Daftar Isi [Tampilkan]

Hai, teman-teman apa kabar? Pernahkah kalian terkena pilek atau flu saat suhu dingin? Atau mungkin, kalian merasa hidung sering gatal, meler, dan sulit bernafas tanpa sebab yang jelas? Sudah tahu belum, baru-baru ini ditemukan fakta menarik tentang pilek biasa dan pilek karena alergi?

Tips Mengatasi Pilek Alergi
 

Awalnya, ada seorang teman yang mengeluh soal pilek yang tak kunjung sembuh selama berminggu-minggu. Tentu hal ini mengganggu banget dong. Sebagai bestie, akupun memberikan beberapa saran yang mungkin bisa membantu mengatasi pileknya.

Apalagi di kondisi cuaca yang sering hujan seperti belakangan ini, aku pikir wajar lah kalau kita jadi gampang sakit. Namun, setelah beberapa kali berkonsultasi dengan dokter, temanku akhirnya mengetahui bahwa apa yang ia alami sebenarnya adalah alergi rhinitis. Hal ini membuatku tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut tentang perbedaan antara pilek biasa dan alergi rhinitis, serta bagaimana mengenali gejala-gejalanya.   

Baca: Tips Makan Enak dan Enzim Pencernaan Sehat

Baik pilek biasa maupun pilek alergi ternyata seringkali disalahartikan sebagai hal yang sama oleh banyak orang. Sebenarnya kedua kondisi ini disebabkan oleh hal yang berbeda, lho. Di artikel kali ini, aku akan mengupas secara singkat apa sih bedanya antara pilek biasa dengan alergi rhinitis, serta bagaimana mengenali perbedaannya agar kita bisa mengobatinya dengan tepat, supaya pilek cepat reda.

Gejala Pilek Biasa VS Pilek Alergi

Pertama-tama, mari kita bahas mengenai pilek biasa atau yang lebih dikenal dengan istilah "common cold". Pilek biasa terjadi ketika virus menyerang saluran pernapasan atas, yaitu hidung dan tenggorokan.

Beberapa gejala yang umum terjadi pada pilek biasa antara lain hidung tersumbat, bersin-bersin, batuk, dan kadang-kadang disertai dengan sakit kepala dan demam ringan. Selain itu, pada pilek karena alergi, gejala yang muncul biasanya lebih terfokus pada hidung dan mata, sedangkan pada pilek biasa, gejala bisa lebih bervariasi.

Durasi Pilek Biasa VS Pilek Alergi

Pilek biasa umumnya sembuh dalam waktu satu hingga dua minggu dengan sendirinya, tanpa memerlukan pengobatan khusus. Sementara itu, pilek karena alergi (disebut juga dengan rhinitis) merupakan kondisi di mana sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan terhadap zat tertentu yang masuk ke dalam tubuh, seperti serbuk sari, debu, atau bulu binatang.

Gejala yang umum terjadi pada alergi rhinitis antara lain hidung tersumbat, bersin-bersin, gatal pada hidung dan mata, serta mata merah dan berair. Ternyata pilek alergi bisa terjadi sepanjang tahun (disebut sebagai alergi rhinitis persisten), atau hanya pada musim tertentu (alergi rhinitis musiman).

Salah satu perbedaan utama antara pilek biasa dan alergi rhinitis adalah lamanya gejala. Pilek biasa umumnya sembuh dalam waktu satu hingga dua minggu, sedangkan pilek yang disebabkan oleh rhinitis alergi bisa terjadi sepanjang tahun atau hanya pada musim tertentu.

Pengobatan Pilek Karena Alergi

Pengobatan untuk pilek biasa biasanya hanya bersifat simtomatik, yaitu meredakan gejala, seperti mengonsumsi obat pereda nyeri dan demam, atau meminum ramuan hangat seperti madu dan lemon. Sementara itu, pengobatan untuk pilek karena alergi atau rhinitis bisa meliputi penggunaan obat-obatan seperti antihistamin, dekongestan, atau kortikosteroid, serta menjauhi zat apapun yang bisa menjadi penyebab alergi.

Yuk, baca juga: Cara Mengatasi Panas Dalam di Tenggorokan

Ada Hikmahnya

Gejala alergi rhinitis yang tak kunjung sembuh tidak hanya dapat membuat penderitanya merasa tidak nyaman, tetapi juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Beberapa gejala yang sering muncul seperti hidung tersumbat, bersin-bersin, gatal pada hidung, serta hidung berair, dapat menghambat kelancaran berbagai aktivitas seperti bekerja atau bersekolah.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengenali gejala-gejala tersebut dan melakukan tindakan pencegahan yang tepat untuk mengatasi alergi rhinitis agar tidak mengganggu kualitas hidup kita. Terkadang, kita sering menganggap bahwa gejala pilek yang kita alami hanya biasa-biasa saja. Padahal bisa jadi itu adalah tanda-tanda alergi rhinitis yang perlu diatasi dengan serius.

