Sunday, November 15, 2020

# info & tips # traveling & culinary

5 Negara yang Sudah Dapat Dikunjungi, Ada Maldives Juga Lho!

Pandemi corona membuat banyak negara menutup akses wilayahnya. Kini setelah semuanya berangsur-angsur membaik dan mulai ditemukan vaksin COVID-19 (meski dalam tahap pengujian), tak sedikit negara di dunia yang memutuskan untuk membuka kembali akses pariwisatanya. Tentunya ini menjadi angin segar bagi orang-orang yang sudah tak sabar lagi untuk bisa traveling ke luar negeri, termasuk aku 😃

 

Bagi teman-teman yang ingin traveling ke luar negeri, berikut ini akan diberikan list negara yang sudah dapat dikunjungi. Siapkan perbekalan kalian jauh-jauh hari ya, karena bepergian di era pandemi memang memberikan sensasi yang berbeda. Ingat, tetap terapkan Protokol Kesehatan (Prokes) dan 3 M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun di air mengalir).  


Lima Negara yang Sudah Dapat Dikunjungi Ada Maldives Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog

 

Mengenai tiketnya, kalian bisa langsung mengeceknya di Traveloka. Siapa tahu sedang ada potongan harga. Buat mama hemat seperti aku dan kalian juga, pasti mau dong kalau bisa mendapatkan tiket promo. Apalagi setelah lama bersarang di rumah aja, pastinya kita kangen bersenang-senang untuk relaksasi tubuh dan pikiran 😄

 

Lima Negara yang Sudah Dapat Dikunjungi Wisatawan Asing

Mari kita simak bersama negara mana saja yang mulai terbuka untuk kita jadikan salah satu destinasi wisata. Aku hanya menyebut lima negara saja ya teman-teman. Masih banyak negara lain yang sudah terbuka juga untuk didatangi 😀

 

1. Mesir 

Mesir merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki banyak sekali daya tarik di dalamnya. Alhamdulillah, per 1 September 2020 ini pemerintahan negeri piramida ini sudah mengizinkan kembali orang-orang untuk berwisata. Tentu ada beberapa syarat yang diperlukan dan harus dipenuhi dengan baik supaya kita bisa pelesiran kembali. 

 

Lima Negara yang Sudah Dapat Dikunjungi Ada Maldives Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Mesir (liputan6.com)
 

Pertama adalah bukti tes negatif PCR yang diambil dalam kurun waktu 72 jam. Kedua yakni kepemilikan asuransi kesehatan. PCR atau polymerase chain reaction merupaka pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus. Saat ini, PCR juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit COVID-19, yaitu dengan mendeteksi material genetik virus Corona. 

 

Namun tenang saja, buah hati yang ikut kita jalan-jalan tak perlu membawa bukti tes negatif PCR. Dengan catatan peraturan ini khusus bagi si anak yang berusia enam tahun ke bawah ya. Untuk aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Mesir juga sudah banyak. Turis mancanegara sudah bisa jelajah piramida, museum-museum hingga naik kapal pesiar yang melewati Sungai Nil. 

 

2. Albania 

Albania juga termasuk negara yang telah terbuka untuk umum sejak tanggal 1 Juli 2020. Semua negara dipersilakan untuk datang. Tidak ada syarat apapun, hanya pengecekan suhu saja di bandara. Tidak ada surat tes atau karantina. Namun tentu saja perlu menerapkan protokol kesehatan saat berada di Albania. 

 

Lima Negara yang Sudah Dapat Dikunjungi Ada Maldives Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Albania (bbc.com)
 

Sementara untuk wisata di Albania yang telah dibuka juga bermacam-macam. Mulai dari restoran, kafe, pusat perbelanjaan, pertokoan, pantai, perpustakaan, museum, serta hotel dan akomodasinya. Rasanya sudah ingin segera menginjakkan kaki di sana deh.

