Daftar Isi [Tampilkan]

Berwisata ke Bandung, belum lengkap rasanya jika belum membeli oleh-oleh khas kota Kembang ini untuk orang-orang tercinta. Siapa doyan menikmati batagor, cilok, seblak, tahu susu Lembang, oncom dan aneka jajanan lainnya? Makanan khas Bandung memang sangat terkenal akan kelezatan rasanya.  

Oleh Oleh Khas Bandung yang Legendaris Nurul Sufitri Travel Blog JNE

 

Oleh-Oleh Khas Bandung yang Legendaris

Berikut adalah beberapa jajanan khas Bandung legendaris yang direkomendasikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat tersayang:

Picnic Roll dan Bollen Prima Rasa

Prima Rasa berdiri sejak 1992 dengan produk andalannya adalah picnic roll dan bollen-nya. Pada varian picnic roll terdapat daging sapi dan daging ayam. Sedangkan rasa bollen yang tersedia adalah bollen pisang, cokelat, keju, durian, tape dan apel. 

Tak hanya dua varian favorit itu saja. Ada juga brownies, cheese stick, lapis legit dan lainnya. Toko ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 20.00 WIB. Untuk menjaga rasa dan kualitas, proses pembuatannya dilakukan di pusatnya, yakni di Jalan Kemuning Nomor 20.

Oncom Raos Nyonya Gouw

Berwisata ke Bandung, belum lengkap rasanya jika belum menikmati oncom. Merek oncom yang terkenal di Kota Kembang adalah Oncon Raos Ny. Gouw yang sudah berjualan sejak 1950. Berbagai kuliner berbahan dasar oncom ada di rumah makan di Cihampelas ini. 

Ada oncom goreng tepung yang sangat digemari. Jangan lupa sambangi alamatnya ya, di Cihampelas No. 57 dekat dengan Cihampelas Walk. Toko ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 16.00 WIB.  

Pisang Bolen Kartika Sari

Ini dia yang jangan sampai terlewatkan jika kita main ke kota Bandung! Pisang bolen Kartika Sari sudah pasti menjadi oleh-oleh yang paling dinantikan keluarga di rumah, lho. Aneka kue khas Bandung tersedia di sini, seperti bagelen, brownies, keripik, basreng, sale pisang dan masih banyak lagi.  

 

Oleh Oleh Khas Bandung yang Legendaris Nurul Sufitri Travel Blog JNE
Pisang Bolen Kartika Sari

Kafetaria Pia 170

Ternyata Paris Van Java juga memiliki bakpia yang enak, yaitu Kafetaria Pia 170. Ada yang namanya butterscotch, pia tradisional yang lezat rasanya. Salah satu toko pusat oleh-oleh Bandung adalah di Jalan HOS. Cokroaminoto. Dengan kisaran harga 30 ribuan kita sudah mendapatkan sebungkus pia dalam kotak berdesain retro.

Brownies Kukus Amanda 

Kelembutan dan rasanya yang sangat lezat membuat Amanda brownies kukus sangat direkomendasikan untuk menjadi oleh-oleh khas Bandung yang legendaris. Brownies kukus Amanda ini berawal dari toko kecil di Rancabolang. 

Kini sudah banyak sekali outlet tersebar di kota-kota di Indonesia.Sudah banyak pula masyarakat yang menjual dengan bak mobil terbuka di mana-mana. Varian rasanya beragam, mulai dari cokelat, green tea, cheese cream, tiramisu, srikaya, blueberrry dan sebagainya.

Digitalisasi Produk UMKM  

Nah, teman-teman itulah lima jajanan khas Bandung yang cocok sekali dijadikan oleh-oleh. Bagaimana dengan outlet produk lain yang masih belum terangkat eksistensi dan nama mereknya? Padahal tentu saja produk makanan dari UMKM pantas sekali diketahui dan dipasarkan lebih luas, menjangkau seluruh Indonesia, terlebih mancanegara.

Indonesia memang belum sepenuhnya pulih dari pandemi. Situasi dan kondisi ini menyebabkan perekonomian carut-marut, terutama jika dilihat dari sisi perdagangan. Pemasaran digital menjadi salah satu cara meningkatkan pelaku usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang terdampak Covid-19 maupun kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

Terutama untuk para pelaku UMKM yang sulit beradaptasi dengan teknologi, bisnis online bisa menjadi sulit karena belum terbiasa, namun harus dihadapi dengan mempraktikkannya. Omzet UMKM yang memiliki model pemasaran tatap muka menukik tajam bahkan terancam bangkrut. 

