Daftar Isi [Tampilkan]
Ada yang baru nih di #Ancol! #JakartaBirdLand namanya. Yuk, jelajah #RuangKeajaiban untuk bertemu dengan #KawanJagaLangit yang kece-kece, yakni Angkasa, Langit, Dirga, Cakra dan Inggi. Jakarta Bird Land merupakan sarana wisata, edukasi dan konservasi pelestarian alam yang cocok untuk rekreasi keluarga.

Siapa yang memiliki hewan peliharaan di rumah? Banyak orang menyukai kucing karena lucu, menarik, mudah digendong, disayang-sayang, dipeluk dan makanan hariannya terbilang mudah. Sebagian lainnya ada yang hobi memelihara burung, seperti kakak iparku yang tinggal di Malang.

Memang tak semudah yang dibayangkan ketika kita mempunyai burung di rumah terutama sebagian koleksi. Harga per ekornya pun terbilang tinggi sekali, jika burung tersebut unik dan langka. Bahkan untuk mengurus kesehatannya saja kita perlu membawanya ke dokter hewan. Ck..ck…ck… luar biasa, bukan?

Oh ya, zaman aku berbulan madu di tahun 2004 dulu, aku dan suami sempat mengunjungi Bali Bird Park, lho. Jenis burung yang ditampilkan di sana sungguh istimewa, cantik dan memesona. Nah, teman-temanku, bicara soal burung-burung, aku mau memberikan informasi terbaru nih kepada kalian.
 
Jakarta Bird Land Ancol, Wisata Edukasi, Konservasi dan Pelestarian Alam
 

Jakarta Bird Land Ancol

Pada hari Sabtu, 5 November 2022 lalu, aku dan suami tercinta Aa Rahmad berkunjung ke Jakarta Bird Land Ancol. Pintu masuknya melalui gerbang depan Sea World. Dari sana kita berjalan sebentar saja, kemudian langsung terlihat deh area Sea World ada di sisi kiri, sedangkan Jakarta Bird Land di sisi kanan.

Jakarta Bird Land merupakan rumah dari ratusan ekor burung dari berbagai jenis. Asyiknya, pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan memberi makan, foto bersama burung dan menyaksikan Bird Show di dua tempat yang berbeda dengan konsep Fun Education.

“Kami hadirkan Jakarta Bird Land sebagai salah satu wujud komitmen kami dalam memberikan inovasi produk dengan kualitas kelas dunia. Hal ini tentu saja sejalan dengan misi kami memberikan edukasi mengenai konservasi pelestarian alam agar setiap pengunjung 1 dari 2 yang datang bisa mendapat pengetahuan dan pengalaman baru berwisata,” ucap Bapak Eddy Prastyo, Direktur PT. Pembangunan Jaya Ancol, Tbk.

Baca:
 
Jakarta Bird Land Ancol, Wisata Edukasi, Konservasi dan Pelestarian Alam
Bird Show di Jakarta Bird Land Ancol
 

5 Kawasan di Jakarta Bird Land Ancol

Jakarta Bird Land (JBL) memiliki luas kurang lebih 6.000 m2 yang terbagi dalam 5 kawasan, yakni:

American Macaw Area dan Indonesian Cockatoo

Di area ini kita bisa menemui dua jenis burung yaitu Makaw Amerika dan Kakaktua Indonesia. Ada Scarlett Macaw yang cantik dan memesona. Warna bulunya merah merona dan begitu jinak hinggap di pundak para pengunjung.

Hornbill Family

Hornbill atau Rangkong merupakan salah satu burung yang memiliki paruh melengkung berukuran besar. Di Jakarta Bird Land Ancol terdapat burung Rangkong jantan dan betina yang bisa berinteraksi langsung dengan para pengunjung. Ketika mini show, aku berkesempatan berfoto bersama rangkong ini, walaupun sedikit menjauh posisinya karena dia bergerak-gerak terus.

Aviary Exhibit (Area kandang)

Di area kendang ini, pengunjung tidak bisa berinteraksi secara langsung dengan burung-burung. Terdapat tiga spesies burung pemangsa di Jakarta Bird Land Ancol ini yang cukup berbahaya. Cukup melihat mereka dari jauh saja dan mengambil gambarnya.

