Daftar Isi [Tampilkan]
 
Siapa pernah berkeliling desa di kawasan Borobudur menggunakan VW Safari? Wah, sama dong dengan aku yang begitu menikmati pesona desa dan berbagai objek wisata indah di sana! Banyak paket wisata VW Safari Borobudur ditawarkan. Namun ternyata aku sekeluarga berjodoh dengan VW Cabrio Borobudur. Yuk, simak pengalaman kami naik VW Safari!

Harga Paket Wisata VW Safari Borobudur Nurul Sufitri Travel Blogger

VW Safari Dijuluki VW Camat

Para pencinta otomotif mungkin udah ga asing lagi dengan nama Volkswagen (VW) Safari. Mobil klasik seri 181 ini pernah dipasarkan di negara kita. Tahu ga sih, VW Safari di Indonesia punya julukan 'VW Camat'?

Harga Paket Wisata VW Safari Borobudur Nurul Sufitri Travel Blogger
VW Safari dengan Julukan VW Camat di Indonesia


Di tahun 1970-an mobil ini menjadi kendaraan dinas/ operasional para Bapak Camat di Tanah Air, lho. Saat itu kondisi jalan masih belum memadai dan minim sarana maupun prasarana, sehingga akses menuju daerah terpencil sangat sulit.

Mobil yang awalnya dibuat di Jerman, kemudian diproduksi juga di Meksiko dan Brazil ini punya nama berbeda-beda. Di Jerman Barat disebut Kurierwagen, Trekker di Inggris, The Thing di Amerika Serikat, Pescaccia di Italia dan Safari di Meksiko dan Amerika Latin.

Bentuknya yang menggemaskan dan ukurannya yang imut-imut membuat VW Safari menjadi benda koleksi. Kapasitas mesin mobil ini ada yang 1.500 CC dan 1.600 CC. Zaman kecil dulu, keluarga papa Rafa & Fakhri sempat punya 3 VW Combi dan VW Kodok asli Jerman. Sayang banget, udah lama dijual hmmm... 😢

Berwisata Seru Naik VW Safari Bersama VW Cabrio Borobudur

Aku sekeluarga berwisata di kawasan Borobudur saat liburan lebaran kemarin menggunakan VW Safari berwarna kuning. Jalan-jalan ke mana saja? Foto yang ini sih pas kami baru tiba di area parkir Punthuk Setumbu 😀

Sebenarnya kami sudah kesiangan untuk berkeliling menggunakan VW Safari, waktu itu sekitar jam 10 pagi. Idealnya sih menurut travelers yang kubaca pengalaman mereka naik VW, sebaiknya pagi sekalian misalnya setelah sarapan. Udara masih sejuk dan segar dan sinar matahari juga belum terik sekali.

Papanya anak-anak iseng browsing ketika kami masih berada di Hotel Java Village Resort, Yogyakarta. Nanti akan aku tulis ulasan tentang hotel tersebut ya, teman-teman. Singkat cerita, akhirnya kami berjodoh jelajah Borobudur naik VW Safari Bersama VW Cabrio Borobudur, Magelang.
 
Harga Paket Wisata VW Safari Borobudur Nurul Sufitri Travel Blogger
Keliling Desa di Kawasan Borobudur Naik VW Safari
 
 
Baca dulu, yuk!
 
 

Wisata Budaya

Jelajah kawasan Borobudur menggunakan mobil VW Safari yang unik dan klasik terasa begitu menyenangkan. Wisatawan bisa menikmati perjalanan dan menikmati pemandangan alam ditemani seorang sopir merangkap guide. Di Borobudur terdapat beberapa situs sebagai bukti peradaban Mataram Kuno yang pernah berjaya pada masanya.

Ada candi apa saja di area Borobudur? Selain Candi megah Borobudur, ada Candi Pawon dan Candi Mendut yang dapat dikunjungi wisatawan. Candi-candi tersebut merupakan tempat beribadah umat Budha. Tentu saja berwisata budaya di sekitar candi-candi ini cocok dilakukan baik itu sendiri, beramai-ramai maupun bersama keluarga.
 
