Daftar Isi [Tampilkan]

CEO atau Chief Executive Officer adalah sebuah posisi tertinggi di sebuah perusahaan. CEO di Indonesia biasanya dijajarkan dengan direktur utama. Untuk mencapai posisi CEO, tentu saja teman-teman harus mengetahui langkah-langkah yang tepat. Selain itu, kalian mesti siap bekerja ekstra jika ingin menjadi CEO di usia muda. 



Cara Menjadi CEO di Perusahaan dan Skill yang Harus Dimiliki

Cara Menjadi CEO dan Langkah-Langkahnya

Kalian mesti tahu terlebih dahulu tugas utama CEO. Apa sajakah itu? Tugas utamanya adalah merekrut dan mempertahankan karyawan terbaik, memastikan dana anggaran selalu tersedia di bank, dan yang terakhir menentukan visi, misi, hingga arah perusahaan. Berikut adalah langkah-langkah menjadi CEO, yakni:

1. Membangun perusahaan sendiri

Membangung perusahaan dari nol dengan komitmen dan tekad yang bulat. Seandainya perusahaan sudah bisa berjalan dengan lancar, maka seseorang sudah dapat disebut sebagai CEO.

2. Menempuh pendidikan yang sesuai

Menurut Forbes setengah CEO Fortune 100 sudah menempuh gelar akuntansi, bisnis, dan ekonomi. Sedangkan, 27% bergelar sarjana sains dan teknik, sisanya 14% menempuh pendidikan hukum.

3. Pertumbuhan karir

Seseorang yang telah memperoleh pengalaman dan pengetahuan bertahun-tahun biasanya memiliki nilai unggul lebih. Dewan direksi perusahaan akan memiliki kandidat internal untuk menjadi CEO dibandingkan kandidat eksternal.

4. Memiliki sertifikasi profesional

Dilansir dari Leverage Edu, ada beberapa sertifikat profesional yang dapat membantu seseorang menjadi CEO di antaranya: Chartered Financial Analyst (CFA), Certified Management Accountant (CMA), Certified Public Accountant (CPA) dan Project Management Professional (PMP).

Skill yang Harus Dimiliki oleh CEO

Ini dia skill yang harus dimiliki CEO di mana skill ini akan membuat kalian lebih unggul dan mampu memimpin perusahaan dengan baik, yakni: 

1. Keterampilan manajerial yang baik

Menjadi CEO, seseorang harus memiliki keterampilan manajerial yang baik supaya operasional perusahaan dapat berjalan lancar sesuai visi dan misi perusahaan untuk mencapai tujuan melalui usaha bersama. 

2. Memiliki skill komunikasi yang kuat

Komunikasi berperan penting dalam tugas dan tanggung jawab sehari-hari dalam perusahaan. Pesan yang disampaikan oleh pimpinan kepada karyawan idealnya dapat memberikan motivasi dan meminimalisasi kesalahpahaman.

3. Kreativitas dan inovasi

Memiliki pemikiran kreatif dan ide-ide baru bisa membuat bisnis berkembang dalam jangka yang panjang karena dengan inovasi bisa membuat perusahaan lebih progresif.

4. Keberanian

Keberanian seorang pimpinan dapat menanamkan kualitas pada karyawan. CEO bisa memecahkan masalah dan memberikan solusi yang kreatif serta menguntungkan perusahaan. 

5. Memiliki pola pikir yang berkembang

Kreativitas,  inovasi, dan pola pikir yang berkembang juga menjadi satu solusi untuk menyambut tantangan yang akan dihadapi. 

Presiden Direktur JNE Menghadiri Kompas CEO Forum di Istana Negara

Pada hari Jumat, 12 Desember 2022 lalu, Presiden Direktur JNE Bapak M. Feriadi Soeprapto menghadiri Kompas 100 CEO Forum di Istana Negara Jakarta. Perhelatan akbar tersebut diselenggarakan oleh Harian Kompas yang dihadiri juga oleh CEO dari berbagai industri usaha Tanah Air, baik perusahan nasional maupun asing. Informasi ini diperoleh dari laman https://jnewsonline.com/


Presiden Direktur JNE Menghadiri Kompas 100 CEO Forum di Istana Negara
Presiden Direktur JNE M. Feriadi Soeprapto

Bersama dengan sejumlah kepala daerah, mereka akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo untuk menggali tantangan dan peluang guna pemulihan di 2023. Sejumlah CEO dari kelompok 100 emiten terbesar di Bursa Efek Indonesia dan Kompas CEO Forum hadir dalam kesempatan itu, termasuk 10 kepala daerah. Acara berlangsung mulai Jumat pukul 09.00 hingga pukul 11.30 WIB.

