Daftar Isi [Tampilkan]

Suka makan bubur ayam? Menyantap bubur ayam saat makan siang maupun malam sama lezatnya. Bubur ayam seringkali disajikan sebagai menu sarapan yang mengenyangkan dan mudah ditemui di pedagang kaki lima maupun restoran. Kali ini aku mau membagikan cara membuat bubur ayam enak dan praktis menggunakan magic com.

Cara Membuat Bubur Ayam di Magic Com Enak dan Praktis Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog

Kelezatan Bubur Ayam 

Banyak jenis dan variasi bubur ayam di Indonesia. Resep paling lazim ditemui adalah bubur ayam yang disajikan dengan suwiran daging ayam dan irisan cakue dan kerupuk di atasnya. Selain itu kecap manis, kecap asin, merica, daun bawang, seledri, bawang goreng, tongcai menambah cita rasa yang tak bisa terpisahkan dari buburnya sendiri.

Sebagai topping, kita bisa menambahkan telur rebus, sate usus, hati dan ampela ayam dan sebagainya. Jangan lupa sambal ulek harus tetap ada dong. Supaya rasa bubur ayam semakin maknyus. Untuk kuahnya tergantung selera, ada yang yang berkuah santan ada pula kuah kari biasa, bahkan tanpa kuah sama sekali. 

 

Cara Membuat Bubur Ayam di Magic Com Enak dan Praktis Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Bubur Ayam Kuah Santan
 

Bubur nasi adalah beras yang dimasak dengan air yang banyak sehingga memiliki tekstur yang lembut dan berair. Bubur ayam menjadi pilihan hidangan hangat saat sarapan atau kapan saja. Dengan kandungan gizi yang sukup baik, bubur ayam sering dijadikan makanan bayi, anak-anak atau orang sakit yang tengah dirawat unuk pemulihan.  

Membuat bubur gurih menggunakan magic com terbilang gampang-gampang susah. Kalau salah langkah membuat, hasil bubur buatan kita bisa encer atau bahkan lengket. Bubur ayam buatan sendiri ga kalah enaknya dengan bubur a la hotel atau restoran. Aku sering membuatnya terutama saat akhir pekan.

Suami dan anak-anak begitu menyukainya. Kalau beli sama mamang bubur ayam yang lewat depan rumah atau kedai langganan, makannya hanya seporsi. Enaknya bikin sendiri di rumah nambahnya bisa berkali-kali. Selain lebih hemat tentunya lebih bersih.

By the way ini resep buryam dari papaku, lho. Beliau yang mengajari aku memasak makanan favorit keluarga. Mama saya juga pandai masak. Nah, kalau aku lebih ke pintar makannya hahahahaha. Practice makes perfect, bisalah aku cuma buat buryam doang. Jangan kalah ah sama abang-abang buryam kaki lima hehehe.

Sejarah Bubur

Oh ya, sebelum masak, ada baiknya kita mengetahui awal mula bubur berasal. Banyak sejarawan menduga bubur atau congee aslinya berasal dari China. Menurut penulis buku masak Eileen Yin-Fei Lo bubur nasi atau congee sudah ada sekitar tahun 1000 SM, selama dinasti Zhou. 

Kemudian bubur ini menyebar ke wilayah Asia lainnya yang memiliki banyak versi racikan bubur. Di Jepang namanya ‘okayu’ sedangkan di Thailand bernama ‘jok’. Di Indonesia ada bubur ayam Sukabumi, bubur ayam Cirebon, bubur ayam bubbor paddas di Kalimantan, bubur Manado yang identik sebagai makanan sehat dan masih banyak lagi. Beda jenis bubur, beda juga penggemarnya.

Ada dua sebutan bubur dalam bahasa Inggris yakni 'porridge' dan 'congee'. Keduanya berbeda dari segi bahan pembuatannya. 'Porridge' merujuk pada bubur versi bule yang dibuat dari oat, gandum, atau kacang-kacangan lainnya. Campurannya ada air, susu, atau keduanya.

