Monday, September 03, 2018

# Review # sharing

Cara Cepat dan Mudah Memperpanjang SIM A dan SIM C di Satpas Polres Metro Jaya Jakarta Selatan



cara cepat dan mudah memperpanjang sim a dan sim c di satpas polres metro jaya jakarta selatan nurul sufitri blogger


Halo…halo…! Apa kabar teman-teman semua? 😊 Saya sudah ga sabar mau kasih info terkini, pengalaman memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) yang cepat banget prosesnya. Kasih jempol 4 deh buat seluruh petugas di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM di Polres Metro Jaya, Jalan Wijaya II No. 42 Jakarta Selatan. Puas banget hanya dalam waktu 20 hingga 30 menit aja, jadi deh SIM A dan SIM C saya terbaru, uhhuuuyyy! Jadi dong ulang tahunnya 😍

Ceritanya, pada Hari Rabu, 29 Agustus 2018 lalu saya ditemenin suami tercintah memperpanjang SIM. Waktu itu sengaja menuju daerah Wijaya sana mengendarai sepeda motor. Tentu saya dong yang dibonceng hihihi. Biar ga kena macet, no..no..no pake mobil, ntar mumet 😎 Oh iya, saya sudah menyiapkan fotokopi KTP, SIM A dan SIM C masing-masing 6 lembar hehehe kali aja diminta banyak kan sudah ada di tas. 

alur proses standar waktu dan biaya penerbitan sim a dan sim c perpanjangan di satpas polres metro jaya jakarta selatan nurul sufitri blogger
Alur Proses, Standar Waktu dan Biaya Penerbitan SIM A dan SIM C Perpanjangan

Alur Memperpanjang Surat Izin Mengemudi di Polres Metro Jaya 

1. Datang ke Lokasi 

Dari rumah saya di bilangan Jagakarsa, langsung deh berangkat pukul 07.30 WIB lewat Kementerian Pertanian, Jalan Ampera, Kemang dan seterusnya. Kurang lebih satu jam perjalanan lumayan cepat juga alhamdulillaah. Ternyata kita ga bisa parkir di dalam Polres, jadi di sampingnya kan ada jejeran ruko-ruko gitu, masuk deh di parkiran khusus motor. 

Tiba-tiba papa Rafa & Fakhri ini teringat akan ayahanda alm yang berprofesi polisi dan sempat tinggal di Komplek Polri Pengadegan, Pancoran, Jakarta Selatan. Sebelum pensiun dan meninggal dunia ketika suami masih kuliah dulu, papa mertua (alm) sempat menjabat sebagai Kabag. SIM di Polda Metro Jaya. Pernah menjadi Kepala Patroli Pengawal Motor Besar dan Mobil Seluruh Indonesia dan DKI Jakarta πŸ˜ƒ Wah, sayang banget saya ga sempat mengenal beliau, hiks, namanya Bapak M. Abdul Rahman (alm). 

Saya dan suami berjalan menuju halaman sambil bergandengan tangan hehehe pagi-pagi udah mesra aja wkwkwkw. Di pintu gerbang Polres Metro Jaya ada dua orang bapak polisi dan kami langsung memberi salam, “Selamat pagi, pak”. Lalu dijawab ramah oleh pak polisi tersebut, “Selamat pagi. Ada yang bisa dibantu?”. 

“Saya mau memperpanjang SIM, pak”. “Oh ya, silakan masuk. Jalannya sini ya, memutar lewat belakang”. “Baik, terima kasih”. Ternyata di lapangan memang sedang ada acara. Banyak orang berkumpul sepeti mengenakan pakaian olahraya atau apa gitu ya, bukan pakaian polisi sih. Atau ada apel ya, kurang ngerti juga. 