 
Wisata VW Safari Borobudur Keliling Desa Magelang Nurul Sufitri Travel Blogger
Wisata VW Safari Borobudur
 

Balkondes

Balkondes atau Balai Ekonomi Desa yang berfungsi sebagai pusat ekonomi desa, di mana program dari Kementerian BUMN tersebut bertujuan untuk mengembangkan potensi dan produk-produk olahan desa sebagai contoh sajian makanan khas tiap desa. Ada olahan kopi, madu, cokelat, batik, gerabah dan sebagainya. Di setiap Balkondes biasanya terdapat area persawahan yang asri dan hijau, sehingga pemandangan desa tampak nyata dan indah.

Paket Wisata VW Safari Borobudur Nurul Sufitri Travel Blogger
Balkondes 

Punthuk Setumbu

Wisata alam apa saja yang dapat kita nikmati dengan VW Safari ini? Ada Taman Kelinci, Gereja Ayam, Jelajah Desa, Junk Yard, Punthuk Setumbu, Svarga Bumi, Rumah Kamera dan Petik Buah Kelengkeng. Wah, banyak sekali ya, wisata alam yang tentunya membuat wisatawan semakin penasaran ingin segera menyambanginya.
 
Wisata VW Safari Borobudur Keliling Desa Magelang Nurul Sufitri Travel Blogger
Punthuk Setumbu
 
Waktu itu kami pilih Punthuk Setumbu sebagai salah satu objek wisatanya. Kebetulan memang belum pernah sama sekali berkunjung ke tempat yang hits aku tahu dari film Ada Apa dengan Cinta. Lokasi Punthuk Setumbu berada di Kuraha, Karangrejo, Kecamatan Borobudur. 
 
Harga tiket masuk Punthuk Setumbu untuk wisatawan domestik adalah Rp 15.000,- sedangkan wisatawan asing sebesar Rp 30.000,-. Fasilitas yang ada dan cukup bersih diantaranya ada toilet, kantin, area parkir dan spot foto instagramable. Dari bukit ini kita bisa menikmati panorama alam yang indah dan udara yang sejuk serta memandang Candi Borobudur dari kejauhan. 
 
 
Harga Paket Wisata VW Safari Borobudur Nurul Sufitri Travel Blogger
Punthuk Setumbu

 
Wisata VW Safari Borobudur Keliling Desa Magelang Nurul Sufitri Travel Blogger
Wisata Alam Punthuk Setumbu


Harga Paket Wisata VW Safari Borobudur Nurul Sufitri Travel Blogger
Punthuk Setumbu


Wisata VW Safari Borobudur Keliling Desa Magelang Nurul Sufitri Travel Blogger
Punthuk Setumbu

Svarga Bumi

Svarga Bumi berlokasi di Jalan Borobudur-Ngadiharjo, Sawah, Magelang, tepat di sisi jalan persawahan. Dari Candi Borobudur jaraknya hanya 3 km saja, ambil  arah ke Selatan menuju Balkondes. Tiket masuk Svarga Bumi untuk dewasa adalah Rp 25.000,- dan anak-anak yakni Rp 15.000,- saja.
 
Rasanya hampir semua wisatawan yang berkunjung ke Svarga Bumi bertujuan foto-foto, termasuk kami berempat. Ya, walaupun hari sudah siang dan rasa lelah dan lapar mulai menghampiri. Tetap semangat berada di tempat ini meskipun sengaja ga terlalu lama.
 
Wisata VW Safari Borobudur Keliling Desa Magelang Nurul Sufitri Travel Blogger
Svarga Bumi
 
Tempat fotonya cukup bervariasi. Ada ayunan, kursi gantung, kolam estetik, ranjang jaring-jaring, area bean bag dan sebagainya. Di sana juga tersedia jasa foto bagi pengunjung yang membutuhkannya. Svarga Bumi buka setiap hari kecuali Kamis, yakni mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Adapun khusus Sabtu dan Minggu jam operasionalnya pukul 06.30 sampai 18.00 WIB. 
 