Water Bird

Pengunjung bisa melihat aneka spesies burung yang habitatnya berada di perairan, seperti Bebek Mandarin, Angsa Hitam, Pelikan dan Bangau Bluwok. Kita diperbolehkan mengambil gambar serta memberi makan mereka, lho.

Free Range Bird

Jika kita ingin berinteraksi dengan burung langsung di kandangnya juga bisa. Aktivitas ini dilakukan di dalam kendang burung. Terdapat beberepa jenis spesies burung yang unik di area ini.

Serunya Berinteraksi dengan Beragam Jenis Burung di Jakarta Bird Land Ancol

Untuk memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang jatuh setiap 5 November, Ancol Taman Impian mengadakan kegiatan Eksplorasi Ragam Satwa Burung di unit rekreasi terbaru yang dimiliki Ancol, yakni Jakarta Bird Land. Ancol berkolaborasi dengan Jakarta Birdwatcher Society dan mengundang komunitas Teens Go Green Indonesia, Kids Birdwartcher serta siswa sekolah binaan yaitu Sekolah Rakyat Ancol.
 
Jakarta Bird Land Ancol, Wisata Edukasi, Konservasi dan Pelestarian Alam
Kawasan Jakarta Bird Land Ancol
 
Oh ya, di Jakarta Bird Land Ancol ini kita bisa melihat burung Kakatua Jambul Kuning, Kakatua Alba, Kakatua Raja, Macaw, Bebek Mandarin, Rangkong, Merak Biru dan masih banyak lagi. Elang Laut Dada Putih adalah salah satu jenis burung yang paling unik. Burung ini memiliki habitat di Pulau Bidadari Kepulauan Seribu dan berkembang biak di sana.

Ada lagi nih burung hasil pengembangbiakan dari Tim Konservasi Ancol yakni Jalak Bali. Burung ini merupakan burung endemik Indonesia dan salah satu jenis yang statusnya terancam punah. Mari kita jaga kelestarian burung dan lingkungannya supaya kehadiran mereka tetap ada!

Yuk, baca!

Menyaksikan Pertunjukan Burung dengan Konsep Fun Education

Teman-teman, kita bisa menyaksikan pertunjukan burung di area Bird Show di dua tempat yang berbeda dengan konsep Fun Education. Di area yang berada di tengah Jakarta Bird Land Ancol ini, burung-burung memperlihatkan keahliannya masing-masing. Ada yang pandai bersuara ayam, ada yang mahir memindahkan benda ke wadah yang dituju dan sebagainya.
 
Jakarta Bird Land Ancol, Wisata Edukasi, Konservasi dan Pelestarian Alam
Jakarta Bird Land Ancol: Wisata Edukasi Keluarga
 
Mini show digelar setiap hari di tribun kecil dengan kapasitas pengunjung kurang lebih 150 orang. Saat weekday pertunjukan burung biasanya diadakan sebanyak 3 kali, sedangkan saat weekend adalah 4 kali. Terdapat air terjun mini buatan di sekitar tribun, sehingga gemericik airnya membuat teduh suasana.
 
Jakarta Bird Land Ancol, Wisata Edukasi, Konservasi dan Pelestarian Alam
Tribun Pertunjukan Burung di Jakarta Bird Land
 
Selain mini show, terdapat main show yang kapasitasnya bisa mencapai 850 penonton. Di panggung utama ini ada 5 spesies burung yang ditampilkan. Saat weekday, bird show dihadirkan sebanyak 1 kali, adapun saat weekend bisa 2 kali pertunjukan dalam sehari. Semua dapat pengunjung nikmati gratis karena sudah termasuk sekali membayar tiket masuk, lho. Asyik, bukan?
 
Tonton video reels di Instagram aku ya @nurul_sufitri 😍

Berikut adalah uraian singkat pertunjukan burung yang seru dan menggemaskan:

a. Kakaktua Jambul Kuning

Burung ini memiliki tubuh Panjang dan tegak, berwarna putih dan di kepalanya terdapat jambul berwarna kuning. Kakaktua Jambul Kuning mempunyai kaki berwarna abu-abu gelap, paruh hitam, iris cokelat tua, pipi kuning. Habitat burung ini tersebar di Kepulauan Sunda Kecil, Sulawesi, Bali dan Timor. 

