Daftar Isi [Tampilkan]

Ini pengalaman pertama aku dan keluarga menginjakkan kaki di Surakarta atau orang-orang lebih sering menyebutnya Kota Solo. Untuk beristirahat dan bobo cantik, pilihan kami jatuh pada Red Chilies Hotel yang lokasinya strategis di sisi jalan raya. Seperti apa kamar tidur, menu sarapan dan fasilitasnya? Let’s check it out

 

Red Chilies Hotel Solo Surakarta Nurul Sufitri Travel Blog Review

Lokasi Strategis

Hotel Red Chilies berada di Jalan A. Yani No.286, Manahan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139 dengan nomor telepon yang bisa dihubungi yaitu (0271) 7462247. Hotel yang berjarak 4,2 km dari pusat Kota Solo ini memiliki waktu check-in dari pukul 14.00 dan check-out hingga 12.00 WIB.

Hotel yang terletak di Solo, 4 km dari Pasar Gede dan 2,1 km dari Museum Batik Danar Hadi memiliki berbagai fasilitas cukup lengkap dan menarik. Apalagi lokasinya yang strategis, tepat berada di sisi jalan raya dan akses mudah ke mana-mana. Menuju The Park Solo dari hotel berjarak 9 km, sedangkan Pasar Klewer berjarak 5 km. Bandara terdekat adalah Bandara Adisumarmo. 

Di depan Red Chilies Hotel terdapat minimarket Alfamart, penginapan Putra Remaja dan beberapa warung makan. Malah sejajar dengan hotel terdapat pool kecil bus antarkota. Malah kami sempat makan bakso di sebelahnya, ya so-so sih rasanya hehehe.  

 

Red Chilies Hotel Solo Surakarta Nurul Sufitri Travel Blog Review
Area Parkir dan Ruang Duduk Lobby Red Chilies Hotel Solo
 

Dekat ke Berbagai Objek Wisata

Taman Balekambang (1 km), Stasiun Solo Balapan (1 km), Stadion Manahan (1,2 km), Solo Paragon (1,5 km), Monumen Pers Nasional (1,7 km), Museum Dullah (1,7 km), Sriwedari Park (2,1 km), Solo Grand Mall (2,1 km), Restoran Selat Vien’s (2 km). Untuk atraksi wisata yang jaraknya dekat dengan Hotel Red Chilies seperti Ngarsopuro (2,3 km), Stasiun Purwosari (2,5 km), Pasar Gede Solo (2,7 km), Pasar Klewer (2,8 km). 

Bandara terdekat hotel ada Bandara Adisumarmo (7,5 km), Bandara Adisucipto (49,9 km) dan Bandara Internasional Ahmad Yani (80,5 km). Oh ya, teman-teman yang berkunjung ke Solo, jangan lupa mampir ke Pasar Triwindu. Hanya berjarak sekitar 2 km dari hotel, kita bisa menjelajah pasar barang antik yang sarat akan sejarahnya.

Cerita tentang Pasar Triwindu sudah aku tulis beberapa waktu lalu di blog ini ya. Malah kami berjalan kaki dari Pura Mangkunegaran menuju Pasar Triwindu lho dan ternyata jaraknya cukup dekat. Kalau dari Hotel Red Chilies, jarak tempuh ke Pura Mangkunegaran hanya sekitar 1,7 km saja.

Fasilitas

Akomodasi dengan sertifikat CHSE yang memenuhi protokol kebersihan dari Kemenparekraf. Fasilitas yang ditawarkan di Hotel Red Chilies meliputi restoran, lift, resepsionis 24 jam, layanan kamar, Wi-Fi dan parkir gratis, antara jemput bandara, kamar bebas rokok, air mineral botol, tea/ coffee maker, dan masih banyak lagi. 

Hotel berbintang 3 ini juga memiliki kamar keluarga. Red Chilies Hotel menawarkan aktivitas/ layanan lain yang mungkin dikenakan biaya seperti jasa pijat, paket spa/ wellness, karaoke, live music, lapangan tenis dan makan malam bertema. 

Oh ya, ada suara musik yang terdengar nyata sekali saat kami berada di dalam kamar, bahkan hingga malam hari. Kupikir ini musik karaoke para tamu, jadi tak digubris sama sekali. Padahal saat itu rasanya susah terlelap. Keesokan harinya, aku tanyakan soal ini ke front office

Eh, ternyata itu musik dari pusat yang suaranya beredar ke lorong hotel. “Kalau boleh memberi saran, mbak, minta tolong lain kali diperkecil volume musiknya”. “Baik, mohon maaf, Bu. Terima kasih atas sarannya”, begitu kata staf hotel saat kami bersiap check out paginya.

