Daftar Isi [Tampilkan]

Sudah bukber di mana saja? Kebetulan di bulan Ramadan 1444 H ini buka puasa perdana aku di luar rumah adalah bersama teman bloggers. Saking seru dan berkesan, aku ingin merekomendasikan tempat nongkrong terbaru di bilangan Pasar Minggu yang wajib kalian kunjungi. ‘Kembali ke Rumah Sarwono’, sebuah tempat yang unik dan cocok untuk quality time bersama teman maupun keluarga tercinta.  

 

Menikmati Kuliner Nusantara di Rumah Sarwono Resto & Coffee Shop

 

Idealnya dan katanya sih, bukber bareng keluarga terlelbih dahulu, teman-teman kemudian. Namun ternyata suami dan anak-anak memiliki kesibukan yang luar biasa, sehingga kami hanya  bukber di rumah saja. Tenang, pokoknya sebelum lebaran mesti direalisasikan supaya afdol, Insya Allah.

Dapat Undangan Bukber

Kali ini aku mau berbagi pengalaman mengesankan saat menikmati menu buka puasa di Rumah Sarwono. Hah! Rumah Sarwono? Begitu kuterima undangannya, langsung aku cari di Google. Surprise banget! Ternyata Rumah Sarwono ini merupakan resto & coffee shop yang istimewa. Berasa bukan di Jakarta deh saat berada di sana.  

Alhamdulillaah pada hari Kamis, 6 April 2023 aku dapat memenuhi undangan buka puasa bersama Dompet Dhuafa dengan tema Ramadan dari Hati. Adapun tema acara ‘Blogger Gathering’ tersebut adalah “Dahsyatnya Kekuatan Menulis yang Berdampak untuk Sesama”. 

Narasumber yang turut menghadiri acara tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Bapak Prima Hadi Putra selaku Direktur Komunikasi dan Teknologi Dompet Dhuafa
  • Ibu Suci N. Qadarsih selaku Ketuan Ramadan 1444 H Dompet Dhuafa
  • Bapak Kurniawan Gunadi sebagai penulis, alunus FSRD ITB. 

Sebelum adzan maghrib berkumandang, kami menyimak penuturan ketiga narasumber, tanya jawab dan hiburan nyanyian lagu terlebih dahulu. Iya dong, biar tambah ilmu di bidang kepenulisan dan tentu saja soal Dompet Dhuafa yang senantiasa menebar kebaikan dalam setiap jejak langkahnya. Aku akan menceritakannya di judul yang berbeda ya, teman-teman 😀

Lokasi

Rumah Sarwono terletak di Jalan Raya Pasar Minggu KM. 18,2 RT 12 RW 1, Pejaten Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12510. Akses dan rute menuju lokasi mudah dijangkau. Cukup dekat dengan Stasiun Commuterline Pasar Minggu dan Stasiun Pasar Minggu Baru serta Terminal angkutan umum maupun Bus Trans Jakarta.

Dari kediamanku di Jagakarsa pun terbilang tak terlalu jauh, hanya sekitar 9 kilometer saja. Saat itu aku menggunakan kendaraan pribadi menyetir sendiri. Mbak Ade Ufi ikut bersamaku, dia datang ke rumahku terlebih dahulu. Perjalanan cukup mulus, paling terkena sedikit kemacetan di arah putar balik Volvo saja.  

Sebenarnya acara dimulai pukul 15.30 WIB tetapi karena kami berniat untuk bisa foto-foto dulu sebelum acara digelar, jadilah kami berangkat pukul 14.00 WIB dan tiba di Rumah Sarwono pukul 14.30 WIB. Aku penasaran sekali dengan keunikannya. Benarkah seperti ulasan orang-orang di media sosial?

Jam Buka dan Fasilitas

Rumah Sarwono buka setiap hari Senin sampai Minggu pukul 09.00-23.00 WIB. Khusus di bulan Ramadan adalah pukul 15.00-22.00 WIB. Nomor telepon yang bisa dihubungi yakni di 0811-9901-100.  

