Monday, July 20, 2020

# culinary # recipe

Resep Ikan Fillet Tilapia Goreng Saus Cabai Hijau Nanas

Apa kabar, teman-teman? Doyan makan ikan? 😊 Wah, aku dan anak-anak gemar menyantap ikan sejak lahir karena dibiasakan oleh orangtua. Mari ajak keluarga untuk menerapkan pola hidup sehat dan sering mengonsumsi ikan supaya tubuh kita terhindar dari segala penyakit. Kali ini aku mau berbagi resep membuat Fillet Tilapia Regal Springs yang menyehatkan karena mengandung asam lemak omega 3 dan berbagai nutrisi lainnya. 


resep ikan fillet tilapia regal springs nurul sufitri travel lifestyle blogger culinary


Saat ini kita sedang dihadapkan berbagai situasi dan kondisi yang kurang nyaman karena kehadiran virus corona. Covid-19 dapat dicegah dengan meningkatkan daya tahan tubuh kita. Jangan lupa disiplin dengan tetap menerapkan protokol kesehatan jika kita memang diharuskan bepergian. 

Kenapa Pilih Ikan Tilapia? 

Anak-anakku, teteh Rafa dan ayang Fakhri suka sekali makan ikan, terutama yang bentuknya fillet. Selain enak rasanya, cara masaknya pun praktis. Berbagai manfaat dari ikan tilapia bagi kesehatan sudah aku jelaskan di judul sebelumnya ya. Tekstur ikannya pun empuk dan lembut, sudah ga ada tulang ikannya jadi sangat aman dikonsumsi siapa aja 😃

Memasak dengan ikan fillet membuat semuanya terasa lebih menyenangkan. Aku ga perlu repot bangun lebih pagi untuk membersihkan ikan. Apalagi kini anak-anak bersekolah secara online dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Sebelum pukul 06.30 sarapan sudah siap terhidangkan dengan baik dan lezat supaya keluarga makin berseleran makannya. Untuk makan siang maupun malam oke juga lho makan ikan 😄

Masak Ikan Tilapia Lezat dan Praktis 

Ikan tilapia dikemas dalam keadaan yang segar dan diproses menggunakan teknologi terbaik. Ada Protection Glazing sebesar 6-8% pada ikan Tilapia Regal Springs untuk melindungi ikan dari kerusakan selama proses pembekuan. Hal tersebut bukan untuk menambah berat ikan. Kandungan air yang ada pada fillet tilapia ga tinggi. 

Pakan ikan Regal Springs Tilapia berbahan dasar tumbuhan dengan pilihan terbaik. Tilapia dibudidayakan di lingkungan yang baik sehingga menjadi ikan yang berkualitas, bergizi tinggi sehingga ga jatuh mengendap bersama lumpur. Nah, ini yang bikin ikan Tilapia Regal Springs ga bau tanah sehingga lebih segar dan nikmat untuk dikonsumsi! 

Untuk memastikan antibodi di tubuh kita terbentuk secara baik, kita harus memastikan protein kita tercukupi. Dan dengan mengonsumsi Fillet Naturally Better Tilapia Regal Springs yang kaya akan protein, kebutuhan protein keluarga pasti tercukupi. 

Kita biasa menyimpan ikan di dalam kulkas. Kalau mau ikan lebih awet, kita bisa taruh ikan yang sudah dibersihkan di wadah tertutup dan simpan di freezer kulkas. Dijamin dengan cara ini kualitas ikan akan tetap baik dan bertahan lebih lama. 

Oh ya, Regal Springs Naturally Better Tilapia berkomitmen untuk membuat produk olahan ikan yang minim sampah. Semua bagian ikan yang ga terpakai akan diolah menjadi produk lain yang tentunya juga memiliki manfaat. Seperti sisik ikan tilapia yang diolah menjadi suplemen kalsium dan kolagen. 

Simak bersama resep ikan tilapia ala aku ya, teman-teman! 


resep ikan fillet tilapia regal springs nurul sufitri travel lifestyle blogger culinary
Fillet Tilapia Krispi Cabai
 
"Papah, sini deh. mamah bisa masak enak lho! Unik banget namanya ikan tilapia. Besok-besok mau dong dibikinin kayak gini lagi", kata Fakhri kegirangan. Teteh Rafa sih kalem, senyum-senyum aja dia. Tandanya suka, makannya pun kelar sempurna hahaha 😂

Aku beli ikan tilapia di Prima Fresh Mart ga jauh dari tempat tinggal. Maunya sih yang 200 gram tapi kadang belum tersedia lagi. Alhamdulillaah ada fillet tilapia 500 gram, mana lagi diskon 10% dari harga 65K jadi 58,5K wuiiiih…Isinya 4 slices lho. Oh ya, ikan ini juga enak dipepes ala masakan sunda.