Acara bergengsi yang merupakan puncak dari rangkaian acara tahunan harian Kompas tersebut mengangkat tema “Membuat Terang di Tahun Mendatang”, di mana tahun ini adalah edisi yang ke-13. Rangkaian acara Kompas100 CEO Forum tahun ini dimulai sejak Agustus hingga Desember. Diadakan pula diskusi panel 7 Langkah Menavigasikan Pemulihan 2023 yang dihadiri oleh tiga orang menteri. 

Pidato Arahan Presiden Jokowi Tentang Perekonomian Indonesia

Para CEO mrnyampaikan tantangan utama, rencana bisnis dan harapan mereka untuk pemulihan ekonomi di tahun 2023. Selanjutnya Bapak Presiden Jokowi memberikan pidato arahan yang menyampaikan bahwa ke depan kita harus menggelorakan optimisme dan bekerjasama dengan seluruh pihak untuk bersama-sama mendukung dan membangun perekonomian Indonesia.

Berdasarkan hasil riset dan proyeksi pada diskusi sebelumnya dari berbagai lembaga nasional dan internasional, perekonomian global hampir pasti akan mengalami resesi di 2023. Diperkirakan Indonesia akan mengalami pelambatan pertumbuhan ekonomi sebagai dampak gejolak di pasar global. Namun, tak perlu khawatir, peluang pemulihan pasca pandemi Covid-19 tentu ada. 

Acara tersebut dibagi dalan dua sesi. Sesi pertama yakni diskusi panel dengan tiga narasumber dari pemerintah yang dipandu oleh Bapak Rhenald Kasali. Ketiga narasumber itu meliputi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, serta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Sesi kedua adalah dialog dengan Presiden Jokowi. Acara diawali dengan laporan oleh CEO Kompas Gramedia Lilik Oetama yang disambung dengan penyampaian aspirasi oleh para CEO yang diwakili oleh tujuh CEO lintas sektor melalui rekaman video.

Untuk memberikan sentuhan suasana elegan dan teduh, dihadirkan pula di panggung Istana Negara, Orkestra pimpinan Addie MS. Lantunan lagu yang disajikan bukan hanya utnuk kebutuhan acara, tetapi juga sebagai pengingat tentang keprihatinan bangsa Indonesia atas gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat.

CEO dalam Bidang Bisnis

Sebagai informasi untuk diketahui bersama, ada beberapa CEO dalam bidang bisnis yakni CEO Talks, CEO on Stage, CEO Live Series dan CEO Golf Hub. CEO Talks merupakan medium bagi CEO Representative untuk bercerita program dan rencana perusahaan pasca hasil Kompas100 CEO Forum. Adapun CEO on Stage adalah panggung hybrid bagi CEO muda berbagi kisah inspiratif guna mendorong pengembangan ekonomi dan kreatifitas anak muda Indonesia.

CEO Live Series merupakan seri webinar hybrid eksklusif guna mendorong CEO berbagi kiat inspiratif bagi akselerasi dalam pengembangan negeri. CEO Golf Hub merupakan program eksklusif bagi CEO dalam mengenal kolega antar-perusahaan untuk membangun suasana keakraban bersama.

Referensi:

https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2022/12/02/100-ceo-temui-jokowi-di-istana-negara

https://dailysocial.id/post/cara-menjadi-ceo



50 comments:

  1. Aku masih memantaskan diri sebelum jadi CEO. keterampilan yang paling susah itu salah satunya adalah mengatur human-nya, alias mengatur orang-orang dibawah. Seringkali berbenturan sana-sini, dan mental juga harus kuat.

