Daftar Isi [Tampilkan]

Doyan makan steak? Yes, aku dan suami suka sekali menikmati sajian steak sebagai menu makan siang maupun makan malam. Mengonsumsi daging sapi baik sekali bagi kesehatan tubuh kita, lho. Aku dan keluarga sudah beberapa kali santap lezat steak favorit di Andakar Steak Restaurant cabang Cilandak KKO. Kepoin deh, menu apa saja sih yang dipesan di hari istimewa kali ini? 

Makan Siang di Andakar Steak Cilandak KKO Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
 

Sabtu, 11 Desember 2021 adalah hari ulang tahun ke-17 pernikahan aku dan Aa Rahmad. Alhamdulillah, kami bahagia dengan kehadiran Rafa dan Fakhri yang sudah beranjak remaja. Banyak suka cita sekaligus duka ibarat ombak-ombak kecil maupun besar yang mengiringi perjalanan pernikahan kami ini. 

Jumat malam suamiku bilang,”Kita naik vespa yuk, keliling aja ke mana kek!”. Aku jawab,”Yuk!. Kami memang sering naik motor berdua saat weekend tanpa tahu pasti mau ke mana misalnya ke Ancol atau Nostalgia Melawai dan sebagainya. Penting lagi kudu ada jajannya dong alias wisata kuliner yang lezat. 

Mampir ke Pasar Baru dan Jajan Batagor Siomay Enak

Ternyata kami mampir di kawasan Pasar Baru dan menemukan jajanan batagor siomay yang enak banget rasanya. Masih sepi karena memang baru persiapan buka, namun sudah ada 2 orang pengunjung yang makan di situ. Kami pesan batagor dan siomay campur, tahunya digoreng dulu. Seporsi siomay ini harganya Rp 25.000,- dapat 4 varian.

 
Makan Siang di Andakar Steak Cilandak KKO Nurul Sufitri Travel Blog
Mampir ke Pasar Baru

 
Makan Siang di Andakar Steak Cilandak KKO Nurul Sufitri Travel Blog


Oh ya, sudah lama banget aku ga main ke Pasar Baru. Sepertinya banyak perubahan, terasa lebih sempit jarak tembak dari jalan raya menuju gapura tulisan Pasar Baru-nya. Kendaraan yang lalu-lalang tak menyurutkan kami untuk jadi mengabadikan momen langka eeeaaa untuk foto berdua di sini, cekrek! 

Setelah berputar-putar ke beberapa wilayah, akhirnya kami pulang, melewati Mampang, Warung Buncit dan berhenti di Andakar Steak. Wah, ternyata tanggung deh masih sekitar 25 menit lagi baru buka. Suamiku bertolak ke Andakar Cilandak KKO, iseng daripada menunggu lama di cabang Buncit kan. 

 

Makan Siang di Andakar Steak Cilandak KKO Nurul Sufitri Travel Blog
Andakar Steak Cilandak KKO
 

Sesampainya di Andakar Cilandak, kami cuci tangan dahulu, scan barcode aplikasi PeduliLindungi dan menunggu sebentar saja. Bisa jadi sebagai tamu pertama di hari itu hehehe. Pramusaji memperlihatkan daftar menu dan kami langsung pesan deh. Kalian juga demen makan steak di Andakar? Toss yuk! 😍

Lokasi dan Jam Buka Andakar Steak 

Teman-teman tahu ga, ternyata Andakar itu singkatan dari Aneka Daging Bakar, lho! Restoran steak yang mengusung tema “The best Steakhouse in Town” ini memiliki beberapa cabang seperti di Duren Tiga, Warung Buncit, Cilandak, Radio Dalam, Condet dan Bintaro. Jam buka mulai pukul 11.00 hingga 21.00 WIB dengan nomor telepon khusus catering adalah 0811-9626-771. 

