Friday, March 09, 2018

# Review

Tips Membeli Perlengkapan Bayi: Online, Murah dan Berkualitas



Bayi. Satu kata yang terdengar begitu menyentuh hati. Kehadirannya sungguh membahagiakan dan dinanti-nanti. Hhhmm… saya jadi teringat saat sedang mengandung dulu 😙 Sembilan bulan lamanya di dalam perut, teteh Rafa dan ayang Fakhri saya bawa terus ke mana-mana. Banyak cerita, suka maupun duka mengiringi hari-hari merawat kedua buah hati saya. 

Ya, H2C alias “Harap-harap Cemas”. Ternyata yang H2C bukan saya aja loooh. Suami, orangtua, saudara-saudara serta kerabat ikutan merasakan hal yang sama. Biasanya sih mereka sering bertanya, “Sudah beli apa aja nih buat si kecil? Beli di mana? Hati-hati loh memilih perlengkapan bayi. Mesti yang bagus, bahan, merek, bla..bla..bla…”. Hahaha praktis dong saya seperti diceramahi. Tapi ga apa-apa, kan tanda sayang mah begitu. Diperhatikan, alhamdulillaah 😊

Menunggu calon keluarga baru, berarti saya harus mempersiapkan semua perlengkapan bayi yang produk-produknya berkualitas dan harganya ramah di kantong dong. Nah, saya catat deh daftar kebutuhan bayi, biar ga ada yang kelupaan. Oh ya, jangan lupa juga nanti sang bayi diimunisasi ya, agar terhindar dari berbagai penyakit.

Baca deh:  Imunisasi MR Melindungi Anak-anak Kita dari Bahaya Penyakit Campak dan Rubella

Ini yach, beberapa perlengkapan bayi baru lahir yang sebaiknya disiapkan terlebih dahulu di antaranya yaitu:

Perlengkapan mandi


Satu Set Perlengkapan Mandi Bayi (Foto: Tokopedia)

  • Sabun bayi untuk membersihkan badan bayi. Pilih sabun khusus bayi yang tidak mengandung pewangi.
  • Bak mandi bayi untuk memandikan bayi.
  • Waslap untuk menyeka kulit bayi ketika mandi.
  • Sampo untuk mencuci rambut bayi.
  • Handuk bahan lembut untuk mengeringkan tubuh bayi sehabis mandi.
  • Minyak telon membantu menghangatkan bayi sehabis mandi serta dapat melindungi dari gigitan nyamuk.
  • Krim bayi untuk melembabkan kulit bayi agar tidak iritasi.    


Pakaian bayi

Baju Bayi Bermotif (Foto: Tokopedia)

  • Baju bayi. Pilihlah baju bayi berbahan katun yang nyaman, menyerap keringat, sehingga bayi tidak kepanasan atau kedinginan saat memakainya. 
  • Popok kain. Sebaiknya beli/ sediakan popok kain dalam jumlah yang sangat banyak. Bayi baru lahir pasti buang air besar dan kecil lebih sering daripada orang dewasa, apalagi selalu minum ASI. Popok kain lebih baik karena lebih aman, terhindar dari iritasi kulit atau ruam popok.  
  • Pampers. Jika ingin menyiapkan popok sekali pakai/ pampers agar memudahkan ketika bepergian dan sebagainya, pilihlah pampers dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan bayi, bahannya berkualitas baik juga. 
  • Kaos dalam bayi. Terutama saat cuaca sedang dingin, kaos dalam bayi dibutuhkan agar menghangatkan bayi.
  • Celana bayi. Persiapkan celana panjang dan pendek untuk dipakai di segala situasi.
  • Sarung tangan dan kaos kaki. Selain untuk menghangatkan tangan dan kaki, juga agar kuku bayi tidak menggores kulit wajah bayi.
  • Topi bayi. Berfungsi menghangatkan kepala dan telinga bayi, baik saat cuaca dingin maupun agar tidak kepanasan terkena sinar matahari.
  • Baju hangat. Digunakan saat keluar rumah atau cuaca dingin.    

Oh ya, bersihkan semua pakaian bayi menggunakan deterjen khusus untuk pakaian bayi sebelum memakaikannya pada bayi. Hal ini dilakukan supaya bayi terhindar dari bakteri maupun kuman yang menempel pada pakaian. Sebaiknya sih pilih deterjen yang tidak mengandung pewangi ya. 


Perlengkapan tidur 
  • Tempat tidur atau boks bayi. Pilih yang materialnya kuat dan nyaman.
  • Perlak untuk melindungi tempat tidur tidak terkenal ompol bayi.
  • Kelambu agar bayi terhindar dari gigitan nyamuk.


