Daftar Isi [Tampilkan]

Punya nyali berada di tempat sempit dan gelap? Sudah pernah mampir ke Gua Kiskendo? Gua ini merupakan salah satu geowisata ikonik di Kulon Progo, Yogyakarta. Sejak ditemukan pada tahun 1820 silam, tak sedikit wisatawan domestik maupun mancanegara yang berminat untuk berkunjung. Ini pengalaman kami dadakan mampir ke Gua Kiskendo. Seperti apa rasanya?  

 
Wisata Gua Kiskendo Kulon Progo Yogyakarta
 

Momen lebaran tahun 2022 lalu, aku bersama Aa Rahmad, Rafa dan Fakhri menyempatkan liburan ke Malang, Solo dan Yogyakarta. Kami paling niat menghabiskan waktu di Jogja. Paling senang juga deh berwisata di kawasan Kulon Progo. Udaranya sejuk, segar dan suasanya pun menenangkan. Berbagai destinasi cocok untuk wisata edukasi dan belajar sejarah secara riil.

 

Wisata Gua Kiskendo Kulon Progo Yogyakarta
Gerbang Masuk Gua Kiskendo

Lokasi

Gua Kiskendo terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan berada di perbatasan antara Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Gua Kiskendo memiliki kedalaman sepanjang 1,5 kilometer di dalam bumi Bukit Manoreh.  

Wah, terbayangkah jika kita masuk ke dalam gua dan menyusurinya sampai ujung sana? Teman-teman ada yang berani atau sudah pernah? Berdasarkan pengalaman kami, di dalam gua terdapat dua arah atau cabang yang cukup besar. Stalaktit dan stalakmit di dinding-dinding Gua Kiskendo ini pun cukup banyak.  

 

Wisata Gua Kiskendo Kulon Progo Yogyakarta
Panduan/ Peta Gua Kiskendo

Baca:

Cave Tubing Goa Pindul

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Gua Kiskendo memiliki fasilitas lahan parkir yang cukup luas, toilet umum, musala dan pendopo untuk tempat istirahat.Di dekat gua ini ada 3 objek wisata lainnya yakni Gua Sumitro, Gunung Kelir dan Watu Blencong. 

Jam buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Harga Tiket masuk sangat murah yakni hanya sebesar Rp6.000,00 saja. Untuk biaya jasa pemandu harganya tidak dipatok, bebas mau berapa saja. Parkir motor dikenakan biaya Rp2.000,00 sedangkan mobil Rp5.000,00.  


Wisata Gua Kiskendo Kulon Progo Yogyakarta
Fasilitas dan Tiket Masuk Gua Kiskendo
 

Legenda

Berdasarkan informasi yang aku dapatkan dari laman Wikipedia, Gua Kiskendo ditemukan pertama kalinya pada tahun 1820. Kala itu gua digunakan oleh petapa untuk mencari ketenangan batin. Awalnya, gua ini dibuka pada tahun 1964 sebagai tempat wisata bagi mereka yang berminat secara religi untuk pertapaan. 

Kabarnya sih, penemu Gua Kiskendo bernama Ki Gondorio. Pada tahun 1700-an, sang petapa sekaligus juru kunci gua ini pernah bermimpi memasuki sebuah gua yang menyerupai kerajaan. Dalam mimpinya, ia memperoleh petunjuk menamai 15 ruangan di dalam gua. Kemudian ia pun mengikuti semua petunjuk sesuai mimpinya. 

Berdasarkan mitos pewayangan, konon Gua Kiskendo adalah tempat pertempuran sengit antara raja dan patihnya, melawan kakak beradik yang diperintahkan dewa untuk merebut dewi cantik yang diculik. Dahulu kala, gua ini adalah kerajaan yang dipimpin oleh Mahesosuro.Versi lain mengatakan bahwa gua ini merupakan duplikat dari gua yang berada di India.

Gua Kiskendo kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 1974 sebagai objek wisata andalan di Yogyakarta. Di tahun 1979 Dinas Pariwisata Provinsi DIY membeli 17 kavling tanah warga di sekitar gua, Gua Kiskendo dikelola secara resmi dan diserahkan kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo, di mana sejak tahun 2005 membina masyarakat sekitar untuk menjadi kelompok sadar wisata Kiskendo.  

