Daftar Isi [Tampilkan]

Tas berbahan kulit memang cocok untuk mendukung outfit of the day (OOTD)  yang elegan dan super catchy, termasuk saat traveling. Tampil memesona dalam berbagai gaya busana dengan tas kulit yang bagus adalah investasi fashion lho. Namun, sudah tahukah teman-teman cara merawat dan membersihkan tas kulit agar awet, tahan lama dan tampak seperti baru?

cara merawat dan membersihkan tas kulit agar awet dan tahan lama nurul sufitri travel lifestyle blog

Pesona Tas Kulit Asli

Merawat tas kulit memang sedikit merepotkan dan ga boleh sembarangan membersihkannya. Jika salah sedikit aja, tas kulit kesayangan yang dimiliki akan lekas pudar warnanya dan menurun kualitasnya. Aku menuliskannya di blog karena pas banget sedang berbenah lemari dan merapikan tas-tas aku sekeluarga dari berbagai macam bahan. 

Tas kulit yang kupunya memang bukan brand luar negeri ala selebrita hahaha 😂, melainkan produk lokal buatan Jogja dan Bandung. Dompet, pouch, tote bag, sling bag, gantungan kunci penyimpan STNK, tas kecil maupun agak besar dibeli secara online. Bahan kulitnya bagus, harga terjangkau, banyak pula produk tas cantik-cantik, ikat pinggang, sandal dan jaket kulit spesial hadiah pemberian mamaku dan lain-lain.

Jika dilihat dari fungsi dalam gaya berbusana, menggunakan tas kulit memang  terlihat lebih lux dan ga heran kalau bahan kulit menjadi pilihan utama. Apalagi kulit yang bagus, bakalan awet selamanya. Bahkan sepasang sepatu kulit berwarna maroon yang kubeli sejak kuliah dulu hingga kini masih awet aja, tetap keren dan bisa dipakai.   

 
cara merawat dan membersihkan tas kulit agar awet dan tahan lama nurul sufitri travel lifestyle blog
Traveling dan Berbagai Event Pakai Tas Kulit

Kisah Dompet Kulit yang Setia Menemani 22 Tahun

Ketika memasuki bangku kuliah, pertama kalinya aku memiliki dompet kulit yang kubeli dengan harga 150 ribu, Beberapa hari lalu baru aja dipensiunkan setelah setia menemaniku selama 22 tahun. Aku tuh suka memanusiakan benda-benda kesayangan. Banyak sekali momen bersejarah bersama dompet hitamku itu 😢

Sedihnya teramat dalam, seperti melepas seseorang pergi. Tapi, dompet itu tetap kusimpan baik-baik di lemari sebagai kenangan. Sesungguhnya aku belum sreg dengan dompet baruku yang sekarang. Aku masih mencari yang benar-benar bagus, muat segala-gala karena bakalan kupakai lama bahkan selamanya.

Doeloe, juga pernah beli tas kulit di Hamzah Batik di Malioboro dan sampai saat ini masih awet dan dipakai . Lama kelamaan seperti ketagihan, ingin punya lagi yang lebih baru. Tas mungil yang satu ini juga kusayang-sayang. Meskipun kulitnya belum licin, namun bahannya bagus, tebal dan modelnya klasik bisa dipakai kapan dan di mana aja.

Nala & Lhamo 

Malah aku sambangi langsung Nala & Lhamo Bags di Sleman ketika aku ke Jogja beberapa tahun lalu. Suamiku langsung membelikanku dua tas hihihi. Sling bag berwarna cokelat tua namanya Nirmala 1 Speedy Bag dan satunya lagi tote bag merah. Kedua tas ini kayak tas doraemon, muat banyak.

Tote bag-nya ga merah amat sih, cerah ada sedikit seperti orens dan warna apa gitu. Tas tersebut dipajang di lemari tetapi sebenarnya ga dijual dengan alasan pertama kali dibuat dan diikutsertakan di berbagai pameran. Namun papanya anak-anak keukeh, "Ga apa-apa mbak, bekas pameran juga. Bagus, unik hehehe" 😃

Adalah Mbak Sarah Kanti Lila Sari sang pemilik tas kulit nan cantik dan klasik. Toko tasnya ya di rumahnya yang luas dan asri. Ada harga, ada kualitas. Display semua produknya kini semakin apik tenan. Selain tas, dijual pula sepatu, ikat pinggang dan masih banyak lagi.