Baca: Cara Mengatasi dan Mencegah Iritasi Kulit pada Bayi dengan Krim Ruam Popok

Semoga artikel ini bisa menjadi pengingat bagi kita semua untuk lebih memahami kedua kondisi ini. Dengan memahami perbedaan antara kedua kondisi ini, kita bisa mengambil langkah-langkah yang tepat dalam mengatasi gejala yang muncul, termasuk dalam hal mencegah agar gejala tidak semakin bertambah parah.



52 comments:

  1. Aku mbak, kalau bersih-bersih rumah, pasti nggak lama kemudian bersin-bersin dan hidung berair, dugaan selama ini sih karena kena debu. Dan emang, walau nggak berlangsung lama, tapi menyiksa juga rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kudu dijaga banget ya apalagi kalau kena debu :(

      Delete
  2. jadi begitu ya bedanya mba, kalau anak aku ada sinus ternyata saat di rontgen. Iya betul banget mengganggu kegiatan pilek alergi. Kata dokter harus aware dengan yg membuat alerginya muncul ya mba. Ada juga yg alergi serbuk pada bunga, ponakan aku. :D jadinya waspada kalau ke tempat wisata yg banyak bunganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya beda2 apa pencetus alerginya, kudu diwaspadai.

      Delete
  3. Anak saya yang pertama, alergi udara dingin. Selalu pilek dan bersin terus. Biasanya di bulan puasa, dia akan terus-menerus bersin dan hidungnya tersumbat karena bangunnya lebih pagi dari biasa. Udara lebih dingin. Tapi, kalau udaranya udah hangat, akan hilang sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suami dan anak sulungku yang punya alergi di pagi hari suka bersin2 pilek nih.

      Delete
  4. Dengan mengenali gejalanya, jadi lebih mudah juga untuk penanganan awalnya ya.. jadi harus aware sama sinyal tubuh, jika dirasa sudah ada gejala, maka jangan dibiarkan, tapi harus segera dilakukan upaya pencegahan agar pilek dan alergi tidak lebih berat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Kalau sudah tahu punya alergi biasanya sudah paham apa yang harus dilakukan sedini mungkin :)

      Delete
  5. Kalau ngecek di dokter bisa gak ya? Aku tiap berobat ke dokter umum biasanya dikasih obat buat alergi (dekongestan,antihistamin) tapi habis itu ya beneran sembuh 🤔

    ReplyDelete
  6. Yang penting pencetusnya dicegah ya harus sering sering di bersihkan biar gak ada debu sehingga pilek alergi bisa di hindari

    ReplyDelete
  7. Molly banget ini suka pilek krn alergi. Kadang matanya sampe merah dan berair. Paling bener emang menghindari zat pemicu alergi. Makanya molly gak terlalu suka bersih2 soalnya alergi debu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kasihan Molly alerginya sampai begitu :(

      Delete
  8. Aku tuh pernah gini, kalau gak cocok dengan udara di rumah atau tempat tinggal manapun aku reflek kayak orang pilek. Kadang bisa bersin-bersin, tapi nanti kalau sudah bersih mah gak akan ada lagi itu bersin dan pileknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti memang kondisi ruangan atau tempat harus bersih ya.

      Delete
  9. Aku lumayan sering kena pilek terus pas tiba waktu dingin atau berdebu, langsung bersin-bersin. Asli emang gak nyaman sih. Tapi bersyukurnya masih aman, gak sampai gimana-gimana

    ReplyDelete
  10. Ada keponakan saya yang alergi dingin. Jadi setiap ke Bandung, dia pasti bersin-bersin terus lanjut seperti yang pilek, gitu. Tapi begitu dia pulang ke rumahnya yang berhawa panas, gejala pileknya langsung hilang.

    ReplyDelete
  11. Adekku nih, kerjanya pilek kalau udah kena debu dikit atau cuaca lagi dingin. Emang kalau alergi ini sebenernya ada faktor keturunan juga si teh. Kalau aku bukan pilek, kalau lagi dingin gitu malah suka kaligata. Emang beda-beda sii reaksinya ya ke masing2 orang. Kalau anakku, kena manis dikit dari permen atau coklat juga batuk, tapi batuk alergi gituuu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada faktor keturunan. Kayak suamiku eh nurunin alergi ke anak sulungku hihihi :D

      Delete
  12. Ternyata pilek banyak ragam dan penyebabnya ya. Pilek karena flu berbeda dengan pilek karene alergi. Yang paling sering tuh alergi dingin atau debu, aku suka bersin-bersin trus hidung meler..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Menjaga kebersihan itu prioritas berarti yaa.

