Daftar Isi [Tampilkan]

Pernah sakit tenggorokan, bibir pecah-pecah dan sariawan? Banyak orang menyebutnya panas dalam. Perubahan iklim dan cuaca yang tak menentu serta pola makan yang kurang baik bisa menimbulkan ketidaknyamanan dalam tubuh. Sudah tahu belum, ternyata panas dalam dapat dicegah dan diatasi dengan mudah. Penasaran?

 

Cara Mengatasi Panas Dalam di Tenggorokan Nurul Sufitri Travel Blog
 

‘Makan ga makan asal kumpul’ ternyata masih berlaku di zaman serba canggih dan kekinian saat ini. Pas banget beberapa hari lalu umat Islam merayakan Iduladha, termasuk aku sekeluarga. Setelah melaksanakan salat Iduladha di sebuah masjid di bilangan Jagakarsa, kami meluncur ke rumah orang tua dan makan bersama. 

 

Cara Mengatasi Panas Dalam di Tenggorokan Adem Sari Madu Lemon Tea Nurul Sufitri Travel Blog
Menu Lebaran yang Enaknya Bukan Main

Alhamdulillaah, jatah kurban tahun ini adalah bagian si sulung Rafa. Menjadi 1/7 partisipan untuk seekor sapi kurban di Masjid Al Wiqoyah. Bersyukur lagi, kami bisa menikmati rendang daging buatanku. Meskipun harga cabai selangit, masak rendang tetap dilakukan. Agak dikurangi sih rasa pedasnya hahaha 😂

Kami sekeluarga doyan sekali menikmati masakan serba pedas dan bersantan. Ya, memang diusahakan ga setiap kali masak mesti super hot maupun berminyak. Ingat dan sadar diri, mesti menjaga kesehatan dong. Kalau kalap, muncul deh si panas dalam yang bisa bikin susah makan hhmm..sedih 😢 

Apa Itu Panas Dalam?

Orang-orang tuh ketika sariwan, bibir pecah-pecah, tenggorokan terasa sakit dan agak sulit menelan, langsung deh bilang, “Duh, aku lagi panas dalam nih!”. Sebenarnya ga ada istilah panas dalam dunia medis, gaes. Panas dalam pun bukanlah suatu penyakit, melainkan kumpulan gejala dari berbagai penyakit. 

Istilah ini berasal dari konsep pengobatan tradisional Tiongkok yang memiliki filosofi yin (dingin) dan yang (panas). ‘Panas dalam’ ternyata telah lama sekali digunakan 2.000 tahun lalu untuk menjelaskan sensasi panas dan dingin di dalam tubuh.

Gejala

Beginilah akibat konsumsi makanan tertentu secara berlebihan yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan, sariawan, dan sebagainya. Tak dipungkiri, memang deh makan gorengan itu bikin ketagihan, disertai minum minuman dingin, masakan yang pedasnya bukan main dan semacamnya ditambah kelelahan. 

Aku pernah merasakan gejala panas dalam seperti sakit tenggorokan terasa kering dan panas serta sulit menelan, diare, badan pegal-pegal dan terasa mengeluarkan panas  Malah dapat diperparah akibat mengonsumsi makanan panas tinggi lemak dan kalori. Bukannya kapok, eh malah kapan-kapan diulangi lagi duuuh, manusia memang banyak maunya ya hihihi.

Penyebab

Beberapa penyebab panas dalam yakni:

  • Radang tenggorokan. Peradangan ini disebabkan oleh virus atau bakteri dan bisa dipicu oleh alergi atau kenaikan asam lambung sampai ke tenggorokan. 
  • Iritasi di Ssaluran napas dan mulut. Hal ini dapat disebabkan oleh asap rokok, paparan polusi, mengonsumsi makanan atau minuman yang teralu panas, kalori dan lemak tinggi. 
  • Kenaikan asam lambung. Biasanya terasa ada yang mengganjal di tenggorokan. Nyeri pada bagian perut bagian atas dan ada rasa terbakar di dekat dada. 
  • Gangguan pencernaan. Dapat menyebabkan peradangan yang berakibat nyeri perut, mual, diare, muntah atau rasa panas di dalam tubuh.Virus atau bakterilah penyebabnya serta makanan tinggi lemak dan panas.

