Daftar Isi [Tampilkan]

Sebuah pengalaman menginap di hotel seringkali ditentukan oleh kenyamanan dan fasilitas yang disediakan. Salah satu aspek penting yang harus diperhatikan oleh pemilik hotel adalah sistem pemanas air, atau yang lebih dikenal sebagai water heater. Dalam artikel ini, aku akan membahas mengenai water heater untuk hotel dan pentingnya memilih yang tepat untuk memastikan kenyamanan tamu.


7 Tips Memilih Water Heater yang Tepat untuk Kenyamanan Tamu Hotel

Ketika teman-teman menginap di sebuah hotel, mungkin kalian pernah bertanya-tanya, "Water heater di hotel pakai apa ya?”. Mungkin belum banyak orang yang tahu bahwa water heater banyak macamnya. Sementara ini kita biasanya menggunakan water heater listrik dan gas saja.


7 Tips Memilih Water Heater yang Tepat untuk Kenyamanan Tamu Hotel (2)
Water Heater di Hotel

Setiap kali aku dan keluarga bermalam di hotel, aku selalu memastikan ketersediaan water heater terlebih dahulu. Apalagi kalau berwisata ke tempat yang dingin dan sering mendung. Ketika liburan ke Dieng misalnya, wajib banget ada water heater dong supaya bisa mandi bersih dengan nyaman, tidak menggigil kedinginan. 

Baca:

Pengalaman Menginap di Homestay Green Savannah Dieng

Pengalaman Pertama Menginap di Cabin VIP The Forest Cisarua

Menikmati Sensasi Mandi Parfum Vitalis Body Wash saat Traveling

Jenis Water Heater

Hotel harus menyiapkan water heater terbaik untuk para tamunya agar betah dan merasa nyaman. Nah, ada beberapa jenis water heater yang bisa digunakan untuk kebutuhan hotel, antara lain yakni:

Water Heater Listrik

Water heater ini merupakan jenis water heater yang paling umum dijumpai di hotel-hotel modern. Biasanya, setiap kamar terpasang satu unit water heater listrik di kamar mandinya. Dengan adanya water heater listrik di setiap kamar, tamu hotel dapat dengan mudah mengakses air panas untuk keperluan mandi, meningkatkan tingkat kenyamanan dan kepuasan selama menginap di hotel.

Water Heater Gas

Beberapa hotel juga menggunakan water heater yang menggunakan gas sebagai sumber energi untuk memanaskan air. Meskipun tidak sepopuler water heater listrik, pemanas air ini tetap menjadi pilihan terutama untuk hotel-hotel yang berlokasi di daerah dengan pasokan listrik yang tidak stabil atau ingin menghemat biaya listrik.

Water Heater Tenaga Surya

Hotel-hotel ramah lingkungan mungkin menggunakan water heater yang menggunakan energi matahari sebagai sumber panas untuk memanaskan air. Hal ini adalah pilihan yang ramah lingkungan dan dapat mengurangi biaya operasional jangka panjang. Karena water heater tenaga surya dapat memanaskan air dengan kapasitas yang besar, seperti 300 L, maka kebutuhan air hangat di hotel tersebut bisa dipenuhi oleh beberapa unit saja. Jadi tidak harus memasang water heater di setiap kamar tamu, sehingga dapat menghemat pengeluaran hotel dan juga mengurangi penggunaan daya listrik.

Water Heater Heat Pump

Layaknya water heater heat pump hybrid dari Ariston, water heater ini menggunakan sistem hybrid intelligence terbaru yang menggabungkan dua sumber daya yaitu energi pompa panas dan listrik. Produk heat pump hybrid dari Ariston yaitu Lydos Hybrid dengan kapasitas tangki sebesar 80 L dan 100 L. Lydos Hybrid lebih hemat 50% dibandingkan dengan pemanas air kelas B.


7 Tips Memilih Water Heater yang Tepat untuk Kenyamanan Tamu Hotel
Tips Memilih Water Heater Kamar Mandi Hotel

Salah satu tempat di hotel yang paling sering digunakan oleh tamu hotel adalah kamar mandi. Oleh karena itu, pastikan bahwa kamar mandi telah dilengkapi dengan fasilitas air hangat dari water heater yang tepat untuk menambah kenyamanan tamu. 

