Daftar Isi [Tampilkan]

Bukber di Rumah Sarwono memberikan kesan baik sekali, unik dan menarik bagiku. Pasalnya, di resto & coffee shop itulah buka puasa perdanaku di luar rumah. Bukan sekadar bukber saja, melainkan blogger gathering yang meengesankan, karena aku dan teman-teman memperoleh cerita pengalaman dan ilmu kepenulisan dari narasumber hebat tentunya.  

Blogger Gathering Ramadan dari Hati dan Bukber Dompet Dhuafa
 

Blogger Gathering bersama Dompet Dhuafa

Alhamdulillaah pada hari Kamis, 6 April 2023 aku dapat memenuhi undangan buka puasa bersama Dompet Dhuafa dengan tema Ramadan dari Hati. Adapun tema acara ‘Blogger Gathering’ tersebut adalah “Dahsyatnya Kekuatan Menulis yang Berdampak untuk Sesama”.  

Narasumber yang turut menghadiri acara tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Bapak Prima Hadi Putra selaku Direktur Komunikasi dan Teknologi Dompet Dhuafa
  • Ibu Suci N. Qadarsih selaku Ketua Ramadan 1444 H Dompet Dhuafa
  • Bapak Kurniawan Gunadi selaku penulis, alunus FSRD ITB.  

Blogger Gathering Ramadan dari Hati dan Bukber Dompet Dhuafa
Narasumber
 

Aku sudah menuliskan ulasan Rumah Sarwono Resto & Coffee Shop di artikel sebelumnya ya, teman-teman. Ada pula foto-foto dan videonya di Instagram @nurul_sufitri Silakan check it out 😃 Kalian pasti penasaran dan ingin segera bertandang ke sana setelah melihat foto-fotonya. 

Baca: Menikmati Sajian Nusantara di Rumah Sarwono Resto & Coffee Shop

Penuturan Para Narasumber

Lalu, apa yang kami lakukan sebelum adzan berkumandang? Masa cuma foto-foto doang hehehe. Aku dan teman-teman blogger menyimak pemaparan ketiga narasumber di atas. Ada sesi tanya jawab juga dan hiburan lantunan dua tembang dari mas Harun, salah satunya berjudul “Takkan Berpaling darimu”.

Ibu Suci N. Qadarsih (Ketua Ramadan 1444 H Dompet Dhuafa)

Ibu Suci N. Qadarsih mengatakan,” Harapan kami adalah kakak-kakak blogger bisa terus bersama Dompet Dhuafa (DD) dan membersamai. Dompet Dhuafa itu bukan lembaga yang memiliki dananya, bukan lembaga kaya, diminta sponsor dan semacamnya. Melainkan sebagai medium karena yang punya uang bukan Dompet Dhuafa. 

Tak ada perusahaan besar yang memiliki DD. Kami adalah lembaga independen yang berdiri dari dana umat. Kita ingin masyarakat tentu lebih banyak lagi mengetahui lebih jauh mengenai DD. Oleh karena itu kita mengajak kolaborasi kakak-kakak blogger untuk bisa menyampaikan seperti apa DD itu. 

Kami berusaha menjadi lembaga yang amanah, selalu independen dan terpercaya, sehingga bisa menyalurkan dana kebaikan itu lebih baik lagi dan lebih banyak lagi yang dapat tersalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.” 

Baca: Kinerja Dompet Dhuafa Membentang Kebaikan

Bapak Kurniawan Gunadi (Penulis)

Bapak Kurniawan Gunadi menyampaikan bahwa dia merupakan lulusan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB). Dia hobi menggambar sejak kecil dan senang pula menulis. Ini merupakan pengalaman pertama berbagi di depan bloggers.  

Sharing sebagai seorang anak yang mencari jati diri. Kenapa menjadi penulis? Merupakan takdir dan banyak hal yang melatarbelakanginya. Biasa dipanggil Gun, orang yang dulu dikenal perfeksionis dan ambisius, sekarang katanya lebih selow

Dia menulis sejak duduk di bangku SMP kelas 1 sampai kini menjadi pekerjaan profesionalnya. Padahal SMA mengambil jurusan IPA dan kuliahnya di Seni Rupa. Tapi, itulah hidup. Montor-mentor saya bilang, jika kamu ingin masuk ke industri kreatif, kamu harus fokus, berkomitmen dan totalitas. Sebagai penulis, saya juga ngeblog di Tumblr.

