Daftar Isi [Tampilkan]

Masih ingat Festival Jajanan Bango (FJB) “Kenali Rasanya Indonesia” di Plaza Parkir Timur GBK Senayan, Jakarta pada Oktober 2022 lalu? Beragam kuliner otentik Nusantara dihadirkan di sana. Pengunjung dapat mencicipi dan menikmati hidangan legendaris dengan bahagia. Kapan lagi memanjakan lidah dan perut dengan sajian lezat seperti ini kalau bukan di FJB?

Mari Hidangkan Menu Otentik Nusantara dengan Resep Kuliner Legendaris ala Festival Jajanan Bango Bersama Chef Ragil
 

Urusan masak-memasak, biasanya ibu yang paling dominan. Tapi, bapak pun tak mau kalah, ikut turun ke dapur membantu sang istri mengolah makanan. Masakan yang lezat itu lumrah jika bahan-bahan dan bumbunya segambreng, banyaknya bukan main. Zaman sekarang, kita maunya serba praktis, bukan? Duduk manis dulu, nanti dikasih tahu rahasianya, ya. 

Media & Community Gathering Live Cooking Demo Bersama Bango

Nah, setelah Festival Jajanan Bango usai, Bango ingin terus melanjutkan semangat pengenalan aneka kuliner tersebut di tengah keluarga Indonesia. Alhamdulillaah, aku memperoleh undangan dari komunitas Kumpulan Emak Blogger (KEB) untuk menghadiri acara masak-memasak seru bersama koki istimewa.

Pada hari Selasa, 6 Desember 2022 aku berkesempatan mengikuti acara Media & Community Gathering Live Cooking Demo, kolaborasi Bango dengan Chef Ragil Imam Wibowo di Almond Zucchini Cooking Studio, Jakarta Selatan. Tema yang diusung adalah “Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumahmu”. Di acara tersebut dihadirkan Ibu Adisty Nilasari selaku Senior External & Digital Communication Manager PT. Unilever Indonesia, Tbk. 

 
Mari Hidangkan Menu Otentik Nusantara dengan Resep Kuliner Legendaris ala Festival Jajanan Bango Bersama Chef Ragil
Live Cooking Demo Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumahmu

Tentang Festival Jajanan Bango

Ibu Adisty Nilasari menyampaikan, “Bango secara konsisten menjalankan purpose-nya untuk melestarikan kuliner otentik Indonesia, salah satunya melalui penyelenggaraan FJB sejak tahun 2005. Di FJB 2022, kami mengangat tema ‘Kenali Rasanya Indonesia’ yang mengedepankan tentang pentingnya masyarakat untuk terus mengeksplorasi aneka kelezatan kuliner Nusantara agar bisa mengapresiasi dan akhirnya melestarikan kekayaan kuliner kita.”

Dari 3.259 ragam kuliner yang ada di Indonesia, 104 diantaranya adalah nasi goreng, 253 sate, lebih dari 100 soto, dan 322 sambal. Wow! Adapun kuliner khas Minangkabau setidaknya ada 220 jenis, kuliner khas Palembang ada lebih dari 200 jenis, dan kuliner khas Yogyakarta ada lebih dari 192 jenis. Ternyata masih banyak sekali menu otentik Nusantara yang belum aku cicipi. 

Dua tahun penantian akibat pandemi dan FJB diadakan secara online, akhirnya pencinta kuliner kegirangan lagi. Kehadiran Festival Jajanan Bango 2022 sangat ditunggu-tunggu masyarakat yang demen makan dan doyan jajan. Selama tiga hari berturut-turut, sekitar 97.000 orang memadati FJB. Haus akan wawasan kuliner Nusantara dan bersemangat untuk bisa memasaknya sendiri di rumah, tak hanya makannya saja, lho.