Mengonsumsi daging sapi dapat memberikan tambahan energi sehingga kita dapat lebih produktif, lho. Apalagi jika makan daging sapi secara rutin, tentu saja selain dimasak ala steak juga bisa dipadukan dengan bahan masakan lainnya. 

Aku baca di Instagram Andakar Steak @andakarsteak ada 5 negara dengan konsumsi daging terbanyak di dunia (per orang rata-rata per tahun) yakni:

  • Australia : Per orang rata-rata 100 kg per tahun.
  • Kuwait:119 kg per tahun.
  • Amerika Serikat: 120 kg per tahun.
  • Luksemburg: 107 kg per tahun.
  • Bahama: 98 kg per tahun. 

Perbedaan Sirloin dan Tenderloin

Kalian sudah tahu belum perbedaan sirloin dan tenderloin? Aku baca di situs alodokter, daging sirloin maupun tenderloin yang sama-sama berasal dari bagian punggung sapi ini memiliki beberapa perbedaan dari segi rasa, tekstur, hingga kandungan kolesterol dan protein di dalamnya. 

Berdasarkan tekstur daging, sirloin mempunyai tekstur yang lebih kenyal atau alot sedangkan tenderloin umumnya lebih empuk. Potongan daging tenderloin juga lebih tebal dibandingkan dengan daging sirloin. 

Berdasarkan kandungan protein dan lemaknya, jenis potongan daging sirloin dan tenderloin memiliki lemak paling rendah di anatara jenis potongan daging sapi lainnya. Di dalam 100 gram daging sirloin, terkandung sekitar 12–14 gram lemak dan 90 miligram kolesterol. 

Sementara itu, 100 gram tenderloin mengandung lemak sebesar 18–20 gram dan sekitar 70 miligram kolesterol. Di dalam 100 gram daging sirloin, terdapat sekitar 29 gram protein. Sedangkan, daging tenderloin hanya mengandung 18 gram protein per 100 gramnya. 

Kandungan lemak pada daging sirloin maupun tenderloin bisa berbesa tergantung jenis sapinya.  Umumnya, daging sapi impor seperti daging sapi Angus, Kobe, dan Wagyu, mengandung lebih banyak lemak daripada daging sapi lokal. 

Berdasarkan durasi memasaknya, tekstur daging sirloin lebih kenyal sehingga butuh waktu pengolahan yang lebih lama sekitar 6-10 menit untuk setiap sisi daging agar rasanya gurih dan empuk. Adapun tenderloin sebaiknya dimasak tak terlalu lama karena tekstur dagingnya lebih lembut. Kalau dimasak terlalu lama, daging yang dihasilkan akan menjadi keras. 

Makan Siang di Andakar Steak Cilandak KKO

Pilihan saus steak di Andakar ada tiga yaitu BBQ sauce, mushroom sauce dan blackpepper sauce. Untuk varian steak kita bisa pilih ada tenderloin, rib eye, sirloin, salmon, T-bone dan chicken. Sedangkan menu lain untuk menemani steak tersedia french fries, potato wedges , mash potatoes, steam rice, butter rice, corn cob, coleslaw, garlic beans dan mix vegetables.   

 

Makan Siang di Andakar Steak Cilandak KKO Nurul Sufitri Travel Blog
Makan Siang Berdua di Andakar Steak Cilandak KKO
 

Sirloin Steak (Import)

Sirloin Steak Import dengan black pepper sauce ini adalah pesanan suamiku, Aa Rahmad. Dia memang doyan daging sapi yang ga full daging, ada lemaknya, masih ada yang kenyal-kenyilnya hahaha. “Enak banget. Bumbunya terasa sampai ke dalam dagingnya”, katanya. Ukuran daging sapi cukup besar, teksturnya lembut dan tebal. 