Berikut fasilitas yang tersedia di Rumah Sarwono yakni:

  • Area parkir yang cukup luas
  • Toilet
  • Musala
  • Stop kontak
  • Akses Wifi
  • Live music 
 
Menikmati Kuliner Nusantara di Rumah Sarwono Resto & Coffee Shop
Area Parkir Luas dan Interior yang Cantik

 

Menikmati Kuliner Nusantara di Rumah Sarwono Resto & Coffee Shop
Ada Toilet dan Musala Bersih
 

Sekilas Tentang Nama Sarwono

Rumah Sarwono merupakan restoran dan coffee shop yang menawarkan konsep unik dengan nuansa ala Jawa. Tempat nongkrong hits yang baru soft opening pada 2022 lalu ini cukup luas dan nyaman serta fasiltas yang memadai. Buat kalian yang senang foto Outfit of The Day (OOTD), cocok banget tempatnya di sini.  

Ternyata, nama Sarwono ini adalah nama seorang petinggi pada era pemerintahan Presiden Soeharto di masa orde baru. Bapak Sarwon Kusumaatmadja merupakan sosok yang beberapa kali dipercaya menjabat sebagai menteri. Eks Menteri Eksplorasi Kelautan ini membangun hunian nyaman dan sederhana di atas tanah milik anaknya.  

Sosok publik figur lulusan Jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung ini pernah beberapa kali menjabat peran penting dalam kabinet Soeharto. Beliau berkarier sebagai angota DPR RI, Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Golkar, Menteri Menteri Negara Lingkungan Hidup pada Kabinet Pembangunan VI periode 1993 hingga 1998.

Sarwono juga pernah memegang jabatan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara pada Kabinet Pembangunan V pada tahun 1988 hingga 1993. Setelah itu beliau menduduki jabatan sebagai Menteri Eksplorasi Kelautan pada tahun 1999 hingga 2001. Dalam Pemilu legislatif tahun 2004 silam, Sarwono kembali dipercaya sebagai wakil rakyat dan duduk di kursi anggota DPD-RI. Sebelum wafat, Sarwono lebih banyak berkontribusi sebagai Dewan Komisaris PT. Energy Management Indonesia (Persero).

"Kembali ke Rumah Sarwono" Perpaduan Nilai Budaya Jawa dan Modern

"Kembali ke Rumah Sarwono" mengusung konsep style ala Jawa yang dipadukan dengan bohemian untuk interior dan eksteriornya. Pengunjung bisa pilih area indoor maupun outdoor. Coffee & resto dengan nilai budaya ini memiliki Rumah Joglo yang didominasi warna cokelat. Begitu memasuki area Rumah Sarwono, kita disuguhkan ornamen cantik, gemerincing bambu dan besi saat tertiup angin. 

Baca: Rekomendasi 5 Restoran Mewah Milik Artis yang Wajib Kalian Coba

 
Menikmati Kuliner Nusantara di Rumah Sarwono Resto & Coffee Shop
Rumah Joglo

Tak cukup sampai di situ, terdapat semacam delman tak berkuda menghiasi halaman rumput hijau. Rumah Sarwono ternyata lebih dahulu dikenal sebagai gedung maupun tempat acara besar/ event spesial seperti pesta pernikahan, ulang tahun, arisan, halal bi halal dan beragam acara lainnya. Temanku bilang, “Kayaknya aku pernah datang ke sini saat undangan pernikahan, tapi sudah lama, lupa kapan deh.

  
Menikmati Kuliner Nusantara di Rumah Sarwono Resto & Coffee Shop
Rumah Joglo, Delman dan Taman yang Luas

Makan Prasmanan Nasi Sela Bali

Aku membaca daftar menu yang terdapat di story IG Rumah Sarwono, ternyata di sini disediakan beragam menu Nusantara dan modern juga. Ada aneka steak, salad, chicken steak, sate maringgi, jus, aneka kopi berbagai varian kekinian, teh, camilan tradisional, Oh, ada bar juga di tengah kawasan Rumah Sarwono, lho.

Lalu bagaimana dengan kelanjutan cerita bukber aku dan teman-teman blogger bersama tim Dompet Dhuafa? Senang sekali kami bisa menikmati Nasi Sela Bali dan beraneka ragam camilan tradisional secara prasmanan, selain kurma dan semacam kolak candil. Untuk minumannya terdapat dua pilihan yakni air mineral dan es teh manis segar. 

Kalian sudah pernah mencobanya, belum? Nasi Sela biasanya ditemani lauk ayam betutu, sate kulit ayam, sambal matah, urab sayur kacang panjang dan lain-lain. Nasi Sela Bali khas Karangasem perpaduan nasi, sela (ketela/ubi) dicampur varian lainnya. Kandungan gizinya lebih baik daripada sekadar nasi biasa.  

