Daftar Isi [Tampilkan]
Hai, teman-teman! Tahukah kalian bahwa kini ada cara praktis untuk mendapatkan info tiket kereta api yang lengkap dan bisa dibeli juga lho. Pastinya ga perlu jauh-jauh mengunjungi stasiun kereta api, tapi cukup di dalam rumah atau di tempat kerja. Gunakan smartphone atau membuka internet, maka berbagai informasi tentang kereta api akan didapat secara mudah 😃

cara praktis mencari info dan membeli tiket kereta api secara lengkap di traveloka nurul sufitri travel lifestyle blogger review culinary

Cara Praktis Mencari Info dan Membeli Tiket Kereta Api Secara Lengkap

Buka Aplikasi Traveloka 

Traveloka adalah salah satu OTAs atau Online Travel Agencies yang ada di Indonesia. Ini adalah salah satu penyedia jasa yang ga hanya menawarkan tiket kereta api aja. Yakin deh, kalian sudah banyak juga menjadi pelanggan setia Traveloka, termasuk aku 😊 Seperti pada umumnya Travel Agencies, ada banyak sekali tiket dan paket yang ditawarkan Traveloka, mulai dari tiket pesawat, tiket hotel, paket wisata dan lainnya.

cara praktis mencari info dan membeli tiket kereta api secara lengkap di traveloka nurul sufitri travel lifestyle blogger review culinary
Aplikasi Traveloka (Foto: Traveloka)

Teman-teman yang ingin mencari info tiket kereta api yang lengkap dan bisa dibeli juga sebaiknya masuk ke menu transportasi kemudian pilih menu kereta api. Dari sana, kalian akan memasukkan beberapa data tertentu, sebelum akhirnya dapat memilih kereta api yang akan digunakan. Informasi tentang kereta dan tiket kereta ini akan didapat di awal halaman. 


Jadi dalam hal ini, kita akan memasukan informasi tentang lokasi stasiun awal keberangkatan dan ke mana kita akan berangkat. Untuk stasiun tujuan umumnya cukup beragam. Ada stasiun yang khusus untuk kereta kelas ekonomi, ada juga stasiun khusus untuk kereta eksekutif. Apabila teman-teman kurang paham tentang masalah ini, jangan khawatir ya 😃 Nantinya stasiun tujuan ini juga akan hadir pada kolom informasi tambahan lainnya. 

Jangan lupa masukkan juga informasi tentang kapan kalian akan berangkat. Tanggal keberangkatan ini bisa kapan aja, ga hanya tanggal di esok hari saja. Informasi tentang 90 hari ke depan juga dapat diperoleh. Jadi kita dapat memasukkan tanggal kapan pun yang diinginkan. Baru pada halaman berikutnya kita akan memperoleh informasi tentang kereta api tersebut, seperti nama kereta, kelas kereta, jadwal keberangkatan, harga dan aneka informasi lainnya. 

Dari informasi inilah, kita mudah menentukan kereta mana yang akan digunakan. Sedikit tips agar mudah memilih kereta adalah dengan memmerhatikan waktu keberangkatan dan kelas kereta yang ingin dinaiki. Seperti diketahui bersama, kereta api mempunyai 3 buah kelas yaitu kelas ekonomi, bisnis dan eksekutif. 

cara praktis mencari info dan membeli tiket kereta api secara lengkap di traveloka nurul sufitri travel lifestyle blogger review culinary
Kereta Api Terpopuler (Foto: Traveloka)

Tips tambahan untuk kita semua nih dan pastinya ga banyak diketahui orang adalah dalam halaman ini, kita secara ga langsung dapat memilih kursi yang akan diduduki kelak. Asyik kan? Caranya mudah sekali, yakni dengan memilih jenis kelas dan huruf abjad yang ada di sebelahnya. Selain itu kita juga bakal tahu tentang durasi perjalanan, kapan waktu akan berangkat dan kapan waktu tiba. Informasi ini yang akan berguna dalam menyusun agenda perjalanan kelak. 
 

cara praktis mencari info dan membeli tiket kereta api secara lengkap di traveloka nurul sufitri travel lifestyle blogger review culinary
Bisa Pilih Kursi Kereta Api (Foto: kabarpenumpang.com)
 
Sedangkan untuk kolom harga sendiri, adalah informasi tentang harga tiket per orang. Kalian yang berangkat bersama teman, saudara atau yang lainnya, akan memperoleh total harga tiket pada kolom ‘rincian harga’. 

