Thursday, January 31, 2019

# traveling & culinary # Yogyakarta

Petualangan Seru dan Menyenangkan, River Tubing di Sungai Oyo


petualangan seru yogyakarta river tubing rafting sungai oyo wisata goa pindul nurul sufitri social media mom blogger traveling culinary review


Apa sih yang ada di benak teman-teman ketika mendengar kata ‘rafting’ dan 'river tubing'? Takut ban pelampung terbalik dan kita ikut hanyut? Memacu adrenalin kita yach hehehe. Itu mungkin yang aliran sungainya di level sekian, deras banget. Tapi yang satu ini beda, jangan kabur dulu dong! Tulisan ini adalah lanjutan dari cerita basah-basahan saya sekeluarga ber-Cave Tubing di Goa Pindul.
 
Jadi, setelah kelar menyusuri air di dalam Goa Pindul, kami ga langsung mandi. Naik mobil bak terbuka lagi, ga jauh kok untuk melakukan River Tubing di Sungai Oyo. Memang orang-orang bilang ini kayak rafting ya. Tapi airnya tenang sih dan ga berasa tubuh tergoncang-goncang. 

petualangan seru yogyakarta river tubing rafting sungai oyo wisata goa pindul nurul sufitri social media mom blogger traveling culinary review
Cave Tubing di Goa Pindul Yogyakarta (Foto: Nurul Sufitri)

Sungai Oyo

Sungai Oyo terletak di Gelaran II, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891. Jam operasional wisata di Jogja ini dimulai pada pukul 07.00 hingga 16.30 WIB. Biasanya para wisatawan melanjutkan petualangan dari Goa Pindul ke Sungai Oyo yang jaraknya hanya sekitar 1 km aja. 

Wisata di Sungai Oyo lebih menyatu dengan alam dan lebih merasakan adventure yang berbeda. Cocok nih buat kalian yang suka berpetualang ajrut-ajrutan, ga takut basah-basahan. Makin asyik di kala turun hujan, soalnya aliran air sungainya semakin deras. 

Apalagi saat musim hujan, kata adik lelaki saya yang hobi naik gunung dan rafting, kudu coba! Kalau debit airnya memungkinkan, kita bisa menggunakan perahu karet menyusuri Sungai Oyo ini. Wah, saya berani ga ya kira-kira? Hhhmmm.. mikir dulu ah hehehe.

River Tubing Sungai Oyo

Ini dia nih kegiatan seru yang lebih menarik. Pemandangannya itu lho wuuuiiihh… indah nian, terpampang nyata di depan mata 😍 Bisa juga mata hati dan mata batin kita sih hihihi.


River Tubing di Sungai Oyo (Foto: pancawisata.blospot.com)
  
Air mengalir relatif tenang di sela-sela bebatuan yang ada di sungai tersebut. Buat saya dan anak-anak yang termasuk pemula rasanya ga perlu terlalu khawatir. Leganya, papa Rafa dan Fakhri sudah sering ikutan acara main air begini.

petualangan seru yogyakarta river tubing rafting sungai oyo wisata goa pindul nurul sufitri social media mom blogger traveling culinary review
Asyiknya River Tubing di Sungai Oyo (Foto: Nurul Sufitri)
  
Biasanya bareng event kantor team building gitu deh. Malah seringkali menjadi ketua jalan-jalannya, bravo! Pernah di Citarik, Bali dll selain Jogja, jadi kita bertiga udah dikasih gambaran kira-kira bakalan seperti apa keseruannya. 

