Daftar Isi [Tampilkan]

Warga Jakarta kini dapat menikmati keberadaan patung kosmonot Yuri Gargarin yang terpasang di Taman Mataram, Kebayoran. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan patung Yuri Gagarin yang merupakan manusia pertama asal Uni Soviet yang melakukan perjalanan ke luar angkasa pada tahun 1961.  

Sabtu, 29 Mei 2021 lalu, sekitar pukul 06.30 WIB aku dan Aa Rahmad berkeliling kota naik motor Vespa dari Jagakarsa. Awalnya memang dadakan dan belum ada ide hendak ke mana. Akhirnya kami berkelana menuju Ancol, Kota Tua, Melawai dan berlabuh di warung sate RSPP untuk sarapan. 
 
 
Wisata Taman Mataram Kebayoran Jakarta Ada Patung Kosmonot Yuri Gagarin

 

Naik  Vespa, Tak Sengaja Melewati Sebuah Taman

Di pertengahan perjalanan sebelum sarapan, kami melewati sebuah taman kota yang kelihatan asri, teduh dan cukup bersih. Waktu itu memang kelihatan hanya beberapa orang saja di sekitar taman. Maklum, masih pandemi sehingga orang-orang membatasi diri untuk segala aktivitas di luar rumah. 

Sejujurnya, aku tuh orangnya suka lupa arah jalan, apalagi nama jalannya meskipun sering dilewati hahaha :D Ternyata suamiku berhenti di sisi taman, parkir sebentar motornya dan kami mengamati lingkungan sekitar. Jadilah foto-fotoan dulu berdua, kayak anak muda aja πŸ˜‚ 

Angin berhembus sepoi-sepoi, terdengar kicau burung bernyanyi. Masih pagi, sepi. Beberapa anak muda bersepeda mengelilingi taman. Ada juga sepasang muda-mudi yang duduk di bangku taman sambil bercengkrama terlihat mesra (Kayaknya sih begitu, sok tau hahaha πŸ˜„).

Beberapa meter ke depan, Vespa diparkiran kembali, cukup ditaruh di pinggir taman. Aku bingung sambil bertanya,”Ini taman apaan sih? Bagus ya, rapi banget. Itu siapa ya?”, sambil kutunjuk sebuah patung di taman.

“Oooooh, itu Yuri, orang Tasik”, jawab suamiku berseloroh. “Huahahahaha, ternyata Aa Rahmad demen ngabodor! Iya, aku ingat kok dulu ketika belajar sejarah di sekolah ada cerita tentang Yuri Gagarin. Eh tapi lupa sih asalnya dari mana. Masa orang Tasik? Bikin payung dong!. 

 

Wisata Taman Mataram Kebayoran Jakarta Ada Patung Kosmonot Yuri Gagarin
Bersantai Sejenak di Taman Mataram Kebayoran

 

Peresmian Patung Yuri Gagarin

Peresmian patung Yuri Gagarin dihadiri oleh gubernur DKI Jakarta, duta besar Rusia dan wakil menteri luar negeri Indonesia di kompleks Balaikota Jakarta pada 10 Maret 2021. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa patung Yuri Gagarin tersebut ditempatkan pada Taman Mataram Jakarta. 

“Patung Yuri Gagarin yang ditempatkan di Taman Mataram itu menandai 70 tahun hubungan persahabatan Indonesia Rusia”.
 

Wisata Taman Mataram Kebayoran Jakarta Ada Patung Kosmonot Yuri Gagarin
Hubungan Persahabatan Indonesia-Rusia
 

Wisata Taman Mataram Kebayoran Jakarta Ada Patung Kosmonot Yuri Gagarin
Peresmian Patung Yuri Gagarin
 

Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila G. Vorobieva menyatakan, “Dalam pandangan kami negara Rusia, Indonesia adalah salah satu faktor kunci. Kita bertujuan untuk meningkatkan hubungan bilateral yang telah terselenggara lebih dari 70 tahun. Tahun lalu kita telah memperingati 70 tahun hubungan diplomatik dan di sana ada hubungan yang kuat antara dua ibukota yaitu Jakarta dan Moskow. Kita sangat senang mendapatkan sebuah peringatan yang indah yaitu sebuah monumen peringatan Yuri Gagarin”.

"Jakarta sebagai kota internasional memiliki banyak tanda kehadiran hubungan persahabatan antara Indonesia dan Rusia seperti Rumah Sakit Persahabatan Rusia-Indonesia dan Stadion Gelora Bung Karno", ujar Anies lagi. 