Metode Pembayaran yang Beragam 

Yang menarik dari Traveloka ini adalah metode pembayarannya yang terbilang beragam. Ada beberapa pilihan metode pembayaran yang dapat digunakan, mengingat saat ini partner pembayaran resmi yang sudah bekerja sama dengan Traveloka terbilang cukup banyak. Wah, kita makin dimanja aja ya sama OTA yang satu ini hehehe 😄

cara praktis mencari info dan membeli tiket kereta api secara lengkap di traveloka nurul sufitri travel lifestyle blogger review culinary
Metode Pembayaran (Foto: Traveloka)

Adapun pilihan metode pembayaran yang dapat dilakukan antara lain adalah menggunakan kartu kredit, saldo UANGKU, kartu debit, membayar di salah satu minimarket (seperti Alfamart dan Indomaret), hingga membayar menggunakan sistem Pay Later. Kalau aku pernah menggunakan metode pembayaran dengan kartu debit dan membayar langsung di kasir minimarket, sekalian belanja.

Tentunya kita akan mudah memilih salah satu alat pembayaran yang pas dan dapat digunakan. Dalam hal ini, pihak Traveloka akan memberikan batas waktu pembayaran, yaitu sekitar 48 jam. Apabila dalam kurun waktu yang ditentukan kita masih belum dapat membayar karena satu dan lain hal, maka booking tiket akan dibatalkan. 

Jika ingin melakukan booking tiket, harus memulainya kembali dari awal. Pada saat proses pembayaran, teman-teman ga perlu khawatir masalah standar keamanan yang ada karena transaksi uang masuk dan keluar dapat dilacak melalui akun kalian, terutama riwayat transaksi. 


Adanya Fitur Tambahan 

Yang menarik, ketika kita melakukan booking tiket kereta seperti ini. kita juga akan ditawarkan untuk melakukan booking hotel dan juga layanan antar jemput. Wah, setali tiga uang nih 😍 Praktis banget ya. Layanan ini hanya sekedar mengingatkan kita, siapa tahu membutuhkannya. Namun kalaupun ga, tentunya kita dapat mengabaikannya. 

Gimana, mudah kan mencari info dan memberli tiket kereta api secara lengkap di Traveloka? Ah, jadi kepengen liburan lagi hehehe. Ajak-ajak aku yach, teman-teman!



70 comments:

  1. wah saya juga sering pakai jasa traveloka mba sampai detik ini. tak hanya kereta api sih, pesawat, hotel dan experience juga mba :D wah ternyata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah terbiasa dimanja sama Traveloka, jadi ga bisa ke lain hati ya, Mas Andrew hihihihi :D SIp lah mantabbbb!

      Delete
  2. Iya, mudah bgt
    Saya pernah pesan kereta api pakai Traveloka dari Medan ke Rantauprapat hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Praktis banget kan ya? Pesan tiket kereta via Traveloka :)

      Delete
  3. Traveloka tuh rekomen bgt. Sering pesen tiket KA, pesawat dan booking hotel dengan Traveloka, alhamdulillah smua lancar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss! AKu juga pesan hotel, pesawat, kereta pakai Traveloka :D Lancar jaya dan bahagia ya mbak Leha :D

      Delete
  4. Wah, jadi gampang ya mau kekeretaan. Pengen nyobain ah.. Waktu itu mau kekeretaan gak boleheun ribet katanya ngurusin tiketnya, pesennya dll. Kalau gampang gini tinggal cusss gujes gujes. Makasih sharingnya ya. 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul :) Hayuk dong cobain pas liburan anak2 nih atau lebaran bentar lagi kan hehehe. Iya, sama2.

      Delete
  5. Walah, jadi pingin liburan
    Nabung dulu ah, agar tak sekedar angan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nabung yang banyak mbak hihihi :) Naik kereta yg eksekutif makin asyik tuh :)

      Delete
  6. Semua jadi lwbih lengkap dengan menggunakan aplikasi Traveloka ya, mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat! Komplit ada semua yg kita butuhkan deh :D

      Delete
  7. Iya, kalau pesan tiket kereta dan atau pesawat, enak traveloka. Kalau sekalian punya dana lebih, bisa pesan mobil dan hotel dalam sekali waktu. Tapi saya biasanya dijemput teman dan nginepnya numpang. WKwkwk. Tapi tetap pakai Traveloka, kok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul :) Sekalian pesan semua di Traveloka biar ga pusing sana-sini wkwkwkwkk :D

      Delete
  8. Traveloka emang paling lengkap sih untuk travelling, mulai urusan tiket, hotel, dan tetek bengek urusan perjalanan. Jadi pengin liburan lagi mbak. Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak : Liburan terus aja maunya ya sammmmaa deh aku juga hehehe :D