    ReplyDelete
  2. Skill no 1 dan 2 itu emang pokok banget ya. Kalau nggak bisa komunikatif dan manajemen buruk, ga bakat jadi CEO hebat. Biar kata pinter dan kayak atau keturunannya CEO kalau 2 skill itu ga punya tetep aja ga bisa diandelin jadi CEO. Hmm... contohnya dah banyak sih.. xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget :) Mesti dikuasai semua ilmu CEO :D

      Delete
  3. sungguh waw sekali melihat para CEO. Ternyata macam-macam juga jenis CEO ya. Kapan gitu bisa bisa jadi CEO

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suatu hari nanti insya allah bisa mbak jadi CEO :)

      Delete
  4. JNE selalu konsisten untuk menjadi bagian dari perkembangan kesuksesan UMKM Indonesia ya mbak. Salut dengan JNE

    ReplyDelete
  5. Menjadi CEO tuh ga mudah, butuh perjuangan dan skill yang mumpuni. Pengalaman ku mendampingi CEO, dan belajar dengan menghadiri seminar2/pelatihan khusus buat menunjang skill. Jadi yg jadi CEO ini siapa, aku apa si bos nih.
    5 poin skill di atas tuh penting banget. Dan ku salut sama bpk Feriadi ini, makin sukses JNEnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe... 5 poin di atas memang wajib dipelajari dan dimiliki oleh CEO. Hebat ya Pak Feriadi ini.

      Delete
  6. Selamat dan sukses untuk Presdir JNE yang menghadiri Kompas100 CEO Forum di Istana Negara. Helatan bergengsi untuk para pemimpin tertinggi perusahaan atau instansi di Indonesia yang bisa menjadi inspirasi bagi semua untuk meneladani langkah kepemimpinan mereka. Salut untuk Presdir dan keluarga besar JNE untuk kesuksesannya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salut sama Pak Feri yang turut masuk dalam Kompas 100 EO Forum :D Patut kita teladani nih menjadi CEO seperti beliau.

      Delete
  7. Sukses selalu JNE, jadi presdir ini cita2 anak aku nomor 2, hihi. Wah aku perlu catat baik2 deh ini poin di atas.
    Selain kudu banyak pengalaman ya mba Nurul, harus bisa manage banyak orang, ini salah satu yg aku udah sounding dari kecil..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin yra :) Anakku juga kepengen punya bisnis dan menjadi CEO-nya :)

      Delete
  8. Menjadi CEO menurutku tak mudah. Harus punya visi dan misi yang kedepan lebih maju. Apa yang dilakukan Presiden CEO JNE ini membuktikannya. Dan iya ya jadi CEO harus bisa mendirikan perusahaan ya mba. Acara Kompas 100 CEO ini oke banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menjadi CEO yang baik harus memiliki berbagai kriteria tertentu supaya peruhasaan maju dan meraih prestasi dengan kinerja tebraik.

      Delete
  9. JNE super duper inspiring company

    Ternyata CEO nya luar biasa ya mbaaa

    Patut menjadi role model nih karena leadership dan semangat connecting happiness nya luar biasaaaa

    ReplyDelete
  10. Lima skill pokok / utama yang (menurut) saya wajib dimilik oleh seorang CEO / leader, kelimanya saling melengkapi dan menguatkan. Tentunya masih ditambah dengan ketrampilan lainnya yang sifatnya teknis. Semoga JNE semakin jaya dan menebar manfaat semakin luas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mnak. Berbagai keterampilan lain harus dimiliki CEO. Aamiin.

      Delete
  11. Jadi CEO tuh emang butuh skill khusus ya, nggak sembarang orang bisa menjadi CEO yang sukses. Wih keren lho CEO nya JNE bisa masuk dalam jajaran kompas 100 CEO Forum. Semoga makin banyak kontribusinya bagi negara kita, berkolaborasi dengan banyak pihak, jadi bisa membuat terang di tahun mendatang

    ReplyDelete
  12. Menjadi CEO itu nggak mudah emang sih ya, nggak semua orang bisa hehe.. Dengan begini kita jadi belajar giana sih CEO yang bagus seperti Presdir JNE yang memang bisa dijadikan role model. Menghadiri Kompas 100 CEO di istana. Sukses selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus punya skill khusus tentunya. Sukses selalu buat Pak Feri.

      Delete
  13. Ga mudah memang menjadi seorang CEO hebat, apalagi kalo perusahaannya sudah berkembang sampai mancanegara. Kalo kita sebagai staff hanya melihat sebatas job desk kita, tapi CEO seolah burung yang melihat keseluruhan perusahaan dari atas.

    Bagus2 semua narasumbernya ya, apalagi dipandu Ama prof Kasali. Aku suka liat video2 beliau.