Untuk bisa ikutan rafting/ river tubing di Sungai Oyo, sebelumnya harus daftar dulu paket wisata ‘Rafting Sungai Oyo’ di sekretariat travel agent yang kita pilih. Contohnya saya menggunakan jasa tur Panca Wisata. Kita diberi instruksi dari pemandu dan mulai mengenakan segala perlengkapan sebelum memulai rafting.

petualangan seru yogyakarta river tubing rafting sungai oyo wisata goa pindul nurul sufitri social media mom blogger traveling culinary review
Memakai Perlengkapan Untuk Aktivitas Cave Tubing dan River Tubing di Goa Pindul dan Sungai Oyo (Foto: Nurul Sufitri)

Peralatan keamanan yang kami kenakan sih sama aja seperti ketika berada di Goa Pindul. Jaket pelampung, sepatu atau sandal gunung. Yang penting ga licin deh, biar ga tergelincir. Banyak bebatuan di sisi kanan dan kiri sungai. 

Sebuah mobil bak terbuka dipakai untuk mengangkut peserta menuju titik awal rafting. Setelah turun mobil kami masih diharuskan berjalan melewati persawahan dengan berjalan kaki sambil membawa ban karet masing-masing yang akan dipakai lagi. Setelah berjalan singkat, sampai deh di tepi Sungai Oyo. 

Kemudian kami diajak turun oleh pemandu dan mulai mengikuti arus sepanjang 1,5 km. Panjang sungaisih segitu di musim kemarau atau 3-6 km saat musim hujan dengan waktu tempuh kurang lebih 1-2 jam. Kedalaman air di Sungai Oyo ga berbeda jauh dengan di Goa Pindul. Sekitar 0,5 - 1,2 m lah, kata tour guide.

Oh ya, bapak tour guide-nya berbeda, gantian gitu bukan yang tadi di Goa Pindul. Meskipun aliran airnya ga terlalu deras, kita tetap harus waspada dan saling berpegangan pada pegangan ban karet samping kanan dan kiri kita ya.

petualangan seru yogyakarta river tubing rafting sungai oyo wisata goa pindul nurul sufitri social media mom blogger traveling culinary review
Cave Tubing di Sungai Oyo (Foto: Nurul Sufitri)

Sempat tuh Rafa maupun Fakhri terpisah gara2 terlepas pegangannya dari ban, Saya panggil-panggil cemas gitu. Pemandu langsung beraksi menarik kembali ban anak-anak. Ban saya juga tersangkut di bebatuan, bawaanya udah ngeri aja. Bukan apa-apa, bayangainnya macam-macam. 

Takut tiba-tiba muncul ular, buaya dan lain-lain. Ih, kayak orang parno aja hahaha padahal in sya allah aman ga ada yang aneh-aneh gitu ya. Ya..namanya juga perdana buat saya. Anak-anak mah ga memperlihatkan raut wajah ketakutan, Cuma senyum-senyum aja, lalu teriak,”Mamah..mamah…!” hihihihi.

petualangan seru yogyakarta river tubing rafting sungai oyo wisata goa pindul nurul sufitri social media mom blogger traveling culinary review
Petualangan Seru di Sungai (Foto: Nurul Sufitri)

petualangan seru yogyakarta river tubing rafting sungai oyo wisata goa pindul nurul sufitri social media mom blogger traveling culinary review
Petualangan Seru River Tubing (Foto: Nurul Sufitri)

petualangan seru yogyakarta river tubing rafting sungai oyo wisata goa pindul nurul sufitri social media mom blogger traveling culinary review
Teteh Rafa dan Papa Menyusuri Sungai (Foto: Nurul Sufitri)

Aliran sungainya berada di antara dinding-dinding tebing bebatuan karts yang tinggi. Di tengah perjalanan, kami sengaja diberhentikan sejenak oleh pemandu. Wah, ternyata ada air terjun! Tingginya sekitar 2-4 m. Air terjun ini berasal dari Goa Pindul.