 

3. Bahama 

Negara lain yang bisa kita kunjungi adalah Bahama, Kepulauan Karibia. Orang-orang sudah bisa masuk tanpa melakukan karantina asalkan sudah dinyatakan negatif COVID-19. Aturan ini sudah berlaku mulai 1 November 2020. Sebelum berangkat, wisatawan perlu mengajukan visa perjalanan ke Bahama yang di dalamnya sudah mencakup biaya tes PCR. 

 

Lima Negara yang Sudah Dapat Dikunjungi Ada Maldives Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Bahama (detiktravel.com)
 

Mereka yang memiliki tes PCR negatif kurang dari tujuh hari sebelum perjalanan bisa bergerak bebas ke berbagai tempat wisata yang sudah buka. Tetapi khusus untuk anak-anak yang berusia 10 tahun ke bawah, tidak perlu melakukan tes PCR. 

 

Pilihan aktivitas di Bahama cukup banyak, mulai dari menyelam dengan hiu, berenang, main di Aquaventure Water Park hingga wisata mewah naik yacht ke Blue Lagoon. Rasanya mewah sekali ya kalau kita bisa memanjakan diri dengan keseruan seperti ini.

 

4. Turki 

Turki juga masuk dalam jajaran negara yang sudah dapat dikunjungi saat pandemi ini. Negara yang kondang akan kelezatan kebabnya ini membuka berbagai tempat wisatanya untuk umum. Bahkan saat datang ke sana pun tidak memerlukan rapid test, namun tentu saja masih perlu melakukan berbagai protokol kesehatan. 

 

Lima Negara yang Sudah Dapat Dikunjungi Ada Maldives Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Blue Mosque (dokpri)
 

Tempat wisata turki yang menarik untuk dikunjungi banyak sekali. Mulai dari Hagia Sophia, Blue Mosque, naik balon udara di Cappadocia, dan masih banyak lagi. Turki menjadi salah satu negara yang sangat indah, impian banyak orang untuk honeymoon. Tidak hanya wisatanya saja yang menggoda untuk segera dikunjungi, namun juga kulinernya menggiurkan untuk dicoba. 

 

5. Maldives 

Maldives atau Maladewa juga menjadi jajaran negara yang sudah bisa dikunjungi. Bahkan sudah sejak tanggal 15 Juli 2020 yang lalu. Aturannya tidak jauh beda dengan negara lain, yakni menunjukkan surat bebas Covid-19 yang diambil tidak lebih dari 96 jam waktu keberangkatan. Setiap turis yang masuk akan diberi 30 hari free visa. 

 

Lima Negara yang Sudah Dapat Dikunjungi Ada Maldives Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Pesona Maldives (ihg.com)
 

Sejumlah resort juga melakukan kebijakan sendiri untuk pencegahan COVID-19. Sudah menjadi rahasia umum jika Maldives memiliki banyak sekali destinasi impian. Telah banyak juga maskapai penerbangan yang melakukan perjalanan ke Maldives. 

 

Itulah deretan negara yang sudah dibuka selama pandemi corona ini. Bagi kalian yang sudah tidak sabar untuk bepergian ke luar negeri, bisa memilih salah satunya. Tapi tentu saja harus mematuhi berbagai peraturan yang sudah ditetapkan, baik itu tentang protokol kesehatan atau aturan setempat. 

 

Peraturan pemerintah Indonesia saat ini adalah wisatawan penerbangan domestik maupun internasional harus melakukan rapid test ya. Hati lebih tenang jika sewaktu-waktu diperlukan di negara tujuan, kita sudah memiliki surat hasil tes tersebut, okay. Jadi, kita mau ke mana nih? 😍

 

 

90 comments:

  1. Mantap nih, udah bisa jalan2 ke luar negeri lagi. Akan tetapi, sebaiknya buat yang bener2 lagi butuh aja kali, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak :) Tetap kudu sangat berhati2, terapkan 3M dll.