Cara Mencegah dan Mengatasi Panas Dalam

Mari kita terapkan pola makan yang benar dan hidup sehat secara berkesinambungan, bukan hanya sesekali saja, teman-teman. Yuk, ikuti langkah-langkah berikut! 

  1. Perhatikan jam makan. Telat makan dapat menimbulkan gangguan pada lambung atau naiknya asam lambung hingga ke dada atau tenggorokan.
  2. Minum banyak air hangat. Minum air putih, air teh, kuah sop dan sebagainya untuk mengurangi lendir sinus agar tenggorokan lega dan hidung tak tersumbat lagi.
  3. Batasi makanan yang digoreng dan terlalu pedas, karena bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan. Perbanyak konsumsi serat supaya saluran pencernaan sehat.
  4. Berhenti merokok dan hindari asap rokok.
  5. Rutin berolahraga. Olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi stres. Mari giatkan tubuh bergerak, setidaknya 150 menit dalam 1 minggu sudah cukup, asalkan rutin ya. 
  6. Konsumsi Adem Sari. 

Kenapa Harus Adem Sari?

Sepertinya teman-teman sudah banyak yang tahu dan mencoba Adem Sari, atau bahkan mengonsumsinya secara berkala. Kalian pasti sudah yakin dengan manfaat Adem Sari, bukan? Produk Adem Sari telah dipercaya oleh masyarakat Indonesia sebagai pilihan terbaik dalam meredakan panas dalam. 

Varian Adem Sari

Berikut adalah beberapa varian Adem Sari yang ada di pasaran. Seluruh produk Adem Sari diolah dengan teknologi modern dan kemasan botol maupun kaleng antiseptik yang higienis sehingga praktis dikonsumi. Kalian suka yang mana? 

1. Adem Sari Sachet
Ini dia produk Adem Sari yang paling sering dijumpai sehari-hari. Minuman serbuk ini berfungsi sebagai pereda panas dalam yang terbuat dari ramuan extract herbal, ekstrak jeruk nipis dan vitamin C tinggi. 

 
Cara Mengatasi Panas Dalam di Tenggorokan Adem Sari Madu Lemon Tea Nurul Sufitri Travel Blog
Adem Sari Sachet (Foto: Twitter @AdemSari_ID)

2. Adem Sari Madu Lemon Tea
Minuman yang satu ini begitu menyegarkan dan mengademkan tubuh. Adem Sari Madu Lemon Tea terbuat dari kombinasi madu dan ekstrak teh berkualitas. 

 
Cara Mengatasi Panas Dalam di Tenggorokan Adem Sari Madu Lemon Tea Nurul Sufitri Travel Blog
Adem Sari Madu Lemon Tea (Foto: Instagram ademsari_id)

3. Adem Sari Air Jeruk
Adem Sari Air Sejuk adalah air sejuk dari pegunungan yang mengandung mineral tinggi dan berfungsi untuk menetralkan asam tubuh serta menjaga daya tahan tubuh setelah beraktivitas.

4. Adem Sari Sparkling
Adem Sari Sparkling adalah minuman berkarbonasi yang menyegarkan dan mengademkan tubuh serta kaya akan vitamin C dari lemon dan ekstrak herbal alami yang menyegarkan. 

5. Adem Sari Herbal Lemon
Sari Herbal Lemon dengan kemasan kaleng adalah minuman yang dapat menyegarkan dan mengademkan tubuh terbuat dari perpaduaan ekstrak herbal, madu dan vitamin C tinggi. Produk ini tersedia dalam kemasan kaleng dan botol.

6. Adem Sari Herbal Tea
Sari Herbal Tea adalah minuman teh herbal yang dapat menyegarkan dan mengademkan tubuh terbuat dari daun terbaik (black tea & jasmine tea), madu, serta jus jeruk, lemon, jeruk nipis, apel yang kaya vitamin C yang baik untuk tubuh.