Lulus kuliah pada usia 23 tahun, Gun bertanya-tanya pada diri sendiri mencari tahu apa yang dicari. Apakah uang, ketenaran? Rata-rata buku terbit di Indonesia adalah 30.000 judul per tahun. Namun pada tahun 2020 buku ber-ISBN melonjak hingga mencapai 144.793 judul dan pada tahun 2022 sebanyak 62.300 (IKAPI).

Gun yang memiliki moto “Komitmen dan Konsistensi” untuk terus-menerus berkarya sudah memiliki banyak buku diantaranya adalah Hujan Matahari, Menentukan Arah, Arah Musim, Bising, Memberi Ruang, Ibu dan Kue Lebaran dan sebagainya. 

 
Blogger Gathering Ramadan dari Hati dan Bukber Dompet Dhuafa
Pemberian Tanda Mata
 

Bapak Prima Hadi Putra (Direktur Komunikasi dan Teknologi Dompet Dhuafa)

Adapun Bapak Prima Hadi Putra dalam kata sambutannya mengatakan, “Kegiatan Dompet Dhuafa tidak akan berjalan lancar tanpa adanya dukungan dari rekan-rekan semua. Ambisi-ambisi dan berbagai rencana Dompet Dhuafa dapat diwujudkan dengan adanya bantuan dan partisipasi aktif dari teman-teman blogger

Semoga kebersamaan kita, Dompet Dhuafa dan teman-teman blogger bisa semakin maju ke depan, semakin baik ke depannya. Kami mengundang semua teman untuk terlibat aktif dalam program-program DD. Banyak spot pemberdayaan, sentuhan tangan bloggers, karena bagian dari syiar yang dilakukan teman-teman merupakan bagian jihad. Terima kasih atas kehadiran dan kebersamaan teman-teman.”

Menikmati Nasi Sela Bali

Lalu bagaimana dengan kelanjutan cerita bukber aku dan teman-teman blogger bersama tim Dompet Dhuafa? Senang sekali kami bisa menikmati Nasi Sela Bali dan beraneka ragam camilan tradisional secara prasmanan, selain kurma dan semacam kolak candil. Untuk minumannya terdapat dua pilihan yakni air mineral dan es teh manis segar.  

Kalian sudah pernah mencobanya, belum? Nasi Sela biasanya ditemani lauk ayam betutu, sate kulit ayam, sambal matah, urab sayur kacang panjang dan lain-lain. Nasi Sela Bali khas Karangasem perpaduan nasi, sela (ketela/ubi) dicampur varian lainnya. Kandungan gizinya lebih baik daripada sekadar nasi biasa.   

 
Blogger Gathering Ramadan dari Hati dan Bukber Dompet Dhuafa
Blogger Gathering Ramadan dari Hati dan Bukber Dompet Dhuafa


Blogger Gathering Ramadan dari Hati dan Bukber Dompet Dhuafa
Nasi Sela Bali

Cerita selengkapnya soal Nasi Sela Bali juga sudah aku tulis di artikel sebelumnya ya, teman-teman. Oh ya, pada sesi tanya-jawab, bloggers yang angkat tangan dan bisa menjawab pertanyaan dengan benar mendapatkan goodie bag dari Dompet Dhuafa. Setelah buka puasa selesai, kata sambutan diberikan oleh Bapak Prima Hadi Putra yang sudah aku tulis di atas.  

 

Blogger Gathering Ramadan dari Hati dan Bukber Dompet Dhuafa
Blogger Gathering Ramadan dari Hati dan Bukber Dompet Dhuafa

 

Blogger Gathering Ramadan dari Hati dan Bukber Dompet Dhuafa
Goodie Bag Dompet Dhuafa
 

Baca juga: Peluncuran Buku Sambal Roa dan Icip-Icip Kuliner Gorontalo

Nah, ternyata ada sesi memberikan kesan dan saran bloggers kepada Dompet Dhuafa. Alhamdulillaah aku turut memberikan kesan tentang DD dan memperoleh goodie bag yang berbeda dengan yang sebelumnya. Hanya untuk dua orang saja dan aku termasuk yang beruntung, yeay! 

Jika keringat sekujur badan, pergilah mandi agar suci dan bersih.

Selamat datang bulan Ramadan, pesanmu sudah sampai dan terima kasih.

Terima kasih sahabat yang sudah ikut menyebarkan kebaikan. Semoga menjadi kebaikan dan berkah untuk kita semua, aamiin yra.