Tahu ga sih teman-teman, menu apakah yang paling laris di Festival Jajanan Bango saat itu? Ternyata stand Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh dan Iga Sapi Bakar ala Jangkung yang paling padat pengunjungnya! Wah, kedua resep unggulan FJB 2022 ini mesti diulik dan dipraktikkan dong ya. Supaya para ibu dapat dengan mudah menghidangkan aneka resep kuliner legendaris ala FJB di rumah secara praktis.

Kemudian Chef Ragil Imam Wibowo bercerita, “Di FJB 2022 lalu, saya diberikan misi oleh Bango untuk mengeksplorasi begitu banyak kuliner legendaris yang ada dan mengkurasi hidangan-hidangan yang tidak hanya bercita rasa otentik, tapi juga mudah untuk diolah. Akhirnya kami sepakat memilih Sate Rembiga dan Iga Sapi Bakar. Keduanya memiliki ciri khas dan cita rasa yang istimewa dengan keunikan bahan-bahan dan cara pengolahannya, sehingga patut untuk diperkenalkan lebih luas lagi. Saya percaya, kedua resep yang kami angkat ini sangat bisa diaplikasikan oleh home chefs, yaitu para ibu di rumah.”.

Tips Menghaluskan Bumbu Dapur

Masakan Indonesia kaya akan rempah-rempah seperti aneka bawang, cabai, cengkeh, pala, laos, kunyit, jahe, kluwek, jinten dan sebagainya. Buat teman-teman termasuk aku yang merasa rempong dengan varian bumbu dapur sebanyak itu, adakalanya jadi malas masak. Khawatir rasanya kurang enak, bingung persiapan masak, apa dulu yang harus diolah dan lain-lain.

Menurut Chef Ragil, sebenarnya masakan Indonesia ga merepotkan kok. Yang penting kita tahu jenis bumbu yang diperlukan, sehingga memasak jadi lebih mudah dan menyenangkan. “Kalau buat saya, itu mitos masakan Indonesia ribet dimasak, kaena semua sudah bisa diakali”, ujarnya.

“Biasanya para ibu senang menyetok bumbu masakan. Yang penting niat buat masak dan menyiapkan waktu masak. Ada baiknya siapkan bumbu masak yang sudah dihaluskan, kemudian disimpan di dalam freezer, misalkan untuk satu minggu sekaligus. Bumbu ga akan basi, ga berubah rasanya”, sambung Chef Ragil.

Oh ya, kata Chef Ragil, bisa juga kita pergi ke pasar tradisional dan membeli bumbu halus langsung, terutama jika kita tidak tahu takaran yang pas. Nah, setuju banget nih, soalnya aku pun sering membeli bumbu halus dari pasar hehe. Aku juga selalu pakai Kecap Bango dalam setiap masakan.

Kecap Bango dengan 4 Bahan Alami Pilihan Berkualitas

Teman-teman sudah tahu belum, ternyata Kecap Bango sudah eksis sejak tahun 1928 lho? Kecap Bango terbuat hanya dari bahan alami pilihan untuk mempertahankan kualitas yang dijaga. Rasa manis gurih lezat yang dihasilkan membuat Bango menjadi kecap unggulan di Indonesia.

Keempat bahan alami tersebut adalah kedelai hitam Malika, gula, garam dan air. Tanpa pemanis buatan, tanpa penguat rasa dan tanpa pewarna sintesis, tentunya. Sebagai informasi, Bango telah membina lebih dari 9.000 petani untuk menghasilkan kedelai hitam bermutu tinggi dan meningkatkan kesejahteraan petani. Keren sekali!