      Delete
  9. Beli tiket kereta api di Traveloka ini banyak untungnya loh. Beberapa waktu lalu pernah beli tiket ditambah diskon. Seneng banget pokoknya. Traveloka aplikasi kesayangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak promo juga kan makin demen kita apalagi ibu2 suak diskonan hahaha :D

      Delete
  10. Aku juga sering pesan tiket kereta api via traveloka. Memudahkan sekali ya

    ReplyDelete
  11. Klo pergi naik kereta, aku juga pesennya di traveloka

    ReplyDelete
  12. Hampir rutin aku pake jasa moda transportasi kereta api bandung-surabaya pertiga bulan sekali. Dan ternyata Traveloka paling cocok dan paling mudah diakses menurut pengalamanku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah cocok di hati dan kantong ya mbak hehehe :D

      Delete
  13. Traveloka ini memang andalan banget ya Mbak. Saya juga kalau mau cari tiket transportasi tinggal buka aplikasi traveloka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi yoi :) Yang penting mantap aja sama pilihannya mau ke mana tgl brp hihihihi..maunya lamaaaa travelingnya ya.

      Delete
  14. Oh... Saya ada pengalaman beli tiket lewat traveloka juga. Waktu itu untuk perjalanan ke kebumen pergi-pulang. Transaksi cepat dan sangat mudah. Yang penting tidak terlambat membayar ( ada waktu 30 menit) supaya pesanan tidak dibatalkan dan harus mengulang lagi pemesanan dari awal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cepat dan mudah. Itu dia yg disukai para pelanggan Traveloka ya. Iya mesti lekas bayar biar ga menghilang yg udah dibooking.

      Delete
  15. Asyik banget emang kalau mau pergi-pergian pakai kereta api terus tiketnya beli di Traveloka. Mudah, udah gitu suka ada diskon, bisa pesan tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan dan pilihan pembayarannya ada banyak. TOP bgt :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diskoooon! Demennnya emak2 hahaha :) Top banget pastinya Traveloka.

      Delete
  16. Kepengen banget mudik nanti nyobain moda transportasi kereta, biasanya pesawat dan sambung bis aja. Semoga kesampaian, pengen ngerasain sensasinya *soalnya jarang-jarang, hehe*. Thankyou mbak ulasannya jadi saya tahu cara mesennya. Soalnya kalau dulu cuma ngandalin dipesenin temen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa, bentar lagi kan lebaran. Makin ruamee aja deh org2 pada booking tiket KA hihihihi. IYa sama2 ya. Met mencoba sendiri :)

      Delete
  17. Di Traveloka emang menawarkan banyak kemudahan ya, udah gitu banyak diskonnya pulak. Jadi syuka.

    ReplyDelete
  18. Wahhh kami baru tahu nih mbak ada cara praktis buat nyari tiket kereta api. Hahaha
    Mungkin juga karena kami memang jarang menggunakan kereta api jadi gak kepikiran soal itu.
    Informasinya bisa jadi referensi buat kami.


    Salam hangat dari kami Travel Blogger Ibadah Mimpi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk mas dicoba deh pesen tiket KA :) Enak loh gejes-gejes makan dan minum pesan di restorasi. Di Traveloka kita bisa pesan semua, penginapan, kereta, dll :D

      Delete
  19. Banyak cuga ya fitur yang diberikan. Saat ini untuk membeli tiket kereta saya selalu menggunakan KAI Acces. kapan-kapan mau coba pakek traveloka biar tau perbedaannya. Ngomong-ngomong ada diskonnya apa tidak ya di traveloka.
    Sekarang untuk mengakses fasiias publik sudah sangat mudah dan cepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, banyak pilihan :) Sip selamat mencoba pesan tiket dll di Traveloka ya :)

      Delete
  20. Ade belum pernah nih bayar traveloka di mini market. Deket nih sama rumah. Kena charge lagi ga ya? Ada layanan jasa antar ke hotel dan booking hotel juga? Lengkap ya. Kalau yang ga mau pusing enak banget nih mesen di traveloka. Praktis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku biasanya pembayarannya lewat transfer bank :) Mudah kok kalau di minimarket tinggal infoin semacam booking ID gitu di kasir. Palimg ada customer fee alias biaya admin 2.500 kira2 ya. Kurang tau kalau sekarang hehehe. Iya lengkap.

