Daftar Isi [Tampilkan]

Blog dan microblog merupakan platform yang tepat buat teman-teman yang ingin menyalurkan hobi menulis, berbagi informasi, membangun personal branding hingga memperoleh penghasilan. Pilih blog bagi kalian yang suka menulis panjang dan personal. Untuk membuat informasi singkat dan padat, kalian bisa bagikan di microblog. Sudah siap menjadi blogger dan microblog versimu sendiri?

101 About Blog and Microblog Techminar Kreen Indonesia Nurul Sufitri Travel Lifestyle
 
 
Mencurahkan rasa, menggugah rasa dan selera, membawa kabar informatif, menyenangkan diri sendiri dan senang berbagi, itu adalah aku. Alhamdulillah aku berkesempatan menjadi narasumber Techminar Kreen Indonesia bersama dua orang lainnya, yakni Agi Tiara Pranoto dan Moch. Rizky. Aku tulis di sini sebagai momen spesial agar bisa dibaca lagi dan menjadi kenangan.

Techminar '101 About Blog and Microblog' Kreen Indonesia

Untuk blog maupun microblog, buatlah tulisan yang informatif dengan gaya storytelling yang mudah untuk dibaca dan engage ke banyak orang. Jangan berhenti belajar dan selalu mengembangkan konten blog dan microblog. Yuk, manfaatkan SEO, bergabung ke berbagai komunitas dan pelajari algoritma platform yang digunakan.  

Berkenalan dengan Kreen Indonesia

Kreen Indonesia atau PT. Keren Entertainment Indonesia merupakan penyelenggara acara yang memiliki jaringan yang menjangkau berbagai sektor industri, Kreen telah dipercaya untuk membantu perusahaan dan komunitas dalam skala global dan lokal dalam menyukseskan berbagai event yang diadakan. Dengan dukungan tim, Kreen selalu mengutamakan cara-cara kreatif dan inovatif dalam menyelenggarakan sebuah acara. 

Kreen Indonesia mempunyai misi untuk memenuhi kebutuhan klien dengan menciptakan acara yang tak terlupakan dengan ide-ide inovatif, semuanya melebihi harapan. Adapun visi Kreen adalah menjadi pemimpin pasar global dalam industri kreatif yang mengintegrasikan konferensi, pameran, periklanan dan hiburan.

 
101 About Blog and Microblog Techminar Kreen Indonesia Nurul Sufitri Travel Lifestyle

Akun media sosial Kreen Indonesia yakni sebagai berikut:

  • Instagram: @kreenindonesia
  • Facebook: Keren Entertainment Indonesia
  • Youtube: Kreen Entertainment 
 
Selasa, 11 Mei 2021 itu H-1 Idulfitri 1442 H sekaligus acara Techminar “101 About Blog and Microblog" via Zoom yang dimulai pukul 13.30 hingga 15.30 WIB. Hari itu juga proses memasak rendang daging sapi sedang berlangsung hehehe. Ketupat malah sudah matang H-3, anak-anakku yang mengerjakan semuanya, saking semangatnya hahaha.

Alhamdulillaah H-2 lebaran semua bahan beserta bumbu masakan sudah kami (Aku, Rafa dan Fakhri) siapkan. Memudahkan masak rendang yang ternyata suamikulah yang mengolah dan mengaduknya dari awal sampai matang. Aku jadi plong dan leluasa persiapan Techminar Kreen Indonesia deh.

Memang sih, aku ditawari oleh mbak Geziana dari Kreen Indonesia sejak Februari 2021 lalu. Adapun materi sederhana baru kupersiapkan beberapa hari sebelum hari H karena belum ada kepastian soal pembahasannya. Ternyata bebas, apa saja yang memang ingin disampaikan kepada audiens.

Acara pertama dimulai dengan pembukaan dari Kreen Indonesia bersama kak Shella Dwimelita sebagai host. Sesi berikutnya adalah presentasi para narasumber masing-masing berdurasi 15 menit. Yang pertama presentasi oleh mbak Agi, kedua adalah aku dan terakhir mas Rizky. Setelah selesai semua, ada diskusi panel selama 1 jam. Disusul dengan pemberian doorprize bagi peserta yang beruntung kemudian penutupan. 


101 About Blog and Microblog Techminar Kreen Indonesia Nurul Sufitri Travel Lifestyle
Techminar Kreen Indonesia


Baiklah teman-teman, langsung saja ya pada materi pokok yang disampaikan oleh kami bertiga. Ini intinya saja ya, ga panjang amat sih. Kalau kalian masih penasaran, silakan kunjungi blog dan media sosial kami. Yuk, kita simak bersama!

Nurul Sufitri - Travel and Lifestyle Blogger

Aku adalah seorang ibu rumah tangga yang hobi menulis sejak duduk di bangku SD. Selain membaca dan menulis, Nyonya Rahmad sekaligus mama Rafa dan Fakhri ini gemar sekali menikmati menu serba ayam, bakso, mie dan roti, es krim dan lain-lain. Sejak Oktober 2016 aku mulai ngeblog yang nantinya akan menjadi warisan untuk anak-anakku.  
 
Aku mulai bergabung di komunitas menulis sejak tahun 2011 dan alhamdulillah sudah menelurkan 1 novel berantai Love Asset, 6 buku antologi dan 1 buku anak Storypedia Nusantara. Dengan tema blog travel and lifestyle, aku semakin selektif membuat artikel di blog, apalagi aku orangnya cukup idealis hehehe. 
 
