Daftar Isi [Tampilkan]

Kehadiran buah hati di rumah memberikan kebahagiaan tersendiri untuk seluruh keluarga. Namun, ada kalanya orang tua dibuat panik ketika si Kecil rewel dan mudah menangis, misalnya saja karena mengalami ruam popok. Ruam popok sendiri adalah salah satu bentuk iritasi kulit yang sering terjadi pada bayi di bawah usia 2 tahun. 

Seperti namanya, ruam ini memang erat kaitannya dengan penggunaan popok baik yang terlalu ketat atau jarang diganti, sehingga kulit bayi yang masih sangat sensitif harus berkontak dengan kotoran terlalu lama. Kabar baiknya adalah ruam ini dapat diatasi dengan menjaga kebersihan diri buah hati dan juga penggunaan krim ruam popok

 

Cara Mengatasi dan Mencegah Iritasi Kulit pada Bayi dengan Krim Ruam Popok Bepanthen
 

Krim ruam popok mengandung bahan-bahan yang membantu meredakan kemerahan, perih dan juga kulit kering akibat iritasi. Dengan penggunaan teratur, gejala ruam tersebut akan berangsur membaik dan si Kecil kembali ceria karena tidak lagi merasa perih maupun gatal. Yuk, simak serba-serbi ruam popok dan juga penggunaan krim ruam berikut ini. 

Mengenal Ruam Popok

Ruam popok adalah sebuah kondisi ketika kulit bayi yang biasanya tertutup popok mengalami iritasi. Ruam popok ini biasanya diakibatkan oleh gesekan antara kulit bayi dengan permukaan popok dan juga kontak yang terlalu lama dengan urin dan feses. Sebagai informasi, urin dan feses memiliki sifat asam yang dapat mengikis permukaan terluar kulit sehingga memberikan efek kemerahan mengilap, perih dan juga lecet jika terjadi dalam waktu lama.  

Untungnya, ruam popok bukanlah kondisi serius selama tidak dibarengi dengan infeksi lanjutan seperti bakteri atau jamur. Untuk itu, jika Mama melihat si Kecil mengalami ruam popok segeralah berikan penanganan seperti lebih rajin mengganti popoknya serta memberikan salep ruam popok setiap habis mandi atau berganti popok.

Gejala dan Penanganan Ruam Popok

Ruam popok ditandai dengan beberapa gejala yang dapat dengan mudah dikenali. Gejala tersebut meliputi:

  • Kemerahan, luka, bengkak atau bintik di area pantat bayi, paha, pangkal paha dan alat vital.
  • Kulit bayi terasa panas ketika disentuh.
  • Adanya sikap bayi yang tidak biasa karena merasa tidak nyaman atau kesakitan, seperti gelisah, menangis ketika disentuh atau dimandikan, serta sering terbangun di malam hari. 

Cara Mengatasi dan Mencegah Iritasi Kulit pada Bayi Akibat Popok

Jika Mama melihat beberapa atau semua dari gejala di atas, jangan dibiarkan karena ruam akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi buah hati. Beberapa cara yang dapat dicoba untuk meringankan dan meredakan iritasi kulit akibat popok ini adalah:

1. Rutin mengganti popok bayi. 

Ingat bahwa kontak terlalu lama dengan kotoran baik urin maupun feses dapat membuat kulit iritasi karena sifat asam yang dimilikinya. Untuk itu, rutinlah mengganti popok si Kecil, misalnya di setiap 2 jam sekali tanpa menunggunya penuh supaya kulitnya lebih sehat dan bersih.

2. Menggunakan ukuran popok yang sesuai. 

Hanya karena tubuhnya masih mungil, bukan berarti Mama boleh memakaikan popok ketat dengan tujuan tidak melorot. Popok ketat membuat kulit bergesekan dengan popok yang dapat memperparah ruam.