      Delete
  21. aku pas liburan kemaren beliin tiket kereta jakarta bandung buat aa. alhamdulillah lancar jaya dan anaknya sampe dengan selamat di tempat tujuan. malah nyampenya barengan sama aku n keluarga yg berangkat dari subang ke bandung, maklum kena macet kalo naik mobil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, senangnya! Iya tuh lebih cepat sampainya ya perjalanan naik kereta api dibandingkan mobil yg sering terkena macet :)

      Delete
  22. Persaingan semakin ketat di dunia per-OTA-an, traveloka harus lebih inovatif lagi nih dan kalau bisa memberikan lebih banyak diskon. Ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya bener banget, mas. Persaingan sehat yg bikin kita makin dimanja oleh OTA terutama Traveloka :D

      Delete
  23. Langganan banget ini sih. Engga cuma tiket KA, pesawat, hotel, dan tempat makan bisa. Bahkan nonton juga. Sip deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sama mbak. Udah sehati sih apa aja tersedia.

      Delete
  24. Dulu sih sering naik kereta, sekarang di sini nggak ada kereta hahaha...

    Iyes paling gampang memang pesen dari aplikasi online, terutama ya Traveloka, tinggal klak klik doank kan langsung jadi tiketnya...

    Kurang gampang apa coba Traveloka hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah super gampang hahaha Traveloka gitu loh :D Emang tinggal di mana sih mas kok ga ada kereta?

      Delete
  25. Aku sering pesan tiket kereta di Traveloka ini. Tapi sayang ya pesan tiket kereta ini cuman bisa sampai 4 orang dalam sekali booking. Padahal aku sering butuhnya pesan tiket sampai 8 orang dan bisa duduk berjejer..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mungkin nantinya semoga bisa pesan tiket kereta lebih dari 4 orang yaaa....

      Delete
  26. Saya termasuk pecinta Traveloka nih kalau pesan tiket, dari pesawat, kereta, sampai harga tiket bus pun saya ngeceknya via aplikasi ini. Cintaaaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cintanya udah lengket ya sama OTA yang satu ini hihihihi :)

      Delete
  27. Love banget deh sama Traveloka, sejak pertama kali pake langsung suka karena memang terbukti membantu dan praktis banget. Tiket kereta khususnya, sering ada promo diskon harga yang lumayan membantu banget. Terus ada yang baru lagi, yaitu algoritma yang memberi rekomendasi kereta lanjutan kalau kita masukkan kota-kota yang tidak ada rute langsung. Ini keren banget sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tentu dong. Apalagi sering banget ada promo2 hotel dll kan biar sekalian pesan semua all ini 1 gitu. Betul, jadi ga keder ya kalo ada kota2 yg ga ada rutenya langsung.

      Delete
  28. Saya juga biasa memesan tiket kereta api di Traveloka. Mudah dan bayarnya juga nggak ribet.

    ReplyDelete
  29. Traveloka selalu jadi andalan memesan tiket kereta api karena mudah, metode pembayaran beragam, dan bisa pilih kursi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat 😍😍😍 Udah anteng pokoknya deh kalau jalan2 pesan semua di Traveloka.

      Delete
  30. aku juga pakai traveloka untuk beli tiket kereta.. nyaman dan mudah banget.. pernah traveling rombongan kelg ke luar kota naik kereta, dan aq baru blakangan sempet pesen tiket di traveloka, mulai dari gerbong, sisi kanan ato kiri dan baris seatnya bisa dicocokin sama mereka, seneng banget ga kepisah rombongan:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiknyaaaa ya mbak bisa tetap serombongan dg yeman2 😍😍 Yoi2 bisa pilih kursi pas pesen tiket kereta itu nyenengin yaaa.

      Delete
  31. Makin banyak ya pilihannya sekarang untuk bayar2 pake Traveloka. Waktu itu beli tiket kereta di minimarket sih, entah mbaknya pake sistem apa itu, haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyess hihiihi jadi mudah buanget kaan cara bayarnya :D Makin demen halan2 dah Ms. Nita :D

      Delete
  32. Teteh, aku juga sering beli tiket di Traveloka hehe. Besok aja buat berangkat ke Palembang dan Yogyakarta beli tiketnya di Traveloka haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sering juga ya Ipul udah langganan beli tiket di Traveloka 😘😘

      Delete
  33. Aku sering banget cari tiket KAI di Traveloka
    Suka ada promonya, simpel dan efisien. Ga ribet dan ga pake antri di loket

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya gampang banget deh ya pesen tiket dll di Traveloka 😍😍

      Delete
  34. Sering juga aku menggunakan fitur ini, maklum..bepergian dengan kereta bagiku sangat menyenangkan. Untung sekarang Traveloka lebih kumplit layanannya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi mbak. Bepergian naik Ka sungguh menyenangkan 😍

      Delete
  35. aku juga cukup sering juga pesan tiket kereta api dari traveloka, praktis pesennya, cara bayarnya juga banyak pilihan, mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss 😍😍 Iya pokoknya banyak pilihan dan praktis juga cara bayarnya 😘

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.