Baca juga: Wisata Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro Melawan Tentara Belanda

Dadakan Mampir ke Gua Kiskendo

Sebenarnya kami ga berniat untuk berwisata ke Gua Kiskendo ini. Awalnya ingin melewati area Kulon Progo yang jalan rayanya cukup luas dan halus aspalnya. Hanya sedikit kendaraan beroda dua maupun empat lalu-lalang, begitu juga orang-orangnya. Udara terasa segar dan sejuk, sehingga kita bisa menikmatinya dengan membuka jendela kaca mobil, matikan AC. 

Urusan saltum alias salah kostum terkadang membuat hati maju mundur, jadi atau ga mampir ke gua ini. Aku mengenakan blus, bukan kaos yang menyerap keringat. Pakai sepatu santai biasa dan tas kulit pula. Aa Rahmad, Rafa dan Fakhri sih kebetulan pas alas kakinya, pakai sport shoes.  

Setibanya di kawasan Gua Kiskendo, pengunjung bagaikan memasuki gerbang Dinosaurus hahaha. Area parkir bisa dibilang cukup, ga terlalu luas maupun sempit. Terlihat 2 orang laki-laki usia bapak-bapak sedang asyik mengobrol. Ada seorang ibu yang sedang duduk manis di kursi, tampak karcis atau tiket di atas meja kayunya. 

Ternyata super murah sekali harga tiket masuk Gua Kiskendo! Rasanya sangat ga percaya, kok bisa ya destinasi wisata yang alami dan indah ini dihargai seperti itu? Hmmm… Setelah membeli 4 tiket, kami berempat bergantian ke toilet dulu. Jadi, kita tuh mesti menuruni banyak anak tangga dan berjalan kaki melewati semacam hutan dan taman yang terdapat pendopo,  ayunan dan tempat duduk-duduk. 

 
Wisata Gua Kiskendo Kulon Progo Yogyakarta
Musala di Kawasan Wisata Gua Kiskendo

Terlihat ada sebuah musala di persimpangan jalan. Jadi jangan khawatir untuk salat kita bisa tunaikan di sana. Kami terus berjalan dan tak lama kemudian sampailah kami pada area mulut Gua Kiskendo. Oh ya, sebelumnya kami menikmati relief pahatan pada tembok batu di dekat mulut gua. Sepertinya relief tersebut menggambarkan tokoh-tokoh pewayangan Jawa.  

 
Wisata Gua Kiskendo Kulon Progo Yogyakarta
Relief Pewayangan Jawa

Ada juga relief pertempuran hebat yang diketahui ternyata merupakan perlawanan hebat antara Masosuro-Lembusuro melawan Sugriwo-Subali. Masih berdasarkan Wikipedia, ada bekas pertapaan di dalam gua ini dan dianggap keramat, antara lain Pertapaan Tledek, Kusuman, Padasan, Santri Tani, Semelong, Lumbung Kampek, Selumbung, Seterbang, dan Sekandang. Aku sempat berfoto dengan latar belakang relief sebagai kenang-kenangan. 

Susur Gua

Di samping pintu masuk gua terdapat papan panduan berkunjung dan sejarah singkat tentang Gua Kiskendo. Oh ya gaes, sebagai informasi, ada beberapa peraturan yang sebaiknya dipatuhi oleh para wisatawan yang hendak susur gua. Jika sedang datang bulan tidak boleh masuk. Dilarang membawa sesuatu selain foto, tak boleh meninggalkan sesuatu selain jejak, dan dilarang mengeluarkan kata-kata kotor. 

 
Wisata Gua Kiskendo Kulon Progo Yogyakarta
Siap Memasuki Gua Kiskendo


Wisata Gua Kiskendo Kulon Progo Yogyakarta
Di Tangga Mulut Gua Kiskendo

Bagaimana rasanya tiba di mulut Gua Kiskendo? Yakin berani masuk jika ga ada pemandu wisatanya? Ih, aku sih ogah. Ngeriii! Takut terjadi sesuatu di dalamnya. Apalagi kami belum tahu medannya seperi apa. Kalau berempat masuk ke dalam gua, tentu seram. Mau pulang aja deh hehehe. 