Senangnya, akhirnya si merah dan si cokelat menjadi milikku. Apalagi keduanya dapat diskon. Yang Nirmala cokelat diskon momen lebaran 10% dan si merah merona diskon 30%. Si merah selain suka dibawa jalan-jalan, biasanya kutenteng ke sekolah buat ambil raport Rafa dan Fakhri karena isinya luas.

Hatiku bergejolak kalau lihat langsung, mungkin bakalan beli lebih dari 2 deh hahaha. Aku lagi mengincar dompet yang ukuran panjangnya 20-25 cm. Ada sih yang menarik hati di kisaran 1-2 juta. Mahal atau murah itu relatif sih, yang penting barang tersebut berfungsi dengan baik, disukai banget dan bakalan dipakai lama, kalau bisa selamanya. 

Gammara Leather

Kalau Gammara dari Bandung, selain online di Instagram dia juga ada di Cilandak Town Square, namun saat pandemi tutup sementara. Kalau teman-teman kepengen punya produk lokal berbahan kulit sapi asli yang cukup premium dengan model kekinian dan unik alias ga pasaran, bolehlah tengok socmed-nya. 

Ada cerita seru nih. Sekitar Juni 2019 lalu aku membeli sebuah tas Cempaga berwarna maroon dari Gammara. Ternyata ga ready stock dan jadilah pre order dengan diskon 25% dan pembayaran seluruhnya di awal pemesanan dan free ongkir dengan estimasi pengerjaan sekitar 3-4 minggu. 

Aku puas dan senang sekali dengan tas itu, kemudian aku beli lagi 1 Cempaga biru dongker sebagai kado ulang tahun untuk adik perempuanku. Lebih happy lagi karena selain dapat diskon 25%, aku juga dikasih free gift. Pas paket tiba di rumah, ternyata bonusnya adalah sebuah pouch keren yang bisa muat handphone, uang tunai, kartu dan sebagainya, bernama Parara Double yeay!

 

cara merawat dan membersihkan tas kulit agar awet dan tahan lama nurul sufitri travel lifestyle blog
Nala Lhamo Bags dan Gammara Leather
 

Oh ya, pertama kali tahu Gammara itu saat aku menghadiri sebuah blogger event pada hari Senin, 10 September 2018 di RPTRA Kopi Pekayon Pasar Rebo. Di acara yang membahas tema ‘Bijak Kelola Keuangan, Kunci Keluarga dan Masa Depan Sejahtera’ ini ada Mbak Aditya Lugina sebagai narasumber sekaligus pemilik Gammara Leather.  

Kenes, Alona, Di Caro Leather Bags

Mau tas atau dompet kulit yang oke dan lebih murah lagi? Coba cek IG Kenes dan Alona tempat aku pernah jajan dompet dan tas mungilnya. Kalian bakalan lihat dan beli lagi saking terjangkaunya hehehe. Bisa buat hadiah atau kado buat orang-orang tersayang juga lho. 

Ada sebuah kulit jinjing Di Caro berwarna cokelat tua yang isinya muat banyak. Yang ini bolehlah disebut harganya soalnya tas ini pemberian kakak iparku saat beliau menemani suaminya dinas di Istambul, Turki. Iyes, kalau dirupiahkan kisaran harganya sekitar 6 jutaan hihihi. Hitungannya sih termasuk murah karena bagus banget kualitas kulitnya dan stylish dibawa ke mana-mana dan sangat kuat. 

Merawat Kulit Tas Ibarat Merawat Kulit Kita Sendiri

Sambil menjelajah si mbah gugel, aku sekalian berbagi pada teman-teman cara merawat dan membersihkan tas kulit agar selalu tampak baru dan ga kusam. Kurasa ga semua orang paham cara membersihkannya secara tepat. Yuk, simak bersama!

Ternyata eh ternyata, anggaplah tas kulit itu ibarat merawat kulit kita sendiri ya. Mesti rutin merawatnya seperti dilap dengan kain kering. Ada baiknya juga sebulan sekali aplikasikan krim khusus untuk menjaga bahan tetap lembut dan terhindar dari jamur dan kotoran.

Penting banget diketahui nih teman-teman, ketika membersihkan tas kulit jangan gunakan pembersih berbahan dasar ammonia atau pemutih ya. Duh, tas kesayangan bisa rusak deh. Kurangi juga pemakaian air karena dapat menodai kulit dan hindari sinar matahari secara langsung. 