Sedangkan 'congee' adalah jenis bubur nasi yang populer di Asia, termasuk Indonesia. Salah satu varian congee adalah bubur ayam yang kita kenal sekarang. Pelafalan kata 'congee' dari bahasa Inggris adalah 'kanji' dalam bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa masyarakat Tamil di India yang tulisannya 'kanji'.

 
Cara Membuat Bubur Ayam di Magic Com Enak dan Praktis Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Masak Bubur Ayam Sendiri di Rumah

Resep Bubur Ayam Magic Com, Enak dan Praktis

Bahan

  • Beras 4 takar gelas magic com.
  • Air 20 takar gelas magic com.
  • Garam secukupnya.
  • Kaldu ayam asli (hasil rebusan daging ayam atau bisa diganti dengan bumbu penyedap lain).
  • Daging ayam suwir.
  • Daun bawang.
  • Bawang bombay 1/2 siung.
  • Bawang putih 2 siung. 
  • Bawang goreng.
  • Merica bubuk.
  • Cabai merah dan rawit untuk sambalnya.
  • Cakue. 
  • Kecap manis.
  • Kecap asin.
  • Kerupuk atau emping. 

Cara Membuat

  • Siapkan magic com 
  • Masukkan beras yang sudah dicuci bersih ke dalam magic com, tuang air secukupnya. Gunakan takaran beras sebesar 100 gram dengan 1.500 ml air agar hasilnya tidak encer. 
  • Aduk beras dan air hingga rata. Tutup dan tekan tombol 'cook' pada magic com
  • Taburkan garam secukupnya. 
  • Masukkan kaldu ayam. 
  • Tumis irisan bawang bombay dan bawang putih dengan sedikit minyak goreng.  Pastikan indikator dalam keadaan 'cooking'. Biarkan hingga 3/4 matang kemudian aduk perlahan. 
  • Cek lampu indikator magic com. Apabila sudah 'keep warm', lihat apakah beras masih tergenang air atau sudah mengental hampir seperti bubur. Jika masih terlihat air, maka klik tombol magic com menjadi 'cooking' kembali. 
  • Aduk sebentar, tutup magic com tunggu beberapa saat, jadi deh buburnya.

Cara Menyajikan

  • Siapkan mangkok. 
  • Ambil bubur sesuai selera. 
  • Tuangkan kecap manis, kecap asin, merica bubuk. 
  • Taburi bubur dengan irisan daun bawang, irisan cakue, sambal atau irisan cabai rawit, bawang goreng, daging ayam suwir, kerupuk atau emping sesuai selera. 
 
Cara Membuat Bubur Ayam di Magic Com Enak dan Praktis Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Resep Bubur Ayam a la Nurul Sufitri

Tips Membuat Bubur Ayam Polos di Magic Com

Untuk membuat bubur polos di magic com agar hasilnya matang merata, gampang kok. Setelah kita tekan tombok ‘cook’, tunggu hingga beras menjadi bubur. Pastikan kita aduk terus buburnya. Hindari membiarkan terlalu lama bubur tanpa diaduk dalam magic com tertutup. 

Lebih baik dibuka saja tutupnya supaya kita lebih mudah mengaduknya.  Magic com memiliki suhu panas yang terbatas. Ada cara supaya bubur tetap enak dinikmati. Tunggu satu hingga dua menit, kemudian tekan tombol ‘cook'.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, buruan bikin bubur ayam sendiri di rumah! Kalau sudah buat, jangan lupa bagi-bagi ya 😁
 

Referensi:

https://food.detik.com/info-kuliner/d-5329400/diadaptasi-dari-china-bubur-ayam-kini-jadi-makanan-kaki-lima-favorit





84 comments:

  1. pas banget nih mba nurul...aku save resepnya. Keluargaku suka banget bubur ayam. Terutama buat sarapan si adik. Aku mau bikinin versi resep ini ah. Lumayan meringkas waktu kalau pake rice cooker ya mba nurul. Kalau kaldunya dah sedep sih dasar bumbunya juga jadi enak. Jadi nambah ilmu juga tentang penyebutan bubur antara barat dan timur. Porridge untuk west dan congee untuk Asia. Dan sebutan bubur yang unik unik dari berbagai negara, kalau di Indonesia sendiri memang terkenalnya bubur sukabumi dan cirebon ya. Bubur menado juga aku suka bikin, terutama karena ada banyak umbi umbian yang dipake seperti waluh atau labu, ubi, singkong juga sayur...hadusnya ada cakalang asap juga heheh..

    kalau bubur yang ini sih aku suka banget apalagi ada topping sate telor puyuh, sate usus danati ampela termasuk juga kerupuk, mantab resepnya mba nurul ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Mbul pa kabar? Hayuk bikin sendiri deh bubur ayam versi aku di rumah, siapa tau cocok hahaha :D Pasti dong ya, apalagi topping-nya macam2 plus sambal uleknya jangan sampai ketinggalan hihihihi :) Pakai sate telur puyuh mantap rasanya juga kerupuk yang banyak :D

      Delete
  2. wah mantap banget mbak nurul ini. ibu yang suka masak itu pasti sangat disayang anak-anak. Lah aku sering diprotes sama anak2. coba kalau anak2 datang tuh dimasakin kek, hiiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya allah aamiin. Iya bunda, makasih :D Hehehehe....

      Delete
  3. mbak, saya buka artikel ini masih pagi-pagi, puasa pun. hmmm ... sungguh indah pemandangan, haha. noted nih, bisa buat referensi menu buka puasa nanti, biar enggak bosen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkkwkwkwkwk ga apa2 mbak sebagai penyemangat masak menu berbuka dan sahur :D

      Delete
  4. Aku terbiasa makan bubur Chinese yg tanpa kuah. Manapun dulu selalu bikin bubur yg ga pake kuah. Tapi rasanya udah kaldu banget, enak dimakan gitu aja. Makanya ga terlalu doyan Ama bubur2 yg dijual di jalanan, Krn rata2 pake kuah . Kalo ga dipakein, rasanya hambar.

    Jadi pengen juga bikin sendiri mba 😁. Jarang sih bikin bubur. Selama ini beli di langganan atau restoran Chinese. Kalo bubur Chinese ga pake kuah soalnya. Sesuai Ama seleraku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooooh gitu mbak. Aku justru doyan bubur ayam dengan kuah santan hehehe :D Hayuk atuh buat sendiri buryam di rumah :D

      Delete
  5. Keluargaku suka banget bubur ayam, sebenarnya bikin buburnya ga susah2 amat ya mbak Nurul, cuma, nyiapin printilan topingnya aku yg males, banyak banget, ada ayam suwir, cakwe, kerupuk, kacang, bawang goreng, daun bawang belum lagi bikin kuahnya atau sate2nya duh aku belum sanggup hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, cuma perintilannya alias topping kudu disiapkan aja hahahah butuh kesabaran.

      Delete
  6. Auto ngiler nih lihat fotonya aja. Makasih mbak resepnya. Langsung deh ntaf malem dieksekusi. Enaknya buat buka apa saur ya? Hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, selamat mencoba. Buat buka puasa dan sahur cocokkkk :D

      Delete
  7. Salah satu kuncinya pada takaran air ya, agar bubur tidak lembek dan juga tidak keras

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Bang Day :D Yuk bikin buryam sendiri di rumah.

      Delete
  8. Wew ade malah biasanya buat bubur dari nasi bukan beras.. hahaha... mau coba ah buat di magicom belum pernah nyoba. kalau tutup magicom dibuka terus bisa matang ya? Asli belum pernah coba nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh yaaa mbak? heheheh :D Ya jangan dibuka terus sih :D Kuy, coba!