Blog pribadiku berisi tentang pengalaman jalan-jalan bersama keluarga, wisata kuliner dan gaya hidup. Sesuai dengan tagline ‘Passion – Sincere – Journey’, cerita dalam blog aku riil, bukan hoaks. Tentu lebih banyak artikel organik dibandingkan sponsored post. Untuk product review, aku bersedia jika barang maupun jasa tersebut cocok buat aku atau pernah menggunakannya. Storytelling adalah gaya penulisan khas aku selama ini.

"Mulailah dengan menuliskan hal-hal yang kau ketahui. Tulislah tentang pengalaman dan perasaanmu sendiri". - J.K. Rowling
 
J.K. Rowling merupakan salah satu penulis panutanku. Walaupun aku ga mengikuti buku-bukunya seperti Harry Potter dan sebagainya, aku suka banget dengan semangatnya menulis buku. Oh ya, kalian mungkin ada yang belum tahu siapakah Bapak Blogger Indonesia dan kapan Hari Blogger Nasional ditetapkan pertama kalinya.  

Fakta-Fakta Terkait Blog di Indonesia

  • Enda Nasution disebut sebagai Bapak Blogger Indonesia karena inisiatif dan kiprahnya dalam mengenalkan blog di Indonesia.
  • Jumlah blogger di Indonesia diperkirakan sekitar 3 juta blogger pada tahun 2015.
  • Hari Blogger Nasional pertama kali dicanangkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh pada 27 Oktober 2007, saat pembukaan Pesta Blogger di tahun tersebut.

Manfaat Ngeblog

  • Menyalurkan hobi menulis.
  • Mengasah kemampuan menulis secara profesional.
  • Berbagi informasi dan pengalaman.
  • Memiliki sarana personal branding.
  • Menghasilkan uang.
  • Membangun network.

101 About Blog and Microblog Techminar Kreen Indonesia Nurul Sufitri Travel Lifestyle


Pada gambar di atas terlihat beberapa blog inspiratif dan komunitas blogger Indonesia. Tebak, komunitas mana yang aku ikuti? Hahaha, benar! Semuanya 😂 😍 Masih ada lagi sih komunitas lain yang belum disebutkan, karena ga muat kotaknya wkwkwkwkw. 
 
Soal manfaat ngeblog, yang penting mesti tulus dari hati memang senang aja menulis. Ikuti dan pelajari sedikit demi sedikit teknik penulisan, SEO dasar, insya allah nanti tawaran kerjasama berdatangan. Buat aku, menulis di blog bisa membuatku bahagia dan memberikan manfaat bagi pembaca. 
 
Ga sedikit mereka yang memberikan komentar organik, DM IG dan sebagainya. Sebagai contoh artikel kolam renang, bahkan guru anakku sampai beneran jadi berenang di kolam yang kuceritakan di blog, rasanya lebih dari sekadar fee. Ada pula pembaca yang jadi menginap di hotel yang aku ulas di blog maupun Instagram, kulineran di kedai soto yang aku tulis juga dan sebagainya. Itulah yang namanya TRUST, kepercayaan pembaca kepada penulisnya.


101 About Blog and Microblog Techminar Kreen Indonesia Nurul Sufitri Travel Lifestyle
 

Fungsi Dasar Tulisan pada Travel Blog

  • Pengingat/ diary bagi penulisnya.
  • Sebagai panduan perjalanan.
  • Media informasi bagi siapa saja yang membutuhkan.   

Teknik Storytelling dalam Tulisan

  1. Gunakan gaya bercerita (Bayangkan seolah-olah sedang bercerita dengan seorang/ beberapa secara langsung).
  2. Point of View (Sudut pandang cerita orang pertama tunggal, contoh: Saya, aku, gue).
  3. Gunakan intonasi kata dan kalimat (Pembaca ikut merasakan apa yang diceritakan).
  4. Show, don't tell (Jelaskan, jangan menunjukkan).
  5. Tulis sesuai pengalaman sendiri (Jika sudah pernah merasakan, mengalami, melakukan, akan mempermudah dituangkan dalam tulisan).  
  6. Masukkan rasa (Menulis perlu hati, jiwa dan penghayatan).
  7. Sertakan pelengkap tulisan seperti foto dan video. 
Awal ngeblog, tema tulisan masih gado-gado. Prinsipnya sih, nulis aja dulu hehehe. Seiring berjalannya waktu, akhirnya aku putuskan tema blogku adalah travel and lifestyle. Sejak dulu hingga kini, penulisan di blogku menggunakan storytelling. Padahal dulu sebenarnya aku ga ngeh teknik-teknik seperti ini. 
 
101 About Blog and Microblog Techminar Kreen Indonesia Nurul Sufitri Travel Lifestyle
 
101 About Blog and Microblog Techminar Kreen Indonesia Nurul Sufitri Travel Lifestyle
 
101 About Blog and Microblog Techminar Kreen Indonesia Nurul Sufitri Travel Lifestyle
 
Traveling menurutku ga melulu mesti berwisata ke luar negeri. Hangout dan perjalanan di negeri sendiri, bahkan sekadar santai di sebuah danau, berolahraga di taman dan destinasi lain juga sudah bisa menghasilkan tulisan menarik. Pada techminar ini aku memberikan contoh ketika aku sekeluarga berkunjung ke Kebun Raya Bogor sebanyak dua kali saat pandemi.

Dari pergi sebentar, ternyata aku bisa membuat artikel jalan-jalan cukup banyak. Wisata ramah anak, murah meriah, hati senang, perut kenyang. Teman-teman yang sudah pernah membaca ceritaku tentang Bogor pasti tahu deh hehehe, seru kan? 😃😃 Begitu pula saat aku dan suamiku city tour Turkey yang cuma seharian tapi dapat banyak sekali cerita yang bisa dituangkan di blogku.

