Wednesday, February 19, 2020

# info & tips # Review

Penasaran Kenapa Aku Jadi Anggota Yayasan Bunga Kemboja? Apa Manfaatnya?

Kabar duka Ashraf Sinclair meninggal dunia begitu mengejutkan masyarakat Indonesia dan Malaysia. Suami aktris serba bisa Bunga Citra Lestari yang telah tiada di usia 40 tahun pada Selasa, 18 Februari 2020 pukul 04.51 WIB di Rumah Sakit MMC, Jakarta Selatan ini tak disangka-sangka. Gemar dan rajin berolahraga dan kemungkinan tanpa penyakit yang diketahui kerapkali membuat masyarakat bertanya-tanya, ”Kenapa almarhum begtu cepat dipanggil oleh-Nya?”. 

Masih ingat dengan aktor tampan Adjie Massaid? Pada tahun 2011 lalu ia menghembuskan napas terakhirnya pada usia 43 tahun di RS. Fatmawati akibat serangan jantung. Contoh nyata lain adalah wafatnya mama mertua (almh) H-14 akad nikah aku dan suami pada 2004. Ada pula beberapa orang kerabat dekat pun meninggal dunia di tahun ini.

Kemboja, kamboja atau semboja adalah sekelompok tumbuhan dalam marga Plumeria. Bentuknya berupa pohon kecil dengan daun jarang namun tebal. Bunganya yang harumnya sangat khas, dengan mahkota berwarna putih hingga merah keunguan, biasanya lima helai.

cara dan manfaat menjadi anggota yayasan bunga kemboja nurul sufitri travel lifestyle blogger review info

Tentang Kematian

Setiap makhluk hidup berasal dari Allah SWT dan pasti akan kembali pada-Nya. Ga ada seorang pun manusia, hewan atau tumbuhan di hutan maupun di mana-mana yang bakal tau jadwal ‘off' nya, iya kan? Bagi manusia, kematian adalah jalan untuk mencapai kehidupan di alam kubur dan di akhirat yang kekal nanti.

Kematian itu adalah takdir. Takdir sendiri ada dua macam yakni yang baik dan buruk, istilahnya qada dan qadar. Bahkan malaikat pencabut nyawa pun nantinya akan merasakannya. Jadi kita harus bisa menerima dengan ikhlas jika suatu hari orang terkasih kita diambil oleh-Nya, meskipun itu pasti sulit dibayangkan.


cara dan manfaat menjadi anggota yayasan bunga kemboja nurul sufitri travel lifestyle blogger review info
Makam BJ. Habibie dan Ainun di TMP Kalibata (Foto: jpnn.com)

Jika Allah sudah berkehendak, tiada yang bisa lari dari takdir-Nya. “Lari itu sekali kali tidaklah berguna bagimu, jika kamu melaikan diri dari kematian atau pembunuhan, dan jika kamu terhindar dari kematian kamu tidak juga mengecap kesenangan kecuali sebentar saja”. (QS Al Ahzab : 16). 

Terkadang, kematian identik dengan sesuatu yang mengerikan. Apakah teman-teman memiliki mindset seperti itu juga? Mungkin aku pun berpikir demikian, istilahnya “Belum siap”. Tarik napas dulu deh. Empat belas hari menjelang aku dan suami akad nikah, calon mama mertuaku berpulang. Saat kematian itu tiba, kebingungan sering kali melanda keluarga yang ditinggalkan.

cara dan manfaat menjadi anggota yayasan bunga kemboja nurul sufitri travel lifestyle blogger review info
Makam Mama dan Papa Mertua di Cigadog, Cimalati.