Kakaktua Jambul Kuning termasuk golongan ungga cerdas dan senang berkawan banyak. Pakan hariannya biasanya biji-bijian, buah-buahan dan kacang. Burung betina bertelur dua hingga tiga butir dalam sarangnta di lubang pohon.

b. Jalak Bali

Jalak Bali merupakan burung hasil program pengembangbiakan Tim Konservasi Ancol. Burung endemiuk Indonesia ini termasuk salah satu jenis spesies yang terancam punah dan termasuk kategori endemik.

Sky Bridge

Ada area yang paling menarik di Jakarta Bird Land Ancol, yakni Sky Bridge, di mana kita bisa melihat lebih dekat dan berinteraksi langsung dengan burung-burung yang sedang terbang bebas dan hinggap di area aviary. Taman burung ini dirancang khusus semirip mungkin dengan habitat asli burung-burung penghuninya.

Aku mencoba memberi makan seekor burung yang hinggap di telapak tangan kananku. Rasanya gemas, geli sekali, namun tidak merasa sakit saat dipatuk-patuk hihihi. Tenang, ada pawangnya kok. Burung-burung di Jakarta Bird Land Ancol pun cukup jinak. Malah suamiku mencoba dinaiki seekor burung Makaw di pundaknya, seru!
 
Jakarta Bird Land Ancol, Wisata Edukasi, Konservasi dan Pelestarian Alam
Sky Bridge


 
Jakarta Bird Land Ancol, Wisata Edukasi, Konservasi dan Pelestarian Alam
Sky Bridge dan Interaksi Langsung dengan Burung

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Untuk mencapai Jakarta Bird Land, teman-teman bisa naik Commuter Line menuju Stasiun Ancol. Dari Stasiun Ancol hanya berjarak satu kilometer berjalan kaki menuju wahana Jakarta Bird Land, atau bisa juga naik ojek online dengan tarif kurang lebih Rp 15.000,-

Jakarta Bird Land buka setiap hari Senin sampai Minggu pukul 09.30 hingga 16.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 75.000,- saat hari biasa dan Rp 95.000,- pada akhir pekan. Harga tiket ini sudah termasuk tarif masuk ke Kawasan Ancol. Tiket dapat dibeli sebelum berkunjung melalui laman resmi Ancol yakni www.ancol.com pada menu ‘Tiket & Promo’ lalu pilih ‘Tiket Jakarta Bird Land’.

Adapun tiket masuk Jakarta Bird Land khusus tanggal 5 hingga 30 November 2022 adalah Rp 60.000,- (Weekday) dan Rp 80.000,- (Weekend). Jakarta Bird Land Ancol memiliki berbagai fasilitas seperti musala, toilet dan eskalator.

Sejak tahun 2021 Tim Konservasi Ancol telah fokus menjalankan program pengembangbiakan burung-burung tersebut. Hingga saat ini pun telah berhasil memperoleh anakan burung dan sudah menghuni Jakarta Bird Land. Terdapat Tim Education Guide yang akan memberikan penjelasan tentang semua jenis burung yang ada.

Ingin memperoleh edukasi konservasi, pelestarian alam dan pengalaman baru berwisata? Yuk, berpetualang sambal mengenal puluhan jenis buruang di Jakarta Bird Land Ancol #HavenofWonder sekarang juga!

52 comments:

  1. Burungnya dilatih berapa bulan ya untuk mini show, pinter banget. Lihat foto sky bridgenya ternyata luas banget ya, nggak kebayang banyaknya burung yg ada di sana, seru liburan sekaligus edukasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya luas, bisa berinteraksi langsung dengan burung-burung di sana :) Seru!

      Delete
  2. seru banget ya mba rekreasi sambil edukasi di Jakarta Bird Land, anakku seneng banget lho kemarin bisa interaksi langsung dengan banyak jenis satwa burung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, aku juga senang ada burung kecil yang hinggap di telapak tanganku sambil makan :D

      Delete
  3. Tiap show udah nggak bayar lagi ya mba Nurul, asyiik. Halan2 bersama aa yaa^^. Ini anak2 juga demen nih hewan2 gini. Apalagi yg Jalak Bali, langka. Btw, aku udah lama nggak ke Ancol, lama banget euy terakhir ke Seaworld pas blum nikah. Sekarang pasti makin bagus ya mbaa. Makasih infonya mba, ku note

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga usah bayar nonton bird show, mbak. Udah termasuk tiket dari awal :D Iya, sama2.