Bukan perkara mudah bagi UMKM bangkit dari keterpurukan untuk berjualan online, apalagi mereka belum memahami teknologi digital. Selain membutuhkan modal yang kuat, tentu saja data-data latar belakang UMKM harus diketahui pemerintah setempat. Hal ini dilakukan agar penerapan digitalisasi bisa dilakukan secara efektif.

Program UMKM Recovery Center digulirkan di kota Bandung untuk memfasilitasi pelatihan digital marketing, membangun sarana Salapak (Sarana Layanan Pemasaran UMKM) hingga memfasilitasi bantuan dari pemerintah pusat.

Dalam situasi serba sulit ini, alhamdulillah bantuan nyata dari sebuah perusahaan jasa ekspedisi ternama pun datang. JNE, andalan masyarakat Indonessia dalam pengiriman barang turut mendukung eksistensi dan peningkatan penjualan online UMKM di Jawa Barat terutama kota Bandung dan sekitarnya.

JNE Bandung Raih 3 Penghargaan Sekaligus dari Markplus

JNE yang memiliki taglineConnecting Happiness’ dengan segala upaya terus meningkatkan pelayanan terbaik kepada para pelanggannya. Baru-baru ini JNE meraih tiga penghargaan sekaligus dari Markplus  dalam acara IMF22 bertema Human 5.0 : Creativity, Innovation, Entrepreneurship & Leadership.

Ada tiga karyawan JNE yang telah berhasil memberikan strategi untuk menemukan dan mengeksekusi peluang baru agar bisnis dapat lebih maju, serta membawa dampak positif bagi perusahaan, masyarakat, dan juga menjadi teladan bagi pemasar lainnya. 

Berikut adalah ketiga karyawan JNE Bandung yang memperoleh penghargaan dari Hermawan Kertajaya selaku Founder & CEO MarkPlus Inc.  pada 25 Agustus 2022 di Ballroom Aryaduta Hotel, Bandung.

1. Kategori Sales Person of The Year.

Ahmad Robel Oge selaku Head Unit Kantor Cabang Rancaekek. Ia dinilai mampu meningkatkan pendapatan perusahaan dan memperluas pemasaran dengan peningkatan lebih dari 30 persen. Selain itu ia juga berinovasi melakukan kerjasama dengan mitra strategis.

2. Kategori Brand Activator of The Year Jabar.

Jaka Saptawijaya selaku Head Unit Kantor Cabang JNE Garut. Jaka berhasil meningkatkan lebih dari 30 persen digital asset Garut serta aktif melakukan berbagai kegiatan untuk menciptakan citra baik perusahaan.

3. Kategori Service Person of The Year Bandung.

Yusman Heriyana. Ia berhasil memberikan kinerja terbaik dalam memberikan pelayanan prima bagi pelanggan.


Oleh Oleh Khas Bandung yang Legendaris Nurul Sufitri Travel Blog JNE
Tiga Karyawan JNE Bandung Raih Penghargaan dari Markplus
 

Head of Regional Jawa Barat, Murah Lestari mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan setia, yang selama ini telah memberikan kepercayaannya, sehingga JNE terus terpicu untuk meningkatkan kualitas pelayanan dalam memenuhi kebutuhan distribusi selama lebih dari 32 tahun.
 
“Ini merupakan salah satu hasil dari perjuangan panjang 50 ribu lebih karyawan JNE di seluruh Indonesia, karena itu sudah sepatutnya penghargaan ini dipersembahkan untuk mereka semua,” paparnya.

Murah Lestari menyatakan bahwa agar JNE dapat meraih penghargaan di tahun-tahun berikutnya, maka kapabilitas perusahaan harus ditingkatkan. Misalnya dalam menangani kapasitas pengiriman yang meningkat sekitar 30 persen. 

Ada pula kolaborasi dan sinergi yang menjadi prioritas lain karena dapat menciptakan iklim usaha yang positif. Tentu saja hal tersebeut bermanfaat sekali bukan hanya bagi perusahaan, melainkan pihak-pihak yang berdampak pada perekonomian nasional.

Brand Manager JNE Bandung Iyus Rustandi sangat bangga dengan pencapaian JNE. “Dengan penghargaan ini kami akan terus mewujudkan semangat “Connecting Happiness”,” ujarnya. Berbagai program JNE yang telah dilakukan selama ini merupakan langkah nyata. Member JLC yang memperoleh banyak kemudahan dan reward khusus adalah salah satu contohnya. 