Ah, jadi aku mau berbagi apa sih buat teman-teman? Sepertinya topik cerita kali ini serius banget ya. Duuuh… Mana aku masih jauuuuuh sekali dari keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Belum mampu menjadi isteri dan ibu yang sholehah seperti muslimah lain. Sholat belum selalu tepat waktu, mengaji masih dalam hitungan jari dan sepertinya utang puasa juga masih ada, dan lain-lain. 😓

Biarkanlah soal ibadah termasuk datang ke kajian dan sebagainya menjadi urusanku dengan Yang Maha Kuasa. Toh aku ga pernah share hal ini di media sosial. Dari penampilan luar pun aku belum mampu kalau mesti memakai rok setiap saat. Aku masih senang bercelana panjang terutama jeans. Jilbab syar’i pun dipakai ketika umroh aja. Hello… Bu Nurul? Weleh-weleh 😵

Tertawa kadang masih ngakak dan terpeleset ikutan ghibah (Memang aku sudah berusaha menguranginya kok). Aku kok sedih ya sambil menuliskan ini hiks, masih punya dosa bejibun soalnya 😱 Makanya aku tuh suka risih kalau istilah ‘Bucanshol” atau ‘Macanshol’ disematkan padaku. Aku kabur aja deh, ngumpet di kolong meja hihihihi. 

Kembali ke pembicaraan inti ya, gaes. Jadi aku tuh baru aja membayar iuran ke Yayasan Bunga Kemboja (YBK) Pasar Minggu pada 18 Februari 2020 lalu. Tepatnya, mamaku yang langsung datang ke kantor YBK untuk membayar tunai. Kedua orangtuaku, aku dan suami, kedua adikku beserta suami dan isterinya juga sudah daftar YBK.

Alhamdulillaah tetangga di lingkungan rumah kami orang-orangnya baik dan saling membantu. Malah urusan kematian warga setempat pun lekas ditanggapi oleh DKM masjid dan banyak yang menyolatkan mayat. Bahkan urusan tahlilan dan sebagainya juga saling dukung satu sama lain. Aku sih sekadar ikutan jadi member YBK karena papaku menyarankan demikian 😊 

Sempat penasaran sih, ”Mah, kenapa ga transfer aja sih? Kan repot kudu datang langsung?”. Mamahku jawab, ”Harap maklum, di sana petugasnya lansia. Mungkin maunya tunai aja, biarin lah”. Awalnya papaku yang join duluan, lama-lama kami juga ikutan atas saran beliau. 

Daftar di Yayasan Bunga Kemboja ini atas namaku, tapi suami juga bisa ikut. Sebenarnya boleh bayar per bulan, enam bulan atau satu tahun. Biar praktis, aku dan suami bayar Rp 240.000,- setahun. Jadi per bulan per kepala Rp 10.000,- murah kan? Pendaftarannya Rp 100.000 dan uang kartunya Rp 10.000,- pada 13 Maret 2017.

cara dan manfaat menjadi anggota yayasan bunga kemboja nurul sufitri travel lifestyle blogger review info
Setoran Uang Iuran Tahun 2020
 
cara dan manfaat menjadi anggota yayasan bunga kemboja nurul sufitri travel lifestyle blogger review info
Uang Pendaftaran dan Kartu

Jangan kalian bilang aku kurang kerjaan ya, kok mau sih beginian? Hehehe…. Ya salah satunya adalah supaya mengurangi kerepotan keluarga seandainya aku atau suami atau anggota keluarga lainnya tiba-tiba wafat. Karena alasan itu, jasa pengurusan kematian atau kedukaan menjadi sebuah cara mengatasi kerepotan dalam mengurus jenazah hingga ke peraduan terakhir. 

Jangan heran jika penyedia jasa layanan kematian saat ini banyak kedatangan konsumen. Mereka mendaftar sebagai member supaya, saat kematian datang menimpa diri mereka atau keluarga, ada yang mengurusi jenazah. 

Tentang Yayasan Bunga Kemboja (YBK)

Yayasan Bunga Kemboja memberikan bantuan perlengkapan dan mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan kematian untuk semua agama. Layanan utama yayasan yang berdiri sejak tahun 1958 ini adalah pemulasaran yakni merawat dan mengurus jenazah, yang meliputi memandikan, mengkafani, mensalatkan, serta mengantar jenazah sampai ke pemakaman. 

Apa Tujuan Yayasan Bunga Kemboja? 

Yayasan Bunga Kemboja memberikan bantuan perlengkapan dan mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan kematian yaitu: 
  • Perawatan/ memandikan jenazah 
  • Menerima pesanan peti jenazah sesuai kemampuan keluarga 
  • Mengantar jenazah keluar kota sesuai tujuan melalui darat atau udara 
  • Mengurus surat izin untk membawa jenazah keluar kota (DKK dan DKI) 
  • Menyediakan bahan-bahan pemakaman 

Apakah yang Dimaksud Anggota? 