Wisata VW Safari Borobudur Keliling Desa Magelang Nurul Sufitri Travel Blogger
Svarga Bumi
 

Wisata Edukasi

Begitu banyak kebudayaan lokal yang harus kita jaga sebaik-baiknya, terutama oleh masyarakat setempat. Salah satu upaya melestarikannya adalah dengan mengajak generasi muda untuk belajar langsung dan mempraktikkannya. Justru anak-anak termasuk pelajar biasanya sangat senang berwisata edukasi yang bisa memperluas wawasan sejarah dan menambah ilmu pengetahuan.

Berbagai wisata edukasi yang ditwarakan cukup banyak, seperti kerajinan gerabah, Lukis payung, pembuatan tahu, kerajinan pensil gaul, jet colet, jamur, penangkaran lebah madu, kerajinan batik, gamelan Jawa, Rengginang, gula Jawa, Desa Bahasa dan proses pembuatan kopi.

Harga Paket Wisata VW Cabrio Borobudur

Short Trip
Durasi perjalanan adalah 2,5 jam dengan mengunjungi 2 objek wisata. Harga per mobil adalah Rp 350.000,-

Medium Trip
Dengan durasi perjalanan 3,5 jam dan 4 objek wisata pilihan, harga per mobil sebesar Rp 450.000,-

Long Trip
Durasi perjalanan selama 6 jam, kunjungan 5 objek wisata, harga per mobil adalah Rp 600.000,-

One day Trip 
Durasi perjalanan adalah 8 – 10 jam dengan mengunjungi 6 objek wisata dengan harga per mobil Rp 850.000,-

Sunrise Trip
Dengan merogoh kocek sebesar Rp 450.000,- dan durasi perjalana selama 4 jam, kita dapat menikmati objek wisata sunrise di kawasan Borobudur. Tak hanya itu saja, setelah sunrise didapat, perjalanan berlanjut menjelajah desa.

Fasilitas Paket

Fasilitas paket wisata VW Safari Borobudur yakni:
  • Air mineral 4 botol per VW.
  • Topi caping 4 buah per VW.
  • Pemandu wisata .
Oh ya teman-teman, biaya tersebut di atas belum termasuk tiket objek wisata dan parkirnya ya. Setiap mobil berisi 3 orang. Khusus Ketika aku sekeluarga berempat saat itu, bisa berempat naik dalam satu VW hehehe. Kecuali kalau rombongan, sepertinya harus 3 orang penumpang di luar sopir.

Ada estimasi waktu 30 menit. Jika terjadi kelebihan jam, maka wisatawan akan dikenakan biaya Rp 100.000,- per jam.

Harga Paket Wisata VW Safari Borobudur Nurul Sufitri Travel Blogger
Serunya Berkeliling Objek Wisata Borobudur dengan VW Safari
 

Info dan Reservasi

  • Paket wisata VW Safari Borobudur berlokasi di Jalan Balaputradewa No. 5 Dusun 1, Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.
  • Instagram: @vw_cabrioborobudur dan @vw.cabrioborobudur
  • Facebook: VW Cabrio Borobudur
  • Whatsapp: 0822-8886-6692
Teman-teman, itulah cerita keseruan kami menjelajah kawasan Borobudur menggunakan VW Safari. Sungguh merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan. Sepertinya suatu hari nanti mesti diulang lagi merambah ke berbagai objek wisata lainnya yang belum sempat disambangi. Sampai jumpa di seru asyik selanjunya!
 
 

27 comments:

  1. Menariknya pemandangan di sekitar. Sawah padi luas terbentang, saujana mata memandang.
    Entah bila bakal dapat kembara lagi ke Pulau Jawa.