Steak ini ditemani kentang goreng yang besar-besar juga, bergelombang. Sayurannya juga banyak, potongan wortel, buncis dan jagung pipil makin menyegarkan masuknya steak ke dalam mulut. Menu Sirloin Steak Import ini dapat dinikmati dengan merogoh kocek sebesar Rp 92.000,-   

 
Makan Siang di Andakar Steak Cilandak KKO Nurul Sufitri Travel Blog
Sirloin Steak Import

Tenderloin Steak (Import)

Sebagai penyuka daging sapi yang padat tanpa lemak yang kenyal-kenyil, tentu saja pilihanku jatuh pada Tenderloin Steak Import. Harganya sedikit lebih tinggi dibandingkan sirloin, yakni Rp 112.000,- Pilihan sausnya sama seperti suamiku, black pepper sauce. Supaya lebih terasa makan steak, menurutku sih saus lada hitam yang menjadi favorit deh.

Daging sapinya tebal, teksturnya lembut, enak banget pokoknya. Aku dan Aa Rahmad suka makan daging sapi premium yang matang alias well done. Entahlah, kalau medium atau setengah matang, rasanya mulut dan lidahku belum bisa menerimanya hahaha πŸ˜‚ 

 
Makan Siang di Andakar Steak Cilandak KKO Nurul Sufitri Travel Blog
Tenderloin Steak Import dan Lemon Squash

Lemon Squash

Buah lemon kaya akan vitamin C. Rasanya yang begitu masam, jarang orang mengonsumsinya secara langsung. Lemon sering dibuat menjadi minuman segar atau jus yang bisa menyegarkan tenggorokan. Aku paling sering pesan lemon squash saat wisata kuliner, terutama ketika menikmati hidangan daging sapi atau ikan.

Segelas lemon squash di Andakar Steak ini dihargai sebesar Rp 27.000,- Rasanya yang pasti segar karena dingin dan lemonnya terasa banget. Cocok deh menemani menu steak kita pesan minuman buah-buahan yang ada sodanya hehehe. 

Chocolate and Vanilla Ice Cream

Pilihan hidangan pencuci mulut kami adalah es krim rasa cokelat dan vanila. Harga 1 cup chocolate dan vanilla ice cream masing-masing adalah Rp 12.000,- (khusus menu es krim ini harga sudah termasuk pajak 10%). Es krim cokelat diberi taburan semacam choco chips sedikit. Sama-sama enak rasanya, pastinya dingin, namanya juga es krim wkwkwkwkwk. 

Makan Siang di Andakar Steak Cilandak KKO Nurul Sufitri Travel Blog
Chocolate and Vanilla Ice Cream

Tips Mengonsumsi Daging Sapi: Sirloin atau Tenderloin?

  • Mengonsumsi daging sapi/ steak baik sekali untuk kesehatan dengan kandungan nutisi penting bagi tubuh seperti protein, vitamin B, zinc, selenium, dan zat besi.
  • Konsumsi daging sapi/ steak secukupnya, bukan berlebihan karena bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular hingga kanker usus besar. 
  • Sebaiknya pilih daging sapi baik sirloin maupun tenderloin yang sudah dibuang lemaknya (berlabel extra lean cut). Potongan daging extra lean cut mengandung lemak yang lebih sedikit, yaitu hanya sekitar 5–10 gram lemak per 100 gram daging. Kandungan kolesterolnya juga lebih sedikit sehingga aman dikonsumsi oleh orang yang memiliki kolsterol tinggi.
  • Konsumsi daging sapi yang dimasak hingga matang sebanyak 2-3 porsi per minggu dengan jumlah maksimal 70–80 gram setiap porsinya. 

Teman-teman, itulah cerita santai sejenak di hari ulang tahun ke-17 pernikahan kami menikmati steak favorit pilihan di Andakar Steak Cilandak. Gimana, kenyang ga lihatnya? Hahahaha….!! Aku dan suami merasa kekenyangan, begah. Apalagi karena sebelumnya perut pun sudah diisi batagor dan siomay di Pasar Baru.