 
Blogger Gathering Ramadan dari Hati dan Bukber Dompet Dhuafa
Bersama Teman-Teman Blogger

Blogger Gathering Ramadan dari Hati dan Bukber Dompet Dhuafa
Tim Dompet Dhuafa
 

Terima kasih Dompet Dhuafa atas undangan buka puasa bersama kali ini di tahun 2023. Semoga jalinan silaturahmi kita akan terus ada, semakin baik lagi dan bisa berkolaborasi menebar kebaikan. Sampai jumpa di kisah seru selanjutnya. Siap-siap menyambut Idulfitri, teman-teman. 


58 comments:

  1. asli bun asik bgt keliatannya, tema nya juga waw. Saya kira blogger bakal redup tapi masih banyak aktif ngadain events. Tapi entah bagaimanapun yg namanya tulisan tetep mutlak eksis ya. moga aja deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah :) Insya Allah tulisan di blog akan abadi selamanya aamiin.

      Delete
  2. Masha Allah senangnya bisa mengikuti acara tarhib Ramadan Dompet Dhuafa ya. Bener banget kak, semua yang berasal dari hati pasti akan membuat hati lebih terasa damai dan teduh.

    ReplyDelete
  3. Acaranya nampak seru, narasumbernya juga orang-orang yang berpengalaman. Makin optimis blogger masa depannya masih cerah. Masih banyak events yg melibatkan blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa depan blogger insya allah akan cerah dan eksis terus aamiin.

      Delete
  4. Waaah congrats dapat goodie bag juga Mbaaa.

    Di antara banyak lembaga amal, cuma DD yg aku percaya skr ini. Sejak ada kejadian lembaga amal besar yg ternyata menyalahgunakan dana umat, aku jadi males sedekah,donasi atau zakat lewat lembaga lain, ga yakin kelolanya bener. Tapi kalo DD ngerasain sendiri mereka selalu transparan, tiap bulan kasih report ke aku lewat email ttg laporan zakat atau sedekah. Aku juga pernah kurban lewat DD, dan itu Diksh lengkap laporan dan foto2nya . Makanya jadi yakin 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak Fanny :D Memang Dompet Dhuafa terpercaya dan transparan urusan dana umat. Alhamdulillaah ya.

      Delete
  5. Kalo ikutan acara begini tuh dapet infonya dari mana sih kak? Pengen gitu ikut acara kumpul sesama blogger, tapi gatau mantengin infonya dari mana.
    Btw acaranya seru banget, dan woodybagnya isinya full ehehehe. Semoga senantiasa bermanfaat dan semangat untuk Dompet Dhuafa yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. AKu dkk sering ikutan campaign Dompet Dhuafa misal diTwitter dll. Ada juga acara offline dengan narasumber dari Dompet Dhuafa dsb masih banyak lagi. Thanks mas. Coba aja cek IG dan Twitter-nya. Aamiin.

      Delete
  6. Wah asek sekali
    bisa ngumpul sesama blogger
    menunya enak dan lezat pula, sedap sekali
    Narasumber yang super, keren

    ReplyDelete
  7. Paling menyenangkan memang acara blogger gathering karena selain bisa ketemu teman2 blogger kita juga mendapatkan informasi dan tambahan pengetahuan untuk peningkatan kualitas diri ya.

    ReplyDelete
  8. Ramadan kemarin bermafaat ya dengan bukber bareng Dompet Dhuafa. Jadi ingat kalau dulu tuh gak kepikiran juga buat jadi penulis. Hidup memang kadang gitu ya. Well semoga program-program DD makin banyak membantu orang yang membutuhkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah bermanfaat sekali. Aamiin.

      Delete
  9. Alhamdulillah ya Mba, bisa hadir di acara bermanfaat kayak gini ya, bisa memberikan manfaat dan berasa manfaat banget jadi blogger ya. . terima kasih ya dompet duafa yang bikin acara ini

    ReplyDelete
  10. Selalu suka dengan pesan Dompet Dhuafa. Terinspirasi untuk berani berbuat kebaikan. Acaranya bermanfaat banget.

    ReplyDelete
  11. Kalau acara blogger gathering gini bikin saya iri lho mbak, udah lama banget nggak jumpa temen blogger.

    Btw senang ya bisa ikutan acara bermanfaat bareng DD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, iya mbak. Pas kebetulan aku lagi bisa join juga alhamdulillah.

      Delete
  12. Alhamdulillah ga cuma bukber, tapi bisa bersilaturahmi dengan Dompet Dhuafa dan teman-teman blogger, sekaligus dapat ilmu kepenulisan dan lainnya. Seru banget acaranya Mba Nurul. Wah ada juga nasi Sela Karangasem yang mantap pun goodie bag lengkap. Alhamdulillah

    ReplyDelete
  13. Hai mbak Nurul, seru ya bukber blogger bersama Dompet Dhuafa. Lihat tampilan Nasi Sela Bali begitu menggiurkan dan padat gizi. Aku belum cobain nih, penasaran seperti apa. Btw cari dimana ya nasi ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru dong hehehe. Coba di resto2 masakan Bali deh.

