Daftar Isi [Tampilkan]

“Rumahku Istanaku” merupakan hal yang paling diidamkan dalam mahligai rumah tangga. Bahkan seseorang yang baru memulai karier pun bertekad memiliki properti sebagai investasi. Pandemi Covid-19 masih menghantui, belum sepenuhnya pergi. Lantas, bagaimana dengan impian memiliki hunian idaman keluarga berkumpul dan hidup bahagia di masa kini dan saat tua nanti?

Tips Investasi Properti Agar Menguntungkan Mortgage Calculator UK


Alhamdulillaah, rumah yang hingga sekarang aku tempati bersama suami dan kedua anak remaja penuh berkah dan kebahagiaan. Pernah sih, rumah kami ini diiklankan untuk dijual, tetapi masih maju mundur cantik. Oh ya, aku dan suami ada rencana untuk membeli tanah atau rumah kedua untuk dijual kembali atau bisa dikontrakkan sebagai investasi. 

Apalagi kebutuhan rumah tangga terutama pendidikan anak-anak melonjak tinggi. Tentu saja kami mesti berusaha memperoleh penghasilan di luar pendapatan bulanan suami. Syukur-syukur nantinya bisa diturunkan pada anak-anak jika kami sudah meninggalkan dunia ini.

Suamiku seorang arsitek. Memang dunia pekerjaannya kini bukannya di bidang tersebut melainkan sektor kelistrikan. Ya, begitulah kehidupan adakalanya profesi tidak sesuai dengan mata kuliah yang dilakoni. Betul demikian, bukan?

Bisa jadi sebagian dari kita menganggap bahwa real estate dan properti merupakan dua hal yang sama. Padahal, keduanya mempunyai makna berbeda. Properti bisa diartikan sebagai kepemilikan atas tanah atau bangunan yang melekat di atasnya. Sementara real estate lebih mengacu kepada fisik seperti tanah dan bangunan. Jadi dapat disimpulkan jika jenis perumahan bisa disebut sebagai properti, tetapi tidak bisa memandang properti sebagai real estate

Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Properti di Indonesia

Properti di Indonesia sempat mengalami keterpurukan saat awal pandemi di tahun 2020 silam. Masyarakat menahan konsumsi kebutuhan maupun aset-aset yang bersifat jangka panjang. Pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan sikap masyarakat terhadap pembatasan kegiatan ekonomi, sosial dan mobilitas. 

Otomatis, hal ini berdampak pada kepemilikan di sektor properti dan real estate. Faktor ketidakpastian memengaruhi masyarakat untuk mempertahankan apa yang sudah dimiliki. Tingkat perekonomiam nasional menurun, anggaran rumah tangga masyarakat pun menjadi tidak stabil. Hal ini terjadi akibat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada banyak orang.

Sebagian besar harga properti seperti rumah, apartemen hingga kendaraan bermotor mengalami penurunan cukup tajam. Namun hal ini ternyata tidak selalu berdampak buruk, malah dapat menguntungkan bagi sebagian masyarakat yang membutuhkan properti sebagai kebutuhan primer. 

Transaksi real estate seperti tanah, rumah dan bangunan masih berjalan walau perlahan. Penawaran suku bunga yang rendah dan kemudahan transaksi cukup menarik minat masyarakat. Kepemilikan properti merupakan investasi yang menguntungkan. Nilai aset terus meningkat, fluktuasi harga jarang terjadi dan risiko relatif rendah. 

Baca: Review Website Terbaik untuk Mencari Properti

Tips Investasi Properti Agar Menguntungkan

1. Pahami Risiko dan Manfaat Potensial

Aset real estate umumnya digunakan untuk investasi jangka panjana karena dapat memberikan manfaat dalam bentuk kenaikan harga.

2. Pilih Lokasi Strategis

Pastikan lokasi properti berada di area yang membuatnya mudah disewa. Sebagi contoh bisa dekat kawasan industri, moda transportasi umu, kantor dan infrastruktur lainnya. 