 

cara merawat dan membersihkan tas kulit agar awet dan tahan lama nurul sufitri travel lifestyle blog
Tips Merawat Tas Kulit Kesayangan

Cara Merawat dan Membersihkan Tas Kulit

Hindari Sinar Matahari Langsung

Sesuatu yang berlebihan itu ga baik, termasuk jika tas kulit terkena paparan sinar matahari. Hal ini dapat mengakibatkan tekstur dan warnanya cepat pudar dan lama-lama bisa rusak. Diingat juga, tas kulit jangan disimpan di tempat yang lembab. Sesekali misalnya dua minggu sekali dikeluarkan dari lemari agar terkena udara atau angin.

Bersihkan Noda dengan Kapas atau Microfiber

Tas kulit yang sering dipakai biasanya terkena noda makanan, darah, cat dan sebagainya. Bersihkan dengan cairan pembersih seperti handbody atau baby oil maupun krim khusus dengan kapas atau kain microfiber. Teksturnya yang lembut ga akan merusak permukaan tas.

Jangan Cuci Tas dengan Deterjen

Deterjen memang cairan atau bubuk pembersih, namun deterjen bukanlah pilihan yang tepat untuk membersihkan tas kulit. Butirannya terlalu teras dan kasar, bisa membuat pori-pori tas kulit tersumbat sehingga teksturnya kering dan kelihatan pecah. Cara menghilangkan noda di tas kulit terbaik adalah dengan menggunakan cairan atau krim khusus pembersih tas kulit.

Keringkan Tas Kulit Secara Alami

Jangan mengeringkan tas kulit langsung terkena sinar matahari yang justru dapat merusaknya. Cara alaminya adalah dengan menaruhnya di dalam ruangan biasa yang sejuk dan ga lembab, diamkan beberapa saat. 

Selalu Simpan Tas dalam Dust Bag

Selanjutnya masukkan tas kulit ke dalam dust bag, kalau bisa ada silica gel-nya. Ketika membeli tas, biasanya kita akan mendapatkan dust bag yakni kantong pembungkus tas yang berfungsi menlindungi tas dari debu dan kotoran lain saat disimpan. Dust bag biasanya disertakan pada tas yang terbuat dari bahan kulit. 

Isi Tas dengan Bubble Wrap atau Bahan Lain untuk Menjaga Bentuknya

Bisa jadi tas kulit yang dimiliki jarang dipakai. Isi tas dengan bubble wrap atau kain bekas, kertas, plastik dan sebagainya agar bentuk tas tetap terjaga dengan baik. Letakkan tas kulit dengan posisi berdiri di lemari Tas kulit jangan disimpan dengan cara ditumpuk ya, teman-teman. 

Posisi bertumpuk akan membuat tekstur dan bentuk tas lekas rusak dan warnanya cepat pudar. Akan timbul lipatan atau bentuknya sudah ga kayak tas saat pertama kali membelinya. Cara terbaiknya yakni tas kulit diletakkan dengan posisi berdiri di dalam lemari khusus. 

Gunakan Tas Kulit Sesering Mungkin

Kedengarannya seperti jeans ya, semakin sering digunakan, semakin belel, semakin cool banget kelihatannya hehehe. Begitu juga dengan tas kulit, harus sering dipakai, jangan kelamaan disimpan di lemari aja. Tapi tas kulit sih jangan sampai belel seperti bahan jeans ya hehehe.

Lembabkan Tas Kulit dengan Kondisioner Atau Krim Khusus

Tas dari bahan kulit bisa hilang kelembabannya dan membuatnya jadi berkerut, kaku hingga mengelupas. Poles dengan krim khusus agar tas kulit tetap lembut dan lentur seperti baru. Kondisioner ini bisa diperoleh di toko-toko leather goods

 
cara merawat dan membersihkan tas kulit agar awet dan tahan lama nurul sufitri travel lifestyle blog
Cara Praktis Merawat dan Membersihkan Tas Kulit Kesayangan

Cara Merawat dan Membersihkan Tas Kulit dengan Lotus Leather Balm

Baru-baru ini aku membeli Lotus Leather Balm, krim perawatan tas kulit dari Gammara. Harganya murah, cuma 65 ribu aja kok. Ga kalah sama wajah, ternyata tas kulit butuh treatment khusus yang jadi tambahan pekerjaan di rumah hahaha. Produk ini bisa digunakan untuk semua warna tas kulit, isinya 50 gram.

Lotus ini terbuat dari bahan-bahan alami untuk menambah kadar minyak dalam kulit agar tas ga kusam dan kering. Dengan penggunaan secara rutin, kandungan Lotus yang menyerap ke bahan kulit juga berfungsi sebagai water repellent, yang akan melindungi tas dari cipratan air. 