3. Membiarkan bayi tanpa popok. 

Kulit yang tertutup popok 24 jam sehari, setiap hari, tidak bisa mendapatkan sirkulasi udara yang baik sehingga rentan mengalami infeksi jamur dan iritasi. Saat ganti popok atau habis mandi, biarkan buah hati tanpa popok untuk beberapa waktu agar kulitnya bisa bernafas dan kelembaban berlebihan pada permukaannya dapat menguap sempurna.

4. Oleskan salep popok bayi atau salep pelindung (barrier ointment) setiap habis mandi dan mengganti popok. 

Salep ini juga umum disebut dengan krim ruam popok. Fungsi salep atau krim tersebut adalah untuk meredakan gejala ruam sekaligus memberikan perlindungan dengan menguatkan skin barrier sehingga tidak gampang iritasi saat bergesekan dengan popok. Pastikan salep yang dipilih mengandung pro vitamin B5 dan juga lanolin, bahan alami yang berguna untuk merawat kesehatan kulit dan mempercepat regenerasi selnya.

Mengatasi dan Mencegah Ruam dengan Krim Ruam Popok

Ruam popok bukanlah kondisi berbahaya sehingga penanganan sendiri di rumah sebenarnya bisa dilakukan. Menjaga kebersihan diri si Kecil hingga mengoleskan krim ruam popok dapat membantu meredakan iritasi kulit yang terjadi. Dan mengingat kulit bayi masih sangat lembut dan sensitif, pastikan Mama memilih produk salep dengan bahan alami yang efektif dan aman, misalnya saja pro vitamin B5 dan lanolin. Kedua bahan ini membantu mengatasi dan mencegah ruam popok agar tidak semakin parah.

Bepanthen: Kandungan dan Manfaatnya

Pro vitamin B5 atau dekspanthenol memiliki banyak manfaat bagi kulit bayi. Salah satu manfaatnya adalah menjaga kelembaban alami kulit berkat kemampuannya menarik dan mengunci air dalam sel kulit (humektan). Dengan begini, gejala iritasi seperti kulit kering, bersisik dan pecah-pecah dapat diatasi dan tidak menimbulkan rasa gatal. Kandungan pro vitamin B5 juga memiliki sifat anti inflamasi atau anti peradangan yang dapat membantu meredakan kemerahan dan mendinginkan kulit yang sedang iritasi. 

Cara Mengatasi dan Mencegah Iritasi Kulit Pada Bayi dengan Krim Ruam Popok
Krim Ruam Popok Bepanthen

Bukan itu saja, vitamin B5 dapat merangsang pembentukan kolagen yang dibutuhkan untuk penyembuhan luka dan regenerasi kulit sehingga luka lecet akibat iritasi dapat sembuh lebih cepat. Dan yang paling penting adalah kandungan tersebut membantu meningkatkan skin barrier yang membuat kulit tidak gampang terluka saat mengalami gesekan dengan permukaan popok.

Tidak ketinggalan lanolin yang berasal dari domba, di mana kandungan ini membantu menjaga kelembaban dan kelembutan alami kulit sekaligus merawat kulit yang mengalami iritasi. Duo pro vitamin B5 dan lanolin ini secara efektif membantu meredakan ruam sekaligus mencegahnya sebelum terjadi. Oleh karena itu, gunakanlah secara rutin kapanpun dibutuhkan supaya kulit bayi lebih sehat dan terlindungi.

Bepanthen krim ruam popok memiliki kedua bahan alami tersebut sehingga cocok dioleskan pada kulit bayi yang sedang mengalami ruam, atau sebagai langkah pencegahan sebelum ruam menyerang. Pastikan kulit si Kecil dalam kondisi kering dan bersih sebelum mengaplikasikan salep ruam supaya dapat terserap sempurna dan memberikan proteksi ekstra.

