Daftar Isi [Tampilkan]

Mencari penginapan di mana saja itu mudah, yang penting ada duitnya 😁 Banyak budget hotel yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Kali ini aku mau berbagi cerita saat aku dan Aa Rahmad menginap di Hotel Benua Bandung yang lokasinya tak terlalu jauh dari Telkom University. Kok, cuma berdua? 


Sebenarnya cukup banyak hotel murah yang dekat sekali dengan Tel-U. Mungkin sudah jodohnya Hotel Benua menjadi tempat istirahat dan tidur aku dan suami selama 2 malam di Bandung, 30-31 Agustus 2023. Jarak dari Telkom University ke Hotel Benua kurang lebih 5,6 kilometer yang bisa ditempuh selama 18 menit bahkan jika sedang macet bisa 30 menit lho. Jadi saat itu ceritanya kami antar Rafa check in asrama di Tel-U.


Review Hotel Benua Bandung



Aku dan suami serta anak-anak paling senang kalau menginap di hotel tuh sudah sekalian sarapan. Jadi keluar hotel perut sudah terisi, supaya lebih mantap bergerak alias tidak doyong hahaha. Tentu beda kalau kita masih lapar, pikiran kurang fokus dan belum tentu dapat makan pagi seperti harapan dengan berbagai alasan, misalnya kuliner A penuh sesak sehingga terlalu lama menunggu pesanan kita.

Kami tipe keluarga yang ga demen hotel mahal hahaha. Ya, sesekali bolehlah harga kamar per malam cukup tinggi, tetapi itu jarang sekali terjadi. Kenapa? Kami pikir, di dalam kamar paling untuk mandi, istirahat, tidur malam dan sarapan. Selebihnya dipastikan jalan-jalan apapun kegiatannya di luar hotel.


Review Hotel Benua Bandung
Pagi dan Malam di Hotel Benua Bandung

Lokasi

Hotel Benua merupakan hotel bintang 2 yang terletak di Jalan Pelajar Pejuang 45 No.111, Turangga, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40264 dengan nomor telepon (022) 7321708 HP (WA) 085774736035 dan email: ehg.hotelbenua@gmail.com. Seperti hotel lain, di sini waktu check in pukul 14.00 dan check out 12.00 WIB.

Hotel Benua Bandung menawarkan akses cepat ke Bandara Husein Sastranegara sejauh 8,3 kilometer dalam waktu 25 menit berkendara dalam situasi lalu-lintas normal. Menuju pusat kota Bandung kurang lebih 2,4 kilometer saja dan ke Stasiun Cikudapateuh sekitar 1,6 kilometer. Hotel ini juga dekat dengan Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution. 

Di sekitar hotel ini banyak sekali restoran, kedai jajanan yang tampak menggiurkan. Supermarket Yogya juga ada, serta beragam kuliner Bandung yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Keramaian lalu-lintas dan warga Bandung yang mobile menjadikan wilayah ini juga menjadi destinasi penginapan, karena beberapa hotel berbintang-bintang pun ada di sini. 

Baca: 

Wisata Kawah Putih Ciwidey

Patuha Resort Ciwidey, Tempat Wisata dan Penginapa Unik di Kawasan Hutan Pinus 

Fasilitas

Hotel Benua Bandung memiliki 50 kamar, restoran yang luas, lift, serta area parkir meskipun hanya cukup untuk beberapa kendaraan roda empat. Insya Allah mobil maupun motor aman di sini karena ada petugas yang berjaga dan cukup sigap melayani tamu, begitu pula resepsionis 24 jam. Ternyata hotel ini tak hanya menawarkan penginapan saja, melainkan ada Benua Café dan Live Music, lho. Benua Café buka setiap hari mulai pukul 13.00 sampai 22.00 WIB. 


Review Hotel Benua Bandung
Area Parkir

Lobby & Sitting Area

Memang kelihatan hotel ini tempo dulu dari dekorasinya, desain eskterior dan interiornya. Tapi tak mengapa, yang penting lokasinya strategis. Di lobby dan sitting area tersedia kursi dan meja tamu yang cukup tua namun tampaknya kuat dan berfungsi dengan baik. Bisa jadi bahannya dari kayu jati aau apapun itu. 