 
Mari Hidangkan Menu Otentik Nusantara dengan Resep Kuliner Legendaris ala Festival Jajanan Bango Kecap Bersama Chef Ragil
Kecap Bango dengan 4 Bahan Alami Pilihan Berkualitas


Ada yang penah mencicipi Sate Rembiga? Sate Rembiga adalah sajian khas Lombok, Nusa Tenggara Barat, terbuat dari potongan daging sapi yang dimarinasi dengan aneka bumbu dan rempah. Salah satu ciri khasnya adalah penggunaan terasi Lombok, yang membuat citarasanya begitu berbeda dengan sate lainnya. Di FJB 2022, hidangan yang langsung disajikan oleh salah satu penjaja Sate Rembiga paling tersohor di Lombok, yaitu Sate Rembiga Ibu Sinnaseh ini selalu dipadati pengunjung karena kelezatannya.

Menu selanjutnya adalah Iga Sapi Bakar. Hidangan yang satu ini merupakan andalan penjaja kuliner legendaries Iga Sapi Bakar Si Jangkung dari Bandung, Jawa Barat. Masakan ini tergolong unik karena paduan daging iga berbumbu dengan irisan bawang merah, cabai rawit merah dan tomat merah yang menggelora jiwa raga kita.

Iga Sapi Bakar ala Jangkung disajikan panas-panas di atas piring cobek untuk memperkental sentuhan tradisionalnya. Rasanya manis dan pedasnya terasa sekali, segar dan membuat kita ketagihan. Dari penampilannya saja sudah menggiurkan. Jadi tak sabar ingin segera menikmatinya. Bisa tambah nasi terus nih. 

 
Mari Hidangkan Menu Otentik Nusantara dengan Resep Kuliner Legendaris ala Festival Jajanan Bango Kecap Bersama Chef Ragil
Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh dan Iga Sapi Bakar ala Jangkung

 

Teman-teman, kalau rindu pada kedua masakan ini, ga perlu jauh-jauh pergi ke Lombok atau ke Bandung. Kita bisa membuatnya di rumah dengan mudah. Cocok juga untuk momen tahun baru bersama keluarga tercinta. Biasanya di penghujung tahun identik dengan kegiatan bakar-bakaran aneka jenis daging. 

“Kami harap kegiatan ini akan membangkitkan semangat para ibu untuk terus mengeksplorasi, mencoba, dan menghidangkan aneka resep kuliner legendaris ala FJB di rumah, sebagai bagian dari upaya bersama untuk melestarikan kuliner Nusantara dari generasi ke generasi,” ujar Ibu Adisty. 

Masak Bersama Chef Ragil Imam Wibowo

Setelah bincang-bincang santai, acara live cooking demo pun dimulai. Menu pertama adalah Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh. Nah, di resep ini aku turut membantu sedikit menghaluskan bumbunya menggunakan hand blender. Bawang putih, cabai merah besar, cabai keriting ditambah air dijadikan satu dan tak lama kemudian jadi deh bumbu halusnya. 

 

Mari Hidangkan Menu Otentik Nusantara dengan Resep Kuliner Legendaris ala Festival Jajanan Bango Bersama Chef Ragil
Masak Sate Rembiga Khas Lombok

 
Mari Hidangkan Menu Otentik Nusantara dengan Resep Kuliner Legendaris ala Festival Jajanan Bango Bersama Chef Ragil
Live Cooking Demo Melalui Zoom
 

Selain itu aku juga ikutan memasukkan potongan daging sapi ke tusukan sate. Kata Chef Ragil, “Ini ada 10 tusuk sate. Dalam satu tusuk biasanya terdapat 5 sampai 6 potongan daging”. Wah, ternyata yang didapat adalah 9 tusuk sate hahaha yang 1 ga kebagian dagingnya. Tapi tak mengapa hehehe.

Senangnya aku bisa berada dalam 1 frame bersama Chef Ragil yang tersohor. Kami juga mendapatkan pengalaman menyaksikan secara langsung proses memasak. Live cooking demo bersama Bango ini juga dapat ditonton secara online melalui tautan Zoom saat itu.