 
Menikmati Kuliner Nusantara di Rumah Sarwono Resto & Coffee Shop
Nasi Sela Bali

Dulu, di tahun 1970-an Nasi Sela populer dan menjadi makanan pokok masyarakat setempat karena beras sangat langka, ibarat 'Pertahanan di Masa Krisis'. Kali ini aku menikmati Nasi Sela Bali dengan kulit ayam krispi juga yang kriuk-kriuk di keripik Ada telur rebus berbumbu seperti balado, urab kacang panjang, ayam suwir dan sebagainya seperti tampak pada gambar di sini.

Duh, lezaaaatnya! Kalau dijadikan satu di piring, jadi kayak nasi tumpeng nih. Sate ayamnya gede-gede, pokoknya wow. Bumbu pedas yang kupikir bakalan sangat pedas ternyata ada manis-manisnya. Ya namanya juga perpaduan ya dan mungkin yang memasaknya pun orang Jawa yang senang manis-manis. 

Takjilnya ada kurma, semacam kolak cendil serta berbagai camilan tradisional. Hampir semua menu dicicipi sampai perut begah bahagia. Alhamdulillaah. Untung saja aku langsung makan menu utama, bukan camilannya dulu. Kalau tidak, bisa-bisa ga masuk perut tuh Nasi Sela Bali-nya.

 
Menikmati Kuliner Nusantara di Rumah Sarwono Resto & Coffee Shop
Sate Ayam, Urab Kacang Panjang dan Daging Ayam Suwir


Menikmati Kuliner Nusantara di Rumah Sarwono Resto & Coffee Shop
Sambal Matah, Kulit Ayam Krispi, Telur Bumbu Pedas Manis dan Keripik

Spot Instagramable Ramah Anak dan Foto OOTD   

Seperti sudah diceritakan di atas, aku dan mbak Ade tiba di Rumah Sarwono di waktu lebih awal. Niat banget foto-foto mumpung baelum ramai pengunjungnya. Supaya kelihatan jelas juga kan masih ada sinar matahari. Sebenarnya keren sekali foto malam hari dengan sinar lampu kuningnya.

Berhubung khawatir banyak bocor pada foto dan malas editnya, jadilah kami cekrek-cekrek di sore hari. Kapan-kapan mesti coba menikmati sajian Nusantara dan ngobrol-ngobrol bareng teman maupun keluarga di malam hari deh dengan masakan yang berbeda. Penasaran sekali sih.  

Bagaimana kalau ajak bocil alias anak kecil ke tempat ini? Tak perlu khawatir, anak-anak akan betah berada di sini. Mereka bisa bermain di rerumputan yang luas dan taman yang indah, naik becak untuk berfoto, melakukan aktivitas dengan banyak gerakan dan sebagainya 

Selain digunakan untuk acara-acara besar maupun acara keluarga, tak sedikit kelompok ataupun komunitas yang menyelenggarakan kegiatannya di Rumah Sarwono. Teman-teman bisa melihat keseruannya dan menu Nusantara di Instagram @rumah.sarwono ya.

Baca: Rumah Go'A Dik Doank, Cafe Hidden Gem Nyentrik di Tangerang Selatan

The Garden Pondok Indah Mall

 

Menikmati Kuliner Nusantara di Rumah Sarwono Resto & Coffee Shop
Naik Becak

 

 
Menikmati Kuliner Nusantara di Rumah Sarwono Resto & Coffee Shop
Bersama Mbak Ade Ufi

 

Menikmati Kuliner Nusantara di Rumah Sarwono Resto & Coffee Shop
Masuk Melalui Lorong Bambu dan Dekorasi yang Menawan
 

Pagar bambu, lampu-lampu hias dengan sinar kuning dan taman yang luas turut melengkapi keindahan outdoor Rumah Sarwono. Aku berfoto di Rumah Joglo, ayunan, serta duduk cantik naik becak dekat bar. Ada pula foto di depan delman tak berkuda. 

Sebenarnya masih banyak yang ingin kutulis, namun waktu jualah yang memisahkan kita 😁 Semoga di lain kesempatan aku bisa bertandang ke Rumah Sarwono bersama keluarga untuk menikmati masakan Nusantara lain yang unik dan berbeda. Nantikan cerita blogger gathering di judul berikutnya ya. Terima kasih sudah mampir. Sampai jumpa!

