Daftar Isi [Tampilkan]

Akhirnya ditulis juga keseruan check in asrama Rafa di Telkom University Bandung. Ini pengalaman pertama si anak gadis tinggal terpisah dengan kami di Jakarta. Meskipun memang aslinya kami urang sunda ti Bandung, banyak saudara para mamang, bibi dan lainnya bererot di sana, namun kami tak sering main ke Paris Van Java.


Check in Asrama Telkom University Bandung



Apakah TelUtizen wajib tinggal di asrama? Saat ini program asrama bukan lagi menjadi program wajib bagi mahasiswa baru seperti sebelum pandemi dulu. Tetapi jika camaba alias calon mahasiswa baru ingin tinggal di asrama, ia bisa tinggal selama satu tahun masa perkuliahan. 

Kampus seluas 50 hektar ini memiliki 8 gedung asrama putri dan 10 gedung asrama putra. Setiap gedung asrama memiliki kakak asrama yang biasa disebut Senior Residents serta Help desk di setiap lantai dasar gedung sehingga kenyamanan dan keamanan akan tetap terjaga.

Bersyukur banget teteh Rafa dapat asrama. Pasalnya, kapasitas asrama di Telkom University (Tel-U) pasca pandemi menjadi 2 orang saja per kamar, yang sebelumnya diisi 4 orang. Otomatis, sebanyak kurang lebih 50% mahasiswa baru harus mencari tempat tinggal di sekitar kampus. Bisa pilih kos-kosan atau sewa rumah bayar patungan bersama teman atau kalau apartemen kalau kantongnya lebih tebal hehehe.

Menurut informasi temanku yang anaknya sudah menjadi TelUtizen di semester lebih tinggi maupun sudah lulus, saat ini tarif kos-kosan non AC paling murah 13 sampai 15 juta per tahun. Adapun kos-kosan dengan AC kisaran harganya 25 juta. Wow! Sungguh menguras dompet orangtua hahaha. Tapi tak mengapa, namanya juga sayang anak…sayang anak! Hahaha 😂

Sekadar intermezzo hahaha. Baiklah, mari kita mulai bahas keseruan aku dan Aa Rahmad mengantar lady Rafa check in asrama, dormitory lah in English mah. Kenapa Fakhri ga ikut? Soalnya dia sekolah. Jadi, waktu itu jadwal teteh Rafa masuk asrama pas hari kerja alias weekdays, tepatnya pada hari Rabu, 30 Agustus 2023 pukul 13.00-14.00 WIB.


Keseruan Check in Asrama Telkom University Bandung
Check in Asrama Rafa

Ternyata memang ada jadwal khusus untuk camaba TelUtizen, lho. Teratur dan disiplin banget, alhamdulillaah hati jadi tenang. Dokumen yang mesti dipersiapkan secara online maupun offline pun sudah lengkap dan dibawa. Begitu pula barang bawaan Rafa si anak DKV ini diangkut semua untuk tinggal di asrama Telkom University.

Baca dulu: Peluang Karier Desain Komunikasi Visual di Era Digital

Survei Perdana 

Awalnya kami survei kampus Tel-U pada Sabtu, 29 Juli 2023, Enin dan engki Rafa turut serta. Saat itu suasana sepi. Maklum sedang liburan semester dan liburan anak sekolahan. Biar ga penasaran incu (cucu) kuliah na di mana kan hehe, jadi kami berenam masuk ke Tel-U sekaligus melihat-lihat lingkungan, fasilitas, asrama putri serta tempat jajanannya deh. 

Lokasi kampus Tel-U berada di Jalan Telekomunikasi 1, Bojongsoang, Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Asrama Telkom University memiliki letak yang sangat strategis karena dekat dengan gedung kuliah umum (Gedung Tokong Nanas 10 lantai). Di pagi hari, kicauan burung bernyanyi terdengar merdu dan bersahut-sahutan. Begitu terasa kesejukan dan kenyamanan berada di lingkungan kampus.

Tonton video reels Instagram tentang Survei Perdana Telkom University Bandung


Keseruan Check in Asrama Telkom University Bandung
Survei Perdana Telkom University Bandung

Suasana Kampus yang Hangat dan Ada Bazaar

Rabu, 30 Agustus 2023 kami berangkat dari rumah di bilangan Jagakarsa sekitar pukul 08.00 WIB via tol. Kurang lebih 3 jam perjalanan, tibalah kami di area kampus Tel-U, persis di asrama putri. Bojongsoang itu ternyata ramai, hitungannya macet juga sih. Asyiknya banyak tempat jajan murah meriah.