      Delete
  2. waw maldives dah nerima wisatawan asing lagiiiii? huhu pengeeeennnnn.. Semoga tahun deoan pandemi bnr bnr berakhir dan makin banyak negara yang nerima turis asing lagi yaaa.. Aamiin..

    ReplyDelete
  3. Klo aku nunhgu ntaran aja lah, sekalian kl sudah kondusif semuanya dan yang terpenting kondusif isi dompetnya hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, begitu juga lebih aman dan nyaman ya :) Dompet apalagi wkwkwk segerrr deh.

      Delete
  4. Rekomendasi menarik buat yang mau traveling ke luar negeri, harus tau dulu negara mana saja yang sudah dibuka oleh turis ya. Tetap mematuhi protokol kesehatan paling penting. Cakep banget Maldives ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, mbak. Wajib kita patuhi Prokes dan 3 M ga boleh lenggar :D

      Delete
  5. wah kebanyakan wisata alam ya Mba, di masa begini emang paling nyenengin ke pantai pantai gitu. selain meminimalisir kerumunan juga bisa bikin tubuh dan pikiran jadi refresh bangttt. Aku pingin dong ke Albania atau Maldives. Semoga one day bisa ke sana bersama keluarga. Aamiin ya Rabb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kan biar kita bisa menghirup udara segar dan sehat hehehe :D In sya allah kesampaian aamiin.

      Delete
  6. Aku nunggu sampe vaksin kluar dulu mba :D. Msh belum berani kalo harus naik pesawat apalagi yg penerbangan panjang. Resikonya gede. So far aku baru berani domestik, itupun naik mobil sendiri hihihi... Masih parno. Krn ada anak2 di rumah. Walopun aku udh prnh kena, dan udh ada antibody di tubuh, tp anak2ku belum . Itu yg bikin masih nahan diri bgt utk traveling overseas. :(. Padahal udh sakaw bangetttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, lebih baik begini, sudah divaksin semua orang yach :) Iya, kudu sabar dulu semoga kita lekas bisa jalan2 lagi yach mbak Fanny aamiin :)

      Delete
  7. Kalau aku sih pengen banget ke Turki mbak, efek suka bacain review perjalananmu ke Turki. Berarti ini 5 negara yang sudah boleh dikunjungi tidak perlu karantina sesampainya kita di negara tujuan ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe.. Iya mbak Chichie. Tergantung dari kebijakan tiap negara. Kalau di kita kan ada isolasi mandiri 14 hari ya.

      Delete
  8. Duh pengen ke Albania pokoknya negara-negara semenanjung Balkan deh. Udah masuk list lama tapi belum kesampaian

    ReplyDelete
  9. Waah, Turki ternyata udah bisa yaa mbak.. Kemarin, kabarnya Turki menutup akses dari Indonesia yaa

    ReplyDelete
  10. Wah ternyata udah byk ya mba negara yg mulai "open house" hehehhe, kayaknya kalau mau overseas buat sekedar tarveling masih byk yg harus menahan diri deh, kecuali untuk kepentingan kerjaan atau urget case. Btw kapan ya aku bisa ke maldives, salah satu pulau impian itu hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyach mbak :) Beberapa negara mulai membuka diri hehehe..namun kita tentu tetap waspada dan patuh prokes 3M. Paling untuk urusan dinas ya orang2 pergi ke luar negeri :) Aamiin, aku juga pengen bisa liburan ke Maldives :D

      Delete
  11. Semangat semangat nabung-nabung biar bisa berkunjung ke negara impian. Aduh jadi pengen jalan jalan nih aku mba

    ReplyDelete
  12. Ya ampun, enaknya ke mana ya? Seneng kalau sudah ada tempat yang sudah dibuka buat liburan. Kalau di list itu, berarti ke Asia, Afrika sama Eropa ya. Enak Turki mungkin karena daerah perbatasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak ke semua negara yang disebutkan di sini mbak hihihihi :D Iya, Turki pilihan yang kece banget.