 
Mari Hidangkan Menu Otentik Nusantara dengan Resep Kuliner Legendaris ala Festival Jajanan Bango Kecap Bersama Chef Ragil

Chef Ragil in Action Masak Menu Otentik Resep Kuliner Legendaris ala FJB

Oh ya, di menu kedua Iga Sapi Bakar ala Jangkung,  ada Mbak Leyla Hana yang turut membantu memasaknya. Ternyata masak iga sapi tak serepot yang dibayangkan. Sebagai tambahan informasi, kita bahan dasar menu ini juga bisa diganti dengan pipi sapi, lho. 

Berikut adalah kedua resep tradisional otentik Nusantara persembahan Kecap Bango. Kita bisa melihat berbagai resep kuliner legendaris di Instagram @bangowarisankuliner atau melalui laman https://www.bango.co.id

 

Mari Hidangkan Menu Otentik Nusantara dengan Resep Kuliner Legendaris ala Festival Jajanan Bango Kecap Bersama Chef Ragil
Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh Khas Lombok
 

Resep Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh

Total waktu pembuatan: 45 menit
Tingkat kesulitan: Sedang 

Bahan-bahan

  • Saus Rembiga
  • Bawang putih cincang 120 gram 
  • Kecap manis Bango 50 gram
  • Terasi Lombok 10 gram
  • Cabe merah besar 100 gram
  • Cabe keriting 50 gram
  • Minyak goreng 50 gram
  • Air 100 gram
  • Daging sapi khas dalam atau bagian pipi, kemudian potong kecil untuk disate 250 gram
  • Saus Rembiga 100 gram
  • Garam 2 gram
  • Tusuk sate 5 pcs

Cara Memasak

Saus Rembiga

  • Siapkan wajan, masukkan semua bahan saus Rembiga ke dalam wajan.
  • Aduk merata dan panaskan hingga mendidih.
  • Kecilkan api, masak hingga mengental kurang lebih 20 menit.
  • Matikan api, saus siap digunakan.
  • Sisihkan 50 ml saus Rembiga sebagai kuah sate.

Sate Rembiga

  • Campur daging yang sudah dipotong dadu dengan garam dan minyak, aduk hingga merata.
  • Masukkan 2 sendok makan saus Rembiga, aduk lagi hingga merata.
  • Tusuk daging dengan tusuk sate (3 potong per tusuk), hingga daging habis.
  • Tempatkan sisa saus Rembiga di atas piring datar, beri sedikit minyak, lalu aduk merata dengan sate Rembiga yang akan dibakar.
  • Bakar sate setengah matang dahulu, oleskan lagi saus Rembiga, dan bakar kembali hingga matang merata (bakar jangan terlalu matang).
  • Setelah matang, siap disajikan dengan lontong dan sisa saus sebagai kuah.
 
Mari Hidangkan Menu Otentik Nusantara dengan Resep Kuliner Legendaris ala Festival Jajanan Bango Kecap Bersama Chef Ragil
Iga Sapi Bakar ala Jangkung
 

Resep Iga Sapi Bakar ala Jangkung

Total waktu pembuatan: 30 menit
Tingkat kesulitan: Sedang.

Bahan-bahan

  • Iga sapi300 gram

Bumbu halus untuk merebus iga

  • Bawang merah 50 gram
  • Bawang putih 50 gram
  • Sereh 50 gram
  • Laos 10 gram
  • Kunyit 10 gram
  • Cengkeh 5 butir
  • Pala 1 butir
  • Air 1 liter
  • Garam 3 gram

Bumbu tumis

  • Kecap manis Bango 100 ml
  • Bawang merah iris kasar 80 gram
  • Cabai rawit dimemarkan 10 gram
  • Cabai merah iris tipis 50 gram
  • Cabai hijau iris tipis 50 gram
  • Daun salam 2 lembar
  • Air asam Jawa 30 ml
  • Minyak samin/ margarine 30 gram
  • Tomat merah potong kasar 100 gram