Ternyata banyak juga calon mahasiswa baru yang berasal dari luar daerah. Terlihat dari plat nomor kendaraan yang melintasi jalan raya area Tel-U. Menemani Rafa check in asrama Tel-U terasa seperti piknik. Sayangnya, Fakhri tidak ikut karena sekolah kan.

Di pojok halaman parkir kendaraan terlihat keramaian, keriuhan kakak senior dan sekelompok orang yang sibuk mengurus maupun mengatur kegiatan check in saat itu. Tampak tenda-tenda bazaar dilengkapi banyak meja dan kursi yang didominasi warna merah cerah seperti warna Telkom University.


Keseruan Check in Asrama Telkom University Bandung
Tel-U Dormitory

Area kampus luas sekali. Fasilitasnya juga komplit, sehingga orangtua tak perlu khawatir meninggalkan anak tercinta di asrama selama 1 tahun awal masa perkuliahan untuk menuntut ilmu. Selamat menonton video yang sederhana ini ya. Sayang jika tidak diabadikan.

Yuk, tonton video reels Perjalanan Menuju Tel-U dan Suasana Kampus yang Hangat

Persyaratan Check-in Asrama

Beberapa persyaratan check-in asrama yaitu mengisi form check-in yang telah ditentukan mulai 23-27 Agustus 2023, membawa bukti telah memperoleh nomor kamar, serta telah mengisi dan menandatangani form perjanjian tinggal di asrama di atas materai Rp 10.000,00

Jadwal

Jadwal check in asrama mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024 adalah selama 4 hari, yakni mulai Senin, 28 Agustus hingga hingga Kamis, 31 Agustus 2023. Dalam sehari terbagi atas 4 sesi di mana sesi 1 pukul 09.00-10.00 WIB, sesi 2 pukul 10.00-11.00 WIB, sesi 3 pukul 11.00-12.00 WIB dan sesi 4 pukul 13.00-14.00 WIB. Tidak diperkenankan check in di luar jadwal yang telah ditentukan.

Tahapan

Camaba harus hadir sesuai jadwal. Setelah itu menuju ke gedung asrama membawa persyaratan untuk check-in. Oh ya, kendaraan pribadi dan umum parkir di tempat yang telah disediakan. Tenang saja, area parkirnya sangat luas kok. Petugas di sana juga sangat helpful.

Jika proses administrasi check in selesai (Dokumen sudah oke dan diserahkan ke si teteh bagian help desk), camaba diperkenankan masuk ke kamar asrama, dibantu porter yang sudah merupakan fasilitas dari kampus. Jadi tak perlu khawatir urusan mengankat barang-barang serahkan saja kepada mereka. Ga ada kewajiban untuk membayar ya, namun jika ingin memberikan tip sekadar untuk berterima kasih, boleh-boleh saja.  

Ini Gedung Kuliah Umum (GKU) Tel-U. Kami makan siang dulu setelah salat zuhur di lantai 3. Cek & ricek dokumen sambil menunggu pesanan untuk isi perut tiba. Ternyata Rafa mandiri, ga mau ditemani (berada dekat dengannya). Keren anak mamah papah! 

Keseruan Check in Asrama Tel-U

Fasilitas

Asrama Tel-U terletak di kawasan kampus dengan luas kurang lebih 50 hektar. Ternyata fasilitas kamar asrama melebihi kespektasi, lho. Ketika survei kami sempat melihat-lihat sebentar dan terlihat ada dua fasilitas di dalam kamar yang sudah diberi tanda untuk diperbaiki. Alhamdulillaah, ternyata saat check in, semua sudah ready dipergunakan.

Fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa adalah tempat tidur, kasur, lemari pakaian, meja belajar, kursi dan kamar mandi di dalam kamar. Kasur, bantal, guling termasuk sprei dan sarungnya, cermin, tempat sampah, keset, rak handuk, ember, gayung, dispenser galon atas, dll. Untuk biaya asrama Rafa selama 1 tahun perkuliahan ini adalah 7 juta rupiah. 

Terdapat kawasan hijau seperti hutan Tel-U, Situ Tekno, serta lapangan olahraga di sekitar asrama seperti jogging track, gym, kolam renang, lapangan futsal, basket, voli, dan badminton. Program kegiatan mahasiswa yang tinggal di asrama dikelola oleh Direktorat Kemahasiswaan dan Telkom University Dormitory.