Wisata Taman Mataram

Taman Mataram merupakan oasis kota yang cukup luas dengan pohon-pohon rindang serta taman bermain dan jalan setapak yang berkelok di dalamnya. Taman ini bisa menjadi tempat wisata masyarakat dengan sensasi yang berbeda dengan kegiatan kita sehari-hari. Sebelum pandemi, Taman Mataram ramai dikunjungi pada hari biasa maupun hari libur.  

 
Wisata Taman Mataram Kebayoran Jakarta Ada Patung Kosmonot Yuri Gagarin
Wisata Taman Mataram Kebayoran, Jakarta


Koleksi Tanaman

Wisata Taman Mataram menjadi satu contoh taman publik yang berlokasi di kawasan hijau Mataram. Di sini kita bisa melihat beberapa jenis tanaman berbunga yang sengaja ditanam untuk memberi warna dan keceriaan. Ada kana bunga merah (Canna indica), alamanda bunga kuning, tabebuya bunga kuning (Tabebuia caraiba), Mandevilla dan bottle brush (Callistemon viminalis). Ada juga beberapa koleksi peneduh taman yang merupakan pepohonan produktif seperti kedondong, buni serta nangka.

Lokasi

Taman Mataram berada di Jalan Sisingamangaraja RT 2 RW 1, Selong, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12110. Setelah direnovasi, taman ini semakin asri dan dilengkapi fasilitas tempat bermain anak hingga olahraga. 

Fasilitas

Area Taman Mataram dengan ruang terbuka hijau berupa taman kota ini  berbentuk persegi memanjang. Taman dikelilingi oleh dua jalan protokol dan dua jalan lingkungan perumahan. Tak sedikit orang berolahraga jogging, jalan cepat, bersepeda mengelilingi taman, duduk santai sambil menikmati sinar matahari pagi dan udara segar. 

Wisata Taman Mataram Kebayoran Jakarta Ada Patung Kosmonot Yuri Gagarin
Taman Mataram Kebayoran

Teman-teman yang membawa anak-anak ke Taman Mataram ga usah khawatir. Disediakan playground dan fasilitas gym sederhana juga lho. Wisata Taman Mataram cocok menjadi sebuah wisata edukasi dan refreshing yang memiliki beberapa fasilitas, diantaranya yakni:

  • Area parkir kendaraan
  • Tempat bermain
  • Kamar mandi / MCK
  • Tempat istirahat
  • Tempat olahraga
  • Jogging track 

Sejarah Singkat Tentang Yuri Gagarin

Siapa Itu Yuri Gagarin?

Yuri Alekseyevich Gagarin atau lebih dikenal dengan nama Yuri Gagarin, menjadi salah satu simbol persaingan eksplorasi antariksa antara Amerika Serikat dan Uni Sovyet pada masa Perang Dingin. Yuri Gagarin merupakan kosmonot pertama yang berhasil keluar angkasa pada tahun 1961 dengan menunggagi Vostok 1. Yuri lahir pada 9 Maret 1934 kota Gzhatsk, Rusia dan meninggal pada 17 Maret 1968 di era Uni Soviet.

Yuri Gagarin adalah anak seorang tukang kayu. Ia lulus dari sebuah sekolah teknik industri yang berada di Moskow, pada 1951. Yuri kemudian melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi industri di Saratov dan mengambil jurusan dirgantara. Setelah menyelesaikan studinya di kampus Saratov, Yuri bergabung dengan sekolah kadet Angkatan Udara Soviet di Orenburg, dan lulus pada tahun 1957. 

 

Wisata Taman Mataram Kebayoran Jakarta Ada Patung Kosmonot Yuri Gagarin
Yuri Gagarin Melambaikan Tangan (Foto: oretzz.com)
 

Yuri Gagarin, Kosmonot Pertama Rusia

Pada Oktober 1957 Soviet berhasil mengirim satelit buatan pertama ke luar angkasa yang bernama Sputnik. Kala itu, negara Soviet dan Amerika Serikat sedang terlibat perlombaan di bidang teknologi dan eksplorasi luar angkasa. Soviet bertekad mengirimkan manusia pertama ke luar angkasa demi mengukuhkan eksistensi sebagai negara terdepan di bidang tersebut.

