Daftar Isi [Tampilkan]

Apa kabar, teman-teman? Tak terasa kini kita sudah memasuki bulan Ramadan. Semoga semua ibadah yang kita kerjakan mendapat ridha dan berkah dari Allah SWT aamiin. Bagaimana persiapan sahur dan berbuka puasa? Yang penting jaga kesehatan dan daya tahan tubuh kita ya. 


Ciri-Ciri Orang yang Kekurangan Vitamin D dan Cara Mengatasinya


Terapkan gaya hidup dan pola makan yang baik dengan makanan bergizi dan bernutrisi tinggi serta kecukupan berbagai vitamin, terutama makanan yang mengandung vitamin d agar tulang dan gigi yang sehat mendukung aktivitas harian kita.   

Tentang Vitamin D

Vitamin D merupakan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk membantu penyerapan kalsium dan fosfor, terutama menjaga kesehatan tulang, gigi dan sistem imunitas. Idealnya, kita mencukupi kebutuhan  gizi harian termasuk vitamin D agar bisa menurunkan risiko terkena penyakit dari virus dan bakteri yang membahayakan.

Teman-teman, ada dua jenis vitamin D yang harus kita ketahui, yakni ergocalciferol (vitamin D2) dan cholecalciferol (vitamin D3). Nah, Vitamin D3 bisa diperoleh dari jamur-jamuran, sedangkan vitamin D3 berasal dari hati sapi, kuning telur maupun keju. Sinar matahari alami pun termasuk sumber vitamin D3.

Kekurangan vitamin D dapat mengakibatkan berbagai penyakit seperti obesitas, gagal ginjal kronis, penyakit liver, penyakit crohn, celiac, peningkatan risiko kanker, pertumbuhan rambut yang buruk, tulang melunak atau osteomalacia dan sebagainya. Pada anak, defisiensi vitamin D dapat menyebabkan penyakit rakitis. 

Indonesia merupakan negara tropis, di mana matahari bersinar sepanjang tahunnya. Ternyata, masih banyak penduduk Indonesia yang mengalami defisiensi vitamin D. Apabila hasil pemeriksaan kadarnya 21-29 ng/ml maka ia digolongkan kekurangan vitamin D ringan atau insufisiensi, sedangkan jika kurang dari 20 ng/ml maka termasuk golongan berat/ defisiensi.

Ciri-ciri Kekurangan Vitamin D

Banyak cara dilakukan supaya kita terhindar dari defisiensi vitamin D. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D secara rutin. Bagus sekali jika kita pun mengonsumsi suplemen vitamin D.  Berikut adalah ciri-ciri orang yang kekurangan vitamin D, yakni:

1. Kelelahan

Seseorang yang memiliki ciri-ciri kekurangan vitamin D merasa mudah lelah dan melakukan aktivitas.

2. Infeksi saluran pernafasan

Untuk mengatasi risiko infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), seseorang dapat mengonsumsi vitamin D dengan dosis 4.000 IU setiap harinya.

3. Tulang melunak/ osteomalasia

Nyeri tulang dan lemah pada otot seringkali terasa di punggung bawah, panggul, pinggul dan tungkai. Penyakit ini harus segera diatasi terutama dengan konsumsi vitamin D. 

4. Nyeri tulang dan punggung

Ketika seseorang merasa sakit maupun nyeri pada tulang dan punggungnya, ia harus lekas mengonsumsi vitamin D dan berjemur di bawah sinar matahari pagi sekitar 15-30 menit, maksimal hingga pukul 10.00 WIB.

5. Pengeroposan tulang/ osteoporosis

Kepadatan tulang menurun menjadi tanda seseorang terkena osteoporosis. Penyakit ini biasanya menimpa perempuan yang sudah memasuki masa menopause. Bisa juga menyerang laki-laki apabila ia kekurangan vitamin D. Osteoporosis berat bisa mengakibatkan nyeri tulang dan tulang menjadi mudah patah. 

