Wednesday, May 24, 2017

# culinary # event & hang out

Sweetoday3: Launching Colatta Fineza, Cokelat Hitam Compound Terbaru dari Gandum Mas Kencana




Cokelat banyak digemari semua orang mulai anak-anak hingga dewasa. Rasa manis dan enak cokelat ini nikmat dimakan langsung begitu saja atau sebagai campuran membuat cake, bisa juga sebagai topping-nya. Saya termasuk penggemar cokelat lho, begitu pula anak-anak saya.  Harum wangi dan kelezatannya hhhmmm… bikin hati meleleh 😘

Mungkin ada sebagian orang yang menghindari makan cokelat maupun kue yang ada cokelatnya dengan alasan takut gemuk.
Padahal kalau kita bisa menjaga pola makan dan menggunakan cokelat compound dari Gandum Mas, justru cokelat menjadi makanan spesial dengan cita rasa berkualitas membuat tubuh kita makin rileks.

Memangnya ada yang baru dari Gandum Mas? Ada dong 😍
Buat pecinta baking pasti sudah tahu Cokelat Colatta. Ternyata ada komunitas fans Colatta yang senang berkumpul bareng dan aktif juga di media sosial. Acara gathering fans Colatta ini namanya "Sweetoday3". Tahun 2017 ini sudah diadakan untuk yang ke-3 kalinya.  


Pada Hari Minggu 21 Mei 2017 lalu saya memenuhi undangan dari PT. Gandum Mas Kencana (GMK) yaitu Bapak Iman Setia Nugraha selaku Creative and Corporate Communications Manager melalui email mbak Merta. PT. Gandum Mas Kencana yang berdiri sejak tahun 1985 ini berada di Jalan Moh. Toha KM 2,1 Karawaci Tangerang, Banten. Telepon di 021-5520023 dan email: wecare@gandummas.co.id

Acara tersebut berlokasi di D Lab SMDV di Jalan Riau No. 1 Menteng Jakarta. Acaranya teristimewa lho karena Sweetoday3 Hari Minggu lalu sekaligus soft launching produk baru Colatta Fineza. Teman-teman penasaran kan seperti apa sih keseruan acaranya? Yuuuukk....simak cerita saya di sini!

Dari Jagakarsa saya langsung cuuuuuzzz sendirian menuju D Lab mengendarai kendaraan pribadi. Khawatir salah arah karena belum pernah tahu lokasinya, saya menggunakan google map. Undangannya sih mulai pukul 12.00 hingga 15.00 WIB. 

Nah, saya buru-buru berangkat pukul 10.15 WIB pakai ngebut, karena mulai Lenteng Agung saja sudah macet berat. Ternyata, AC mobil saya ga berfungsi seperti biasanya jadi kepanasan deh. Alhasil, jendela kaca dibuka setengahnya dan tombol AC tetap dinyalakan. Lumayan kan ada anginnya hehehe. 

Semangat banget saya ingin tahu produk terbaru Colatta dong. πŸ˜„ Melewati Pasar Rumput dan seterusnya alhamdulillaah saya akhirnya sampai juga di D Lab pukul 11.50 WIB dan dapat tempat parkir pas di batas pintu pagarnya.

"Acara cokelat Colatta lewat mana, pak?", tanya saya kepada seorang satpam di sana. Ia menjawab, "Ibu naik lift dari situ nanti langsung ke lantai 2 ya". "Baik pak, terima kasih", ucap saya kemudian. Memang sudah kelihatan keramaian serba pink dan ungu, dress code seperti yang disampaikan oleh mbak Merta via Whatsapp waktu itu. Untung saya cukup punya koleksi pakaian dan hijab warna-warna tersebut. Sepatu saya pun berbunga-bunga pink dan ungu πŸ˜™

Setelah registrasi dan bertemu dengan mbak Merta, saya mencari tempat duduk yang posisinya cocok untuk berhilir mudik ke mana-mana. Ternyata lima baris terdepan sudah penuh semua hehehe. Peserta yang kebanyakan terdiri dari ibu-ibu itu sudah tiba duluan. Ada pula yang membawa anak-anak, pokoknya ramai deh. Akhirnya saya duduk di kursi kira-kira baris keenam agak ujung kanan sedikit. 
 