Ada juga seminar-seminar UMKM untuk menggali potensi para pelaku industri kreatif agar melek teknologi digital untuk menunjang kemajuan perusahaan. Mudah-mudahan penghargaan yang telah dicapai JNE Bandung dapat mengobarkan semangat terus meningkatkan kinerja perusahaan, aamiin.  



63 comments:

  1. Wah Banyak juga ya prestasinya JNE sebagai salah satu ekspedisi di Indonesia...sekarang merambah ke oleh oleh khas daerah juga dengan masuk ke sistim digitalnya...memudahkan siapa saja yang ingin berburu oleh-oleh agar visa beli walau toko oleh olehnya ga didatengin langsung

    tali ngomongin soal oleh oleh aku tuh tadi langsung tettuju ke bolen kartikasari deh...ini sih aku suka banget dari dulu, soalnya pisangnya padet fulll dan rasanya wenak...aduh jadi pengen ke bandung aku mba nurul hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, Mbul :) Kalau belanja oleh2 misalnya kue2 atau craft Bandung, ga usah pusing pengirimannya via JNE aja :D Toss, Kartika Sari juga favorit aku :D

      Delete
    2. Ditempatku juga dicianjur selatan khususnya kebanyakan nya menggunakan ekspedisi JNE Ka.. Hehe

      Delete
  2. Langganan aku banget buat oleh-oleh Bandung ya Primar Rasa, hanya sekarang sudah banyak oleh-oleh kekinian yang enak-enak dan beragam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tapi tetap aja Prima Rasa legendaris ya :)

      Delete
  3. Oleh-oleh Bandung itu ngangeni..dulu banget wajib tuh bawa Prima Rada, Kartika Sari dan Amanda. Kini meski beberapa bisa didaptkan dengan mudah tapi kalau beli dari tokonya langsung di sana kok puas rasanya. Senang karena ada digitalisasi UMKM jadi produk dari mana saja bisa dikirim kemana saja. Pengirimannya? Pakai JNE dong pastinya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, mbak Dian. Jadi kalaupun ngeborong banyak, pakai JNE aja ongkirnya juga terjangkau ya dan dipercaya sekali :D

      Delete
  4. Bolennya Kartika Sari tuh emang uenak banget. Aku tuh nggak bisa tergantikan banget dengan rasanya ini. Dan kayaknya kalau ke Bandung itu nggak afdhol kalau nggak beli oleh-oleh khas Bandung ini

    ReplyDelete
  5. oleh-oleh khas Bandung banyak banget ya, kulineran di Bandung listnya banyak banget yang belum kesampaian hahaha.
    aku belum pernah cobain oncom, penasaran sama rasanya kayak apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saking banyaknya masih banyak camilan yang dikepoin terus, ga habis2 wkwkwkwk :D

      Delete
  6. Kalau ke Bandung aku ga ketinggalan tuh Bolen sama bolu kukusnya, sangat favorit. Gak harus ke Bandung sih, aku suka cari di toko oleh-oleh Bandung cuma buat beli dua kulinera itu wkkww, enaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bolu kukus Amanda emang lembuuuut banget tekturnya, ketagihan menikmatinya.

      Delete
  7. Jalan-jalan rasanya nggak lengkap kalau belum belanja oleh-oleh ya mbak. Apalagi di Bandung, surganya kuliner dan oleh-oleh makanan enak. Aku biasanya borong bolen, brownies, dan bolu susu kalau buat oleh-oleh. Aku paling suka pisang bolen. Kalau seblak, cilok, batagor, oncom, biasanya buat makan pas di sana aja.

    Masya Allah. Selamat ya buat ketiga karyawan JNE Bandung yang mendapat penghargaan dari Hermawan Kertajaya. Semoga apresiasi yang diraih dapat menambah semangat kerja, untuk kinerja lebih baik lagi bagi diri sendiri dan perusahaan tentunya.

    Btw aku familiar dengan Pak Hermawan ini, beliau pernah jadi host waktu aku diundang jadi narasumber talkshow bareng pak gubernur Lampung Ridho Ficardo :D Beliau yang nanya-nanya aku di acara talkshow waktu itu. Tahun 2017 kalau ga salah. Lupa haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sebangsa jajanan cilok dkk itu langsung disantap di tempat mumpung masih panas hihihi :D Alhamdulillaah kinerja ketiga karyawan JNE hebat sekali, aamiin. AKu pernah mengikuti seminar Pak Hermawan beberapa tahun lalu di bilangan Sudirman, membahas digitalisasi. Keren mbak Rien!

