Daftar Isi [Tampilkan]

Bukan cuma pekerja kantoran atau pelaku usaha saja lho, yang membutuhkan printer serbaguna. Pelajar dan mahasiswa tentunya juga membutuhkan mesin printer yang ga hanya memiliki fitur penting seperti scan dan fotokopi, tetapi juga awet. Dengan adanya begitu banyak presentasi dan tugas yang harus diselesaikan, kalian terkadang kesulitan untuk menuntaskannya.

3 Jenis Printer yang Perlu Diketahui, Mana yang Harus Dipilih?
 

Kalau dipikir-pikir, apabila kalian mencetak di warnet atau tempat nge-print, biaya cetaknya akan lebih mahal. Kalau mau lebih murah, coba pertimbangkan untuk membeli printer kalian sendiri dari merek ternama seperti Canon. 

Jenis Printer Canon

Apalagi, harga printer Canon juga masih terjangkau. Teman-teman bisa membawa pulang mesin printer dengan 1-2 juta saja (setara dengan harga handphone). Tapi, sebelum membeli kalian harus tahu dulu jenis printer yang sesuai dengan kebutuhan. Yuk, cari tahu di sini!   

1. Printer inkjet

Banyak orang yang menganggap memiliki printer merupakan investasi besar. Apalagi kalau beli baru. Padahal, mengingat Canon memiliki beberapa printer dengan kisaran harga yang berbeda, salah satunya adalah printer inkjet, hal ini tak sepenuhnya benar. Mencetak ratusan halaman per bulan hitam putih atau berwarna pun bukan masalah.

Pada umumnya, printer inkjet biasanya hanya memiliki fungsi dasar untuk mencetak dokumen dan foto. Namun, printer ini memiliki kelemahan yaitu jika kalian lupa mengisi ulang tinta dalam waktu yang lama, maka cartridge akan mengering dan jika sampai rusak kalian harus menggantinya dengan yang baru.

2. Printer infus/ ink tank

Bagi kalian yang mempunyai extra budget dan khawatir lupa mengisi ulang tinta untuk mengeringkan cartidgeprinter infus adalah pilihan yang menarik. Pasalnya, tangki dan tabung tinta terhubung di dalam printer, sehingga kalian dapat memantau penggunaan tinta dengan lebih akurat.

Refill tinta di printer infus juga mudah karena sudah anti tumpah, di mana kalian tinggal mengisinya dan wadah akan menutup otomatis jika tangki sudah penuh. Apalagi, sekarang ini juga sudah ada banyak printer infus yang dapat digunakan untuk memindai dan menyalin, cocok untuk semua jenis tugas.

Kalian ga perlu terburu-buru pergi keluar di malam hari untuk fotokopi catatan kuliah atau memindai foto untuk laporan. Dengan harga mulai dari 2 jutaan, kalian sudah bisa membawa pulang 1 mesin printer infus all-in-one.

3. Printer laser

Jenis printer laser ini cocok untuk kalian yang membutuhkan pencetakan cepat tetapi tidak keberatan sering mengisi ulang tinta printer. Printer laser ini cocok untuk digunakan di kantor atau toko, apalagi kualitas warna yang tajam bisa dihasilkan hanya dalam hitungan menit dengan printer ini. Jadi, kalian akan hemat lebih banyak waktu dengan mencetak lusinan salinan dengan printer laser ini.

Pertimbangkan Perawatan Jangka Panjang

Ingat, beberapa jenis printer lebih rumit perawatannya daripada yang lain. Misalnya, jangan sering-sering mengganti tinta atau membiarkannya dalam waktu lama. Jika tidak mengikuti aturan tersebut, maka kemungkinan akan mengakibatkan ketidakmampuan printer untuk mencetak dokumen, bahkan untuk waktu yang singkat. Belum lagi bila kalian tidak memiliki garansi, otomatis kalian harus membayar lebih mahal. 

Oleh karena itu, penting sekali untuk mencari tahu perawatan apa yang diperlukan untuk printer yang akan kalian beli ya. Sehingga kalian ga perlu khawatir tentang biaya perbaikan dan perawatan di masa mendatang. Pada akhirnya, harga printer yang berbeda membuat pilihan menjadi lebih mudah. Pastikan printer yang kalian beli memiliki garansi resmi untuk menghindari perbaikan yang mahal jika terjadi kerusakan di kemudian hari. Selamat mencari!