Baca juga deh: Tempat Wisata Honeymoon Terindah di Lombok

Air Terjun di Sungai Oyo   

Di beberapa titik tebing di sisi kanan dan kiri terlihat mengeluarkan air. Ada air terjun yang airnya keluar dari tebing maupun bebatuan dan terasa deras di kepala. Pemandu sengaja menarik kami satu per satu bergantian supaya kena pancuran air terjunnya, huaaaaa…. 😂

petualangan seru yogyakarta river tubing rafting sungai oyo wisata goa pindul nurul sufitri social media mom blogger traveling culinary review
Air Terjun Sungai Oyo (Foto: travel.detik.com)

Terjun Bebas dari Tebing Sungai Oyo

"Ayo, siapa mau keluar dari ban? Boleh berenang di sini kok. Ayo, dik, berani? Mau loncat dari tebing juga boleh lho", seru si bapak pemandu wisata. Wew, kayaknya ada yang tertarik nih, merasa ditantang hahaha. Siapakah dia?  Fakhriiiiiii....! Kamu hebat bangeeeeds sih nyalinya keren! 😄


petualangan seru yogyakarta river tubing rafting sungai oyo wisata goa pindul nurul sufitri social media mom blogger traveling culinary review
Fakhri Siap Terjun dari Tebing Sungai Oyo (Foto: Nurul Sufitri)





petualangan seru yogyakarta river tubing rafting sungai oyo wisata goa pindul nurul sufitri social media mom blogger traveling culinary review
Fakhri Berenang di Sungai Oyo (Foto: Nurul Sufitri)
   
Tahan napas sebentar deh, kuat kan. Jadi di sini kita berhenti sejenak menikmati air terjun. Fakhri malah naik sebentar lalu terjun bebas nyempung di Sungai Oyo ini. Keren, berani anak mamah yang ganteng ini. Ada pemandangan sawah juga di perjalanan menyusuri sungai. Kami melewati jembatan yang runtuh akibat banjir beberapa waktu lalu. 

Teman-teman, dengan mengikuti aktivitas outdoor seperti ini, kita begitu mensyukuri ciptaan Allah yang luar biasa menakjubkan. Dengan melihat pemandangan tebing kapur Sungai Oyo yang begitu indah, memandang langit biru di angkasa, alhamdulillaah wa syukurillaah.

Kelar bertualang di Sungai Oyo, langsung mandi deh trus makan siang atau kalau masing kedinginan bisa coba minuman hangat, misalnya teh manis atau kopi. Oh iya, sebelum berangkat ke Goa Pindul dan Sungai Oyo ini, kami sempat menikmati segelas teh manis hangat yang telah disediakan oleh Panca Wisata.

Mampir yuk! Ngopi dan Kuliner Lezat: Grand Opening OldTown White Coffee Arkadia Geren Park

 
petualangan seru yogyakarta river tubing rafting sungai oyo wisata goa pindul nurul sufitri social media mom blogger traveling culinary review
Pemandangan Langit Biru di Angkasa (Foto: Nurul Sufitri)

jembatan runtuh akibat banjir petualangan seru yogyakarta river tubing rafting sungai oyo wisata goa pindul nurul sufitri social media mom blogger traveling culinary review
Jembatan Runtuh Akibat Banjir (Foto: Nurul Sufitri)

petualangan seru yogyakarta river tubing rafting sungai oyo wisata goa pindul nurul sufitri social media mom blogger traveling culinary review
Menikmati Pemandangan Alam - River Tubing di Sungai Oyo (Foto: Mundax Tour & Travel)

Itulah cerita seru saya bersama keluarga tercinta seseruan ber-river tubing di Sungai Oyo, Yogyakarta. Ketagihan deh, kapan-kapan mau coba yang lebih panjang jaraknya ah 😃 Teman-teman punya nyali kan? Yuuuuks, liburan bareng! Sampai ketemu lagi di kisah jalan-jalan ga terlupakan berikutnya. Thanks and see you 😊





56 comments:

  1. sungai oyo aku baru denger mbaa, menarik yaaa
    suami mau ke Jogja lagi, bisa aku referensikan sungai oyo ini deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa mbak, indah bangets pemandangannya 👍👍😍 Next time aku mau coba yang jaraknya 6km in sya allah kalo cuaca mendukung 😘😘😘

      Delete
    2. Wahhh boleh nih calling calling wkwkw, saya juga tinggal di jogja

      Delete
    3. Bolehlah kapan2 hahaha...aku dari Jakarta sih.. zaman sekarang udh deket banget ke Jogja kan ada tol baru 👌😀

      Delete
    4. Saya orang klaten dekat dengan jogja saja juga baru tahu ada wisata yang namanya sungai oyo. Saya hanya tau parangtritis saja.