Singkatnya, kami masuk ke gedung tempat memperpanjang SIM dilakukan, yakni di samping masjid sekitar area tempat fotokopi. Seorang bapak agak berisi tinggi besar berkulit agak gelap menyapa kami dengan sopan dan memberikan arahan dengan jelas tentang prosesnya. Aih, kepengen minta foto bareng cuma ga enak hihihi πŸ˜„ 

tempat perpanjang surat izin mengemudi sim di satpas polres metro jaya jakarta selatan nurul sufitri blogger
Tempat Perpanjang Surat Izin Mengemudi di Satpas Polres Metro Jaya Jakarta Selatan

2. Membayar Biaya Perpanjangan SIM 

Saya dan suami masuk ke dalam ruangan pertama untuk pembayarannya. Terdapat seorang petugas yang baik dan ramah sekali pelayanannya.

tanda bukti pembayaran surat izin mengemudi sim di satpas polres metro jaya jakarta selatan nurul sufitri blogger
Tanda Bukti Pembayaran Surat Izin Mengemudi (SIM)

SIM Perpanjangan 

SIM A, B I, B II dan Umum : Rp 80.000,-
SIM C, C I dan C II : Rp 75.000,-
SIM D dan D I : Rp 30.000,-

Nah, saya bayar perpanjangan SIM A Rp 80.000,- dan SIM C Rp 75.000,- jadi totalnya Rp 155.000,-

SIM Baru 

SIM A, B I, B II dan Umum : Rp 120.000,-
SIM C, C I dan C II : Rp 100.000,-
SIM D dan D I : Rp 50.000,-

3. Membayar Premi Asuransi Kecelakaan Diri Pengemudi (AKDP) 

Fungsi kita membayar AKDP di PT. Asuransi Bhakti Bhayangkara ini adalah sebagai Surat Permohonan Penutupan Asuransi Kecelakaan Diri untuk jangka waktu 5 (lima) tahun atau sama dengan berlakunya Surat Izin Mengemudi (SIM) yang kita miliki. Besarnya biaya yakni Rp 30.000,- per perpanjangan SIM. Total pembayaran saya berarti Rp 60.000,-
 
Saya pun mendapatkan tanda buktinya yang berwarna biru ini, teman-teman. Petugas meminta masing-masing fotokopi KTP, SIM A dan SIM C. Kalau ga salah satu atau dua gitu, ah pelupa saya nih. Ya, pokoknya beres lah begitu πŸ˜„ Lalu saya diberikan Kartu Asuransi Kecelakaan Diri (AKDP) yang harus disimpan baik-baik.

tanda terima premi asuransi pepanjang sim di satpas polres metro jaya jakarta selatan nurul sufitri blogger
Tanda Terima Premi Asuransi

tanda terima premi asuransi pepanjang sim di satpas polres metro jaya jakarta selatan nurul sufitri blogger
Tanda Terima Premi Asuransi

santunan premi asuransi kecelakaan diri jaminan karena meninggal dunia cacat tetap dan biaya maksimal perawatan rumah sakit di satpas sim polres metro jaya jakarta selatan nurul sufitri blogger
Santunan Premi Asuransi Kecelakaan Diri, Luas Jaminan Karena Meninggal Dunia, Cacat Tetap dan Biaya Maksimal Perawatan Rumah Sakit
kartu asuransi kecelakaan diri sim a dan sim c di satpas polres metro jaya jakarta selatan nurul sufitri blogger
Kartu Asuransi Kecelakaan Diri (AKDP) SIM A dan SIM C Milik Saya

bagian belakang akdp kartu asuransi kecelakaan diri di satpas polres metro jaya jakarta selatan nurul sufitri blogger
Bagian Belakang AKDP

4. Menuju Loket Pengambilan Formulir Perpanjangan SIM 

Petugas memberikan 2 formulir yang sama dengan masing-masing ada beberapa rangkap, lupa ga dihitung waktu itu. Oh ya, saya diminta memperlihatkan SIM A, SIM C dan KTP yang asli, kemudian dikembalikan kepada saya.

Saya langsung mengisi kedua formulir lebar berwana biru itu deh. Tenang, ada meja miring yang disiapkan seperti biasa di sisi ruangan, ga jauh dari pintu masuk awal. Pak suami fotoin saya kok agak ragu-ragu ya, tapi lumayan kan hasilnya ga jelek-jelek amat, tarrraaaaa! Cekrek!

isi formulir data diri perpanjang sim a dan sim c di satpas polres metro jaya jakarta selatan nurul sufitri blogger
Saya Mengisi Formulir Data-data Pribadi Perpanjangan SIM A dan SIM C
formulir perpanjangan sim di satpas polres metro jaya jakarta selatan nurul sufitri blogger
Ini Formulir Pepanjangan SIM

lembar penilaian serta saran masukan pepanjang sim a dan c di satpas polres metro jaya jakarta selatan nurul sufitri blogger
Lembar Penilaian Serta Saran Masukan

Oh ya, petugas pertama yang berperawakan berisi tadi memberikan selembar formulir kepuasan customer untuk diisi jika SIM baru saya telah jadi. Beneran deh orangnya ramah. “Di sini, bu, nulisnya. Ada mejanya, ada contohnya juga hehehe”, ucapnya. “Baik, pak, terima kasih”. 