Oh ya, jangan lupa kalau mau ambil foto, beri contoh dahulu kepada staf restoran. Seperti aku ini hehe kasih ancang-ancang dan contoh supaya hasilnya sesuai harapan. “Mas, boleh minta tolong fotoin ya? Jangan terpotong lampu gantung dan pajangan kulit sapinya ya (bla, bla, bla)”, begitu pintaku hahaha. Alhamdulillah 😁

Kapan-kapan mau ajak anak-anak ah makan steak di sini, ga cuma berdua saja hehehe. Beberapa tahun lalu kami pernah makan malam bersama keluarga besar di Andakar Steak Cilandak. Pernah juga aku dan teman-teman SD Bhakti Tugas reuni sekaligus buka bersama di Andakar Steak Warung Buncit.  Ngiler? Cuz yuk mampir ke Andakar Steak terdekat. Sampai jumpa di kisah seru selanjutnya!
 

98 comments:

  1. Masya Allah, langgeng selalu rumah tangga Mba Nurul dan A' Rahmad ya. Allah mudahkan selalu dalam mendampingi 2 penyejuk hati. Btw siomay 25 ribu 4 potong, enak berarti dong ya. Harganya lumayan maknyuss kan. Kalo steak pun diriku lebih suka yg well done. I dont care mau dibilang gak modern, pokoknya kalo makan daging harus mateng. Btw ternyata daging impor justru yg lebih banyak lemaknya ya. Ide untuk ngajarin motret bagus juga ya, haha... Ketimbang orang motret ber-kali2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah, aamiin. Makasih doanya yach, Nita :) Toss dong, sama2 kita demen steak yang matang hehehe :D Bener, kasih contoh mas/ mbak resto dulu untuk fotonya supaya sesuai harapan hihihi :)

      Delete
  2. yess aku suka steak tapi juga nggak sering sering banget makannya, kalau pas pengen aja biasanya
    pas awalll dulu, aku ga bisa bedain tenderloin atau sirloin hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, mbak Ainun :) Oh ya hahahha sekarang udah tau ya :)

      Delete
  3. Happy anniversary mbaak semoga samawa till jannah, selisih 9hari kita, saya 20 desember baru 14 tahun sih 🀩

    ReplyDelete
  4. Andakar ini favorit sejak lama ya mba, aku biasanya makan Andakar yang di Duren Tiga atau Warung Buncit, dagingnya enak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? Memang deh dagingnya enak, empuk dan bumbunya terasa ya.

      Delete
  5. Bukan penggemar daging, tapi boleh lah sesekali nyobain makan steak. Btw, perayaan ulang tahun pernikahannya cukup seru, Mbak. Asyik gitu karena bisa jalan berdua aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru soalnya dadakan sih hihihi :D Kuy, ke resto Andakar terdekat :D

      Delete
  6. makan daging paling enak kalau dibikin steak gini memang. anak2 jg lebih kemakan kalau dibuat gini. fave kami tenderloin, tp sometimes ambil sirloin. btw aku salfok ada tulisan naik vespa tapi naiknya trail >.< hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha emang deh ajaknya naik vespa, besok paginya pas berangkat dia keluarin trail wwkwkwkkw ga apa2 deh :D

      Delete
  7. Ternyata harga streak daging tenderloin lebih mahal sedikit dari sirloin steak ya mbak. Tapi ngga apa-apa yang penting enak ya mbak.