Cara Memasak

  • Potong-potong iga menjadi beberapa ruas.
  • Bersihkan potongan iga dengan lap bersih dan kering.
  • Haluskan bumbu untuk merebus.
  • Masukkan iga dan bumbu bersama air ke dalam panci dengan api sedang.
  • Tambahkan pala yang dimemarkan dan cengkeh.
  • Rebus hingga iga empuk
  • Biarkan sampai dingin di dalam kuahnya.
  • Tiriskan iga lalu bakar di atas bara.
  • Setelah dibakar, potong-potong iga sesuai selera.
  • Panaskan pan dengan minyak samin.
  • Masukkan bawang merah, cabai dan daun salam.
  • Tumis hingga harum.
  • Masukkan daging iga yang sudah dipotong.
  • Tambahkan kecap manis Bango dan air asam Jawa.
  • Aduk hingga merata.
  • Masukkan potongan tomat merah dan aduk sebentar.
  • Sajikan dengan nasi putih dan potongan tomat kasar.
 

Mari Hidangkan Menu Otentik Nusantara dengan Resep Kuliner Legendaris ala Festival Jajanan Bango Kecap Bersama Chef Ragil
Bersama Chef Ragil

Mari Hidangkan Menu Otentik Nusantara dengan Resep Kuliner Legendaris ala Festival Jajanan Bango Bersama Chef Ragil
Bersama Teman-Teman Kumpulan Emak Blogger

Mari Hidangkan Menu Otentik Nusantara dengan Resep Kuliner Legendaris ala Festival Jajanan Bango Bersama Chef Ragil
BersamaTeman-Teman Kumpulan Emak Blogger dan Chef Ragil
 

Teman-teman, itulah cerita keseruan aku dan teman-teman blogger mengikuti acara live cooking demo bersama Bango dan Chef Ragil Imam Wibowo. Gimana? Praktis kan memasaknya? Ditunggu hasil kreasi menu andalan kalian. Bisa juga kalau mau recook kedua resep tersebut. Sampai jumpa!
 



53 comments:

  1. Ini kecap legend Mba, selalu ada di meja makan sejak saya kecil. Resepnya langsung saya forward ke istri untuk segera dipraktikan Mba hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, toss kita!! Mantap. Selamat memasak ya 😊😊

      Delete
  2. Iga bakar si jangkung itu ga semoat2 aku cobain tiap kali ke Bandung. Ntah kenapa selalu kedistract Ama sop buntut dahapati yg di deketnya itu 🤣. Tapi udh niat, kalo ke Bandung lagi wajiiiib mau ke iga bakar si jangkung.

    Sbnrnya jujur aja aku ga terlalu bisa bedain kecap mba. Buatku mirip2 aja rasanya 🤣🤣. Tapiiiii Krn dari kecil mama juga pakenya Bango, sampe gede gini tiap beli kecap ya Bango juga, kec Bango lagi kosong, baru deh beli yg lain. Cuma pilihan pertama ttp Bango. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gitu kapan2 kudu disempatkan mampir dine in iga sapi bakar ala jangkung 😋😋 Oh yaaa dong, selalu pakai kecap Bango buat masak2 😍

      Delete
  3. Aku belum pernah tahu iga bakar model begini. Seru ya, jadi kenal macem2 kuliner nusantara. Ada resepnya lagi

    ReplyDelete
  4. Iya sama kadang kalau lagi males buat racik bumbu aku juga beli bumbu halus di pasar mba hahaha maklum ya mamak pngenya yang praktis..selama masak aku pernah pake beberapa merk coba dan sampe akhirnya aku ga bisa pindah ke lain hati Bango kualitasnya dan rasanya emang pas mba bikin masakan tuh enak kalau menurut aku pribadi yah. Btw itu sate rembiga aku belum coba, iga bakar Jangkung jg blm coba abis tmpt favorit suami sama mantannya jadi aku males buat ke sana wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...kok jadi tempat mantan wkwkwkw 🤣 Wah, iya kita bisa beli bumbu halus di pasar. Bisa juga pakai bumbu praktis Bango nih macam2 kan 😀