Yang diisi simple aja sih, paling data-data pribadi. Setelah kelar isi formulir tersebut diserahkan ke loket yang tadi memberikan formulir tersebut. Petugas perempuan berkata,”Setelah ini ibu difoto. Silakan tunggu dulu di ruang tunggu sana ya, nanti dipanggil”. 

5. Pemeriksaan Kesehatan 

Oh ya, hampir kelupaan. Saya harus melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum difoto. Letaknya di luar sejajar dengan pintu masuk gedung perpanjangan SIM ini. Ada 2 orang ibu di dalamnya. Yang satu petugas dan satunya lagi dokter cantik berhijab masih muda. 

Dicek formulir administrasi lalu saya dites membaca beberapa huruf yang terpantul di cermin panjang. Alhamdulillah bisa semua horeeeeee…. Ehemmm..Sempat khawatir juga kan sudah lama ga baca begitu huruf kecil-kecil wkwkwkkw.

Berapa biayanya? Untuk 2 SIM ini cukup mengeluarkan uang RP 25.000,- saja. Saya sempat bertanya, “Bu dokter, saya perpanjang 2 SIM, jadi berapa?” “Oh, Rp 25.000,- saja”. “Kalau 1 SIM juga sekian ya bu?” “Iya, betul”. 

 

6. Difoto 

Nah, sekarang urusan cekrek nih, teman-teman. Selang dua nama orang lain, nama saya pun terdengar jelas, “Ibu Nurul Sufitri”. Wiiiihhh masuk deh, sepi Cuma saya doing. Ramah banget bapak petugasnya. Yang bikin wow adalah sekarang saya bisa ngaca boooo hahaha πŸ˜™

Sesuatu banget. Bisa cantik dong yaaaa, ga kayak duluu pas bikin KTP main asal jepret aja. Keren deh zaman sekarang. Bapak petugas meminta SIM A dan SIM C asli saya, sambil berkata,”Waaah, kelihatan lebih muda di SIM nya ya bu”. 

Saya ketawa aja dan dalam hati saya bilang, "Terang aja itu kan udah lima tahun yang lalu hihihi sekarang udah kurang (bukan) muda lagi”. “Silakan cek dulu apakah sudah benar nama ibu dan data-data lainnya”. 

“Pak, di foto boleh kelihatan giginya ga?”, iseng banget ya saya ini. Bapak tersebut tertawa,”Hahaha boleh bu, 2 SIM fotonya kelihatan giginya bagus”. Bapak ini senang guyon rupanya. Saya bilang, ”Kalau gitu foto pertama senyum biasa dan satu lagi kelihatan giginya deh, biar adil”, ujar saya. 

“Oke, lihat ke sini matanya, mukanya agak ke kiri sedikit, dihitung ya 1, 2, 3, cekrekkk!” “Makasih banyak, pak”. Alhamdulillaah ga lama kemudian nama saya dipanggil lagi, dan selesailah seluruh proses perpanjangan SIM A dan SIM C saya. Horeeeeee! Oh ya jadi total pengeluaran saya memperpanjang SIM A dan SIM C adalah sebesar Rp 240.000,- 😚 Ini dia penampakannya, yeaaah..!

hasil mis a dan sim c saya perpanjangan di satpas polres metro jaya jakarta selatan nurul sufitri blogger
SIM A dan SIM C Perpanjangan yang Baru

Sesuai tag line PROMOTER yaitu Profesional, Moderen dan Terpercaya. Moto Layanan yaitu "Kami Memang Belum Sempurna, Tetapi Kami Selalu Berusaha". Sedangkan Janji Layanan adalah "Pelayanan yang Cepat, Aman, Benar, Tidak Diskriminatif dan Akuntabel".