      Delete
  14. Mbaaaa seru banget sih acanya. Blogger gathering sambil buka bersama dengan DD diisi narsum2 kece. Mas Kurniawan Gunadi aku juga baca-baca buku beliau dan udah follow sejak dari Tumblr lho. Puitis beutt deh.
    Btw, enak banget ya Nasi Sela Bali, ada ayam betutu nya juga wkwkwk jadi salfok. Semoga ada acara keren kek gin di Malang juga yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa, seru banget, alhamdulillaah. Keren ya beliau :D SIp mbak.

      Delete
  15. Seruu mba. Keren ya mas Gun..
    Acaranya DD ini bermakna sekali wah ada capa ituu kemeja hijau pegang mic yeay beruntung ya mba 😍. Oiaaa menunya bikin ngiler deh 😍.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren dong! Hahahaha beruntung dapat goodiebag istimewa dari DD :) Alhamdulillaah.

      Delete
  16. Selain banyak sharing yang bermanfaat, acara Blogger Gathering bareng Dompet Duafa ini super banget. Menunya enak-enak banget di rumah makan Sarwono.

    ReplyDelete
  17. masyaallah seru sekali acara buka bersama dengan dompet dhuafa, banyak sharing yang bermanfaat juga ya

    ReplyDelete
  18. aku kemaren diundang ini ama mba heni cuma karena dah pindah lokasi jadi ga kesana seru ya mak tapi memang DD bermanfaat banget buat banyak orang

    ReplyDelete
  19. Salut banget sama Dompet Dhuafa. Acaranya selalu memberi semangat kita semua untuk terus bergerak bersama dalam perannya masing-masing. Terharu banget setiap Dompet Dhuafa bikin acara gathering blogger begini.. Barakallahu fiikum, DD and team.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barakallah Dompet Dhuafa yang selalu menginspirasi kita semua.

      Delete
  20. Moga dompet dhuafa terus amanah dengan tanggung jawabnya, goodie bagnya bikin pengen

    ReplyDelete
  21. Semoga dompet dhuafa semakin banyak yg terbantu.dan banyak yg ikut membantu ju

    ReplyDelete
  22. Wah, senangnya bisa ikutan acara gathering Ramadan bersama Dompet Dhuafa
    Semoga Dompet Dhuafa semakin banyak menebar manfaat

    ReplyDelete
  23. Semoga nanti ada juga di Surabaya supaya makin banyak orang orang Jawa Timur dan sekitarnya menyalutkan donasinya di sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah semoga ada di Surabaya acara semacam ini bersama DD :)

      Delete
  24. wah seru banget ya, mbak bukber sambil dapat ilmu kayak gini. jadi penasaran juga nih sama menu berbukanya yang menggunakan menu khas bali gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah. Dapat ilmu dan bisa bertemu dengan teman2 blogger yang sudah lama ga bertatap wajah.

      Delete
  25. Kita sebagai bloger turut membantu syiar kebaikan yang dilakukan Dompet Dhuafa ya, Mbak. Btw seru sekali blogger gathering dan buka puasa bersamanya :)

    ReplyDelete
  26. Wahh seru ya bukber sambil mendapatkan ilmu, semoga Dompet Dhuafa semakin banyak menebarkan manfaat buat masyarakat Indonesia, jadi mupeng sama menu bukbernya.

    ReplyDelete
  27. Serunya bisa gathering bareng temen-temen blogger dan Dompet Dhuafa. Silaturahmi dan saling menebar kebaikan, ya. Semoga selalu bisa terjaga ya simibiosis mutualisma yang terjadi ini. Btw, aduh... aku ngiler nih lihat hoodie suiternya. Hehehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang sekali tentunya, alhamdulillaah. Aamiin yra.

      Delete
  28. wah seru mak bisa ikut buka bersama Dompet Dhuafa karena biasanya acaranya seru dan mengispirasi. ga cuma buka bersama aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah bisa meet up teman2 blogger plus dapat ilmu kepenulisan juga.

      Delete
  29. Acaranya seru dan bermanfaat ya Mak, enggak sekedar bukber tapi juga nambah wawasan.
    Dompet Dhuafa ini sedari dulu programnya selalu keren sih.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.