Daftar Isi [Tampilkan]

Emang boleh santap siang seistimewa ini? Ditraktir orang tua menikmati menu daging sapi di Andakar Steak Duren Tiga? Rasanya agak ga enak hati, masa anak ditraktir sama mama papa, hihihi. Beberapa kali menolak, akhirnya aku dan Aa Rahmad ikutan juga. Tadinya biarkan Rafa dan Fakhri saja yang ikutan.  

Asyiknya Santap Siang Bersama Keluarga di Andakar Steak Duren Tiga


Andakar Steak merupakan restoran steak dengan tagline “The Best Steakhouse in Town” yang memiliki beberapa cabang seperti di Condet, Radio Dalam, Cilandak, Warung Buncit dan Duren Tiga. Aku dan suami pernah makan steak di Cilandak KKO ssat merayakan ulang tahun ke-17 pernikahan pada 11 Desember 2021 lalu. Aku pernah juga bersama teman-teman buka bersama teman-teman SD Bhakti Tugas di Cilandak Town Square sudah lama sekali.

Yuk, baca!

Makan Siang di Andakar Steak Cilandak KKO

Cara Masak Kari Daging Lezat dan Praktis

Tempat Makan Enak dan Hangout Asyik di Depok yang Wajib Dicoba

Nah, ternyata Andakar Steak Duren Tiga ini baru beroperasi sejak April 2023, setelah aku tanyakan pada karyawan resto saat itu. Jadi, kata mamahku, si papah sudah lama niat banget kepengen ajak kami makan siang bareng. Saking penasaran kayak apa penampakan resto serta rasa steak-nya, begitu kali ya hehehe.

Lokasi dan Jam Buka

Andakar Steak Duren Tiga berada di Jalan Duren Tiga Raya No. 12 RT 2 RW 6, Duren Tiga, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan 12760. Nomor telepon 021-79198184. Jam operasional mulai buka pukul 11.00 hingga 21.00 WIB. Selain untuk makan di tempat (Dine in) dan dibawa pulang alias take away, restoran ini juga menyediakan layanan katering di nomor yang bisa dihubungi yakni 0811-9626-771. 

Dari Jagakarsa menuju lokasi restoran kira-kira sejauh 11 km dengan waktu tempuh paling cepat 30 menit hingga 1 jam jika macet, bahkan lebih kalau macet sekali. Ya, demi papahku ini ceritanya, hayuklah makan bareng! Sabtu, 10 Februari 2023 terlaksana sudah niat beliau, alhamdulillaah.


Asyiknya Santap Siang di Andakar Steak Duren Tiga, Ditraktir Orang Tua!
Santap Siang Bersama Keluarga

Fasilitas

Dari jalan raya sih kelihatannya kecil nih restorannya. Tetapi begitu masuk, wah legaaa pisan! Gerbang besi warna hijau, ada pos keamanan juga. Area parkir kendaraan luas untuk mobil dan motor pun bisa. Memasuki resto, langsung terpampang logo halal MUI. Bagus dan nyaman deh desain interiornya.


Asyiknya Santap Siang di Andakar Steak Duren Tiga
Andakar Steak Duren Tiga


Asyiknya Santap Siang di Andakar Steak Duren Tiga
Ruangan Indoor, Outdoor dan Lift di Andakar Steak Duren Tiga

Fasilitas lainnya ada ruangan outdoor dan indoor ber-AC. Ruangan ber-AC di lantai 2 dan ada cafe juga menurut info dari seorang stafnya. Dekorasi ruangannya menarik, dengan pajangan banyak frame. Penataan meja dan kursinya juga baik sekali.


Asyiknya Santap Siang di Andakar Steak Duren Tiga
Toilet Bersih dan Cantik


Tersedia pula toilet bersih dan cantik, musala dan lift menuju lantai 2. Letak toilet dan musala terpisah. Untuk wudhu, tenang saja, ada di musala imutnya dengan kipas angin yang dinyalakan kencang. Terutama pelayanan dari para staf yang ramah sekali dan helpful, ini poin paling bagus.

Sirloin dan Tenderloin, Apa Bedanya?

Aku baca di laman hellosehat mengenai perbedaan sirloin dan tenderloin. Jadi, potongan daging sirloin dan tenderloin dibagi berdasarkan rasa, tekstur dan nama. Di Inggris dan Amerika, keduanya memiliki perbedaan mulai dari tekstur, harga, nilai gizi dan cara mengolahnya. 