      Delete
  13. Kalau saya masih ngerem diri, belum mau traveling sih ehehe. Saatnya nabung kali ya kak, jadi pas dunia aman kembali bisa liburan jauh, syukur ke LN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuuuul. Sekarang siapin aja dulu uangnya plus nunggu super kondusif ya :D

      Delete
  14. Alhamdulillah satu per satu negara sudah membuka gerbangnya, ya. Semoga wisatawan tetap patuh protokol kesehatan. Supaya jalan-jalan tetap aman dan nyaman

    ReplyDelete
  15. Mesir membuka akses, namun bersyarat, kebijakan yang cukup bijak, mengingat turis yang datang bisa menghasilkan devisa bagi negara namun himbauan untuk tetap menjaga jarak dan beberapa ketentuan, menurut saya langkah paling bijak dan idel. tetapi bagaimana dengan negara lain yang tanpa syarat apakah tidak ada pertimbangan faktor kesehatan bagi masyarakat lokal akibat kedatangan para pelancong mana negara?

    Terima kasih atas rekomendasi 5 negara di atas teh, barangkali bisa ditulis pada artikel selanjutnya 5 kota di Indonesia yang sudah terbuka untuk umum. Liburan anak sekolah ne teh hehehe...

    Terima kasih atas rekomendasinya teh, terus berkarya. salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. TIap negara punya kebijakan masing2 mau membuka atau masih menutup aksesnya :) Yang penting pribadi kita aja mas, kira2 punya nyali atau ga hehehe :) Penting banget untuk selalu mererapkan protokol kesehatan ke manapun kita pergi. Sama2, Mas martin :) Nanti ada tulisan jalan2 lagi in sya allah lebih banyak :D

      Delete
    2. Punya nyali atau tidak kwkw, asiap teh, baik siap teh, ditunggu. Semangat selalu..

      Delete
    3. Hahahaha yoi, Mas Martin :D Thanks.

      Delete
  16. wah tempat tempat cantik semua yang sudah dibuka yaa. meski sudah dibuka, mungkin kita perlu menerapkan protokol kesehatan juga. agar daerah yang sudah hijau tidak terpapar virus lagi. nanti kita kapan jalan jalannya kalau pandemi gak berhenti berhenti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener :) Kita persiapan dikit2 aja mbak, bertahap hehehe :D

      Delete
  17. Alhamdulillah pelan pelan tempat wisata luar negeri sudah mulai dibuka. Ayo siap siap yang udah nabung selama pandemi, waktunya jalan jalan. Pingin ke Mesir..

    ReplyDelete
  18. Lumayan laget dengan Mesir dan Turki, padahal beberapa waktu sebelumnya Turki sempat ramai penyebarannya. Covid memang menggila, semua sektor lumpuh, dan sekarang muali bangkit sedikit demi sedikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, namun mungkin kedua negara tersebut sudah membuka diri lagi sekarang.

      Delete
  19. Semoga keadaan terus semakin membaik yaaa, mak... Biar semakin banyak lagi negara yang bisa dikunjungi, dan kondisi ekonomi kembali menggeliat. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin :) Kepengen jalan2 ke luar negeri nih aku juga.

      Delete
  20. Wah, lima negara yang memiliki pemandangan yang indah dan menarik. Memang jadi tujuan wisata yang difavoritkan, ya. Hanya saja perlu memperhatikan protokoler kesehatan kalau mau traveling ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib terapkan prokes pastinyaaa yach semua wisatawan.

      Delete
  21. Pilih Turki Mba maunya hehe

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah, umrah juga sudah dibuka ya Mbak, tinggal negara kita nih yang masih berjuang agar bisa menaklukkan Corona..masih merah di mana-mana :(

    ReplyDelete
  23. Seneng yaa sudah banyak negera yang kembali membuka gerbangnya untuk wisatawan asing. Tapi untuk saat ini saya belum ada rencana ke negara-negara tersebut. Semoga suatu hari bisa cuss ke Maldives. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong, tapi kita tetap mematuhi aturan prokes 3M dll demi kesehatan bersama. Aamiin.