58 comments:

  1. Ihhhh baguuuus mba tempatnyaaa 😍😍😍👍. Baru liat foto aja udah kliatan unik dan nyaman. Apalagi banyak tumbuhan , jadi kesannya juga sejuk.

    Jadi intinya, ini owner-nya kluarga pak Sarwono Kusumaatmadja? Setelah bangun rumah di tanah milik anaknya, lalu dijadiin restoran?

    Sayangnya jauuuuh dari rumahku 🤣🤣..kalo udh denger Jaksel, bisa lama ntR datanginnya 😄. Nunggu waktu pas dan mood suami menuju sana hahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa :D Betah hangout di sana :D Iya, anak2nya, mbak. Rumahnya buat anaknya trus dijadiin resto gituuuu. Semoga kapan2 bisa mampir ke Rumah Sarwono ya :D

      Delete
  2. sungguh luar biasa
    tempatnya keren banget ya
    cocok buat photo-photo pula
    resto yang keren punya, fasilitasnya lengkap
    menunya juga hemat

    ReplyDelete
  3. Makanan di tempat seperti ini selalu menggoda dan cocok di lidahku hahahah.
    Suasananya juga tampak menyenangkan, terlebih areanya cukup luas dengan konsep ala limasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Cocok buat yang sangat menyukai masakan Nusantara dan ngopi2 kayak Mas Sitam ini :D

      Delete
  4. cakeeepp tempatnya, sayang aku ga bisa memenuhi undangan ke sana, padahal pas liat di maps tempatnya cakep banget buat foto, mau ah aku ke sana kapan2 buat kumpul sama temen2, kayaknya emang tempatnya didesai buat acara2 juga ya mba nurul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip Tetty mudah2an kapan2 bisa makan nikmat di sini ya.

      Delete
  5. Tempatnya bagus banget, jadi kepikiran cocok untuk photo prawed ala -ala jadul gitu

    ReplyDelete
  6. baguuus ya tempatnya, bisa jadi tempat buat kumpul-kumpul keluarga juga yaaa

    ReplyDelete
  7. Asyik banget tempatnya rumah Sarwono ini mbak, asri dan nuansa tradisionalnya kentara banget. Pilihan menunya juga menarik. Nggak nyangka, ternyata miliknya pak mantan menteri.

    Masih beberapa hari menjelang idul fitri mbak, semoga bisa buka bersama di luar bersama keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi Rumah Joglonya cakep banget. Iya :D Buat hari2 biasa juga oke, apalagi istimewa :D Mantap!

      Delete
  8. Wah keren bangeet Rumah Sarwono ini. Bersih banget pula. Mana tamannya luas banget. Bisa garden picnic ala ala. Bakal betah deh datang kesini. Menunya juga kelihatan menggoda. Jadi ngebayangin perpaduan antara sambal matah, sate, urap kacang panjangnya.

    ReplyDelete
  9. Rumah Sarwono Resto Coffe Shop tempatnya bagus banget ya. Kayaknya betah deh, lama-lama di sana. Apalagi makanan yang disediakan cukup beragam dan kelihatannya enak ya..
    Rekomended, deh, untuk dikunjungi bersama keluarga dan teman-teman.

    ReplyDelete
  10. Jadi tempat ini milik keluarga alm pak Sarwono? Memang bagus tempatnya untuk berbagai acara, ya. Saya ngebayangin bikin privat party outdoor kayaknya bakal asik. Apalagi menunya kelihatan menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Menarik banget. Luas tempatnya, banyak pilihan makanannya juga.

      Delete
  11. bund, spill kamera/hp nya dong bu. bagus² fotonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samsung A7 2018 hahaha kepengen beli yang baru nih :D Thanks mas Amir :D

      Delete
  12. Alhamdulillaah ya bisa ke rumah pak mantan Men KLH yang femes dengan kesederhanaannya, pak Sarwono Kusumaatmadja . Rumahnya kok joglo ya. kan beliau Sunda kalo gak salah?

    btw itu sate maringgi apa Maranggi ya Nurul?