    Ternyata andakkar itu singkatan dari aneka daging bakar ya, kreatif sekali.πŸ˜„

    Btw, selamat ulang tahun pernikahan ke 17 ya mbak Nurul, semoga langgeng.πŸŽ‚πŸŽ‰πŸŽŠ

    Kalo aku belum pernah merayakan ulang tahun pernikahan, soalnya masih pengantin baru.🀣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho'oh, Mas Agus wkwkwkwkwk jadi pilih mana, sirloin atau tenderloin? :D Makasih ucapannya, aamiin. Aih, bisa ajah si mas pengantin baru mulu :D

      Delete
    2. Baik sirloin atau tenderloin aku terima mbak, yang penting gratis.🀣

      Benar pengantin baru kok mbak, baru 16 tahun.πŸ˜‚

      Delete
    3. Hahahahaha Iya ya apapun kalau gratis pasti seruuuu :D Wuih 16 tahun nih yeee :D

      Delete
  8. Happy Anniversary Mbak Nurul dan suami...semoga Samara, sebumi sesurga-Nya,Aamiin.
    Kiranin Andakar apaan ternyata: Aneka Daging Bakar. Mantap nih steaknya. Sama..., aku juga lebih suka yang well done kalau suamiku suka yang medium. Kapan-kapan bisa nih dicoba Andakar Steak,menggoda sekali ini
    Eh btw,ini pesen minumnya memang cuma 1 ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ucapannya, Mbak Dian :D Aamiin yra. Toss sama2 doyan steak well done :) Hahaha iyaaa cuma 1 minumannya wkwkwkkwkw lucuk yach? Wkwkwkwkkwkw....

      Delete
  9. wah, saya termasuk orang yg nggak begitu menyukai steak mbak. doyan sih cuman nggk begitu hehe..
    saya malah gagal fokus sama gambar yang ada foto rumah yg penuh dedaunan mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu masih di area Andakar Steak, mbak, bukan rumah :D

      Delete
  10. Bukan penggemar steak, tapi suami doyan. Beberapa kali diajakin makan strek. Mungkin kalo someday diajakin lagi ke tempat baru, seperti Andakar ini, gak nolak. Wkwkwkwkwk.

    ReplyDelete
  11. duh siomay

    dibanding steak saya lebih suka siomay

    munkin karena lidah melayu

    saking sukanya siomay, saya suka bikin sendiri

    hasilnya buanyaaakkkkk banget, baru habis 3 hari kemudian :D :D

    ReplyDelete
  12. Yuhuuu, tos mb aku juga suka steak. Tapi sayang karena suami kurang suka perdagingan, jadi sesekali aja makan steak nya. Hehe
    Aku tim sirloin dong, suka yang kinyil kinyil :D
    Btw mb, penyajiannya ga di hot plate pada umumnya ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh yaaa? Mbak demen sirloin ya wkwkwkwkwkkw :D Iya padahal enaka disajikan di hot plate ya kayak dulu :(

      Delete
  13. Auto lapar nih lihat foto dan baca artikelnya. Suasananya juga mendukung... Jadi pingin kesana deh

    ReplyDelete
  14. Aku juga suka steak Mbak...sayangnya tempat tinggal kami sekarang agak jarang dengan resto-resto jualan steak jadi harus ke Denpasar paling gak 🀭🀭

    Jadi, ada jual sirloin atau tenderloin di Sayurbox trus bikin sendiri, saus belilah tinggal angetin. Enaknya di Jakarta kuliner enak banyak pilihan ya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss mbak :D Oh gituuuu :) Iya bisa juga bikin steak sendiri :D

      Delete
  15. Aku ngiler es krimnya. habis makan besar dessert es krim emang lebih joss....
    Steaknya bikin ngiler.

    ReplyDelete
  16. Pertama, aku mau ucapkan "Happy Anniversary" dulu dong buat Mak Nurul dan hubby.
    Semoga senantiasa harmonis dan romantis, ya.
    Aamiin.

    Btw, katanya naik vespa, tapi fotonya dengan trail?
    Maafkan pertanyaanku yang retjeh ya.
    Hahaha.

    Idem dengan Jiah, aku bukan meat lover, tapi kalau dibuat toping di pizzza, ga alergi juga sih. Hihihi.

