Thursday, August 09, 2018

# event & hang out # Review

Cara Berwakaf Melalui Asuransi Brilliance Hasanah Maxima (Syariah)

kerjasama strategis penyaluran dana wakaf asuransi brilliance hasanah maxima bersama dompet dhuafa nurul sufitri
 
Masyarakat muslim dunia dan Indonesia sudah tak asing lagi dengan kata 'wakaf'. Bahkan non muslim mungkin pernah mendengar kata ini dan menjadi penerima wakafnya. Istilah wakaf lebih sering kita dunakan saat pembangunan sekolah, tempat ibadah, tempat hunian dan pemakaman. Ada yang bilang kalau tanah wakaf tidak boleh diperjualbelikan. Namun kenyataannya tanah milik tetangga saya yang sempat dibicarakan orang bahwa itu tanah wakaf, kini menjadi sebuah warung nasi. Masih banyak rasanya orang belum paham makna 'wakaf'. Penasaran kan? Yuk, ikuti cerita saya!

Pengertian Wakaf

Kata 'wakaf' berasal dari Bahasa Arab 'waqaf' atau 'waqfu' yang berarti menahan, berhenti atau diam. Pengertian wakaf ada bermacam-macam menurut istilahnya ada tujuh. Secara umum kita lihat menurut Peraturan Pemerintah No. 41 Tahun 2004, wakaf berarti perbuatan hukum wakaf atau orang yang berwakaf untuk memisahkan dan atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya, untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan atau kesejahteraan umum menurut syariah.

Macam-macam wakaf menurut fiqih ada 2 yaitu:

  1. Wakaf Ahli (keluarga atau khusus). Merupakan wakaf yang ditujukan kepada orang-orang tertentu seseorang atau lebih dari satu, baik keluarga wakif atau bukan, kemudian diteruskan kepada cucu-cucunya. Sebagai contoh, mewakafkan buku-buku untuk anaknya yang mampu mempergunakannya.
  2. Wakaf Umum. Merupakan wakaf yang sejak awal ditujukan untuk kepentingan umum, tidak dikhususkan untuk orang-orang tertentu. Pahala pemberi wakaf akan terus mengalir sampai wakif tersebut meninggal dunia. Secara substansinya, wakaf ini adalah salah satu cara membelanjakan harta di jalan Allah SWT. Wakaf digunakan di bebagai bidang seperti sosial, pendidikan, budaya, ekonomi serta keagamaan.

 

Tujuan dan Fungsi Wakaf

Wakaf bertujuan untuk memanfaatkan benda wakaf sesuai dengan fungsinya. Adapun fungsi wakaf adalah mewujudkan suatu potensi dan manfaat ekonomis harta benda wakaf untuk kepentingan ibadah dan untuk memajukan kesejahteraan umum.

Nah, teman-teman sekarang sudah cukup paham kan tentang arti, tujuan dan fungsi wakaf? Yuk diniatkan mulai sekarang kita bewakaf ibarat menabung pahala dan mendapat ridha Alah SWT. Oh ya, ada yang ingin saya sampaikan nih. Ternyata wakaf itu bukan hanya berupa benda-benda seperti tanah saja lho. Seandainya kita punya uang Rp 50.000,- sebenarnya sudah bisa melakukan wakaf. Waaaah, saya pun baru 'ngeh' saat mendengar dan melihat langsung penjelasannya.

Alhamdulillaah pada Hari Selasa, 6 Agustus 2018 lalu saya berkesempatan hadir di dalam acara Peluncuran Produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima (Syariah) di Penang Bistro, Kebon Sirih, Jakarta Pusat dengan narasumber diantaranya: 
  1. Ibu Elin Waty selaku Direktur Sun Life 
  2. Bapak drg. Imam Rullyawan, MARS selaku Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantrofi 
  3. Bapak Yuniarko selaku Direktur Mobilisasi Wakaf Dompet Dhuafa 
  4. Bapak Norman Nugraha selaku Chief Agency Officer Syariah Sun Life  
  5. Ibu Jenahara sebagai desainer fashion muslimah 