Seseorang dinyatakan sah menjadi anggota YBK minimal 6 bulan dari tanggal pendaftaran. Jika belum mencapai limit 6 bulan tapi tetap ingin menggunakan jasa YBK, maka akan dikenakan biaya/ tarif umum. Selain itu bakal dapat kartu dan nomor anggota.

Iuran dan Pendaftaran Anggota

Beradasarkan pengalamanku sih, iuran pendaftarannya adalah Rp 100.000,- plus Rp 10.000,- untuk mendapatkan kartu anggota. Hal ini berlaku hanya 1 kali per kepala keluarga saja. Malah bayi usia 3 bulan di dalam kandungan sudah bisa didaftarkan juga lho. Apabila kartu anggota hilang maka dikenakan biaya sebesar Rp 10.000,- 

Ada 2 golongan iuran anggota yang harus dibayarkan setiap bulan per jiwa yakni: 
  • Golongan A: Usia 50 tahun ke bawah = Rp 8.000,- atau minimal pembayaran pertama 4 bulan. 
  • Golongan B: Usia 50 tahun ke atas = Rp 10.000,- atau minimal pembayaran pertama 4 bulan. 
Harap dicatat ya, uang iuran anggota tidak bisa diminta kembali maupun dialihkan kepada orang lain apabila anggota mengundurkan diri atau tak meneruskan keanggotaannya.

Baca: Cukup 10 Menit Perpanjang dan Bayar Pajak STNK di Samsat Kecamatan Pasar Minggu

Pendaftaran Anggota 

Pendaftaran Yayasan Bunga Kemboja sangatlah mudah. Kita diberikan formulir yang harus diisi antara lain nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan fotokopi Kartu Keluarga (KK). Pendaftaran bisa pula melalui komisaris kelompok, instansi pemerintahan, kantor swasta, perkumpulan lingkungan RT, RW dan lain-lain.

cara dan manfaat menjadi anggota yayasan bunga kemboja nurul sufitri travel lifestyle blogger review info
Kartu Anggota Yayasan Bunga Kemboja
cara dan manfaat menjadi anggota yayasan bunga kemboja nurul sufitri travel lifestyle blogger review info
Kartu Anggota Yayasan Bunga Kemboja

Apa yang Didapatkan Sebagai Anggota YBK? 

  1. Kain putih/ kain kafan 
  2. Kapas 
  3. Air mawar 
  4. Bumbu-bumbu (bubuk cendana, kapur barus) 
  5. Sabun mandi 
  6. Papan dinding ari 12 potong 
  7. Papan nisan kayu jati dipelitur 
  8. Bak tempat memandikan jenazah dan tirai (gorden) 
  9. Memandikan jenazah 
  10. Mensholatkan dan membaca do’a di makam 
  11. Kendaraan jenazah ke makam/ kubur dalam kota (DKI) 
  12. Mendapat potongan 10% dari tarif luar kota yang dituju 
  13. Mendapat potongan 10% dari harga pembelian peti jenazah 
Ada biaya tambahan untuk fasilitas lain misalnya peti, kendaraan untuk keluarga, pengiriman jenazah ke luar kota. 

Baca: Cara dan Syarat Daftar Haji di Kantor Kementerian Agama RI

Pemberian Uang Duka Wafat kepada Anggota 

Golongan A tidak mendapatkan uang duka, sedangkan golongan B memperolehnya sebesar Rp 80.000,- dengan ketentuan sebagai berikut: 
  • Berlaku apabila anggota sudah terdaftar mencapai limit 6 bulan sejak tanggal pendaftaran. 
  • Menyerahkan fotokopi surat kematian dari rumah sakit atau Puskesmas dan dari kelurahan setempat. 
  • Pengambilan uang duka tidak boleh melampaui batas waktu 6 bulan dari tanggal wafat. 