Water Heater untuk Kamar Mandi Hotel

Berikut adalah beberapa pertimbangan penting saat memilih water heater untuk kamar mandi hotel di antaranya :

Kapasitas Water Heater

Pertama-tama, tentukan berapa kapasitas air panas yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tamu hotel. Hitung jumlah kamar, jumlah tamu rata-rata, dan kebutuhan air panas untuk keperluan seperti mandi, mencuci tangan, dan keperluan dapur jika ada. Pastikan water heater memiliki kapasitas yang cukup untuk memberikan pasokan air panas yang memadai tanpa kekurangan.

Tipe Water Heater

Pilihlah tipe water heater yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan hotel. Water heater listrik umumnya mudah dipasang dan cocok untuk hotel-hotel modern dengan pasokan listrik stabil. Sementara itu, water heater gas cocok untuk hotel-hotel yang berlokasi di daerah dengan pasokan listrik yang tidak stabil atau untuk hotel yang mengutamakan efisiensi energi. Water heater tenaga surya dapat menjadi pilihan yang ramah lingkungan dan ekonomis untuk hotel-hotel yang memiliki akses sinar matahari yang cukup.

Efisiensi Energi

Pilih water heater yang memiliki tingkat efisiensi energi yang tinggi. Water heater yang efisien energi tidak hanya mengurangi biaya operasional hotel, tetapi juga membantu mengurangi jejak karbon hotel terhadap lingkungan. Perhatikan juga fitur-fitur seperti isolasi tambahan, pengatur suhu otomatis, dan teknologi pemanas yang canggih untuk meningkatkan efisiensi energi.

Kualitas Air

Perhatikan kualitas air yang dihasilkan oleh water heater. Pastikan water heater dilengkapi dengan sistem penyaringan yang efektif untuk menghilangkan kontaminan dan mineral yang dapat merusak pipa dan peralatan kamar mandi. Air panas yang bersih dan berkualitas akan meningkatkan pengalaman menginap bagi tamu hotel.

Keandalan

Pilihlah water heater dari brand terpercaya. Pastikan water heater dapat diandalkan dalam memberikan pasokan air panas yang konsisten tanpa gangguan atau kerusakan yang sering terjadi. Pilihlah water heater yang dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan seperti proteksi kelebihan suhu dan proteksi kebocoran untuk mencegah kecelakaan atau kerusakan yang tidak diinginkan.

Kemudahan Perawatan

Terakhir, pertimbangkan juga kemudahan perawatan dan perbaikan water heater. Pilihlah water heater yang mudah dalam perawatannya dan memiliki layanan purna jual yang baik untuk memastikan ketersediaan suku cadang dan dukungan teknis yang dibutuhkan. Perawatan yang rutin dan tepat waktu akan memperpanjang umur pakai water heater dan menghindari kerusakan yang tidak terduga.

Pilih Water Heater Ariston

Untuk meningkatkan pengalaman menginap di hotel yang menyenangkan, pilihlah pemanas air dari Ariston. Water heater ini tersedia dari berbagai jenis yaitu solar water heater, gas water heater, elektrik water heater, dan juga heat pump water heater. Selain itu, water heater Ariston terdiri dari bermacam-macam pilihan kapasitas tangki sehingga teman-teman dapat memilih mana yang pas untuk kebutuhan hotel. Atau, mau water heater yang instan juga ada. Water heater ini tidak perlu memanaskan air dalam tangki melainkan langsung memanaskan air ketika dibutuhkan.

Kesimpulan

Memilih water heater yang tepat adalah langkah penting dalam memastikan kenyamanan tamu di hotel. Pertama-tama, pemilik hotel perlu memilih water heater dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan, mempertimbangkan jumlah kamar dan jumlah tamu rata-rata yang menginap. Selain itu, perhatikan juga jenis water heater yang akan dipilih, di antaranya water heater listrik, gas, tenaga surya, atau heat pump, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tergantung pada kondisi dan kebutuhan hotel.