 Suasana Saat Acara Santai (Foto: dokpri)

Suasana Santai Makan Siang Sambil Mendengarkan Lagu (Foto: dokpri)

Oh ya, panitia Colatta juga memberikan lembaran berisi dua resep cokelat Colatta dan form data diri dengan beberapa pertanyaan. Ada juga pin Colatta yang di belakangnya tertulis nomor undian 97, saya sematkan di hijab saya deh. 

Foto: dokpri

MC nya yaitu mas Julian, memakai jas abu-abu dan bertopi hitam. Jadwal acara pukul 12.00-13.00 adalah sholat zuhur dan makan siang. 

Sambil antri pramanan, jepret dulu ah bersama Nita Lana Faera (Foto: dokpri)
Kue dan Cokelat Colatta (Foto: dokpri)


Nasi Gudeg (Foto: dokpri)

Ini dia nasi gudeg πŸ˜‹ minumnya air putih dingin aja. Saya ga sempat cobain cendolnya, soalnya susah bawanya dan bolak-balik ke kursi saking ramainya para peserta. Belum lagi ibu-ibu yang asik selfie hehehe.  


Sembari santap siang, saya dan seluruh peserta santai sejenak menikmati alunan beberapa lagu dengan petikan gitar.

Di acara soft launching Colatta Fineza ini saya bertemu dengan beberapa seleb blogger kece seperti mbak Sefa Firdaus dengan negeridongeng(dot)com nya, mbak Nicke Dkania Hoesein dengan NCC (Natural Cooking Club) nya, ada juga Justypiee, mbak Ika Rahma dengan Dapur Hangus-nya dan lain-lain. 

Saat awal datang sih ada 9-10 nama blogger yang diundang dan saya merasa terhormat sekaligus bangga bisa berada di antara para master blogger ini. Sebelum acara dimulai, MC Mas Julian menyebutkan nama-nama kami untuk menempati tempat duduk yang telah disediakan yaitu di sofa L depan, berhadapan dengan para peserta komunitas pecinta Colatta hehehe.... Alhamdulillaah 😍😊






Bapak Iman Setia Nugraha (Foto: dokpri)

Bapak Iman Setia Nugraha (Foto: dokpri)

Bapak Iman Setia Nugraha dan Ibu Sri Utami secara bergantian memberikan sambutan sekaligus pembukaan di acara soft launching Colatta Fineza dan memberikan informasi tentang e-commerce Colatta juga, namanya bakerbazar(dot)com. Ini untuk ritelnya, jadi kita bisa memperoleh produk Colatta di Carrefour, Giant, Alfamart, Alfamidi dan lain-lain. Khusus transaksi Hari Minggu lalu, ada hadiah langsung lho.

bakerbazar.com
 
Ibu Sri Utami-Marketing Manager PT. GMK (Foto: dokpri)

Ada juga Lomba Kreasi Ramadhan persembahan Colatta periode 21 Mei hingga 24 Juni 2017. Teman-teman bisa ikutan tuh kirim resep apa saja yang kalian suka, bebas saja lah pastinya lezat dong hasilnya kalau pakai cokelat Colatta 😍

Lomba Kreasi Resep Colatta Fineza (Foto: dokpri)
 
Mbak Endang-Justtryandtaste, Mas Tegar-King Sandwich dan MC Mas Julian (Foto: dokpri)


Bintang Tamu Spesial: Mbak Endang-Just Try & Taste (Foto: dokpri)

Bintang tamu spesial Colatta kali ini adalah seorang food blogger kenamaan yaitu mbak Endang dari justtryandtaste(dot)com dan Mas Tegar pemilik King Sandwich πŸ˜„ Mereka memberikan tips dan trik cara distribusi, marketing dan sebagainya. Beberapa pertanyaan dari komunitas juga dijawab oleh mbak Endang dan mas Tegar. 

Misalnya untuk menaikkan tingkat promosi dan penjualan, King Sandwich melakukan endorsement dengan beberapa artis dan tema berbeda di setiap bulannya. Untuk menjaga kualitas bahan sandwich, mas Tegar mempersiapkan semua bahan-bahan fresh, sehingga menjadikan frozen food menyehatkan, berizi tinggi dan halal tentunya. Menurut mas Tegar, pengiriman produk makanan utamakan sampai di alamat tujuan maksimal satu hari dengan ekspedisi kilat. Untuk yang lokasinya jauh, King Sandwich bisa melalui distributor di berbagai provinsi.