Pada tahun 2017 lalu PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life) telah meluncurkan wakaf manfaat asuransi untuk produk syariahnya. Pada Hari Selasa, 6 Agustus 2018 Sun Life memosisikan ulang produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima dengan menambahkan fasilitas baru yaitu wakaf berkala. Produk yang inovatif ini lengkap dengan manfaat wakafnya. Nasabah dapat merencanakan keuangan masa depan sekaligus beribadah wakaf di saat yang bersamaan dengan pasti, kini, dan nanti. 

ibu elin waty memberikan kata sambutan sekaligus penjelasan tentang cara wakaf asuransi brilliance hasanah maxima nurul sufitri
Ibu Elin Waty (Foto: Dokpri)
Ibu Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life menyampaikan, “Beragam fasilitas yang kami hadirkan melalui produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima, merupakan bukti komitmen kami dalam memberikan layanan dan produk asuransi berbasis syariah yang lengkap, serta membantu masyarakat dalam menjalankan ibadah wakaf secara berkala. Produk ini diharapkan dapat menjadi sarana penggalangan dana (fund raising) melalui fitur wakaf berkala yang menyalurkan dana wakaf sejak pembayaran premi pertama. Selain mengandung nilai kebaikan, dana wakaf juga memberikan kontribusi bagi pembangunan negara”. 

Berarti makin meluas aja ya wakaf ini. Pikiran ga boleh sempit taunya tanah aja yang diwakafkan, kayak saya ini hihihi. Tengok dompet dulu ah, kira-kira saya mau wakaf berapa banyak ya? Hhhmm...tapi ada baiknya kita mengetahui apa manfaat produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima ini doong ya 😄

Manfaat Produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima

Dalam mengelola penyaluran dana wakaf yang diterima, Sun Life bekerjasama dengan lembaga pengelola aset wakaf (nazhir) terpercaya yaitu Badan Wakaf Indonesia, Dompet Dhuafa, Rumah Wakaf, dan 174 lembaga yang terdaftar di Badan Wakaf Indonesia (BWI). Sebagai salah satu mitra pengelola wakaf terpercaya, Dompet Dhuafa menyambut baik amanah serta kerja sama yang terjalin dengan Sun Life.

pak yuniarko direktur mobilisasi wakaf dompet dhuafa menjelaskan cara wakaf asuransi brilliance hasanah maxima nurul sufitri
Bapak Yuniarko (Foto: Dokpri)

“Dalam mengoptimalkan potensi serta menyalurkan dana wakaf untuk kesejahteraan umat, dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak termasuk lembaga pengelola keuangan berbasis syariah. Dana yang terhimpun kemudian akan disalurkan oleh nazhir ke berbagai sektor sosial yang membutuhkan, mulai dari pendidikan, ekonomi, hingga kesehatan. Di bidang kesehatan misalnya. Saat ini Dompet Dhuafa memiliki jaringan rumah sakit berbasis wakaf di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya Rumah Sakit Dhuafa AK Medika Sribhawono di Lampung Timur,” ujar Bapak Yuniarko, Direktur Mobilisasi Wakaf Dompet Dhuafa. 

Tentang Dompet Dhuafa 

Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF. Sejak berdiri sejak 2 Juli 1993 Dompet Dhuafa akan terus mewujudkan masyarakat berdaya yang bertumpu pada sumber daya lokal melalui sistem yang berkeadilan. Dompet Dhuafa Republika berada di Philanthropy Building Jalan Warung Jati Barat No. 14 Jakarta Selatan 12540 Indonesia. Nomor telepon yang bisa dihubungi yaitu +62 21 7821292 dan fax +62 21 7821333. 

Baca: Kinerja 25 Tahun Dompet Dhuafa Membentang Kebaikan


Ditinjau dari potensinya, Badan Wakaf Indonesia (BWI) memperhitungkan potensi wakaf di Indonesia mencapai angka Rp180 triliun. Namun pada 2017, total penghimpunan dana wakaf baru mencapai Rp400 miliar. Padahal, jika dikumpulkan dan dikelola dengan baik, objek wakaf dapat dimanfaatkan sebagai investasi strategis dalam upaya menghapuskan kemiskinan dan menangani ketertinggalan di bidang ekonomi, pendidikan hinga kesehatan.