Nah, teman-teman, itulah cara praktis dan mudah untuk mengatasi dan mencegah panas dalam. Kita bisa simpan beberapa varian Adem Sari buat jaga-jaga atau dibawa saat bepergian. Kunjungi website Adem Sari untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang produknya. Salam sehat dan bahagia untuk kita semua. Sampai jumpa!

Referensi: 

https://hellosehat.com/tht/tenggorokan/panas-dalam/


58 comments:

  1. Baru ngeh ternyata macam-macam ya varian Adem Sari. Cus otewe ke websitenya deh, mau lihat-lihat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Mba Niar...saya kalau lagi pergi buat stok di jalan beli Adem Sari yang botol atau kaleng. Praktis no ribet-ribet. Panas dalam ilang, perjalanan tenang. Soalnya kalau jalan jarak jauh suka kurang minum, terus makan snack yang ga jelas, kurang serat dan minim istirahat, jadi deh panas dalam menghampiri...Kayak Mbak Nurul gini yang karena lupa diri makan pedes dan gorengan panas dalam datang

      Delete
    2. Betul mbak Dian. Udah tersedia kok di banyak supermarket dan beberapa minimarket :D Buat dibawa bepergian mimi yang adem2 kayak gini, Adem Sari, cocooook deh.

      Delete
  2. Dan Saya termasuk ke dalam golongan yang sangat tidak bisa menahan godaan makanan pedas yang nikmat dan nagih. Apalagi kalo udah urusan rujak, bener emang gadoyan sama mangga matang. Tapi kalo masih muda dan dijadikan rujak mangga dicocol dengan sambal kacang.... beh ndak mau berhenti sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah samma, mas :D Bumbu dan cabai2nya itu loh yang ga bisa ditolak maunya nambah terus ya hihi :)

      Delete
  3. Pas banget nih,, akhir2 ini cuaca gk bisa ditebak, panas dalam sngat rentan datang.. Btw, baru tau adam sari banyak macamnya, biasanya cuma rau yang sasetan di warung warung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuy, cobain varian terbaru Adem Sari mas :D

      Delete
  4. Dari dulu kalau panas dalam minumnya adem sari ahahhahaha. Kadang bawa ke kantor dan minum di gelas sambil kerja

    ReplyDelete
  5. Aku juga biasa menggunakan adem sari untuk meregakan tenggorokan, kalau dibiarkan takutnya malah muncul penyakit baru yang lebih tidak mengenakan.. Jadi kalau udah lega dan nyaman baru mulai dikurangi memakan atau meminum yang bisa memperparah hal itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap. Iya, Adem Sari buat jaga-jaga kalau udah ga enak tenggorokan.

      Delete
  6. Ya ampuuuuun masih ada Yaa adem sari?? Aku inget banget iklannya zaman sekolah 🤣🤣. Dan aku sukaaa ini sih mba. Dibanding yg cap kaki tiga, ga ada rasa. Enakan adem sari memang.

    Ntr mau cari ah, akhir2 ini tenggorokan ku juga suka radang. Perlu diademin 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adaaaaa hahaha :D Malah udah ada varian baru. Udah lihat iklannya di tv belooom mbak? Hahaha :D Sip, selamat mencari dan menikmati Adem Sari :)

      Delete
  7. Ga tau ya, makan yg enak enak.tuh seringnya berimbas ke panas dalam

    Eikeh juga seriiiingg tuh mba.
    Yaaakkk untungnya ada AdemSari

    Bener² andalan bgt ini mah utk hempas panas dalam

    ReplyDelete
  8. Hebat ikh Bun. Bukan orang padang tapi bisa ya bikin rendang. Ga kayak aku. Orang padang tapi ga bisa bikin rendang. Yang ada malah suami yang orang sunda masak rendang dan enak lagi hihihi 😂.