      Delete
  9. Mantap bener nih buat bukaan.
    Harus beli magic com dulu nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, hihihi... yang lama ke mana emangnya mbak? Oh bisa2...aku pun punya 2 magic com buat cadangan hahaha :D

      Delete
  10. weleeeeh.... ini kok menggoda sekali penampakan bubur ayamnya mba nurul. itu resep buburnya kalau mau agak padat buburnya berarti dikurangi sedikit gitu airnya ya mba?... betul juga nih bikin sendiri supaya lebih higienis dan bergizi karena toppingnya bisa dimodiv ya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Opi hihihihi :D Betul, urusan takaran airnya memang penting :)

      Delete
  11. Sebagai pecinta bubur ayam, nanti sore pingin praktekin bikin bubur ayam di magic com, klo berasnya 1 cup berarti airnya 5 cup ya, Mbak Nurul..
    Terimakasih tipsnya, semoga nanti sore sukses bikin bubur ayam. Salam hangat selalu buat Mbak Nurul dan keluarga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul. AKu langsung bikin buanyaaak biar puas hahahah :D Sama2 mbak Sri. Salam sehat selalu ya.

      Delete
  12. Aku belum pernah cobain bikin bubur ayam menggunakan magic com. Belum berani euyyy haha. Tapi kalau bikin nasi liwet sih sering #eeehhhhh wkwkwkw
    Next bisa nih dicoba bikin bubur menggunakan magic com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk, coba deh ntra ketagihan. Gampaaang kok wkwkwkwk :D

      Delete
  13. Ternyata magic com bisa untuk bikin bubur ayam yaa nampak enak dehh..bisa dapat banyak porsinya jadi lebih puas ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bangeeed dong. Iya. Menang banyak haha :D

      Delete
  14. Udah lama banget aku gak makan bubur ayam, padahal sesuka itu sama bubur ayam, ini karena pas positif covid delta tahun lalu kan aku muntah2 parah dan buang-buang air parah, nah itu abis makan bubur huhuhuhu jadi trauma deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu mbak :D Semoga nanti ada nafsu makan buryam lagi ya, sehat2 terus mbak.

      Delete
  15. Enak ya, bisa masak bubur di magic com. Yang penting tahu takarannya

    ReplyDelete
  16. Aku sukaaaa banget Buryam, baik yg versi tanpa kuah maupun pakai kuah.
    nah, ini ada resep gampiill pakai magic com, fix kudu dicoba nih.
    Bismillah, bulatkan tekad, langsung eksekusiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemon, toss mbak Nurul sesama penggemar buryam!

      Delete
  17. Aku seumur-umur belum pernah bikin bubur ayam di magic com mbak hahaha. Biasanya pakai panci biasa aja di atas kompor. Itu juga aku jarang2 banget bikinnya, karena ada ibu yang biasa bikin. Udah males, manja pula aku ini ya wkwk. Istri macam apa ini.

    Oh ya kemarin2 kan aku abis beli rice cooker P, nah ada niatan bikin bubur tuh, soalnya liat di dusnya ada gambar dan keterangan bisa bikin bubur gitu, jiwa masakku terketuk ketuk haha. Artikel ini langsung kutandain! Makasih mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ayuk dong mbak Rien coba bikin buryam pakai magic com. Merem dah bisa hahah :D Kalau di panci biasa lebih sulit kurasa wkwkwkw :D SIp sama2.

      Delete
  18. Kalau aku nggak telaten mbak masak bubur di magic com, lebih senang pakai kompor, lebih cepat matengnya. Tapi bisa juga nih jadi alternatif kalau gas habis sementara pengen masak bubur, bisa dilakukan di magic com.

    ReplyDelete
  19. Udah lama ga buat bubur dengan rice cooker. Padahal dulu setiap hari, saat mama mertua masih ada selalu buat. Sedikit tapi setiap hati ada.
    Yang bikin istimewa sih toping pelengkapnya ya. Ada suwiran ayam, emping, wah mantap tuh.
    Bergizi dan praktis pastinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mau sering2 bikin buryam di rumah fleksibel banget karena mudah dan praktis pakai magic com ha, teh.

      Delete
  20. Baru tahu kalo bubur ayam itu asalnya dari China zaman dinasti Zhou. Berarti sudah ribuan tahun ya.