Kamar Tidur

Kami pesan dua kamar tidur delux yang letaknya bersebelahan. Ukuran kasurnya king untuk aku dan suami, begtiu pula untuk kedua anakku Rafa dan Fakhri. Meskipun kamarnya tidak begitu besar, tapi lumayan nyaman lah mengingat lokasinya yang strategis tepat di sisi jalan raya dan banyak tempat jajan juga. 

 

Red Chilies Hotel Solo Surakarta Nurul Sufitri Travel Blog Review
Kamar Tidur Delux

Kamar tidur di hotel ini dilengkapi dengan AC, 1 unit telepon, televisi layar datar, teko pembuat teh dan kopi, dua botol air mineral, cangkir, meja dan kursi, lemari pakaian terbuka tanpa pintunya, ada pula gantungan baju dan dua pasang sandalnya. Stop contact pun tersedia dekat tempat tidur dan meja di pojok dekat televisi. 

 

Red Chilies Hotel Solo Surakarta Nurul Sufitri Travel Blog Review
Lemari, Televisi, Meja dan Kursi Kamar Hotel
 

Kalian mau tahu kan rate per night hotel ini berapa? Setelah aku dan suami bandingkan dengan beberapa Online Travel Agent (OTA), akhirnya kami putuskan booking langusng via telepon ke hotelnya. Harga kamar permalam adalah Rp 550.000,- sudah termasuk sarapan.  

Kami booking 2 kamar untuk menginap semalam saja. Tempat tidurnya minta king size dan kamar aku dan suami bersebelahan dengan kamar Rafa dan Fakhri. Pembayaran dilakukan melalui transfer down payment (DP) sebesar 50%.

Kamar Mandi

Kamar mandinya luas dan cukup bersih di mana terdapat cermin horizontal menempel pada dinding, wastafel, shower, toilet, dilengkapi dengan sampo, sabun cair, sikat dan pasta gigi serta handuk bersih berwarna putih. Di depan pintu kamar mandi pun terdapat sebuah cermin namun bentuknya vertikal. Colokan listrik pun ada 1 di sini, dekat wastafel. 

 
Red Chilies Hotel Solo Surakarta Nurul Sufitri Travel Blog Review
Kamar Mandi dan Toilet

Sarapan

Kami sarapan prasmanan di Red Chilies Hotel dengan menu yang bervariasi, terpisah meja-mejanya di berbagai sudut restoran. Peralatan makan, nasi dan menu terpajang di sebuah meja panjang. Ada juga bubur sumsum, minuman teh dan kopi di meja lain di seberangnya. Jus jeruk dan jambu klutuk berada di meja agak di tengah ruangan.  

 
Red Chilies Hotel Solo Surakarta Nurul Sufitri Travel Blog Review
Sarapan Bersama Keluarga di Red Chilies Hotel Solo

Saat itu menu sarapan yang disediakan adalah nasi putih, mie goreng, semacam opor ayam, tumisan, telur ayam, kerupuk, sambal, acara, Kami pilih semua dong, ogah rugi hihihi. Minumnya teh manis hangat, jus jambu dan jus jeruk. Kopi sudah diseruput semalam sebelum tidur dan pagi hari sebelum mandi.   


Red Chilies Hotel Solo Surakarta Nurul Sufitri Travel Blog Review
Ruang Makan Menu Prasmanan
 

Memang deh, kurasa pencahayaan di ruang makan ini kurang. Berasa redup gitu, jadi kurang jelas makanannya dari kejauhan hehehe. Ya mungkin memang sengaja diciptakan kehangatan di meja makan konsepnya seperti ini. Kalau soal rasa makanannya, kira-kira kayak masakan ala rumaha deh, nikmat juga. 

Well, pada hari Rabu, 4 Mei 2020 setibanya kami di Kota Solo, dari rumah kakak iparku di Malang, kami langsung berkunjung ke Museum Keraton Surakarta Hadiningrat. Pas banget jam 2 siang sampai di loket dan alhamdulillaah berkesempatan menjelajah isi museum dipandu oleh Bapak Khumaidi.