      Delete
  4. Asik banget berdua sama suami ke Jakarta Bird Land. Aku baru tahu ada tempat ini. Dan sudah lama juga tak ke Ancol. Seru nih kayaknya kalau bisa ikutan lihat langsung mini shownya. DOain mba bisa main ke sini bersama keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah :D Memang baru launching 5 November kemarin kok :) Iya, agendakan aja mbak :D

      Delete
  5. Terakhir ke Ancol kayaknya belum ada Bird Land Ancol, deh. Udah lama bangeet ya hehehe
    Terakhir ke sana main di Sea World-nya

    ReplyDelete
  6. Waah... saya belum keturutan main ke Ancol. Keren banget ini ya bird land. Kalau di Malang ada di Jatim park, tapi tidak selengkap dan seluas ini burungnya karena ada hewan lainnya. Saya suka mengajak anak-anak ke tempat rekreasi seperti ini karena bisa sekalian edukasi mereka, bermain sambil belajar ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren donk. Cocok banget buat rekreasi bareng keluarga. Anak2 -asti senang berkunjung ke Jakarta Bird Land :)

      Delete
  7. Terakhir ke Ancol tempat ini masih dibangun, memang bikin penasaran krn arealnya luas banget ya ternyata. Akhir pekan deh ke sini, anakku pasti suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip mbak, udah cakep sekarang. Yuk, datengin :)

      Delete
  8. penasaran saya sama mini show yang diadakan di taman ini. kira-kira burungnya ngapain ya pas minishow itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang bersuara mirip ayam, ada yang pandai memindahkan benda dll, mbak.

      Delete
  9. Tempatnya luas ya... Burung-burungnya juga banyak dan menarik... Mudah-mudahan kapan-kapan bisa ajak anak-anak main ke sana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menarik semua dan unik2 burungnya di Jakarta Bird Land. Siiip.

      Delete
  10. Wah Ancol makin lengkap ajaa yaa. Koleksi burungnya juga terhitung lengkap pula. Kapan2 aah main ke sini 😍

    ReplyDelete
  11. Mbaa nurul bagus yaa ternyata, tiketnya murah pulaa...aku belum pernah kesana, next diagendakan aah sama anak2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak2 bakalan betah berlama2 di Jakarta Bird Land :)

      Delete
  12. Pemandangan di Sky Bridge ini keren amat ya. Apalagi kalau ada burung yg hinggap di tangan, bener, gemes dan seneng banget rasanya.

    ReplyDelete
  13. kemaren wak sudah sampe di Dufan Ancol masih nggak ketemu birdland kayak ini., ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuknya dari pintu gerbang depan Sea World. Ada plang Jakarta Bird Land kok, jelas :)

      Delete
  14. Aku ga suka.pelihara burung tapi sukak banget liat burung2 aneka warna apalagi yg bersuara. Jadi kepengen nih kapan2 ke bird park ancol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat relaksasi ya ada pemandangan dan suara burung2 :)

      Delete
  15. Kalo ke Jakarta, aku mupeeenggg ajak anak dan ponakan k sini
    Pastinya mereka bakal enjoyyy bgt
    Sungguh wisata edukasi yg menarik

    ReplyDelete
  16. Seru juga bisa wisata edukasi di Bird Land Ancol. Aku bukan pecinta burung, tapi bolehlah apalagi jenisnya kan banyak banget ya

    ReplyDelete
  17. Ancol bagi orang di luar Jakarta sangat memiliki daya tarik yang luar biasa.
    Aku kalau ajak jalan-jalan saudara juga berangkatnya ke Jakarta, hehehe.. soalnya banyak wahana yang bisa dilihat dan edukasi untuk anak juga gak membosankan bagi orangtua. Seperti wahana Jakarta Bird Land ini. Banyak banget burung indah yang bisa diajakin foto bareng dan dipelajari asal daerahnya serta keunikan lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. Buat piknik keluarga cocok banget deh. HTM nya juga terjangkau kan.