Kursi-kursi, meja dan dekorasinya tampak zaman doeloe banget. Ya, bisa dibilang agak gothic begitu, yang penting bersih, kurasa cukup oke. Terdapat pot-pot kecil tanaman hias yang cukup menyegarkan mata. Tapi aku ga pegang apakah itu tanaman asli atau artificial hehehe. 


Review Hotel Benua Bandung
Lobby


Review Hotel Benua Bandung
Sitting Area

Lift & Koridor

Lift ada 3 di hotel ini. Terdapat ukiran kayu di bagian atasnya. Ornamen kayu semua di sini dan tampak bersih walaupun sendu, sunyi dan sepi. Di depan area lift ada sebuah leari dan 2 lampu antik menghiasi hotel. Isi lemarinya seperti barang lawas yang sudah jarang eksis di tempat umum.

Lorong atau koridornya menurut kami nih agak spooky hahaha. Coba saja teman-teman lihat di foto. Kira-kira kalian berani ga, sendirian berada di sini? Untung masih ada lukisan dan beberapa pot tinggi dengan tamana hijau dan bunganya. Jadi lumayan bisa menahan rasa takut jika berada sendirian di sini.

 
Review Hotel Benua Bandung
Lift dan Koridor

Kamar Tidur

Kami pilih kamar standar  seluas 20 meter persegi dilengkapi AC, cermin, kasur ukuran Queen, telepon, televisi layar datar, shower, tisuue, area tempat duduk 2 kursi dan 1 meja. Fasilitas lainnya ada kamar mandi, toilet, shower, water heater, perlengkapan mandi, handuk, lemari pakain, tempat sampah. 

Tamu hotel juga bisa memesan makanan dan minuman dari kamar. Di sana tersedia daftar menunya juga. Kamar tipe standar ini untuk 2 tamu dan sudah termasuk sarapan. Oh ya, jendela di kamar kami ini tidak ada pemandangan apapun, hanya tembok saja. Ga masalah, yang penting ada gordyn-nya. 


Review Hotel Benua Bandung
Kamar Standar

Kamar Mandi 

Kamar mandi di hotel ini sebenarnya cukup baik, namun pencahayaannya kurang sehingga kami merasa agak gelap begitu. Kalau sendirian di kamar sepertinya aku ga berani hahaha. Toilet oke, perlengkapan mandi seadanya dengan ukuran sangat mungil terbilang bolehlah. Ada wastafel, cermin, toilet, perlengkapan mandi seperti sikat gigi, sabun, pasta gigi dan keset. 

Ada baiknya kita bawa sendiri sajalah perlengkapan mandi sesuai kebutuhan. Water heater berjalan lancar, beitu juga shower-nya. Handuk terbilang bersih walaupun ga wangi. Mungkin kalau boleh memberikan saran, semoga saja kkebersihan kamar mandi semakin ditingkatkan lagi. Begitu pula lampunya agar lebih terang supaya mandinya lebih bersih dan ga takut sendirian ahahaha. 


Review Hotel Benua Bandung
Kamar Mandi

Ruang Makan dan Sarapan

Aku dan suami cukup puas dengan aneka menu sarapan yang disediakan di Hotel Benua. Sarapan tersedia mulai pukul 07.00 sampai 10.00 WIB. Area ruang makan terbilang cukup luas. Lagi-lagi dengan interior yang lawas namun bersih. Buat kalian yang demen apapun yang serba jadul, bakalan cocok menginap di tempat ini.

Aku ambil bubur ayam dan tahu goreng terlebih dahulu. Nasi kuning, ayam pedas kemangi, sambal dan kerupuk pun dieksekusi hihihi maklum emak ogah rugi dan memang banyak makannya. Buah-buahan jangan sampai terlewatkan dong. Aku pilih semangka saja deh. Minumannya aku pilih jus jeruk. Sepertinya pilihan Aa Rahmad mirip denganku. 


Review Hotel Benua Bandung
Ruang Makan


Review Hotel Benua Bandung
Sarapan



Review Hotel Benua Bandung
Menu Sarapan

Jujur saja, aku suka dengan rasa masakan makanan dan minuman di Hotel Benua Bandung ini. Menurutku mulayan bervariasi kok, malah ada roti dengan aneka isian atau topping-nya. Petugas juga siap sedia di sana dan sigap melayani tamu. Kami duduk dekat jendela supaya bisa melihat pemandangan. Asyik lah!