Kalau ditanya mau lagi atau ga, menginap di Red Chilies Hotel Solo di lain waktu, aku jawab,”Mau”. Lokasinya strategis sih dan pelayanannya pun baik. Nantikan ulasan tentang Pura Mangkunegaran di judul berikutnya ya, teman-teman. Sampai jumpa!
 

72 comments:

  1. nama hotelnya keren banget deh mba, Red Chilies Hotel Solo, aku sih kayaknya akan mempertimbangkan untuk menginap di sini saat berkunjung ke kota Solo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak :D Strategis lokasi hotelnya nih :)

      Delete
  2. Dennise Sihombing6 June 2022 at 22:54

    Lokasi Red Chilies Hotel Solo strategis ya mbak, kemana-mana dekat. Dan harganyapun termasuk midle apalagi fasilitasnya yang lumayan. Suatu hari saat aku ke Solo sempatkan mampir kesini deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan banget. Apalagi kalau cuma nginep sebentar, cocokkk :D Sip mbak.

      Delete
  3. senang banget bacanya
    setiap ke Solo, sering banget ngelewatin Red Chillies Hotel
    dan ternyata menyenangkan ya?
    Terlebih letaknya sangat strategis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? Hehehe kapan2 kudu diinapi kalau gitu mbak :)

      Delete
  4. Selain harga, kenyamanan, kebersihan dan service, kelezatan menu breakfast juga jadi bahan pertimbangan dalam memilih hotel. Ini ada semua di Red Chilies Hotel. Ditambah bonus lokasi yang strategis. Paket lengkap deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali. IYa, bisa jadi pilihan utama nih Red Chilies Hotel buat menginap sekeluarga :D

      Delete
  5. Kalo ke hotel yg paling kutunggu2 adalah menu breakfastnya hehe. Terus ikut menikmati sarana dan prasarananya termasuk kolam renang.

    Terlihat bersih dan nyaman juga untuk hotel chilies surakarta ini, bagus untuk dikunjungi sekalian traveling di obyek wisata sekitar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaaaa hahaha :D Kayaknya di sini ga ada kolam renangnya sih hihihi :D Iya mas, selamat mencoba kapan2 bermalam di hotel ini :)

      Delete
  6. Sekarang aku kalau ke solo lebih sering pulang langsung ahahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya mas? Hahahahah mantap deh PP kuat ya.

      Delete
  7. Hotelnya asik ini, apalagi bagian loby nya juga gak bikin bete buat nunggu. Selain itu menyenangkannya kalau nginep itu adalah hidangan sarapannya haha, selalu menggiurkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa, kudu pake sarapan kalau aku sih biar praktis cuuuzz jalan2 pas keluar hotel.

      Delete
  8. Kalau hendak berlibur dan milih penginapan, aku emang cenderung pilih yang dekat dengan tempat wisata sih. Jadi bisa melipir ke sana kalau pas ada waktu.

    Red chilies ini tentu akan jadi pilihan kalau aku ke Solo.

    ReplyDelete
  9. Hotel ini strategis mau kemana saling terhubung dengan mudah. Fasilitas bintang 5 keren, ditunjang layanan hotel.

    ReplyDelete
  10. liburan sekolah ini pengiinn banget plesir ke solo, jogja dan sekitarnya.

    tiga thn silam, ke solo aku nginep di pusat kota. seruuu klo minggu ada CFD.
    nah, ini baca2 ripiu hotel red chillies, semngat cusss ke solo jadi membaraaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, asyik tuh bentar lagi liburan kenaikan kelas. Sio mbak, semoga jadi jalan2 ke Solo ya.

      Delete
  11. Menilik dari lokasinya dengan jarak sekian dari beberapa destinasi di Solo, Red Chillies Hotel Solo ini strategis. Pas jadi penginapan saat wisata sehingga dekat kemana-mana. Untuk harga sekian, di peak season, fasilitas kamar dan sarapan lumayan lengkap, termasuk sepadan ini. Aku suka di bagian Mbak Nurul kasih saran tentang musik itu. Terganggu lah kalau di lorong ada musik sampai terdengar di kamar gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, mbak Dian. Iya, sepadan. Hihihihi ho'oh mestinya sejak malam bilang aja langsung ya ngecilin volume musiknya. Kirain ada kelompok yang berkaraoke eh taunya bukan wkwkwkwkwk :D

      Delete
  12. Ini udah include breakfast emang yah, enak ngga perlu kelua2 nyari. Eh tapi kan emang startegis banget sih hotelnya nih. Mau ke mana2 juga enak. Wajib nyoba niy kalo lagi staycation ke Solo.

