Daftar Isi [Tampilkan]
Kemajuan teknologi digital mengharuskan pelaku UMKM mampu meningkatkan kualitas produk dan layanan secara optimal. Pemerintah bekerja sama dengan perusahaan jasa ekspedisi andal mengadakan berbagai pelatihan bisnis online bagi UMKM dengan tujuan memaksimalkan pemasaran. Seperti apakah pelatihan yang dimaksud?
  

Pelatihan UMKM Sorong Papua Barat JNE Goll Aborasi Bisnis Online Webinar
 

UMKM di Papua Barat

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Papua Barat mengirimkan 7 produk UMKM binaan di Karya Kreatif Indonesia (KKI) baik daring maupun luring yang berlangsung 18 sampai 29 Mei 2022 di Hall A Jakarta Convention Center (JCC) beberapa waktu lalu. Di dalamnya terdapat produk unggulan seperti kain, kerajinan dan camilan Nusantara. 

Beberapa produk UMKM yang diikutsertakan secara luring antara lain UMKM Pokja Viva dengan produk keripik sukun Amenya, Koperasi Ebier Suth dengan produk cokelat Mansel, kelompok abon ikan laut Miareto dengan produk abon ikan, batik Kasuari dan batik Papua Nusantara dengan produk kain batik khas Papua Barat dan Kelompok Papua Muda Inspiratif berupa kerajinan Noken serta Koperasi Senggi Jaya Lestari berupa sirup buah pala. 

Pelatihan UMKM di Era Digital

Wah, ternyata performa UMKM di Papua Barat sudah semakin meningkat dan bervariasi jenis produknya. Semoga saja peningkatan ini bisa disosialisasikan secara luas ke berbagai lapisan masyarakat di sana. Pelatihan maupun kerjasama usaha baik secara daring maupun luring diealnya harus lebih dilakukan berkala dan berkesinambungan. 

Kementerian Koperasi dan UMKM menargetkan di tahun 2024, 30 juta UMKM di Indonesia mampu digitalisasi. Agar dapat tercapai target tersebut, dibutuhkan upaya kemitraan strategis antar pelaku usaha lintas sektoral. Perusahaan penyedia jasa logistik dalam hal ini tentu memiliki peran yang cukup besar sebagai penggerak distribusi.

Perusahaan ekspedisi yang andal dapat menjadi panutan sekaligus solusi bagi UMKM Indonesia untuk melek digital melalui berbagai pelatihan. Berbagai workshop secara online juga telah dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang memberikan pendampingan UMKM pangan olahan. 

UMKM diajari cara mengemas produk, menjual produk UMKM secara online, sosialisasikan produk higienis hinggal izin edarnya. UMKM menjadi tulang punggung dari bangkitnya ekonomi Indonesia. Kualitas pangan olahan di Papua baik sekali sehingga bisa diharapkan bisa tembus ranah nasional hingga mancanegara. 

Baca juga: Cara Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Pasca Pandemi

JNE Raih Penghargaan "Brand Pemberdaya UKM" Kategori Ekspedisi Logistik  

Kabupaten Sorong semakin giat memberikan pendampingan pelatihan terhadap UMKM, dimulai dari fasilitas produksi yang sesuai standar sangat higienis dan memenuhi daya saing. Pelatihan serta pemberian modal usaha yang diharapkan nantinya bisa lebih mandiri dalam berbisnis maupun kolaborasi. 

Webinar JNE Ngajak Online – Goll…Aborasi Bisnis Online 2022

JNE merambah jalinan kerjasama di Sorong, Papua Barat. JNE Sorong sebagai mitra UMKM menggelar webinar JNE Ngajak Online – Goll...Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Sorong yang dihadiri lebih dari 100 UMKM setempat. Acara ini dihadiri oleh beberapa narasumber yakni:

  • Fredi Luhukay selaku Branch Manager JNE Sorong.
  • Ratna Sari selaku pemilik Nami Craft.
  • Teguh Hidayat Iskandar Alam selaku CMO Mooi Papua.
 

Pelatihan UMKM Sorong Papua Barat JNE Goll Aborasi Bisnis Online Webinar
Webinar JNE Ngajak Online UMKM Sorong Goll Aborasi Bisnis Online

Pelatihan UMKM Sorong Papua Barat JNE Goll Aborasi Bisnis Online Webinar
Pelatihan Webinar JNE Ngajak Online

Mooi Papua

Mooi Papua merupakan usaha yang bergerak di bidang skincare. Dalam sebuah diskusi, Teguh Hidayat selaku CMO Mooi Papua mengatakan, “Mooi Papua kan bergerak di bidang skincare. Saat pandemi omzet kita justru meningkat karena kebiasaan masyarakat yang menghabiskan waktu di rumah. Peningkatan omzetnya mencapai 280% atau hampir tiga kali lipat.”, ujarnya.