    ReplyDelete
  2. Aduh vw safari mengingatkan dulu paksu ngapel pakai vw safari, eh tahunya minjem bapak kosnya

    ReplyDelete
  3. Desa wisata Wanurejo memang salah satu yang maju di kawasan Borobudur, dulu pernah sewa puluhan sepeda di sana

    ReplyDelete
  4. Haha..mobil VW ini paling unik2 ya julukan populernya. VW camat, VW kodok, VW roti tawar... hihi..lucu2. Btw, sbg orang asli Temanggung yg tetanggaan sama Magelang, aku malah belum pernah pergi lagi ke Borobudur (dulu permahnya pas lecil). Mudik dua tahun ini slalu belum kesampaian ke Borobudur. Soalnya kalo kesana, bener2 pengin ke candinya. Sementara kemarin kan pandemi ditutup.eh gimana itu kabar tarifnya ya? Kok aku ga update hehehe

    ReplyDelete
  5. Wah seru banget bisa jalan2 ke tempat wisata pake VW Safari, sensasinya pasti beda yaaah. Harga paketnya juga lumayan terjangkau yaah, tinggal dipilih sesuai yang diinginkan aja deh

    Jadi inget dulu pernah pacaran pake VW Safari, gerakan tapinya hahaha

    ReplyDelete
  6. Aku baru tau utk wisata borobudur juga menawarkan trip vw safari. Sebelumnya tau ada yg kawasan jatim (banyuwangi kalau ga salah) sama Bali.
    Tentunya jadi perjalanan yg mengesankan bisa berkeliling area wisata lain dgn borobudur menggunakan kendaraan unik tersebut

    ReplyDelete
  7. asik banget sih. ngomong-ngomong apakah pemandu wisata naik vw safari adalah drivernya juga?

    ReplyDelete
  8. Senengnya, keliling Borobudur gitu, naik VW, dan bisa menjelajahi beberapa destinasi wisata.

    Yang bikin aku penasaran banget tu Svarga Bumi. Keknya asri betul di situ.

    ReplyDelete
  9. Aku sering banget ke Yogyakarta malah belum ada kesempatan ke Punthuk Setumbu. Apalagi naik VW Camat keliling tempat wisata kece seperti pilihan Nurul ini. Harus dicoba nih kayaknya seru juga ya ke tempat wisata yang view nya pepohonan atau sawah menghijau naik VW, semilir udara yang masih bersih pasti bikin hati hepi. Fasilitasnya yang caping itu boleh dibawa pulang juga kah, atau sekadar dipinjamkan?

    ReplyDelete
  10. Ternyata banyak obyek wisata menarik ya di sekitaran Borobudur, jadi banyak pilihannya dalam sekali jalan ke daerah sana. Apalagi bisa keliling naik mobil legend vw safari. Walau tergolong mobil tua, tapi kalau terawat baik tetep keren ya, dan mesinnya juga masih bagus tentunya

    ReplyDelete
  11. Huwaaa bikin pingin nih ulasannya. Belum pernah merasakan keliling desa dengan VW Camat dan eksplor wisata sekitar Borobudur. Semoga kapan-kapan bisa berwisata ke sana bareng keluarga. Seru pastinya.

    ReplyDelete
  12. Wah hawa hawa liburan nih sudah di depan mata, rekomended juga buat healing. Tiket masuk juga murah meriah sekitar Borobudur pas banget nih buat destinasi tujuan liburan

    ReplyDelete
  13. wisata yang menyenangkan banget nih mba, menggunakan vw safari keliling sekitar Borobudur, btw bisa lepas kunci gitu mba?

    ReplyDelete
  14. Serunyaaaaa 😆😆 tapi klo cuaca Jogja lagi panasssss, ya lumayan keringetan ya mbaaaa
    Eniwei aku juga jd pengiiinnn ajak keluargaku plesir cem giniiiii

    ReplyDelete
  15. Wah seru banget pengalamannya wisata keliling pakai VW ini mbak
    Saat ke Borobudur lalu, aku cuma wisata keliling candi
    Belum sempat merasakan wisata keliling pakai VW ini

    ReplyDelete
  16. Wah, keren juga ya mobil dinas camat dulu. Pastinya jadi pengalaman yang nggak terlupakan ya mbk, keliling desa pake mobil kece seperti ini

    ReplyDelete
  17. Seruu ya momm...tahun kemarin aku ber vw ria juga di kulon progo yogya...menyusuri sawah yg kereen bingit. Explore magelang yogya emang gada habisnya yaa