    ReplyDelete
  13. Hotelnya bagus, terlihat nyaman, walau desainnya gak yang terlalu modern ya. Harga segitu standar tipe delux, cukup oke, walau misal kita nginep di hotel bintang 3 di hotel2 kekinian, kita bisa merasakan atmosfer futuristik dan lebih wow. Kalau pesen 2 kamar gitu, biasanya bisa setara dengan harga suite yang bisa buat 4 orang. Ga ada kamar tipe family kah?

    Btw aku belum pernah ke Solo lho :p
    Padahal beberapa kali ke Jogja dan Semarang, mestinya udah dekat ya kalau mau meluncur ke Solo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hotel agak jadoel sih ini tapi mayan banget kan cuma nginep semalam hihihi :) Ada family room-nya kok. Iya, kapan2 wisata Solo mbak Rien.

      Delete
  14. Kalau dilihat dari kamarnya, keliatan bersih. Jadi lumayan buat bobok. Cuma soal musik, kubakal gak nyaman kalau terdengar sampai kamar. Nyari yang kedap suara kali ya biar enak

    ReplyDelete
  15. Dennise Sihombing8 June 2022 at 19:33

    Aku juga kalau pas keluar kota dan berencana liburan dengan keluarga pastinya mencari hotel yang dekat dengan wisata. Simple dan hemat waktu. Red Chillies Hotel ini bisa jadi pilihan saat ke Solo mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, biar lekas sampai, ga kena macet orang2 yang berlibur hehehe :D

      Delete
  16. Lokasinya enak banget ni mbak kemana2 deket. Hotelnya cozy ya nyaman banget buat istirahat. Aku simpen ya mbak pankapam klo ke solo cobain nginep sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, silakan. Siapa tau mbak kapan2 bermalam di Red Chilies :)

      Delete
  17. Oh lokasinya di Manahan dekat stadion berarti ya Nurul? enak banget kalau hotel strategis, jadi kemana-mana dekkat. Seru ya bisa jalan-jalan di Solo. Catet ah hotelnya lokasinya enak & fasilitasnya juga lumayan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kira2 seperti itu, Lidya. Betul, jadi cepat sampai ke tempat wisatanya.

      Delete
  18. Cantik dan nyaman hotelnya yaa..kak.
    Bikin nyaman ketika perjalanan jauh dan mendapatkan pelayanan maksimal.
    Rasanya rindu travelling lagi bersama keluarga di Red Chilies Hotel Solo.

    ReplyDelete
  19. Impian banget nih staycation bareng anak-anak. Nunggu anak2 agak gede deh. Asyik banget hotel di Solo dekat kemana2. Mulai dari Mall, sampe berbagai museum dan pasar di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik dong hihihi :) Iyaaaa, macam2 destinasi wisata di Solo, keren2 semua dan bersejarah.

      Delete
  20. Hotelnya strategis begitu,siapa sih yang nggak bakal balik nginep lagi ya? Dekat dari tempat wisata dan akses transportasi. Berarti mba Nurul ke Solo pas momen Lebaran tuh,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinyaaa, betul pas momen lebaran, Laras.

      Delete
  21. Serunya bisa staycation di tempat yang asyik. Mau dong diajak

    ReplyDelete
  22. Udah lamaa banget nggak ke Solo. Cocok nih buat nginep di Solo bareng anak-anak dan suami. Apalagi hotelnya dekat dengan berbagai wisata. Kecee!

    ReplyDelete
  23. Pasti senang ya mbak, kalau bisa menemukan hotel yang nyaman dan letaknya strategis, dekat dengan berbagai tempat wisata
    Bisa nih aku jadikan referensi penginapan saat akan main ke solo

    ReplyDelete
  24. Nama hotelnya baru denger deh. Pas kemarin cari penginapan di solo ga nyadar ada hotel ini. Semua serba merah yah, jadi semangat terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya serba merah menggambarkan semangat liburan kayaknya hahahah :D