3. Pilih Pengembang Terbaik

Cari dan tentukan pengembang / developer yang berpengalaman dengan jam terbang tinggi dalam pemilikan properti. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi risiko kekurangan modal dalam penyelesaian proyek dan spesifikasi bangunan dengan kualitas yang baik. 

4. Pastikan Sampel Rumah Bagus

Jangan terburu-buru membeli real estate karena harga yang murah. Perhatikan bahan yang digunakan, bentuk bangunan dan lainnya apakah sesuai dengan janji developer atau tidak. 

5. Maksimalkan Penggunaan Internet

Saat ini promosi properti banyak dilakukan secara online. Selain jangkauannya yang luas menggapai pembeli potensial dari berbagai pulau dan negara, cepat dan ekstensif, internet sangat murah dan praktis digunakan untuk jual beli rumah, tanah dan sebagainya. 

6. Gunakan Mortgage Calculator UK

Mortgage merupakan pemberian pinjaman berupa kredit janga panjang, seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di Indonesia. Di negara-negara lain istilahnya bisa berbeda. Mortgage Calculator ini dapat berfungsi sebagai kalkulator untuk memperkirakan biaya atau dana yang harus dibayarkan setiap bulan. Idealnya sih disesuaikan dengan anggaran yang dapat disanggupi supaya tidak memberatkan.


Tips Investasi Properti Agar Menguntungkan Hitung dengan Mortgage Calculator UK
Mortgage Calculator UK

Bagi aku dan teman-teman yang paling senang dengan pembayaran tunai, jangan khawatir. Mortgage Calculator ini bisa juga digunakan sebagai investasi bulanan. Jadi anggap saja kita menabung secara berkala, sehingga dana yang terkumpul bisa sesuai harapan untuk membeli properti yang diinginkan.

Mortgage Calculator UK ini memang berasal dari Inggris, namun tetap dapat dipakai untuk estimasi siapa saja dan di mana saja. Tinggal konversikan saja nilai tukar mata uangnya. 

Mungkin ada teman-teman yang masih belum paham dengan kata ‘Mortgage”. Mortgage atau hipotek adalah instrumen utang yang merupakan kredit berjangka panjang dengan memberikan hak tanggungan properti dari kreditur kepada debitur sebagai jaminan terhadap kewajibannya. Di Indonesia kita mengenalnya dengan sebutan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). 

Baca: Belajar Berhitung Lebih Menyenangkan dengan Mortgage Calculator Money Games

KPR merupakan salah satu alternatif bagi mereka yang ingin memiliki rumah namun belum memiliki uang tunai yang mencukupi. Beberapa bank memberikan pilihan suku bunga kompetitif yang variatif. Adapun tujuan pinjaman dan jangka waktu pinjaman bisa lama lho, misalnya sampai 25 tahun. 

Anggaran dana dapat digunakan untuk pembelian rumah, apartemen, ruko, rukan, tanah kavling, renovasi rumah, multiguna dan sebagainya. Kelebihannya yakni:

  • Meskipun dana belum mencukupi, kita tetap dapat melakukan pembelian aset.
  • Tak perlu menjaminkan harta pribadi karena jaminan dapat berupa properti yang sedang dicicil.
  • Aset misalkan rumah yang dijadikan jaminan masih dapat ditempati sendiri.

Mari kita kalkulasikan terlebih dahulu dana yang dibutuhkan untuk dapat memiliki hunian idaman dengan Mortgage Calculator UK dengan cara mudah. Kunjungi laman https://www.mortgagecalculator.uk/ untuk menentukan berapa jumlah kemampuan untuk membeli properti dan bisa juga sebagai rincian biaya tabungan supaya terasa lebih ringan dan nyaman.