Pemahaman masyarakat yang menganggap bahwa objek wakaf hanya sebatas pada tanah atau bangunan (wakaf tidak bergerak) ditengarai menjadi salah satu alasan yang menyebabkan potensi wakaf belum optimal. Kehadiran manfat wakaf pada produk asuransi syariah dari Sun Life, khususnya produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima memfasilitasi masyarakat untuk tidak lagi menunda melakukan ibadah wakaf. 

Kelebihan dari Asuransi Brilliance Hasanah Maxima (ABHM) adalah Pasti, Kini dan Nanti

 “Sun Life percaya bahwa asuransi syariah dengan nilai-nilai keutamaannya menawarkan manfaat yang besar bagi masyarakat luas. Melalui produk ini, ABHM mengedukasi sekaligus membantu masyarakat agar dapat melaksanakan ibadah wakaf dengan pasti, kini dan nanti.
Pasti
Pasti dengan tanpa potongan (100% langsung disalurkan)
Pasti aman dengan tenaga pemasar tersertifikat waqaf advisor
Pasti penyaluran dan penggunaan data wakaf
Kini
Wakaf dapat dilakukan sedini mungkin dengan dana wakaf yang langsung disalurkan sejak pertama kali berwakaf
Nanti
Membantu melaksanakan wasiat berwakaf atas manfaat asuransi dan invstasi ketika nasabah meninggal dunia


pak norman nugraha menjelaskan cara wakaf asuransi brliiance hasanah maxima nurul sufiri blogger
Bapak Norman Nugraha (Foto: Dokpri)

Lebih pasti dengan tanpa potongan (100% langsung disalurkan) dan dukungan mitra nazhir terpercaya; dapat dilakukan sedini mungkin dengan dana wakaf yang langsung disalurkan sejak pembayaran kontribusi yang pertama dan untuk selanjutnya sesuai frekuensi pembayaran kontribusi yang dipilih nasabah; serta membantu melaksanakan wasiat berwakaf atas manfaat asuransi dan investasi ketika nasabah meninggal dunia. Kini, tidak ada lagi alasan untuk menunda berwakaf, karena #LebihBaik Sekarang,” jelas Bapak Norman Nugraha, Chief Agency Officer Syariah Sun Life.


pak grd imam rullyawan dari dompet dhuafa menjelaskan manfaat wakaf melalui asuransibrilliance hasanan maxima nurul sufiri
Bapak drg. Imam Rullyawa, MARS (Foto: Dokpri)

Manfaat Produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima yaitu:

- Manfaat Meninggal
100% santunan kematian diberikan untuk risiko meninggal sebelum mencapai usia 100 tahun.
- Manfaat Kecelakaan
Manfaat maksimal 100% santunan kematian untuk risiko kematian akibat kecelakaan dan/ atau kehilangan fungsi organ  angota tubuh dan organ penglihatan.
- Manfaat Investasi
Akumulasi Investasi yang terbentuk dari kontribusi yang diinvestasikan.
- Manfaat Bonus
Bonus Kontribusi : Sebesar 5% dari Kontribusi Asuransi Berkala (KAB) tahun pertama, dibayarkan mulai tahun ke-6.
Bonus Loyalitas : Sebesar 0,5% dari rata-rata dana investasi, dibayarkan mulai tahun ke-11

 

Alasan Berwakaf Secara Berkala

a. Wakif : Tak perlu menunggu, menabung dan mempunyai dana yang besar.
b. Nadzir : Bisa segera mewujudkan insfrastuktur dan fasilitas yang diperlukan  dan dana yang diterima bersifat real time tanpa menunggu terjadinya risiko tehadap wakif.
c. Mauquf 'Alaih : Manfaat dana wakaf dapat segera dirasakan dan dana yang terus mengalir membuat perbaiana kesejahteraan yang berkesinambungan

Gagasan Sun Life dalam memberikan fitur wakaf bagi pemegang polis syariah juga memperoleh dukungan DSN-MUI. Melalui manfaat yang berlaku untuk semua produk asuransi syariah ini, peserta asuransi kini dapat mewakafkan manfaat asuransinya hingga 45% dari santunan asuransi dan 30% dari manfaat investas dari polisnya. Adanya batasan maksimal tersebut sesuai dengan fatwa DSN-MUI. Berdasarkan fatwa tersebut, manfaat investasi harus tetap dapat dinikmati oleh ahli waris. 