Sedangkan mbak Endang yang followers-nya sudah 60 ribuan lebih, bercerita tentang membuat resep cokelat custard cup yang creamy dan shiny. Ia juga mengungkapkan keseruan ber-baking ria dengan resep lainnya.


Ki-ka: Mas Tegar, Mbak Endang, Ibu Sri Utami dan Bapak Iman Setia Nugraha (Foto: dokpri)

Ikutan Kontes Foto Colatta (Foto: dokpri)

Menyempatkan diri ikutan kontes foto. Makasih ya Nita Lana sudah jepretin saya hehehe....Bergantian kita saling foto-fotoan nih, jodoh sepertinya ini kok bisa barengan dengan Miss Nita Lana yang blognya super oke namanya nitalanaf(dot)com πŸ˜„


Colatta Profesional Chocolate kini hadir dengan varian baru yaitu cokelat hitam compound atau Dark Compound Chocolate. Colatta compound chocolate diformulasikan secara khusus untuk penanganan kreasi cokelat rumah tangga yang mudah dan hasil yang baik. Terbuat dari cokelat berkualitas dan cocok untuk hiasan kue, dicetak, diserut, isian kue dan lain-lain. Komposisinya adalah gula, pengganti lemak kakao, kakao bubuk, kakao massa, pengemulsi lesitin kedelai dan perisa artificial vanila. Cokelat Colatta juga bersertifikasi halal πŸ˜ƒ
 


Colatta Fineza sebagai Home Creation Chocolate ada dalam kemasan 1 bar dengan berat bersih 250 gram. 
Cara melumerkannya adalah:
-Potong-potong kecil cokelat Colatta untuk memudahkan proses pelumeran.
-Tempatkan dalam mangkok stainless yang diletakkan di atas wadah berisi air panas (di tim). Pastikan tidak ada air atau uap yang tercampur dalam cokelat. Hindari panas berlebihan.
-Angkat dari pemanas, aduk perlahan hingga lumer sempurna dan suhu cokelat mencapai 40-45 derajat celcius. Cokelat siap digunakan.
Simpan di tempat kering dan sejuk.

Colatta Compound cocok untuk membuat:
- Praline Shells, permen, truffles
- Pelapis/ covering/ coating cakes
- Bahan dekorasi aneka cokelat
- Ganache, mousses, sauces, brownies dan sebagainya.

Sebagai orang awam, biasanya kita hanya sekadar tahu bahwa cokelat itu ya begitu bentuknya, warna dan rasanya. Sebenarnya banyak macamnya lho tapi di sini saya hanya akan mengulas cokelat compound ya. Teman-teman yang suka baking di rumah maupun usaha bakery, ada yang menggunakan cokelat converture atau compound. Apa ya perbedaannya? 

Berikut adalah rangkuman tentang cokelat yang sudah saya ketahui serta penjelasan dari Colatta, baik dari Bapak Iman Setia Nugraha, Bu Sri Utami, Mas Tegar, Mbak Endang, Chef Akbar dan Chef Nunung serta jawaban dari peserta komunitas:
 
Bahan dasar pembuat cokelat adalah biji kakao. Nah, dari 100 gram biji kakao itu akan didapat sekitar 80 gram cocoa mass atau cocoa liquor yang berbentuk pasta. Sisanya 20 gram berupa kulit biji kakao maupun bahan-bahan lainnya. Cocoa liquor diproses menjadi 40 gram cocoa butter dan 40 gram cocoa powder (bubuk kakao). Kandungan ini yang membedakan yang mana cokelat couverture dan cokelat compound.
Teman-teman, ketika memilih cokelat, perhatikan label cokelatnya ya. Contohnya pada cokelat couverture biasanya persentase kandungan cokelatnya sebesar 74%. Berarti campuran cocoa mass ada 50% dan cocoa butter 24%. Sisanya sebanyak 26% terdiri terdiri dari gula, lesitin, dan vanili.