Tips Menjadi Blogger Sukses

  • Mulailah membuat blog di platform terbaik.
  • Kreasikan blog semenarik mungkin.
  • Kenali gaya tulisan/ ciri khas.
  • Tingkatkan kualitas SEO blog.
  • Sertakan informasi perjalanan selengkap-lengkapnya dan runut.
  • Cari pembaca blog dan bangun kedekatannya.
  • Promosikan blog di media sosial. 

Sumber Penghasilan Blog

  1. Product review
  2. Content Placement
  3. Event. Uang diperoleh dari sponsor acara blogger.
  4. Kompetisi blog. Penghasilan bisa berupa uang dan atau barang hasil lomba penulisan blog.
  5. Pendapatan dari afiliasi. Konten yang ditulis mengarahkan pembaca untuk membeli, menggunakan atau melihat produk yang dijual di situs lain.
  6. Tayangan iklan/ Google AdSense
Aku mendapatkan gaji pertama dari AdSense pada November 2020 lalu. Senangnya bukan main, meskipun penghasilan dari iklan di blog bukan merupakan yang utama. Buat seseruan aja dan tentu bangga dong. Paling sering sih aku memperoleh uang dari penulisan product review, content placement dan event. Untuk afiliasi, sudah ada penawaran via email, kalau jodoh ga akan ke mana.

Techminar 101 About Blog dan Microblog Kreen Indonesia Nurul Sufitri Travel Lifestyle
Instagram Nurul Sufitri


Agi Tiara Pranoto – Lifestyle Blogger

Agi Tiara Pranoto berdomisili di Yogyakarta. Selain menulis, dia juga sangat hobi bermain game FPS. Cita-citanya adalah mendapatkan passive income sehingga ga perlu bekerja di kantor. Apa daya selama cita-cita itu belum kesampaian, dia harus menikmati hari-harinya sebagai mediator kesehatan.

Cita-Cita dan Motto 

Agi Tiara duckofyork adalah seorang lifestyle blogger yang memiliki passion di dunia tulis-menulis dan fotografi. “Nulis itu asyik. Blogging membuatku makin happy karena bisa bertemu banyak teman dan menjalin tali silaturahmi yang seru”, katanya. 

Serunya lagi, Mbak Agi ini punya cara khusus yang bisa membangkitkan semangat ngeblog lho. “Aku Cinta Rupiah” ternyata motto dari seorang Agi Tiara yang diyakininya sejak mengenal album Cindy Cenora. Hayooooo, teman-teman ada yang kenal lagu ini, ga yach?  Lagu lawas yang aku sendiri lupa-lupa ingat hahaha 😂 

Bagikan Info yang Bermanfaat

My blog is always a work in progress”, ujarnya lagi. Tren, perubahan, gaya hidup dan sebagainya datang silih berganti. Yang ga berubah cuma niat untuk menulis. Kebanyakan blogger yang baru mulai akan menyerah setelah tahu jadi blogger itu ga instan kayak mie rebus hehehe. 

Bagikan info yang bermanfaat. Supaya tulisan kita selalu dicari orang dan semakin banyak pengunjung blog, sebaiknya pelajari Search Engine Optimization (SEO). Tulislah dimulai dari yang kita minati terlebih dahulu, kemudian gali lebih dalam lagi untuk menambah wawasan dan pengetahuan. 

 
101 About Blog and Microblog Techminar Kreen Indonesia Instagram Nurul Sufitri Travel Lifestyle

Aktif Menjadi Narasumber di Berbagai Acara Keren

Agi Tiara yang mulai ngeblog sejak Maret 2015 ini sering menjadi narasumber di berbagai event ternama, terutama yang berkaitan dengan digital lifestyle, digital marketing dan content creating.

Narasumber untuk Jogja Blog Girls Meet-Up dengan tema SEO Trend 2018, Masterweb x Blogger Perempuan Digital Talk - Create a Self-hosted Wordpress Blog dan masih banyak lagi. Agi juga masuk dalam daftar Blogger Indonesia Inspiratif versi Niagahoster. Keren banget! 😍

Apa Saja yang Ditulis di Blog Agi Tiara?

  1. Review. Dengan jujur, mbak Agi bilang bahwa dengan mengulas produk barang maupun jasa di blog, ia memperoleh imbalan berupa fulus alias duit alias uang hihihi. Mantul deh Menulis review harus selengkap mungkin biar jelas semua sampai detail. 
  2. Sambat. Meluapkan amarah di internet adalah hobinya. Paparkan poin-poin yang layaknya bisa membuat esai ilmiah tapi santai.
  3. Diary. Terkadang ada curhat yang bisa bermanfaat bagi bagi orang lain. Contohnya adalah ketika menemui kesulitan pembuatan KTP, SIM dan lainnya. Tulis saja dan bagikan pengalamanmu dan langkah-langkah yang dijalani. 

Tantangan Ngeblog

Sebenarnya banyak banget tantangan ngeblog bagi mbak Agi, tapi yang utama yakni:

  • Perpanjang domain dan hosting.
  • Banyak yang dikerjakan. Menulis, motret, editing, marketing dan masih banyak lagi.
  • Harus mau belajar. Belajar SEO, program analitik, segala strategi yang berhubungan dengan media sosial, wajib dipelajari dengan baik.

Mau kenal lebih dekat? Mampir aja!