Anggota yang tidak menggunakan jasa YBK akan mendapatkan uang penggantian perawatan sebesar Rp 80.000,- untuk usia 5 tahun ke bawah dan Rp 90.000,- untuk usia 5 tahun ke atas. Hal ini berlaku jika anggota sudah terdaftar 6 bulan sejak tanggal pendaftaran. Cukup melampirkan fotokopi surta kematian dari rumah sakit atau Puskesmas dan dari kelurahan setempat. Oh ya, uang tersebut berlaku hanya untuk alasan anggota tidak lapor saat terjadi musibah, sedang dalam keadaan berduka atau sibuk, lupa memberitahukan nomor anggota, wafat di luar kota atau luar negeri. 

Ada contoh, seseorang mendapat musibah atau wafat. Biasanya orang tersebut dalam keadaan berduka dan panik sehingga lupa memberitahukan nomor anggota ketika lapor ke YBK. Nah, kasus seperti ini kelaurga dikenakan biaya perawatan umum, bukan sebagai anggota YBK). Namun pada keesokan harinya keluarga bisa menukarkan kuitansi asli tersebut untuk mendapatkan pengembalian uang dengan menunjukkan nomor anggota YBK. 

Teman-teman mungkin ada yang berpikir, “Tadi ada sebutan komisaris, hhhmmm apa itu ya?’. Jadi pengertian komisaris di sini adalah seseorang yang telah disetujui/ disahkan oleh pengurus Yayasan Bunga Kemboja untuk bertanggung jawab menyetorkan uang iuran anggotanya setiap bulan ke kantor pusat YBK. Ada persyaratannya lho, yakni harus mempunyai anggota minimal 20 kepala keluarga (KK). Jika seorang komisaris tidak tepat waktu pembayaran uang iuran tersebut, maka ia akan dibebankan biaya perawatan untuk anggotanya (biaya bukan peserta)/ tarif umum.

Baca: Tips Investasi untuk Pasangan Muda dan Keseruan Acara di Mahata Margonda Family Fest

Apakah Menjadi Komisaris Ada Keuntungannya? 

Komisaris akan mendapatkan imbalan dari YBK berupa sebagai berikut: 
  • Bebas uang pangkal/ kartu dan iuran anggota golongan A 
  • Uang duka wafat sebesar Rp 325.000,- 
  • Diskon 10% dari penyetoran uang iuran 
  • Diskon 10% dari uang pangkal 
  • Uang transport 
  • Iuran menunggak komisaris tidak memperoleh 10% dari penyetoran uang iuran. 

Apa Saja Persiapan bagi Keluarga yang Berduka? 

  • Pengurusan Tanah Makam (TPU) 
  • Ruangan utnuk memandikan jenazah 
  • Bak air/ ember, gayung 
  • Kain batik panjang (bila diperlukan) 
  • Handuk Bunga tabur (bila diperlukan) 
  • Bunga ronce (bila diperlukan) 
Untuk mengurus tanah makam, ada dua surat yang harus diserahkan ke kantor TPU yang dituju. Pertama, fotokopi surat keterangan pemeriksaan jenazah dari rumah sakit atau Puskesmas. Kedua, fotokopi surat keterangan kematian dari kelurahan setempat. Kedua surat ini juga merupakan persyarakat untuk membuat surat izin membawa jenazah ke luar kota. 

Ingin tahu lebih jelas mengenai Yayasan Bunga Kemboja? Teman-teman bisa datang langsung ke bagian pemakanan/ operasional yang buka 24 jam. Khusus Hari Raya Idulfitri dan Iduladha, kantor buka mulai pukul 12.00 WIB. 

Adapun kantor kas buka pada: 
Senin - Kamis : 08.00 – 14.00 WIB 
Jumat : 08.00 – 10.00 WIB 
Sabtu : 08.00 – 12.00 WIB 
Hari Minggu dan libur nasional tutup 
Sekretariat: Jalan Raya Pasar Minggu No. 19 Jakarta Selatan 12510 
Telepon: (021) 7990646, 7991190 
Fax: (021) 7902927 
Email: ybkpusat@yahoo.com 

Faedah yang diperoleh anggota menurut YBK ini adalah “Meringankan beban Anda dan tidak merepotkan tetangga atau orang lain”.


cara dan manfaat menjadi anggota yayasan bunga kemboja nurul sufitri travel lifestyle blogger review info
Iuran Anggota