Berikut langkah-langkah menggunakan Lotus Leather Balm supaya tas kulit kesayangan awet yakni:

  • Hilangkan debu yang menempel pada permukaan tas. 
  • Ambil kain halus yang bersih atau sponge lalu colek krim. 
  • Gosok permukaan kulit tas dengan gerakan memutar, pelan-pelan saja. 
  • Biarkan tas selama kurang lebih 2 jam agar krim menyerap di kulit tas. 
  • Jangan gunakan pada pada suede, nubuck (kulit sapi biji-bijian yang telah diampelas atau digosok di sisi butiran atau di luar, untuk memberi sedikit serat protein pendek, menghasilkan permukaan seperti beludru) atau brushed leather.

Aku sudah tanya mimin/ CS via WA cara membersihkannya, bisa juga kita gunakan kain yang lembut. Colek krim Lotus dengan kain, setelah itu aplikasikan ke tas kulit perlahan-lahan. Aku baru satu kali mecoba membersihkannya dan taraaaaa… senangnya, tas-tasku menjadi lebih bersih dan kinclong deh 😍

Yang sedang kupikirkan saat ini adalah penyimpanan tas di lemari. Memang sih belakangan ini aku sibuk berbenah semua isi lemari kukeluarkan. Sebagian pakaian ada yang tetap disimpan sebagai kenang-kenangan, sebagian lagi dihibahkan kepada tetangga atau saudara-saudara. Meskipun bekas, semua barang yang kuanggap manusia ini dirawat sangat baik. 

Bahkan sebagian pakaian lebih sering dicuci manual kecuali handuk, sprei, boneka dan yang berbahan berat lainnya dimasukkan ke mesin cuci. Masih banyak PR membersihkan tas-tas di lemari lainnya dan ini tentu butuh waktu spesial di sela-sela kesibukan ngeblog dan pekerjaan domestik rumah tangga lainnya.

Memang menyenagkan jika benda berharga yang dibeli, dikasihkan kepada yang terkasih maupun dimiliki sendiri bisa tahan lama, anti air dan api. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, tas kulit bakal terlihat seperti baru setiap kali dipakai. Semoga setelah membaca artikel ini teman-teman makin paham cara merawat tas kulit dengan baik supaya tas kulit kesayangan terus awet, ya 😊


 

86 comments:

  1. makasih tipsnya, memang kalau dari kulit asli memang tahan lama banget ya. tapi jadi irit tapi jadinya atsnay itu lagi itu lagi, he,he,. aku biasanya milih model yg klasik shg gak ketinggalan jaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, bunda Tira 😊😊 Model klasik kerennya ga habis dimakan waktu biasanya yach 😍

      Delete
  2. Aku belum pernah punya tas kulit sih. Ngeliat punya Teh Nurul meuni kok cantik-cantik pisan yak. Tapiii aku tuh pernah punya jaket kulit, tapi karena sering kepanasan jadi ngeletek deh kulitnya. huhuhu sediiihnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba deh mbak Rani mempir ke pameran UMKM yang banyak produk lokal tas kulitnya. Gemes pasti pengen beli banyak 😁😂

      Delete
  3. Cantik-cantiiikkk amaaatt tasnyaaaa!
    Matching kali ama dirimuu, Mak
    Memang tas itu bisa menggambarkan personality empunya ya
    aselik, kece abiiiss Mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiiih, mbak Nurul 😍 hehehe..diesuaikan dengan momen dan kebutuhan aja.

      Delete
    2. Nah iya bener banget tuh mba
      kudu bisa mix and match dgn jeli ya
      Kece ih, elegant bangetttt

      Delete
    3. Hihi..hayuk coba koleksi tas kulit juga 😊

      Delete
  4. duh luculucu kak koleksi tasnyaaa.. jadi pengen punya, trus merawatnya kayak anak sendiri :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks..hehehe...rawat dengan baik karena inget harganya 🤣

      Delete
  5. cakep banget mba tas kulitnya, dan makasi udah berbagi cara merawat dan membersihkan tas kulit jadi lebih awet tahan lama deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak Ai 😍 Iyaaaaa ya hehe sami2...

      Delete
  6. Beneran kalo punya tas kulit jangan kelamaan disimpan di lemari. Aku ngalamin sendiri, kulitnya jadi rusak, nyesek jadinya.