    ReplyDelete
  18. seru dan unik ya kak piknik naik safari gini..Dulu banget pernah naik VW Safari ini tapi bukan wisata.. Dibuat wisata jelajah desa kayak gini asik juga ya

    ReplyDelete
  19. Wah asyik banget ini bisa keliling candi pakai VW Safari. Biasa didatangi sendiri itu, kini dah ada paketnya...Komplit ceritanya pula, nanti mudik meu ah juga. Kemarin aku cuma lewat saja Magelang dan nginap di Semarang. Kalau ada paket begini memudahkan , ga capek keliling sendiri, mobilnya asyik pula euy

    ReplyDelete
  20. VW Safarinya super SWAG~
    Cantik banget banget banget.

    Sebenernya, keluarga mertuaku juga suka nih kak.. sama VW.
    Dan punya VW combi modif.
    Beberapa kali juga sering ikutan convoi.

    Bakalan jadi kabar seru kalau tau ada persewaan combi begini. Bisa jadi liburan keluarga yang seru dan menyenangkan. Apalagi VW Safari ini aesthehtic sekali. Tapi masih ada AC-nya gak kalau atapnya ditutup?

    ReplyDelete
  21. Yang bikin desain VW tuh kreatif banget, ya. Desainnya unik-unik. Bisa dibilang disukai sepanjang masa juga, nih. Seru juga keliling-keliling pakai VW Safari. Apalagi kalau udaranya sedang sejuk

    ReplyDelete
  22. VW dulu pernah jadi mobil favorit saya mbak, sampai aku kepingin banget punya VW combi karena bisa dijadiin rumah juga kan hihihi karena ukurannya besar. sekarang VW kurang bergaung yaa, apa saya aja yang gak tahu yaa, dulu populer banget di anak anak SMA tahun 90an.

    ReplyDelete
  23. Wah seru banget ini ya. Bisa keliling Borobudur dan sekitarnya dengan pake mobil VW Safari begini. Pastinya jadi bikin kita bisa tengak-tengok lingkungan sekitar. Aduh kalo ngajak anak-anak, mereka pasti exciting banget 😍

    ReplyDelete
  24. Aku pernah naik vw safari ini, tapi di Bali mba. Dari Legian ke Ubud. Acara outing kantor sih, dan jujur ga suka 🤣🤣🤣🤣. Soalnya panas, jadi kami kompak minta ditutup. Tp kan ttp kebuka jendelanya Yaa, dan ga ada AC. Masalahnya para cewe2 yg jadi 1 team ku, udh pada dandan wkwkwkwjwk. Jadi kena angin panas begitu, ya ttp bikin keringet hahahaha.

    Tempwt2 wisata area Borobudur ya aku pengen sih datangin, tapi rasanya ga mau naik vw 😅. Penasaran dari dulu pengen ke svargabumi, kata temen2 yg udh kesana baguus ❤️. Aku udh lama banget ga ke Borobudur. Trakhir itu 2012 😅. Pasti banyak bgt perubahannya yaa

    ReplyDelete
  25. Aku dulu naik VW Borobudur ini dari desa pengrajin keramik menuju museum seni. Terus dari museum seni menuju Candi Pawon. Sangat menyenangkan dan mau diulang lagi!

    Menurutku safari keliling Borobudur pakai VW ini rapi banget manajemennya. Kelihatan sekali fungsi balkondes untuk mengkoordinasi VW-VW ini berjalan rapi.

    ReplyDelete
  26. Wahh seru banget ya mbak, aku blm pernah wisata vw safari kaya gini hihihi, terakhir ke Borobudur 2019an kalau ga salah, itupun cuma ke candinya doang hahaha.

    Suami sama anakku pasti seneng bgt nih kalau wisata vw safari kaya gini. Ini yg motoin drivernya mbak?

    ReplyDelete
  27. Asyik banget mbak.. Memang kalau ke Borobudur sayang jika hanya ke candi borobudurnya saja. Karena banyak tempat wisata di sekitar candi yang bagus dan sayang jika dilewati

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.