Selanjutnya, efisiensi energi juga harus menjadi perhatian utama dalam memilih water heater. Water heater yang efisien energi tidak hanya mengurangi biaya operasional hotel, tetapi juga membantu dalam menjaga lingkungan dengan mengurangi emisi karbon. Fitur-fitur seperti isolasi tambahan, pengatur suhu otomatis, dan teknologi pemanas yang canggih perlu diperhatikan untuk meningkatkan efisiensi energi water heater.

Kualitas air yang dihasilkan oleh water heater pun juga perlu diperhatikan untuk kenyamanan tamu hotel. Pastikan water heater dilengkapi dengan sistem penyaringan yang efektif untuk menghilangkan kontaminan dan mineral yang dapat merusak pipa dan peralatan kamar mandi. 

Terakhir, pemilik hotel juga perlu mempertimbangkan keandalan water heater, kemudahan perawatan, dan layanan purna jual yang baik untuk memastikan kelancaran operasional serta umur pakai water heater yang optimal. Tidak kalah penting, gunakan water heater dari Ariston untuk memenuhi kebutuhan air panas di hotel secara hemat dan efisien. Hubungi Distributor Ariston terlengkap dan dapatkan water heater Ariston yang cocok untuk kebutuhan hotel.


9 comments:

  1. Barang ini sebenarnya yang sedang kami pertimbangkan untuk dilengkapi di rumah. Biar sewaktu-waktu bisa menggunakan pas lagi musim hujan. Bisalah mengecek satu persatu di sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap! Iya donk supaya saat mandi bisa lebih menikmatinya, pakai air hangat.

      Delete
  2. Aku juga kalo ke tempat dingin pasti maunya kamar mandinya ada water heater. Ga mungkin pas winter mandi dengan air sedingin es 不不.

    Tapi kalo di negara yg ga ada winter, biasanya aku ga mandi air panas mba, lbh suka dingin.

    Tapi pernah yaa pas di Bangkok, nginep di hotel murah sih. Itu air panasnya ga bisa dikontrol不不不. Puanaaaas byangeeetttt hahahahahhaa.. Udh aku campur ama air dingin, ttp aja dominan panas. Udh ga tau mandinya gimana. Sampe2 kami curiga ini jangan2 torennya di atas kena matahari langsung, makanya panas begini hahahahaha.

    Untung pas malam airnya normal. . Ga tau lah heater model gimana yg itu hotel itu pake 不

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wauuuuu ngeri amat ya panasnya ga bisa dikontrol tuh hotel di Bangkok :( IYa deh rusak kayaknya wkwkwkwk. Memang paling nyaman mandi air hangat saat kita traveling ke tempat yang cuacanya dingin banget.

      Delete
  3. Water heater jadi komponen yg sering menjadi pertimbangan para tamu hotel terutama yg lingkungan sekitarnya dingin, ternyata ada banyak macamnya ya..mulai dari listrik, gas sampe tata surya bahkan yg lebih hemat pakai metode pump yg lebih penting dari itu kualitas produknya meati yg kredibel

    ReplyDelete
  4. Mandi air hangat kalau badan lagi capek dan mandinya pas malam hari luar biasa rasanya, jadi rilex. Makasih infonya ya, jadi udah ga kuatir salah pilih kalau suatu saat mau beli alat ini

    ReplyDelete
  5. Iya paling bete kalau nginap di hotel tahu-tahu pemanas airnya ngga berfungsi padahal ingin healing dengan mandi air hangat yaa..sekrusial itu fungsinya buat kita..kalau untuk di rumah, aku cari yang aman dari bahaya kesetrum huhu

    ReplyDelete
  6. Aku zaman kecil suka banget mandi air hangat tapi sejak menikah sudah jarang banget hanya saja kalau ke hotel pasti deh menggunakan air hangat mau tidur sebelum tidur pokoknya malah betah banget mandi terus Hahaha

    ReplyDelete
  7. Adanya water heater ini bikin nyaman banget siih..
    Apalagi kalau sedang capek capeknya, mandi pakai air hangat bikin capeknya cepet ilang.
    Alhamdulillah ada water heater Ariston yang bisa diandalkan.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.