Masih bingung? πŸ˜„ Hhmm ringkasnya begini saja deh, Kalau terdapat cocoa mass dalam bahan pembuatnya, berarti cokelat tersebut menggunakan cokelat couverture. Tetapi kalau di labelnya tertulis 'lemak nabati', maka produk tersebut memakai cokelat compound. Semakin banyak cocoa butter, semakin encer dan mahal cokelat tersebut. Semakin banyak cocoa mass, cokelat akan semakin pahit dan murah harganya.

Cokelat Couverture/ Real Chocolate 
 
Cokelat couverture atau real chocolate adalah campuran cocoa mass dan cocoa butter. Langsung meleleh saat masuk mulut. Cokelat berkualitas premium mengandung lemak cokelat alami (cocoa butter) yang meleleh pada suhu tubuh sehingga couverture segera lumer saat dimakan. Biasanya kandungan lemak yang ada pada cokelat berkisar 32-39 persen. 

Couverture harganya lebih mahal dan rasanya lebih pahit. Untuk melelehkan cokelat, diperlukan proses tempering dengan cara menurunkan lalu menaikkan suhu saat pelelehan cokelat. Hal ini dilakukan untuk menstabilkan kristal-kristal lemak dalam cocoa butter. Tanpa proses tersebut, tampilan cokelat couverture akan kusam.  

Tempering menggunakan mesin khusus, sehingga yang menggunakan cokelat couverture biasanya adalah profesional dan bakery besar. Total persentase cocoa butter dan cocoa solidpun harus minimal 54%. Cokelat couverture memang lebih enak dibanding cokelat compound. Namun cokelat couverture lebih cepat meleleh, sehingga tak mudah dibawa-bawa. Cokelat couverture sebaiknya disimpan di suhu 23   C.


Cokelat Compund
Colatta Fineza


Colatta Fineza_Dark Compound Chocolate (Foto: dokpri)

Cokelat compound adalah kombinasi cocoa powder dan lemak nabati. Harus dikunyah dulu, baru meleleh di mulut. Pada jenis compound, lemak cokelat alami diganti dengan lemak nabati yang lebih ekonomis contohnya minyak sayur. Berbeda dengan cokelat couverture, cokelat compound tak menampilkan persentase kandungan cokelat. Pasalnya, semakin banyak kandungan bubuk kakao, semakin menggumpal cokelat tersebut. Cokelat compound biasanya terdiri dari 50% gula serta 50% campuran lemak dan bubuk kakao.

Itu sebabnya cokelat compound tidak segera lumer saat dimakan karena titik leleh lemak nabati berbeda dengan lemak cokelat. Compound tidak perlu melalui proses tempering, dapat langsung dilelehkan untuk digunakan dalam berbagai masakan. 

Cokelat compound diciptakan sebagai alternatif lebih murah dari cokelat couverture. Cokelat compound juga tak mudah meleleh dan bisa disimpan di suhu 28-30 C. Cokelat inipun lebih mudah digunakan karena tinggal ditim tanpa mesin khusus.

Karena lebih praktis itulah, cokelat compound banyak digunakan untuk pemakaian sendiri maupun industri rumahan. Cokelat jenis ini juga lebih manis dibanding cokelat couverture karena kandungan gulanya lebih banyak. Biasa dipakai sebagai cokelat hiasan.



Wah, sekarang teman-teman sudah mengerti kan perbedaan dari kedua jenis cokelat tersebut? Daripada kebanyakan teori, mendingan langsung saja dipraktekkan deh πŸ˜‹ Hati dan mulut sudah ga bisa kompromi ingin coba resep dari Colatta. Mau bikin apa sih? 

Ini lho Choco Crunchy Milky Cake dan Red Velvet Ice Cream Pie resep terbaru Dark Compound Chocolate Colatta Fineza, Share of Delight, Home Creation Chocolate. MC mas Julian langsung memanggil dua chef yang sudah ditunggu-tunggu fans nya nih. 