6. Gangguan penyembuhan luka

Vitamin D bisa membantu produksi pembentukan kulit baru jika seseorang menderita luka misalnya setelah operasi atau luka yang lama pulihnya. 

7. Depresi

Suplemen vitamin D perlu diberikan kepada orang yang sedang mengalami depresi seagai bagian dari pengobatannya.

Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin D

Seperti telah dipaparkan di atas, paparan sinar matahari pagi dapat menjadi sumber alami vitamin D. Meskipun demikian, kita juga bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D dengan mengonsumsi makanan sebagai berikut:

1. Telur

Dalam 100 gram telur mengandung 85 IU vitamin D. Telur kaya akan protein, mengandung vitamin D terutama di bagian kuningnya. Masak telur dengan dikukus, digoreng dengan minyak sedikit saja. Harap diingat, batasi konsumsi telur mengingat kandungan lemaknya berisiko meningkatkan kolesterol jahat.

2. Produk olahan susu

Yogurt dan keju merupakan contoh produk olahan susu yang mengandung vitamin D. Manfaatnya dapat membantu proses penyerapan kalsium dalam tubuh kita. Tulang dan gigi dapat terjaga kesehatannya jika kita rutin mengonsumsinya. Susu kacang kedelai pun baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D.

3. Ikan salmon

Cukup ideal kita konsumsi ikan salmon satu porsi seminggu sekali. Cara mengolahnya mudah, bisa dipanggang tanpa minyak atau dikukus dengan bumbu yang meresap. Dalam 100 gram ikan salmon mengandung 526 IU vitamin D.

4. Ikan sarden dan tuna kalengan

Ternyata ikan sarden dan tuna kaleng mengandung 269 IU vitamin D yang bermanfaat menjaga kesehatan tulang, otot serta sistem kekebalan tubuh. Makanan laut ini bisa kita olah secara praktis untuk melengkapi menu utama harian.

5. Minyak hati ikan kod

Satu sendok teh minyak hati ikan kod mengandung 450 IU vitamin D. Hal ini berarti setara dengan 56% kebutuhan vitamin D harian tubuh. Sejak lama minyak hati ikan kod telah dikenal sebagai suplemen tambahan terbaik dan direkomendasikan untuk menjaga kesehatan tubuh anak. Selain vitamin D, terdapat pula kandungan vitamin A serta asam lemak omega 3

6. Daging merah

Daging sapi, kambing dan domba merupakan kelompok makanan yang mengandung vitamin D. Tetapi kita harus membatasi konsumsi daging merah karena risiko lemak yang bisa menimbulkan kolesterol jahat. Cukup 50-70 gram per hari saja dan sebisa mungkin masak daging dengan minyak sedikit saja.

Teman-teman, itulah uraian singkat tentang jenis makanan yang mengandung vitamin D. Masih banyak sumber kandungan vitamin D lainnya. Aku hanya menyebutkan sebagian kecil saja. 

Immune Starter Pack 8 - HerbaMix 5 + Vitamin D3 400 IU

Nah, aku punya rekomendasi suplemen herbal alami yang dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin D tubuh kita, yakni Sido Muncul Natural Vitamin D3 400 IU. Ada baiknya teman-teman membelinya secara online di laman Sido Muncul Official Store, lho.


Ciri-Ciri Orang yang Kekurangan Vitamin D dan Cara Mengatasinya
Immune Starter Pack 8 - HerbaMix5 + Vitamin D3 400 IU (Foto: sidomuncul.com)

Sido Muncul Natural Vitamin D3 400 IU merupakan herbal yang bisa membantu memelihara kesehatan tulang dan fungsi imun. Selain itu juga supaya tubuh kita tetap sehat dan kuat selama berkegiatan sehari-hari. Komposisinya vitamin D3 400 IU.