Uji Coba Soviet Sebelum Meluncurkan Yuri Gagarin

Sebelum meluncurkan Yuri Gagarin, Soviet melakukan uji coba dengan menerbangkan purwarupa wahana antariksa Vostok ke luar angkasa. Adalah boneka seukuran manusia dinamakan Iva Ivanovich dan seekor anjing bernama Zvedochka yang menjadi percobaannya. Setelah keberhasilan uji coba tersebut, Soviet memutuskan bahwa wahana antariksa Vostok layak digunakan untuk misi peluncuran manusia pertama ke luar angkasa.

Kandidat Kosmonot dari Angkatan Udara

Dari 200 pilot pesawat tempur Angkatan Udara yang menjadi kandidat kosmonot, terpilihkan Yuri Gagarin. Saat itu Yuri berusia 27 tahun dan berpangkat letnan. terpilih sebagai salah satu kandidat kosmonot. Pada 12 April 1961, pukul 09.07 waktu Moskow, wahana antariksa Vostok 1 diluncurkan dari pangkalan Soviet. 

Untuk berjaga-jaga seandainya mesin pesawat ruang angkasa tersebut rusak dan Yuri harus bertahan hidup di luar angkasa, disiapkan bekal untuk 10 hari. Selama 108 menit, Vostok 1 mengelilingi bumi satu kali, dan mencapai ketinggian maksimum 327 kilometer.

 
Wisata Taman Mataram Kebayoran Jakarta Ada Patung Kosmonot Yuri Gagarin
Kosmonot Yuri Gagarin (Foto: European Space Agency)

Mendarat di Bumi

Setelah mengelilingi bumi, Yuri berhasil masuk kembali ke atmosfer bumi. Ia berhasil mempertahankan kesadaran saat mengalami gaya tarik gravitasi hingga 8 kali lipat saat pesawat meluncur turun. Ternyata Vostok 1 tak memiliki mesin untuk memperlambat kecepatan dan tidak ada cara untuk mendarat dengan aman. Sekitar 7 kilometer dari permukaan tanah, Yuri melontarkan diri dari pesawat ruang angkasa dan menggunakan parasut untuk mendarat di bumi.

Menurut badan pengelola catatan kedirgantaraan FΓ©dΓ©ration AΓ©ronautique Internationale (FAI), agar misi tersebut dapat dihitung sebagai penerbangan luar angkasa resmi, pilot harus mendarat dengan pesawat luar angkasa yang dinaiki,. Namun para pemimpin Soviet melaporkan kepada FAI bahwa Yuri Gagarin mendarat di bumi dengan Vostok 1. 

Mereka baru membuka fakta bahwa Yuri melontarkan diri dari pesawat pada 1971. Terlepas dari itu, bagaimanapun Yuri Gagarin masih mencatatkan rekor sebagai orang pertama yang meninggalkan orbit bumi dan melakukan perjalanan ke luar angkasa.

 
Wisata Taman Mataram Kebayoran Jakarta Ada Patung Kosmonot Yuri Gagarin
Yuri Gagarin Pahlawan Uni Soviet (Foto: owlappsnet)

Mendapat Gelar Pahlawan

Yuri Gagarin menjadi kosmonot terkenal di seluruh dunia karena kesuksesannya. Ia dianugerahi penghargaan Order of Lenin dan diberi gelar Pahlawan Uni Soviet dan Pilot Kosmonot Uni Soviet. Di seluruh Uni Soviet, didirikan banyak monumen untuk menghormati pencapaiannya. Nama-nama jalan di sana juga ikut diubah menjadi namanya.

Setelah penerbangan itu, Yuri tak pernah pergi ke luar angkasa lagi. Meskipun demikian, Yuri masih tetap aktif melatih kosmonot lain. Ia melakukan beberapa tur ke negara lain setelah penerbangan bersejarahnya. Mulai tahun Yuri menjabat sebagai perwakilan di Dewan Tertinggi Soviet. 

Kepergian Yuri Gagarin untuk Selamanya

Yuri meninggal dunia pada 17 Maret 1968 bersama seorang pilot lain dalam kecelakaan pesawat jet. Waktu itu mereka sedang melakukan latihan penerbangan rutin. Jasadnya kemudian dikremasi dan abunya ditempatkan di tembok Kremlin. Setelah kematiannya, kota Gzhatsk tempat kelahirannya diubah namanya menjadi kota Gagarin, untuk mengabadikan prestasi sang kosmonot. 