Perlengkapan ASI

Bayi tentu masih menyusui dan belum makan apapun jenis makanannya. Namun ada beberapa perlengkapan untuk ASI yang berguna tertama jika sang ibu sering memompa ASI yaitu:


Pompa ASI (Foto: Tokopedia)

  • Pompa ASI ada yang manual atau elektrik.
  • Wadah untuk ASI berupa botol besar maupun kecil bisa digunakan.
  • Lemari pendingin khusus menyimpan ASI, dipisahkan dari penyimpanan bahan makanan.
  • Kain penutup menyusui/ nursing apron digunakan ketika ibu menyusui bayinya di tempat umum.
  • Peralatan pembersih botol.


Baca juga: Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan Tubuh

Lain-lain
  • Tisu basah bayi
  • Kain gendong mempermudah membawa bayi ke mana-mana.
  • Tas perlengkapan bayi untuk membawa dan mengumpulkan jadi satu sehingga praktis dan tidak tercecer.
  • Gunting kuku khusus bayi untuk memotong kuku bayi.
  • Kereta bayi/ stroller untuk menaruh bayi dan mendorongnya dalam tempat yang bisa digerakkan, sehingga bayi senang dan orangtua pun tidak keberatan.
  • Kapas steril dan kain kasa untuk merawat tali pusat bayi
  • Celemek bayi diperlukan saat bayi menyusu, gumoh. 

Aneka Produk Tisu Basah Bayi (Foto: Tokopedia)

  Tentang tisu basah bayi
  1. Membersihkan mulut bayi saat telah menyusu atau sebelum maupun sesudah makan.
  2. Membersihkan pantat bayi saat mengganti popok.
  3. Bisa digunakan memberihkan rambut maupun bagian tubuh bayi lainnya.
  4. Praktis dan hemat karena tidak perlu mencari kain dan air. 
  5. Beberapa di antaranya ada yang mengandung tea tree oil, essential oil, chamomile dan sebagainya.


Tisue Basah dan Kapas Khusus Bayi (Foto: Tokopedia)
 
Dianjurkan untuk menyiapkan satu kopor khusus, isinya ya segala pelengkapan bayi dan ibundanya. Jadi di saat tiba-tiba terasa akan melahirkan, tinggal tenteng kopornya deh.

Tokopedia Menjual Produk Kesehatan Bayi (Foto: Tokopedia)

Kebutuhan Bayi (Foto: Tokopedia)

Zaman sekarang, kita ga perlu pusing kalau hendak berbelanja perlengkapan bayi. Di Tokopedia, jual produk kesehatan bayi lho. Semua tersedia dengan harga terbaik, malah bisa juga lebih murah dibandingkan di toko lain lho. Oh ya, bisa beli dengan harga grosir juga, jadi lebih murah dan hemat. Mama pintar kan ga mau kantongnya bolong hehehe. 

Buat teman-teman yang butuh berbagai perlengkapan bayi, mulai dari bayi baru lahir hingga usia balita, semua ada di sini. Hemat waktu, hemat biaya transportasi, ga rempong mesti keluar rumah. Kita cukup memiliki akses berupa laptop atau gadget di mana pun berada.

Beli Bokx Bayi dan Lainnya Bisa Dicicil (Foto: Tokopedia)

Cara pembayarannya pun mudah lho, teman-teman bisa bayar melalui transfer bank, bayar langsung di Indomaret maupun menggunakan program cicilan kartu kredit. Tunggu apalagi? Yuk, cuuuuuzz deh langsung ubek-ubek semua perlengkapan bayi murah di Tokopedia! 

Tokopedia
Website: tokopedia.com
Intagram: @tokopedia
Twitter: @tokopedia
Facebook: Tokopedia

Sumber Foto: Tokopedia
Foto teratas: Womantalk

34 comments:

  1. huah aku tinggal beli perlengkapan mandi yang belum mba hehehe...yang lainnya emang jadinya online karena males kalau ketoko secara waktu suami cuman pas weekend dan weekend itu biangnya maceeeetttt :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Tokopedia komplit banget nih, mb Herva. Coba lihat2 deh, pasti kepengen borong semua hahahaha... Iya macet di mana2 mendingan online ajah :D

      Delete
  2. Pas hamil pertama aku jg kyk kalap ya beli peralatan bayi :p. Rasa2 semua mau diborong hahahaha.. Tp pas hamil kedua udh mulai kalem mba. Palingan cm baju yg aku beli lg, secara si kaka kan cewe, dan adiknya cowo :p

    Tp nyesel, ada 1 peralatan yg aku ga beli krn anggab ga ptg. Carrier bayi.. Dulu mikirnya stroller lbh berguna. Ternyata semua anakku ga ada yg suka duduk di stroller :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga apa2 mbak Fanny beli carrier bayi, siapa tau buat calon bayinya nanti hihiii.. :) Beda2 anak sih ya ada yang seneng dan ga, duduk di stroller.