Referensi:

1.    Carissa Stephens, R.N., CCRN, CPN, Helpful Tips for Diaper Rash: What You Need to Know, November 29, 2021. Diakses pada 06 Juli 2022 dari https://www.healthline.com/health/home-remedies-diaper-rash

2.    Stephen Jerome Parker, MD, Diaper Rash Treatments, July 29, 2020. Diakses pada 06 Juli 2022 dari https://www.webmd.com/parenting/diaper-rash-treatment 

3.    Lyndsey Garbi, MD,Choosing Diaper Rash Cream,March 18, 2021. Diakses pada 06 Juli 2022 dari https://www.verywellfamily.com/selecting-a-diaper-rash-cream-284417

4.   Anna T., How Do I Choose The Best  Diaper Rash Cream?,June 4, 2022. Diakses pada 06 Juli 2022 dari https://www.wise-geek.com/how-do-i-choose-the-best-diaper-rash-cream.htm

62 comments:

  1. anakku dulu ruam popok, dan beneran pake bepanthen ini, akhirnya ruam popoknya berkurang dan sembuh. Kasian banget bayi kalau udah ruam pasti rewel banget, memang bener, kebersihan daerah sensitif bayi harus dijaga banget, jangan sampai ada ruam sedikit pun, karena kalau udah banyak banget bener2 rewelnya ga ketulungan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bepanthen sangat membantu mengatasi ruam popok pada bayi ya mbak :D Memang deh sensitif banget area kebersihan bayi, kasihan kalau udah rewel berarti pedih ya :(

      Delete
  2. Jadi ingat dulu anakku juga ruam popok. Dan jadinya rewel karena pastinya terasa gak nyaman apalagi biasanya terjadi di area sensitif. Bersyukur ada krim untuk ruam popok yang membantu meringankan rasa tak nyaman ini

    ReplyDelete
  3. Membiarkkan kulit tanpa popok dlu itu agak tricky, karena pasti ompolnya kena kain, hihi. Malas nyucinya.

    Nah ini aku pas bgt lg nyari krim ruam buat bayi. Coba cari di sini deh, kaliaja ada

    ReplyDelete
  4. Bayi soalnya ga bisa protes ya taunya nangis. Kalau sudah gitu bingung apa yg salah. Jadi salah satunya mngkn ya bs dicek jangan2 pantatnya ruam ya

    ReplyDelete
  5. Huaaa cocok banget ini kayaknya produk. Soalnya ponakanku tuh suka gerahan dan nangis. Baru berhenti kalo udah dilepas semua bajunya. Jadinya main sambil gapake apa-apa gitu... Malem-malem juga begitu, bapak ibu dan Aku yang pamannya juga ikutan kerepotan ngejagain si kecil yang gamau dipakein baju :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap mas hihihi :D Cocok juga ya Bepanthen buat mengatasi ruam popok pada bayi.

      Delete
  6. Anakku juga pakai bepanthen, nih. Memang ampuh melindungi dari ruam popok, ya.

    ReplyDelete
  7. Anak2ku dulu waktu masih bayi juga kadang-kadang iritasi kulit kalau pake popok terlalu lama. Jadinya mereka di rumah dulu gak pernah pakai popok, cuma kalau pas mau pergi dengan waktu cukup lama aja baru pakai popok. Senangnya ya sekarang sudah ada Bepanthen krim ruam popok yang bisa mencegah iritasi kulit bayi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar praktis pas bepergian dipakein popok ya. Pakai Bepanthen bayi ga kena ruam popok lagi deh.

      Delete
  8. Aku juga waktu anak -anak kena ruam disarankannya bepanthen loh NUrul
    berarti prodak ini memang bener-bener bagus dan dipercaya ibu-ibu muda dong ya

    ReplyDelete
  9. Persis seperti ajaran Ibuku.
    Beri anak waktu biar gak pakai pospak atau popok kain (clodi) yang menahan pipis di dalam. Jadi kulitnya bisa bernapas.

    Alhamdulillah,
    Solusi bagi ruam pada bayi, kini ada Bepanthen. Ampuh atasi kulit bayi yang sensitif karena ruam popok.

    ReplyDelete
  10. Kedua bahan alami yang dimiliki Bepanthen krim ruam popok bagus sekali. Jadi ada solusi nih buat atasi dan cegah iritasi kulit pada bayi. Bayi enggak bakal rewel lagi karena ruam popok lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bepanthen cocok mengatasi iritasi kulit pada bayi, ga rewel lagi deh.