“Menegaskan posisi kami sebagai pionir bagi industri asuransi syariah di Indonesia, dalam memasarkan produk syariahnya, Sun Life juga didukung oleh tenaga pemasar yang berdedikasi dan tersertifikasi wakaf secara resmi oleh Sun Life, bekerja sama dengan DSN Institute dan Badan Wakaf Indonesia. Selain memiliki pemahaman mendalam terkait produk, tenaga pemasar kami juga dibekali dengan wawasan terkait jenis wakaf dan peruntukannya. Dengan edukasi yang baik, serta didukung fasilitas yang mumpuni, kami berharap kehadiran fitur wakaf pada produk syariah kami dapat memberi keberkahan bukan hanya bagi nasabah sekaligus pewakif, tapi juga penerima manfaat wakaf, serta membantu meningkatkan kesejahteraan bangsa,” ujar Ibu Elin. 

Tentang Sun Life Financial Indonesia 

Sun Life Financial Indonesia (Sun Life) 

Merupakan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Sun Life Financial. Sebagai perusahaan penyedia layanan jasa keuangan internasional terkemuka, Sun Life menyediakan beragam produk asuransi, serta solusi pengelolaan kekayaan dan aset, baik untuk individu maupun korporasi. Perusahaan ini menawarkan berbagai perlindungan dan pengelolaan produk yang variatif. 

Produk Asuransi Sun Life 

Produk-produknya mulai dari asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan hingga rencana pensiun. Sun Life bermitra dengan institusi keuangan terkemuka, baik nasional maupun internasional. Sun Life dan mitranya melayani strategi multi-distribution channels. Selain itu juga menyediakan akses yang lebih luas untuk solusi asuransinya. Sun Life Financial telah beroperasi di sejumlah pasar utama di seluruh dunia, yaitu Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Hong Kong, Filipina, Jepang, Indonesia, India, Cina, Australia, Singapura, Vietnam, Malaysia, dan Bermuda. 


penandatanganan kerjasama strategis penyaluran dana wakaf sunlife financial syariah asuransi brlliance hasanah maxima dengan dompet dhuafa nurul sufitri
Penandatanganan Kejasama Strategis Penyaluran Dana Wakaf Sun Life Financial Syariah Asuransi Brilliance Hasanah Maxima dengan Dompet Duafa (Foto: Dokpri)

kerjasama strategis penyaluran dana wakaf sunlife financial syariah asuransi brilliance hasanah maxima dengan dompet dhuafa
Kerjasama Strategis Penyaluran Dana Wakaf Asuransi Brilliance Hasanah Maxima dengan Dompet Dhuafa (Foto: Dokpri)