      Delete
  5. Yummy...yummy... satenya mantap banget, makasih resepnya, ntar bisa dicobain
    Juga salut buat kecap yang melegenda ini dengan semangatnya menggali dan memperkenalkan masakan tradisional yang rasanya tiada tara...yum...yum...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Macama. Sip mbak, kita bisa praktikkan masak2 kedua menu otentik Nusantara ini di rumah 😍

      Delete
  6. Kecap bango selalu tersimpan rapi di lemari dapur, jangan sampai kehabisan bisa gawat urusannya hehe
    Penasaran banget pengen cobain sate rembiga deh, otw dicobain deh resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya kudu sedia kecap Bango di dapur 😘😘

      Delete
  7. Enak banget ya bisa lihat festival kuliner sekalian terlibat langsung dengan acara tersebut.

    ReplyDelete
  8. Mbaa, sebetulnya aku pengen pas ke acara fetsival jajanan Bango. Eh malah nggak jadi. Senangnya kalau bisa memasak aneka masakan jajanan bango di rumah ya mba

    ReplyDelete
  9. Kecap Bango emang selalu the best ya kalau buat urusan memasak yang berbumbu kecap. Anak-anak kami juga selalu suka.

    ReplyDelete
  10. Aku mau recook yang Iga Bakarnya, Mak.. beneran bikin ngiler banget itu. Pakai Kecap Bangau jadi warnanya pekat, udah pasti enak dan gurih. Terus bahannya mudah didapatkan. Semoga weekend ini saya bisa mengeksekusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap.Yuk mbak ditunggu hasil recooknya hehehe :D Pasti donk lezat banget masaknya pakai kecap Bango.

      Delete
  11. Bener lho tapi, negeri ini kaya banget rempah2. Kalo males ribet tinggal dateng aja ke pasar tradisional buat beli bumbu halus jadi. Ini pun bisa dimasukkin ke freezer buat stok.
    Btw aku jadi pengen nyobain resep sate Rembiga lho. Kalau kecap bango mah selalu nyetok di dapur. Hihii.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, mbak :) Hayuk, masak sate rembiga, anak2 dan suami pasti ketagihan :D

      Delete
  12. Seneng banget bisa 1 frame sama cheff Ragil. Ohh baru tahu kalau ternyata Iga dan Sate ini menjadi menu andalan dan paling banyak pengunjungnya di FJB. Makanya di recook ulang di acara ini ya. Baru tahu juga ternyata Bango umurnya udah lama juga, padahal aku penggemar Bango mbak. Ngebantu banget lho, rasanya emang beda sih. Di rumah kalau lagi malas masak cukup makan nasi anget dan kecap bango aja udah mantul. Variannya pun ada 3 ternyata ya. Aku baru nyoba yg kecap manisnya aja huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah, iya jeng Feb :) Iya, kedua menu tersebut laris stand-nya dipadati pengunjung FJB 2022. Betul, ada 3 varian kecap Bango. Bisa nambah nasi panas terus nih hahaha :D

      Delete
  13. Bango, kecap Legend yang wajib ada di rumah. Seru banget mbk bisa masak bareng Chef Ragil. Menunya auto bikin ngiler euy, pingin nyobain iganya

    ReplyDelete
  14. Kecap Bango kecap legendaris favorit keluargaku Mbak Nurul. Dari zaman ibuku sampai aku sudah berkeluarga tidak pindah kelain hati. Kecapnya memang enak, menyatu ke dalam setiap olahan masakan yang dibuat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah turun-temurun disukai keluarga Indonesia :D Betul sekali.