 
Wisata Gua Kiskendo Kulon Progo Yogyakarta
Menuruni Anak Tangga Gua Kiskendo


Wisata Gua Kiskendo Kulon Progo Yogyakarta
Di Dalam Gua Kiskendo


Wisata Gua Kiskendo Kulon Progo Yogyakarta
Ada yang Unik di Gua

Alhamdulillaah kehadiran seorang bapak tua, bisa dikatakan kakek lah, saat itu bagaikan oase di padang pasir eeaaa. Memang benar seperti yang diucapkan si ibu penjaga tiket di atas dan kedua lelaki tersebut bahwa akan ada seseorang yang bakalan bisa memandu pengunjung untuk menyusuri Gua Kiskendo ini. Rupanya bapak ini baru saja memandu pasangan orang tua dan anak kecil, lho.

Bismillaah, akhirnya kami jadi masuk gua. “Hati-hati melangkah. Licin”, seru si bapak. Itu tangganya terjal, walau ga berliku. Ada pegangannya tapi tetap saja terlihat menakutkan. Satu per satu menuruni anak tangga dan sampailah di lantai gua. Iya gelap, iya takut. Ah, dasar penakut! Fakhri dan papanya sih kelihatan berani. Sedangkan aku dan Rafa nyalinya 50:50 hahaha.

Itu tripod kenapa pakai dibawa juga ya, kan lumayan berat. Tripod ga dipakai, tapi selagi bisa memotret pakai DSLR Nikon ya dicoba saja hehehe. Bawa diri aja sulit, apalagi foto-fotoan pakai kamera hahaha gemes. Handphone memang selalu jadi andalan memotret kapan saja dan di aman saja nih. Alhamdulillaah foto sekeluarga dapat juga dibantu si bapak dan menggunakan tongsis.

Ternyata niat yang keliru karena belum melihat medan Gua Kiskendo yang jauuuuh penampakannya dari Gua Belanda maupun Gua Jepang. OMG, ya namanya juga ga sengaja mampir ke sini wakakakakak. Si bapak ini orang yang menjaga Gua Kiskendo sejak lama sekaligus menemani, memandu wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung, terutama khusus menjelajah gua.

Jangan ditanya rasanya! Seruuuuu banget dan super deg-degan kayak sport jantung. Serius, ini benar-benar menguras tenaga. Keringan mulai bercucuran, lelah, takut, deg-degan sekaligus senang. Kok dadakan jadi masuk ke Gua Keiskonedo, gitu lho hahaha. Tapi memang jarak tempuh kami secukupnya saja yang dirasa aman menurut bapak tersebut.  

 
Wisata Gua Kiskendo Kulon Progo Yogyakarta
Perjalanan Susur Gua Kiskendo

Memang benar ada 2 percabangan gua, ke kanan dan kiri. Pilih yang mana? Kami ikuti saja arahan si bapak. “Yuk, kita menuju gua di sebelah kanan. Nanti kita akan menemukan tempat pertapaan yang konon dahulu kala sering digunakan untuk bertapa, sembahyang dan sebagainya”. 

 
Wisata Gua Kiskendo Kulon Progo Yogyakarta
Serunya Foto-Foto dalam Kegelapan Gua Kiskendo

Wisata Gua Kiskendo Kulon Progo Yogyakarta
Spot Foto Favorit Pengunjung

Aku tuh si paling penakut deh. Takuuut jika saat berjalan beriringan kebagian paling depan atau belakang. Terbayang-bayang ada yang menyeret, seperti di film-film horror atau hantu-hantuan begitu wkwkwkwk. Si bapak bergantian, kadang beliau berada di paling depan, kadang paling belakang. Yang penting kami semua menyalakan handphone. Oh ya, ada lampu senter juga kok disediakan bapak. Alhamdulillaah. 

