Daftar Isi [Tampilkan]

Menginap di homestay, mengapa tidak? Homestay merupakan salah satu pilihan berwisata hemat bagi pelancong domestik maupun mancanegara. Secara umum pengertian homestay adalah rumah warga lokal yang disewakan untuk tempat menginap para turis. Yuk, simak ceritaku menginap di Homestay Nurbani Banyuwangi saat road trip Jakarta Bali kemarin! 

 

Review Pengalaman Menginap di Homestay Nurbani Banyuwangi

 

Yuk, baca! 

11 Tips Road Trip Jakarta Bali Hemat, Aman dan Menyenangkan

Pengalaman Menginap di Homestay Green Savannah Dieng

Homestay Anugrah Borobudur, Dekat Candi Bisa Jalan Kaki

Wisatawan bisa menginap di homestay dengan jangka waktu yang sudah disepakati seperti harian, mingguan bahkan bulanan. Memang sih, fasilitas yang ditawarkan biasanya tak semewah hotel. Biasanya cukup dengan perlengkapan tidur dan kamar mandi. Ada pula homestay yang memberikan air mineral gratis dan sarapan. 

Kenapa kami pilih homestay saat rehat di Banyuwangi, padahal banyak hotel di sekitarnya? Yang utama tentu saja soal budget. Namun penghematan bukan alasan terpenting ya. Mesti baca dulu ulasan para tamu di aplikasi penyediaan hotel dan perhatikan fasilitasnya, sesuai atau tidak dengan kebutuhan kita. 

Perkara murah atau mahal dikembalikan pada selera dan keyakinan masing-masing ya. Sebelum keberangkatan dari Jakarta, 22 April 2023, aku mencari homestay di Online Travel Agent (OTA). Dapatlah Homestay Nurbani Banyuwangi di Traveloka dan langsung booking di tanggal 19 April 2023. “Cari yang murah tapi bagus ya. Dekat Pelabuhan Ketapang, jangan jauh-jauh”, kata suamiku.

“Murah tapi bagus?”, tanyaku dalam hati. Eh, ternyata ada! Singkat cerita, jadilah aku, Aa Rahmad, teteh Rafa dan ayang Fakhri menginap semalam di Homestay Nurbani Banyuwangi pada tanggal 23 April 2023 sebelum menyeberang dengan kapal feri dari Pelabuhan Ketapang menuju Gilimanuk hingga tiba di Bali. 

Begitu pula sebaliknya, saat kami pulang dari Bali ternyata berjodoh lagi di homestay milik Ibu Dra. Hj. Nurbani Wijayanti ini, di tanggal 28 April 2023. Nah, kalau yang ini sih booking dua hari sebelumnya. Dengan harapan semoga masih ada 2 kamar untuk kami menginap. Alhamdulillaah ada, yeay! 😍

 
Review Pengalaman Menginap di Homestay Nurbani Banyuwangi
Booking di Traveloka

Lokasi

Homestay Nurbani Banyuwangi berada di pusat Kota Banyuwangi, tepatnya di Jalan Mendut Gg. 13 No.3A, Taman Baru, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68416. Lokasi hotel sangat strategis karena terbilang cukup dekat ke berbagai objek wisata dan fasilitas umum di sekitarnya. Homestay ini hanya sekitar 300 meter belakang Kantor Bupati Pemda Banyuwangi.

Fasilitas Umum

Secara umum, fasilitas yang ada di tempat ini adalah AC, resepsionis 24 jam, parkir dan Wifi gratis. Carport bisa muat 2-3 mobil, selebihnya bisa di luar pagar. Homestay ini tidak meyediakan sarapan. Jangan khawatir, beberapa warung makan maupun kedai di pinggir jalan dapat kita singgahi dan nikmati menunya yang lezat.