      Delete
  8. Setiapkali berlibur ke Bandung wajib bawa oleh-oleh dari Bandung. Terutama brownies kukus Amanda dan Pisang Bollen Kartikasari. Penasaran euy dengan oncom Raos Nyonya Gouw, ini banyak dijual ya mbak Nurul? makanan legendaris itu selalu enak

    ReplyDelete
  9. Banduunggg ngga mungkin lewat wiskul kalo k BDG

    ENAAAKKK semua sih makanannyaaaa
    Aku biasa belanja di borma sama tokonya daarut tauhid.
    Dah lengkaaappp bgt

    Klo kirim pake JNE, makin cihuyyy

    Bdg emang juaraaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe bener banget mbak.Kalo diborong semua, kirimnya pakai JNE aja udah jadi andalan :D

      Delete
  10. Bolen Prima Rasa dan Kartika favorit akuuu, juga Brownies Amanda. Mengapa makanan produksi Bandung enak semua yaaa, kan aku sampai nitip nitip ke teman sales yang jadwal pergi kesana dulu, hihiii
    Sekarang sih aman karena ada belanja online dan bisa memilih jasa pengiriman yang udah terpercaya seperti JNE

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua jadi favorit ya, kayaknya wajib dibeli hihihi :D Betul.

      Delete
  11. Bandung nih kalo soal kuliner emang bener2 dah, enak2 semua, haha... Waktu di Jakarta kalo kangen jajanan Bandung, iya bisa tinggal beli online aja. Dikirim pake yg sehari sampe, kalo makanan yg cepet basi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa, sekarang ga pusing kalau kepengen jajanan Bandung pesan online aja :D

      Delete
  12. jadi kangen dengan semua oleh - oleh khas Bandung yang memang asli enak semuaa hehehe. tinggal kirim ke mana aja di Indonesia ya dengan JNE

    ReplyDelete
  13. JNE memang sangat membantu UMKM terus bertumbuh, bicara tentang oleh-oleh Bandung dalam ingatanmu peyem masih melekat nih, tapi oleh oleh lain juga gak kalah enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih banyak oleh2 Bandung lainnya, bererot hihihi :D

      Delete
  14. JNE kereen semoga dengan penghargaan yg di dapatkan membuat JNe semakin menjadi bagus dalam segala hal.

    Maju terus JNe dan UMKm...
    Bandungg sukaaa dengan bolu susu dulu sukaa jastip itu sama makuta

    ReplyDelete
  15. JNE ini emang sangat membantu UMKM ya mbak
    Aku kalau ngomongin Bandung, ingetnya ya Kartika Sari
    Hehe

    ReplyDelete
  16. Brand Kartika sari sama Prima rasa ini hits banget ya mbak, eits satu lagi brownis amanda yang jejaknya sudah melanglang buana. Hampirdi berbagai kota ada lho. Dan pasti aku kalau pulang ke rumah ibu belinya brownies amanda lho

    ReplyDelete
  17. Kita sehati atau gimana sih Mba, saya juga nulis tentang oleh-oleh Bandung loh, kemarin-kemarin. Sampai rencananya mau bikin part 2 saya. Hehe ... Btw JNE Bandung dapat penghargaan nih, hore ... Emang layanannya oke sih, waktu punya bisnis online sering pakai ekspedisi JNE soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya mbak? Toss berarti kita sehati :) Iya, aku juga pernah bisnis baju tidur online, kirim pakai JNE.

      Delete
  18. Pisang bollen ini andalan oleh-oleh kalau ke Bandung banget ya, asama biasanya aku suka beli yang roll keju juga itu mak. Sama cemilan lainnya yang gurih-gurih krenyes gitu, hehehee... Mamahku nih kalau ke Bandung biasanya sebelum sampai hotel dia sudah minta diajak untuk belanja oleh-oleh dulu biar nanti gak kelupaan katanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang cheese roll emang enaknya kebangeta hahaha :D Iya, belanja dulu yang banyak supaya bobonya nyenyak wkwkwkwk :D

      Delete
  19. Banyak oleh-oleh dari Bandung yang justru saya tahu dari artikel ini. Hihi, kurang jauh saya mainnya nih. Yang saya tahu hanya brownies kukus Amanda saja. Lainnya saya baru tahu ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi masa sih teh? Kudu dibeli biar nyobain :D

      Delete
  20. kalo disuruh liburan ke Bandung yang aku cari pertama kali harus Pia dulu. hehe
    soalnya penasaran banget sama Pia khas Bandung setelah sering liat acara wisata kuline di YouTube, secara aku penggemar berat camilan Pia >,<"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, pia memang enak banget, lembuuuut dalamnya, ketagihan.