Nah, sirloin ini potongan dagingnya diambil dari punggung sapi, Teksturnya lebih alot dengan lemak yang lebih dibandingkan dengan tenderloan. Kalau tenderloin ini dagingnya diambil dari bawah tulang rusuk, tepatnya di samping tulang punggung. Ada di ujung yakni pantat dan ekor. Tenderloin lebih empuk karena terdiri dari otot yang jarang bekerja. 

Untuk nilai gizi menurut US Department of Africulture, setiap 100 gram daging sirloin mengandung sekitar 10,54 gram lemak dan 29,2 gram protein. Adapun 100 gram tenderloin memiliki sekitar 21,83 gram lemak dan 18,15 gram protein.

Mengolah sirloin butuh waktu lebih lama agar setiap sisi daging terasa empuk dan gurih. Sementara tenderloin tak perlu dimasak terlalu lama karena tekstur daging tenderloin jauh lebih lembut dibandingkan sirloin. 

Makan Apa Saja?

Aku, Rafa, mamah dan papah pesan tenderloin (imported), sedangkan Fakhri dan papahnya pilih sirloin (imported) juga. Rafa dan papahnya pilih potato wedges, Fakhri sih mashed potato, lalu aku, mamah papah maunya french fries biasa aja. Yang sama pilihannya itu mixed vegetables. 


Asyiknya Santap Siang Bersama Keluarga di Andakar Steak Duren Tiga
Mama Papa Sedang Pilih Menu

Saus pilihan beda-beda, ada BBQ sauce, tartar, mushroom, blackpepper, Smoked paprica & honey mustard khas Andakar. Tingkat kematangan medium well dan well done. Minumnya teh tawar hangat, es teh manis dan teh manis hangat.

  • Sirloin (Imported) Rp120.000
  • Tenderloin (Imported) Rp145.000
  • Teh tawar hangat Rp17.000
  • Teh manis Rp18.000
  • Wedges potato 

Seporsi tenderloin steak dilengkapi mixed vegetables dan kentang pilihan masing-masing. Saus botol dan mayonaise tersedia di meja. Kami menunggu sekitar 20 menit sejak pesan hingga menu dihidangkan. Sambil menunggu, kami bergantian memunaikan salat zuhur di musala mungil yang berada di balik tembok resto, menghadap area parkir mobil.


Asyiknya Santap Siang di Andakar Steak Duren Tiga
Sirloin Steak


Asyiknya Santap Siang di Andakar Steak Duren Tiga
Tenderloin Steak

Daging steak-nya empuk banget, gampang dipotong menggunakan pisau, mudah digigit dan dikunyah. Aroma dan rasa dagingnya sangat lezat. Seporsi begini sudah bikin kenyang. "Siapa mau tambah lagi?", tanya engki na barudak. Udah nyerah semua hahaha.


Asyiknya Santap Siang di Andakar Steak Duren Tiga
Santap Siang Bersama Keluarga di Andakar Steak Duren Tiga

Itulah cerita singkat aku bersama keluarga menikmati santap siang di Andakar Steak Duren Tiga. Semoga di lain kesempatan kami bisa menikmati menu lezat lainnya di restoran steak ini. Makan enak, tubuh harus sehat, supaya semakin bahagia. Makasih traktirannya, Mah, Pah. Sampai jumpa!



32 comments:

  1. Mba itu ga salah yaa kandungan lemak dan proteinnya? Soalnya sirloin udah pasti paling banyak lemak, tapi pas ditulis kandungannya, kenapa dia cuma 10 gr-an, sementara ternderloin 21 gr?

    Dulu zaman kerja di hsbc pd indah, pernah tuh diajak teman makan di andakar. Tapi krn aku mau buru2 balik kos, nolak akhirnya.

    Jadi sampe skr, blm pernah ngerasain andakar 🀣. Jadi pengen ih coba. Apalagi temasuk steak yg udah lumayan lama kan.

    Tiap pesen steak aku wajib tenderloin, krn ga sebanyak sirloin lemaknya. Makanya aku heran kenapa di atas jd lbh tinggi. suanindan anak2 juga aku paksa tenderloin tiap pesen steak πŸ˜„. Dan kami semua memang sukanya medium rare.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk cobain donk Andakar Steak, enaaak lho mbak 😍

      Dari alodokter: Di dalam 100 gram daging sirloin, terkandung sekitar 12–14 gram lemak dan 90 miligram kolesterol. Sementara itu, 100 gram tenderloin mengandung lemak sebesar 18–20 gram dan sekitar 70 miligram kolesterol.

