Daftar Isi [Tampilkan]

Pernah berkunjung ke Taman Nasional Baluran? Taman wisata ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.  Pesona dan kekayaan alamnya membuat kita teringat tentang padang rumput tanah Afrika. Itulah mengapa, Taman Nasional Baluran dijuluki sebagai Africa Van Java.



Pesona Taman Nasional Baluran, Little Africa in Java


Kami berkunjung ke Taman Nasional Baluran pada hari Jumat, 28 April 2023 ketika road trip pulang dari Bali ke Jakarta. Sehari sebelumnya, 27 April 2023 kami menyeberangi lautan dari Pelabuhan Gilimanuk sampai Pelabuhan Ketapang menggunakan kapal ferry. Cara membeli tiket kapal laut secara online melalui aplikasi maupun website Ferizy sudah aku tulis di blog ini beberapa waktu lalu ya, teman-teman. 

Setelah check out dari Homestay Nurbani Banyuwangi di pagi hari, kami bergegas menuju Taman Nasional Baluran. Oh ya, sarapan dulu sebentar di sebuah kedai nasi pecel ala kaki lima. Setelah perut diisi, tanpa basa-basi, melajulah mobil kami dengan hati-hati.

Baca:

Cara Beli Tiket Kapal Laut Pakai Aplikasi Ferizy

Pengalaman Menginap di Homestay Nurbani Banyuwangi

Ini Dia Itinerary Road Trip Jakarta Bali 2023, Destinasi Wisata, Harga Tiket dan Biaya

Taman Nasional Baluran

Sampailah kami di area Taman Nasional Baluran. Lahan parkir kendaraan roda empat dan roda dua terhitung cukup luas. Ternyata terlihat beberapa penjual camilan atau jajanan murah meriah di sana. Rafa dan Fakhri beli jasuke alias jagung susu keju. Aa Rahmad jajan bakso pentol. Total ngemil sebelum masuk taman adalah Rp45.000,00.

Didirikan pada tahun 1980, Taman Nasional Baluran yang dijuluki Africa Van Java atau Little Africa in Java ini memiliki lahan seluas 25 Ha. Dengan ciri khas alami padang savana luas yang tandus, pohon-pohon kering dan bebatuan serta satwa liar, taman ini bermaskot banteng Bos Javanicus.

Di sini terdapat lebih dari 400 jenis flora. 265 flora di antaranya adalah tumbuhan penghasil obat. Jumlah fauna sebanyak hampir 200 jenis burung dan 25 lebih jenis mamalia termasuk ikan dan reptilia. Adapun 47 satwa merupakan hewan yang dilindungi.

Di Taman Nasional Baluran terdapat cagar alam dan objek wisata unik dan menarik serta penuh sejarah. Selain Savana Bekol dan Samiang, Pantai Bama, terdapat pula Curah Tangis, Gua Jepang, Sumur Tua, Teluk Air Tawar, Evergreen Forest, Dermaga, Kramat, Pandean dan sebagainya. Savana Bekol dan Pantai Bama yang kami singgahi sebentar. 


Pesona Taman Nasional Baluran, Little Africa in Java
Kurangi Kecepatan, Banyak Satwa Melintas

Lokasi dan Jam Buka

Taman Nasional Baluran berada di wilayah Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Namanya diambil dari nama gunung yang berlokasi di daerah ini, yaitu Gunung Baluran. Jam operasional pukul 07.30-16.00 WIB.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Untuk dapat memasuki kawasan ini, pengunjung harus merogoh kocek sebagai berikut:

  • Wisatawan domestik: Rp16.000,00 per orang (Hari kerja) dan Rp18.500,00 per orang (Hari libur). 
  • Wisatawan mancanegara: Rp150.000,00 (Hari kerja) dan Rp225.000,00 (Hari libur)
  • Biaya parkir: Rp10.000,00 (Mobil) dan Rp5.000,00 (Motor) 

Fasilitas

Fasilitas yang terdapat di Taman Nasional Baluran meliputi area parkir, Menara Pandang, toilet dan musala. Sebenarnya masih banyak akomodasi yang disediakan tempat wisata ini. Bahkan untuk pengambilan foto, video dan sebagainya pun ada. Silakan teman-teman cek di laman https://www.balurannationalpark.id/blog/akomodasi ya.


Pesona Taman Nasional Baluran, Little Africa in Java
Area Parkir, Loket, Musala dan Toilet

Menara Pandang

Menara Pandang atau Bekol Tower adalah menara pantau yang terletak di dekat loket Taman Nasional Baluran, tepatnya di belakang musala. Dulu menara ini terbuat dari susunan besi dengan warna memudar. Kemudian dibangun lebih kokoh, berwarna kuning dan dibuka lagi sejak 2019.