      Delete
  25. Aku sering lewat kalau pulang ke Karanganyar tapi baru tahu hotel ini dari ulasan Mbak Nurul. BTW aku jadi tertarik sama ulasan Mbak Nurul tentang Pasar Triwindu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa mbak hihihihi.... bisa jadi rekomendasi pilihan hotel buat kapan2 mbak ke Solo lagi :)

      Delete
  26. kalo bisa dapat hotel yang strategis gini enak ya mbak, dekat dengan berbagai lokasi wisata jadi memudahkan. kapan-kapan aqmau staycation disini juga

    ReplyDelete
  27. Solo yang aku tahu cuma dua sih. Stasiun Balapan dan Stadion Manahan. Mbak Nurul menuliskan alamatnya bahwa lokasi hotel ada di Manahan. Setelah beberapa kalimat kemudian, ternyata bener yaa deket dengan stadion Manahan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kang Mas Joe hehehehe :) Cobain kapan2 nginep di sana.

      Delete
  28. Wahhh hotelnya bener-bener strategis banget yaa, mau kemana-mana juga deket banget tuh. Jadi gak berasa kalau dari hotel mau ke lokasi lain, pilihan tempatnya juga beragam.

    Kalau liburan seperti ini pilihan hotel untuk menginap bersama keluarga emang penting banget, apalagi fasilitas yang diberikan serta akses yang didapet bisa jadi pertimbangan yang matang banget. Hotel Red Chilies ini bisa jadi pilihan nih kalau mau menginap di solo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Mau ke mana-mana bisa, cepat sampai soalnya lokasi hotel strategis :)

      Delete
  29. Kalau boleh tahu, jika dibandingkan dengan OTA perbandingannya nyampe berapa ya Mbak? Jadi kalau booking ke hotelnya bisa dibilang lebih murah ya hihi. Senang ya menginap di sini karena lokasinya strategis, harganya juga terjangkau plus sudah sarapan pula :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Misalkan di OTA 300K, telepon langsung ke hotel bisa 250K atau 275K dst. Apalagi kalau menginap 3 malam, bisa minta diskon lagi haha semoga beruntung.

      Delete
  30. boleh banget sih ini jadi rujukan karena dekat dengan berbagai macam atraksi wisata. hemat ongkos transport, yang penting fasilitas nyaman dan menyenangkan sarapannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap, mas. Seru juga sih nginep di hotel ini :)

      Delete
  31. Wah, langsung masuk list hotel yang bakal diinepin kalo lagi maen ke Solo. Oh tapi ini lokasinya juga deket dengan jalan yang biasa ada Car Free Day kalau hari Minggu itu kan ya? Seru nih keliatannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget :) Lumayan banyak juga tamunya. Dekat ke mana-mana sih, strategis.

      Delete
  32. Bakalan nginap disini deh kayaknya kalau pas ke solo. Tepat banget ya mbak hotel ini dijadikan pilihan nginap bareng keluarga

    ReplyDelete
  33. Wah kalau aku ke solo bakalan nginep di hotel itu. Selain tarifnya yang cukup terjangkau, fasilitas yang ditawarkan juga lumayan bagus, meski tidak 100% perfect.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, lumayan lah apalagi kalau buat transit aja hehehe.

      Delete
  34. Kamarnya cozy banget serasa di rumah sendiri ya mbak nginep disana 😁

    ReplyDelete
  35. Aku kok kebayang hotelnya punya menu yang pedas-pedas dari namanya, Mbak, hehe. Jadi kangen makan ala buffet di hotel gitu, bareng keluarga makin asyik. Apalagi kalau ketemu keluarga atau kerabat dan dekat dengan tempat wisata. Ditunggu kisah lainnya di Solo, Mbak Nurul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kenyataannya, makanannya ga pedes kecuali pakai sambal wkwkwkwkwk :D IYa, Mas Rudi :D

      Delete
  36. Aku tuh termasuk yg ga pernah booking hotel dgn menelpon langsung mba 😅. Cuma bandingin Ama berbagai Ota aja. Coba ah sesekali, kali aja bisa lebih murah kan.

    Daerah Manahan yaaa, ga jauh dr rumahku dong 😄. Trakhir ke solo aku ga ngeliat hotel jni . Boleh banget aku masukin dlm list hotel kalo ntr mudik lagi.

    Apalagi kalo tujuannya hanya utk tidur selama wisata di solo, dr kamar udah kliatan nyaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe coba aja mbak via telepon :D Iya, buat bobo doang, cocok deh hotel ini.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.