      Delete
  18. Wah, serunya
    Di Ancol ada wahana wisata baru
    Bird Island ini pasti sangat menarik minat anak anak ya mbak
    Pasti anak anak senang jika di ajak ke Bird Park Island Ancol ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti dong, anak2 suka apalagi ada bird show-nya.

      Delete
  19. Jakarta bird land Ancol ini pasti disukai sama para keponakanku deh. Mereka lagi banyak pertanyaan kritis dan harus kenal dengan spesies burung2 yg ada di sini yah. Fasilitasnya jg oke, cocok deh buat weekend-an ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fasilitasnya memadai dan canggih kan ada eskalatornya menuju sky walk :)

      Delete
  20. Ada lagi ya? Hari nasional.. Hari citra puspa.. Apa lanjutannya 😁 baru tau. Banyak yaa skrg hari2 baru.

    Btw, birland ini surga banget ya bagi pencinta burung. Emang kalau dah cinta sama hewan bela2in banget sampai bawa ke dokter hewan. Kayak kucing ade niiiih.. Huhuhuhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hehehe :D Pastinyaaa..demi kesehatan hewan peliharaan tercinta hihihi.

      Delete
  21. Wah sepertinya ini cocok banget buat liburan sekolah anak-anak ya mbak. Gak cuma buat wahana rekreasi keluarga tapi sekaligus buat edukasi anak2. Selain itu view lokasinya juga cakep kyk gak kerasa kalau itu ternyata ada di Jakarta yaa. Moga liburan sekolah nanti bisa ke sana ngajakin anak2 juga. Pasti hepi kalau bisa interaksi sedekat itu ma burung2 deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fun Education yang bakalan seru banget dan disukai anak2, terutama pertunjukan burungnya :)

      Delete
  22. Banyak yang bahas Ancol Bird Park ini ih. Bikin mupeng. Nak anak pasti hepi banget kalo diajak ke sana. Apalagi jika bisa megang burungnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe banyak banget :D Iya, mbak. Yuk, agendakan!

      Delete
  23. Kalo diriku masih di Jakarta, bakalan ngajak Syadat ke sini nih, hehe... Mengingatkan akan kebun binatang Bukittinggi, taman burungnya juga cantik. Tapi yg di Ancol ini lebih luas kayaknya ya. Enak main ke taman burung, adem banyak air mancur :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe betul3x, ada area air mancur yang cantik, makin mempercantik pemandangannya.

      Delete
  24. Auu. .. Seru banget mbak ke bird land gini. Aku belum pernah jadi mupeng banget liatnya. Kalo bawa anak2 pasti seru deh ya. Bisa gak mau pulang lagi deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, datangnya dari jam buka pagi2 hihihi seruuu deh, anak2 syukaaa!

      Delete
  25. Aku trakhir ke Ancol itu 2018 🤣🤣. Udh ga pernah kesana lagi, tau2 udh ada bird land aja mbaaa 😄👍

    Ini muraah sih tiketnya, soalnya dulu pernah lihat show burung juga di Taman Safari, dan tau sendiri tiket msuknya kan mahal bgt. Tapi pertunjukan burung2nya lucuuu dan seru memang.

    Ini PGN ajakin anak2 liat aneka burung dan bird show nya juga mba. Aku sendiri ga suka pelihara burung. Dulu papa pernah , pelihara merpati. Dilepas pula, soalnya kan bisa balik sendiri, tapi kotorannya jadi kemana2. Aku Ama mama kan sebel Yaa 🤣. Akhirnya pas papa setuju dipotong tuh burung2, kami dengan senang hati langsung panggil orang utk nyembelih burungnya, dan dimasak 😄.

    Tapi kalo ngeliatnya di suatu tempat khusus begini sih aku seneng mba. Krn kan udh terjaga dan dirawat baik juga 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. 4 tahun lalu berarti wkwkwkek... Ayo ajak keluarga seseruan di Jakarta Bird Land Ancol, mbak Fanny 😍 Gemesin deh kita ngasih makan burung di telapak tangan sendiri. Nonton bird show dll. Oooh gitu... cerita burung peliharaannya berakhir di penggorengan 😅

      Delete
  26. Wah jd pengen ajak anak2 ke sini pas liburan sekolah nanti, makasih mba infonya

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.