      Delete
  11. Kulit anak memang sensitif banget ya Mbak.. Kalau udah ruam gitu, duuh bisa nggak nidurin selama semalaman karena rewelnya. Ini tuh bisa nggak buat mengatasi selain ruam popok, maksud aku buat ruam di tubuh anak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasihan kan kalau bayi kena ruam popok ga bisa bobo nyenyak :( Iya mbak.

      Delete
  12. Kalau kurang menjaga kebersihan area popok bayi memang bisa timbul masalah, seperti terjaid ruam popok. Kalau dah kejadian, rewel biasanya kan..sementara ibu kebingungan. Maka, perlu banget stok Bepanthen di rumah untuk atasi dan cegah iritasi kulit pada bayi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Kulit bayi super sensitif soalnya :) Perlu dong nyetok Bepanthen di rumah buah jaga2.

      Delete
  13. Anakku baru sekali kena ruam popok mbak, gara2 ganti merk popok sekali pakai, untung ruamnya ringan dan cpt hilang karna lgsg nemu cream yg cocok.

    ReplyDelete
  14. kalo aku salah satu caranya selalu bilas pakai air tiap ganti popok. anakku acam2 banget tipe kulitnya, ada yg biasa aja pakai baby wipes ada yg nggak. jadinya ya pake air baru oles bepanthen. ini dulu dikenalin sodara pas anak pertama. oke bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti Bepanthen memang sudah terbukti kualitasnya ya.

      Delete
  15. Kebiasaan baik harus dilakukan, jadi nggak sepanjang 24 jam pakai pospak. Kasihan ya takutnya nanti kena ruam popok. Tapi nggak khawatir juga sih kalo udah punya stok salep dengan kandungan pro vitamin B5 dan lanolin ya Nurul. Dan bagi Moms dengan baby juga nggak khawatir mestinya kalo udah ada Bepanthen di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak Wati. Kandungan alami pada Bepanthen ini cocok banget buat mengatasi ruam popok pada bayi.

      Delete
  16. Jaman anakku bayi yang jadi perhatian pertama dalam kesehariannya adalah rajin mengganti popok, terutama mamahku. Asli dia paling bawel kalau urusak popok anak, jangan sampai popok tebal atau anak gak nyaman dengan popoknya. Tapi dulu aku juga selalu sedia salep untuk ruam popok, untuk berjaga-jaga kalau kedapatan ada ruam popok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus sering diganti popoknya, kasihan kalau suhda penuh kaaan :D Sip mbak.

      Delete
  17. kalau anak - ank terkena ruam popok itu memang menyiksa sekali ya mba.. dan pastinya rewel. Harus diikuti nih tips dan triknya untuk menghindarinya

    ReplyDelete
  18. Popok sekali pakai ini memang praktis banget ya, karena ketika penuh, bisa langsung ganti. Tapi memang harus memperhatikan waktu pemakaiannya ya, supaya anak tetap nyaman saat pakai popok ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan nunggu full baru ganti popok sekali pakai :)

      Delete
  19. Ruam popok ini memang cukup sering terjadi pada bayi ya, mbak terutama kalau pakai pospak. Makanya nih perlu banget sedia krim ruam popok di rumah kalau ada bayi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untung ada salep Bepanthen mengatasi ruam popok yaa.

      Delete
  20. Bepanthen dengan kandungan Dekspanthenol ini emang efektif buat ngatasin Iritasi kulit dan ruam popok. Coba dulu saya kenal Bepanthen ya, engga bakalan terlalu khawatir kalau anak kena Iritasi kulit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sekarang anak2ku udah remaja juga hihihi, dulu belum kenal produk ini :D

      Delete
  21. Aku kalau pas newborn banget ngga pake pampers sih. Khawatir kalau ruam popok karena ngga ada sirkulasi udara itu tadi. Eh tapi sekarang untung ada Bepanthen yang bisa mencegah iritasi kulit bayi yah mba. Apalagi buat anak yang kulitnya sensitif banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah ya kini ada solusi atasi ruam pada bayi dengan Bepanthen.