      Delete
  21. Prima Sari nih gak pernah absen buat dibawa pulang kalau dari Bandung. Kalau brownies Amanda krn mudah ditemukan di sini jd jarang beli di sana. Dih jd pengen makan brownies nih malam2 hehe
    Wih keren banget nih pencapaian JNE tahun ini ya mbak, sangat menginspirasi dan membawa manfaat tak hanya buat perusahaan tapi buat mitranya, para pelaku UMKM.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha brownies Amanda memang enak banget maunya makan satu boks buat sendirian wkwkwkwk :D Betul, JNE hebat banget pemcapaiannya.

      Delete
  22. Turut senang dengan penghargaan JNE di sepanjang tahun 2022.
    Bangga banget karena banyak keberhasilan yang diperoleh dan menjadi kepercayaan masyarakat.

    Kalau ke Bandung, Ibuku mesti gak pernah ketinggalan sale pisang yang belinya di Odjolali, sebuah toko oleh-oleh di Jalan Cihampelas.
    Tapi Bandung kulinerannya enak-enak sih yaa.. Jadi asik beli ragam oleh-oleh buat keluarga besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah ya. JNE sangat membantu kalau kita mau kirim2 jajanan buat oleh2.

      Delete
  23. Saya baru tahu kalau ternyata brownis kukus amanda berasal dari bandung 😁
    Btw, ternyata bolen pisang ini legendaris ya. Pantesan kok klo ada teman mudik bandung banyak yg nitip 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh pisan Bandung memang ga ada duanya soal rasa :D

      Delete
  24. kalau masalah kuliner, Bandung emang ngga ada matinya sih, semuanya enduuulzzz dan bikin ngiler. Tapi sekarang terasa lebih mudah walopun ngga ke Bandung tetep bisa dikirim lewat JNE kan ya. mantep jiwa sih ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Belanja jajanan Bandung online aja lebih cepat dan hemat waktu.

      Delete
  25. Dari lama pengin cobain pisang boleh, tapi belum keturutan juga. Tapi ternyata baru tahu kalau pisang boleh Kartika Sari itu asalnya dari Bandung. Apalagi si brownies amanda, udah bnyak outlet. Di Malang juga, emang enak banget dan rekomen banget buat jadi oleh-oleh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bolen pisang bikin nambah ngemil terus hahaha :D

      Delete
  26. Kartika Sari dan Brownies Amanda gak pernah ketinggalan klo ke Bandung untuk di bawa Pulang kalau akuhh.

    JNE memang keren sih bagus kinerjanya jadi kayak banyak banget dapat penghargaan

    ReplyDelete
  27. Aku jadi penasaran dengan butterscoth nya Mbak. Selama ini tahunya hanya kartika sari dan brownies amanda. Keren ya jne bandung dapat penghargaan

    ReplyDelete
  28. Dengan adanya UMKM Recovery Centre yang diinisiasi kota Bandung juga bantuan JNE sebagai jasa ekspedisi pendukung UMKM semoga akan bisa membantu pelaku UMKM untuk bangkit dan tumbuh lebih besar melayani pelanggan ke mana saja.
    Selamat untuk JNE atas penghargaan yang didapatkan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga program JNE berkesinambungan dan maju terus.

      Delete
  29. Oleh-oleh Bandung menduniaaa!!!
    Bangga deh sama JNE, selalu ada inovasi untuk membantu memajukan UMKM setempat. Jadi gampang buat dapetin oleh-oleh Bandung tanpa susah..bravo yaa JNE!

    ReplyDelete
  30. Pisang bolen dan brownies kukus amanda kayanya ga akan pernah ketinggalan untuk dibeli kalo mampir ke bandung.. hihihi

    ReplyDelete
  31. Duuuuh aku pengen coba yg oncom mbaaa 😍😍😍. Blm pernah beli kalo itu. Biasanya tiap ke Bandung, oleh2 beli di Kartika Sari. Udh komplit semua.

    Aku suka sih oncom, walo kdg rasanya ga semua enak. Makanya kalo ada yg jual dan udh terkenal , biasanya mau banget aku coba 🤭😍.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.