      Delete
  24. waaa negara lain udah mulai boleh kunjungan pariwisata, semoga negara kita juga makin banyak daerah hijau dan mulai bisa jalan jalan lagi. sementara saya pribadi belum jalan jalan piknik walau pengen banget, paling banter refreshing ke abang sayur atau belanja hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. In sya allah aamiin. Iya, kita pelan2 aja siapin duitnya dulu hahaha :D

      Delete
  25. Mantap mbak Nurul, kalo misalnya aku punya uang untuk traveling keluar negeri maka aku pilih Turki dan Mesir soalnya pengin lihat Piramida secara langsung dan juga blue mosque atau masjid biru di turki 😃

    Yang penting tetap jaga jarak dan juga kesehatan selama disana ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, pilihan yang tepat banget. Toss, Mas Agus hehehe :)

      Delete
  26. Jangankan ke negara lain. Ke negara sendiri aja blm ada jalan dunk. Huhu. Bukan jg krn pandemi, tp emg blm ada rejeki. Wkwk. Seneng deh baca tyt udah banyak negara yg open buat pariwisata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. In sya allah ntar ada rezeki dan waktu yang tepat, jalan2 ya mbak aamiin.

      Delete

  27. wow, this is good news for travelers, but for me and my family it hasn't. if you just feel at home and play to the beach near your house

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indeed :) Staying at home actually is the best choice.

      Delete
  28. Wah asik nih udah bisa dikunjungi meski pandemi sebenarnya masih mengintai ya...Semoga mereka mau menerima WNI yang berkunjung ya...Seperti Mekkah yang sudah membuka lagi pintunya untuk umrah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Step by step :) In sya allah pelan2 beberapa negara mulai membuka wilayahnya untuk dikunjungi.

      Delete
  29. Pesona Maldives begitu menggodaaa, aku pen kesanaa sekalian mengunjungi temenku yang tinggal di sana. MAntai, ngopi syantik sambil berjemur, pulang gosooong.

    ReplyDelete
  30. Waah...kak Nurul banyak dapet info negara-negara Timur Tengah yang sudah open kedatangan wisatawan yaa..
    Seru sekali ini kalau yang udah ada rejeki untuk travelling.

    ReplyDelete
  31. Halo mbak Nurul, salam kenal :)

    Baca artikelnya jadi buat aku pingin cepet-cepet traveling setelah Covid ini usai. Kadang-kadang masih parno juga kalau liburan ditengah pandemi seperti ini, jadi buat was-was yang hasilnya kalau dipaksakan untuk liburan, malah ngga bisa enjoy.. apalagi travelingnya ke luar negeri. Semoga saja tahun depan, covid sudah bisa teratasi ya mbak supaya kita bisa liburan lagi hehe.. aamiin <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Rina :) Karena sudah mumet sejak Maret kami pun belum ke mana2 kecuali sebentar ke Kebun Raya BOgor itu pun pagi2 hahaha :) Kepengen jalan2 lagi nunggu aman semua in sya allah. Aamiin. Salam kenal juga ya, makasih sudah mampir.

      Delete
  32. Masukin wishlist dulu ah, Mba. Mau nabung dulu buat modal jalan-jalan ke LN nya. Aku tertarik dengan Albania, kayanya seru liburan di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip. Atur keuangan dan strategi dulu in sya allah ntar jadi deh wisatanya aamiin.

      Delete
  33. ga ada pandemi pun saya belum bisa kemana-mana apalagi ke luar megeri hehee..

    positifnya itu menandakan beberapa negara udah mulai menurun virus ini., semoga secepatnya segara berakhir corona

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa tau nanti ada rezekinya, mas, aamiin :)

      Delete
  34. Alu pengen ke Turki ((efek nonton Hertica wkwkwk)) tapi memang liburan jalan jalan melambai indah nih, Rul. Sudah nanyak yamg dibuka ya destinasi wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turki pilihan istimewa :) AKu juga kepengen ke sana lagi aamiin.