    Jadi cukup empat gelas beras saja ya mbak kalo mau buat bubur ayam pakai magic com?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas Agus. IYa, kalau mau banyak hahaha serumah makan buryam seharian hahaha :D

      Delete
  21. Mudah ya bikin bubur di magic com, ga ribet ngaduk - ngaduk kayak bikin bubur di kompor heheh. Duh jadi ingin bikin bubur nih, saya suka bubur, enak apalagi kalau ayamnya yang banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa alahmdulillaah :) Yuk coba dong bikin :D Ayam kampung aja makin yahud.

      Delete
  22. Makan bubur ayam emang punya nikmat tersendiri ya Mbak, apalagi dinikmati bareng keluarga dan di saat yang tepat. Nah ternyata bisa tuh masak buryam sendiri dan hasilnya pun ga kalah sama abang-abang jualan ya. Asal pas bikin dibuka dan diaduk-aduk. Emmm aku baru tahu malah ternyata dengan dibuka pun masih bisa matang ya buryam pakai magic com. Kreatif mbak Rul mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa, Febri. Panas2 menikmati buryam pakai sambal yang banyak. Heheh thanks Feb.

      Delete
  23. Duh, auto nelen ludah. Dari dulu pengen nyoba bikin sendiri belum kesampean, nih. Izin save resepnya mbak. Ini bubur tanpa kuah ya mbak? Kapan-kapan bisa dishare yang ada kuahnya, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan save resepnya. Pakai kuah makin maknyus, coba aja.

      Delete
  24. Hai mom,aku paling suka bubur ayam loh.Di Depok,tempat tinggalku ada beberapa penjual bubur yang aku sering nikmati.Terutama yang pake cakwe,terus banyak topingnya wow sedappppp....boleh nih dicoba resepnya bubur ayam di magic com,sepertinya mudah ya cara buatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa, praktis banget. Versi kita sendiri nih.

      Delete
  25. Gemesh banget liat buburnya mbak bawaannya pengen nyolek deh. Ternyata gampang ya bikin bubur di magiccom aku maj coba ah

    ReplyDelete
  26. Baca ini fix besok buka puasa niat beli buryam. Ini comfort food yang enak sih, kalau lagi males makan, pasti pilihanku buryam tapi aku belom jago masak buryam. Nanti kapan-kapan coba resep ini dipraktekin pas di kosan ah~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe iya, makan buryam bisa kapan aja, yang penting kudu masih panas mbak. Sip.

      Delete
  27. Saya save nih resepnya ternyata ada cara paling gampang ya cuma pakai magic com. Saya baru tau tuh apalagi sama sejarah asal usulnya bubur ayam ini.

    ReplyDelete
  28. Tapi bubur yang familier di telinga tuh porridge ya mba. Btw aku belum pernah bikin bubur pake magic com, tapi kayanya lebih praktis. Apalagi buat anak-anak ini pasti suka. Makasih resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2. Iya, anak2 dan suamiku suka banget makan buryam.

      Delete
  29. Bubur ayam santan ialah favoritku. Bulan-bulan kemarin, sebelum berangkat kerja, aku beli bubur ayam dulu di dekat rumah. Buat sarapan di kantor.

    Memang ya, bubur ayam setiap daerah beda cara penyajiannya, di tempat saya ini topingnya sampai ada sosis goreng dan abon. 10ribu kenyang dah.

    Selama ini makan bubur ayam cuma beli aja. Belum pernah bikin sendiri. Ternyata bisa ya pakai magic com. Tapi harus hati-hati banget ya, jangan sampai jadi lengket.

    Resepnya tampak simple. Semoga saya bisa membuatnya. 😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa, beda2. Harganya juga murah banget kalau a la kaki lima. Betul.