Objek Wisata Populer dan Properti Dekat Homestay

Beberapa objek wisata yang terkenal, supermarket dan tempat kebutuhan lain juga terbilang dekat homestay, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Terminal Karangente 578 m
  • Hardys Mall Ramayana Banyuwangi 763 m
  • Roxy Supermarket 810 m
  • Pantai Solong 4,87 km
  • Pelabuhan Ketapang 9.75 km
  • Stasiun Banyuwangi Baru 9,81 km
  • Bandar Udara Blimbingsari (BWX) 10,07 km 
  • Pelabuhan Gilimanuk 10,32 km
  • Kawah Ijen 23,15 km 

Pengalaman Menginap di Homestay Nurbani Banyuwangi

Pada umumnya, check in pukul 14.00 dan check out sebelum pukul 12.00 WIB. Sepertinya di homestay ini fleksibel saja. Kedatanganku di Homestay Nurbani Banyuwangi sudah malam dan langsung disambut hangat oleh seorang perempuan bertutur kata ramah. Oh, ternyata ia adalah Ibu Nurbani sang pemilik homestay

Setelah mobil terparkir di carport, kami langsung menurunkan barang bawaaan yang diperlukan. Saat check in, ada seorang karyawan laki-laki muda stand by di sudut meja. Aku hanya diminta memperlihatkan kartu identitas saja yakni Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Silakan mau pilih kamar yang mana, bebas. Lihat-lihat saja dulu. KTP nanti saja kalau sudah ga repot lagi (Bawa tas dan sebagainya maksud Bu Nurbani)”, katanya. “Kemarin-lemarin full. Ada orang asing (Jerman) juga menginap di sini. Kalau mau membuat teh atau kopi, silakan boleh ke dapur di belakang, Bu Nurul”. 

Kamar Tidur

Ada tiga tipe kamar tidur yang disediakan di Homestay Nurbani Banyuwangi, yakni Standard Twin, Standard Double dan Superior Double. Menurutku sih, dari segi fasilitas maupun harga, tidak ada perbedaan signifikan. Oh ya, Ibu Nurbani juga menyewakan sebuah rumah berisi 3 kamar dengan kisaran harga 1 jutaan, lho. 

 
Review Pengalaman Menginap di Homestay Nurbani Banyuwangi
Kamar Tidur Homestay Nurbani Banyuwangi

Untuk Rafa dan Fakhri, mereka menempati kamar dengan 2 tempat tidur terpisah. Aku dan Aa Rahmad awalnya memilih kamar tepat di sebelahnya, dengan 1 tempat tidur besar dan lemari. Tetapi di kamarku dan suami, ternyata televisinya ga bisa dinyalakan, sehingga pindah kamar ke seberangnya dengan 2 tempat tidur terpisah tetapi ga ada lemarinya hahaha.

Sebelum mandi, aku dan Rafa bikin Pop Mie dulu. Mas resepsionis membantu merebus air di dapur. Karena ada 4 gelas mie, maka mesti tambah lagi merebus airnya. “Mas, ga apa-apa saya aja yang rebus air. Makasih ya”, kataku. Bawaannya pengen lekas mandi deh.

Oh ya, ngomongin kamar tidurnya sih cukup baik. Kasurnya cukup empuk dengan kenyamanan dan kebersihan kamar yang baik juga. Di setiap tempat tidur ada sebuah bantal dan selimutnya. Ada hanger di balik pintu. Ada juga cermin, meja kecil, 2 botol air mineral kemasan cuma-cuma, tissue dan tempat sampah.

AC terasa dingin, remote control juga bekerja dengan baik. Alhamdulillaah suasana tenang, sehingga kami bisa bobo nyenyak. Keesokan harinya badan lebih bugar karena sudah diistirahatkan dengan berbaring. Ga kebayang kalau nyetirnya joss langsung ke Bali tanpa rehat, wuiih khawatir sakit. 

 
Review Pengalaman Menginap di Homestay Nurbani Banyuwangi
Kamar Tidur dan Isinya


Kamar Mandi

Bagaimana kamar mandinya? Kalian pasti penasaran kan? Dengan harga seratus ribuan kok bisa nyaman menginap di Homestay Nurbani Banyuwangi ini? Kamar mandinya bersih sekali lho, meskipun ukurannya kecil. Ada gantungan baju, kloset duduk dengan flash, ada air pancuran/ shower. Semua berfungsi dengan baik. 