Facebook: Agi Tiara Pranoto
Instagram: @junoaggy
Twitter: @junoaggy 

 
101 About Blog and Microblog Techminar Kreen Indonesia Instagram Nurul Sufitri Travel Lifestyle
Instagram Agi Tiara Pranoto

Moch. Rizky - Microblogger

Mas Rizky ini adalah seorang microblogger, HR Practicioner dan Self Development. Dia senang mengobrol seputar Self Development, membantu orang-orang yang mencari pekerjaan dan upgrade karir. Ada tagline yang hebat ala Rizky yakni “Always Level Up”. 

Kalau bahasa kerennya sih, Moch. Rizky ini merupakan HRD Officer and Employer Branding Enthusiast yang membantu orang untuk pengembangan diri dan menjadi pemuda yang produktif, kreatif dan mandiri. Membayangkannya aja, cool banget ya, mas ini. Rizky bekerja di PT. UBS Surabaya. 

Aku baca di feed Instagram-nya, spirit “Always Level Up” itu terinspirasi dari 2 hal, yaitu QS Al Balad dan lagu Lir Ilir. Hayooooo, siapa masih ingat lagu ini? Bergerak naik tidak mudah, banyak tantangannya. Jalan terjal, licin keras. Kadang bisa buat kita menyerah kadang buat kita makin terasah. Terus tingkatkan kualitas diri. Masio lunyu kudu terus menek

Terus terang aku ga tahu arti kalimat terakhir. Langsung aku tanyakan kepada si mbah Gugel hihihi. Ternyata ‘Masio lunyu kudu terus menek’ bermakna ‘Walaupun licin harus tetap naik’.

Apa Isi Blog Moch. Rizky?

  1. Tips cari kerja
  2. Keuangan
  3. Review buku dan film

Kalau diperhatikan sih, Rizky sangat aktif di media sosial Instagram dibandingkan blognya. Dia sering memberikan info dan tips dalam postingannya di feed maupun story IG. Beberapa kali Rizky berkesempatan menjadi narasumber di berbagai event.

Pernah dia menjadi narasumber Radio Takshow di Surabaya tentang ‘Smart Human Capital’ di Radio SmartFM 88,9 dan beberapa acara lainnya.

“Disrupsi atau perubahan besar yang sedang terjadi saat ini karena efek perubahan teknologi yang semakin canggih. Di sisi lain ada sebuah generasi yang juga berpotensi menghasilkan perubahan besar. Mereka adalah generasi Milenial. Generasi perubah keseimbangan. 

Milenial tahun 2020 - 2030 akan mendominasi jumlah angkatan kerja dan Indonesia akan mendapatkan bonus demografi. Kondisi ini bisa berakibat bencana atau berkah. Maka dari itu generasi Milenial harus dipahami, dirawat, dijaga agar potensi positif nya berkembang dan kelemahannya bisa diberi solusi”. 

 
Techminar 101 About Blog dan Microblog Kreen Indonesia Nurul Sufitri Travel Lifestyle
Instagram Moch. Rizky

Tentang Microblog

Aku baca di seokilat.com microblogging atau microblog adalah sebuah media publikasi yang secara spesifik berfungsi sebagai sarana penyampaian informasi. Jumlah kata pada microblog biasanya tidak lebih dari 200 kata. Berbeda dengan blog yang bisa ratusan bahkan ribuan kata. Microblog umumnya dikirim atau dipublikasikan dalam bentuk media elektronik, seperti SMS, feed media sosial, audio digital, website dan lain-lain.

Penerapan microblog instagram, biasanya digunakan sebagai sarana promosi produk, jasa dan segala bentuk konten yang cenderung dikomersialisasikan. Namun tak semua microblog pada instagram bersifat komersil, sih. Ada pula microblog di instagram yang bertujuan murni sebagai informasi bermanfaat.  

Tips Membuat Microblog yang Menarik

Informasi yang disampaikan dalam microblog harus singkat, padat dan jelas. Hal ini dilakukan supaya engagement media sosial kalian semakin meningkat. Berikut adalah hal-hal yang harus dipersiapkan untuk membungkus microblog kalian menarik dari laman digination.id yakni:
  1. Ide konsep. Pastikan konten yang kalian buat mengedukasi  dan menarik bagi semua orang. Fokus pada satu tema dan tetap konsisten dalam konten yang dikerjakan.
  2. Sederhanakan kalimat. Kata-kata dalam tiap slide microblog dibuat sederhana. Bahasa mesti friendly, beri visual objek agar pembaca tidak jenuh seperti berbentuk grafik maupun gambar.
  3. Gunakan font berjenis Sans. Menurut Uxplanet pada Glints, Sans cocok digunakan untuk mementingkan tampilan visual, tulisan pendek dan pembaca berusia muda. 
  4. Perhatikan letak font. Konten microblog biasanya menempatkan kalmat di kiri atau kanan konten, tidak selalu di tengah. Penempatannya harus singkron ya, jangan terlalu ke pinggir.
  5. Gunakan warna yang kontras. Warna hijau, oranye, ungu, pink, biru-putih, kuning-hitam dan sebagainya bisa menarik perhatian pembaca.
  6. Berikan CTA di akhir. Call to Action digunakan untuk mengajak pembaca untuk share, like atau komentar atau meminta pembaca mengklik tombol "Lihat lebih lanjut' dan membaca konten lainnya.