      Delete
  15. Iya juga sih nggak perlu ke Lombok untuk nyicipi Sate Rembiga, bisa recook masakan Chef Ragil aja ya. Nurul udah nyoba masak di rumah? Aku belum tahu kapan mau bikin sate Rembiga. Padahal bahannya udah ada lengkap, sayang waktunya yang belum ada. Atau seperti kata Chef Ragil ya, niatnya belum ada, wkwkwkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iyaaaa :D Nanti pas weekend dicoba recook. Anak2 dan suami pasti suka dan ketagihan :D Hahaha mantap lah kudu ada niat.

      Delete
  16. Super laafff bgt ama kecap Bango.
    Rasanya bikin lidah dan hati bergetar.
    Klo masak, pakai kecap ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi mbak. Iya dong, bikin nambah nasiiiii hahaha :D

      Delete
  17. Duh duh pengen banget nyicipin sate bikinan chef Ragil pasti rasanya maknyos

    ReplyDelete
  18. melihat langsung chef ragil mendemontrasikan masak sate rembiga dan iga bakar si jangkung, wow, langsung pengen recook di rumah

    ReplyDelete
  19. Festival Jajanan Bango ini jadi tempat kita mencicipi berbagai kuliner legendaris khas Nusantara ya mbak
    Sekarang bahkan bisa kita masak sendiri di rumah
    Aku pengen recook iga nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puas ngiderin stand2 di FJB ya sampai puas :D Sok atuh buruan recook kedua menunya.

      Delete
  20. Jajanan Bango emang bikin ngilerr. Enaak enakk kuliner nusantara tuhh ..Kawatir tugas mulia jaga

    ReplyDelete
  21. super duper ngiler abis kalo ada resep yg di share dari live cooking kayak gini mbaaa. Aku suka semua, baik sate rembiga dan juga iga bakarnya, sama-sama menggoda dan aku mau coba recook yang iga bakarnya dehhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok banget buat acra tahun baruan nih masak2 sate rembiga dan iga sapi bakarnya.

      Delete
  22. Kangen banget ya..sama Festival Jajanan Bango ini..
    Dulu di Bandung kan rutin tuh setiap tahun diadainnya di lapangan Gasibu. Seneng banget mencoba anek kuliner legendaris Indonesia yang menggunakan bumbu rempah dan kecap Bango. Mantappp!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kan gegara pandemi jadi absen 2 tahun deh hihihi :D Makanya pas diadakan lagi, pengunjungnya membludak :D

      Delete
  23. Beli bumbu halus, bumbu instan adalah kunci bisa masak enak buat yang gak pintar masak. Eh tapi kalau Sate Rembiga sama Iga Bakar Ala Jangkung bis sih ngeracik sendiri

    ReplyDelete
  24. Dua-duanya menggoda untuk dicoba nih mbaa... Aku ngiler banget loh pas liat cookin demonya.
    Mba Nurul hebat loh, cara menusuk satenya udah pro. Keliatan banget kalau rajin masak hehehee...
    Mau ah nyobain bikin sate rembiga barengan anak-anak di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi mbak Uniek hehehe :D Hahaha biar dramatis gituh wkwkwkkw :D Yuk, bikin sate rembiga di rumah.

      Delete
  25. Aduh, baca-baca resep Bango ini bikin aku jadi kepengen segera bikin sendiri nih masakannya. Selama ini padahal di pikiranku tuh, resep tradisional kayak begini tuh susah. Tapi lihat di Bango, kok kayak yang bisa deh aku masaknya. Heuheu, segera aku masak ah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi praktis kan masaknya? Hayuk atuh dieksekusi pakai kecap Bango!

      Delete
  26. Aku tertantang di rumah buat satenya. Bahannya mudah diperoleh dan pastinya enak kalau pakai kecap Bango

    ReplyDelete
  27. Aku pakai bango sehari2 kalau masak, jadi seneng dapat resep mudah yg bisa direcook di Dapur Manda. Makasih teh nurul bocoran resepnya yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Macama Manda 🤩 Iya donk, masak apapun pakai kecap Bango, rasanya lebih lezaaaatt 😋

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.