Hanya saja untuk air panasnya so-so lah, antara terasa dan tidak. Mungkin karena dipakai mandi bersamaan waktunya hihihi. Tapi hal ini ga menjadi masalah kok. Malah kami merasa makin segar dan hilanglah kepenatan selama perjalanan. Oh ya, handuk juga disediakan di sini.  

 
Review Pengalaman Menginap di Homestay Nurbani Banyuwangi
Homestay Nurbani Banyuwangi

Ibu Nurbani orangnya baik, sepertinya setia tamu ia perhatikan dan selalu sapa jika bertemu. Ia juga mengatakan jika ada hal-hal yang kurang berkenan mohon disampaikan. Ibu Nurbani bercerita sedikit tentang usaha homestay yang dimilikinya.

Selain Homestay Nurbani Banyuwangi dengan 11 kamar, ia juga memiliki usaha homestay di Jember sekitar 21 kamar. Bisnis ini berjalan baik, dapat mencukupi kebutuhan keluarga dengan 3 anaknya. Kebetulan suaminya sudah lama tiada karena kecelakaan. 

Anak-anaknya sudah mandiri semua. Si sulung bekerja di sebuah BUMN ternama. Kemudian ada yang menjadi dokter dan sudah memiliki klinik kecantikan sendiri. Dapat beawiswa berkuliah di Korea, lho. Hebat sekali ya! 

 
Review Pengalaman Menginap di Homestay Nurbani Banyuwangi
Aku Bersama Ibu Nurbani Pemilik Homestay


Sebelum pulang, aku dan Ibu Nurbani berfoto bersama dulu. Lihat nih, kok beliau seperti artis Venna Melinda ya kalau berkacamata hitam? Hahaha…. Oh ya, aku diberi camilan kue kacang (Kue lebaran) 1 toples kecil. “Bawa nih, buat di jalan. Buatan saya loh, eh si mbak sih yang bikin”, ujarnya sambil tertawa. 

Itulah pengalaman kami berempat menginap di Homestay Nurbani Banyuwangi. Kalau ditanya, mau balik lagi ga ke sana jika wisata Banyuwangi? Insya Allah mau. Kalian mesti menginap di sini dong ya. Kata Ibu Nur, “Nanti kalau ke Banyuwangi lagi, saya ajak ke Songgon, Bu. Rafting”. 

Teman-teman yang menginginkan kualitas pelayanan yang baik dengan harga bersahabat, Homestay Nurbani Banyuwangi adalah pilihan tepat untuk menginap. Meskipun murah, namun bukan murahan. Akomodasi ini menyediakan pelayanan dan fasilitas memadai yang memuaskan sebagian besar para tamu, terutama jika kita lihat nilai ulasan di OTA adalah di atas 9. 

Beristirahat tanpa menguras kantong? Pilih Homestay Nurbani Banyuwangi aja!


54 comments:

  1. Noted!! Aku catet deh ini. Jadi kalo THN ini bisa ke Bali road trip, aku udh tau hrs transit di mana.

    Aku juga ga mau langsung bablas sampe tujuan kalo road trip mba.santai ajalah. Apalagi bawa anak2. Jgn diforsir. Yg ada sakit, malah ga bisa nikmatin libura .

    Justru enak kalo singgah2 gini. Bisa nikmatin kota lainnya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip mbak Fanny :D Iya, mesti istirahat dulu yaaaa.

      Delete
  2. Homestay pilihan tempat kalau menginap beramai-ramai. Selesa sekali Homestay Nurbani.

    ReplyDelete
  3. Lumayan enak yaa mba homestay nya, harga terjangkau pun. Ga semahal hotel. Noted lah ini, kalo kapan kapan mau ke Jawa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip mas. Enak nginep di sini bisa bobo nyenyak :)

      Delete
  4. banyak banget ya kamarnya ada 11. enaknya kalau homestay itu suasananya rumahan dan lebih murah dengan full fasilitas.

    ReplyDelete
  5. Orang yang punya prinsip menginap harus di hotel bagus itu menurut ade kolot ya. Buat ade sih tempat menginap apapun judulnya, mau hostel/losmen/kost-kostan, selama fasilitasnya bersih, nyaman dan menyenangkan. Ga masalah. Apalagi cuma buat numpang bobo sesaat.. duuh ga deh. Kalau kita mau staycation, baru deh pilih yang wah hotelnya, fasilitas komplit dan nyaman.