Pesona Taman Nasional Baluran, Little Africa in Java
Menara Pandang

Secara teknik, Menara Pandang berfungsi untuk pengamatan kebakaran hutan, pengamanan kawasan hutan serta memerhatikan pengunjung. Katanya sih (Aku sendiri belum mencobanya), kita bisa melihat sepertiga dari keseluruhan luas Taman Nasional Baluran. Waktu itu kami agak terburu-buru. Beli tiket, langsung masuk area taman deh.

Kita bisa menikmati keindahan padang savana, pepohonan hutan yang rimbun, melihat banyak monyet, mendengar kicauan burung dll. Di sebelah utara terbentang tepian Pantai Bama nan indah. Masih terdapat monyet-monyet juga. Hati-hati dengan barang bawaan, jangan sampai diambil oleh makhluk berbulu itu.


Pesona Taman Nasional Baluran, Little Africa in Java
Fakhri dengan Latar Belakang Gunung Baluran

Savana Bekol

Di area Savana Bekol, kita bisa menyaksikan rusa-rusa berlarian. Ada beberapa kera ekor panjang yang asyik menaiki motor wisatawan dan hendak mengambil barang miliknya. Antara deg-degan takut dikejar namun ingin segera berfoto dengan latar belakang yang unik.


Pesona Taman Nasional Baluran, Little Africa in Java
Savana Bekol

Salah satu sudut savana yang menarik dan rasanya wajib banget pose di Taman Nasional Baluran adalah latar belakang jejeran tengkorak banteng, kerbau dan rusa. Sepertinya di sinilah spot instagramable atau ikon khas Padang Savana Bekol. Area ini dipayungi ijuk dan 3 batang pohon yang sudah dipotong tampak menjadi tempat duduk pengunjung untuk berfoto cantik.


Pesona Taman Nasional Baluran, Little Africa in Java
Savana Bekol

Di musim kemarau biasanya padang rumput tampak kuning kecokelatan,  benar-benar mirip dengan ekosistem savana di Afrika. Saat kita berkeliling menggunakan mobil pribadi, sesekali tampak kerbau dan kijang dari kejauhan sedang minum dari kolam. Waktu itu hewan-hewannya tidak begitu banyak yang tampil di muka umu hehehe. 

Hewan yang terancam punah sangat dilindungi di Taman Nasional Baluran, seperti benteng Jawa, anjing hutan, kijang, burung merak, rusa, macan tutul dan sebagainya. Dilarang berburu di sini. Kalau foto-foto sih diperbolehkan pastinya. Paling penting kita bisa menikmati pesona alam savana dengan hati tenteram. 


Pesona Taman Nasional Baluran, Little Africa in Java
Taman Nasional Baluran 

Pesona Pantai Bama

Dari Savana Bekol kita bisa menuju Pantai Bama kurang lebih 15 menit saja. Di taman wisata ini terdapat Pantai Bama yang memiliki pesona keindahan alam yang sayang jika dilewatkan. Hamparan pasir putih yang luas dan indah membuat Pantai Bama menjadi tempat foto yang Instagramable. 

Kita juga bisa melihat air laut yang jernih dan hutan mangrove yang indah. Tampak hutan mangrove yang masih terjaga keindahannya. Ada ikan-kan yang cantik dan terumbu karang yang terawat. Pengunjung juga bisa naik perahu dan menyewa peralatan snorkeling dengan harga terjangkau atau membawa peralatan sendiri.


Pesona Taman Nasional Baluran, Little Africa in Java
Pantai Bama

Terdapat beberapa jenis primata seperti kera abu-abu dan lutung. Ada pula berbagai jenis burung dan juga biawak. Di area Pantai Bama tersedia fasilitas cukup oke untuk wisatawan seperti area parkir, toilet, musala, warung makan sederhana. Pepohonan mangrove besar dan lebat, tumbuh subur di sekitar pantai. Jangan sampai terlewatkan mampir di panntai ini saat kalian berkunjung ke Taman Nasional Baluran ya.

56 comments:

  1. Keren fotonya dan alamnya menakjubkan.
    Ternyata savananya indah, terbayangkan savana itu kering tp ini indah ya. Makasih pandangan jalan2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Savananya memang indah banget, terhampar luas seperti ini. Sama2.

      Delete
  2. keren bu foto-foto yang di share Jadi membangkitkan memori. Terakhir ke sana ditahun 2017 saat handle tour ke Kawah Ijen yang sekalian sepaket dengan pantai buma dan Savana Bengkol.

    Setelah melihat foto ini sangat amazed ternyata sekarang sudah lebih bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih. AKu pengen remedial ke sini lagi pakai hp baru hihihihi...