      Delete
    5. Aku malah belum sempet ke Parangtritis hehehe.. barteran deh kitah, mas 🤣🤣🤣

      Delete
  2. Wah selama ini aku belum pernah tu mba.. Soale gak iso renang... Btw tempat dan fotonya apik tenan ya 😀😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ga biaa berenang ga apa2 bisa kok ikutan. Kalo kecemplung kan ada tour guidenya hihihi 😂👌

      Delete
  3. Selain pemandangannya yang indah, yang membuat river tubing itu seru adalah sensasi mengambang di atas ban pelampung.

    Udah pernah body rafting di Green Canyon, mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyach seru river tubing di atas ban pelampung. Green Canyon? Belum pernah hehehe... semoga kpn2 bisa kesampaian 👍😍

      Delete
  4. Ini yg pgn aq coba drdulu mas.. cm blm ada tmn yg mau nemenin.. kl sndiri mana seru hehe
    Seperti ya aku harus explore lebub dlm lg ke arah gunkidul nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih kalo sendiri sepiii ga enak. Tapi ntar kan rame di sana banyak teman baru hahaha 🤣 Cari temen yg enak deh buat susur Sungai Oyo. Jangan lupa foto2an keren!

      Delete
    2. rafting sama cave tubing ga beda jauh sih,, aku gbs renang soalnya sama2 takut hahaha

      Delete
    3. Ahahahaha masa sih mas ga bisa berenang 😂 Ya ga apa2 juga kan ntar pemandunya jagain kita.

      Delete
  5. airnyat memang tampak mengalir dengan tenang. Tapi saya tetap takut, kawatir pelampung atau bannya terbalik. Tenggalamlah diri ini. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk Mas Djangkaru ga bisa berenang ya? Tenaaang, kalo kecemplung ntar diangkat sama bapak pemandunya 🤣🤣👍

      Delete
  6. Wahh jadi pengen ikutan akutuu... udah berapa tahun di jogja, ga pernah kesini :( ohiya, budget berapa itu mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo hari biasa rata2 susur Goa Pindul sekotar 35K, 40K dll deh. Belum termasuk Sungai Oyo. Waktu itu aku 100rb paket 2 tempat krn pas libur lebaran.

      Delete
  7. Saya udah pernah 2 kali rafting n tubing begini mbak,, lokasinya di Sumatera Utara dan bener asyik banget... 2 jam an di aliran sungai... naik ke daratan kedinginan lapar.... makan pun lahap...hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, enak dong ya 2 jam gitu rafting and tubing. Kalo aku cuma sebentar wkwkwkwkwk. Kapan2 mau yang rute panjang ah. Makannya biar lahap juga :D

      Delete
  8. baru tau setelah goa pindul masih ada lanjutanny seperti ini. bagus dilihat dari fotonya jadi pengen kesana lagiii :') pernah dulu nyoba river tubing waktu KKN dan pelmpungnya kebalik dan kebaliknya di tempat yang dalem pisan, tapi engga kapok justru pengen nyoba lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mb Awi, lanjut ke Sungai Oyo 😄 Leboh seruuuuuu apalagi bisa pemandangan langit biru.

      Delete
  9. Kalo rafting aku udah lima kali, dari sungai elo, Progo sampai Serayu. Tapi kalo river tubing aku gak berani, belum pernah nyoba mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap mb Hidayah! 😘😘😘 Uhuy banget sampai 5x rafting... Ke mana2 pula. Aku malah belom pernah. Mau ah kpn2 😍

      Delete
  10. Anak-anak happy, malah emak yang parno-an ya...Ih kayaknya seru. Kudu sabar dikit nih saya, anak-anak masih kecil euy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak 3 tahun ke atas udah enak dibawa2 kok, bisa dipangku pas river tubing :) Sip, mbak Vi.