 

72 comments:

  1. Orang investasi memang harus paham seperti ini agar tidak salah pilihan.

    ReplyDelete
  2. nah ini bagus nih tipsnya. sekarang banyak orang berlomba-lomba berinvestasi di properti. padahal properti itu kan ga liquid kudu pakai strategi untuk bisa menghasilkan cuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai strategi dan hitung dulu anggaran biayanya :)

      Delete
  3. Bagi siapa saja yang mau memiliki properti bisa memperkirakan biaya yang dibutuhkan setiap bulannya dengan memanfaatkan Mortgage Calculator, ya. Dengan begitu jadi lebih mudah memilih properti yang sesuai dengan kemampuan dan ketersediaan dana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali. Bermanfaat banget Mortgage Calculator ini untuk estimasi biayanya.

      Delete
  4. Mempelajari tips-tips sebelum memutuskan berinvestasi itu sepertinya wajib agar tidak menyesal di.kemudian hari. Harus tahu dulu kelebihan dan kekurangannya apalagi soal properti, yg masih awam harus hati-hati. Harus tahu dulu strateginya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus bijak dalam pengelolaan keuangan supaya tujuan investasi sesuai rencana.

      Delete
  5. Ohh ternyata real estate dan property berbeda ya mbak, huhuhu bener banget banyak yg ngira 2 hal itu sama. Alhamdulilah ya ada mortgage calculator yg membantu merencanakan dan memandu kita untuk menghitung jumlah yg harus kita bayar ya. Coba aja dulu kalau nemu sebelum KPR, pasti aku salah satu org yg berkesempatan menjajalnya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda :) Alhamdulillaah berguna sekali Mortgage Calculator ini.

      Delete
  6. Investasi property termasuk investasi yang paling menguntungkan ya mbak
    Jadi makin untung kalau sebelum berinvestasi, dihitung dulu dengan mortgage calculator ini

    ReplyDelete
  7. Skrng kan lg marak tuh investasi nodong. Jadi berinvestasi apapun kita kudu mikir panjang dan berhati-hati agar tdk ada penyesalan dibelakang hari karena uang yg amblas tdk kan balik lg. #Pengalaman pribadi, hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, iya bunda ternyata punya pengalaman sendiri soal investasi bodong hiks :(

      Delete
  8. mortgage calculator ternyata bermanfaat bukan hanya buat kita yang mau mengajukan pembiayaan rumah ya mba tetapi juga bagi yang berniat investasi di. sektor property untuk memudahkan kalkulasi biaya dan nilai jual ya

    ReplyDelete
  9. Membeli properti memang ibarat jodoh-jodohan. Karena gak kepikiran untuk dijual cepat. Harus bijak banget perhitungannya. Dengan mortage calculator, jadi lebih mudah menghitungnya, ya.

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah aku merasakan juga dampak investasi properti menguntungkan dari kontrakin rumah mba. Tapi memang harganya karena bukan di Jakarta, nggak terlalu tinggi. Tapi alhamdulillah ada rejeki dari itu. Makasih mba informasinya . Semoga niat baiknya Allah kabulkan ya

    ReplyDelete
  11. wah baru tau nih kalo buat investasi property bisa pake aplikasi kalkulator mortgage gini ya. makin canggih ya

    ReplyDelete
  12. Terima kasih ya Mba atas tipsnya, aku juga lagi ngincar rumah baru nih, pengen yang lingkungan tetangga baik dan dekat masjid, lagu ngumpul duitnya nih

    ReplyDelete
  13. Kemarin baru baca tentang pengembang yang belum juga menyerahkan bangunan rumah yang mereka janjikan selesai dalam 2 tahun. Miris banget bacanya. Rumah kan kebutuhan pokok kita ya, jadi kalau ada yang main-main dengan uang yang telah kita kumpulkan dengan susah payah itu, pasti rasanya sakit banget. nah semoga teman-teman yang akan beli properti lebih waspada lagi, cek n ricek wajib ke pengembang. Terus untuk hitung-hitungannya kan sudah ada mortgage calculator :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Miris banget ih sediiih :( IYa, harus dihitung detail nih supaya investasi properti sesuai harapan.