    Sepertinya Andakar belum buka cabang di kotaku Balikpapan.
    Jadi sementara ini menikmati cerita Mak Nurul dulu deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh makasiiiiih ucapannya :D Memang kami sering motoran pakai vespa. Kadang trail kadang bebek 70, atau mio atau lainnya mbak hahahahaha :D

      Delete
  17. Cakep nih judul restonya Andakar,Aneka Daging Bakar.Aku dan keluarga penyuka steak.Terutama anakku suka steak Sirloin.Aku tinggal di Depok,dekatlah dengan Cilandak.Semoga ada kesempatan mengunjungi Andakar,penasaran rasanya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kapan2 bisa maksi di Andakar Cilandak atau cabang lain :)

      Delete
  18. Ini tempat steak yg udah lamaaaa bgt kan yaaa. Tapi selama di Jakarta, aku blm pernah kesini mba 🀣. Mungkin Krn jauh sih dr tempatku juga. Tapi masih penasaran pengen coba :). Kalo chef nya bisa bikin steak dengan level kematangan medium rare, aku bakal suka sih 😁. Soalnya aku dan suami ga bisa makan well-done. Jadi kering dagingnya.

    Kalo Utk jenis daging akupun lebih suka tenderloin mba, lemaknya ga sebanyak di sirloin ya πŸ˜„. Dulu zaman blm nikah aku memang pilihnya sirloin trus. Tapi makin kesini, tenderloin lah 🀣. Udah inget kesehatan hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, lamaaa :D Oh, mbak Fanny demen yang medium ya kalau makan steak hehehe :) Enakan tenderloin ah wkwkwkwkwk sip mbak.

      Delete
  19. Tempat kulinernya keren dikunjungi jika berkunjung disana, rekomendasi buat kuliner keluarga, rekan, dan semacamnya

    ReplyDelete
  20. Wah, saya suka banget es krimnya. Semoga bisa segera berkunjung di tempat ini. Terima kasih telah berbagi yah mbak Nurul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke deh, kosongin peyyut duyuu hahaha :D Sama2, mbak/ mas udah mampir dan baca tulisanku ini :)

      Delete
  21. Mengonsumsi daging sapi di lingkungan masyarakat sekitar tempat tinggal saya masih dianggap sesuatu yang wah karena daging sapi cukup mahal. Belinya pun jauh, tidak tersedia di pasar tradisional. Di sisi lain, daging kambing malah banyak dijual dan lebih sering dikonsumsi. Padahal konon daging sapi jauh lebih 'aman' untuk dikonsumsi daripada daging kambing kan ya. Apalagi dimasak dengan aneka rasa, tetap nikmat. Wanginya saja sudah menggoda. Seperti steak ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitu ya mbak? Hehehe. Sip mbak, tergantung selera juga ya, ada yang lebih doyan daging kambing ketimbang daging sapi ya :D

      Delete
  22. Agak berbeda ma saya nih, Mbak. Saya kalau pesan steak selalu tingkat kematangan medium atau medium rare. Kalau well done malah saya kurang cocok. Selera sih, ya hehehe.

    Btw, selamat ulang tahun pernikahan yang sweet seventeen. Semoga sweet selalu. Langgeng sampai kapan pun, Aamiin

    ReplyDelete
  23. Wah kayaknya kudu nyoba nih. Perasaan bulak balik dulu jaman masih ngajar di Andara ga pernag liat restoran steak. Apa nggak ngeh kali ya? Harganya standar steak ya. Beneran kudu nyoba nih. Apa kita ketemu disini aja yuk? xixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih jauh dari area Andara, mbak. Ini Cilandak KKO dekat Transmart Cilandak itu loh :)

      Delete
  24. Happy wedding anniversary ya Mbak Nurul dan suami, semoga diberikan kesehatan dan kebahagiaan aamiin..steaknya nampak enak dan juicy pisan.. Nyam..