      Delete
  11. ada kejadian lucu kalo yg tubing sungai oyo, pas aku ksana ama suami. dia kan berani jg lompat dr tebing air mancurnya mba. aku mah ga berani krn ga bisa berenang.

    nah nth kesangkut apa, celana pendek dia robek gede wkwkwkwkwk.. dan terlihat jelaslah celana dalamnya hahahahah. baru ketahuan pas loncat yg kedua kali. yg melihat cewe2 di bawah hahahahahah.. duuuuh aku sampe ngakak banget itu. udh bingung aja ini ditutupin pake apaan :p.soalnya mau balik ke pos kan msh jauh :D. seru sih sungai oyo ini. aku lbh suka tubing di sana drpada pas di laos.

    ada kegiatan kayak gini jg. tapi goa nya pendek, trus jalur masuk dan kluar sama. alhasil desak2an. ga banget dah..kalo di pindul kan jalur masuk dan kluarnya beda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahahahahahahah lagi ngebayangin kayak apa ya CD kelihatan ciwi2 di Sungai Oyo 😂🤣🤣😋😋🤣🤣 Jd ga tau gara2 kesangkut apa? Lucu bener. Oooh kalau di Laos PP sama jalurnya ya? Mumet rame kayaknya.. enak di Goa Pindul ya sip mb Fanny 😘😘

      Delete
  12. Kedalamannya cuma 1,2 meter beneran mbaa? Berani deh aku river tubing di Sungai Oyo, aku lebih tinggi soalnya hihihi.. 😁😁 Seru, ya, mbaaa.. Bagus pun pemandangan di sekelilingnya tebing gitu, ada air terjun lagi.. Jadi gak sabar nunggu anak-anak gedean biar bisa diajak aktivitas yang kayak gini, deh.. 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kedalaman airnya kayak di Goa Pindil. Soalnya pemandu wisatanya kan jalan2 gitu di air. Dia ga pakai ban pelampung. Paling tarik2kn ban wisatawan sambil cerita2 tentang Sungai Oyo dll. Seruuuuu...beneran deh aku n anak2 aja mau lagi kpn2 😄😍

      Delete
  13. Wah, seru banget wisatanya. Saya sampai sekarang belum pernah river tubing, lho. Pengin nyobain, tapi jadwal jalan ke Jogja nggak pernah klop dengan keinginan untuk jalan-jalan merdeka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sempetin waktu liburannya buat main2 air di Sungai Oyo, mbak Dhah 😍 Makin rame makin seruu bareng keluarga asik deh. Kalau berani, loncat dari atas deh dekat air terjun tuh kayak anakku.

      Delete
  14. Wiiih seru dan asyik banget ya bisa libutan bersama keluarga yg cukup memacu adrenalin hehehe. Aku juga deg2an perasaanya pas pertama kali nyobain river tubing, di Jogaja juga tp beda tempat ;)

    Pernah nyangkut juga dibebatuan, rasa deg2an nta tapi terbayarkan pas melihat pemandangan yg indah dan air terjun hihihi. Puas bisa main basah2an ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik dunk, Mel :D Di mana tuh, river tubingnya? Ada lagi tempat lain ya? Mau ah kapan2. Lucu juga ya plus deg2an ketika nyangkut di bebatuan. Apanya yang nyangkut? Baju atau orangnya? hihihihi....