Contoh Microblog

101 About Blog and Microblog Techminar Kreen Indonesia Instagram Nurul Sufitri Travel Lifestyle

101 About Blog and Microblog Techminar Kreen Indonesia Instagram Nurul Sufitri Travel Lifestyle

101 About Blog and Microblog Techminar Kreen Indonesia Nurul Sufitri Travel Lifestyle
Instagram Story Kreen Indonesia
 

Teman-teman, itulah sekilas cerita tentang blog dan microblog dari aku, mbak Agi dan mas Rizky. Terima kasih Kreen Indonesia atas undangan dan apresiasinya untuk kami bertiga terutama aku, sehingga bisa berbagi pengalaman kepada para peserta techminar. Percaya deh, 'Learning by doing' itu memang butuh kesabaran, yang penting niat 😊

Insya Allah aku akan terus menulis sampai tak mampu lagi melakukannya. Banyak sih hal-hal yang harus dipelajari supaya artikelku semakin berkualitas. Belajar fotografi, video, mengikuti pelatihan menulis dan sebagainya. Aku juga ingin konsisten ngeblog sebagai hobi sekaligus memberikan manfaat bagi para pembaca. 

Masih penasaran dan kepengen kenal lebih dekat? Jangan ragu mampir ke blog dan media sosial kami ya. Jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan, boleh lho berikan komentar di blog atau feed Instagram maupun direct message. Terima kasih atas kunjungan kalian dan sudah membaca artikel ini. Semoga kita bisa berjumpa di lain kesempatan 😊


94 comments:

  1. Alhamdulillah sekarang blog yang dikelola sudah menjadi aset digital yang menghasilkan.

    ReplyDelete
  2. Ade galfok nih bacanya keren bukan kreen.. Hahaha.. Sebenernya dr dulu udah ada ya micro blog via FB. tapi skrg lebih difasilitasi. Ada banyak temoat kita bs menulis micro blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya memang PT. Keren tapi jadinya Kreen gituh deh hehehe :D Iya, microblog mah kita kudu lebih kreatif bikin slide2nya mbak :)

      Delete
  3. Acaranya keren, mbak. Jadi bisa tahu apa-apa yang menjadi konten blog.
    Lama gak ketemu Agi, dulu awal-awal pandemi pernah ngopi bareng ahahhahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Mas Sitam :) Dulu sama Mbak AGi suka BW2an di grup Indonesia Corners :D

      Delete
  4. Mantap Bu Nurul, artikel yang cukup inforratif untuk menambah wawasan tentang dunia Blog. paling senang dengan Tips Ibu untuk menjadi blogger yang sukses. Terima kasih Bu Nurul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks, Pak Eko :) Sama2. Hehehe sekadar berbagi, aku mah masih apa adanya hhmm... :)

      Delete
    2. Siap Bu Nurul, semoga semakin sukses .

      Delete
    3. Insya Allah, aamiin. Terima kasih, Pak Eko :)

      Delete
  5. Lengkap bangeeet, ini ilmu yang "daging" semua. Di era serba digital seperti sekarang, ilmu ini sangat sangat bisa diaplikasikan dan akan membantu taraf perekonomian Keluarga salah satunya. Mantap Mba Nurul, Barakallah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Hani :) Semangat berbagi aja hehehe :)

      Delete
  6. Kalau aku lebih nyaman ngeblog sih, soalnya ngerasa bikin microblog tuh effort banget. Terutama untuk urusan desain dan layoutnya. Kalau blog sedikit lebih simple karena ada template, jadi repotnya di awal doang. Setelah itu bisa tinggal nulis dan menambahkan infografis dan foto. Makasih lho mbak tips buat storytellingnya, bermanfaat bgt buat aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah saya juga merasa bikin microblog lebih effort. Padahal sebetulnya kepengen banget. Tetapi, kadang-kadang mikirnya karena udah faktor U. Karena dulu kayaknya ide mengalir aja gitu. Saya suka bikin desain-desain. Sekarang mah banyak mentoknya hehehe

      Delete
    2. @Wiwid, iya mbak. Layout dll kalau microblog memamng butuh seni kayaknya hahhaa kan supaya kelihatan menarik pembaca ya. Aku juga lebih nyaman nulis di blog sih sampai saat ini. Iya, sama2 :)

      Delete
    3. @Kenai, Iya mbak. Aku orangnya ga sabar kalau kudu bikin desain perintilan gituh hahaha. Mungkin masih demen ngeblog biasa aja deh hehehe :)

      Delete
    4. Tapi, sekarang saya lagi coba nge-canva. Belum sampai kepikiran untuk microblog. Paling untuk cover IG feed aja. Tulisannya tetap panjang di caption hehehe

      Delete
    5. Aku belajar Canva sama anakku Rafa hahaha :D Baru dikit2 sih. Kalau microblog kayaknya belum dulu :)

      Delete
  7. Keren bangettt ini acaranyaaa, bertaburan ilmu-ilmu dagiiing dari praktisi yg memang cethaarr di ranah digital.
    BarokALLAH ya mbaa, seneng banget kalo bisa menebar manfaat seperti ini ya.
    Amal jariyah bangetttt :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ALhamdulillaah, berbagi pengalaman menulis aja :) Sama2, Mbak Nurul.

      Delete
  8. Aku kagum sama Mbak Nurul. Sudah punya 1 novel, 6 buku anotologi, dan 1 buku anak. Apalah aku baru 4 buku antologi haha. Kudu pasang niat dan tekat lagi biar bisa punya buku solo.

    Passion kita sama mbak untuk blog, lebih ke travel. Tapi aku mungkin kalah idealis sama mbak Nurul. AKu masih terima job yang kadang diluar niche blogku. Kadang gak tega nolak permintaan teman, kadang karena mau bantu, ya udah kutulis di blog travelerien hihi

    Dari tulisan ini aku banyak dapat ilmu, tentang blog dan microblog. Senangnya bisa belajar dari blogger sukses sepertimu mbak. Terima kasih telah berbagi.