Terima kasih kepada semua bapak dan ibu petugas Satpas yang sangat baik dan ramah selama proses perpanjangan kedua SIM saya ini.  Kami benar-benar mengapresiasi kinerja terhadap pelayanan kebutuhan masyarakat Indonesia yang semakin hari semakin memuaskan. Semoga barokah dan mendapatkan pahala ya, aamiin yra. 

Jadi dong ya in sya Allah tahun depan ke Bali berenam bareng Teteh Rafa, ayang Fakhri, mamah dan papahku, tentu nyetirnya bergantian aku dan Aa Rahmad. Ye..ye..Ye! πŸ˜ƒ Asli ga nyangka ternyata begitu cepat hanya 20 hingga 30 menit aja proses perpanjangan SIM saya ini.

Mampir yuk: Staycation di Hotel Whiz Cikini

Setiap memperpanjang SIM, saya dan keluarga selalu di Satpas Porles Metro Jaya Jakarta Selatan. Pengalaman papa dan suami saya, kalau di mobil SIM keliling, sudah antrinya seperti ular naga, eh pas sampai di loketnya ternyata formulir sudah habis. Mendingan langsung aja deh kayak saya, demen banget main ke Polres Metro Jaya di bilangan Wijaya sini.

Oh ya, sedikit tips buat teman-teman, sebaiknya catat di note HP atau agenda tanggal masa berlaku SIM yang dimiliki. Soalnya perpanjangan terakhir bisa dilakukan pas banget di tanggal tersebut, ga boleh lebih sehari pun. Jadi rempong ntar mesti ke Daan Mogot sana, jauuuh. Ga mau kan? Proses lebih panjang dan biaya yang dikeluarkan bisa bertambah hihihi. 

isi lembar penilaian dan masukan setelah sim a dan sim c saya selesai terbit di satpas polres metro jaya jakarta selatan nurul sufitri blogger
Isi Lembar Penilaian dan Masukan Setelah SIM A dan SIM C Saya Selesai
Oh ya teman-teman, abis itu Aa Rahmad ngajak mamam mie ayam di sekitar ruko Wijaya. Duuuh padahal kan tadi sebelum berangkat sudah sarapan lontong sayur. Kebiasaan deh si Aa ini demen kalo saya nemenin doi mamam terus.

Baca deh: Sarapan Ala Buffet di Canary Coffee Shop Hotel Aston Priority Simatupang

Dengan terpaksa (atau doyan? Hihi) πŸ˜‹ 😍, akhirnya saya makan deh mie ayamnya. Eeeh ternyata enak dan ludes. Judulnya kekenyangan! Hahahaha. Suami melanjutkan naik motor ke kantornya di Gedung Ventura dan saya pulang naik Gojek deh.

cara cepat dan mudah memperpanjang sim a dan sim c di satpas polres metro jaya jakarta selatan nurul sufitri blogger
Alhamdulillaah Terbitlah SIM A dan SIM C Perpanjangan Saya
 
Pas tiba di rumah, aa telepon. Kok bisa pas ya? Mungkin sehati hihihi. “Aku khawatir aja soalnya tadi motornya bunyi-bunyi (motor agak tua kelihatannya)”. Alhamdulillaah semua aman terkendali. Bahagiaaa sekali SIM A dan SIM C saya sudah keren sekarang! Siap-siap mau ulang tahun deh. Teman-teman, semoga pengalaman saya memperpanjang SIM A dan SIM C ini bermanfaat ya. Kalau ada yang kurang tepat mohon dimaafkeun. Terima kasih πŸ˜ƒ Wassalam.

54 comments:

  1. Perpanjang sim a dan sim c bisa di lakukan di cfd,dan depan hotel indonesia.pada bulan agustus lalu. Kalau bulan september, mpo beluman ke cfd lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada layanan publik SIM Perpanjangan di titik-titik tertentu :) Tapi aku sih lebih pilih ke Polres daerah Wijaya sini. Wah asyik dong Mpok Ratne abis Car Free Day langsung ke TKP uhuuy!