Review Hotel Benua Bandung
Booking di Traveloka

Hanya dengan 230 ribuan nett aja kami sudah cukup puas menginap di Hotel Benua. Oh ya, kalau kapan-kapan ke Bandung lagi, kami masih mau kok bermalam di sini. Apalagi Fakhri si tukang makan, pasti bakalan senang sarapan di sini. Waktu check in asrama Rafa saat weekday, Fakhri ga bisa ikut mengantar ke Bandung deh. 

Teman-teman, sekian dulu cerita kami menginap di Hotel Benua Bandung. Nantikan ulasan serba Bali yang belum sempat ditulis di blog ini di judul berikutnya ya. Menjadi PR banget nih kisah road trip yang belum kelar hahaha. Thanks and see you again!



54 comments:

  1. Wah hotelnya besar juga, dalamnya luas dg interior yg terkesan homey. Pas lihat area kamar mandinya tetap dg nuansa hotel. Senang lihatnya. Diriku makan buah juga kalo ada semangka, pasti incar semangka. Gak nyangka kalau ternyata semangka merupakan simbol Palestina juga. Moga bisa menikmati keindahan hotel yg lain di Bandung ya, Mba Nurul. Perjalanan masih jauh, haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong kita suka banget semangka :D Hehe iya Nit, lumayan buat semalam dua malam bobo rehat di sini.

      Delete
  2. Hotelnya terlihat masih cakep dengan modelnya yang jadul. Kamar tidurnya juga terlihat rapi dan bersih ya mbak 😊

    ReplyDelete
  3. Memang terlihat tua, tapi aku suka Krn terang sih mba 😄. Atau efek foto aja? Kamar mandi yg palingan kliatan remang yaa. Aku pun ga berani kalo sedang sendirian mandi sana hahahahaha.

    Gedung luar hotelnya juga gede sih, dan aku tadinya pikir ini hotel bintang 3. Ternyata malah dua yaa. Lumayan gede soalnya 😄. Kalo tujuannya liburan, aku pun ga masalah cari hotel yg murah aja. Tapi memang kalo tujuannya staycation, baru deh yg mahalan 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iyaa nih mbak, aku pun sesuai tujuan. Kalau memang mau ke mana2, cari yang hotel murah aja karena palingan emang untuk numpang tidur aja yakan, haha.

      Tapi kalau mau staycationan dan emang beraktivitas di hotelnya (karena hotelnya memang menyediakan banyak aktivitas), baru deh cari yang lebih mewah dikit, ihihi.

      Delete
    2. Mayan deh pokoknya mbak Fan, nginep di Hotel Benua kalau ada urusan macam2. Lokasinya strategis dan banyak jajanan hehehe :)

      Delete
  4. Yang penting kamar mandi bersih ya mbak. Remang2 bukannya jadi tambah romantis berdua sama paksu. Wah, sekarang sudah banyak hotel dekat telkom ya. Memudahkanortu kalau mau nengok anaknya yang kuliah di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha remang2 di kamar mandi :D Iyaaa bun, kuy coba bobo di hotel ini.

      Delete
  5. Aku juga kalau menginap yang penting bersih dan bisa buat istirahat mbak. Gak harus mahal. Trus ini mayan banget ya dah harganya terjangkau dapat sarapan pula. Jadi lumayan..apalagi dekat sama Telkom tempat kakak Rafa menimba ilmu. Bisa jadi pilihan menginap tiap kali jenguk ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay, setuju mbak. Betul, ga masalah kapan2 boleh juga nginep di sini lagi.

      Delete
  6. Terlihat tua ya tapi terawat, akupun sebenarnya lebih suka hotel yang ada unsur "sejarah"nya agar seperti kembali ke masa lampau, tp seringnya hotel seperti itu kadang mulai berdebu, sedangkan aku dan anakku alergi debu. hahaha. hotel ini sih terjangkau banget, kl pengen liburan ke bandung lama-lama seru juga ya. hemat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemat banget dan cukup menyenangkan lah apalagi ntar kapan2 ajak anak2 deh.

      Delete
  7. Hemat juga ini, apalagi sudah include sarapan ya...Meski agak spooky yang penting kan berdua sama suami hihihi. Kalau dewe ya saya pikir-pikir juga. Tapi bisa nih otel Banua Bandung jadi pilihan penginapan hemat kalau ke Bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, termasuk sarapan. Iyaaaaaa ahahaha benar!