Keseruan Check in Asrama Telkom University Bandung
Check in Asrama Telkom University 


Check in Asrama Telkom University Bandung
Fasilitas Asrama Putri


Oh ya, urusan mencuci pakaian, mahasiswa bisa mencuci sendiri dan menjemurnya di lantai paling atas yaitu lantai 4 yang telah disediakan oleh pihak pengelola asrama. Fasilitas ini dibuat untuk menghindari penjemuran pakaian di jendela karena risiko jatuh maupun hilang karena tertiup angin, serta agar asrama tak terlihat kumuh. 

Dari awal check-in sampai sekarang, Rafa menggunakan jasa laundry yang terletak di belakang gedung A asrama putri. Enaknya dan praktis sekali, pakaian kotor akan diambil di asrama, dan pakaian yang sudah bersih akan diantarkan kembali oleh si laundry. Tarifnya pun cukup bersahabat. Wah, pantas saja Rafa bahagia sekali hahaha 😁

Ngopi di Tel-U Coffee

Ternyata benar yang dibilang temanku, Mba Archa yang anaknya kini sudah masuk semester 3 program studi DKV. Paling enak posisi asrama putri tuh lokasinya strategis ke mana-mana. Di lantai 1 Gedung Kuliah Umum ada sebuah coffee shop namanya Tel-U Coffee. Jam operasional mulai pukul 08.00 sampai 22.00 WIB.

Siapapun boleh minum kopi dan ngemil di tempat yang memiliki taglineA Cup for Endowment for Telkom University” ini. Pastinya bayar ya hihihi. Biasanya para TelUtizen mengerjakan tugas di coffee shop yang nyaman, ada Wifi dan colokan listriknya ini. Interiornya cukup bagus, kelihatan bersih sekali dan tersedia pula toilet bersih.

Pagi-pagi ngopi? Sekitar jam 8 pagi di hari Kamis, 31 Agustus 2023 aku dan suami sudah duduk manis di sini. Papahnya Rafa ada meeting. WFA (Work From Anywhere) kali ini di depan Tel-U Coffee. Oh ya, kami berdua bermalam di Hotel Benua. Ulasannya akan aku tulis di judul berikutnya ya, teman-teman.

Aku tanya sama si teteh karyawan Tel-U Coffee, "Apa yang favorit?""Kopi gula aren", jawabnya ramah sambil tersenyum. "Saya mau deh coba yang hangat ya". Menyeruput kopi gula aren di luar kedai saja. Soalnya di kafenya dingin banget. Duduk santai di kursi besi bercat putih menikmati suasana pagi hari dan mendengarkan kicauan burung bernyanyi, sungguh menenangkan hati.


Check in Asrama Telkom University Bandung
Tel-U Coffee

Rafa masih sibuk berbenah kamar, memindahkan isi koper untuk ditata rapi, sehingga koper-koper bisa dibawa pulang ke Jakarta. Setelah beres, my little lady bergabung kembali deh dan ngobrol-ngobrol cantik bertiga. Ada yang pernah minum kopi di Tel-U Coffee juga? Apa kopi kesukaanmu? Kapan-kapan kita ngopi bareng yuk!

Baca: Oleh-Oleh Khas Bandung yang Legendaris

Wisata Tersembungi Bandung

Naik Tuc-Tuc  

Tuc-Tuc (dibaca:  tuk-tuk) merupakan alat transportasi dalam kampus yang dapat digunakan TelUtizen untuk memudahkan mereka mobilisasi atau kegiatan dalam lingkungan kampus Telkom University. Namanya memang mirip moda transportasi di Thailand ya, Tuk-tuk.

Setelah makan siang dan salat zuhur, aku, Rafa dan Aa Rahmad mencoba naik Tuc-Tuc mengelilingi 1 putaran saja. Sayangnya, kami kebagian duduk di kursi paling belakang. Jadi ga bisa menikmati pemandangan area kampus dengan leluasa deh. Mungkin di lain kesempatan saat mengunjungi Rafa di asrama, bisa dapat kursi paling depan hehehe.

Ternyata seru banget naik Tuc -Tuc! Kami melewati beberapa kantin, bank, klinik kesehatan, gedung acara kampus dan sebagainya. Pengen coba lagi sih, tapi mesti bergantian dengan orang lain. Apalagi saat itu sedang ramai-ramainya camaba check in. Mahasiswa baru dan orangtua serta anggota keluarga naik kendaraan ini juga.