    ReplyDelete
  25. orang orang dati The Bahamas lumayan banyak ya mbak makan daginynya
    duh aku suka kalau sayurannya banyak kayak di foto itu
    entah kenapa aku sukaan sirloin daripada tenderloin
    kalau kematangan aku juga suka medium aja engga suka yang mateng
    tapi emang pilihan steak ini selera sih hehe

    asyik restorannya ini terekomendasi sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Mas Ikrom seleranya sama kayak suamiku demen makan sirloin steak hehehe :D

      Delete
  26. Aku belum pernah yang Andakar Steak CIlandak. Baru pernah dulu yang di Buncit, mba. Aku suka. Porsinya juga pas buat aku bikin kenyang banget. Jadi penasaran juga mau yang ke Cilandak ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang di Buncit juga enak, tempatnya asyik ya, aku pernah tuh.

      Delete
  27. Biasanya bunda dan ansk cucu kl lg pengen banget makan steak ya ke FIESTA di Bintaro Echange karena bunda suka banget sama ramuan saucenya wuenaak pake banget. Tp itu udah lm. Liat menu Steak di Andara jd ngiler nih trus eskrim vanilla pun bikin meneguk air liur deh. Bahagianya pasangan Mbak Nurul Fitri dan suami tercinta. Serasa blm ada yg nungguin di rumah, ya. Regards for the happy couple.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya, bun? Mantap deh. Terima kasih, bunda Yati :)

      Delete
  28. Kyaaa..romantis banget mba Nurul dan Pak Suami, semoga selalu SaMaWa ya mba
    Aku awalnya ga begitu paham jenis daging sapi, tapi biasanya lebih suka yg full daging dan ga begitu menikmati kakau ada lemak2nya gitu
    Di Andakar steak cilandak bisa dipilih sesuai yg diminati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, thanks mbak Siti :D Sama kayak aku berarti suka tenderloin hihihi :D

      Delete
  29. happy anniversary ya, mbak. semoga langgeng sampai ke surga. kalau saya sudah lama banget nggak makan steak daging begini. maklum harganya lumayan mahal. hehe. pernah beli dagingnya aja buat bikin sendiri eh malah saya bikin rawon

    ReplyDelete
  30. Barakallahu fii umriik untuk ulang tahun pernikahan kak Nurul dan suami.
    Rasanya membacanya jadi inget kalau betapa kak Nurul sangat menghargai kebersamaan bersama pasangan. Dengan momen-momen yang terukir indah di blog begini, menjadi pengingat nanti ketika ulang tahun pernikahan emas.


    Bon AppΓ©tit~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mb Lendy :) IYa, insya allah aamiin.

      Delete
  31. Romantis sekali ya, bisa jalan-jalan berduaan untuk explore tempat. Saya kebetulan suka sama steak, keseringan memang sih makan yang impor baik tenderloin maupun sirloin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe pas kebetulan aja, mas :) Mantap deh suka steak juga.

      Delete
  32. wah ini namanya lagi kencan ya mba
    emang steak Andakar ini enak mbak, aq pernah makan yg di duren tiga
    klo aq senang yg tenderloin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya ceritanya gitu wkwkwkwk :D Toss, sama2 suka tenderloin.

      Delete
  33. Wuah lihat steak jadi laper mbak heuheu udah lama banget saya enggak jajan steak sejak pandemi menyerang. Btw benar mbak, untuk usia kita, memang makan daging secukupnya saja yaa. Oiya selamat anniversary ya mbak, moga langgeng sehidup sesurga. aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe makasih mbak Sri :) Kuy, makan steak lagi :D

      Delete
  34. Puas banget ini steaknya porsinya gedhe. Menggiurkan banget hahaha. Apalagi menu lainnya juga ada ya. Banyak pilihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa, ngenyangin semua menu2 di Andakar Steak :)

      Delete
  35. MasyaAllah 17 tahun happy wedding anniversary mbak Nurul.
    Aku juga dah lama gak ke Pasar Baru nih, kangen juga, biasanya abis dr sana lanjut ke Istiqlal bener2 ngangenin.
    Bener2 merayakan nih makan steak tenderloin nyaamm, dessertnya juga keliatan enak dan pas ma hidangan utamanya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks mbak :) Iya ga niat awalnya mau makan di sini hehehe :D

      Delete
  36. Duh kak buka postingan ini di jam makan siang tuh bikin langsung pengen pesen menu yang sama deh...auto laper...

