Daftar Isi [Tampilkan]

Apa kabar teman-teman? Semoga ibadah di bulan suci Ramadan berjalan lancar aamiin. Sepertinya menu sahur dan berbuka puasa sudah siap nih. Jangan lupa menggosok gigi sebelum tidur malam supaya sisa-sisa makanan tidak menempel di gigi. Namun jika karang gigi dan plak sudah menumpuk, lakukan scaling di klinik gigi ya.   

Seberapa penting scaling saat ramadan?

Apa Itu Scaling Gigi?

Dalam dunia kedokteran, scaling gigi merupakan prosedur membersihkan atau menghilangkan karang gigi (Mineral yang terbentuk dari tumpukan plak dan mengeras) yang menempel pada gigi. Yang dimaksud plak adalah lapisan tipis dan lengket yang terbentuk dari bakteri, kotoran dan sisa-sisa makanan. Warnanya bisa putih, kuning, kecokelatan bahkan keabu-abuan. 

Saking kerasnya karang gigi ini, jika tidak lekas dibersihkan maka bisa menyebabkan masalah kesehatan gigi dan mulut seperti bau mulut, kerusakan gigi dan gusi. Apalagi jika seseorang gemar merokok, malas menggosok gigi, jarang minum air putih, mengonsumsi makanan manis dan semacamnya, akan terbentuk karang gigi yang semakin parah.

Fungsi dan Manfaat Scaling

Teman-teman, sebelum melakukan scaling tentu kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja sih manfaat scaling

1. Mengatasi bau mulut dan menjaga kesehatan gusi 

Scaling akan membuat gigi terasa lebih bersih dan kesat serta mencegah dari penyakit mulut dan gigi.

2. Warna gigi tampak lebih cerah

Dengan melakukan scaling rutin, karang gigi yang menumpuk akan membuat warna gigi tampak lebih cerah.

3. Mencegah risiko gigi copot dan risiko penyakit lainnya 

Bagi penderita periodontal kronis, scaling sangat membantu perawatan gigi. Infeksi gusi bisa mengakibatkan kerusakan pada gusi, tulang rahang, dan jaringan lunak di sekitar gusi. Penyakit periodontal kronis terjadi ketika bakteri dalam plak menyebabkan gusi terlepas dari gigi. 

Nah, inilah yang menimbulkan kantong besar tumbuh di antara gigi dan gusi. Jika didiamkan dan tidak diobati, periodontal kronis bisa membuat seseorang kehilangan tulang dan jaringan gigi, gigi pun bisa goyang, lepas bahkan hilang. Begitu juga dengan penderia diabetes dan jantung misalnya, scaling dapat menghindarkan diri dari risiko penyakit lain.

Apakah Boleh Scaling Saat Berpuasa?

Teman-teman mungkin bertanya-tanya, apakah boleh scaling saat berpuasa? Mengingat selama kita berpuasa kita tidak boleh makan dan minum serta memasukkan apapun yang bisa membatalkan puasa. Pas sekali saat ini kita sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Tahukah kalian bahwa bau mulut saat puasa itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor, lho. Contohnya dari plak yang menempel pada gigi atau dari rongga lambung yang kosong akibat berpuasa. Ketika berpuasa, mikro organisme di dalam mulut akan meningkat. Hal ini disebabkan salifa dalam rongga mulut berkurang. 

Allah SWT menghendaki hambanya untuk selalu menjaga kebersihan, Rasul pun menganjurkan umatnya untuk bersiwak saat wudhu.

Dari Abu Huroiroh radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Seandainya tidak memberatkan umatku, sungguh aku akan memerintahkan mereka bersiwak setiap kali berwudhu.” (HR. Bukhari)

Hadist diatas menyatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpesan agar umat muslim selalu bersiwak atau membersihkan gigi ketika berwudhu. Begitu pula saat kita salat tentu disertai wudhu juga, bukan? Oleh karena itu, selama tidak ada sesuatu yang masuk di kerongkongan maka scaling saat berpuasa boleh saja dilakukan.

Terdapat Fatwa Kedokteran Gigi MUI mengenai proses berkumur dengan air atau obat antiseptik dalam tindakan pembersihan karang gigi dilansir dari laman brilio.net. Jika dilakukan secara berhati-hati dan tidak berlebihan, maka scaling tidak membatalkan puasa sekalipun ada yang tertelan. Tetapi jika scaling dilakukan tidak hati-hati dan berlebihan, maka akan membatalkan puasa jika ada yang tertelan.

Ternyata air yang keluar dari alat scaling yakni ultrasonic scaler serta pemberian pasta dengan berbagai rasa pun tidak membatalkan puasa. Termasuk apabila pendarahan saat proses pembersihan karang gigi. Ingat, yang penting semua dilakukan secara berhati-hati. 