      Delete
  30. Maks, kabita banget buburnyaaa, menggoda,perutku langsung seriosaaa melihat penampakannya.
    Bubur itu fav ku dimana pun, di pinggir jalan langganan, kalo di hotel pas breakfast dan di rumah pun suka bikin sendiri.
    Iya, dari dulu aku suka pake magic com, ga perlu aduk2. Btw bubur sukabumi terenak pula yang deket BCA di kotanya tuh, tiap mudik ke Sukabumi tempat bapakesuka nongkii sengaja di tukang bubur.
    Ahhh, jadi mauuu jugaaa niih bubur buat buka puasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi...samaan kita :D Oh ya teh Nchie juga suka bikin buryam sendiri di rumah ya mantap.

      Delete
  31. Ya ampun aku udah lama nggak makan bubur ayam. Jadi pengen makan bubur ayam mba Nurul. Tampak enak banget. Aku belum pernah masak bubur, mba. Malah suamiku pernah mba. Dan aku suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaah, amsa sih? Kudu bikin secepatnya hahah.

      Delete
  32. Lo...apikeee...
    Aku suka bubur ayam dan suka banget yang tipikal agak pero.
    ((ehgimana, bubur kok pero?!?)) Pokoknya bubur yang gak banyak air. Mungkin untuk menyesuaikan, bisa dikurangi kah takaran airnya?

    Seriuuss ini resep buatku gembira sekalii..
    Toppingnya mah gampil yaa.. Bisa disesuaikan selera dan yang pasti aku #timbuburgakdiaduk hihii~
    ((BANGGA))

    Haturnuhun resep masak bubur di magic com nya, kak Nurul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Takaran air dan beras bisa disesuaikan dengan selera mbak hehehe :D Iyes, sami2. Aku juga tim bubur ga diaduk wkwkwkwkwk :D

      Delete
  33. Simple ya maak nurul ternyata membuat bubur pakai majicjar. Dibuka dan diaduk terus supaya tidak menggumpal di bawah yaak.

    Jadi ngiler pengen buka pakai bubur ayam nih.

    ReplyDelete
  34. Yummy pengen buka pake bubur ayam ternyata simple yaa bikin bubur. Yang bikin gurih kyknya kaldu ayam ya maak apalagi kalau kaldu dari air rebusan ayam kampung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Simple banget :) Iya pakai air rebusan ayam kampung makin lezat rasa buryamnya deh.

      Delete
  35. Wah senangnya ada resep bubur ayam pakai magic com, jadi lebih praktis ya mbak membuat buburnya. Testurnya juga sama lembutnya dengan bubur yang dimasak menggunakan panci. makasih mbak resepnya. Aku recook ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teksturnya lembut, sesuaikan aja takaran air dan berasnya. Sip.

      Delete
  36. makan bubur ayam kesukaan aku banget, aku suka makan bubur ayam karena waktu itu asam lambung naik jadi aku suka beli bubur ayam. Makasih ya resepnya, aku ingin banget nyoba masak sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa sama2 mbak. Ditunggu hasil buryam buatan mbak :D

      Delete
  37. Kalau masak sendiri porsinya lebih banyak ya Mbak dan lebih terjaga kebersihannya, lebih hemat pula...

    ReplyDelete
  38. Wah, mbak Nurul keren ih
    Bikin bubur ayam sendiri
    Lengkap pula
    Nggak kalah dengan jualannya Abang Abang
    Masak bubur ayam juga bisa dengan magic com ya mbak

    ReplyDelete
  39. mba Nurul hebat bgt siapin condiment dan topping dari bubur ayam lengkap semuanya sendiri haha, kayaknya aku bisa berjam-jam deh bikin bubur ayam sendiri di rumah. tp mau coba ah, karena pasti rasanya beda dan bisa lebih puas hasil masakan sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya memang butuh kesabaran nyiapin perintilannya. Bawaannya udah kepengen makan buryamnya :D Selamat mencoba.

      Delete
  40. Ini aku sering dulu pas mpasi. Kadang aku taruh pinggan kecil mak sekalian masak nasi tapi air di pinggan banyak enak banget praktis masak di mejikom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya mbak. IYa, sekarang dicoba yuk! Buat buak puasa juga cocok makan buryam hehehe.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.