      Delete
  22. Bepanthen ini terkenal dikalangan ibu-ibu yang memiliki bayi. Ampuh untuk menyembuhkan ruam popok bayi.

    Ruam popok bisa di minimalisir ya makk dengan tidak.menggunakan pempers di rumah. Memang rempong yaa tapi ada manfaatnya kok, anak jadi cepet bisa toilet training.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget :) Iya, dulu anak2ku kalau di rumah pakai popok kain biasa, kecuali keluar rumah baru deh yang sekali pakai.

      Delete
  23. Aku dulu terkadang membiarkan anak tanpa pampers beberapa jam. Akan halus sendiri tapi memang agak lama

    ReplyDelete
  24. Kalau punya bayi, emang wajib pantau saat ganti popoknya
    Jangan sampai terlalu basah baru diganti
    Dan tentu harus sedia juga krim ruam popok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahm bener banget tuh. Siap sedia salep anti ruam harus dong.

      Delete
  25. eh pas banget ini anakku kulitnya merah-merah karena gerah dan kena popok. Maunya lepas popok yaa tapi dia belum bilang kalau pipis. Bocorlah di rumah, ngepel terusss.

    ReplyDelete
  26. Ruam popok emang jadi problem umum buat baby ya.. kasihan banget baby kalo sampe ngalami ruam popok..wajib sedia bepanthen nih biar terbebas dari ruam popok.. ibuk jadi tenang juga kalo baby terbebas dari ruam popok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, siap sedia Bepanthen buay bay kesayangan itu harus :D

      Delete
  27. Ilmu perbayian yang perlu banyak diketahui para ibu yang sangat mengandalkan pada pospak. Godaan banget nih, karena enak aja sih kalau ada "tadah ompol". Masalahnya, ruam bisa jadi ancaman banget. Makanya saya hanya batasi 2 pospak per hari karena takut bayi kena ruam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYaaaa..... ga tega bener deh kalau baby mewek gegara ruam popok ya.

      Delete
  28. Anakku yang paling sensitif masalah popok, itu Lintang. Duh, ga boleh salah merek dikit, langsung bokongnya merah, beruntusan, dan menebal gitu. Dulu aku masih belum kenal salep ruam begini, jadi suka panik deh

    ReplyDelete
  29. lepas popok nih juga jadi pr buat ortu karena kalau pas pipis dan gak ketahuan bakal bikin basah seprei dan ujung2nya capek nyuci tapi siapin krim ruam popok juga penting sih

    ReplyDelete
  30. Anak2ku termasuk yg sensitif bangettt kulitnya mba. Untuk urusan popok, mereka hanya cocok ama 2 jenis popok, Pampers dan mamipoko yg soft. Lainnya ga bisa pake 🤣. Udh dicobain macam2 popok, dan waktu pemakaian juga sering diganti, ttp merah2.

    Makanya dulu aku rutin olesin pake krim ruam popok. Tapi dulu merk bepanthen ini aku blm tau. Jadi pake merk lain. Intinya hrs selalu sedia sih salep ruam kalo anak2 masih pakai popok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya mbak Fanny hehe. Memang sih pakai popok dan krim itu cocok-cocokan juga. Tiap kulit anak beda2 sensitivitasnya. Iya, zaman dulu aku juga belum kenal Bepanthen hihii :D Anak2ku udah remaja sekarang :D

      Delete
  31. Dulu anaknya adek pernah ruam di area anus, karena pengaruh diapers dan pupnya juga. Dipakein salep juga memang dan kalo siang gak pake diapers. Lama2 kering sih. Anaknya memang penggerah, jadi pake diapers pun area pantatnya terbilang panas juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memakaikan diapers pada bayi menang aja waktunya juga jangan kelamaan. Harus ada solusi mengatasi ruam juga, untung ada Bepanthen ya.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.