Teman-teman, itulah sekilas kisah Yuri Gagarin, kosmonot Rusia sebagai manusia pertama yang berhasil pergi ke luar angkasa. Sekarang sudah tahu bukan, siapa dia? Kalau kalian masih penasaran dengan patung Yuri Gagarin, datang saja langsung ke Taman Mataram di Kebayoran πŸ˜€ 

 

Referensi Tulisan

http://jakarta-tourism.go.id/visit/blog/2019/12/taman-mataram

https://www.youtube.com/watch?v=CFyDVY_Ug4g

https://www.kompas.com/tren/read/2021/03/13/193000365/profil-yuri-gagarin-kosmonot-yang-patungnya-jadi-simbol-persahabatan?page=all

 

 


84 comments:

  1. Hahahhah...suaminya mbak nurul hobi ngabodor juga ya...yuri orang tasik...wkwkkw

    asyik nya bervespa berdua hihihi...mana tamannya indah banget lagi...aku syka koleksi bunga bunganya mba nurul, tampak warna warni

    makin banyak aja Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kawasan jaksel ya mba...turut senang biar jakarta ga terkenal dengan polusinya aja kan

    btw nama yuri gagarin apal dong aku ...sering muncul di soal ulangan pas sekolah hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi ingat dengan artis jepang Yoko Ono, katanya aslinya orang Jawa mbul, nama lengkapnya Yoko Ora Ono, cuma ia pindah karir ke Jepang dan namanya disingkat jadi Yoko Ono.πŸ˜†

      Delete
    2. @Agus warteg:
      sekarang ganti lagi loh namanya mas Agus,
      menjadi Yoko Ono-Ono Wae tinggalnya di Cirebon
      :D

      Delete
    3. Hai Mbuuuuul, iya RTH diperluin banget buat masyarakat dong, biar bisa hidup lebih sehat :) Taman yang indah, bersih dengan fasilitas yang cukup baik, menjadi idaman kita2 yach :D

      Delete
    4. Iya, Mas Agus :) Yoko Ora ono ayeuna mah, tos kabuuuurrr hahahaha :D

      Delete
    5. Hai, Penghuni 60, luchuuuk amat sih wkwkwkwkwkwk :D

      Delete
    6. Jadi, yang benar tinggal di Jepang apa Cirebon nih?

      Menurut info yang tidak tahu didapat dari mana, kematian Yuri Gagarin itu ada kontroversi karena ia kena kecelakaan dari pesawat militer yang bertabrakan dengan pesawat luar angkasa itu, cuma pemerintah uni Soviet menutupi nya.

      Ada kabar lain yang tidak valid, katanya anak Yuri Gagarin pindah keluar negeri karena takut dengan pemerintah uni Soviet. Ia pindah ke Indonesia dan mengubah nama menjadi Yurike Pastika.😱

      Delete
    7. Hahaha bisa aja Mas Agus 🀣🀣 Oooooh gitu, jadi ada cerita versi lain yang sampai sekarang mungkin belum diketahui gimana2nya bener atau ga ya hhmmm πŸ€”πŸ€” Ngabodor nih mas, Jadi Yurike 🀣🀣🀣🀣

      Delete
  2. Seru banget vespaan. Jalan jalan ke taman setelah itu 😍

    Seru banget ceritanya, apalagi soal si Yuri Gagarin. Sempet tersirat sejenak pemikiran kocak di kepala. Karena ada bahasa daerah dirumah yang bacaannya Gaggar yang artinya jatuh πŸ™ˆ

    Jadinya kepikiran

    Yuri Gagarin : Yuri dijatuh in

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya donk, pacaran naik Vespa kapan lagi hahaha :D Jadi kocak ya, ada arti yang lucu2 wkwkwkwk :D

      Delete
  3. Naik vepsa istimewa, hehehhehe
    Sempat-sempatnya mencari informasi Yuri Gagarin hahahahahhah. Keren mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iya mas, ga sengaja. Jadi ngegugel deh si Yuriiiiii wkwkwk mayan nambah wawasan sejarah kan :D

      Delete
  4. Sudah lama tidak berkunjung ke blog family yang inspiratif ini. Kali ini membahas travelling ke taman Mataram, Jakarta. Sepertinya ini taman baru ya. Lengkap, asri, dan penuh historis juga. Tetap konsisten menulis bu... Berkah dan sehat selalu sekeluarga. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa kabar, Mas Vicky? Iya, terima kasih atas doanya, semoga sehat2 juga ya aamiin. Kuy, kapan2 mampir ke Taman Mataram ini, lihat patung Yuri Gagarin hehehe :)

      Delete
  5. keren liputannya mba nurul ...
    sekai lagi mupeng sama vespanya ha3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Mbak Dewiiiiii, makasiiiiiiih udah mampir yach. Yuk, aku bonceng (dalam mimpi tapi yach hahaha ) :D

      Delete
  6. Oh ternyata patung Yuri Gagarin itu ditempatkan di taman Mataram untuk memperingati 70 tahun persahabatan Indonesia dan Rusia ya mbak.