 
Yes! Ada Chef Nunung dan Chef Akbar....yeaaahhh...waaaah seperti ini riuh rendah para peserta πŸ˜πŸ˜‚πŸ˜€ Chef Akbar datang khusus dari Bali lho...demi Colatta dan Cholavers nih 😊😍


Chef Nunung (Foto: dokpri)

Chef Akbar dan Chef Nunung Beraksi (Foto: dokpri)

Chef Nunung dan Chef Akbar Sudah Selesai Bikin Cake (Foto: dokpri)

Choco Crunchy Milky Cake(Foto: dokpri)


Red Velvet Ice Cream Pie (Foto: dokpri)


Bersama Chef Nunung Patimah (Foto: dokpri)

Bersama Chef Akbar (Foto: dokpri)


video




Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan


Sudah tahu belum apa saja manfaat kesehatan yang diperoleh dari mengosumsi cokelat? Ternyata banyak sekali lho manfaatnya.

Makan cokelat bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Selain itu juga dapat meningkatkan kesehatan mata kita. Meningkatnya aliran darah menuju ke retina dapat membantu memperbaiki penglihatan dan kekuatan mata.

Cokelat bisa membuat kita cerdas, menjaga kesehatan otak. Jika syaraf-syaraf kita rileks, sistem otak kerja yang bekerja mengontrol organ-organ tubuh kita juga ikut rileks. Pikiran bahagia dan perasaan suka cita, siapa yang ga mau sih? Ada dua bahan dalam coklat yang memiliki peran penting untuk menimbulkan perasaan senang yaitu, Theobromin dan Tryptophan. Coba perhatikan, kalau ada acara formal maupun santai, bisa dipastikan menu cokelat hampir selalu ada lho.
 
Cokelat bisa mencegah penyakit jantung. Sebatang cokelat mengandung bahan-bahan kimia yang membuat sistem kardiovaskular kita berjalan lancar. Dark chocolate dapat mengurangi risiko serangan jantung dengan persentase hampir 50% dan penyakit koroner sebesar 10%. Kandungan lemak rendah. Mengandung cocoa powder sebagai bahan utama cokelat rendah lemak. Sebagai anti depresi, cokelat mengandung serotonin yang merupakan anti depresi alami.

Manfaat lainnya yaitu dapat mengurangi risiko kanker. Cokelat mengandung antioksidan yang menghentikan pertumbuhan kanker, dengan menyebabkan protein tertentu dalam tubuh untuk menonaktifkan bagian-bagian yang menghasilkan sel-sel tumor. Cokelat bisa meningkatkan sirkulasi darah. Falvonoid meningkatkan sirkulasi darah selama 2-3 jam setelah kita mengonsumsi cokelat.

Cokelat juga bisa menurunkan tekanan darah. Coklat mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan yang membantu menurunkan tekanan darah kita dengan memproduksi oksida nitrat. Selain itu, cokelat dapat meningkatkan produksi insulin alami yakni membantu menurunkan resiko terkena diabetes. Mampu juga menghindari kelelahan kronis yang bisa menyebabkan sakit kepala, jantung, tubuh nyeri serta masalah pernapasan. 
 
Nah ini yang bikin kita semangat, terutama bagi para perempuan. πŸ˜— Apa ya? Menghambat penuaan. Cokelat mengandung antioksidan alami untuk menghambat kerutan prematur atau garis yang menunjukkan penuaan di wajah. Membantu menurunkan berat badan juga bisa kok. Cokelat yang kaya akan serat seperti halnya roti, gandum, buah dapat membantu diet. Cokelat pun dapat menghaluskan kulit. Selain menjaga kelembaban elastisitas kulit kita, Flavanols yang terdapat pada cokelat mampu melindungi kita dari sinar UV.

Dark chocolate alias cokelat hitam banyak bermanfaat bagi ibu hamil apabila dikonsumsi dengan takaran yang tepat. Cokelat hitam ini dapat mengurangi risiko terkena pre-eclampsia pada bayi, menjaga kestabilan tekanan darah serta kaya akan antioksidan. Tapi, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan dan mendapat persetujuan ya. πŸ˜ƒ


Antusiasme pecinta Colatta memang benar-benar oke. Acara selesai pukul 16.30 WIB. Keseruan seluruh komunitas ga berhenti rasanya deh gara-gara sibuk fotoan sama para chef terutama chef Akbar...ck ck ck... Memang yach begitu lah kalau jadi celebrity chef 😍
Sebelum pulang kami sempat berfoto bareng deh biar ada kenang-kenangan hehehe.