49 comments:

  1. Sebagai pengguna printer, saya perlu sekali review seperti ini, dulu pernah punya merek tertentu tapi boros tinta jadi saya harus bolak balik isi tinta sementara waktu mepet untuk mengerjakan tugas

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi inget zaman kuliah dulu, makasih informasi terkait memilih printer dan cara merawatnya.

      Delete
    2. Hai Me, semoga tulisan ini bisa jadi solusi ya.

      Delete
  2. Sekarang pakai printer inkjet dengan tingkat kewaspadaan tinggi agar tidak boncos gara-gara cartridge. Canon emang salah satu merk terpercaya untuk urusan printer.

    ReplyDelete
  3. Iya sekarang kebutuhan anak sekolah dan mas bojo untuk membuat makalah dan laporan makin banyak nih setelah tatap muka dan work from office, harus sediakan printer yang mumpuni tapi juga hemat biaya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, mbak. Printer Canon oke banget jadi pilihan.

      Delete
  4. Aku pakai printer inkjet tp diinfus dong, biar ga lupa kalau tintanya mau abis, itu dulu jaman kuliah, karna tiap hari banyak ngeprint, skrg udah ga infus lagi karna jarang bgt ngeprint, jadinya emang boros cartridge.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya ya. Sekarang yang ngeprint sih anak2 pas ada tugas paper.

      Delete
  5. Makasih artikelnya mbak. Sptnya perlu ganti printer nih.Aku Punya printer sendiri yg infus tp krn lama ga dipakai jd macet. Akhirnya klo butuh print nitip printer punya suami. Seringnya print tugas sekolah anak2.

    ReplyDelete
  6. Terima kasih Mbak Nurul, jadi tahu nih tentang macam 2 printer dan kegunaan nya, dulu pernah pakai yang infus sederhana saja. Dan sekarang lama banget nggak pernah dipakai lagi..

    ReplyDelete
  7. normalnya awet tuh berapa lama yah? entah kenapa kalau saya pake printer jarang awet, kayanya di perawatannya yang kurang :")

    ReplyDelete
  8. Rumah sama kantor pakenya printer inkjet nih. Kalo printer lainnya kurang familiar tapi beberapa kali pernah liat sih hehe.. Sesuai kebutuhan masing2 ya pemilihan printer ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mbak. Pilihan printer disesuaikan kebutuhan :)

      Delete
  9. Iya, Mbak. Printer itu barang penting dan kepake banget, tapi begitu lama digunakan, cepet kering dan rusak. Akhirnya tetap pakai yang inkjet tapi diinfus. Alhamdulillah sampai sekarang masih terpakai untuk ngeprint, biasanya printable buat anak. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kebanyakan tuh printer dipakai anak2 kalau ada tugas makalah dll.

      Delete
  10. Kudu banget emang paham masalah printer kayak gini kalau bekerja atau beraktivitas berkaitan dengan ngeprint. Dulu pernah asal beli printer malah gak kepakai karena perawatannya sulit mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi harus tahu dulu jenis2 printer sebelum membelinya :)

      Delete
  11. Yang penting disesuaikan dengan kebutuhan dan dompet tentunya. AKu sih prepare yang ink tank karena perawatan lebih mudah dan biasanya tahan lama asal rutin sih perawatannya

    ReplyDelete
  12. Beberapa kali bermasalah sama si printer inkjet gara gara si printer kelamaan nggak dipakai dan berakhir dengan beli cartridge baru dooonggg. Emang perlu disesuaikan sama kebutuhan dan kesiapan merawat sih kalau punya printer gini ya Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya printer dipakai walau sesekali, berkala gituuu...supaya terawat dan terbiasa mencetak.

      Delete
  13. Printer di rumah akhirnya ganti yang infus, soale kalau pakai yang injec beneran bikin gemes. Sudah pasangnya susah, cepet kering pulak. Makasih infonya Mbak Nurul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang nomor tiga belum pernah aku coba. Kebetulan di daerahku masih belum banyak yang menggunakan printer laser.

      Delete
  14. Saya baru mampu beli yang printer inkjet. Lumayan buat ngeprint draft buku atau dijadikan ladang uang anak saat ada tugas kelas. Hehehehe
    Pengen banget beli yang kedua, tapi emang kadang masih merasa sayang. Padahal praktis yam karena tintanya injek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin di lain waktu bisa beli yang kedua 😊😊

      Delete
  15. Di rumah saya gak hanya ada anak yang udah mahasiswa. Suami juga jadi ketua RT. Jadi selalu ada aja dokumen yang harus di-print atau scan. Semakin butuh banget punya printer yang komplit. Daripada bolak-balik ke jasa nge-print melulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya mbak, praktis mencetak dokumen kalau punya printer sendiri di rumah 😍

      Delete
  16. Printer sekarang sangat diperlukan ya, aku aja beli buat kerjaan dan juga membantu pelajaran anak-anak. Bikin media pembelajaran biar anak ingat pelalajaran sekolah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. Kudu punya di rumah printer buat kebutuhan pekerjaan kita maupun tugas anak.