    Oh ya, selamat ya jadi pembicara di acara yang sudah digelar 11 Mei tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihihi jadi malu. AKu mah belum punya buku solo, mbak Rien. Itu masih keroyokan semua wkwkwkwkwk :D Sekadar berbagi pengalaman nulis aja kok. Yang expert buanget pasti banyak, termasuk mbak Rien :) AKu kadang nerima jpb dari teman juga sih tergantung masih masuk tema atau ga hihihihih :) Sama2, mbak lebih keren donk :)

      Delete
  9. Keren banget ih Nyonya Rahmad ini, bisa jadi pemateri di acara keren seperti ini. Omong-omong, kita hampir sama, tulisan blog kebanyakan tulisan organik karena agak-agak selektif pilih job, hehe... Selain itu memang jarang ada yang nawarin saya sih, wkwkwk...

    Tentang microblog, saya pernah bikin 1 di IG. Tentang VBAC. Mau bikin lagi tapi belum nemu ide euy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiiih, Mama Kepiting bisa ajah hehehe. Makasih ya :) AKu memang basic-nya demen nulis diary sih. Jadi usahain tulisan natural, organik gitu, diselingi sponsored post hehehe :D

      Delete
  10. keren mba Nurul sejak 2011 yah, sudah nelurin novel, antologi juga banyak huah aku jadi terpacu poengen lebih rajin lagi ini..apalagi untuk ngeblog nih aku udah mulai kendor mba hahaha padahal banyak manfaat yah selain cuan tentunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihihi waktu itu diajakin temen nulis Love Asset :) Antologi zaman dulu mah kudu ikutan lomba dulu, baru dibukuin. Sekarang ga semua pakai lomba, ada yang langsung masuk ke buku tulisannya. Sip2 semoga terus semangat ngeblog ya mbak Herva.

      Delete
  11. Alhamdulillah ya sudah berbagii, senangnya kalo ngeblog jaman sekarang sudah ga diragukan lagi keberadaannya.Sharing yang oke banget dan pematerinya keren2 hadir di techminar kreen indonesia.
    Mau ngeblog atau Microblog tinggal gimana kita aja menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan yaa.

    Pokoke love banget sama ngeblog yang duluu awal ngeblog curhat2 seiring dengan waktu, bertransformasi seperti sekarang yang wow banget. Kalo aku lebih suka ternak blog khusus buat adsense, ga di pake di blog personal, khawatir ke banned euy, bahayaaa.

    Semangaat ngeblog yuk, semoga selalu menginspirasi. makasih sharingnya Mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah, berbagi apa yang aku tahu aja berdasarkan pengalaman nyata hehehe :) Betul, kalau mau microblog kudu nyeni kayaknya heheh buat feed IG kan oke tuh. Oh gitu. AKu mah blog cukup 1 aja udah kayak anak ketiga hahaha :D

      Delete
  12. Duuh mantab bangeg nih acaranya mbak. Banyak banget ilmu yg didapat ya. Baca blogpost ni aku jd nambah ilmu juga nih. Kalo aku sih tetep lebih suka ngeblog aja sih soalnya lebih simple. Moga2 aku ketularan kece kaya mbak nurul ah biar bisa produktif terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. ALhamdulillaah, iya mbak makasih :) Mak juga kece dong :)

      Delete
  13. Wah keren Bun jadi pembicara dan ga salah pihak Kreen Indonesia meminta Bunda berbagi ilmu dan pengalamannya selama menulis dan ngeblog. Wong tulisan Bunda emang lengkap, informatif terus kalau nulis itu totalitas. Baca artikel di atas aku juga jadi tahu bedanya blog ama microblog hihihi. Untung tahu dari sini. Kalau ada yang tanya terus aku ga tau. Kan bisa malu akunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks, mbak Yeni :) Sama2 belajar dan berbagi pengalaman aja :) Sip2 tetap semangat ngeblog yaaaa :)

      Delete
  14. Jadi pengem belajar nih bikin microblog, kesannya unik gitu. Tapi tentu harus sabar dan telaten ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, microblog kita mesti sabar dan tawakal hehehe :)

      Delete
  15. Nurul makin kinclooong bersinar sinar karier di dunia bloggingnya!

    Untuk microblogging - keliatannya simpel tapi pelaksanaannya lebih ribet daripada nulis di blog!
    Di blog bisa "nyampah" dan ngomel ngalor ngidul, eeeh di microblog kan ga bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aha! Sip, bisa disesuaikan aja sama kebutuhan kita dan cocoknya nulis di mana :) Makasih MBak Tanti :D

      Delete
  16. Keren banget mbaa. Aku sendiri pengen nyoba2 bikin microblog tp nyadar diri kadang kalimat curhat tak terbendung. Haha. Kudu banget nih ikutan kelasnya buat bisa belajar. Kapan ya ada kelas2 begini lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku masih belum pas main microblog, akunya ga sabaran sih hahahah :D

      Delete
  17. Mba Nurul tulisannya selalu lengkap dan detail. Aku pribadi merasa senang bisa menemukan blog. Menulis apa yang aku inginkan. Dan berkah banget bisa menginspirasi sesama dan berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Mbak ALida. Iya, seneng banget aku bisa berbagi di blog ini :)

      Delete
  18. Makasih mba ilmunya. Pematerinya keren ini mba Nurul 😍 aku jg menulis di blog karena aku butuh untuk bercerita apalagi anak masih kecil hahaa aku bisa nggak waras deh klo nggak ngeblog mba. Dan microblog ingin banget nyobain di akun yg 1 lagiii.. kapan ya mulainya 🤣
    Noted artikel ini mba Nurul terima kasih yaaa udah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, mbak Suci :) Hihihihihi :D Ngeblog itu seperti menyalurkan hal2 apa aja yang ada di kepala ya :) Waras, jadi hepi deh kalo nulis. Aku belum nyobain microblog wkwkwkwkkwkw :) Sama2.