      Delete
  2. Itu bapak petugasnya basa basinya basi banget ya, rul pake bil yg di foto SIM lebih muda. Nurul juga iseng banget pake nanya boleh keliatan gigi.. hahaha.

    Berarti kalau perpanjang nggak ada test drive lagi ya?

    Emang segala sesuatu yang berurusan sama pemerintah sebenarnya murah ya. Itu 2 sim aja cuma kena 250K sama bensin dan makan mie ayamnya 300K deh.. hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar akrab kali wkwkwkwkwk ga apa2 kan guyon :D Btw akhirnya aku fotoan senyum aja bukan ketawa kelihatan giginya. Ntar banyak yang naksir hahahaha kan kata dokte gigiku, gigiku rapiiiii dan cukup terawat :) Betul, harus bisa dijangkau oleh masyarakat biaya2 yang berkenaan dengan administrasi umum, dokumen, seperti mengurus perpanjangan SIM dll. Total 240rb aja. Mie ayam per porsi 12rb aja hihii kan di kaki lima tapi rameee yang mamam syantik :D

      Delete
  3. kalau tepat waktu atau sebelum masa berakhirnya tiba sich enak.... tapi coba lewat aja sehari harus di suruh kembali ke samsat daan mogot.. atau ngga dikenakan biaya lebih mahal dari yang seharusnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iyaaalahas πŸ˜ŠπŸ˜€ Makanya jgn sampai kelewatan perpanjang SIM nya. Kalo perlu dicatat dan dibuat alarm di planning HP gituh hihi..jd pengalaman ya πŸ˜€πŸ˜€

      Delete
  4. Asyik ya pengalamannya... Kemarin banget suami br perpanjangan juga (bandung), tp enggak asyik, dateng h-3 ditolak maksimal harus h-2, jd bolak-balik, udah gt simnya ga lgsg jd pula, nunggu sebulan, aneh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oalaaaa... bisa protes kalo gitu. Atau mungkin peralatannya lg rusak? Wkwkwkwk kenapa mesti H-2 ya? Coba tanyain ke CS nya atuh mbak πŸ˜€πŸ˜Š

      Delete
  5. waaahh cepet banget mbak.. aku terakhir perpanjang sim, ngantrinya ampuuunn deh hehehe sekarang makin dipermudah yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Antrian panjang apa pas weekend? Sabtu? Aku sengaja pilih hari kerja tuh. Biar ga antri hihi πŸ˜‰ Alhamdulillaah prosesnya ceoet ga pake aneh2. Ya memang begitu seharusnya sejK zaman dahulu kala ya namanya juga pelayanan masyarakat 😊

      Delete
  6. Wah...sudah banyak perubahan sejak dicanangkan reformasi birokrasi ya mbak.... Nggak seperti zaman dulu banyak nego.

    Btw kemarin saya sempat dapat tugas untuk mensurvei Polres tentang pelaksanaan reformasi birokrasi. AlhanAlhamdul pelayanannya sudah banyak berubah, makin mantap dan gercep. Semoga semua instansi pelayanan publik bisa begini ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an demikian aamiin yra πŸ˜€ Gercep ga pake basa-basi ntar kebasahan jadi mumet hahaha. Kasih jempol yg banyak dong ya atas kinerja semua pihak terkait atas kerja yang baik ini 😘

      Delete
  7. Mba, aku belum pernah perpanjang sim di Jaksel mba. Pernah tuh di DEpok ama Jakarta Barat. Tapi senang banget jika ada kemudahan untuk prosesnya dan semakin responsif ya mba. Makasih juga ya mba telah berbagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooh ya karena rumah mbak Al kan daerah Depok juga ya... iya makin responsif bagus nih. Oke sami2 😊

      Delete
  8. Siap mba jadi semangat buat SIM ternyata murah ya klo buat langsung... ngaku biker tapu aku sim blum punya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat SIM baru sepertinya masih di Daan Mogot sana mbak tapi ya termasuk terjangkau biayanya sekarang ya ga rempong ini-itu.

      Delete
  9. Kalo di semarang yg lama antri dpt surat dokternya kak.. bayarnya 50.000 dan tidak boleh bawa surat dari dokter diluar polrea, padahal kalo buat diluar dg dokter resmi jg paling banter 25.000 dan klo di puskesmas bsa 10.000

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooh kok beda ya di Semarang? Masa 50rb? Aku 2 SIM perpanjangan hanya 25 rb tes kesehatan ya tempatnya di situ2 juga cuma beda ruangan. Tes baca kan? Emang cek apaan aja?