Check in Asrama Telkom University Bandung
Naik Tuc-Tuc, Makan di Kantin dll

Alhamdulillaah Rafa dapat asrama. Fasilitasnya juga komplit, sehingga orangtua tak perlu khawatir meninggalkan anak tercinta di asrama selama 1 tahun awal masa perkuliahan untuk menuntut ilmu. Bangga, bahagia, sedih dan terharu menjadi satu. Hati-hati ya, Nak. Jaga diri baik-baik. Ya Allah, lindungi anak kami.

Sebenarnya aku masih ingin menulis lebih banyak soal keseruan check in asrama Rafa di Tel-U. Apa daya situasi dan kondisi kurang memungkinkan hahaha nanti ga kelar-kelar saking panjangnya. Kalau sudah mencoba varian kopi di Tel-U Coffee, kapan-kapan akan aku ceritakan di blog ini ya. Teman-teman, terima kasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini. Sampai jumpa! 😃


64 comments:

  1. Asyik ya tempatnya mba Nurul. Ini kalau nanti zaman anak akoh berapa rupiah ya hiaaa. Moga Allah mampukan aamiin. Smangat ya teteh kuliahnya. Smoga sukses lancar cita cintanyaa. Allah sebaik2 pelindung. Btw aku jadi pengin coba naik tuctuc deh mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya asyik :) Makasih doanya, tante :) Tuc-Tuc nya ga banyak dan ga sering lewat sih, semoga aja semakin bertambah armada dan jadwal intensitasnya aamiin :)

      Delete
  2. Kece banget ternyata Telkom University ini. Jadi pengen kepoin ada jurusan apa aja. Kali aja ada yang cocok buat jagoanku

    ReplyDelete
  3. Wah seneng banget baca tulisannya Mba Nurul. Ceritanya mengalir dan turut membuat saya merasakan kehangatan suasana Telkom University.

    Membaca ini membuat saya berharap semoga kualitas pendidikan dan pengalaman belajar di Indonesia menjadi lebih baik lagi.

    Terima kasih sudah berbagi, Mba Nurul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Mas Ivan. Sama2 ya makasih juga udah mampir dan baca artikel aku :) Aamiin, semoga saja, mari kita doakan bersama :)

      Delete
  4. selamat ya mba, anaknya berhasil masuk universitas yang cukup terkenal bagus di Bandung, keren banget

    ReplyDelete
  5. Oh kirain saya semua mahasiswa baru memang wajib di asrama. Ternyata ada yang gak kebagian juga, ya. Alhamdulillah Rafa dapat. Itu harga kos-kosannya bisa narik napas panjang hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu sih iyaaaa sampai sebelum pandemi. Kalau sekarang ga wajib :)

      Delete
  6. Ini lihat dalam kamarnya teh Rafa jadi mengingatkan pada drama China yang suka aku tonton. Kalau berkisah tentang anak kampus pasti selalu ada di asrama yang dalamnya ada tempat tidur bertingkat gini mbak. Lihat asramanya juga bagus ini ya mbak, bersih dan nyaman untuk anak-anak mahasiswa. Semoga selalu dilancarkan belajarnya untuk teh Rafa ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? Hahahaha :D Bertingakt gini karena dulu sekamar 4 orang hihihi... Iya alhamdulillaah melebihi ekspektasi nih fasilitas asramanya oke banget. Aamiin makasih tante Chie.

      Delete
  7. Wah, Telkom University ini inceran tempat kuliah anak saya yang bungsu. Dia maunya selulus SMK mau kuliah di sana. Ayah Ibunya maunya nyobain ke PTN dulu, tapi anaknya lebih tertarik ke TU. Gak ada alternatif pilihan lain, meni keukueh mau di sana wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe cek aja prodi yang diminati di Tel-U siapa tau memang jodoh kuliahnya di sini :)

      Delete
  8. Masya Allah rejeki banget si teteh Rafa. Daripada ngontrak luar kampus bisa semehong itu, haduh mending buat biaya lainnya y amba. Alhamdulillah fasilitasnya juga komplit jadi ortu juga ngga akan ovt lagi. Bisa keliling kampus naik tuc-tuc hehehe. Lokasinya strategis bisa ngerjain tugas sambil ngopi di Tel-U coffee. Semangat ya teh Rafaa!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe alhamdulillaah bisa hemat 1 tahun pertama di asrama :) Makasih tante Lintang.