Resep Fillet Tilapia Goreng Saus Cabai Hijau Nanas 


resep ikan fillet tilapia regal springs nurul sufitri travel lifestyle blogger culinary
Fillet Tilapia Krispi
 

Bahan-bahan Fillet Tilapia Goreng

  • Fillet Tilapia 
  • Tepung bumbu serbaguna 1 bungkus 
  • Air matang 
  • Minyak goreng secukupnya 
  • Garam secukupnya 
  • Bawang bombay 1 siung besar 
  • Cabai hijau besar 6-10 buah 
  • Cabai rawit orens 10 buah 
  • Nanas madu (potong kecil) 
  • Daun bawang 

resep ikan fillet tilapia regal springs nurul sufitri travel lifestyle blogger culinary
Ikan Tilapia

resep ikan fillet tilapia regal springs nurul sufitri travel lifestyle blogger culinary
Fillet Tilapia Regal Springs
 

Cara Membuat Fillet Tilapia Goreng Tepung

  • Siapkan tepung basah 6 sdm tepung serbaguna ditambah sedikit air, aduk hingga kental. 
  • Siapkan 10 sdm tepung kering 
  • Masukkan satu per satu Fillet Tilapia ke dalam tepung basah secara merata kemudian ke tepung kering.
  • Panaskan minyak. Pastikan minyak yang digunakan untuk menggoreng sudah panas ya, supaya ikan tidak lengket dan hancur. 
  • Goreng ikan dengan api kecil sedang hingga berwarna kuning keemasan. 

Cara Membuat Sausnya

  • Panaskan minyak goreng. 
  • Masukkan irisan bawang bombay, aduk hingga harum. 
  • Masukkan cabai hijau, cabai rawit orens yang telah dipotong/iris kecil. 
  • Tambahkan garam, potongan nanas madu, aduk hingga nanas agak layu kemudjan angkat. 
  • Sajikan Fillet Tilapia di atas piring lebar lalu siram dengan sausnya. Bisa juga disiapkan terpisah menggunakan mangkok kecil sesuai selera. Santap selagi panas/hangat. 

resep ikan fillet tilapia regal springs nurul sufitri travel lifestyle blogger culinary
Banah-bahan Resep Ikan Tilapia Goreng Saus Cabai Hijau Nanas ala Nurul Sufitri
 
Yuk, kita cukupi kebutuhan omega 3 dan kandungan gizi lainnya untuk keluarga tercinta! Mengonsumsi Fillet Naturally Better Tilapia Regal Springs secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita 😃 😃



60 comments:

  1. Alhamdulillah, bsa di recook ni resep istimewanya... Yang krispi ginian enak banget, apalagi dicocol ke saus nanas cabe ijonya, makin mantap, dan bergizi tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan mbak. Met masak ya :) Tentu dong nyam3x!

      Delete
  2. Kukira awalnya Tilapea itu nama brandnya, ternyata ada nama ikan namanya Tilapia ya hehe. Rasa2nya pernah liat di tukang ikan tapi aku tak tau namanya :D
    Kalau udah ada sesiaan fillet kek gini enak kita tinggal mengolahnya jd apa aja dengan praktis dan cepat ya mbak. tengkyu resepnyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, awalnya aku juga ga tau dulu hihihihih :D Iya, makin rajin masak ikan deh kalau udah bentuk fillet gini ya mbak.

      Delete
  3. Nah aku suka ikan di goreng ato dibakar. Tapi anakku sukanya yang fillet karena ga mau ribet makan ada durinya. Huhuuu menggoda banget itu Fillet crispy cabainya menggoda.
    Itu tampilannya meni cantik banget, higienis pulaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ada variasi nanasnya supaya lebih segar dan cabai buat menyeimbangkan rasa pedasnya hehehe :D

      Delete
  4. Ikan Fillet Tilapia Goreng Saus Cabai Hijau Nanas .. wwah dari namanya saja sudah enak. Masak fillet yang tinggal diolah, dengan resep ini pastinya enak.