Berbagai jasa pengurusan jenazah disediakan sebagai pilihan bagi keluarga yang ingin mempersembahkan yang terbaik bagi kerabatnya yang tutup usia. Ternyata ga hanya hidup, matipun membutuhkan pilihan. FYI, aku hanya berbagi pengalaman menjadi anggota YBK secara mendasar.. Semoga bisa bermanfaat ya, teman-teman. Belum sampai kepada hal-hal lain tentang harga makam dan perintilannya.

cara dan manfaat menjadi anggota yayasan bunga kemboja nurul sufitri travel lifestyle blogger review info
Aku Bersama Mama dan Papa Tercinta

cara dan manfaat menjadi anggota yayasan bunga kemboja nurul sufitri travel lifestyle blogger review info
Aku Bersama Aa Rahmad, Teteh Rafa, Fakhri, Mama dan Papa Tersayang

Kata orang, anak adalah titipan. Begitu pula segala sesuatu yang ada di dunia ini hanyalah titipan semata. Keluarga, kerabat, teman, sahabat tercinta bisa kapan saja diambil oleh-Nya dengan jalan kematian. Mari kita lakukan hal terbaik selama masih diberi kesempatan hidup dengan beribadah kepada Allah SWT dan menyayangi orang orang terdekat kita serta berbuat baik pada sesama 😃


Sumber: Flyer Yayasan Bunga Kemboja

66 comments:

  1. sangat keren ulasannya kak, makasih kak untuk infonya kak :)

    www.rajaunik.co.id

    ReplyDelete
  2. Diriku baru tau loh, Mba Nurul, tentang iuran / tabungan kematian ini. Memang bagus sih ya, kita gak pernah tau kapan terakhir ada di bumi ini. Biar hidup gak jadi beban orang lain, pun dg kematian. Intinya yg harus Kita pertimbangkan, mesti terus ya iurannya krn uang gak bisa balik kalau stop.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, Miss Nita. Setidaknya jika terjadi kematian pada keluarga kita ..... hal2 yang dibutuhkan segera tersedia seperti kain kafan dll. Tetap sih memandikan dan menyolatkan keluarga harus turut serta..idealnya begitu 😊😊

      Delete
  3. Kayanya di Bali juga ada, cuma ga tau kok suamiku ga ikutin kami, ya? Bukan Yayasan Kamboja, sih tapi sejenis.

    Aku dulu takut mati, skrg insyaallah gak. Karena mati itu pasti. Makanya aku berusaha melakukan yang terbaik biar kelak ninggalin kenangan indah buat orang-orang mengenalku 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe aku belum tau deh di wilayah lain...taunya YBK Ps. Minggu aja 😊😊 Aku mungkin takut mati..siapapun bakalan ga pernah siap ya 😁

      Delete
  4. Kalo di saya iuran masyarakat aja. Rukun kematian. Sama ada iurannya juga.
    Tadi disiini ketentuannya ataurannya lengkp banget ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..karrna segala barang2 yg diperlukan bisa lekas siap dibawa pada orang yang meninggal dunia..tinggal telepon saja dan menyebutkan nomor keanggotaan 😊

      Delete
  5. Kalo disini seperti belum ada yayasan bunga Kamboja, tapi ntah lah mungkin ada tapi aku ngga tahu.

    Menurutku sih, kalo orang tua yang meninggal alangkah lebih baiknya kita sendiri yang mengurusnya.😄😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya doooong, tentu saja kalau orangtua yang meninggal aku dan semua keluarga ingin turut memandikan, menyolatkan dll. Ini kan hanya persiapan benda2 apa yang dibutuhkan agar bisa lekas tersedia. Begitu..... 😊

      Delete
    2. Iya juga sih, beda ya sama orang kampung sini, kalo meninggal baru ngurus benda bendanya.

      Kalo di daerah aku di Tegal, mungkin lahan yang jadi masalah, karena namanya kuburan umum maka saling desak-desakan bahkan kadang ada juga yang ditumpangi kalo orang ngga punya.

      Sedangkan di serang Banten ini, kuburan umum masih lega mbak, tanah kosong masih banyak, pertama kesini juga kaget kok kuburan umum masih sedikit, ternyata ada sebagian orang disini kalo ngubur keluarga sendiri ada di samping rumahnya. Teman saya disini ada yg mengubur ibunya di pekarangan samping rumahnya persis.