      Delete
  9. Selamat menuntut ilmu ya, Rafa. Btw, kalau tinggal di asrama kaya gini, orang tua jadi lebih tenang ya. Semua terkontrol. Jadi yang jauh pun gak was-was apalagi anak gadis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Thanks tante Jiah. Iya benar sekali alhamdulillaah.

      Delete
  10. Bagus sekali asramanya yah. Rafa beruntung bisa tinggal asrama apalagi sebagai maba kudu belajar adaptasi dulu sama suasana kampus. Rafa senang ibu bapak bahagia.

    ReplyDelete
  11. Seru ya di asrama. Semoga berkah dan lancar selalu belajarnya ya Rafa. Asik banget kayanya kalau tinggal di asrama bareng temen kuliah yang lainnya. Ada Tuc tuc jadi gak terlalu capek dan bingung kalau mau kuliah deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tante Isti aamiin :) Rame2 ke mana2 makin seru dan jadi berani tinggal jauh dari orang tua :)

      Delete
  12. Aku tu suka lho kampus ada asrama gini, sayangnya gak bisa sampai lulus ya hahaha ngarep. Enak ya asramanya letaknya dekat mana2, jadi kalau untuk beraktivitas atau hangout nyari hiburan gak bakal jauh2. Telkom University salah satu kampus top, semoga Kak Rafa makin menemukan passion-nya di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya, biar adil gantian sama junior kan wkwkwkw :D Aamiin makasih doanya ya tante April.

      Delete
  13. Baru tahu ternyata dalam Telkom University tuh cukup luas juga ya. Ada fasilitas asramanya pula. Semoga kuliah Teteh Rafanya lancar ya, Mba, sampai nanti lulus kuliah. Mudah-mudahan nanti ilmunya beanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luas banget ya ga nyangka hehehe. Aamiin makasih tante Lia.

      Delete
  14. Seruuuu serruuuuu
    ada dua ponakan aku yg kuliah di Tel-U jugaaa

    betaahhh bgt katanyaaaa
    kuliah asik, dosen asik, fasikitas ok baangeeeeet

    semoga sakseisss yah

    ReplyDelete
  15. Bisa keliling kampus gak capek, ya. Pengen juga nih, suatu saat nanti anakku kuliah di Tel-U (ya Allah, anakku masih 3,5 thn 🤣🤣). Kampusnya bagus, fasilitas asramanya komplit dan Insya Allah aman dan nyaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe masih lama perjalanan tapi ga apa2 ancang2 dari sekarang :D Iya.

      Delete
  16. Tetanggaku nih banyak yg kuliah di sana juga Teh, tapi aku gak pernah nanya di sana dia ngekos atau asrama. Malah aku baru dari Teteh kalo ada asrama nya juga. Waah jadi kangen ke Dayeuh Kolot euy

    ReplyDelete
  17. Tempatnya bersih, fasilitas juga lengkap ya. Check in pun ada jadwalnya, terus biaya asramanya juga lebih terjangkau.

    ReplyDelete
  18. Daerah Dayeuhkolot, Bojongsoang sekarang memang lebih ramai. Makin padat saja. Apalagi jalan lintas selatan sekarang sudah lebih bagus.
    Btw daerah Dayeuhkolot Bojongsoang juga kalau musim hujan sering kena banjir
    Semoga betah di asramanya ya Teh Rafa
    Ilmunya bermanfaat dan karirnya cemerlang. Aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya rame buanget tapi enak ya sagala aya hihihi :) Makasih tante Okti :D

      Delete
  19. Aiiiiishhhhhh cantiiiiiik bagian dalam university Telkom ini ya Mbaaa ❤️❤️❤️. Fasilitas juga komplit 👍👍. Ada asrama pula. Berarti kalo dah selesai THN pertama, harus pindah ya mba?

    Jadi inget zaman aku kuliah, kampus di Malaysia juga mostly pasti ada asrama kecuali swasta. Tapi waktu itu adikku yg ketrima di negeri bisa dapat 4 THN jatah asrama, Krn yg minat ga terlalu banyak 😄. Jadi LBH nyaman dan ngerasa aman malah.

    Paling suka memang kalo dlm komplek kampus, semuanya udh disediain, dari transport, laundry kafe dll .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pindah ngekost :) Kalau fasilitasnya komplit, betah tinggal di asrama. Anak2nya juga kompak dan saling berbagi dan menjaga insya allah aman :)

      Delete
  20. Barakallahu fiik, kaka Rafa..
    Semoga lancar perkualiahannya dan dapat ilmu serta teman yang saling memberikan kebaikan.