      Delete
  10. Aiih yang mau ulang tahun, sehat selalu ya. Moga makinjago deh bawa motor dan mobilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiiiih mb eni πŸ˜€ Iyaaaa sip2...udh jauh2 sampe ke Malang n Bali nyetir gantian sama suami. Pengennya tahun dpn ke Bali lagi ajak orangtua jd ber6 aamiin smg kesampaian 😍

      Delete
  11. berdasarkan pengalaman asal dokumen lengkap dan mengikuti alur pasti cepat selesai. klo saya biasa memperpanjang di polres metro jaksel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss! Paling siapin fotokopi KTP dan SIM yg mau diperpanjang. Mudah2an seterusnya makin baik dan cepat prosedurnya ya aamiin 😊

      Delete
  12. Yes, jadi foto SIM bisa senyum keliatan gigi ya mba.. Hehe.. Makacii Mba Nurul infonya, Semoga aku bisa bikin SIM juga secepatnya.. Ternyata perpanjang SIM juga cepet banget ya jadinya, prosesnya mudah gak bikin senewen hehehe.. :D Pantes deh kalo Mba Nurul ngasih 4 jempol buat mereka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes! Bubu Dita ufah keren sekarang bisa nyetir mobil, tinggal nunggu SIM jadi ya πŸ˜‰ Kira2 mau pake senyuman ga di fotonya ahahaha πŸ˜†

      Delete
  13. step stepnya jelas nih mba, klo dulu aku bikin agak memusingkan sih birokrasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip2 mamih Mira.. ntar kalo pas mau perpanjang..baca lagi ke sini hihihi happy2 day deh πŸ˜€πŸ˜

      Delete
  14. Wah sekarang ada cek kesehatan yaa, dulu di ngurus di sim keliling gak ada, makasih infonya ya mbak, tahun depan aku harus ganti Sim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah....aku kan ga pernah perpanjang SIM di Satpas Keliling mbak jadi ga tau kl di sana ga pake tes kesehatan 😊 Suka cepet habis sih formulirnya udh antri pjg hihihi mendingan di sini.

      Delete
  15. Alhamdulillah lancar ya mba.. dan pelayanan masyarakat kini semakin baik dan memudahkan masyarakatnya.. temenku lunya pengalaman ngga enak.. masa perpanjang sim ngga lulus sampe 2 kali (sim mati beberapa tahun) step by step seperti yang mba nurul tulisnya penting banget bagi yang baru membuat sim juga karena pada dasarnya seperti perpanjang sim..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa atuh sampai 2x ga lulus? Mati sekian tahun mah SIM kayak bikin baru bukan ya? Suamiku pernah bikin SIM C di Daan Mogot kayaknya tesnya ga lulus2 juga sampe 2-3 kali udah lama banget sebelum era reformasi. Au dah padahal jawabannya banyak yg bener. Coba kita tanyakan pada rumput yg bergoyang wkwkwkwk πŸ˜€πŸ˜€

      Delete
  16. Biaya perpanjangan SIM termasuk murah ya. Tapi kalo bikin SIM-nya mahal yaa 🀣🀣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya juga pembuatan yg pertama biasanya lebih tinggi biayanya dibandingkan dg perpanjangan SIM nya πŸ˜€

      Delete
  17. Sekarang udah enak kok ngurus2 SIM. Kalau aku di Sby dulu malah ngurus perpanjangan di mall mbak hehe.
    Nah kmrn suamiku pas ngurus perpanjangan SIM lucu. Jd dia lupa bawa SIM A-nya, jd cuma perpanjang SIM C, pas urus SIM C rupanya lg ada perbaikan sistem, jd agak lama prosesnya, esoknya dia balik ke sana bawa SIM A, eh prosesnya cepet. Jd datangnya pas masa transisi sistem itu haha. Skng semua udah enak yaaaa :D
    TFS ceritanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya ya lucu juga. Benerrr..zaman sekarang udah praktis. Di mall jg bisa ya. Keren deh 😍😍 Udah betul sesuai prosedur yg benar dan memang wajib demikian adanya ga boleh dianeh2in ya... kan buat kepentingan masyarakat tercintah πŸ˜€