      Delete
  19. Acaranya keren nih, sesuai dengan penyelenggaranya Kreen. Blog dan microblog, keduanya kalau dijalankan secara serius bisa menghasilkan pastinya. Pengen juga sih saya belajar microblog. Trims sharingnya, ya, Mba Nurul. Aku salut deh sama pencapaiannya Mba, konsisten jadi salah satu kunci sukses ngeblog kayanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2. Semangat berbagi 😊😊 Memang kalau udah niat, idealnya dijalanin aja, having fun gitu, mbak Lia hehehe.

      Delete
  20. waah keren mba nurul udah jadi narasumber di acara webinar seputar blogging, keep sharing ya mba. btw 7 tahun lalu jumlah blogger udah 3 juta, pasti sekarang udah bettambah jauh lebih banyak deh. di lingkungan blogger di crircle yg kuikuti aja banyak bgt wajah2 baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks, ah aku mah masih baruuuu lah, belajar bareng2 sharing pengalaman aja, mbak Ophi 😀😀

      Delete
  21. aku sampai sekarang masih lebih pilih blog daripada microblog di sosmed, karena belum biasa, jadi aku merasa lebih butuh effort untuk membuat karya microblog

    ReplyDelete
  22. Kak Nuruuull...
    Suka pake banget sama materinya. Aku suka sekali dengan perjalanan para blogger yang bisa menemukan kesenangannya melalui menulis. Rasanya kembali ke masa-masa awal nge-blog, yang bisa dibilang, aku masih nubie.
    Tapi kepedean ngikut berbagai komunitas.

    Alhamdulillah,
    Lama-lama bertemu dengan sahabat yang sangat mendukung dan semakin senang dengan blogwalking. Dari kak Nurul, aku selalu dapat cara menuliskan travelling yang asik dan informatif.
    Sehingga kalau travelling, jadi panduan buat mengunjungi berbagai tempat, terutama Bogor.

    Haturnuhun kak Nurul.
    Loviittt~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah, sami2 teh Lendy 😍😍 Dulu aku mikirnya tema traveling kudu luar negeri semua wkwkwkw...binus aja itu mah. Yabg deket2 juga bisa dikemas jadi tulisan cantik 😀

      Delete
  23. memang akhir akhir ini konten microblogging sangat digenari ya mbak
    klo aku pribadi sih masih lebih enjoy bikin konten di blog daripada di micro blogging
    bagiku, micro blogging butuh effort lebih, khususnya di bagian fotonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iyaaaa, aku pun merasa gitu, toss ah mbak hahaha 🤣

      Delete
  24. Seneng banget bacanya kak, benar-benar relate banget dengan dunia pembloggeran yang saya alami. Beberapa diantaranya juga mengingatkan diri sendiri untuk terus belajar dan upgrade. Auto intip blog sendiri, sudah bagus belum yaa, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Siti mah udah kereeeen tulisannya cakep2 traveling ke mana2 😍😍

      Delete
  25. Diriku pernah menulis bait di mikroblog maupun blog. Sama sama ada yang menarik dan sama sama ada kelebihannya. Kembali lagi ke nyaman yang mana dan menghasilkan yang mana hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, mas. Yang penting nyaman aja nulis di blog atau microblog 😀

      Delete
  26. Wah keren-keren semuanya, baik mbak Nurul, mbak Agi dan mas Rizky di microblog. Tak heran kalo PT. Keren Indonesia mengundang mbak Nurul juga karena tulisannya bagus bagus terutama tentang traveling.

    Kalo aku disuruh pilih blog atau microblog lebih milih blog,. Soalnya sudah biasa menulis di blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Mas Agus yang luchuuuu hehehe 😁😍 Iya, sama aku juga pilih blog aja.

      Delete
  27. Acaranya bernas sekali ya Mbak jadi nambah pengetahuan tentang blog dan mikro blog, mau kubaca ulang nih artikelmu biar lebih paham...keren nih tiga pembicaranya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks mbak Dedew 😀 Alhamdulillaah senangnya berbagi.

      Delete
  28. wih keren banget mbak Nurul, aku jadi ikutan belajar nih gaya menulis blognya mbak nurul. selama ini saya juga sudah menerapkan beberapa yang mbak nurul tulis di atas, bener ya kalau manfaat blog kita, banyak yang datang dengan organik ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manfaat tulisan organik bikin kepuasan batin buat aku, mbak 😀😀😀😀

      Delete
  29. Wah inget banget nih sama webinar yang satu ini. Saya diceritain langsung sama Agi kalau beberapa jam sebelum webinar dimulai, eh di rumahnya mati lampu. Bergegaslah dia ke hotel paling deket rumahnya. Setelah check in, kedengeran tuh genset hotel mulai mati dan listriknya nyala lagi. Asli ikut deg2an sih waktu itu dan hampir aja nyuruh Agi ke rumahku aja buat bisa webinar dengan tenang. Tapi dia profesional banget dan Alhamdulillah waktu itu eventnya lumayan lancar ya Mak :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pesertanya sekitar 100 orang lah. Mbak Agi memang ada sedikit kesulitan gara2 mati listrik, katanya hehehe.... alhamdulillaah lancar semua 😊

      Delete
  30. Hebat ih keren. Udah banyak buat buku, telaten banget urus blognya. Gudlak mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, aku mah belum apa2... Learning by doing aja sama suka ikut event online buat belajar 😁😁 Thanks.