    Indonesia juga menurutnya tidak mengalami resesi, mungkin hanya perlambatan ekonomi Krn effect dari Negara2 yg mengalami. Krn toh ekonomi Indonesia masih trus berkembang, sementara negara yg kena resesi sudah 2 kali stuck tidak ada perkembangan.

    Semoga aja 2023 menjadi tahun yg bikin kita stronger menghadapi semua ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembicaranya orang2 hebat semua ya di acara tersebut. Insya Allah negara kita akan terus berkembang aamiin.

      Delete
  14. kalau melihat tren start up dewasa ini, everyone can be CEO. Generasi muda sekarang malah lebih inovatif, berani mencoba hal baru. Perkara seberapa besar perusahaan itu nanti, tapi udah berani memulai itu bagusss!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muda belia sudah banyak jadi CEO. Patut kita apresiasi ya :)

      Delete
  15. Aku sepakat dengan 5 skill yang harus dimiliki CEO mba. Membangun sesuatu itu mudah, tapi mempertahankan dan mengembangkannya perlu perjuangan.

    ReplyDelete
  16. Menjadi CEO memang tidak mudah, harus punya banyak kemampuan ya, Mak. Keren banget JNE bisa hadir dalam perhelatan teresebut. Sukses terus buat JNE.

    ReplyDelete
  17. Suka penasaran saat para petinggi bertemu dan melakukan diskusi tentang perekonomian di tahun 2023 itu ambience-nya gimana ya. Btw, congrats untuk JNE!

    ReplyDelete
  18. Menjadi CEO pasti butuh proses panjang dan effort, smart dan terutama pendidikan yang sesuai. Meski mungkin ada juga prosentase kecil yang beda latar pendidikan nya ya. Kalo Pak Feriadi udah sesuai ya pendidikan dengan bidang kerja nya, apalagi pengalamannya udah banyak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. Ya, sesuai dengan pendidikannya lebih bagus. Namun kalaupun tidak ya bisa dipelajari :)

      Delete
  19. Untuk mencapai apapun harus dilakukan penuh perjuanan ya Nurul, begitu pula kalau jadi CEO untuk keberlangsungan perusahannya juga. Wah dirtu JNE masuk di jajaran Kompas 100 CEO Forum ya ternyata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salut banget sama Presiden Direktur JNE Pak Feri ini. Patut diteladani.

      Delete
  20. Luar biasa ya..
    Untuk menjadi CEO memang bukan hal yang mudah. Sederet keahlian yang dimiliki agar mendukung setiap analisis dan perkembangan kinerja perusahaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, harus banyak ikhtiarnya dan konsistensi memajukan perusahaan.

      Delete
  21. Jadi CEO kudu ada usaha, gak bisa ujug-ujug ya. Keren CEO JNE bisa ikut acara Kompas 100 CEO Forum apalagi yang datang gak hanya dari lokal. Semoga dengan ini bisa bantu pemulihan ekonomi Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Benar sekali mbak. Merintis dari bawah hingga berhasil.

      Delete
  22. Aku lagi membayangkan kalau para CEO kumpul yang diomongin biasanya bisnis dan bisnis. Ini kyknya emang sengaja diajakin supaya bisa bersama berkomitmen utk meningkatkan laju perekonomian spy lekas bangkit setelah pandemi kemarin sempet nyungsep yaa. Keren banget CEO JNE ikut hadir juga. Emang JNE salah satu perusahaan yang cukup survive jg ya selama ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelihatan kaum elite dan elegan ya para CEO ini :) Bangga sama Pak Feri yang masuk dalam Kompas 100 CEO Forum.

      Delete
  23. Luar biasa sosok sosok yang patut diacungi jempol dan menjadi inspirasi bagi kita semua. Jne memang super pantas masuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Angkat topi buat Pak Feri dan para CEO lainnya :)

      Delete
  24. CEO ini banyak macamnya ya, dan semua pasti orang yang mumpuni karena mereka ada motor penggerak utama sebuah perusahaan. Moga berkumpulnya para CEO membuat solusi prediksi resesi 2023

    ReplyDelete
  25. Keren banget ya CEO JNE ini, menghadiri pertemuan 100 CEo di di Istana Bogor, asli deh aku kepo banget sama detil pembicaraan para SEO ini. Apakah bener akan ada resesi 2023 ya, dan apa solusi detilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ini dia yang membuat masyarakat semakin penasaran juga 😁

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.