Daftar Isi [Tampilkan]

Pura Ulun Danu adalah salah satu ikon pulau Bali, dan tergambar pada uang kertas 50.000 rupiah. Pura Ulun Danu berdiri sangat megah, terletak di Danau Beratan di dataran tinggi pegunungan Kabupaten Bedugul di Pulau Dewata. Sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut, udara sejuk dan segar, namun sinar matahari saat itu sangat terik bahkan bisa membakar kulit.

Pura Ulun Danu Danau Beratan Bedugul Bali

Inilah destinasi pertama setelah aku, Aa Rahmad, Rafa dan Fakhri menunaikan salat zuhur di Masjid Besar Al Hidayah adalah Pura Ulun Danu Danau Beratan. Waktu itu suasana sangatlah ramai, tepat di siang hari. Liburan lebaran April 2023 ternyata cuaca juga terlalu panas di Bali bahkan di banyak kota lain di Indonesia.

Untuk yang kedua kalinya kami berkunjung ke pura dan danau ini. Angin berhembus sepoi-sepoi. Kabut tipis dari danau menggantung di udara. Ah, seandainya tahun ini kami bisa mengulang lagi berwisata ke Pura Ulun Danu dan Danau Beratan, mungkin suasananya tidak seramai tahun lalu, mengingat jadwal libur anak sekolah berbeda-beda dan kurang lama.


Pura Ulun Danu Danau Beratan Bedugul Bali
Pura Ulun Danu Danau Beratan Bedugul Bali

Lokasi 

Pura Ulun Danu Danau Beratan berada di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali 82191. Telepon/Faks: (+62)368 2033050 | (+62)368 2033143, seluler: (+62) 82 14464 0765 dan Instagram: @ulundanuberatan 

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Pura Ulun Danu Danau Beratan Bedugul buka setiap hari Senin hingga Minggu mulai pukul 07.00 sampai 19.00 WITA. Biaya parkir motor adalah Rp3.000, mobil pribadi Rp5.000 dan bus pariwisata Rp10.000.

Baca:

Pesona Masjid Besar Al Hidayah Candikuning Bedugul Bali

Cara Beli Tiket Kapal Laut Pakai Aplikasi Ferizy



Pura Ulun Danu Danau Beratan Bedugul Bali
Loket dan Tiket Masuk

Untuk dapat memasuki kawasan wisata tersebut kami merogoh kocek Rp30.000 per orang (Untuk wisatawan domestik di tahun 2023). Di tahun 2024 ternyata ada kenaikan sebesar Rp10.000 khusus tiket dewasa domestik. Untuk lebih jelasnya, lihat uraian berikut ini:

  • Anak (KTP Bali usia 5-10 tahun Rp20.000 
  • Dewasa (KTP Bali) Rp30.000
  • Anak-anak domestik (5-10 tahun) Rp20.000
  • Dewasa domestik (Senin-Jumat) Rp40.000
  • Dewasa domestik (Sabtu-Minggu dan hari libur nasional) Rp50.000
  • Anak-anak macanegara (5-10 tahun) Rp50.000
  • Dewasa mancanegara Rp75.000

Warisan Spiritual dan Bangunan Suci 

Pura Ulun Danu merupakan simbol dari warisan spiritual dan budaya Bali. Meskipun wisatawan domestik dan mancanegara ramai, namun pesona pura tetap terjaga. Pura ini dibangun untuk menghormati dan memuja Dewi Danu yang merupakan ratu air, danau dan sungai. 


Pura Ulun Danu Danau Beratan Bedugul Bali


Di dalam komplek candi yang terdiri dari empat bangunan suci, terdapat Lingga Pura sebagai tempat pemujaan terhadap Dewa Siwa. Terdapat Pura Puncak Mangu setinggi 11 tingkat sebagai persembahan kepada Dewa Wisnu. Ada Pura Teratai Bang sebagai pura utama dan Pura Dalem. Ada pura Purwa untuk memuja Sang Hyang Widhi tempat berdoa mereka memohon kesuburan, kemakmuran dan kesejahteraan. 