      Delete
  8. Secara gambaran di foto, hotel ini bernuansa jadul ya, Rul, ada kesan formal, dan sedikit berat. Sitting area dan ruang makannya aja berat banget desainnya. Kayaknya aku takut deh kalau nginep sendirian wkwkkw, iseng banget lihat ruang demi ruan dan desainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa, jadul tapi cukup bersih hotelnya. Hahaha yang penting jangan sendirian.

      Delete
  9. Harga 230an sudah include sarapan? Wah rekomen banget ini sih.
    Dan aku tu kalau milih hotel biasanya minimal harus yang reviewnya bilang bersih, haha. Mau hotel lawas atau bangunan tua, asal dirawat dan beneran bersih aku nggak masalah.
    Apalagi kalau lantainya dikasih full karpet dan bersih juga, makin happy. Bisa gegoleran di bawah haha

    ReplyDelete
  10. Hotelnya hotel jadul ya ini kayaknya, mbak? Memang kalau dari foto kamar mandinya agak gelap yaa untungnya nggak ada kejadian mistis ya. He

    ReplyDelete
  11. Mantap mba Nurul ... senangnya ya bisa jalan-jalan berdua ke Bandung. Aku kadang kalau ke Bandung gak nginep di rumah tapi malah nginep di cottage DT Gegerkalong, he3 ... sesekali butuh diceramihin juga sama Aa Gym.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah, bertiga sama Rafa pas check in asrama Tel-U.

      Delete
  12. Termasuk murah ya rate hotelnya. Kyknya emang jujugan para ortu yang anaknya mahasiswa sekitaran universitas di Bandung khususnya Tel-U ya. Namun, untuk fasilitas walaupun gak wah tetep termasuk lengkap apalagi udah dapat sarapan ya mbak. Terima kasih info dan review hotelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murah. Iya, kelihatan keluarga2 gitu pas sarapan. Sama2.

      Delete
  13. Eh serius harganya cuma 230rb/malam? Murah yaa..

    Ade sih suka2 aja hotel mahal, tapi gratis hahahaha.. Ga mau rugi.. Hahaha..

    Sama sih kalau bawa keluarga emang paling enak cari hotel yang ramah isi dompet yaa.. Kalau beduaan aja mah ga papa lah sesekali hotel bintang 5 gituuu.. Xixixix

    Tapi ini lumayan murah loh untuk hotel bintang 2. Biasanua udah 500rban. Nemu aja yaa..

    Boleh lah rekomendasi kalau pas hunting univ nanti sama Abang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius donk hihihi :D Iya kan bisa hemat tuh rame2 juga oke. Menu sarapannya banyak asik lah :) Sip.

      Delete
  14. Langganan ketemuan ama klien di Hotel Benua.
    Soalnya deket banget sama sekolah anak dan kantor suami di Bubat.
    Seneng banget ya, ka Nurul.. bisa jenguk anak sambil staycation. Tapi Bandung tuh huhuhu.. desperate banget kalo rush hour. Maceett..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, udah familiar banget donk ya hehehe :D Oh gituuuu strategis kan lokasinya? Hehehe thanks mak Lendy.

      Delete
  15. Wahahahaaa... aku setuju banget, dimana pun penginapannya yang penting ada uangnya untuk bayar. Lama banget nih aku gak ke Bandung, terakhir ke Bandung itu juga PP gak nginep. Hotelnya terasa jaman dulu banget ini ya, apalagi melihat furnitur yang digunakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bener khan? Kuy lah kapan2 nginep di Hotel Benua. Banyak jajanan deket hotelnya :D

      Delete
  16. Kalau dilihat, hotelnya cukup oke. Cuma emang gak terang banget ya lampu-lampunya. Jadi mikir yang iya-iya, hehehe. Nginepnya gak sendiri kan. Jadi santai deh

    ReplyDelete
  17. Saya nggak ngeh ada Hotel ini Mba, meskipun saya tinggal di Bandung. Tarif menginap per malamnya murah meriah, ya, Mba. Sayangnya pencahayaannya seperti yang kurang, tapi tempatnya juga keliatan nyaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? Kapan2 coba nginep atau makan aja di cafe-nya di sini mbak Lia.