      Delete
  14. Investasi properti memang pada umumnya sangat diminati karena harga cenderung gak turun, namun perlu dipahami bahwa investasi ini tidak liquid. Perlu strategi tertentu agar investasi properti bisa menghasilkan salah satunya ya dengan dikontrakkan itu tadi.

    ReplyDelete
  15. Investasi yang memang menjanjikan itu adalah investasi dalam bentuk properti ya mak Nurul. Apalagi kalau tempatnya strategis, sudah pasti deh menguntungkan sekali. Aku penginnya tuh kalau ada rejeki lebih, pengin cari properti di Yogyakarta. Cita-citaku adalah memiliki rumah masa tua di kampung kelahiran almarhum mamahku.

    ReplyDelete
  16. Investasi pada properti memang engga bisa main-main ya, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan... Makasih tips-tipsnya...

    ReplyDelete
  17. Buat aku yang awam banget di dunia investasi terutama investasi dalam bentuk rumah dan tanah, mortgage calculator ini bermanfaat banget deh

    ReplyDelete
  18. Benar banget sih mbak investasi properti itu mesti dipikirkan secara matang. Jangan sampai nantinya malah mengeyampingkan kebutuhan penting karena mau investasi. Btw, mortgage calculator ini membantu banget ya soal itung-itungan investasi. aku juga pernah mampir ke websitenya tapi yang bagian game keuangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu saja Mortgage Calculator ini sangat bermanfaat buat kita menghitung estimasi biaya anggaran investasi.

      Delete
  19. Punya lokasi strategis tuh emang nguntungin banget buat properti. Disewakan dapat cuan. Atau kalau mau buat usaha juga bisa banget ya. Tapi semua kudu tetap dihitung biar tahu kalkulasinya

    ReplyDelete
  20. Aku malah mau jual beberapa rumah, tanah dan apartemen , tapi sampe skr baru laku 1 mba 🤣. Memang zamannya blm balik normal banget sih, sehabis pandemi ini. Untungnya Krn ga buru2, jadi kami jual santai. Laku cepet Alhamdulillah, kalo lama ya sudah gapapa... Mungkin ntr malah kepake utk yg lain 😄

    Aku termasuk blm pernah beli rumah, Krn semua yg kami punya dan tempati, sebenernya pemberian dan warisan. Makanya aku ga terlalu paham juga prosedur kalo ambil kredit rumah ini. Yg aku tau, pas zaman kerja, temrn2 yg ambil housing loan, ribeeet banget hrs cari lokasi yg pas, trus undang team peninjau utk menilai rumahnya, panjang lah urusannya 🤣. Jadi butuh lama sampai uang pinjaman bisa turun. Ternyata ada mortgage kalkulatornya yaaa.

    Memang hrs diperhitungin banget sih, jgn sampai cicilannya ntr malah ga sesuai Ama income yg di dapat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumah yang kami tempati juga warisan dari orangtua suami, alhamdulillaah. Iya mbak, semua anggaran biaya investasi mesti dihitung sebaik-baiknya jangan sampai ada yang tertinggal. Semoga bermanfaat Mortgage Calculator ini ya :)

      Delete
  21. Setuju sekali mba perlu kita hitung2 detail agar tempo sesuai dengan anggaran dan kemampuan. Mortgage Calculator ini sangat membantu yaa.. bisa itung2 dengan budget/anggaran sesuai yg kita punya lebih detail

    ReplyDelete
  22. Aku sering dengar kata hipotek yang ternyata sama dengan KPR kalau di Indonesia, ya. Dan Mortgage Calculator UK ini meskipun asalnya dari Inggris tapi bisa digunakan di Indonesia atau negara lainnya. Tinggal sesuaikan saja dengan mata uangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kita pakai kok walau ini dari Inggris.