      Delete
  15. Di kota Jogja makin banyak wisata arung jeram ya, seru pasti.
    Ada rasa pengin cobain hehehe, cuma belum sempat aja nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sampai ga sempet lagi, mbak Tite hihihi..ntar nyesel loh. Asik nih basah2an rame2 :D

      Delete
  16. Aku pas ke Jogja belum sempat kesini, mba. Padahal pengen banget karna tampak seru sekali yaaa. Mba, harga per orang berapakah? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga paket Goa Pindul dan Sunhai Oyo pas lebaran 2018 itu 100K per org, mbak Al 😊 Ada harganya di tulisan Goa Pindul sebelum judul ini 😘 Siiiip deh kpn2 coba yaaaa.

      Delete
  17. Wah seru banget nih mba Nurul. Aku mau dong kalo airnya tenang, jadi gak takut tenggelam wkwk.... Harganya gak terlalu mahal yah cuma 100K per orang. anak-anak pasti gak mau cepat-cepat keluar dari air nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Leyla 😍 Iya enak bangets deh mauuu lagi yang lebih lama hahaha. 100K itu karena musim liburan lebaran. Kalau ga sih lebih murah. Apalagi kalau cuma ambil Goa Pindul rata2 35-40K aja. Yuuuks!

      Delete
  18. Baru dengar Sungai oyo ini, keren ya tempatnya... jadi pingin ke Yogya deh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok mb Memez, nyebur rame2! Pasti Resky demen deh 😍

      Delete
  19. asyik sekali mba karena bisa bermain air dan eksplor alam bersama teman-teman yang lain. btw sungainya dalam ga ya? jadi klo yang ga bisa berenang bisa aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruuu dan mau lagiiii 😍 Gq terlqlu dalam kok. Pemandu wisatanya aja bisa ga pake ban pelampung hihihi. Tapi amannya sih kita pakai lengkap aja.

      Delete
  20. Wahhh asik nih liburannya wuehehe, jadi pengen ikut juga hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk kapan2 ikutlah hahaha sip 😉😁

      Delete
    2. wahhh boleh boleh, tinggal calling calling aja wuehehe :D

      Delete
    3. Bisaaaaaa.....kalau jodoh pasti bertemu 😂

      Delete
  21. Cocok nich kalo lagi tenang arus sungainya buat bersantai menikmati pemandangan tebing tebing sungai oyo. Aku malah tertarik sama tebingnya sungai Oyo dibandingin nge-tubing 😁😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehehe... iya bli ☺ Keren memang si tebing ini. Aliran air sungainya memang tenang kok jadi kita santai menikmati pemandangannya.

      Delete
  22. Saya yak berani rafting gitu soalnya tak bisa renang, Teh. Sudah tak kuat ikut kergiatan yang ada debar-debar aderenalinnya sialnya jantung saya lemah sejak tahun 2014 karena musibah. Cukup adi penikmat di pinggiran saja, jadi pemandu sorak, ha ha.
    Keluarga Teteh hebat, berani main air segala. Doanya cantik, benar bertualang di alam bebas bikin kita kian dekat dengan Allah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiiiihhhh.... yuk berenang sama aku hihihihi... jangan kalah sama mama saya yang sampai sekarang semangat les berenang :) Pelan2 aja pakai papan pelampung yang penting bergerak. Makasiiih, kita mah emang demen main2 air biar seruuuu berdebar2 :D

      Delete
  23. Wah berarti abis dari Gua Pindul, lanjut ye ke Sungai Oyo. Masya Allah ya pasukannya Mba Nurul ini, energinya nggak abis-abis, haha... Fakhri ternyata anaknya beranian juga ya, Mba Nurul. Sampe terjun dari tebing gitu, hahah... Serem juga sih kalo ban sampe nyangkut2 gitu, tapi pastinya asyik banget ya, Mba Nurul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul...lanjut paketannya biar sekalian hahaha. Seruuuu.... iya anak2 berani semua. Fakhri loncat dari tebing byuuurrr 😂

      Delete
  24. aku pernah kesini, tapi belum aku tulis di blog... padahal mah dokumentasinya udah lengkap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Ilham 😘 Sok atuh lah buru2 ditulis buat kenang2an hehehe.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di 'rumah' saya. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan saya munculkan.