      Delete
  31. Saat ini, saya sedang belajar membuat micro blog di ig. Hehe...

    Aku dulu mulai nulis blog sejak SMA, tapi dulu sama sekali nggak paham, akhirnya ya udah cuekin lagi blognya. Sekarang ada rasa sesal dikit karena nggak dari dulu-dulu aja ngeblognya. Tapi, lebih baik terlambat daripada nggak sama sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, mbak. Ga apa2 terlambat daripada ga melakukannya sama sekali 😀 Aku termasuk telat ngeblognya hehehe..Mbak keren amat sejak SMA udah mulai ngeblog.

      Delete
  32. Wah menarik sekali mbk. Aku malah pengen mencoba membuat microblog tapi belum tereksekusi. Selain itu belum mendapat pengetahuan tentang microblog yang bener nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, microblog menurutku sih lebih nyeni ya 😁😁

      Delete
  33. tantangan ngeblog itu kalo lagi kena writer block, rasanya males banget buat nulis separagraf pun. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe.... kudu niat emang atau pas udah ga rempong nulisnya.

      Delete
  34. super lengkap banget bahasan dan rangkumannya. walaupun aku ngga ikutan kegiatannya tapi bisa dapet ilmunya. Thanks mbak, ini beneran bearti buat pengembangan blog ku ya

    ReplyDelete
  35. Wah komennya sudah banyak, scrolling jauh kebawah. Keren nih mba nurul. Panutanqoe emang. Oya itu Indonesia Female Blogger ditulis dua kali nih hihi berkesan deh kayaknya pasti bagian dari komunitas tsb mba? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks mas. Hahahaha iyaaa yak ada dua kali nulis IFB, mungkin masih teringat buku antologi terakhir bikin bareng Indonesia Female Blogger :) Iyaaa donk, aku join tuh hihihi.

      Delete
  36. Aku membayangkan kalo bikin microblog pasti gaya bahasaku beda dengan blog. Ga tau kenapa, nulis di blog sama caption di feed aja udah beda... apalagi dibikin microblog. Padahal kalo keduanya jalan mantul banget branding-nya ya Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, bahasanya nyentrik juga bisa sih kalau mau hihihihihihhi :D

      Delete
  37. Siap dilaksanakan mba Nurul haha.

    Salfok baca kreen jadi keren. 😁

    ReplyDelete
  38. Juaraaa mbaak nurul ini. Super lengkap ulasannya. Mungkin dulu niatnya nyalurin hobi menulis, tapi sekarang udah bisa jadi peluang penghasilan ya mba. Yang penting kuncinya konsisten

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe thanks mbak Malica. Aku mah belum seberapaaaa hihihi 😄 Iya, hobi jadi duit namanya ya, alhamdulillaah.

      Delete
    2. Materinya daging banget kak.. Aku perlu banyak belajar lagi nih seputar Blogging.

      Delete
  39. Mba nurul keren sekaliiii.. inspiratif.. ngeblog itu manfaatnya emang banyak banget ya maaaak.. semoga makin banyak blogger yang menulis dan membagukan hal hal yang inspiratif yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih, makasih mbak Dian 😀 Masih harus banyak belajar aku nich 😊 Iyaaaa.

      Delete
  40. Halo mbak, Kalau Microblog biasanya di IG yaa. Saya jg sedang merintis di IG nih, tapi blm sebanyak mbak followersnya heheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.... followers nambah dikit2 kok, Do 😂😁 Iya, microblog di feed IG.

      Delete
  41. Microblog itu ga gampang sih. Aku lebih suka diminta menulis panjang, daripada pendek :p.

    Tapi tetep ngerasa tertantang sih mba, gimana caranya bisa menulis singkat, tp semua informasinya kena . Makanya aku rutin bikin review novel tiap hari Minggu. Selain ngelatih menulis review, jg menantang diri gimana menulis singkat :D.

    Menarik sih temanya. Kalo ngeblog mah, udh kayak bagian hidup itu :D. Obat stress juga, nyalurin hobi :D. Dan aku tetep LBH suka kayak skr, tanpa ada sponsor ATO paid post, Krn aku ngerasa menulisnya juga lebih bebas ga terikat dan jujur :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Fanny rajin baca buku dan selalu nukis ulasannya di FB. Aku lagi ga rajin membaca nih hahaha. Iya, kalau microblog butuh effort lebih tinggi menurut aku ya. Desain2 nyeni, lucu dan menarik tuh kuduuu. Aku mendingan nulis panjang dah wkwkwkwk...

      Delete
  42. acaranya seru tapi ketinggalan nggak ikut, baca review mbak Nurul udah masuk banget ini
    aku sendiri belum coba microblog, mungkin lebih aku tuang ke blog dulu
    bikinnya juga belum sempet :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak Ainun :) Iyaaa, mbak. Kalau lebih suka blog ya ga apa2. Mungkin kalau ada waktu luang coba-coba microblog juga seru. AKu sih pilih blog, demen nulis panjang lebar soalnya hehehe :D

      Delete
  43. Saya punya blog yang sudah dibangun sejak 5 tahun lalu.. Awalnya, saya sudah tidak peduli lagi untuk membangun blog itu, namun setelah membaca tulisan tulisan di blog lain, motivasi saya kembali untuk membangun blog lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah 😊 Yang penting senang dan bahagia aja dulu kalau nulis di blog 😀😀 Yuk, dilanjutkan! Makasih udah mampir ya.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.