    Homestay bu nurbaini ini nyaman banget ya, dengan harga segitu fasilitasnya juga lumayan. Hommy banget emang kalau milih homestay. Wkwkwkwk... iya juga ya kayak venna melinda, tapi ini versi ceria.

    Tapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut aku lebih ke tujuannya mbak. Nginep di guesthouse ataupun hotel masing-masing berbeda tujuan.

      Biasanya sih ke guesthouse untuk tempat singgah seperti ini dan lebih banyak bepergian. Nah, kalau ke hotel, biasanya memang untuk menikmati fasilitas hotelnya dan staycation aja gak ke tempat liburan manapun lagi. Memang hotelnya lah tempat liburannya, hehehe.

      Tapi ini nyaman banget sih mbak Nurul, soalnya yang punya juga langsung menyambut, jadinya terasa dekat dan terasa "numpang" sama temen aja gitu. Seneng deh kalau ke guesthouse yang kayak gini :D

      Delete
    2. Mbak Ade, iya hotel transit. Bisa berupa homestaty dll. dengan budget murah ternyata kita juga bisa beristirahat dan tidur beberapa jam sebelum melanjutkan perjalanan keesokan harinya :)

      Delete
    3. IYa mak Isti. Kalau homestay kayak gini biasanya ga lama kita di sana. Buat relaksasi body sebentar, ngeri kan kalau cuuuzz terus khawatir sakit hehehe.

      Delete
  6. Terima kasih rekomendasinya mbak.
    Asyik nih, bisa lihat-lihat kamarnya dulu sebelum menentukan pilih kamar yang mana.
    Bu Nurbani juga ramah banget, mau menyapa tamu yang menginap, malah pas mau chekout dikasih bekal buat camilan juga di jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbak. Iya nih, si empunya homestay ramah dan menyenangkan :D

      Delete
  7. Seru banget menginap di homestay yang disambut keramahan pemiliknya ya mbak.. harga cocok di dompet dan fasilitas sesuai kebutuhan, aduh jadi pengen juga nginap di sana nanti kalau ada rezeki jalan-jalan sampai Bali.. hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah. SIp mbak, boleh nih jadi referensi siapa tau kapan2 mau road trip Bali juga.

      Delete
  8. Waah bisa banget jd referensi nih mbak klo road trip ke Bali dan sempatin mampir di Banyuwangi. btw si ibu kece banget yaaks hihi...pdahal anak2nya dah gede2 yaaa. salah pokus

    ReplyDelete
  9. homestaynya lengkap banget. jadi nyaman mau liburan ke banyuwangi. Disabilitas bisa juga gak ya nginep di sini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bisa aja :) Fasilitas homestay ya sesuai kelihatan di foto aja :D

      Delete
  10. Senang banget mba nemu homestay yang rapi dan bersih seperti Homestay Nurbani ini. Apalagi lihat toiletnya juga bersih. Kamarnya juga rapi dan kasur empuk. Kadang emang agak pilih-pilih soal homestay tapi ini pilihan yang tepat. Makasih rekomendasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. AKu belum pernah nemu homestay murce sebaik ini :D Sama2.

      Delete
  11. homestaynya lumayan homeeey ya mba dan tempatnya juga strategis. Cocok untuk traveling bersama keluarga ke sini

    ReplyDelete
  12. Banyuwangi ini destinasi tuujuan keluarga kami mba, destinasi khusus ya sebab hbukan jalur pelintasan, Terima kasih atas sharing infonya, bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  13. keliatan homestay nya bersih dengan fasilitas yang cukup lengkap trus lokaisnya juga strategis

    ReplyDelete
  14. mantap banget ini nginap di sini, nyaman dan bikin betah ya, bakal happy aja anak ke sini deh

    ReplyDelete
  15. suasananya benar-benar kayak rumah ya, mbak. bisa jadi pilihan nih menginap di homestay kalau jalan-jalan ke banyuwangi

    ReplyDelete
  16. Baru kemarin suamiku nonton film remake Losmen Bu Broto yg dibintangi Maudy Koesnadi dan Maudy Ayunda. Ibu Nurbani yg suka ngobrol dan memerhatikan setiap tamu (bahkan kasih oleh2) mengingatkanku pd Bu Broto hehehe.