      Delete
  3. Wah makin praktis ya sekarang belanja2 perlengkapan bayi atau untuk cari kado. Apalagi untuk orang2 yg waktunya kurang untuk shopping2 di toko atau mal, belanja online gini berguna banget. Tokopedia, diriku biasanya belanja bahan masak sih yang agak susah belinya, haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya dong..buat kota2 orang metropolitan cieee sekarang zamannya serba online donk 😊 Hemat waktu dan ongkos. Bisa dapetin produk diskon juga loh, Nit haha mariiii belanja bumbu masak lagiii 😍

      Delete
  4. Tokopedia nih memang langganan ade. Dulu juga waktu beli perlwngkapan Kakak dan Adek Fi di tokopedia. Lengkaaap. Dan harga2nya murah2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang ya zaman sekarang kita ga perlu ke luar rumah buat belanja2 keperluan bayi dll. Cukup modal gadget da pulsa tentunya hehehe. Barang2 di Tokopedia bagus2 kualitasnya dan terjangkau juga harganya :)

      Delete
  5. Amu masih menyimpan beberapa perlengkapan bayi kayak baju dll punya Boo Mika waktu masih bayi.. Hihi.. Dulu semangat banget beli-beli di toko, tapi lebih enak beli online yaa, praktis dan gak capek.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Bu Dita :) Iya sih, sekarang kita butuh yang serba cepat dan aman, plus barang bagus harga hemat. Di Tokopedia banyak banget pilihan perlengkapan bayi nih :D

      Delete
  6. Perlengkapan bayilucu lucu yaa 😍

    ReplyDelete
  7. Salah satu market place yang bikin betah buat ditelusuri nih. Aku kadang suka cari barang yg anti mainstream disini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betah deh ngulik apa oun di Tokopedia. Barang yang anti mainstream juga ada... cocok deh kalo gitu ya, mamih 😘

      Delete
  8. Sekarang makin dipermudah saja ya kita belanja, termasuk belanja perlengkapan bayi.
    Jadi nggak ribet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ribet dan hemat ongkos plus ga capek 😀

      Delete
  9. Kebetulan di BDC banyak yg lagi hamil yaaa... Kudu banget nih nengokin Tokopedia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uhuuyyy..iyess.. saat yg tepat buat kasih kado buat bayi dan mamanya nih. Kira2 mau beli apa ya di Tokopedia? Hehebe 😊

      Delete
  10. Aku ya paling seneng belanja-belanja printilan bayi. Apalagi kalau lihat baju bayi yg cakep, aduh rasanya pengen beli terus. sampe sekarang pun begitu tapi ya direm sih terutama sama suami, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakaian dan perlengkapan bayi itu emang ga ada matinya ya mb Shine 😀😘 unyu2... manis2.. betah mantengin Tokopedia nih buanyaak banget stok produk2 bayi..sini belanja lagi mbak hahah.

      Delete
  11. Makin mudah dan praktis ya mbak jika sudah serba online gini. Gak perlu repot. BTW makasij tipsnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa..sama2 mb Elva 😀 Sekarang mah belanja online aja udah kece dah.

      Delete
  12. saya suka membeli di tokopedia mba karena produknya buanyak harga juga terjangkau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weh..toss yuk mb Hanni 😊 Terjangkau dan berkualitas yaaaa.

      Delete
  13. Persiapan punya bayi memang banyak yang dibeli. Kalau aku lebih pilih pospak, minyak telon, sabun mandi 2 in 1. Itu si yang biasa boros. Untungnya ada Tokopedia yang nyediain perlengkapan bayi yang kita butuhin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa..untung ada semua di Tokopedia. Malah saking lengkapnya jadi binun pilih yg mana ya hahaha... 😍😍

      Delete
  14. Dulu pas baru punya anak juga beli baju, popok, clodi via online, biar murah krn beli grosiran hehehe.
    Ibu2 zaman skrng enak ya gak usah keliling toko ke toko cari perlengkapan bayi, tinggal duduk depan leptop :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, mbak April. Sekarang belanja online perlengkapan bayi juga bisa grosir jadi lebih hemat deh.

      Delete
  15. paling seneng belanja apa aja di tokopedia apalagi klo jualan, barang2 jualanku selalu laku di tokopedia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barang2 yang dijual di Tokopedia memang berkualitas semua :) Jadi ga ragu deh ya... Siap mantengin deh hehe.

      Delete
  16. Jangan lupa siapin krim popok supaya kulit pantatnya bayi selalu sehat :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh iyaa ya...mb Vicky..krim popok mesti siapin juga... supaya kulit pantat bayi sehat dan ga beruntusan hehehe tq 😊

      Delete
  17. mba nurul coba share dong toko apa aja yang murce di marketplace. atau ga tokonya ( kaya di itc cemas )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Dini :) Wah... buanyak deh yang rata2 murce deh. Aku ga sempet mantengin satu per satu. Coba aja ya. Met belanja :D

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman semua :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di 'rumah' saya. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran di kolom komentar di bawah ini. Seluruh komentar akan dimoderasi terlebih dahulu ya. Tenang, nanti juga akan muncul kok.