 
Wisata Gua Kiskendo Kulon Progo Yogyakarta
Tak Menyesal Susur Gua Kiskendo Walau Hanya Jarak Dekat


Wisata Gua Kiskendo Kulon Progo Ypgyakarta
Akhirnya Keluar Juga 😄

 

Wisata Gua Kiskendo Kulon Progo Ypgyakarta
Senangnya Bisa Wisata Gua Kiskendo Kulon Progo
 

Sampai saat ini masyarakat setempat masih menganggap Gua Kiskendo sebagai tempat keramat sesuai legenda maupun mitosnya. Ada beberapa pantangan bagi pengunjung untuk dipatuhi demi kebaikan bersama. Dilarang menghina atau merusak keadaan gua, tidak boleh membuang kotoran di dalam gua, termasuk berbuat hal-hal di luar batas kesopanan. 

Baca: Rummah Go'A Dik Doank

Teman-teman, itulah cerita singkat aku sekeluarga dadakan mampir ke Gua Kiskendo di Kulon Progo, Yogyakarta. Kalau ditanya, mau lagi ga berkunjung ke sana? Ya, mau dong! Hahaha. Yuk, ikutan! Supaya kita punya pengalaman seru berada di tempat sepi, sempit dan gelap.


66 comments:

  1. Aku pernah rame2 ke goa Pindul, dan pastinya gak akan berani masuk goa sendirian. Apalagi tanpa pemandu, gak akan coba2 deh. Ohya, kalau boleh tahu, tiket masuknya berapa ya? Tiket masuk sudah termasuk sama pemandunya kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dibaca pelan2, kan udah ditulis di bagian fasilitas dan harga tiket masuk, mbaeeee 😁😅🙏 Jadi berapa hayoooo HTM-nya?

      Delete
  2. Aku tuh kalau masuk gua agak takut terus nafas jadi sesek karena gak ada udara segar. Maunya cepet keluar saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi udah parno duluan kadang ya, bun:D

      Delete
  3. Yang paling serem kalau di gua itu memang ruang sempitnya. Tapi kiskendo ini lega kok, ya

    ReplyDelete
  4. wah jogja nih, gak terlalu jauh sebenarnya. masuk goa tapi sudah ada jalan setapaknya begitu, pasti relatif lebih aman lah ya, dibanding goa yang belum ada jalannya. kayaknya, meski saltum, enggak gagal dong susur guanya. kapan-kapan mampir juga ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada jongkok2nya juga, mbak. Mayan buat olahraga wkwkwkwk :D Iya, yuk mampirin :)

      Delete
  5. Kalau saya lebih takut ada binatang melatanya, Kalau saya ke sana kayaknya bakal pilih di posisi tengah, biar diapit ahhaha. Makanya kalau mau ke goa, bakal banyak nanya dulu. Pakai pemandu udah wajib, deh. Kecuali kayak di beberapa goa yang udah jadi tempat wisata lumayan ramai. Biasanya ada penerangan di dalamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha posisi di tengah paling aman ya :D Bener, kudu ada pemandunya supaya hati kita lebih kita tenang.

      Delete
  6. Aduhh.. Aku berani nhak ya mbak, keknya gelap uhuhu. Pengap dan lembab ngak sih tuh mbak Nurul?

    ReplyDelete
  7. seru banget ya mbk bisa berkunjung ke Gua Kiskendo di Kulon Progo apalagi bisa masuk menelusuri guanya pasti penagalaman seru deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kunjungan dadakan ke Gua Kiskendo seruuuuu banget :D

      Delete
  8. Petugas gak sediakan atau sewa patromak atau baterai isi ulang LED nih? Biar kelihatan jelas dalam gua krisendo

    ReplyDelete
  9. Kayanya aku bisa nih ke Gua Kiskendo Kulon Progo. Dibanding Gua Pindul yang kudu basah-basahan, ini lebih oke buatku karena paling gelap-gelapan aja. Tetap kudu bawa penerangan ya biar bisa lihat dalamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. ASyik nih ga basah-basahan kayak di Gua Pindul :D

      Delete
  10. Aku cuma 1x deh mba Nurul ke goa tuh. Udah lama. Blm pernah sama anak2. Kayaknya kudu dicoba 😂 cuma nih yg paling kecil masi atut2 dalam kegelapan. Iya paling enak pakai hp ya pas moto2 satset. Aku jg pas jalan sama anak2 gitu bawa kamera cuma suka nggak aku pakai remping megangin anak2 🤣.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu si kecil gedean aja mbak, ntar diajak susur gua hehehe :D Iya, hp andalan banget buat foto2.