      Delete
    3. Papa mertua alm dulu sempat dimakamkan di halaman belakang rumah tapi dipindahkan karena rumah tersebut dijual :) Kalau mengikuti YBK ini paling tdak kan apa2 aja yg dibutuhkan seperti kain kafan dll bisa lebih cepat tersedia, begitu aja. Urusan tanah kuburan aku kurang paham juga :)

      Delete
  6. Aku sbnrnya pengen jd membernya, tp kalo diksh tau ke suami, dia kemungkinan besar lgs ngomel. Akupun sbnrnya ga suka bicarakan kematian. To mempersiapkan sbnrnya g ada salahnya kan, supaya ga nyusahin. Tp dia suka mikirnya pertanda ato apaaaalah kalo aku udh nyinggung begitu.

    Tapi aku pgn tau apa sampe ke urusan cari makamnya ga mba? Dan ngurusin harga dll? Karena itu juga lumayan bikin pusing. Kmrn papa mertuaku meninggal, itu jadinya tumpang makam Ama adik iparku yg udah duluan.

    Aku buta samasekali sih ttg harga makam ini. Yg pasti jgn terlalu mahal juga kayak yg di san Diego hills :p.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahuku sih member YBK diurusi hal2 kematian mulai memandikan dll. Kalau mengenai makam kayaknya kurang paham juga, nanti aku mau tanya2 lagi sih. Iya ya mahal banget tanah kuburan di San Diego Hills :(

      Delete
  7. kalo kami dikelola di RT sih gak ke yayasannya langsung. Murah termasuk ini iurannya namun manfaatnya optimal ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh begituuuu :) Iya bagus malah langsung dikelola RT. Sip :D

      Delete
  8. Ak sempet tau sih mba masalah tabungan kematian ini, tapi kalo yg mba ulas kan legal yah, kalo tetangga ku nabung nya sama peroangan gitu, tapi Alhamdulillah sih lancar. Tujuannya sama “biar membantu meringankan”. Anw terimakasih informasinya yah mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, begitu :) Ya ga apa2 kalau sama tetangga :) Sambil menjalin tali silaturahim kan hehehe :D Iya, sama2.

      Delete
  9. aku kalo setiap membuka topik soal kematian sama suami, dia langsung memeluk aku kalo Allah itu mengikuti prasangka hambanya. Padahal ya maksud ak itu untuk mempersiapkan seperti ini mba. Tulisan dan ulasan yg menarik dan tengkyu ya mba, bisa aku coba diskusikan sama suami kalo ada Yayasan bunga Kemboja ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sih. Awalnya kan karean papahku yang udah duluan jadi member YBK trus aku langsung didaftarkan beliau. Jadilah sampai sekarang hihihi. Iya, sama2 mb Grandys :D Semoga bermanfaat ya.

      Delete
  10. kalau di kota besar butuh banget ya kayak gini mbak. kalau di desa-desa cukup pak modin dan para tetangga. trimakasih info lengkapnya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, ini bersifat opsional aja sih. Bukan berarti kalau ga join YBK itu ga perhatian hehehehe.... Kadang hidup di perkotaan ga bisa terprediksi hihihi 🤣

      Delete
  11. Betul kata Uliehape, sepengetahuan saya juga sdh bnyk yg dikelola sama RT dan biayanya cukup murah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutan yg mana2 aja ga apa2.... ini sekadar informasi umum 😊

      Delete
  12. Wah serius aku baru tau loh teh tentang Yayasan Bunga Kamboja, ternyata banyak kegiatanya yaa teh. Terima kasih yaah sharingnyaa, jadi aku tau deh ada yayasan ini hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga banyak sih kegiatannya, hanya pemandian dan urusan kematian aja Pul 😊😊😊 Sip sama2.