      Dari segi kandungan proteinnya, sirloin memang lebih unggul. Di dalam 100 gram daging sirloin, terdapat sekitar 29 gram protein. Sedangkan, daging tenderloin hanya mengandung 18 gram protein per 100 gramnya.

      Akan tetapi, perlu diingat bahwa kandungan lemak pada daging sirloin maupun tenderloin bisa berbeda, tergantung jenis sapinya. Umumnya, daging sapi impor seperti daging sapi Angus, Kobe, dan wagyu, mengandung lebih banyak lemak daripada daging sapi lokal.

      Delete
  2. Jadi pengen makan daging setelah membaca tuntas ulasan dari Mbak Nurul kali ini. Langsung buka google maps dan mencari resto steak terdekat.

    ReplyDelete
  3. Senangnya....bisa makan bareng-bareng keluarga besar ya mbak. Alhamdulillah mama dan papa masih sehat semua. Masih bisa kumpul-kumpul bareng keluarga besar.

    ReplyDelete
  4. Sebagai penggemar steak, saya pengen banget ikutan nyoba...sudah tersertifikasi halal juga ya, Alhamdulillah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong harus halal MUI alhamdulillaah πŸ₯°

      Delete
  5. Senangnya ditraktir Mama dan Papa, restorannya cantik yaa dan makanannya enak-enak, paling mantap tuh makan steak dengan puree kentang atau kentang goreng ya.. perpaduan yang pas banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mbak Dew ❤️ Sempurna alhamdulillaah.

      Delete
  6. mba, pertama kali nyobain Andakar itu aku ke cabang yang di Duren Tiga lho, ajak suami dan anakku yang memang doyan banget daging2an, dan mereka suka, dagingnya lembut trus sauce nya juga banyak pilihan jadi cocok deh buat acara makan keluarga

    ReplyDelete
  7. Kalo nunggu cuma 20 menit ya bentar aja siih dan pelayanannya bagus ya..suka deh restonya besar dan bersih. Steaknya juga menggugah selera, harga masih affordable.

    ReplyDelete
  8. Enakan sirion ada lemaknya gitu .btw ada gak chicken steak banyak banget yang doyan karena harganya terjangkau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada donk, cek aja menunya di IG Andakar Steak πŸ˜„

      Delete
  9. Udah lama ga makan steak liat foto2 mbak nurul auto ngiler deh. Aku kalo makan steak juga suka pake potato wedges trs lebih suka yg well done sih. Sebenernya enak yg medium rare tapi agak kuatir ktanya ga baik buat kesehatan makan daging yg ga mateng bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss yuk sesama pesan yang well done hahahah πŸ˜„πŸ˜„πŸ‘

      Delete
  10. Wahh steak
    Duh, mupeng banget lihat steak dari Andakar ini
    Kalau aku, saat oesan steak biasanya aku pilih yang sirloin sih mbak
    Steak enak dipadu dengan mashed potato ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak pakai kentang diapain aja udah temennya sih hehehe :D Oh kita beda ya, kalau aku pasti selalu tenderloin :D

      Delete
  11. Tenderloin steak nya nampak menggoda iniii mau ajak bocah-bocah deh kalau pas mudik senang banget mereka steak apalagi yang enak kayak begini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap deh, cari aja cabang Andakar di sana πŸ˜„

      Delete
  12. Porsi steak nya lumayan banyak ya mbak. Uda gt tempatnya juga luas jadi bisa untuk makan ramen bersama keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenyaaaaang banget ini steak seporsi 😍😍

      Delete
  13. Waini, wajib banget nyobain steak andaka. Selain tempatnya asik, nyaman, fasilitasnya lumayan banget. Menunya juga enak enak banget ya mbk... Cocok buat makan bareng keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok banget, menu steak enak2 dan tempatnya nyamaaaan πŸ‘

      Delete
  14. Alhamdulillah ya, bisa makan dan kumpul bareng keluarga. Pilihan menu yang tepat untuk dinikmati bersama keluarga

    ReplyDelete
  15. Mottonya aja the best steak in town rasanya nggak usah diragukan lagi apalagi pilihan saucenya juga banyak

    ReplyDelete
  16. Udah lama gak makan steak. Baca tulisan mba jadi kepengeeennn...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuuuuzzz deh kalo gitu ke Andakar Steak πŸ˜„

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.