Daftar Isi [Tampilkan]

Hai, teman-teman! Punya angan-angan membangun bisnis? Yuk, wujudkan keinginan kalian dengan mengawalinya dengan membuat business plan. Ternyata butuh 6 sampai dengan 12 bulan untuk menyelesaikan pembuatan business plan ini, lho. Apa saja sih? 

Cukup lama membuatnya sehingga teman-teman tidak boleh menganggap remeh prosesnya. Mengapa business plan ini begitu penting? Apa sebenarnya tujuan business plan harus dibuat? Bagi kalian para pemula, sebaiknya kenali dulu apa tujuannya ini. 

6 Tujuan Business Plan yang Wajib Diketahui Pemula


6 Tujuan Business Plan yang Sangat Penting 

Business plan adalah rencana bisnis yang dibuat tertulis dalam bentuk dokumen. Isinya berupa informasi bisnis, rencana sampai dengan tujuan membuatnya. Berdasarkan business plan teman-teman juga mengetahui berapa jangka waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan dalam berbisnis. 

Mengingat banyak yang harus dibuat, maka tidak heran jika perlu waktu lama untuk membuatnya. Bahkan sudah banyak pebisnis profesional yang usahanya bisa maju dengan adanya rencana bisnis ini. Selain untuk meningkatkan usaha, ada beberapa tujuan business plan yang lainnya yaitu:

1. Menjaga Fokus Bisnis 

Seiring berjalannya bisnis, tidak jarang pemilik ingin memperluas usahanya. Sayangnya perluasan ini bisa mengganggu fokus bisnis, padahal tujuan utama belum tercapai Adanya business plan dapat membuat fokus tetap terjaga sehingga tujuan pun bisa diperoleh sesuai jangka waktu yang telah ditentukan. 

2. Memetakan Bisnis 

Selain fokus terjaga, business plan juga menjadi alat agar kalian bisa tahu seperti apa perjalanan bisnis ke depannya. Rencana jangka panjang dan pendek pun akan dengan jelas dipetakan sehingga kalian bisa dengan mudah mengikutinya. Begitu juga soal target pasar, segmentasi, jenis produk dan masih banyak lagi. 

3. Memudahkan Pengawasan Bisnis 

Sulit untuk mengawasi bisnis yang baru saja dirintis dengan jumlah karyawan cukup banyak maupun sedikit. Ada banyak aspek yang harus diawasi, mulai dari operasional sampai dengan strategi menghadapi kompetitor. Pengawasan bisa lebih mudah dilakukan dengan mengacu pada business plan.

4. Membantu Mengatur Keuangan 

Sistem keuangan sangat penting bagi bisnis baru sehingga harus dikelola dengan baik. Keuangan yang terencana menjadi salah satu tujuan business plan yang begitu penting. Nantinya kerugian bisa dihindari karena kalian sudah berhasil membuat pembukuan yang tepat sesuai rencana awal. 

5. Alat Mendapatkan Investor

Business plan layaknya proposal yang berisi tentang semua rencana usaha yang akan kalian bangun. Oleh karena itu kalian bisa memanfaatkannya juga sebagai proposal untuk mendapatkan investor. Teman-teman bisa mempresentasikan rencana bisnis yang sudah matang dan jelas sehingga investor tertarik untuk mengucurkan dana. 

6. Memudahkan Evaluasi 

Terakhir, business plan bertujuan sebagai alat untuk evaluasi ketika bisnis teman-teman sudah berjalan. Apakah bisnis yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu sudah mencapai tujuan dalam business plan atau belum tentunya bisa kalian perhatikan. Jika belum maka saatnya menyusun strategi untuk mencapai tujuan awal. 

Jelas sudah apa tujuan business plan yang sebaiknya tidak dianggap remeh pembuatannya. Dalam pembuatannya kalian bisa menyimak panduan business plan pemula yang kini banyak tersedia sehingga tidak sulit untuk dilakukan.

Mulailah dari pembuatan visi misi yang tidak perlu terlalu panjang namun bermakna dan bisa diikuti. Begitu juga dengan struktur organisasi, deskripsi bisnis, segmentasi pasar, detail produk dan produksinya sampai dengan keuangan. 