Sido Muncul Natural HerbaMix5 ini mengandung lima macam rempah tradisional Indonesia yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan memelihara daya tahan tubuh. Adapun komposisinya ada temulawak, kayu manis, kencur, kunyit dan jahe. 

Tersedia paket 1 botol Sido Muncul Natural Vitamin D3 400 IU berisi 50 kapsul sekaligus 1 botol Sido Muncul Natural Herba Mix5 ramuan herbal alami daya tahan tubuh. Jadi hemat, bukan? Harganya cukup terjangkau kok, hanya Rp188.372 setelah diskon dari harga Rp227.915. Kalian bisa cek nomor barcode produk tersebut yakni 8998898823547 dan POMSD adalah 192355951. 

Tetap semangat beraktivitas ya, teman-teman. Apalagi kini kita memasuki bulan Ramadan penuh berkah. Mari kita jaga kesehatan tubuh agar selalu bernutrisi, cukup gizinya serta tidak kekurangan vitamin D. Salam sehat dan bahagia!


22 comments:

  1. ternyata bermanfaat banget ya mbak vitamin d itu..
    bahkan bisa sampe buat membantu mengobati depresi yaa

    ReplyDelete
  2. Dulu zaman COVID selain minum multivitamin aku juga disaranin minum vit D mba. Dan anak2 juga aku KSH. Apalagi aku ga suka susu kan. Jadi utk memenuhi kalsium selain makanan dr vitamin juga.

    Sampe skr aku msh rutin minum multivitamin dan vit D. Alhamdulillah yg aku rasain yaa, bdn ga mudah lemes, aku msh kuat olahraga dan bahkan workout beban di saat puasa juga. Itu penting juga buat memperkuat tulang. Aku ga pake brand Sido memang, tapi apapun yg penting rutin aja apapun merk nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memperkuat kesehatan tulang dan sendi, penting banget nih supaya kuat beraktivitas. Iya betul mbak 👍

      Delete
  3. Walah, jadi ternyata mudah lelah itu bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin D. Perlu perhatikan lebih lanjut soal asupan gizi dan vitamin. Terima kasih banyak untuk sharingnya, Mbak Nurul.

    ReplyDelete
  4. Saya sering merasa mudah lelah dan sendi rasanya nyeri, kadang kaku. Ternyata itu salah satu gejala kurang vitamin D ya. Padahal dulu pas covid rajin minum vitamin D3, sekarang jarang minum lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kudu rajin minum vitamin D lagi mulai sekarang :)

      Delete
  5. Ternyata fatal juga ya efek kekurangan vitamin D bisa menimbulkan penyakit serius, kudu rajin makan suplemen vitamin ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kita harus mengonsumsi vitamin D biar badan sehat dan bugar.

      Delete
  6. Duuh kok kayanya aku masuk dalam ciri2 di atas ya mbak. Akhir2 ni sering ngerasa capek bangun tidur tu badan malah berasa makin capek. Berarti aku harus tambah asupan vitamin D ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi demikian mbak. Yuk, segera konsumsi vitamin D!

      Delete
  7. kayanya aku nih, gampang kelelahan haha gara2 mager kena panas. aku baru ngeh sidomuncul ada produk vitamin D-nya, bisa nih buat daya tahan tubuh aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain deh SIdomuncul ini bagus lho khasiatnya dan kandungan vitamin D nya oke banget.

      Delete
  8. Kekurangan vitamin D, ngeri juga ya

    ReplyDelete
  9. Baru tau vitamin D ada terbagi lagi.
    Kalau mengalami 5L masuk ke kekurangan vit D juga brrti ya?

    ReplyDelete
  10. Selalu makan telur dan ikan. Baru tahu kalau ternyata juga mengandung vitamin D. Selama ini saya kira hanya protein...

    ReplyDelete
  11. Penting banget sih ini untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Jika membutuhkan suplemen juga sudah tersedia produknya. Jadi nggak ada alasan buat abai pada kebutuhan vitamin D.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.