Oh ya, di tahun 2018 MUI sudah mengeluarkan fatwa soal tindakan kedokteran gigi seperti pencabutan, penambalan, pemasangan behel maupun perawatan gigi boleh dilakukan asalkan hati-hati, tidak berlebihan dan tidak menelan juga. 

Kapan Sebaiknya Scaling?

Seberapa sering scaling harus dilakukan tergantung pada kondisi kebersihan mulut masing-masing orang.  Untuk menjaga kesehatan gusi, tulang di sekitar struktur gigi secara efektif, sebaiknya lakukan scaling minimal enam bulan sekali. Dokter akan cek apakah ada sisa makanan, gigi berlubang atau keluhan lainnya. 

Nah, berbeda halnya dengan orang yang memiliki kecenderungan lebih tinggi penumpukan karang gigi atau plaknya, bahkan sering mengalami pendarahan gusi, maka ia perlu melakukan scaling setiap dua hingga empat bulan. 

Jadi, jika sudah saatnya scaling gigi namun teman-teman sedang berpuasa, makan hukum scaling diperbolehkan asalkan tidak ada air, darah maupun benda lain yang masuk ke dalam kerongkongan.

Rekomendasi Scaling 

Aku punya rekomendasi scaling di dokter gigi Tangerang nih, teman-teman. Jam operasional klinik gigi ini mulai pukul 08.00 sampai 21.00 WIB. Kini sedang ada promo Ramadan scaling hanya Rp198.000 khusus untuk pasien baru periode 1 Maret hingga 31 April 2024. 

Klinik Gigi Damessa Tangerang City ini memiliki dokter spesialis yang andal dan kompeten, siap membantu masalah gigi. Selain tindakan scaling, ada juga tambal gigi, perawatan saraf gigi, behel gigi, veneer, bleaching, implant, perawatan gigi anak, pembuatan gigi tiruan, crown gigi dan pencabutan gigi. Yuk, segera reservasi! 

Untuk mencegah karang gigi terbentuk, kita harus rajin menggosok gigi, pilihlah pasta gigi yang tepat, gunakan benang gigi, kumur dengan obat kumur, jaga pola makan dan stop merokok. Periksakan kondisi gigi dan konsultasikan pada dokter gigi. Tunggu apa lagi? Yuk, bersihkan karang gigi 6 bulan sekali!


38 comments:

  1. Sayang jauh banget di Tangerang mbak. Kalau ada di Jakarta boleh juga dicoba. Mumpung lagi promo harganya 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak :) Mantap nih lagi ada promo scaling :D

      Delete
  2. Oh ya aku tuh paling takut ke drg. Semenjak sd sdh langganan ke drg. Jd suka trauma krn sering kesakitam saat hrs diobati, malah pernah gusiku digips karena turun.makanya aku tegas banget sama anak2 gak boleh banyak makan permen, coklatakhirnya gigi mereka bagus dan rutin scaling. Cukup maknya saja yg rusak giginya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe.... Makanya kita terutama anak-anak harussangat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Paling tidak, scaling tiap 6 bulan sekali deh :)

      Delete
  3. Aku ini setiap mau ramadan pasti selalu ke dokter gigi dulu, buat scaling dan juga biasanya ngecek gigi adakah yang bolong. Jadi memang rutin kalau menjelang ramadan wajib ke dokter gigi dulu. Kalau pas ramadan aku belum pernah sih, karena takut khilafkan wakakakaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga kontrol gigi sebelum Ramadan :D Iya hihihii....

      Delete
  4. Manfaatnya banyak juga ya
    Bisa mengatasi bau mulut dan sebagainya
    jadi pengen periksa gigi

    ReplyDelete
  5. Ternyata efek jangka panjangnya bahaya juga ya kalau karang gigi nggak rajin dibersihkan. Scalling saat ramadhan pun ternyata diperbolehkan. Persiapan juga nih buat lebaran, biar gigi makin cerah. Nggak cuma persiapan baju lebaran aja, tapi juga tampilan fisik hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, makanya mesti rutin scaling setidaknya 6 bulan sekali.

      Delete
  6. Ya ampun aku udah niat banget mau scaling, sampe lupa terakhir kapan. Kaya taun lalu deh terakhir scaling. Emang ngga batalin puasa sih ya, asal hati-hati juga. Tapi kayanya aku nunggu pas bolong puasa aja. Biar makin percaya diri ntar pas lebaran. Wkwkwk. Wah di Klinik Gigi Damessa ngga cuma scaling aja yaaa. Ada promo scaling juga nih, sayang kalau ngga dipake hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, mumpung lagi ada promo scaling disegerakan aja, biar gigi bersih dan tampil percaya diri :D

      Delete
  7. Cakep banget nih...
    Karena gigi memang kudu dirawat dengan baik. Bukan hanya untuk penampilan dan meningkatkan kepercayaan diri, tetapi juga agar asupan makanan bisa terkunyah sempurna.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget, demi kesehatan gigi dan mulut :)