    Jadi pengin ke taman Mataram juga lihat bunga bunganya, cuma sayangnya jauh di Kebayoran baru Jakarta Selatan.

    Dulu aku waktu sekolah juga ingat Yuri Gagarin sebagai manusia pertama yang keluar angkasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuuuuuul sekali, Mas Agus hehehe :) Kalau naik motor menuju taman ini, lebih cepat ga pake macet, yang penting pagi2 deh :)

      Delete
    2. Iya, kalo lewat jam 3 pagi mah ngga macet ya mbak.πŸ˜†

      Delete
    3. Hihihi benerrrrrrr πŸ˜‚

      Delete
  7. wah, keren tuh Yuri Gagarin... inspirator

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang jenius, menginspirasi kita biar jadi orang pinterrrrr :D

      Delete
  8. Wah asik nih jalan² berdua Kak. Tanpa plan tan persiapan. Langsung mampir aja. Hehehe. Salam saya Kang Yuri nya Kak. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaag, asyik dong :D IYa, ntar disalamin wkwkwkwk. Makasih udah mampir ya :)

      Delete
  9. wah jakarata sih sdh banyak taman . Di Cirebon alun2 saja gak boleh dibuat taman , banyak yang protes takutnya dipakai mesum. saat pak Ridwan jadi gubernur , alun2 direnovasi jd taman dengan arsitekturnya pak Ridwan sendiri. malah yg senenng banyak.aku malah belum kesempatan lihat ke sana karena aagk jauh dari rumahku. Nah, setelah alun2, alun2 kesepuhan dan kebumen bakal di renovasi juga. wah aku bakal senang kalau di cirebon jadi banyak taman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bun. Taman2 di Jakarta udah makin banyak. Buat keluarga bersantai, olahraga dll asyik loh. Enaknya pagi2 jadi masih terasa segar udaranya.

      Delete
  10. Aku ga pernah ke taman ini :D. Masih blm kebayang juga sih lokasinya, maklum mba, jrg main ke Jaksel :D.

    Tapi JD tau ih sejarahnya Yuri Gagarin. Tragis juga yaaa meninggalnya Krn kecelakaan pesawat :(. Padahal usianya msh bisa dibilang muda.

    Kdg aku ngebayangin apa rasanya yaaa bisa ke luar angkasa :D. Kepengen banget sih mba. Denger2 udh dibuka penerbangan komersial k luar angkasa kan yaa di Amerika. Tp biayanya memang yahuuud hahahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan2 kalau lagi lewatin area Jaksel, mampir sini, mbak Fanny hehehe :) IYa, ada tuh kan ke luar angkasa biayanya 1 M lebih per orang, beberapa tahun lalu. Ga tau kalo sekarang jadi berapa :D Iya, masih muda banget Yuri meninggalnya :(

      Delete
  11. wkwkwkw orang tasik aku ngakak pas bagian itu
    tapi ini tokoh emang penting pas perang bintang sama amrik

    di Jaksel banyak taman bagus2
    aku pernah ke taman di sekitar Bangka (aku lupa namanya) bagus banget
    tertawat dan sejuk padahal di Jakarta
    sayang lagi corona
    kutakut ke jakarta mbak huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwkwk :D Iya mas, di Jakarta udah banyak banget taman2 indah, wisata edukasi keluarga. Mayan kan gratis, bisa buat santai dan olahraga deh. Ntar aka jelar corona main2 ke taman yach :D

      Delete
  12. Asri banget pemandangan tamannya. Asiknya di tulisan ini juga ngasih sejarah tentang Yuri Gagarin. Waktu kecil, payahnya, kupikir Yuri Gagarin ini perempuan lho dulu, terus namanya agak jepang jepang gitu. Hahaha. Tapi pernah nemu info di perpustakaan kalo ternyata doi laki laki sih.