      Delete
  11. Menarik banget ini mak Nurul, aku belum pernah nih nyobain susur goa. Kalau ke tempat yang bersejarah dan belum pernah, memang wajib dipandu sih agar lebih tau secara lengkap ceritanya ya mak. kadang nih aku suka penakut kalau ke tempat yang seperti ini, tapi penasaran juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agendakan kapan2 main ke Gua Kiskendo. Wisata Kulon Progo cantik2 loh.

      Delete
  12. Baru tahu gua ini mbak, menarik sekali ini tempatnya buat belajar sejarah. Guanya gelap banget ya,jadi harus hati-hati karena udah pasti jalan di area gua itu licin

    ReplyDelete
  13. Seru banget nih susur goa, untungnya aman ya mba, paling takut kalau di goa ada hewan melata, ular lipan dan sejenisnya. Tapi seru nih deg degan asyik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman insya allah :) Jangan sampai ketemu ular dkk hiiiyyy ngeri wkwkwkwk :D

      Delete
  14. Sampe sekarang aku belom berani deh wisata ke goa2 gitu. Dulu waktu ke yogyakarta bareng temen2 sempat ada di list destinasi, tapi bukan goa kiskendo sih. Aku auto hapus. Keburu takut duluan, ngebayangin gimana kalau longsor batu di dalem 😅😅 separno itu ya aku..😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha padahal susur gua itu walau bikin deg-degan tapi mengasyikkan loh. Kapan2 dicoba ya :)

      Delete
  15. kalau ga ada si bapak pemandu, aku juga ga bakal mau masuk guanya itu
    duluuu pernah main ke gua maharani itu udah dikelola dengan baik, ada lampunya di dalam gua jadi enak aja jalan tanpa pemandu. Tapi Gua Kiskendo kan beda, kelihatan hasil fotonya itu pakai flash karena di dalam emang gelap. Lumayan sih udah dibuat track tangga gitu walau licin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benerrr.... :D Ga ada lampu di dalam gua kecuali dari cahaya flash dan hp aja :)

      Delete
  16. Pasti menyenangkan bisa ke tempat wisata begini bareng anak-anak. Jadi bisa tempat bermain sekaligus belajar karena bertualang di alam

    ReplyDelete
  17. Wahh seruuu banget Mbak menyusuri Gua Kiskendo yang sempit dan gelap seperti itu. Mana tiketnya murahhh banget ya.
    Aku pun gak akan berani masuk ke gua kalau gak ada pemandunya.
    Btw itu apa ya Mbak yang warnanya kuning menjulur seperti lidah di dalam gua? Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sempit di tempat tertentu di mana kita mesti berjalan sambil jongkok. Tapi ada juga yang luas areanya, bisa jalan biasa aja. Itu stalaktit mbak, jumbo ya?

      Delete
  18. Wah iya, wisata gua ini seru juga ya mbak
    Aku terakhir wisata gua sebelum. Pandemi
    Di. Gua maharani Lamongan

    ReplyDelete
  19. Outfitnya kudu nyaman nih.. Sejujurnya, aku gak phobia ruang sempit dan gelap, tapi kalau lihat gua, kaya yang merinding gitu kak Nurul..
    Kaya fotonya kak Nurul, baru liat aja...bulu kudukku langsung berdiri. Subhanallahu~

    Kekayaan Indonesia akan budaya ini memang patut dilestarikan sehingga bisa menjadi kekayaan yang di explore bagi pemerintah daerah setempat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai baju yang nyerap keringat aja dan sepatu olahraga yang nyaman plus tas kecil udah cukup.

      Delete
  20. Guanya lumayan luas yo Mbak, kalau ga ketemu si bapak guide, mungkin balik atau jelajah sedikit nih. Jadi ingat pernah jelajah gua Jepang tapi memang beda dengan gua Kiskendo. Ingat juga waktu kecil 2x mampir gua di area Tuban kan kurleb gini jalannya.