      Delete
  23. Semoga rencananya bersama suami untuk berinvestasi properti lagi terwujud ya, Mbak. memang jika pertimbangannya teliti maka investasi properti akan menguntungkan. Di antaranya bisa dengan melakukan perhitungan dulu memakai mortgage calculator yang akan membantu

    ReplyDelete
  24. Investasi properti memang menguntungkan ya Mba, paling enak kalau misalnya cukup beli rumah buat dijadikan kos-kostan atau dikontrakan. Apalagi kalau lokasinya strategis pasti banyak yang nyari dan jadi tambahan cuan juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumah dan kost2an bisa menghasilkan cuan jika disewakan tentunya :D Betul.

      Delete
  25. Boleh juga nih dicobain menghitung pembiayaan untuk rumah dengan mortage calculator-nya. Kita jadi tau kan nantinya secara periodik berapa dana yang dibutuhkan.

    ReplyDelete
  26. wah makasih tips investasi propertynya mbak, sungguh menguntungkan yaa bagi masa depan kita, apalagi kalau belajar tentang investasi lewat game mortagage calculator jadi bikin semangat buat investasi

    ReplyDelete
  27. Impian saya banget nih
    Pengen punya rumah sendiri
    Semoga lain waktu bisa terwujud
    Soal profesi memang unik ya, kuliahnya bagian apa, kerja nya bagian apa
    Kayaknya saya, tak ada sambungannya

    ReplyDelete
  28. Untuk kita yang berencana mau beli apapun, termasuk mungkin untuk tabungan ke Mekah, rasanya menggunakan rencana hitung lewat Mortgage ini bagus ya. Jadi punya anggaran tabungan wajib perbulannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa bagus dong. Supaya kita bisa memperkirakan biayanya secara detail :D

      Delete
  29. Bagus nih mb, jadi kita bisa dapat gambaran hitung2an buat minimalkan resiko ya.

    ReplyDelete
  30. Aku masih perlu banyak belajar soal Investasi property nih mbak. Btw mortgage ini bisa dipakai di mana saja & oleh siapa saja ya, tapi pusatnya tetap di UK ya mba? Artinya komunikasinya langsung dengan admin di UK.Begitu kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dong :D Yuk, dicoba pakai Mortgage Calculator :)

      Delete
  31. sekarang lagi musim berinvestasi ya, entah itu properti, emas, ataupun tanah. Lam knl mbak, ijin saya follow ya biar nambah tmn

    ReplyDelete
  32. Mengkalkulasi terlebih dahulu secara cermat betapa penting ya.

    ReplyDelete
  33. kalau rumah itu, kalau enggak diusahain sekarang mau sampai kapan juga susah mendapatkannya, kudu dipaksa untuk dibeli dah,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yess, kehadiran kalkulator ini membantu dalam pengelolaan budget membeli rumah dll.

      Delete
  34. Saya sudah buka Mortgage calculatornya Mbak, tapi masih bingung bagaimana maksud dan penggunaannya. Menarik juga sebenarnya berbicara investasi properti dan real estate, (saya pun notabene baru tahu perbedaannya setelah membaca ini). Sebagai generasi muda, sepertinya informasi seperti ini yang dibutuhkan agar lebih aware lagi untuk menyiapkan masa depan. Apalagi berurusan dengan properti ataupun real estate. *termasuk saya yang tidak tahu apa-apa ini wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalkulator ini membantu kita untuk estimasi dana untuk membeli sesuatu seperti rumah, dll. Semacam perkiraan secara kontinyu begitu. Hehehe insya allah mas Rahmat lekas punya rumah nanti aamiin. Keren nih kuliahnya beasiswa S2 LPDP. Semangat mas!

      Delete
  35. kalau ada mortgage calculator gini, kaum milenial terbantu banget, mau beli rumah udah ada yang membantu menghitung perkiraan biaya-biayanya
    dulu aku menganggap kalau real estate sama dengan properti, Ternyata beda juga ya makna utamanya. Yang aku inget dari kata kuncinya yaitu investasi rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, beda. Betul, Mortgage Calculator ini membantu estimasi kita membeli rumah dll pengelolaan keuangan jadi stabil.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.