      Delete
  13. Membaca tulisan ini seakan diingatkan bahwa Kita semua akan berpulang pada akhirnya. Dan selain persiapan ibadah, Kita juga perlu persiapan seperti ini. Karena pada saatnya nanti semua urusan dipermudah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mas Aip. Dengan jadi memeber YBK kita berharap kemudahan di kala kebingungan dalam pemandian kematian 😊

      Delete
  14. Memang ketika sedang berduka cita gitu keluarga suka sedih dan agak panik kalau harus mengurus hal seperti ini yah. Kalau di komplek nenek aku karena dengan tetangga sudah kekeluargaan sudah dan dekat, biasanya tetangga dan RT yang urus. Tapi akan lebih praktis kalau ada yang ngurus seperti ini yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Iya, di lingkungan rumah juga ada. Yaaaa..yang mana2 ajalah yang penting semoga nanti ga merepotkan orang2 hehehe 😊😊

      Delete
  15. Kemarin memang sebaik2, pengingat yah Mbak. Kemarin suami Artis tempo hari menjadi pengingat juga bahwa kemarin ngga kenal usia, kasta, agama dan lain sebagainya.. yg bisa kita lakukan adalah memeprsiapkan dunia akhirat. Mbak Nurul kepikiran aja nih soal persiapan lewat YBK :')

    Btw aku baru dengar soalnya ini Mbak. Terimakasih sudah brbagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Visya 😊 Aku pun ngeh karena sama papaku disarankan ikutan jadi member YBK...begitu aja sih hehehe. Sip, sama2.

      Delete
  16. Mbak, langsung merinding aku baca ini huhuhu. Samaaaa akupun juga belum jadi insan yg baik dan berasa kurang dalam beribadah sebagai seorang hambaNya. Tapi ternyata YK ini membantu banget ya, namanya umur kita ga akan tahu, di Tangerang ada juga kayaknya pernah dengar deh namanya dr tetangga aku..dan auto ingat mati baca artikel ini hikshiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa hihihi.... Tentu YBK ini sangat membantu dalam pengurusan jenazah dll. Kayaknya ada juga di wilayah lain, coba ceki2 ke mbah gugel deh 😊😊

      Delete
  17. Dari daerah manapun boleh ikut mendaftar ya Bu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kurang tau deh, belum tanya. Coba hubungi nomor telepon di atas. Tapi sepertinya boleh2 aja sih 😊

      Delete
  18. Keluarga kami juga mendaftarkan ke yayasa seperti ini. Memang udah terbukti sangat membantu. Apalagi buat keluarga yang ditinggalkan kan kadang-kadang suka ngeblank mau bertindak apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? Samaan kita..toss hehehe 😍 Ya..paling ga kan hati keluarga bisa tenang ga grasak-grusuk jika ada anggota keluarga yg meninggal ya. Ada yg bantu pemandian jenazah dll.

      Delete
  19. Di masjid rumahku juga ada begini mbak, mirip banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya di masjid ada pengelolaan kematian kayak YBK? Oh, bagus ya :)

      Delete
  20. Di lingkungan tempatku tinggal kayaknya nggak ada yayasan seperti ini deh, Mbak. Apa aku yang kurang update, ya? Tapi aku setuju sih bahwa mempersiapkan saat-saat terakhir itu memang perlu. Baik itu untuk diri kita sendiri maupun orang yang kita kasihi. Terima kasih sharingnya ya Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya ada di wilayah tertentu, misal di Pasar Minggu dll. Kurang tau aku tuh, ada di mana aja YBK ini hihihihi :) Iya sama2 semoga bermanfaat.

      Delete
  21. Saya kira tadi fokus ke urusan perbungaan semata mba.
    Klo di kota saya malahan kurang tau ada yg bgini gak ya. Soalnya kami masih mengandalkan RT/RW setempat, termasuk iuran kematian, yg nantinya ada juga pengurusan jenazah, pemandian,dll. Makamnya aja yg mesti diurus terpisah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memang di lingkungan tempat tinggal biasanya ada iuran urusan kematian 😊 Tapi ga ada salahnya juga kan kalau kita berpartisipassi menjadi anggota YBK? Hehehe... Yuk, ceki2 infonya!