Berbagai Penghargaan yang Diraih oleh Sun Life Financial Indonesia

Pada tahun 2017 Sun Life Financial Indonesia telah meraih beberapa penghargaan bergengsi diantaranya: 
  1. Best Takaful Family Provider Indonesia 2017 dalam acara Global Banking & Finance Awards 2017 yang diselenggarakan oleh Global Business Outlook 
  2. Excellent Service Experience Award (ESEA) 2017 untuk kategori Life & Health Insurance yang diselenggarakan oleh Carre Center for Customer Satisfaction and Loyalty (“Carre CCSL”) dan Majalah Service Excellence. 
  3. Predikat Bintang Lima atas Kinerja Unit Link Jenis Campuran tahun 2012 – 2016 untuk Salam Balanced Fund dalam Unit Link Awards 2017 dari Majalah Infobank 
  4. HR Asia Best Company to Work For in Asia 2017 Awards dari HR Asia Media International. 
  5. Indonesia Most Admired Company – Special Mention Life Insurance dari Majalah Warta Ekonomi. 
  6. HRD Employer of Choice sebagai Top Performer Award dalam kategori Learning & Development. 
  7. Best Financial Performance Life Insurance Company untuk kategori Asset between IDR6-10 trillion dalam Indonesia Insurance Consumer Choice Award 2017 dari Majalah Warta Ekonomi. 
  8. Best e-Mark Award 2017 sebagai The 1st winner Category Life Insurance Company in Indonesia dari Majalah SWA. 
  9. Special Mention sebagai The Innovative CEO in Insurance Sector dalam Most Admired CEO 2017 dari Majalah Warta Ekonomi. 
  10. The Most Popular Company – Category Life Insurance dari Majalah Warta Ekonomi 
  11. The Most Informative Insurance Company Campaign dari Majalah Warta Ekonomi 
 
Per 30 Juni 2017, Sun Life Financial memiliki total aset kelolaan sebesar CDN 944 miliar. Selengkapnya silakan kunjungi www.sunlife.com Sun Life Financial Inc. diperdagangkan di bursa saham Toronto (TSX), New York (NYSE), dan Filipina (PSE), dengan kode saham SLF. Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Shierly Ge selaku Chief Marketing Officer Sun Life Financial Indonesia dengan telepon di +6221-5289-0000 dan Faks: +6221 5289-0019 serta email: shierly.ge@sunlife.com 

suasana di penang bistro
Suasana di Penang Bistro (Foto: Dokpri)

besama teman bloggers nurul sufitri wakaf asuransi brilliance hasanah maxima dan dompet dhuafa
Saya Bersama Teman-Teman Bloggers

foto besama teman teman blogges dalam peluncuran cara wakaf sun life financial syariah asuransi brilliance hasanah maxima dengan dompet dhuafa nurul sufitri
Bersama Teman-teman Bloggers





40 comments:

  1. Wahhh asuransi yang disediakan memang asuransi yang kita butuhkan saat ini dan masa yang akan datang.. Rekomendeed banget nih :

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuuul 😊 Buat kita yg berminat wakaf yuk mulai dari sekarang kan ga hanya berupa harta tak bergerak 😘

      Delete
  2. Wahhhh sun life emang yang terbaik dah,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas Andrie 😊😊 Yuk mulai berwakaf sekarang... 😍

      Delete
  3. 100% santunan kematian sebelum meninggal usia 100 tahun ?.
    Wah, menarik banget program asuransinya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuuuuks mulai wakaf uang, Mas Hino 😊😊 Amal dunia akhirat sekaligus berinvestasi.

      Delete
  4. Duh jadi pengen wakaf deh soalnya itu amalan yang mengalir terus sampe akhirat, tfs bunda Nurul❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama2 mb Sandra 😊 Yuk...mulai dari sekarang wakafnya biar pahalanya mengalir lancar seperti air.

      Delete
  5. Jadi bisa dipertimbangkan kalau lagi mau nambah asuransi. Kayaknya bagus produknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak 😊 Ada 4 manfaat yg bisa kita dapetin...salah satunya manfaat bonus.

      Delete
  6. Wah keren bgt ya, tanpa potongan...

    ReplyDelete
  7. Sekarang banyak banget ya macamnya asuransi, dan keren banget mereka menggandeng para blogger untuk mengedukasi masyarakat tentang produk Asuransi, karena terus terang banyak yang sudah kabur duluan kalau dengar asuransi, karena kurangnya informasi dan edukasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ini asuransi Sun Life bekerja sama dg Dompet Dhuafa. Buat yg mau berwakaf berupa uang bisa melalui Asuransi Brilliance Hasanah Maxima 😊

      Delete
  8. Menurut yang saya dari pakar finansial, pengelolaan uang terbagi menjadi 3 tahap sesuai urutan. Lunasi, Proteksi, Investasi. Kalau sudah melunasi hutang-hutang berarti tinggal memilih asuransi yang tepat untuk proteksi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Makasih mbak 😊 Betul, penting sekali melunasi hutang2 ya. Kalau sudah beres semua kita bisa ikut asuransi yg pas untuk profesi. Sekalian berwakaf do sini membelanjakan harta di jalan Allah 😚

      Delete
  9. Cuma sekali berwakaf ,pahalanya sampai hari kiamat bisa kita rasakan pahalanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berkali2 lebih Baik, Mpo Ratne 😊 Insya Allah aamiin.