Mooi Papua yang berdiri sejak 2018 ini telah memasarkan produk yang eco-friendly dan social conscious. Dua hal inilah yang menjadi value proposition sekaligus diferensiasi Mooi Papua dibandingkan pesaing lainnya. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan skincare Mooi Papua berasal dari alam, seperti buah merah, pala fakfak dan lainnya. 

Fredi Luhukay selaku Branch Manager JNE Sorong sangat antusias melihat kemajuan UMKM. Beliau beserta jajaranya siap membantu dan memfasilitasi UMKM ddengan berbagai program dan layanan, termasuk soal penjualan logistik dalam kota sampai ke luar negeri. 

Nami Craft

Ada pula bisnis lain di Sorong selain kecantikan. Ratna Sari selaku pemilik Nami Craft yang membangun bisnisnya di sektor kriya menyampaikan pentingnya optimalisasi media sosial untuk memasarkan produk. Memaksimalkan produksi kontem yag menarik disertai hashtag atau tagar  pada copywriting yang digunakan itu penting sekali. 

Ratna berusaha memasarkan produk kriyanya dengan cara yang berbeda agar lekas dilirik pembeli dan meningkatkan penjualan. Apalagi kompetitor banyak sekali, sehingga ia pun berfokus pada cara pengemasan yang berbeda dan unik. Contohnya adalah mengemas produk dengan Korean Wrapping yang semakin disukai konsumen. 

Program JNE

Fredi menyampaikan bahwa JNE Sorong bangga dengan kehadiran Goll.. Aborasi JNE yang mampu menyatukan UMKM untuk bertukar pendapat mengenai bisnis online. Saat ini JNE rutin melaksanakan berbagai program layanan terkhususnya bagi UMKM, seperti adanya promo cashback, program apresiasi seperti JLC (JNE Loyalty Card), gratis jemput paket tanpa minimal berat, COD dan e-fulfillment untuk menjadi solusi pengiriman dan kemudahan bertransaksi digital.

Acara webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll… Aborasi Bisnis Online di Kota Sorong merupakan kota ke-28. Setelah itu, road  show diadakan di Kota Manado pada 18 Juli 2022. Semoga kinerja UMKM di Indonesia semakin maju dengan dukungan JNE, aamiin.
 

https://www.radarsorong.id/bi-papua-barat-kirim-7-produk-umkm-binaan-di-kki/
 

48 comments:

  1. UMKM memang membuat perekonomian warga di banya tempat menjadi lebih baik. Keren kalau ada pelatihannya

    ReplyDelete
  2. semoga UMKM indonesia makin maju dan makin beragam produknya. kalau begini, jadi berasa punya tanggungjawab lebih untuk lebih mencintai produk dalam negeri deh, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Setujuuuuu :) Mari dukung produk UMKM di Indonesia!

      Delete
  3. Sebetulnya banyak sekali produk UMKM yang memiliki prospek besar bila dikembangkan, dukungan pihak ketiga seperti ini semoga menjadi salah satu langkah untuk memajukan UMKM

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, alhamdulillaah JNE selalu support UMKM dengan berbagai program2nya ya.

      Delete
  4. JNE programnya bagus banget ya buat suppoert UMKM ..semoga umkm kita makinn maju

    ReplyDelete
  5. pelatihan UMKM sekarang sangat penting dan harus menjangkau hingga ke pelosok ya mbak
    program ini harus didukung demi keberlanjutan masa depan yang lebih baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diusahakan merata dan disosialisasikan dengan baik pelatihan2 bagi UMKM.

      Delete
  6. Bentuk gotong royong dalam upaya mengembangkan perekonomian negeri. Semoga UMKM di negeri ini semakin kreatif dan inovatif..

    ReplyDelete
  7. Salut sama JNE,programnya keren2. Smoga dgn bgini UMKM smakin maju,bangkit dan berkembang.

    ReplyDelete
  8. UMKM perlu mendapatkan perhatian lebih, dengan hadirnya kegiatan ini akan mengedukasi para pelaku UMKM untuk lebih berkembang. Semoga di daerah lain juga ada kegiatan seperti ini sehingga perekonomian di Indonesia semakin meningkat🥰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mbak. Insya Allah JNE terus mendukung UMKM di daerah lain juga :)

      Delete
  9. Senang sih liat dukungan tanpa henti dari JNE untuk UMKM, terutama di era Digital sekarang ya, inovasi JNE sangat bermanfaat buat mendukung UMKM memajukan usahanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah :) Tentu bermanfaat sekali bagi UMKM dan masyarakat luas.