    Ngomong ngomong bun. Aku baru tahu kalau panas dalam itu berasal dari tingkok hihihi 😂. Aku kalau panas dalam suka minum adem sari. Dari dulu minum itu aja. Rasanya juga enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak Yen :) Bisa atuh masak rendang mah :D Adem Sari setia menemani sejak dulu yaaa :)

      Delete
  9. Bayangin rendangnya Mbak Nurul..pasti lamak bana..:)
    Btw, kalau keluargaku makan pedes ga kuat banget, biasa aja levelnya, tapi kalau gorengan, doyannyaaa...Jadi ya gitu deh kalau lupa diri panas dalam menghampiri. Pas memang Adem Sari jadi solusi, mana ada kemasan praktis dalam botol dan kaleng kan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dooong :D Keluargaku doyan banget pedas2 mbak. Iya, jadi punya solusi praktis atasi panas dalam dengan Adem Sari nih.

      Delete
  10. Sama dong Nurul aku juga dagingnya dibuat rendang sebagian tapi cepet banget habisnya hehehe pada doyan makan. Tapi harus hati2 sama panas dalam ya kalau keseringan makan kaya gini, untungnya ada adem sari jadi bisa segera diatasi deh panas dalamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss, Lidya :D Iya, hati2 panas dalam itu ga nyaman banget deh.

      Delete
  11. kalau diingat2 saya udah nggak pernah panas dalam lg sekarang. happy sih krn gak perlu sebel sama tenggorokan. tp nih tetep suka banget minum adem sari, krn enak dan segar. hahah.. btw yg baru tuh belum lama nemu di minimarket, segeerr rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak. Iya, rasanya nyegerin banget mimi Adem Sari :D

      Delete
  12. Minggu lalu saya juga kena panas dalam, Mak. Mungkin karena kecapean habis mudik, plus makannya agak ngaco pas Idul Adha kemarin. Rasanya memang ngga nyaman, nafas panas, tenggorokan rasanya kering, ngga nyaman deh pokoknya.

    Dan ketika panas dalam, yang diingat memang "ademkan dengan Adem Sari", hehe... Sekarang Adem Sari ada yang kemasan botol ya? Aku belum pernah coba yang ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah :( Iya, untung segera diatasi dengan minum Adem Sari ya jadi lekas enak lagi tenggorokannya.

      Delete
  13. Aku baru ngeh ini kalau Adem Sari ada kemasan botolan, jadi ingat beberapa tahun belakangan kalau pas panas dalam selalu cari Adem Sari. Apalagi dulu gampang banget tinggal tuang dan emang ini minuman panas dalam yang enak menurutku ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adaaaa dong hehe :) Kuy dicoba :D ANak2ku juga masih mengonsumsi Adem Sari kalau tenggorokan lagi ga nyaman.

      Delete
  14. Adem Sari favorit keluarga mom Nurul saat kami panas dalam. Segar di tenggorakan dan memang ampuh untuk mengatasi. Btw aku belum pernah coba yang botolan Madu Lemon Tea. Sudah tersedia ya mom di supermarket?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, toss kita :D Sudah ada kok, selamat mencoba.

      Delete
  15. Baca artikel ini kok pas banget. Saya lagi mengalami panas dalam nih. Tenggorokan udah mulai kering. Pemicunya ya, makanan pedas, beberapa hari kemarin makan di kantor menunya pedas semua.

    Bener banget, Mbak. Banyaj minum air bih biar gak kebanjur, dan kalau perlu minum Adem Sari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan makan pedas memang kadang bikin tenggorokan ga nyaman.

