sangat penting artinya agar UMKM bisa terus berkembang dan survive di masa pemulihan pasca pandemi .semoga UMKM kita bisa terus bertahan dan mengembangkan produknya supaya lebih baik lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah aamiin. Kolaborasi JNE dan UKMM ini semoga berkesinambungan hingga nanti.

      Delete
  20. JNE sangat aktif untuk terjun ke masyarakat dalam membantu perekonomian ya. Mana programnya juga oke, tipsnya juga bisa banget buat para pelaku UMKM. Sukses terus!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bagus2 sekali program JNE kolaborasi dengan UMKM Cilegon dan kota-kota lain.

      Delete
  21. JNE mendukung kemajuan UMKM di Indonesia ya, Mbak. Aku juga suka nih belanja produk UMKM terutama produk makanan.

    ReplyDelete
  22. Sebagai jasa pengiriman yang terpercaya, JNE emang udah terbukti membantu pendistribusian ke konsumen jadi lebih mudah dan termasuk yang gercep banget penanganannya kalau ada komplain apapun. Semoga project kolaborasinya makin banyak sehingga berbagai UMKM di seluruh Indonesia juga bisa merasakan manfaatnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seluruh Nusantara hingga mancanegara ya jasa ekspedisi JNE membantu UMKM menjual produk2nya.

      Delete
  23. Tadinya saya gak begitu suka pakai batik. Modelnya jadul-jadul gitu. Tapi, sekarang pakaian batik semakin bagus. UMKM kita semakin kreatif, nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Batik zaman now semakin bervariasi motifnya :) Iya.

      Delete
  24. JNE senantiasa memberikan dkungan yang baik untuk kita semua dalam berkolaborasi dalam hal bisnis dan produk. Dorongan semangat ini semoga bisa dirasakan semua pihak UMKM sehingga mampu berkembang bersama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kolaborasi yang baik sekali antara JNE dan para pelaku UMKM semoga berkesinambungan.

      Delete
  25. iya betul nih produk UMKM musti didukung supaya bisa terus dipasarkan ke masyarakat luas. pengalaman tetanggaku yang punya usaha kecil sabun natural tuh ada di rantai penjualan, seperti yg diulas mba nurul di artikel. susah masuk ke retail. padahal kualitas produknya ngga kalah dengan yg sudah ada di retail sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kini produk2 UMKM semakin meluas ke retail2 lainnya. Betul sekali.

      Delete
  26. Dennise Sihombing30 May 2022 at 10:17

    Hebat nih JNE yang aware dengan UMKM. Kontribusi ini memang yang dapat memberikan semangat dan omzet penjualan pada para pelaku UMKM

    ReplyDelete
  27. Salut dengan apa yang dilakukan oleh JNE
    JNE punya kepedulian yang tinggi terhadap perkembangan UMKM ya mbak
    Semoga kolaborasi ini bisa berjalan sukses

    ReplyDelete
  28. Salut banget nih sama JNE yg memberikan dukungan untuk para UMKM ini.. Karena memang saat situasi pandemi butuh banget support untuk para UMKM itu yaa.. Semoga makin sukses yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa, semoga saja pasca pandemi ini penjualan UMKM melejit dengan dukungan JNE.

      Delete
  29. di era seperti sekarang memang penting sekali bagi UMKM untuk terus kreatif dan berinovasi dalam memasarkan produkna ya, mbak. salut nih sama JNE yang selalu berusaha mendukung UMKM indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memang mesti semakin kreatif UMKM memasarkan produknya.

      Delete
  30. Salut sama JNE karena berhasil mendukung para pelaku UMKM di berbagai wilayah, termasuk Cilegon ya mbak. Saling kolaborasi akan makin berkembang.

    ReplyDelete
  31. Salut banget dengan Usaha Jne Untuk mengembangkan Usaha umkm lokal, termasuk cilegon ya mbak. Pas deh kalau selama ini Saya langganan dengan jne

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Mantap mbak, kita sama2 pelanggan JNE nih.

      Delete
  32. ternyata sendal hotel itu termasuk UMKM juga ya rupanya.
    kirain itu pabrik besar dibuat dalam partai besar (massal) gitu.
    selalu salut dengan program-program dari JNE yang terus memberikan jalan bagi para UMKM untuk maju terlebih di era digital ini ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sandal hotel termasuk UMKM. Program2 JNE sangat mendukung UMKM untuk terus maju.

      Delete
  33. Senang dengan dukungan JNE untuk pelaku usaha di Kota Cilegon. Karena memang UMKM kita kok untuk masuk retail..yuk semangat. Dan semoga terus meluas ke berbagai tempat ya

    ReplyDelete
  34. Semoga UMKM makin maju dengan dukungan semua pihak ya termasuk dukungan JNE ini. Keren deh program-programnya JNE untuk UMKM.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Iya, keren2 program JNE membantu UMKM.

      Delete
  35. Keberhasilan umkm tidak lepas dari dukungan jasa ekspedisi memang. Ekspedisi yang murah, menjangkau banyak wilayah, dan amanah sangat dibutuhkan. Dan JNE sudah sejak dulu mendukung kemajuan umkm lewat layanan primanya. Salut untuk jne dan juga para pelaku umkm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mbak. Alhamdulillaah JNE sangat concern dengan UMKM tersebut.

      Delete
  36. Umkm sekarang semakin marah dan saingannya cukup ketat, kalau tidak bisa berimprovisasi dan terus inovasi selain digerus pesaing sejenis juga tergerus zaman

    ReplyDelete
  37. Aku juga suka banget Mbak ke pameran UMKM, barang-barang buatan UMKM itu unik-unik ya menurutku dan senang sekali sih kalau sekarang JNE juga ikut mendukung UMKM agar dapat lebih berkembang dan bangkit kembali pasca pandemi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss! Iya alhamdulillaah ada dukungan JNE terhadap UMKM ya.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.