    ReplyDelete
  37. Seru banget mbak jalan berdua, keliling kota Jakarta plus kuliner an. Aduh, steaknya menggoda banget. Auto pingin pesan satu..
    Happy Anniversary mbak, baarokallah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoiiii, mumpung ada momennya hehehe :) Makasiiih mbak.

      Delete
  38. Happy belated anniversary! Alhadulillah, semoga sehat selalu berdua plus dua anak-anak.
    Asik banget jelong-jelong dan makan-makan. Wah, slice steak nya lumayan gede, bisa kenyang lama..yummy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiiih :) Aamiin. Iyaaa seru banget jalan2 trus makan siang di Andakar Steak :)

      Delete
  39. Aahh ternyata gitu ya perbedaan sirloin dan tenderloin. Aku tu ga paham-paham loh mba beda keduanya. Pas makan rasanya kok sama saja hehee... tapi emang lebih sedikit lemaknya ketika dirasakan klo tenderloin tuh.

    Happy anniversary yang ke 17 ya mba. Sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta.

    ReplyDelete
  40. Ngiriii sama keromantisan, keakraban Nurul!
    Happy wedding anniversary ya insya Allah saqinah mawaddah warahmah aamiiin

    Steaknya menggoda, udah pasti, jadi mending ke sana aja ah buat buktikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, mbak Tanti aamiin. Hayuk makan steak Andakar hehehe.

      Delete
  41. suka sama es krimnya hahahah, entahlah, malah aku fokus pada es krim. Padahal kalau kulihat menu yang disajikan juga gak kalah menggiurkan

    ReplyDelete
  42. Langsung lapar nih Mbak. Enak banget kayaknya. I love steak. Tenderloin atau sirloin nggak pakai pilih. Pokoknya kalau udah jadi steak langsung sikat sampai habis.

    BTW aku salfok sama gapura Pasar Baru. Sudah lama banget nggak main ke sana. Jadi kangen Pasar Baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak Ugik. Wah, penggemar steak juga ya. Keren hehehe πŸ˜€πŸ˜€ Main deh ke Pasar Baru zaman now πŸ˜„

      Delete
  43. Waaaaa maaauu steaknya, termasuk terjangkau banget ya harganya mba, bahagia selalu yaaaaa mba

    ReplyDelete
  44. Wah baru denger Andakar Steak niiih. Steaknya menggiurkan banget Maaaaak, tempatnya juga cakep pisan iiihhh.. instagramable bangeeetzsss. Kayanya mesti mampir sini juga nih akuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu dimampirin enaknya dine ini mbak 😍

      Delete
  45. hepi swit seventinnn mak selalu langgeng yaaa. nama suami kita sama maakkk. aku jarang makan steak berdua, sekarang biasanya bawa anak2 banyakan lumayan juga hahha. terakhir pas hamil coba ngidam steak makan sirloin apa ya apa bagian wagyu lupa. main pesen aja. btw itu somay tahunya menggoda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Makasiiih πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜ Sssekali makan berdua itu jarang terjadi hahahaa.

      Delete
  46. keliatannya aja udah enak steaknyaa πŸ₯°πŸ’›

    ReplyDelete
  47. Pasar baru di Bekasi ya mbak? Belum pernah ke sana sih. Tau nya Pasar Lama di Tangerang hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jakarta Pusat, Kang :) Oooh gituuu hehe. Kapan2 main dong ke Pasar Baru.

      Delete
  48. aku juga mau tantte steaknya wwkw

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.