Bersama Mbak Sefa Firdaus (Foto: dokpri)


Bersama Mbak Nicke NCC dan Justypiee


Mendapatkan Doorprize dari Colatta (Foto: dokpri)


Alhamdulillaah Dapat Doorprize Undian Nomor 97 (Foto: dokpri)

Bingkisan dan Doorpize dari Colatta (Foto: dokpri)


Yuk, baca 2 tulisan saya selanjutnya! Ada videonya juga lho, lihat deh Resep Choco Crunchy Milky Cake dan Red Velvet Ice Cream Pie Ala Colatta Fineza dan Step by Step Resep Pancake Cokelat Gurita Colatta Fineza dan Smoothie Haan Ala Nurul Sufitri.

Baca juga cerita teman saya, nitalanaf(dot)com judulnya Launching Colatta "Fineza" dan Colavers Gathering #Sweetoday3 😊

Jangan khawatir, nanti kita masih akan bertemu dengan chef ganteng Akbar dan chef cantik Nunung. Penasaran kan.... 😍

Sweetoday3: Colatta Fineza (Foto: Colatta)

 
Terima kasih kepada Colatta Fineza_PT. Gandum Mas Kencana atas undangannya. Senang sekali saya bisa berada di acara gathering 'Sweetoday3'' yang keren ini. Mendapat pengetahuan tentang cokelat, menambah teman baru, bertemu orang-orang yang menyenangkan, pokoknya awesome deh πŸ˜— Semoga suatu saat kita bisa berjumpa kembali. Wassalam. 


Facebook: Nurul Sufitri
Instagram: @nurul_sufitri
Twitter: @Nurulsufitri
Email: nurulsufitri@gmail.com
Linked In: Nurul Sufitri
WA: 08129634587

38 comments:

  1. kenapa oh kenapaaa semua orang update soal event coklat coolatta iniiii... kan eyke jadi kepengen huhuhuhu :( btw selamat ya mba doorprizenya, salam kenal juga!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloooo mas Agi PranotoπŸ˜ƒ iya makasih salam kenal juga. Nantikan resep camilan Colatta Fineza ala saya ya ☺

      Delete
  2. alhamdulilah dpt doorprize y mba hahaha btw aku jd tau loh mba cocoa mass cocoa couverteur bacanya sambil manggut2 dan ber-ohhh pantesan oi begitu hahaha liat manfaatnya aku jd kepengen beli coklat πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Herva....hahaha iya aku mencoba menjelaskan beberapa poin aja supaya kita ada gambaran kalau jenis cokelat itu ternyata lebih dari satu πŸ˜„ Yuk lah cobain Colatta Fineza. Tq ya.

      Delete
  3. saya suka coklat, jaman pas kuliah saya terapi maagh pake coklat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dong kita, mbak Rika πŸ˜ƒ iya banyak manfaat cokelat bagi kesehatan dan kecantikan kita.

      Delete
  4. Dateng lebih dulu memnag enak ya. Dpt tmp strategis buat markir mobil. Hehe..

    Itu justtryandtaste tuh blog fav ade loh. Banyak resep dia yg ade pake dan combine dr resep2 blogger lainnya. Itu toh wajah pemiliknya. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mb Ade πŸ˜ƒ Tunggu aja ya ada resep makanan kesukaan anak2ku di judul berikutnya πŸ˜€ siiipp makan cokelat, siapa takut?

      Delete
  5. Very useful information, simple word, easy to be undrestood... Thanks for sharing,so eat chocolate then.. Hehe...

    Good luck bu Nurul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Chef Akbar for sharing about baking, chocolate, how to make simple cake πŸ˜ƒ Let's eat Colatta πŸ˜„

      Delete
  6. Simple words, useful information, keep sharing bu Nurul.. So why don't we eat chocolate then.. πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tq chef Akbar 😊 Yuk beli Colatta Fineza yang banyak, simpen di lemari persiapan bikin cake dll hehehe ☺

      Delete
  7. Wah, mbak nurul keren dapat doorprize. Iya, aku juga pernah bikin cake lava pakai cokelat collata ini mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tks mbak Nici πŸ˜„ wah iya kan bener lezat banget kalo bikin kue pakai Colatta πŸ˜„

      Delete
  8. Wah mbak saya sangat suka dengan yang namanya coklat. Rasanya Yummmmmi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cokelat bikin badan makin sehat dan cantik, mbak πŸ˜„ rasanya sampai ke hati ya hehehe....