      Delete
  22. Kalau udah terdaftar di yayasan kayak gini, rasanya lebih tenang ya mbak. Terutama karena kita jadi merasa gak terlalu memberi beban pada keluarga ketika ditinggalkan

    Dan ternyata syarat2nya gak berat
    Semoga makin banyak yang terdaftar dan terbantu dengan yayasan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Arni 😊 Setidaknya in sya allah ga terlalu merepotkan orang2 terutama keluarga. PR nya sih masih kudu mencari makam 😅

      Delete
  23. Kapan juga sempet bahas tentang yayasan ini mbk sama suami saya

    kalau di Jogja, ibu saya juga ikut, namanya Bunga Selasih

    Makasih reminderny mbaaa, nanti saya hubungi nomor yang mbak sertakan di postingan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, di Jogja ada juga ya. Beda2 namanya yang penting sama kepentingannya untuk persiapan kematian anggotanya ) Iya, sama2.

      Delete
  24. Wah bagus sekali alasannya, mbak 😊
    Pasti banyak yang bisa ketolong dengan adanya ini. Semoga semakin banyak membantu orang lain ya, mbak 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul :D Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan informasi YBK ini :D

      Delete
  25. Baru tahu tentang Yayasan ini. Makasih banget informasinya ya mba, lengkap ini.

    ReplyDelete
  26. Kematian yang mendadak memang harus dipersiapkan yah. Tante aku juga baru cerita kalau dia dan keluarga ikut Yayasan seperti ini di daerah Serpong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, ga ada seorangpun siap dengan kematian 😊 Oh ya? Syukurlah 😀

      Delete
  27. aku baru tau deh yayasan bunga kamboja ini. makasii infonya mbak. yayasan ini tersebar di seluruh Indonesia, kah?

    ReplyDelete
  28. Alhamdulillah... saat kemarin tepat tanggal 1 April 2020 ibu mertuaku meninggal, semua pengurusan jenazah selesai dengan sangat cepat dan hanya sedikit merepotkan tetangga. Meninggal jam 5 pagi, jam 9.30 jenazah sudah rapi dimandikan dan dikafankan. kami sekeluarga memang sudah menjadi anggota yayasanbunga kamboja ini sejak 3 tahun yang lalu.
    Biaya 10.000 perbulan kami kumpulkan di satu kaleng hingga terkumpul selama 12 bulan kemudian kami bayarkan pada setiap awal tahun. Pada saat memasukkan kedalam kaleng, kami mengganggapnya uang amal yang dialokasikan untuk yayasan, sehingga jika tidak terjadi apapun pada kami, uang tersebut sangat berguna bagi orang lain. jadi pikiran kami sangat ringan untuk biaya tersebut.
    apalah artinya menyisihkan uang 10.000 perbulan untuk amal (ini hanya untuk meringankan pikiran saja).

    semoga bermanfaat.
    salam semangat menebar kebaikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo 😊😊 Turut berduka cita ya atas berpulangnya sang ibu mertua. Semoga amal ibadah beliah diterima di sisi Allah SWT aamiin. Oooh ya berarti realisasinya benar ya...sungguh membantu keluarga yang ditinggalkan sehingga ga terlalu merepotkan tetangga juga 😊 Iya sih anggap aja amal per bulan 10K. Bermanfaat sekali. Terima kasih sudah mampir ke blogku dan memberikan komentar riil. Salam hangat kembali.

      Delete
  29. Iurannya tergolong murah banget lo
    Kalau dikampung saya masuk dalam kelompok pengajian yasinan, nanti dapat kain kafan plus yang lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, murah banget 😁 Oooh, begitu ya? Alhamdulillaah.

      Delete
  30. Indah bgt bu artikelnya. Saya suka

    ReplyDelete
  31. Baru tahu ada jasa ginian. Iya sih meninggal di kota pasti merepotkan.Beda bgt ama di desa. 7 hari pasti ada aja tetangga yg msh bantu2. Program ini pasti meringankan banget sih

    ReplyDelete
  32. Aki dan bpak ibuku juga ikut anggota yayasan kematian d daerah magelang kak,
    Tapi kalo d tempatu, yayasan tersebut mempunyai gedung persemayaman sendiri, jadi kalo utk mensholatkan dan menerima pelayat langsung d gedung tsb, sudah disediakan semua peralatan utk si jenasah dan juga utk para pelayat,
    Jadi d rumah kaga usah pasang tenda, cukup acara d lakukan gedung d yayasan tersebut,dan langsung dbawa k makam,
    Lumayan lah..rumah kaga usah sewa tenda dan kursi..hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.