    Aiih, asramanya cantik banget.
    Panggilannya juga gemay amaayy.. TelUtizen.

    Kehidupan maba yang penuh bunga.
    Ikutan deg-degan tapi sekaligus excited.

    Btw, kalau sudah masa kontrak 1 tahun-nya habis, kaka Rafa kudu pindah ke kosan kah, kak Nurul?
    Jadi asrama ini hanya diperuntukkan untuk singgah mahasiswa yang belum dapat kosan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiiih doanya tante Lendy. Iyaaaa seru banget ya kehidupan maba :) Betul, nanti kudu ngekost hehehe. Asrama untuk maba yang mau aja, ga wajib kalau sekarang mah. Coba baca pelan2 lagi artikelnya di atas hihi thanks mak.

      Delete
  21. kampus yang dulu waktu kuliah saya sangat ingin daftar tapi enggak kesampean hehe

    ReplyDelete
  22. Wuihh ternyata keren banget yaa asramanya. Aku tuh kalao ingat asrama membayangkan kayak Hogwarts loh hahaha.
    Fasilitasnya lengkap dan nyaman lah ya untuk ukiran harga segitu. Alhamdulillah kalau asrama nya nyaman, tenang ya mbak melepas anak 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah maba dan orang tua merasan tenang jadinya deh.

      Delete
  23. Enak tinggal di asrama ya mbak
    Jaraknya lebih dekat kampus, harga sewanya juga terjangkau
    Dan pasti lebih aman ya

    ReplyDelete
  24. Lengkap fasilitasnya ya mba dan yg terpengting aman ..kalau gini kan jadi nyaman anak belajar ..ngampus tinggal jalan.. mau makan ada kantin.

    ReplyDelete
  25. Bagus banget ya asramanya jadi betah yaa tinggal di sana. Semangat belajar ya Teteh Rafa semoga lancar kuliahnya, dapat teman baru yang menyenangkan dan dapat pengalaman berharga di perkuliahan aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tante Dewi pasti semangat terus Rafa kuliahnya aamiin.

      Delete
  26. Kaka rafa udah mandiri banget ini ya mbak, seneng banget liatnya
    Dan bangunan asramanya juga bagus, nggak nyangka kamarnya juga bersih
    aku pikir kalau liat asrama mahasiswa kampus, mungkin ada yang kurang terawat, jadi ada yang kalau diliat dari luar, bangunannya kayak menyeramkan. Tapi di Telkom University ini malah bagus
    ada cafenya juga, mayan kalau pengen nongkrong gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah iya tante, belajar mandiri udah bisa Rafa :) Sagala aya pokokna di Tel-U :D

      Delete
  27. Alhamdulillah ya jadi tenang meninggalkan anak merantau. Berarti 7 juta per tahun setengah bahkan seperempat harga kos2an di luar ya. Yg mau qtanyakan untuk perpanjangan apakah bisa? Atau tiap mahasiswa maks 1 tahun aja di asrama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah. Bisa aja sih kalau terpilih jadi senior residents tinggal 1 tahun lagi di asrama. Ada syarat dan ketentuan tentunya :D

      Delete
  28. Itu area kampus luas sekali ya. Fasilitas asramanya juga oke. Semoga Rafa berhasil meraih cita-cita.

    ReplyDelete
  29. Cakep banget asrama telkom iniii, gedungnya bagus dan bersih ya maaaak.. aku pernah ke asrama univ lain, ga sebagus iniiii. Semoga lancar lancar kuliag
    hnya untuk si kakak ya maaaak.. aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah iya baguuus mbak. Senangnyaaa :D

      Delete
  30. Wahh congrats mbak, teteh Rafa masuk di salah satu kampus terbaik. Asramanya kece juga ya mbak, tempatnya bersih, fasilitasnya lengkap juga. Btw ini asrama cuma buat tahun pertama doang mba? nanti thn kedua ngekos atau gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak, alhamdulillaah :D Iya 1 tahun pertama, nanti kos :D

      Delete
  31. Tahniah kerana anak sudah masuk asrama ...moga sukses dalam pelajaran

    ReplyDelete
  32. Assalamualaikum wr wb..salam kenal mba..saya Eka dari Banjarbaru kalimantan Selatan..kebetulan jg nitip maba tell u di asrama putra senang baca tulisan mba..semoga anak2 kita semua sukses study aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam Mas Eka. Terima kasih kembali. Aamiin yra 🙏

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.