      Delete
  18. Wah emang dari tampilan dan pencahayaannya, agak Spooky gitu ya mbak
    Klo aku bakal takut sih klo tdr sendirian di hotel ini
    Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha buat yang penakut pasti gah sendirian di kamar wakakakaka :D

      Delete
  19. Hotel Benua Bandung ini mengusung konsep klasik apa ya, Mbak? Hampir semua ornamen nuansanya jadul dg warna-warna khas yang sendu gitu.

    Afuh, itu ya lampu kamar mandinya, ya, saya juga gak akan berani. Hahaha.

    Tapi, overall it's okay, ya. Makanannya enak, hotelnya juga luas. Yang kebih parahnya lahi, harganya muraah meriaaahhh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuno sih tapi bersih. Hahahahah ga apa2 yang penting kan berdua :D

      Delete
  20. Boleh juga nih kalau nanti punya rencana menghabiskan liburan bersama keluarga menginap di hotel Benua bisa jadi referensi

    ReplyDelete
  21. Pertama liat gambar bagian depan hotelnya saya langsung tahu, ini mah hotel di jalan pelajar pejuang... Suka lewat, hehehe... Baru tau isinya kaya gitu... Harganya juga terjangkau ya...

    ReplyDelete
  22. Interior hotelnya klasik jadul gitu ya mbak, pertama aku lihat kesannya horor gitu. tapi tidak semua yang interiornya begitu hotelnya horor sih. Hotel Benua ini beneran nyaman ya mbak, apalagi nginepnya kan rame - rame

    ReplyDelete
  23. Kalau bagi saya, hotel tua tidak masalah selama hotel itu memberi pelayanan terbaiknya maka yaah ok saja. Saya berani kok nginap di hotel Benua, soal tua urusan lain yg penting lampu nyala,sikat saja.

    ReplyDelete
  24. hotelnya terhitung luas ya mak. cuma mungkin karena beberapa perabotnya kayak lawasan dan pentaannya kurang rapi jadi terlihat sedikit spooky hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi :D Luas juga dan cukup puas nginep di sini mbak.

      Delete
  25. interior dan barang-barangnya kayak kursi atau lemari,memang jadul.
    terus ada lampu gantung zaman dulu bener bener memperlihatkan kalau hotel ini udahh lama berdiri gitu.
    lorongnya juga ehhmm mayan tuh kalau jalan pas sendirian, apalagi buat yang parnoan.

    tapi depan hotel juga ramai banget ya, jadi nggak terlihat menakutkan juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha tapi seru kan ya...Cobain nginep di sini donk 👍😄

      Delete
  26. Assalamualaikum, saya asli Bandung tapi sudah domisili Surabaya, bbrp kali nginap di Benua, memang ada Aura yg tak biasa wk wk wk nih Htl, seringnya dpt kmr d Lt.6 kmr luas l, tv, AC - air mineral, kalu Lt. 3 kmr lebih sedikit kecil dari kmr d Lt.6,n dengan budget 230-270an saat weekend / musim liburan , bikin ketagihan di sini, kmr luas ++ sarapan dengan menu yang tidak pelit, enak dan terbilang hrg murah, ada juice, teh, roti bakar, puding, buah , krupuk, nasi biasa dan nasgor atau nasi gurih dll, di htl lain dengan sarapan sudah hrg 500-700an , Alhamdulillah annku yg Autis dan peka hal seram , Aman di Benua, kalau ke sana selalu nyalakan TV kencang supaya tak dengar yg luar² & tentu saja banyak² doa... Kalau hari Sabtu Minggu biasanya rame karena lt 7 ada ruangan untuk d pakai ibadah kristiani.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam. Wah, terima kasih ya sudah mampir dan membaca blogku. Thanks ceritanya juga. Abdi oge urang sunda ti Bandung. By the way aku tuh nginap di Hotel Benua tadinya ga tau dan ga mencari tau soal keseramannya hahaha, jadi biasa aja gituh. Tetapi pas udah kelar nulis ulasan di blog, share di IG, FB dll, barulah beberapa teman berkomentar soal ini hahahaha :D Ya memang ada aura gimana gitu bikin merinding. Alhamdulillaah ga ada hal-hal aneh. Senang di sana menu sarapannya cukup banyak dan puas :) BIsa jadi kapan2 menginap di sana lagi huahahahahaha :D

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.