    ReplyDelete
  5. Aku ya selama ini beli ikan lebih milih yang filet gini karena mau cari yang gampang masaknya, hihihihi... Pengen nyobain resepmu ah mbak, belanja ikan dulu besok karena kemarin nyetoknya ayam dan daging sapi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya apalagi zaman PJJ nih sarapan anak2 kudu ready ya biar belajarnya makin semangat :D

      Delete
  6. Kayaknya gampang banget
    Sepertinya saya juga bisa nih 😄
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2. Kirimin aku kalo udah jadi ya hehehe :D

      Delete
  7. Ngiler Mba, saya belum pernah makan fillet ikan tilapia nih.. sepertinya enak dan emang praktis buat menemani anak PJJ ya

    ReplyDelete
  8. Saya baru tau kalau tilapia itu ikan nila. Sering masak kalau ikan ini. Tetapi, memang belum pernah difillet. Kalau fillet lebih nikmat disantapnya, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, fillet tilapia gampang masaknya ga pake lama.

      Delete
  9. Biasanya sih mengolah ikan cuma digoreng kering aja, beli ikan pun hanya yang tersedia di mang sayur aja. Sepertinya belum pernah ketemu ikan tilapia nih di mang sayur hehe. Kayaknya enak banget dibikin fillet dan goreng tepung seperti itu yah, jadi pengen nyoba deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tukang sayur memang belum ada, biasanya di supermarket atau Prima Fresh Mart hehehe, met masak ya.

      Delete
  10. Aku baru tau nih tentang ikan tilapia. Namanya unik, kalo liat di fotonya ini agak mirip dengan ikan mujair/nila ya bentuknya.
    Masak ikan fillet memang lebih praktis, makannya juga enak, udah gak ada durinya.
    Pengin deh recook resepnya ini, tapi cari ikan tilapia di kotaku di mana ya? Harus cari dulu yang jual ikannya nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mudah banget masaknya pokoknya endeuuus pisan deh. Di supermarket aja atau toko2 frozen fish gitu mbak.

      Delete
  11. Wahh cleguk2 liat foto ikan krispi cabai itu, aku jadi dapat inspirasi juga buat mengolah ikan tilapia. Makasih ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak nih, beneran deh. Sama2. Selamat mencoba ya.

      Delete
  12. Aku kok baru denger nama ikan tilapia ya..hehe..kalo lihat dari bentuknya mirip ikan Nila ya. Tapi emang bener kok fillet ikan itu lebih fleksibel mau dimasak apa aja, dan nggak repot milihin durinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang nila. Lebih modern kemasannya dan difillet gini biar praktis masak ikan :)

      Delete
  13. Aku suka bikin ikan tilapia goreng tepung. Anakku suka banget, sekali makan bisa sampe 4-5 potong 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa enak banget ya krispi gitu pakai saus pedas makin yummy deh tilapianya.

      Delete
  14. Duh duh makan ikan tuh kesukaanku banget, apalagi sudah berbentuk filet jadi mengolahnya lebih praktis...mau cari ah di supermarket...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss! Jangan lupa kirim ya kalau udah jadi hehehe :D

      Delete
  15. Kalau fillet emang nyaman dan aman banget terutama buat anak-anak karena bebas duri. Makannya pun tinggal lep aja nggak perlu pilih-pilih. Btw jadi pengen nyoba ah resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, makanya tilapia model fillet jadi favorit aku dan anak2.

      Delete
  16. Aku baru tahu lho ikan tilapia ini :)
    Jadi pengen coba resep fillet tilapianya, kebetulan anak-anakku juga suka makan ikan terutama yang sudah difillet karena nggak ada durinya lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk coba bikin mbak. Tinggal divariasikan aja resepnya, jadi deh.

      Delete
  17. proteinnya kece ya mak. aku ga pinter masak ikan pasti ada bau amisnya entah ga tau kenapa apa ada yang kurang ya. jadi males kalau ayam nggak bau malah
    tapi menu sehat gizi seimbang ini ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak :) Bener, kita mesti memerhatikan makanan dengan gizi seimbang terutama peralatan masak dan makannya :D

      Delete
  18. Nah,kalau udah fillet gini enak dah ngolahnya. Aku paling sebel kalau ngolah ikan tuh karena durinya. Wah dimasak pepes enak nih. jadi laper

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, makin semangat aja makannya ya eh masaknya wkwkwkwk :D

      Delete
  19. Bentuknya mirip ikan gurami ya mba. Aku penasaran mau beli ikan Tilapea juga buat stok di rumah. Soalnya kami doyan banget makan ikan.