      Delete
  9. Asik dapat doorprize bisa stok bikin kue lebaran nih. Nanti kalo ketemuan Mpo boleh cicip khan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya boleh icip kue cokelat pakai Colatta buat mpo Febri...makasih yaaaa πŸ˜ƒ

      Delete
  10. Hemm baru tahu mbak endang Food blogger,keren ya. Ternyata coklatpun banyak manfaatnya sampai bisa menurunkan kadar kolestrol jahat. Hemm bolehlah dicoba merk Collata ya.Semoga aku jadi hobi masak lah habis ini ketularan dirimu haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...Febri :) Makanya kita ga usah takut gemuk, jerawatan atau apa pun gara2 cokelat. Kalau kita mengonsumsi dengan 'cukup' sesuai anjuran justru menyehatkan. Kan cukup itu bagus dari pada kekurangan maupun kelebihan hehee...

      Delete
  11. dari semua produknya yg sering aku beli cuma haan ... tepung pancakenya ;p..belum pernah beli coklat colaata krn aku jg ga bisa masak kue mba :D... palingan beli aja deh kalo kue2an... padahl papaku pengusaha bakery di medan.. Tapi ga tau sih papa pake coklat apa utk cake2 nya.. ntr deh aku tanya... tiap kali dtg ke toko2 papa, aku tau nya cuma nyicipin hahahaha/... ga ikutan cari tau ttg resep ato lain2nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga paling sering pakai tepung pancake Haan, soalnya praktis banget dan anak2 suka :) Wah, kalau papa mbak Fanny di Jakarta, kita asik makanin bakerynya hehee tq ya mbak...Cobain Colatta Fineza deh enak banget rasanya.

      Delete
  12. Sukaaa coklat. Ternyata banyak banget ya manfaatnya.

    Baca ini jadi inget pubya coklat batangan dikulkas. Haha... Mau bikin Brownies dari kapan tau belum jadi jadi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo pas banget nih mau buka puasa hehe coba beli Colatta Fineza deh mbak Ida. Dark chocolate nya enak banget, simple lah buat dibikin cake apa aja.

      Delete
  13. Keliatannya enak ya,produk coklatnya. Jadi pengen nyobain :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak dong...uni Aira :D Cobain deh Colatta Fineza. Biasanya uni Aira kan demen bikin2 kue buat si bungsu hehehe...

      Delete
  14. Baca liputannya jadi ngiler ama cokelatnya, apapun makanannya Tobing cokelat emang paling enak, hampir tidak ada anak yang ngak suka cokelat. Makasih infonya yg lengkap banget, jadi ngak usah nyari referensi produk cokelat yg lain 😜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget...anak2 doyan cokelat. Orang dewasa juga...topping colatta dan isi cake Colatta Fineza lezat banget creamy hhhmmm makasih mbak Mutia πŸ˜ƒπŸ˜„ yuk makan cokelat!

      Delete
  15. Aq ga dpt yg coklat ini..duh keren bgt mb nurul coklat2 kesukaanku 😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe makasiiih mb Ria πŸ˜„ Toss dong sesama pecinta cokelat. Yuk dicoba Colatta Fineza nya hhhmmm... πŸ˜„

      Delete
  16. Yuhuuu mantep Mba Nurul. Moga kalau Colatta ngadain event lagi, kita diundang lagi ya, haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Nita...sip πŸ˜ƒπŸ˜„ Tulisan Nita juga mantaaappp.. πŸ˜€

      Delete
  17. Keren mbak Nurul, ceritanya komplit pake telor :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Sefa πŸ˜ƒπŸ˜„ hehe makasiiiih... 😊

      Delete
  18. coklat colata ini enak buat dibikin kue :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi mbak Myra... enak buat cake atau langsung dimakan gitu aja oke deh 😊

      Delete
  19. Seru sekali acara bersama colatta dapat ilmu masak dan bonus bingkisan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Ria...asik banget acaranya jadi tau tentang cokelat plus dapat doorprize hehehe...

      Delete