    ReplyDelete
  21. ini tiketnya termasuk murah ya, Mbak :) Alhamdulillah ada pemandunya ya, kalau ke Kulon Progo wajib mampir nih :)

    ReplyDelete
  22. Pengen banget ngabolang ke tempat seperti ini...cocok buat yang gemar kegiatan outdoor

    ReplyDelete
  23. Aku belom pernah ke goa ini 😁 semoga next time bisa mampir ke sini kalo ke kulon progo

    ReplyDelete
  24. Kalau masuk sini, aku belum pernah, mbak. Tapi melintasi jalan ini dengan sepeda pernah. Salahs atu tanjakan paling berat dan populer di Jogja bagi pesepeda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mantap mas Sitam gowesnya sampai Kulon Progo :D Jalan rayanya memang mulus dan lebar ya.

      Delete
  25. Pengalaman berharga ya Mbak, deg-degan banget bacanya kalau aku stres masuk tempat sempit begitu..seram banget...fiuhhh untung ada pemandu ya

    ReplyDelete
  26. Seru nih susur guanya. Btw itu ada kayak stalaktit kah mba yang nempel di atas gua seperti kristal? Atau bukan?

    ReplyDelete
  27. Wah udah lama gak jalan2 ke Yogyakarta, terakhir itu 2018an sebelum pandemi.. jadi kangen deh baca tulisan ini, kapan2 mau main ah kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIp mbak, Ntar liburan lebaran bisa main ke Jogja :D

      Delete
  28. Hiiy aku tuh rada claustrophobia jadi kalau berkunjung ke gua sepertinya akan aku skip

    pernah waktu jaman Ospeknya Manunggal Bhawana terpaksa (baca : terpaksa) main ke gua di Citarum, kebayang kan, aku ngga mau masuk sama sekali lebih ke dalam!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya mbak? Hihihihihii kalau gitu ga usah main ke gua hehehe.

      Delete
  29. Salah satu tempat wisata impian nihhh, belum kesampean ke sana. Liat foto-foto nya jadi mupeng pengen ke sana 😭

    ReplyDelete
  30. Waaah aku malah belum pernah main ke Kulon Progo mbak. Seru juga ya main ke gua. Ku belum pernah ajak anak-anak ke gua. Hehehe. Kapan kapan pas pulkam bisa dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget. Udaranya masih segar, sejuk, adem :) SIp mbak semoga bisa terlaksana.

      Delete
  31. Aku termasuk yang bergidik kalau harus masuk goa. Mungkin karena sensitif ya. Apalagi goa Kiskendo ini pernah dipakai untuk pertapaan dan usianya sudah ratusan tahun. Terkadang sering menemukan sesuatu yang "istimewa" dan di luar dugaan. Tapi bolehlah dicoba kapan pas ke Jogjakarta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi...iya seih takut juga. Tapi selama bersama dan banyak berdoa insya allah aman :)

      Delete
  32. Penasaran dengan gua Kiskendo tapi keder juga ya masuk ke dalam, hihi kayak sesak gitu lihatnya, kalau ada pemandu lebih PD dan lebih nambah wawasan tentang tempatnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ALhamdulillaah ada si bapak pemandu plus kuncen gua :D

      Delete
  33. wah belum pernah nih mba Nurul, aku paling banter ke Goa pindul doang haha. Next time pengen coba explore Goa Kiskendo di Kulonprogo ini deh, menarik dan aku suka yg menantang gini nih heehe

    ReplyDelete
  34. Kadang aku tuh ga abis pikir kok orang zaman dulu berani amat ya masuk ke goa yg dulu belum jelas 🤣. Aku sih pertama langsing kepikiran ular mba. Biasanya mereka seneng bersarang di tempat begini 😂

    Tapi kalo udah dijadiin objek wisata aku ga masalah masuk. Tetep harus ada pemandu juga, biar ga nyasar 🤣. Teus kan enak ya kalo ada guide yg ceritain sejarahnya, jadi lebih paham

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.