    ReplyDelete
  13. Ini tuh sama kayak yang di Kemang ya si Rumah Sarwono, cakep ini yang Pasar Minggu mak. Aku tuh suka sama makanan di Rumah Sarwono, enak-enak soalnya. Mau ah nanti habis lebaran bisa mampir kesini untuk makan siang sama keluarga. Mumpung gak mudik jadi bisa jadwalin maksi kesini deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya, di Kemang ada juga? Asyik ya, bisa juga acara halal bihalal di tempat ini.

      Delete
  14. Konsep yang disajikan oleh Rumah Pak Sarwono ini gak main-main. Udahlah tempatnya cozy dan instagramable, makanannya menggiurkan banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke banget, bikin pengunjung betah dan kepengen balik lagi.

      Delete
  15. Konsep restonya bagus dan banyak sudut yang Instagramable, cocok buat yang suka foto-foto soalnya salah satu nilai plus dari resto adalah konsep yang menarik. Kayaknya enak nih buat nongkrong cantik bareng keluarga besar, selain makanannya kelihatan enak, desain restonya juga estetik, ngak heran sih karena pemiliknya lulusan teknik sipil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, foto2 instagramable cocok banget di Rumah Sarwono hehehe.

      Delete
  16. Tempatnya enaakk yaa. Luas dan terlihat minimalist. Terlihat dan terasa kesan Jawanya, tapi juga cantik dan elegan.

    Asik ya kayanya bukber di tempat ini 😍

    ReplyDelete
  17. aku udah pernah ke sini juga mba.. waktu itu ada undangan pernikahan salah sat staf juniorku. Tempatnya seruu dan cantik yaa

    ReplyDelete
  18. Wuih, tempatnya bagus banget. Adeeem, luas, dan makanannya juga tradisional gitu. Beneran kayak bukan di Jakarta deh ya. Makan bareng keluarga di tempat kayak gini pastinya seru. Banyak spot buat foto-foto unik juga ya.

    ReplyDelete
  19. Sarwono ya Mbak, noted. Pan kapan kalo sampek Jakarta semoga berkesempatan ke sana. Pete dan cuminya menggoda bingiit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp. icip2 kuliner Nusantara di sini pasti suka :D

      Delete
  20. Saya deket sama Rumah Sarwono dan kalo lewat saya mikir ini tu galery seni atau museum.. ternyata restoran yaaaa.. belum pernah masuk ke dalam rumahnya tapi terlihat dari luar sungguh artistic

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, bisa segera disambangi nih restonya kan dekat rumah mbak Yayat hehehe :D

      Delete
  21. Nggak ada yang paling asyik selain nongkrong di tempat yang bagus, makanannya enak, dan restorannya ada konsep

    ReplyDelete
  22. Wah, nyaman banget suasananya ya mbak
    Terlihat hoomey banget
    Makanannya juga enak enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puas menikmati hidangan Nusantara dan tempatnya nyaman banget.

      Delete
  23. hahaha aku jadi lapar lihat foto makanannya
    nama resto-mya juga unik
    khas Jawa tapi yang modern interior dan eksteriornya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo datangiiii! Bakalan nambah kayaknya nih wkwkwkwk.

      Delete
  24. Detailing Rumah Sarwono Resto and Coffee Shop ini tampak jelas sekali yaa..
    Semua sangat mendukung dengan theme hingga menu makanannya. Jadiserasa ada di Jogja kalau melihat Joglo dan gebyok serta interior dari kayu-kayu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaa. Kayak bukan di Jakarta ya hehehe :D

      Delete
  25. Tempatnya nyaman banget ya Mba, menggabungkan unsur etnik dan modern. Makanannya tampak menggoda. Pengen cobain Nasi Sela Bali ala Sarwono Resto and coffee shop

    ReplyDelete
  26. Tempat bukbernya bagus banget, seru ya, aku udah bukber dengan Komunitas Tapis Blogger, alhamdulillah seru dan bikin happy deh

    ReplyDelete
  27. menarik sekali lokasi tempat ngumpulnya Mbk, bikin happy ngumpul ama keluarga atau teman ya, seru abis deh

    ReplyDelete
  28. Lucuuuu banget mbak ini dekor restonya. Dan tentu makanannya keliatannya enak enak ya. Bisa jadi rekomendasi buat makan di daerah Jaksel nih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuy Fara ajak keluarga makan2 seru di Rumah Sarwono.

      Delete
  29. Tempatnya berasa adem ya, suka banget kalau banyak pilihan menunya dan ramah anak. Cocok nih buat makan bareng keluarga.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.