    Jadi penasaran sama taman mataram deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa sih namanya sekilas kayak nama Jepang atau nama perempuan hihihihi :D Sip2 kapan2 mampir ke Taman Mataram ya mbak :)

      Delete
  13. Taman Mataram ya Mbaa
    Ashiappp kalo nanti suatu saat daku ke JKT, mo ngajak anak dan ponakan k sini ahh
    seru banget nih, bisa sambil memelajari figur Yuri Gagarin yg org Tasik, ehhh... org Rusia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya :) HIyaaaaa hahaha oke2, bawa rombongan maen ke sini yach.

      Delete
  14. Wakakakkakkaa... Kang Yuri dari Tasik mah itu temen media bandung news atulah, bukan tuknag payung Kang Rahmaad!!
    Bisaan pisan ngabodornya yaa.
    Btw, enak banget itu ngebayangin pepesvaan bdua, duh berasa jalanan milimbdua, apalagi berhenti di taman, bak pasangan muda yang lagi memadu kasih euy, so sweet.

    Tapi salut banget sama Yuri Gagarin ini, layak dinobatkan jadi pahlawan dengan keberhasilannya yaa, dan terkenal di seluruh dunia. Next, nanti mampir taman kang Yuri ahh, tunggu akuuu!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahahahaha :D Sekali2 romantis atuh hahaha kan jarang berduaan gini :D Asiaaappp. sikon aman, mbak Nurul langsung aerobic dan sepedaan di Taman Mataram yach hihihihi :)

      Delete
  15. Lah baru tau ada patung Yuri Gagarin ditaro sini!
    Agak awkward sih ya, kenapa gak patung BJ Habibie aja sih ya? *protes mulu netijen*

    But yang mengagumkan itu bukan liat patungnya - seriously, tapi.... keputusan NAIK VESPANYA itu loooh!

    AKu kalo diingetin naik vespa kapok, yang vespa jaman dulu punyaku PX 150 - itu bikin pantat melebar tak terkendali hihihi... pas turun jalannya rada ngegang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan protes eaaaaa :D Hahah bisa aja mbak Tanti. Makanya ada rehatnya kalo naik vespa mah. Misalnya berhenti di taman ini, ntar lanjut lagi wkwkwkwk :D

      Delete
  16. Aku mah kok lebih suka lihat cemistry Bunda ama suaminya ya 😍 hihihi. MasyAllah romantisnta ikh suka jalan jalan berdua. Pake vespa lagi. Ahhhh Dilan aja kalah ama keromantisan bunda ama suaminya. MasyAllah. Sehat sehat ya buat Bunda sekeluarga 😍. Aku juga pengen sampai tua nanti romantisan juga kayak bunda ama suaminya hihihi πŸ˜‚. Ngomong ngomong kok aku galfok ya. Fokusnya ama bunda ama suami bukan ama cerita tamannya hahaha πŸ˜‚. Maafkan ya. Soalnya buat aku yang pling berkesan di hati aku melihat keromantisannya yang kelak jadi pelajaran berharga buat aku 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh yaaa? Thanks mbak Yeni hihihihi :) Aamiin. Doa yang sama buat mbak sekeluarga ya. Aku jarang pergi berduaan suami, biasanya ber4 sama anak2. Karena motor Vespa hanya cukup berdua jadinya begini deh hahahaha :D

      Delete
  17. Berasa sedang baca biografi di wikipedia hahahaha
    Informatif sekali mbak tentang Yuri nya. Jadi tahu siapa dia. Entah ya aku lupa, pernah tahu apa enggak sama beliau ini. Antara pernah baca, tapi lupa. Ya udahlah anggap aja baru tahu dari tulisan ini :))

    Itulah enaknya jalan berdua motoran, liat yang bagus dikit jadi mudah singgah. Kayak aku sama suamiku, kalau cuma muter-muter dalam BSD, kami motoran. Liat Taman Kota lagi sepi, jadi mampir. Lewat warung bakso langganan, langsung singgah dan makan-makan. Liat toko bunga langsung stop, jadi beli tanaman haha. Kalau pakai mobil biasanya nggak bisa sembarang berhenti, mesti cari tempat yang aman buat minggir dan parkir.

    Btw mbak Nurul kok bisa ya jalan jauh dari Melawai sampai ANcol?? Ini mah couple rider yah! Kalian hebat. Mana pakai vespa pula. Amboiii...pengendaranya klasik, kendaraannya juga klasik :))


    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah dibongkar pasang kalimat2nya nih hahahah biar kayak bahasa sendiri, mbak Rien :) Iya, ga sengaja deh malah aku jadi bikin cerita Yuri hehehe :) Betul, jalan2 naik motor itu berasa di Bali eaaaa..bisa jajan, parkirnya lebih praktis dibandingkan bawa mobil :D Hihihihi...besok2 mau lebih jauh mainnya.