      Delete
  17. Kami di rumah masih pakai printer infus. Itu pun udah sering ngadat alias ngambek. Bahkan warna sering tidak keluar, atau diluar ekspektasi. Biru jadi ungu, hijau jadi hitam. Hihi...
    Saatnya ganti printilan ATK eh printer ini ke yg lebih modern kayanya. Laser boleh juga tuh...

    ReplyDelete
  18. Kalau di rumah aku menggunakan printer ink tank karena memang pas beli cari yang sudah lengkap, yang bisa scan warna atau hitam putih. Karena mikirnya gak perlu ke percetakan lagi buat scan atau copy dokumen jadi bisa di rumah. Apalagi belinya dulu lewat kantor suamiku jadi ada diskon karyawan deh.

    ReplyDelete
  19. Dulu pakai yang inkjet, tapi yang hitam putih. Lalu upgrade ke yang warna, tapi ya itu dia masalah cartride yang sering bermasalah ini akhirnya kupilih untuk ngeprint di warnet 24 jam saja deket rumah. 😂😂

    ReplyDelete
  20. Sejak anak-anak mulai besar dan butuh ngeprint buat tugas sekolah maupun kuliah, suami akhirnya beli printer, tapi saya nggak tahu itu jenis printer apa. Pokok tinggal pake aja, hihi

    ReplyDelete
  21. Dari semua jenis printer yang disebutkan di atas, printer laser aja nih yang saya belum punya. Huhuhu. Tapi udah pernah coba sih ngeprint pakai printer jenis ini, di rumah teman kalau gak salah.. Awal-awal punyanya printer inkjet, lama kelamaan merasa ribet sama catridge, pakailah printer infus.

    ReplyDelete
  22. Dirumah aku pakai printer inkjet lebih praktis sih mba cuma kalau pas tintanya habis y rada mahal tintanya,, kalau pas habis... Apalagi klo catridgenya rusak

    Kalau printer laser lebih ok juga kali ya hasilnya

    ReplyDelete
  23. Yan paling nyaman pakai printer laser yaa..
    Gak perlu terlalu sering mengisi tinta ini tentu memudahkan sekali. Apalagi bagi yang sering gagal setting tinta. Tapi mungkin dari segi harga juga yang paling tinggi dari 2 jenis printer lainnya yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca kalimat pertama komentar Mak Lendy, aku langsung nyaut : tapi kan harganya paling mahal hehehe. Eh ternyata sautanku langsung diiyakan mak Lend di kalimat berikutnya. Pada akhirnya, semua produk memang punya plus minus yaaa.. harga juga bisa jadi minus kalau berada di luar jangkauan kita hehehe. Printer di rumahku juga Canon nih mak...so far tak pernah kecewa.

      Delete
  24. Memang idealnya printer yang kita pakai yang sesuai dengan kebutuhan dan juga dengan budget ya mba. Yang pasti biasanya ada rupa ada harga

    ReplyDelete
  25. Oke catat dan pilih mana yang memang dibutuhkan di rumah, bukan kantor ini. Kayanya aku gak pilih yang inkjet karena dulu pernah kerepotan saat lupa isi

    ReplyDelete
  26. Aku sekarang lebih suka pakai printer laser mbak, lebih cepat dipakai mencetak. Dan menurutku lebih awet juga dibanding printer yang inkjet.

    Emang printer kalau dirawat dengan baik, digunakan sesuai manual booknya pasti awet

    ReplyDelete
  27. Nah ini kalau anak-anak bikin tugas sekolah selalu butuh printer. Sebelum punya nih anak2 ngeprint di luar. Tapi lama-lama kasihan dan lumayan banyak. Sama ayahnya dibelikan printer laser yang lebih cepat operasionalnya. Kalau aku sih sepintas tahunya printer aja, ternyata ada 3 macam printer ya. Wah makasih infonya...

    ReplyDelete
  28. Printerku suka lupa isi tinta mbak . Jadinya kering. Jadi kalau butuh print buat tugas anak-anak ke tukang fotokopi dekat rumah aja sekarang. Emang jd agak lebih boros sih jadinya

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.