      Delete
  8. Harganya terjangkau nih mba Scarlingnyaa. Aku di klinik terdekatnya lebih dari Rp 250 ribu. Itu promo ya mba. Dan masih ada waktu sampai bukan April ini. Makasih informasinya ya mba

    ReplyDelete
  9. Ada rekomendasi untuk Tangerang Selatan atau sekitar Ciputat atau Pamulang gak Mba. Aku jg dah lama lg cari2 dokter gigi yang praktik gak jauh dari rumah buat perawatan. Supaya gak malas kalau tempatnya gak jauh dari rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sementara yang di Tangerang ya Klinik Damessa ini dulu mbak hehehe.

      Delete
  10. Ya Allah ini pas banget lho anakku mau scaling karena giginya ada plak
    Saya pun bingung antara batal puasa atau tetap puasa
    Ternyata baca ini saya jadi ada jawaban dan bahagia banget rasanya
    Bisa pas gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe pas ya, jadi ga worry scaling saat Ramadan deh.

      Delete
  11. Kalau bicara scaling, aku jadi ingat pas pertama kali melakukan itu. Rasanya nano-nano deh. Bulan Ramadan ini aku absen dulu. Kayanya nunggu 2-3 bulan lagi sekalian periksa gigi. Kalau kesehatan gigi mulut terjaga, kita jadi lebih tenang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi enak kan kalau udah kelar scaling? bersih dan kesat gigi kita dan lebih putih :)

      Delete
  12. Wah, saya gak update banget soal fatwa MUI, ternyata selama puasa tetap bisa perawatan gigi ya, asal dilakukan sesuai ketentuan. Biasanya saya selalu ke dokter gigi sebelum Ramadan. Kalaupun kepepet harus pas Ramadan, kami pilih jadwal malam setelah berbuka. Cuma ya itu antriannya pasti mengular. Btw scaling di Klinik Damessa tarifnya lumayan banget. Paling demen nih kalau ada promo menarik begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap! Iya, bisa juga seperti itu scaling setelah buka puasa :)

      Delete
  13. Ternyata boleh dan tidak membatalkan puasa ya. Scalling bisa membersihkan mulut secara maksimal sehingga nafas naga sirna 100%, ya. Saya kadang agak sebal sudah sikat gigi usai sahur kalau siang mulai tak nyaman di mulut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh. Biar mulut ga bau hihihi, yuk mari scaling!

      Delete
  14. and i just skip my scalling schedule, ups, abis lebaran kudu bikin janji sama dokter gigi, sementara pakai obat kumur dulu biar nyaman selama berpuasa

    ReplyDelete
  15. Sebaiknya sebelum Ramadan tapi kalau bisanya Ramadan ya gpp, insyaAllah niatnya kan cek gigi bukan niatan menelan apa gtu hehe. Kalau bisa rutin juga. Biasnaya ada promo2 gtu di klinik gigi kyk jadi member jd suka dapat diskon harga hehe.
    Ooo baru tahu ada klinik gigi Damessa itu di tangerang mbak. Thanks infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul :) Iya, lumayan kan lagi diskon harga scalingnya jadi hemat hehehe. Sama2.

      Delete
  16. ternyata bisa juga ya scaling pas puasa ini. biar pas idul fitri bisa silaturahmi dengan lebih percaya diri ya karena udah scaling

    ReplyDelete
  17. Aku jadi ingat kalau belum perawatan Gigi tahun ini. Sudah waktunya membersihkan karang Gigi nih. Ternyata scaling boleh ya saat puasa. Aku kalau bulan puasa gini agak ragu kalau buat scaling soalnya. Enak banget ya di klinik Damessa fasilitasnya lengkap dan nyaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nyaman kliniknya, pas lagi ada promo scaling juga nih.

      Delete
  18. gara-gara waktu kecil suka makan permen berlebih gigi gerahamku semua ditambal, dan setelah puluhan tahun akhirnya ada sompel dikit dan makan waktu berbulan-bulan( seminggu sekali kontrol, layanan bpjs) untuk nutup smpel permanen, salah satu sebab sompel juga plak .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oalaaaahhh... mungkin sebaiknya konsultasi aja mbak, sekalian scaling 😊

      Delete
  19. Udh lama ga scaling, dulu sih rutin. Sbnrnya agak ngilu aja denger suara2 alatnya mba hahahaha. Aku agak trauma memang Ama dokter gigi. Tapi walo jarang scaling, perawatan di rumah rutin. Cuma memang ntar deh mau cek sekalian lubang di gigi ada atau ga. Sekalian manfaatin benefit gigi dari kantor suami. Sayang kalo Angus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip mbak. Iya, rutin dan rajin memjaga kesehatan gigi dan mulut itu harus 👍😊

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.