      Delete
  18. Asyik banget nih pagi-pagi berduaan naik vespa nyari sarapan dan melipir ke taman ehehehe
    Gak direncanakan tapi akhirnya nemu tempat keren buat nongkrong dan foto-foto
    Tamannya juga keren dan tertata rapi yaaah jadi tahu juga sejarah Kosmonot Yuri Gagarin deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi mbak. Jadi katagihan ngukur jalan naik Vespa hahaha...jajan, jalan2 berduaan, jarang terjadi 😁😁

      Delete
  19. Mba Nurul seru banget siiih pacalan day-nya seseruan naik vespa ma suami ih...NGiri hahahaha...
    dulu waktu masih tinggal di rumah mertua. rumah lama yg sekarang dah dijual hehehe, aku suka jalan2 di sekitaran Jaksel dan nyari taman2 kayak gini nih buat pacaran sm suami. anak bs dititipin di rumah soale hahaha....apalagi sekarang taman2 kota makin keren yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha mumpung dapet momennya, mbaaaak πŸ˜‚πŸ˜ Anak2 udah abg, aku dan suami kepengen jalan2 berduaan gini wkwkwkw.

      Delete
  20. Kerja sama antara Indonesia & Rusia semoga memberi kontribusi bagi kedua belah pihak ya,termasuk rakyatnya juga. Adanya patung Yuri Gagarin dan cerita ttg sejarah kosmonot ini tentu menambah pengetahuan bagi masyarakat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya allah kerjasama kedua negara bisa memberikan banyak manfaat ya 😊

      Delete
  21. Amazing! I know nothing about traveling all over the country, what a wonderful looking place to explore.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks 😊 You should visit this place and enjoy the atmosfer πŸ˜€

      Delete
  22. waaah ini yang ada patung Yuri Gagarin yaaa... peresmiannya oleh Wakil Menlu juga tuh mba. Aku belum sempet mampir ke sini. Hopefully soon.. asyik kayaknya menyusuri taman hijau seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Indah :D Adem di sini. Lebih enak lagi duduk2 sambil mamam semangkok bkaso ya hahaha :D

      Delete
  23. Sosok Yuri juga inspiratif nih. Jadinya masyarakat gak hanya menikmati tamannya. Tetapi, juga bisa lebih mengenal tokoh ini. Asiknya naik vespa berdua :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali. AKu aja akhirnya tau2 jadi browsing tentang Yuri Gagarin :)

      Delete
  24. Duuh.. Yg asik jalan berdua. Bikin ngiler pengen jalan juga nih.

    Sempet bingung td kenapa ada patung Yuri. Maklum kan disini patungnya org lokal semua. Haha..Oh ternyata...😍 Tp baca ulasan ttg Yuri disini jadi nambah banyak insight baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa iya mbak, jarang berduaan gini 🀣🀣 Benerrrrz jadi tau deh sekilas cerita Yuri hehee...

      Delete
  25. Keindahan taman yuri memang mempesona yang akan membuat bisa berwisata murah meriah sekaligus sirkluasi udara kota yang penuh dengan polusi

    ReplyDelete
  26. Jalan-jalan berdua bisa jadi inspiratif nih kehangatan dan keharmonisan tetap tercipta 😍 hihi. Apalagi jalan-jalannya menambah wawasan perjalanan hidup yuri gagarin yang dunia telah mengenal prestasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, iyaks hahaha ada plusnya ya jalan2 dapet, nambah wawasan sejarah juga πŸ˜€

      Delete
  27. Mba Nurul inspiratif sekali. Mencari info banyak sekali dengan patung yang dtemui πŸ˜ƒ. Keren mba. Aku belum pernah berkurang jung langsung. Ingin juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehee sekalian pas jalan sih, mbak πŸ˜€πŸ˜€

      Delete
  28. Senangnya sekarang rekreasi ke taman bisa sekalian menambah wawasan ya, seperti keberadaan patung Yuri Gagarin di Taman Mataram Jakarta ini. Terma kasih sudah membagikan kisah Yuri Gagarin dan keindahan tamannya, mbak urul
    saya baru tahu cerita lengkapnya, diantaranya rahasia kalau dia melontarkan diri dari pesawat dan bukan mendarat. Apapun kisahnya menginspirasi dunia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbak Dian πŸ˜€πŸ˜€ Aku pun dadakan tau taman ini. Abis itu di rumah searching deh soal Yuri, kepo soalnya. Sayang kalau ga dibagikan kisahnya 😊