      Delete
  35. Wah yg dibuka negara2 panas yaa.. yg tujuannya berjemur matahari.. xixixi.. eh turki mah adem ya. Jadi mau ke turki deh. Transit sebelum ke Mekkah lagi jih.. huhuhu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas berarti ya buat berjemur hihihihi :) Iya mbak, semoga bisa ke Turki lagi aamiin.

      Delete
  36. Mupeng banget ke Maldives!!
    Duh, kebayang sedapnyaaaa bisa shantaaayyy di Maladewa wkwkwk
    Tapi yang jelas, aku paling rinduuuu bisa ke Mekkah Medinah.
    Semoga segalanya segera berangsur normal yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kepengen umroh dan naik haji ya kita aamiin :) Plus ke negara2 lain juga tentunya.

      Delete
  37. Yang udah sering dengar hanya negara Turki. Hehehe...
    Tapi ke lima nsgara itu semuanya memang menawarkan keindahan dan kebanggaan kalau bisa mengunjunginya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Negara yang unik dan bikin kepengen terus berkunjung ke sana :)

      Delete
  38. Wuaaa mantap nih sekarang udah bisa jalan2 ke luar negeri lagi. Akan tetapi, tetep prioritasin yg lebih urgent dulu ya sebelum wisata ke luar negeri 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuuul.... Ini buat gambaran aja siapa tau temen2 butuh pencerahan hahaha :D

      Delete
  39. Pingin ke Turki dong
    Sayang Tabungan ngga kunjung penuh
    😀😀😀
    Saya pingin paket umroh yang sekalian ke Turki

    ReplyDelete
    Replies
    1. AKu juga pengen ke Turki lagi aamiin :) Iya abis umroh kelar semua, ke Turki deh yg lamaan hehe.

      Delete
  40. Turki dan Albania tidak mensyaratkan surat hasil rapid dan PCR test untuk masuk negara mereka, tapi untuk terbang ke sana kita tetap harus PCR test sebagai syarat naik pesawat.
    Aturan yang berlaku saat ini: Penerbangan domestik wajib rapid test. Penerbangan luar negeri wajib PCR test.

    Aku pingin ke Maldives nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak infonya :) Iya, aku takut kalau rapid test apalagi swab, kabooor hihihi.

      Delete
  41. Mertuaku ada rencana ke Turki bulan depan, aku belum berani ikut karena lagi hamil hehe semoga bisa segera liburqn lg

    ReplyDelete
  42. Yang paling bikin mupeng itu ke Turki sama ke Maldives kak.. 😍
    Pengen nabung dulu tapi di Traveloka udah ada paylater ya kan.. wah gak sabaran mau liburan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sabar2 dulu yang mau liburan. Perhatikan semua persyaratannya.

      Delete
  43. Mupeng banget sama keindahan Maldives. Pengen jalan-jalan lagi huhu. Sayangnya mau ke kampung sendiri pun masih belum berani. Apalagi harus tes ini itu

    ReplyDelete
  44. baca Turki langsung ingat Mama, sebelum pandemi kemarin Mama dan Kakak serta Ipar udah dijadwalkan Umroh di bulan Maret terus katanya bakalan langsung lanjut ke Turki, tapi Qadarullah pandemi gini jadi pending deh ntah kapan.
    ini ternyata Turki udah bisa dikunjungi ya, moga Arab Saudi juga bisa segera membuka pintunya lagi untuk semua negara :)

    ReplyDelete
  45. Wah senangnya dengar negara2 ini udah bisa dikunjungi. Semoga nantinya makin banyak negara yang bisa dikunjungi lagi asal menerapkan prokes ketat ya mbak

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.