      Delete
  13. Wah ini yang diderita oleh mamaku mbak
    Beliau pilek alergi, karena debu juga apalagi
    di pagi hari atau saat cuaca dingin

    ReplyDelete
  14. Oh ternyata kalau pilek yang susah sembuh ini karena alergi ya? Saya belum periksakan anak sulung saya sih, soalnya dia tiap pagi juga pilek, bersin, dan hidung memerah. Tapi kalau siang enggak, pagi aja pas udara dingin. Mngkin gak sih mbak alergi sama udara dingin? Meski alhamdulillah dia sehat-sehat saja hanya yaitu bersin-bersin mulu tiap pagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Periksakan aja ke dokter biar tahu pencetusnya dan cara mengatasinya agar lebih nyaman.

      Delete
  15. Akuu maak sekeluarga alergi debu alergi dingin bisa dipastikan bersin bersin tiap pagi apalagi kalau dingin. Tapi kalau udaranya bersih sih gak...

    Sudah sejak kecil sih apalagi kalau bersih2 dipastikan bersin2 dan mbeler idung gatal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udara di tempat atau negara lain yang bersih ga bikin suamiku timbul alerginya.

      Delete
  16. Wah thanks for sharing mbak...aku baru ngeh nih perbedaan pilek biasa sama pilek alergi. So far tidak pernah memerhatikan dan juga tidak pernah cari tahu. Mungkin karena belum bersinggungan dengan keluarga/teman yang kena pilek alergi. Kalau anakku alergi, tapi sejauh kutandai sih alergi makanan dan obat tertentu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Iya, perhatikan cuasa dan asupannya aja.

      Delete
  17. Yang alergi begini suamiku....kak.
    Dan sempet bolak-balik ke dokter spesialis juga untuk mengurangi bersin-bersinnya. Karena beneran mengganggu kalau sudah terlalu sering.

    Jadi saat ini yang perlu diperhatikan selain asupan makanan adalah lingkungan yang bersih dan tidak berdebu. Make air purifier ini salah satunya...yang ngebantu banget atasi pilek alergi.

    ReplyDelete
  18. Suamiku alergi banget kalau udah banyak debu sampai parah bersin dan flu-nya. Kalau udah tahu pencetusnya sih enak juga jadi cepat tahu cara mengatasinya ya, terutama kalau ke lokasi yang banyak debu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya samaan kita mbak, suami yang kena alergi kayak gini.

      Delete
  19. Kemarin waktu musim hujan lagi deres2nya kyknya aku jg kena alergi deh, batpil gak sembuh2 sampai daalm 3 minggu 3x ke dokter haha. Begitu dah muncul matahari alhamdulillah sembuh.
    Emang kudu tahu gejalanya supaya dapat obat yang tepat ya mbak. Kalau ke dokter kudu sampaikan sebenar2nya biar tegak diagnosanya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lama juga ya hihihi... Betul, lebih baik dicek ke dokter.

      Delete
  20. Wah iya anakku kl ac kamar kedinginan, suka pilek. huhu. Brrti bisa karena pilek alergi yaaaa.. Iya sih, kalr jemuran bentar pileknya langsung ilaaang. wehehhe

    ReplyDelete
  21. Ini anakku banget, ga bisa kena dingin mba. Tapi kalo disuruh tidur tanpa aca ga bisa juga 🤣🤣. Puyeng memang . Apalagi dia suka juga liburan pas winter. Jadinya ditahan2 terkadang. Paling tetep bawa obatnya ,dan pakaian dijaga proper, supaya badannya ga kedinginan banget. Pusing memang kalo flu Krn alergi ini. Suamiku alergi debu, suka bersin2. Tapi di rumah ada kucing. Terkadang, walopun bulu kucing bisa jadi pemicunya, tapi Krn kami sekeluarga sayang banget, jadi ngalah. Ya udahlaah, drpd disuruh ngebuang mereka, suamiku lebih milih ttp ketrigger alerginya. Sayangnya ke mereka msh lebih gede soalnya 😁. Ga akan tega kalo disuruh buang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha namanya sangat sayang kucing :D Wah, iya anaknya kasian juga bingung pakai AC dan ga jadi diatur2 ajalah gimana baiknya kwkwkwkwkwk :D

      Delete
  22. Suamiku nih mbak pilek alergi gini. Hampir siap pagi bersin bersin. Memang dari kecil begitu. Eh, sekarang nurun ke anak kedua, haha

    ReplyDelete
  23. Aku termasuk yang nggak bisa kena udara dingin mbak bisa langsung kambuh pilek alergiku dan bersin-bersin tanpa henti. tapi kalau aku kadang cuma sehari dua hari aja alerginya jadi nggak sampai harus minum obat anti alergi

    ReplyDelete
  24. aku suka pilek dan mampet kalau cuaca dingin atau ac terlalu dingin pas pagi-pagi bangun tidur. tapi biasanya cuma sebentar aja dan pas siang udah gk pilek lagi

    ReplyDelete
  25. jadi kalau pilek alergi itu fokusnya di hidung dan mata, ya. baru tahu aku. selama ini bingung membedakannya

    ReplyDelete
  26. Anakku suka pilek karena dingin tapi sekarang sudah membaik seiring bertambahnya usia ya..ternyata beda ya pilek biasa dengan karena alergi

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.