      Delete
  16. Wah iya, aku juga gitu mbak
    Kalau lagi banyak makan makanan pedas, rasanya tenggorokan kering gitu
    Dan emang benar, kalau panas dalam dari dulu ya minumnya Adem Sari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan kita :) Solusi banget pokoknya minum Adem Sari :)

      Delete
  17. Selama Idul Adha memang jadi banyak mengkonsumsi yang bersantan dan berlemak nih... Jadi risiko panas dalam jadi tinggi. Untung di rumah selalu sedia adem sari sachet, jadi aman. Kalau yang botol itu belum pernah nyoba. Seperinya segar juga ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener hihih soalnya enak sih susah nolaknya hahaha :D Seger bangeeet :)

      Delete
  18. Adem sari emang solusi buat atasi sariawan plus panas dalam. Saya juga kemarin-kemarin pernah cobain varian Herbal Lemon. Seger ke tenggorokan. Jadi pengen cobain lagi varian lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Herbal Lemon mantap ya rasanya segeeeerrr :D

      Delete
  19. Molly juga nih kalo sakit tenggorokan obatnya adem sari cepat bgt redanya tenggorokan berasa adem

    ReplyDelete
  20. Samaan mbak, kalau saya mulai gak enak di tenggorokan biasanya saya minum adem sari, dan emang manjur sih hehe

    ReplyDelete
  21. Adeem sariii....
    Minuman yang selalu ada di kulkas akuu maak, serumaah sukaak banget minum apalagi sekarang ada varian rasa, suka beli yang kaleng sama botol.

    ReplyDelete
  22. Nah, nah adem sari ini udah menjadi teman aku, selalu siap sedia di rumah kalo pas dibutuhkan .
    Hmm, apalagi kek idul adha kemaren, perut suka panas dalam kalo kebanyakan daging dengan bumbu rendang/gulai/sate aaahhh.

    ReplyDelete
  23. Masalah panas dalam dan sakit tenggorokan ini sudah jadi langganan saya. Secara saya ini punya penyakit amandel. Kalau makan terlalu pedas, panas, dingin itu suka kambuh. Sakitnya luar biasa. Bisa meriang, susah nelan dan yaitu seperti yg kena panas dalam
    Jangan sampai deh kena panas dalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay, samaan kita :D Iya mbak, kalaupun kena panas dalam, ya minum Adem Sari aja dengan berbagai varian.

      Delete
  24. Ternyata varian adem sari ada banyak yaa.. sekarang.
    Aku masih setia sama Adem Sari sachet yang minumannya seger, kaya minum soda, hehehe..
    Gak panas dalam pun, kadang aku konsumsi buat menghilangkan dahaga di siang hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, seru ya jadi banyak pilihannya hihihi :D

      Delete
  25. Ternyata kemasan Adem Sari ada yang botol ya mbak sekarang? Menurutku enak lebih praktis tinggal buka botol dan minum hehe. Dna ternyata masih ada bentuk kemasan yang lainnya yaa.
    Owalah radang tenggorokan itu sbnrnya juga disebabkan dari peningkatan asam lambung yaaa, pantes kadang yang dituduh menyebabkan radang kek gorengan, makanan bersan tan dll hehe TFS infonya
    Wah senang banget pastinya pas lebaran Iduladha merayakan bersama keluarga besar apalagi bisa makan2 bareng dengan menu yang enak2 kek gtu ya mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, April. Yuk, dicoba deh, segar2 semua varian Adem Sari. Duluuuuu, kan kebanyakan kita kenalnya yang sachetan ya hehe. Iya, kebanyakan makan gorengan bisa bikin panas dalam juga terutama yang super hot.

      Delete
  26. Jadi inget kemarin pas Idul Adha banyak makan pedas dan berminyak juga deh. Emang kerasa sih, tenggorokan jadi panas gitu ya. Paling enak emang konsumsi yang adem adem, apalagi ademsari ada efek ngurangi gejala panas dalam ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adem2 paling enak dikonsumsi kalo kepanasan di tenggorokan atau kepedesan hihihi :D

      Delete
  27. Andalanku juga nih mba untuk meredakan gejala panas dalam, terutama setelah mengonsumsi makanan pedas dan bersantan. Alhamdulillah cocok banget dan udah punya stok di rumah.

    ReplyDelete
  28. Adem Sari ini udah andalan dari zaman aku kecil. Pereda panas dalam yang ampuh dan harganya terjangkau menurutku sih dibandingkan produk sejenis

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.