      Delete
  3. seneng banget sekarang jalanan di area baluran udah diaspal, wisatawan pastinya berkendara di dalam hutan tetep nayaman gitu
    Spot foto dengan latar belakang gunung Baluran memang bagus ya mbak
    Meskipun rumput terlihat kering kekuningan ataupun hijau, area situ tetep bagus buat jadi tempat poto poto

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua spot bagus buat foto2. Alhamdulillaah cuacanya mendukung.

      Delete
  4. Spot yang wajib ketika di Baluran itu di Bekol hahahhaha. Pemandangannya indah

    ReplyDelete
  5. Mbak, itu agak agak ngeri gitu gak pas foto di luar persis di depan monyet gitu? hee. Tapi kayanya mereka juga udah sering interaksi sama manusia ya, jadi cuek aja ada pengunjung juga. Kalau monyet, setau aku kita jangan keliatan bawa apa apa aja di tangan. Kalau keliatan bawa makanan atau menenteng sesuatu, bisa bisa dia rebut deh tuh, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agak deg2an juga pastinya hahaha takut monyet nemplok wkwkwkwkw :D

      Delete
  6. Baguus banget ya view nya. Ada padang savana dan ada pantainya juga, bener-bener paket lengkap.
    Akan aku jadikan ini salah satu wishlist destinasiku di tahun 2024 besok

    ReplyDelete
  7. Cakep2 yaa spot fotonya. Aku baru tau Baluran mba gara2 ada yg sharing waktu itu di IG, ternyata udah dari 1980 ya. Pas zaman skul aku belum tau ehhe
    Masya Allah pokoknya viewnya kece badai..
    Dan pantainya kudu disambangi jg ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya udah cukup lama khan? Iya Pantai Bama-nya keren.

      Delete
  8. Di luasnya savana di Taman Nasional Baluran juga ada Pantai Bama yang siap di explore yaa..
    Tiket masuknya sama atau beda, ka Nurul?
    Bisa banyak banget jalan-jalannya, mirip Taman Safari Bogor tapi ini versi beneran bisa jalan di luar yaa.. Aga takut juga kalau monyetnya tertarik dengan apa yang kita bawa atau kita pakai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk ke Pantai Bama udah termasuk pas bayar tiket di loket mak.

      Delete
  9. baluran bagus banget mba pemandangannya, masyaallah, wajib sih pankapan traveling ke sini sama keluarga

    ReplyDelete
  10. Suami pengen ngajak ke sini juga, Mak, tapi belum ketemu aja waktunya. Kalau doi sih udah beberapa kali ke sini. Cuma, karena tiap liburan tu kami ada jadwal ke Purworejo dan Majalengka (kampung halaman kami berdua), jadi ya pioritas ke sana dulu. Entah kapan bisa punya waktu longgar, di luar waktu berkumpul dengan keluarga besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak-anak pasti senang diajak ke Baluran, ayo mak kapan2 ya :D

      Delete
  11. Sering dengar tempat wisata ini tapi belum permah ke sana. Ternyata seindah itu yaa. Aku galfok sama harga makanannya murce2 yaaa buat sarapan pecelnya hehe.
    Ooo di sana ternyata ada banyak monyet yang bebas liar ya. Baru tahu. Kudu hati2 sih apalagi kalau bawa barang menarik ntar diambilin ma monkey2 nya hehe.
    Moga2 nanti bisa ke sana juga bersama keluarga aamiin TFS infonyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk, main dong ke TN. Baluran wisata edukasi eruuuuuu banget!

      Delete
  12. Ada monyetnya. Nakal gak tuh mereka?

    Suka sebenarnya main di taman yang hewannya lepas liar. Cuma emang agak PR dan sebisa mungkin gak bawa barang mencolok biar gak ganggu mereka juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga nakal kok hihihi karena sudah terbiasa dikunjungi manusia kayaknya.

      Delete
  13. suamiku nih yang udah kesini waktu lagi dinas ke surabaya. pas kita balik dari bali mau ke bogor, ga mampir karna udah kemaleman n mau nginep di surabaya

    ReplyDelete
  14. Ih ini mah impian banget bisa ke taman nasional Baluran. Melihat padang savana begitu luasnya kayak berada di tengah-tengah Afrika dengan kearifan lokal.

    ReplyDelete
  15. Ini salah satu wish list aku, liburan ke Taman Nasional Baluran. Waktu itu lihat salah satu traveller yang kesini, terus aku lihat dari fotonya cakep amat. Eh lihat foto mak Nurul malah tambah mupeng ini deh, karena banyak spot foto kece ini sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok nih mak CHie dan keluarga main ke sini pasti foto2 terus hahaha.