      Delete
  29. Wah baru ngeh kalau ada taman Mataram yang asri dan terawat dengan baik. Dilengkapi pula dengan patung Om Yuri yang pennah sampai ke Bulan. kapan kapan main ke sana, eksplore taman seperti Bu Nurul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Pak Eko. Foto2an di sini juga bisa ya hehehe, relaksasi sejenak πŸ˜€

      Delete
  30. Ya ampun udah hampir 2 tahun berarti aku ga ke daerah Melawai, ternyata di sana ada patung kosmonot Yuri Gargarin ya. Mbak Nurul asyik nih pacaran berdua naik vespa hihihi, si Aa nya juga lucu bilang Yuri dari Tasik, jadi ahli bikin kelom geulis dong
    Asyik juga ya jalan-jalan ke Taman Mataram apalagi kalau pagi-pagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iya mbak. Refreshing sebentar lah. Kayak burung dalam sangkar soalnya hahah 🀣🀣

      Delete
  31. Bagi warga jakarta, jalan jalan ke taman seperti ini jadi rileksasi tersendiri ya mbak
    biar nggak ngemall terus
    anak anak pasti suka jalan jalan ke taman, apalagi bisa sekalian belajar sejarah kosmonot Rusia, Yuri Gagarin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sambil olahraga ringan, nambah wawasan sejarah kan bagus πŸ˜€

      Delete
  32. Allhamdulillah plesiran bawa oleh-oleh sejarah nih Mbak Nurul keren
    aku belom penrah main ke taman ini, kalau pandemi usai boleh lah main ke mari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip mbak Nyi. Kelar pandemi bisa mampir ke Taman Mataram ya πŸ˜€

      Delete
  33. Wah aku baru tahu tentang Yuri Gagarin mbak, cakep juga yaa.. hahaha..
    Btw Vostok 1 itu pas mendarat walau gak aman tetep normal gak remuk ya berarti? Trus kenapa Yuri harus melontarkan diri ya?

    Apa karena guncangannya banget2 ya saat pendaratan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah iya ganteng loh Yuri ini πŸ˜€πŸ˜€ Masih menjadi misteri mungkin ceritanya kayak apa hehehe

      Delete
  34. Padahal aku lama d Jakarta mba tapi Blum pernah main nih k taman mataram,,, sekarang Jakarta tambah bagus Ada taman buat main dn sbg resapan juga.. gk nyangka klo patung itu seorang astronot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu ditilik2, dibaca info di bawah patung biar ngeh dia adalah Yuri Gagarin hehehe.

      Delete
  35. Latihan fisik dan mental seperti apa yang dilakukan Abang Yuri Gagarin yaa...bisa sekuat itu melewati tantangan mengarungi luar angkasa yang sebelumnya tidak terbayangkan.
    Dan kini asiknya sejarah bisa dinikmati dengan suasana menyenangkan di Taman Mataram Jakarta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita makin penasaran sama ceritanya ya mbak πŸ˜€πŸ˜€ Keren banget Yuri ini.

      Delete
  36. Wihh masih setia dengan vespanya nih... Jalan-jalan ke taman emang nyenengin ya kak.. meski gak jauh..Apalagi yang ada nilai sejarahnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya mbak. Mumpung diajakin ngukur jalan naik Vespa 🀣🀣

      Delete
  37. Jaman dulu memang persaingan Soviet dan Amerika memang terjadi di segala bidang. Sampai ke persaingan mengirimkan astonotnya ke luar angkasa juga ya. Jadi ingat pelajaran SD, pertama kali tau tentang si Yuri Gagarin ini. Ternyata ada ya patungnya di Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ga nyangka ya ada patung Yuri di Taman Mataram ini loh 😁

      Delete
  38. Sekarang kan sedang PPKM, Taman Mataram ini apa masih dibuka untuk umum ya mba?
    Soalnya sekarang banyak taman yang ditutup.
    Padahal kangen main di taman sejuk gini sambil lihat payung Pak Yuri bukan jubirnya pak Terawan kan πŸ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau juga ya. Aku ke taman ini kan 29 Mei 😁

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.