    ReplyDelete
  20. Waah sepertimya lezaaaat sekali . Aku malah baru tau ada ikan namanya Ikan Tilapia. Hhmm..enak ya filletnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinyaaaa lezat bangeed dong :) Apalagi seger2 ada nanasnya.

      Delete
  21. Wah.. Ternyata ikan talapia ini ikan nila ya. Kebayang deh enaknya kalau di fillet. Biasanya kan cm dipanggang n digoreng biasa aja. Hmm. Jd pengen beli

    ReplyDelete
  22. Wihii jadi menggirukan mba.. cabe hijau plus nanas.. perpaduan yg bikin perut langsung meronta ini... ups tapi jgn sampe kedengaran chef gordon ramzy ya... hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi hihihihih yuk kapan2 kita masak bareng bikin tilapia nanas pedas.

      Delete
  23. duuu lagi laper lihat ini makin laper haha, btw ijin save resepnya ya, pengen nyoba dirumah :)

    ReplyDelete
  24. duh enaknya, sayang nih kalau masak ikan, hrs masak yang lain krn suami gak suka ikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh sama dong hihihih suamiku juga ga doyan ikan. Kalau aku dan anak2 suka.

      Delete
  25. Pengen coba nih fillet tilapia...
    Saya juga kalau ngolah fillet ikan, seringnya digoreng crispy, tapi polos aja... Coba ah ditambah saus cabai dan nenas kaya gini, pasti seger ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuuuzz lah ke supermarket mborong banyak tilapianya. Iya, dimodifikasi macam2 enak loh hehehe.

      Delete
  26. Baru tau lhooo ada ikan namanya Tilapia ini. Praktis ya kalau kita belinya udah dalam bentuk fillet. Langsung siap dimasak sesuai menu favorit keluarga. Boleh donk nyontek resep di atas ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, praktis banget.IYa, masaknya jadi cepet, ga rempong hehehe. Selamat mencoba masak tilapia.

      Delete
  27. Lucu ya mbak, namanya tilapia..memang paling enak masak ikan tu yang sudah bersih seperti ini. Nggak capek dan bisa cepet, dan aman buat anak-anak. Saya juga kalau masak fillet ikan paling suka digoreng tepung. Gampang dan enak, semua suka. Kalau tilapia ini di Jogja sudah ada blm ya? Penasaran pengen nyoba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hihihihih :D Memang bener deh ikan tilapia fillet itu udah praktis buat dimasak apa aja pasti enak :D Gampang juga kan bisa buar sarapan, makan siang maupun malam.

      Delete
  28. Mantab bun, mau tanya juga, kalo semisal jenis ikannya diganti menggunakan ikan jenis lain apa bakalan nggak cocok atau ngga masalah buat dikombinasikan sama jenis ikan lain? Soalnya di desa susah cari jenis ikan kayak gitu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh2 aja mbak, bebas mau jenis ikan apa aja bisa dikombinasikan kok :)

      Delete
  29. Jadi pengen masak pakai Ikan tilapia. Praktiis ya fillet begitu udah ga ada durinya. Tapi kalo Aku yang masak, bakalan enak gak ya wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini aku masakin hahahha 😂 Pasti lezat doooonk buatan mbak Leyla...kiriiim yaaa.

      Delete
  30. Wah sehat banget ya diproses dengan teknologi tinggi dan ga ada sisa yg kebuang. Jadi mau coba deh.

    ReplyDelete
  31. Aku pertamakali makan ikan tilapia pas ke fish and co mba :D. Staffnya nawarin aku apa mau nyobain menu mereka yg pake ikan tilapia. Wkt aku tanya bedanya apa ikan biasa, yg ini dagingnya LBH padat. Ternyata enaaaaak pas dicoba. Justru Krn padat jd LBH kenyang dan ada tekstur. Aku malah ga suka ikan yg terlalu lembek.

    Walopun kampung ku daerah pesisir, tp aku ga terlalu doyan ikan. Mungkin Krn amisnya yaaaa. Tp ada beberapa ikan yg aku suka, yg durinya ga terlalu susah dipisahin. Dan yg terpenting pas dimasak ga terlalu amis :D.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.