      Delete
  10. Inovasi JNE makin keren, ya. Terutama membantu UMKM

    ReplyDelete
  11. Sebuah terobosan baru dari JNE berarti ya mbak untuk Webinar UMKM Papua. Acara ini tentunya bisa jadi solusi para UMKM di Papua yang sedang berjuang memasarkan produknya. Selain itu, digitalisasi produk UMKM di Indonesia juga harus segera diratakan untuk menyambut era digital yang digadang-gadang akan meledak di tahun 2025.
    Ini tentunya jadi kabar yang sangat baik bagi UMKM di Indonesia, terutama di Papua. Semoga dengan adanya pelatihan sekaligus webinar dari JNE bisa jadi pemicu semangat bagi pelaku UMKM dan tentunya juga bisa untuk promosikam produk lokal

    ReplyDelete
  12. Produk UMKM di Papua tuh unik dan berkualitas tinggi ya, hanya butuh ekspedisi yang aman untuk pengiriman ke kota lain bahkan ke luar negeri JNE bisa memfasilitasi pengiriman dengan aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Supaya produk UMKM yang dikirim tetap baik kualitasnya :D

      Delete
  13. JNE bagus2 ya kegiatannya, terutama soal UMKM. Mereka giat banget untuk mengembangkan UMKM di Indonesia. Semoga maju dan sukses untuk JNE juga para UMKM ya!

    ReplyDelete
  14. Wah, semoga UMKM terus naik daun, ya. Apalagi UMKM setiap daerah itu produknya punya ciri khas masing-masing. Seperti produk UMKM Papua.

    ReplyDelete
  15. Wah jadi penasaran deh dengan keripik sukun dan abon ikannya. Kalau sirup pala, diriku kurang suka. Masya Allah ya, dengan ada jasa pengiriman online gini, produk dari Papua pun bisa kita nikmati di Jakarta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sirup pala enaaak loh :D Betul, tinggal dikirim pakai jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE ini, produk UMKM dari Papua dan mana saja bisa kita nikmati :D

      Delete
  16. Keren nih, bahkan papua pun mampu memberikan produk" andalan mereka yg tak kalah saing dengan produk luar.. Dengan adanya kegiatan ini semoga kita lebih mencintai dgn menggunakan produk dalam negeri ya..

    ReplyDelete
  17. Aku baca beberapa kali soal CSR JNE ini. Sekarang ternyata enggak cuma di Jawa aja, tetapi turut dirasakan masyarakat Papua ya mba programnya. Moga makin maju UMKM Indonesia ya, apalagi didukung dengan bisnis logistik yang semakin memudahkan mengirim barang dari dan ke berbagai tempat di Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, kini sudah merambah ke luar Jawa seperti di Papua Barat ini :D Alhamdulillaah ya :)

      Delete
  18. Semakin menyebar ke ujung Indonesia ya Mba progam2nya JNE, keren deh dalam mendukung UMKM terlebih di daerah yang mungkin sulit dijangkau.

    ReplyDelete
  19. bagusnya emang begini ya, perusahaan logistik dan umkm itu saling dukung dan support. soalnya memang bisnisnya saling berhubungan.. biar maju dan bisa berkembang bareng gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, saling mendukung satu sama lain :)

      Delete
  20. keren banget mba dukungan JNE untuk teman-teman UMKM di kota sorong, semoga mereka pun semakin semangat untuk terus berdagang apalagi dengan adanya pelatihan bisnis secara online semoga membantu mereka juga untuk menemukan inovasi terbarukan untuk penjualan di era digital ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an program2 JNE ini berkelanjutan ya aamiin.

      Delete
  21. Keren nih JNE, program2nya membantu sekali para pelaku UMKM. Semoga keberadaan JNE bisa semakin menyebar terutama di daerah2 yang sulit dijangkau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah, semoga support JNE terhadap UMKM di Indonesia semakin berkelanjutan.

      Delete
  22. Biarpun jauh dan diujung timur Indonesia tapi potensi sorong memang perlu disebarluaskan hasil karya warga disana. JNE untung membantunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersyukur sekali ya dengan dukungan JNE di Papua :)

      Delete
  23. Aku juga nonton webinar yang JNE Sorong, suka banget sama materinya. Apalagi JNE dan UMKM nya bergolaborasi sehingga dapat maju bersama

    ReplyDelete
  24. promo-promo dari JNE memudahkan para UMKM ya, apalagi ada gratis jemput paketnya pasti bikin para UMKM jadi tidak ribet lagi harus ke counter segala untuk mengirim paket ke para customer.
    salut dengan program-program dari JNE :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.