      Delete
  16. masuk wishlitku udah lama nih si taman Baluran. pengennya bawa mobil sendiri sekalian ngajak anak2 liburan ke Jatim. baca ini jadi pengen main ke sini

    ReplyDelete
  17. Aku belum pernah mbak ke Baluran huhu. Padahal sesama Jatim, tetangganya Malang. Ternyata maalah kalah sama orang Depok yang udah duluan nyampai. Alhamdulilah semua lancar ya mbak, ternyata harga masuknya ga begitu mahal dan terjangkau. Semoga tetap terawat ya Taman Nasional Baluran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Febri mesti mampir ke Baluran sinii pokoknya. Indah banget pemandangannya kayak di Afrika hehe.

      Delete
  18. Masya Allah ... Baluran makin indah, menara pandangnya juga bagus tuh. Dulu seingatku beda, mungkin dicat ulang. Kalau pantai Bama gimana mbak, bersih kah? dulu pernah ada kano di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersih dan terawat kok semuanya. Iya indah banget.

      Delete
  19. Senang deh kalau semua anggota keluarga suka jalan-jalan
    Jadinya bisa kompak kemana saja mau
    Kalau di sini, kepala keluarganya jarang mau keluar rumah buat jalan-jalan haha
    Workaholic banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu dikilik2 kepala keluarganya supaya mau jalan2 jauh hehehe.

      Delete
  20. Senangnya bisa roadtrip ke Baluran ya Mbak pengalaman berharga banget sekeluarga mana indah dan unik banget pemandangannya huhu mauuu

    ReplyDelete
  21. Cuma kurang binatang buasnya kayak singa, harimau, cheetah dkk ya mba 😄. Kalo ada, udh persis identik Ama Afrika deh 😁. Ntr kalo populasinya udah terlalu banyak, kalo yg Afrika ada restoran di sana, yg menyajikan hidangan daging zebra atau yg lainnya.

    Blm pernah ke Baluran aku, udh masuk dlm bucketlist. Kapannya ini blm tahu 😄

    Tiketnya murah yaaa. Tapi jomplang Ama yg tiket foreigners 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya, kalau hewan2nya buas gitu seru juga tapi deg2an kayaknya hahaha :D Yuk, mbak Fannny kapan2 main ke TN. Baluran ya.

      Delete
  22. Menakjubkan sekali ya Taman Baluran ini. Tamannya luassss dan hewan-hewan dibiarkan hidup secara alami di habitatnya masing-masing. Pasti rasanya unik gitu ya bisa berada kayaknya di hutan Afrika :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya luar biasa apalagi kalau pertama kali ke sana.

      Delete
  23. Yipiiii...makasih sharingnya mak nurul. Diriku sudah sekian langkah lebih dekat nih dengan baluran. Ya meski masih sekian jam juga sih..tapi kan sudah seprovinsi sekarang hehehe. Destinasi wajib nih buat kami kunjungi. Semoga diberi kesehatan dan waktu yg tepat utk main ke Baluran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mak Lis. IYa kudu didatengin dong hihihi biar seru. Enaknya pagiiiii. Aamiin.

      Delete
  24. Cakep amat ini taman nasional baluran, nggak jauh dari pantai juga ya maaaaak. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui yaaa. Jadi pengen main main ke baluran juga niiih

    ReplyDelete
  25. Pengin banget bisa ke sana nih... udah lama ga jalan-jalan ke arah timur. Dulu pernah waktu kuliah pergi ke arah Banyuwangi, tapi bukan ke Baluran, ke Meru Betiri. Waktu itu bareng anak2 mapala dari berbagai universitas seJawa.

    ReplyDelete
  26. wah..aku tertarik nih sama pantai bama, tapi jauhh...banget situ bondo hihi2, btw itu di savana bekol gak ada hewan buas kan mak,,,takut aja ada babi hutan ato yang lainnya nyeruduk..

    ReplyDelete
  27. Taman Nasional Baluran Situbondo emang cakep luar biasa. Sebagai warga lokal, Aku bisa dengan pede bilang kalo lokasi wisata satu ini punya panorama yang komplit. Mulai dari pemandangan savana di Savana Bekol dan lokasi foto ikoniknya. Hingga, berbagai pemandangan lelautan di beberapa pantai yang ada dalam kawasan TN Baluran Situbondo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Rahman, setuju banget. Pokoknya Taman Nasional Baluran sangat istimewa!

      Delete
  28. Wah, aku baru tahu twrnyata di dalam Baluran ada obyek wisata lain selain Savana ya. Selama ini kupikir yang dilihat ya cuma padang savana cantik ala2 Afrika gitu lo. Wahh jadi semakin kepingin ke sana kalau ada pantainya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuuuuk mbaaak, bagus banget pemandangan TN. Baluran.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.