Pura Ulun Danu Danau Beratan Bedugul Bali
Wisata Pura Ulun Danu Danau Beratan Bedugul Bali

Konon bangunannya bercorak mengikuti kepercayaan Trimurti mewakili tiga dewa yakni Dewa Brahma, Wisnu dan Siwa. Brahma, Sang Pencipta warna merah, Wisnu Sang Penyeimbang dan pemelihara alam semersa dilambangkan warna hitam dan Siwa, Dewa Sang Penghancur berwarna putih.


Pura Ulun Danu Danau Beratan Bedugul Bali
Wisata Pura Ulun Danu Danau Beratan Bedugul Bali

Danau Beratan

Danau Beratan merupakan danau terbesar kedua di Bali. Danau ini menjadi sumber irigasi sawah dan perkebunan di seluruh Desa Bedugul. Cuaca di sekitar danau ini cukup sejuk. Disebut ‘Gunung Suci’ Danau Beratan awalnya terjadi akibat gempa bumi yang dahsyat, membagi danau menjadi tiga bagian, yakni  Beratan, Buyan dan Tamblingan.


Pura Ulun Danu Danau Beratan Bedugul Bali
Danau Beratan Bedugul Bali

Oh ya, teman-teman, ternyata nama ‘Beratan’ itu berasal dari kata ‘Brata’ yang artinya mengarahkan diri untuk memenuhi 9 kebutuhan primer dalam hidup.  Kalau punya waktu lebih banyak di sana, wisatawan bisa mengelilingi danau menggunakan boat dari ujung ke ujung. Selain itu tentu saja jangan sampai terlewatkan berfoto sebagai kenangan-kenangan.


Pura Ulun Danu Danau Beratan Bedugul Bali
Danau Beratan

Selain memiliki keindahan alam, Pura Ulun Danu dan Danau Beratan juga menjadi pusat kegiatan ritual masyarakat yang tinggal di sekitarnya, namanya Melasti. Upacara Melasti membersihkan benda suci yang disakralkan sebagai awal perayaan Nyepi Tahun Baru Saka setiap tahunnya. 

Memang pada musim liburan Lebaran, liburan akhir tahun menyambut tahun baru dan momen keagamaan, biasanya ruas Jalan Denpasar-Singaraja macet total. Semoga suatu hari nanti aku dan keluarga bisa menyaksikan secara langsung Tari Kecak dan melihat berbagai kegiatan spiritual lainnya. Sekian cerita pendek kali ini. Sampai jumpa!


36 comments:

  1. Pura ini aku blm datangin, padahal lumayan sering ke Bali πŸ˜„. Tadi sebelum baca blog mba nurul, ada yg nulis juga ttg pura ulun danu. Dari situ aku juga jadi tahu kalo lokasi tempatnya sejuk yaa. Tipe yg aku suka bangetttπŸ˜„πŸ˜† ga bakal nolak kalo ntr diajak ke pura ini.

    View nya cantiiiik ya mba. Wajar lah dijadikan gambar pada uang kita. 😍😍.

    Salah satu yg bikin pusing kalo ke Bali juga macetnyaaaa. Ampuuun deh. Apalagi kalo ada perayaan. Makanya tiap kesana aku naik motor ama suami. Itulah kenapa anak2 blm kami ajak, krn jd sewa mobil dan melihat macetnya agak males hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini tahun 2023 pas liburan lenbaran numpleeeekkk siang bolong di sini hahahaha :D Kudu cari celah hari biasa bukan liburan biar lebih menikmati keindahan alamnya mbak.

      Delete
  2. Aku baru inget, semalam mau menulis tentang ulun danu ini hahahhaha.
    Pas ke sini ramai banget, tapi tetap bisa menikmati pemandangannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ramainya bukan main ya hehehe. Yuk deh ditulis, mas :D

      Delete
  3. aku belum pernah ke pura ulun danu danau beratan ini mbak, selama ini cuman dengerin kisan temen temen dan saudara aku aja yang kesana
    kalau ke Bali, mau ke destinasi ini rasanya kok jauh, apalagi waktu itu aku pas sendirian pula.
    mungkin next time main kesini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaknya rame2 ke sana biar seru dan ngaak ngerasa sendirian, bisa naik perahu di danau dll.

      Delete
  4. sudah pernah kesana kurang lebih 2013 dan 2024 (pas bulan madu) dan kagum dengan kebudayaan yang dibalut nuansa keagamaan.