    Boleh nih dicatet sbg alternatif t4 nginap kalau ke Bali atau Banyuwangi. Terima kasih ulasannya Mbak..

    ReplyDelete
  17. Ini 100 ribuan doang? Ya ampun, affordable ini mah. Dan kerennya lagi kamar mandi bersih. Ini penting banget buat aku yang gelian sama urusan kamar mandi, haha. Yang utama kamar mandi bersih dulu buatku kalau nginap atau pergi ke tempat wisata tuh.
    Wah siapa tahu nanti bisa ke Bali pale kendaraan pribadi dan butuh penginapan, bisa lah ke tempat Bu Nurbani ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku suka kamar mandinya bersih banget walaupun kecil 😁

      Delete
  18. ibunya seru amaatt, jadi kayak main ke rumah bude sendiri ya itu, hihihi..
    boleh nih dicoba buat rebahan semalam kalau capek perjalanan ke Bali yahh

    ReplyDelete
  19. Noted nih kalau ke Banyuwangi. Harga terjangkau tapi bagus, ditambah pemiliknya ramah tuh enggak bikin kapok ya Mak...

    ReplyDelete
  20. Hadiah kecil berupa stoples kacang pastinya akan terkenang terus menandakan kita sebagai keluarga. Dan pasti balik lagi kalau mau menginap.

    ReplyDelete
  21. Wah, langka banget nih bisa nemu homestay yang bagus dan terjangkau. Kalau buat aku, standart sebuah tempat singgah adalah kamar mandinya yang bersih. mau sebagus apa fasilitasnya kalau kamar mandi jorok ya pasti kurang nyaman. Nurbani ini kamar mandinya bersih banget, kamarnya juga sepertinya lapang dan nyaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyaman dan bersih banget untuk sebuah homestay yaaa 😘

      Delete
  22. Pemilik homestay Nurbani banyuwangi neomu SWAAGG yaah..
    Asik bisa diajak foto bersama dan dengan fasilitas yang diberikan rasanya Banyuwangi bisa jadi tempat wisata rekomendasi sebelum lanjut ke Bali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha 😀😀😀😀 Kuy kapan2 nginep di sini.

      Delete
  23. Bisa jadi referensi nih kalau mau ke Bali bareng keluarga dan istirahat sejenak sehari di Banyuwangi. Soalnya seringnya ke Bali via darat lalu nyebrang bareng kapal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya. Bisa mbak... biar body istirahat dulu.

      Delete
  24. Kadang saat perjalanan hanya butuh tempat istirahat aja lalu lanjut ke tempat wisata lain. Home stay Nurbani Banyuwangi ini murmer ya Mba. Lumayanlah fasilitasnya.

    ReplyDelete
  25. Seneng ya rasanya mbak kalau dpt penginapan murah tp bagus, at least bersih, itu yg nomor 1 sih, apalagi ini ditambah pemiliknya ramah & baik pula.

    Aku juga dulu pernah ke Bali via darat tapi ga transit karna jalan dr Purwokerto, jaman aku masih di Purwokerto, kalau skrg dr Jakarta mah wajib transit ya mbak, demi kesehatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya donk seneng buangeet hahaha :D Oh gitu, lebih deket ya. Betul, dari Jakarta enaknya transit dulu.

      Delete
  26. Bisa bisanya aku pengen koment hanya karena related dengan usaha kost ku di Malang. Wah mantap juga ibu Nurbani yg dari usaha ini bisa menghasilkan dan menjadi pemasukan utk keluarganya ya. Punya Jember juga, ahhh sholawatin dulu siapa tahu bisa berkembang punya banyak kamar seperti ibu Nurbani ya mbak, ramah pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.... Cakep ya homestay-nya. Kostan di Malang punya Febri juga ga kalah kerennya loh. Kepengen jadi ibu kost juga ah aku suatu hari nanti :) Aamiin.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.