      Delete
  18. Kebetulan ada temen yang lagi bingung mau memperpanjang sim, Mba. Aku share ke dia ya :) Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya mb Ratri. Silakan share buat temannya, dg senang hati. Semoga bermanfaat ya. Sama2 πŸ˜˜πŸ€—

      Delete
  19. Aku belum pernah punya sim :p. Naik motor ama mobil sih bisa, tp memang ga berniat mau bawa selama di jakarta. Takuuut mba, serem2 lawannya wkwkwkwkw.. Jd trakhir bawa mobil dan motor, pas masih sekolah di aceh. Dah lama banget berarti :p. Kapan2 mau liat juga ah kalo suami renew sim nya. :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weeeeeeh jd selama ini mb Fanny jaraaaang fan ga pernah nyetir di Jakarta yah? πŸ˜‰πŸ˜€πŸ˜Š lucu juga hihihi ya begitulah kelakuan org2 metropolitan..beda dengan gaya nyetir org Jawa kayak Jogja, Malang.. pelan2 gituh πŸ˜€

      Delete
  20. sekarang mudah banget kalau mau perpanjangan sim tapi kenapa banyk yang menggunakan calo ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin sudah makin sedikit yang begitu atau bahkan diusahakan ga ada calo2 lagi. Sendiri aja langsung in sya allah ceoat kelar asalkan pagiiiii dan di hari kerja πŸ˜‰

      Delete
  21. Aku mei kemaren perpanjang SIM harus bawa surat keterangan sehat dari dokter sama tes di psikolog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di mana tuh perpanjang SIM nya, bli Eka? Ada tes psikolog segala hihihi beda2 ya ternyata..yg penting ceoat dan dimudahkan aja ya ga kayak doeloe 😁

      Delete
  22. Baca postingan ini jadi ingat SIM saya yang bulan November nanti habis masa berlakunya.
    Semoga pas ngurusnya gak pake ribet dan gak pake drama, hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an lamvar nanti ya, Mas Hans πŸ˜€ Pakein alarm ajah biar bbrp hari sebelum tgl habis masa berlakunya, SIM perpanjangan udh kelar siiiip no drama dong ya..hareee geneee πŸ˜‰πŸ˜˜

      Delete
  23. Memang lebih baik ya kepolisian jaman sekarang. Dulu saya minta perpanjang SIM kudu ngantre lama. Harus bayar dana untuk bikin dompet SIM (lebay!). Fotonya kilat asal jebret.
    Kelihatan banget kalau sekarang attitudenya kepolisian sudah berubah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah...attitude aparat kepolisian udah keceh sekarang..horeeee! πŸ˜€πŸ˜˜ Kan pembelajaran dan perombakan demi menuju pelayanan masyarakat yg sebaik2nya sesuai tagline Promoter 😊 Yang penting lagi nih... foto kita jadi kereeen di SIM 😍😍😍

      Delete
  24. Harusnya begini, ya. Biar gak ribet mengurusnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoiiiiii mb Myra. Wajib begini yg jauuuh lbh baik. Mantap deh 😘

      Delete
  25. baca postingan ini, langsung saya liat SIM mb, takutnya lupa batas waktu harus diperpanjangnya kapan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good :) Ceki2 deh SIM nya mbak Inna, jangan sampe kelupaan hihii siiip.

      Delete
  26. Wah asyik deh Mba Nurul pagi2 udah gandengan tangan aja, hahahah... Papa anak2 takut Mba Nurul lirik2 Pak Polisi nih, haha... Oh almarhum kakeknya anak2 dulu polisi juga ya. Cepat ya prosesnya, cuma kurang lebih 30 menit. Jadi aman ya berkendara kalau SIM udah diperpanjang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, polisinya ganteng2 wkwkwkkw :D Alhamdulillaah pas aku sih cepat dan memuaskan. Mudah2an pas orang lain ke sini juga baik terus kinerja satpas SIM nya ya aamiin, harus itu!

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di 'rumah' saya. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan saya munculkan.