      Delete
  10. Wakaf nya dikelola sama asuransi berarti ini ya. Dan kalau baca proseduralnya ga jauh beda dengan asuransi lah ya. Cuma ini sepertinya utk kepentingan akhirat masuk.

    Btw, sunlife prestasinya banyak juga ya. Udah pastu terpercaya lah asuransi dgn segambreng prestasi begini l.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakaf buat kepentingan dunia dan akhirat. Penting banget deh. Iya Sun Life prestasinya buanyaaak banget jd terpercaya 😊

      Delete
  11. Konsep wakaf asuransi semakin jelas Mba.. dengan pengelola yang jelas oleh lembaga terpercaya, InshaAllah hasilnya juga baik ya Mba.. semoga semakin banyak masyarakat Indonesia yang tertarik dengan asuransi wakaf ini ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Kerjasama dg Dompet dhuafa...mensejahterakan orang2 tak berpunya. In sya allah banyak manfaatnya dan dapat Pahala.

      Delete
  12. Dengan ikut sbg pemagang polis asuransi ini dpt bnyk kentungan y mba... bs brwakaf skaligus proteksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bentar sekali mbak. Manfaat wakaf dan proteksi jadi plus plus aamiin 😊

      Delete
  13. Sekarang kuperhatikan asuransi mulai metambah ke wakaf ya, bikin nasabah tertarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya apalagi bagi umat Muslim. Sekalian menabung pahala. Apalagi kredibilitas perusahaannya sudah dikenal dan terpercaya jadi makin yakin deh.

      Delete
  14. ALhamdulillah ikut senang dengan adanya kerjasmama ini mbaa. Apalagi kerjasamanya antara asuransi dan lembaga wakaf yang sama sama terpercaya dan berdedikasi ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kapan mau ikutan mbak? Hehehe 😊 Biar dana wakafnya langsung dirasakan oleh penerima wakafnya.

      Delete
  15. Duluuuu ya, tiap mendengar kata Wakaf sepertinya indah banget rasanya kalau bisa wakaf. Bayangin punya tanah luas dan disumbangkan untuk orang lain. Tapi itu dulu ya Mbak. Sekarang berwakaf bisa hanya dengan 50k aja. Indahnya double nih apalagi ada asuransinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Solusi terbaru nih sekarang bisa wakaf dg uang tunai secara berjalan. Ga punya tanah juga bisa.

      Delete
  16. Keren ya Sunlife ini memberikan kemudahan terhadap yang ingin berwakaf :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah dan terpercaya dengan dukungan kita semua yg mulai ingin memberikan sebagian kecil harganya di jln Allah sekaligus proteksi diri 😊

      Delete
  17. masyaAllah sekarang kalau mau wakaf lebih mudah ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mb Uchi mau wakaf kapan? Mudah ga rempong hehehe 😊

      Delete
  18. Jadi makin mudah aja nih nabung rumah di surga.Semoga diringankan berwakaf ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh orang yg membutuhkan.

      Delete
  19. Produk asuransi sekarang makin kreatif saja ya. Memudahkan masyarakat untuk wakaf.. mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantaaap dong. Mudah, bisa dg uang tunai secara berkala.

      Delete
  20. Wow saya pun baru tau, Mba Nurul, kalau wakaf pun bisa dimulai dari 50 ribu. Dan yang terpenting memang, lembaga yang diamanahkan dari peserta wakaf-nya memang yang benar2 amanah ya :)

    ReplyDelete
  21. Wakaf saat ini dipermudah dengan adanya asuransi, terimakasih infonya jadi tahu

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di 'rumah' saya. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan saya munculkan.