Pastikan kalian mengikuti cara membuat business plan yang benar dan tepat sehingga dapat digunakan sampai tujuan bisnis tercapai. Ambil waktu khusus dan buatlah perlahan. Buat rencana yang mudah untuk dibaca dan jangan lupa terus gunakan selama teman-teman menjalankan bisnis nantinya. 


 

54 comments:

  1. Makasih sharingnya. Dengan memetakan akan lebih mudah menjalankan bisnis ya. Aku kok gak bakat ya bikin bisnis. Sudah beberapa kali nyoba tapi belum berhasil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 bun :) Benar sekali. Semangat yuk, dicoba lagi bisnisnya.

      Delete
  2. Harus buat business plan kalo memang mau serius di bisnis yg dijalanin sih. Ga bisa mikirnya, "jalanin aja biar ngalir sendiri, baru ntr tau mau dibawa kemana" 🤣🤣

    Ada loh yg punya pikiran gitu soalnya 😄

    Padahal dr awal mau dibuat, owner bisnis harus tahu visi misi nya apa, modalnya, siapa aja yg terlibat, apa targetnya dll. Gimana caranya mau dpt investor kalo business plannya aja bingung kan 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang butuh strategi yang pasti untuk berbisnis ya ga bisa sembarangan walaupun modalnya kuat :)

      Delete
  3. Sepertinya saya butuh bisnis plan untuk menjalankan bisnis kecil2an saya. Enak baca2 tulisan mba Nurul tentang membuat perencanaan bisnis di sini, terima kasih yaa

    ReplyDelete
  4. Dengan pemetaan yang jelas di awal, emang jadi makin terarah jalan pengembangan bisnis ke depan ya mbak. Kalau misal tergoda untuk melenceng, bisa diarahkan lagi ke tujuan awal

    ReplyDelete
  5. Aku percaya, busines plan itu diibaratkan seperti roadmap yang mengarahkan bisnis mau dibawa kemana, jadi merupakan aspek dan faktor yang sangat penting.

    Bisa dimulai dari struktur organisasi, visi misi, deskripsi bisnis dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  6. Punya business plan tuh penting banget, ini jadi ingat aku kemarin pas ngambil bootcamp digital marketing. Aku bikin business plan untuk tugas akhirku, malah kepikiran pengin punya bisnis yang aku jadikan tugas itu. Karena kemarin aku juga reset, tapi belum sampai ke tahap investor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap deh mak Chie sudah ada business plan untuk tugas akhirnya. Lama2 jadi bisnis betulan aamiin.

      Delete
  7. Sepakat sekali mba kalau dengan adanya business plan ii membantu mengatur keuangan. Tapi satu sisi juga membantu memetakan bisnis . Makasih ulasannya mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali. Iya, harus ada business plan jangan lupa ya.

      Delete
  8. Bisnis plan membantu pengusaha untuk menjelaskan rencana bisnis mereka dengan jelas dan rinci. Dokumen ini menjelaskan produk atau jasa yang ditawarkan, target pasar, strategi pemasaran, struktur organisasi, anggaran, proyeksi keuntungan, dan risiko bisnis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. All in 1 masuk deh menjadi kerangka bisnis supaya goal tercapai optimal ya.

      Delete
  9. Makasih ya mba, plan memang guna banget apalagi untuk sebuah bisnis. Perencanaan dibuat supaya bisnisnya jg tahan lama syukur2, long lasting. Btw awal2 bikin visi misi dulu ya mba. Moga ku bisa punya bisnis someday 😁

    ReplyDelete
  10. Membuat business plan ketika menjalani sebuah usaha memang sangat penting ya kak, agar usaha kita jelas arahnya, diketahui perkembangannya. Keuangan perusahaan bisa dikelola dengan baik tentunya. thanks ka for sharing.

    ReplyDelete
  11. Kalau bisnis sudah terkonsep dan dipetakan. Maka akan mudah untuk melakukan dan merealisasikannya. Bahkan untuk evaluasi dan menggaet investor pun akan dilalui dg mudah.