    ReplyDelete
  5. lokasi wisata yang sepertinya jadi wajib banget dikunjungi kalau ke Bali. Latar belakang uang kertas yah ini kalo ngga salah. Cuman kudu dijaga banget nih biar aman pondasinya dan bertahan lama

    ReplyDelete
  6. Hehe iya ya, klo pas kita datang ke suatu tempat wisata dan kondisi terlalu ramai, rasanya ingin ngulang, padahal faktanya ... ngulang tak semudah itu. 😭😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iya, kudu ambil hari biasa kayaknya :D

      Delete
  7. Gambarnya sering dilihat di uang 50ribu hihi tapi sayang belum pernah kesana. Suasananya enak banget ya mbak, dengan latar danau yang membuantnya semakin indah. Semoga suatu hari nanti bisa travelingan kesana juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga terealisasi main ke destinasi ini.

      Delete
  8. Kalau dalam hal destinasi wisata, Bali memang menggambarkan wonderful Indonesia. Gak heran sih Bali banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

    ReplyDelete
  9. Wah kebayang nih kalau tanggal merah momen keagamaan pasti bakal maceettooosss. Kelihatannya sejuk banget si Danau Beratan nih, kebayang angin sepoi-sepoi menerpa wajah yam baa, hasseekks. Masuknya juga ramah di kantong, pantes aja tetep rame. Eh ternyata Danau Beratan juga jadi sumber irigasi Desa Bedugul toh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ruameeee bukan main. Kalau sore sepertinya enak nih nikmatin sunset :D

      Delete
  10. Bagus banget puranya danaunya buatan apa alami ya.. luas banget kayanya liatnya..
    Orang udah pada ke Bali aku belum aja duhh ngelist aja terooosss destinasi tapi ga action-action wkwkwk
    Penasaran c pengen ke Bali tuh pas ada perayaan - perayaan biar sekalian wisatanya hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti dikunjungi kapan2 mbak, bagus banget loh.

      Delete
  11. Salah satu pura yang ingin kudatangi, kemarin waktu ke Bali belum sempet ke sini. Semoga bisa ke sana di kesempatan yang akan datang

    ReplyDelete
  12. Pernah kesana pas tahun 2015, suasana alamnya memang indah dan adem banget.

    ReplyDelete
  13. Wah wah, seru nih main ke Bali. Mau ke pantainya, ke gunungnya, atau ke danaunya, ke Bali mah pastinya berkesan ya. Aduhhh jadi kepengen deh main ke tempat ini. Healing banget. Apalagi sama keluarga ya mbak. Semoga bisa secepatnya piknik ke Bali. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semoga tercapai niatnya. Sama keluarga pasti bakalan berkesan sekali.

      Delete
  14. Dulu waktu ke Bali belum ada kesempatan buat ke Bedugul, karena pas banget kondisi hujan dan ngeburu agenda lain. Semogaa soon bisa explore di Bedugul.

    Tapi ternyata maceetnya ga berubah ya, terutama waktu liburan gibi. Momen maceett wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hehehe. Kudu pagiii sekalian atau sire sekalian kayaknya.

      Delete
  15. Jadi kangen Bali pas lihat Ulun Danu Mba Nurul, terakhir ke sana tahun 2022, dan tahun lalu baik Bali lagi ga ke sana, biasanya suka ramai ya tempat wisata ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ramai sekali. Apalagi saat liburan lebaran.

      Delete
  16. Pura yang terkenal banget ya Mbak, karena sering nangkring di dompet ini gambarnya, moga nanti bisa ke sana juga nih.
    jalan-jalan gini jadi bisa lebih tahu sejarah juga ya Mbak, gak cuma menikmati wisatanya saja tapi juga apa yang menjadi cerita di balik tempat-tempat indah ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jadi wisata sejarah dan edukasi juga nih cocok buat keluarga.

      Delete
  17. Masih inget dulu pernah ke sini. Dingin banget sama masih berkabut, soalnya pagi bener nyampek sana. Wajib ke sini sih, kalau main ke Bali

    ReplyDelete
  18. Bisa berpose di tempat bersejarah pada gambar uang 50.000 itu, sesuatu banget. Semoga nanti juga bisa explore ke Begudul

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.