    ReplyDelete
  12. Betul ya apapun jangan setengah-setengah. Termasuk dalam menjalankan bisnis plan ini. Ya supaya hasilnya juga maksimal sehingga kesuksesan bisa digapai dengan mudah

    ReplyDelete
  13. Untuk membangun sebuah bisnis memang perlu sekali punya business plan. Memudahkan untuk mengawasi jalannya bisnis sekaligus membantu untuk mengatur keuangan yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agar hasil yang diperoleh sesuai rencana dan optimal.

      Delete
  14. Tanpa business plan para pemgusaha kaya ga punya arah ya mbak. Kalo semuanya terpetakan dalam business plan kita tinggal menjalankan step by stepnya

    ReplyDelete
  15. Business plan bisa membantu bisnis ada arahan yang tepat, sehingga juga membantu karyawan berkembang dan berkarir. Karena sebenernya ya.. bisnis yang sehat adalah bisnis yang punya fungsi organisasi berdasarkan kaidah-kaidah manajemen yang baik.

    ReplyDelete
  16. Kalau punya bisnis memang sangat penting ya punya business plan supaya tahu arah yang jelas juga bisnisnya mau dibawa ke mana.
    Kalau misalnya ada yang mau berinvestasi juga lebih mudah menjelaskannya dan meyakinkannya pakai business plan ini supaya mau menggelontorkan modal besar hehe.

    ReplyDelete
  17. Business plan Ini berlaku Jugakah Mbak buat usaha kecil kayak jualan gitu? Tapi memang sih sebelum memulai usaha kita pastinya punya rencana ya usahanya mau dibikin kayak apa biar lebih terarah nantinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa donk bisnis kecil2an juga butuh perencanaan :)

      Delete
  18. Business plan ini penting ya mbak
    Sebagai panduan kita dalam menjalankan bisnis. Buat pemula membuat bussiness plan juga perlu ya, dan ternyata juga nggak susah buatnya

    ReplyDelete
  19. Ini sering di-skip banget sama para pebisnis pemula. Taunya bikin bisnis ya go with the flow aja. Padahal business plan ini malah yang menjaga fokus supaya ngerti next move-nya apa lagi nih setelah ini.

    ReplyDelete
  20. Jadi bisnis itu gak bisa asal-asalan aja, bukan cuma butuh modal doang, ya Mbak. Harus punya bisnis plan yang matang ya .. terimakasih sharing nya Mbak Nurul. Sukses selalu bisnisnya..

    ReplyDelete
  21. penting banget nih emang punya business plan supaya on track. kebanyakan orang kan biasanya jalan kalo lagi semangat aja. eh, tahu-tahu di tengah jalan karena nggak tahu tujuan jadi nyerah di tengah jalan hehe.

    ReplyDelete
  22. Sepenting itu business plan, biar lebih fokus menjaga bisnis karena visi misi jelas. Kalau ada yang kurang sesuai pun, lebih mudah untuk evaluasinya ya, Mbak

    ReplyDelete
  23. selama ini kebantu banget business plan, meski dikeep buat diri sendiri tapi bisa ngingetin usahanya mau diarahin ke mana biar ga belok-belok dan biar ujung-ujungnya tetep balik ke tujuan bisnisnya itu sendiri

    ReplyDelete
  24. Bisnis strategi kadang lupa dipertimbangkan. Padahal penting banget ya mbak.

    ReplyDelete
  25. Iya, business plan diperlukan oleh kita, sekecil apapun bisnis kita tetap perlu perencanaan yang akan menunjukkan strategi apa yang akan kita jalani ke depannya ya...

    ReplyDelete
  26. Waktu belajar bisnis, coachku pernah berujar "Big action also need a big plan,". Sebuah aksi besar butuh juga rencana yang besar. Dan, Bussiness Plan memang punya manfaat sebesar itu ya, Mbak. Gak heran, dengan bussiness plan yang baik, sebuah bisnis dapat berkembang dengan pesat dan cepat.

    ReplyDelete
  27. Sering memulai usaha tapi memang tak pernah merancang business plan meskipun rancangan sudah tercatat dalam pikiran dan coretan kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang harus menggunakan business plan ya supaya lancar usahanya.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.