    Aku pernah punya tas kulit produk Kenes. Trus karena adikku pengen ya udah aku kasih aja. Karena kebetulan saat itu ada yang ngasih aku tas baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mesti diangin-anginkan di luar lemari, dilap pelan2 dengan krim khusus :) Oh, ya mbak Wati? AKu beli tas Kenes satu kali hadiah buat guru anakku :)

      Delete
  7. aku juga lumayan banyak tas kulit nih mba di rumha. Memang harus rajin yaaa membersihkannya dengan baik dan telaten supaya tidak cepat rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, pasti keren2 banget koleksi tas kulit mbak Indah :D Iya, jadi anak ke sekian nih kudu dirawat baik2 hahaha :D

      Delete
  8. Sukak banget sama tas kulit, tapi emang perawatannya harus bener ya biar awet. Apalagi kalo jam terbang tinggi alias sering dibawa traveling..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget :) Harap2 cemas kalau kena noda pas jalan2 hahaha :D

      Delete
  9. saya masih belum punya nih barang dari kulit asli
    banyakan yang dari perpaduan kulit plastik gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perpaduan kulit sintetis juga lucu kok, tapi kalau bisa sih kulit sapi asli biar awet selamanya hehehe :D

      Delete
  10. Tas kulitku cuma 1 yang awet. Kalo dompet kulit gagal nih. Kasusnya rata-rata terkelupas gitu kulitnya. Semestinya memang punya balm gitu tapi akunya yang males belinya hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga baru2 ini beli balm buat membersihkan tas kulit hehehe :D

      Delete
  11. Woooh awet banget nih mbak sampe 22 tahun yaak 😀

    ReplyDelete
  12. wah banyak koleksi tas kulitnya mbak, dari yang besar sampai yang kecil ada. Emang tas berbahan kulit itu kalau di rawat bakal makin bagus ya penampakannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah, ini baru sedikiiiit kok hehehe :) Kapan2 mau beli lagi, mesti pas di hati dan dompet wkwkwkwk :D

      Delete
  13. Aku punya tas kulit.. jarang dipakai juga sih, etapi pas mau dipakai ternyata jamuran huhu.. memang ya punya tas kulit tuh harus dirawat.. punya satu satunya dan memang belum punya yang baru karena belum tahu cara merawat tas kulit dengan baik hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang jadi kepengen beli tas kulit lagi ga mbak Elly? Wkwkwkwkkw :D Buat ganti2 pakenya pas jalan2 :)

      Delete
  14. Baru tahu ada cream buat polesin tas kulit biar awet dan bersih. Belinya di mana ini mba Nurul?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku beli Lotus ini online dari Gammara, Bandung 😊 Coba aja pesan, Laras hehehe....Tq.

      Delete
  15. Punya tas kulit memang harus telaten. Kalau kitanya rajin merawat biasanya gak hanya tahan lama. Tetapi, juga semakin kelihatan bagus. Kebalikannya kalau gak dirawat jadi suka jamuran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling sebel kalau tas kulit kesayangan jamuran ya heuheu 😅😅

      Delete
  16. Koleksi tasmu keren semua mbak mana semua terawat lagi dengan baik, tas kulit harganya lumayan kalau sampai rusak bisa nangis gerung-gerung huhu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih 😍 Iya, makanya kudu belajar merawatnya dulu sebelum beli yang mahal2 bermerk wkwkwkwkw

      Delete
  17. Wow ada tas kulit yang umurnya sampai 22 tahun, awet banget ya, mana dari kuliah lagi, dompet saja juga baru sekitar 2 tahun.😂

    Aku bayangkan sepertinya mbak Nurul punya lemari khusus buat nyimpan tas nya, soalnya banyak koleksinya.😃

    Wah ada krim khusus buat tas kulit dari gammara ya mbak, harganya cukup terjangkau juga ya 65k, dari pada beli tas kulit baru yang lumayan mehong.😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dompetku masih bisa dipakai sih, cuma aku kepengen ganti yang baru dan lebih muat banyak termasuk hp 😁😁 Iya, aku coba Lotus krimnya cocok ternyata hehehe.

      Delete
  18. wah mbak nurul pecinta tas kulit ya, banyak koleksinya
    tas kulit nggak hanya cantik ya mbak, tapi juga awet
    keren banget sudah bertahan selama 22 tahun ya mbak dompetnya
    klo tahu caranya seperti yang mbak tuliskan ini, sebenarnya merawat tas kulit itu cukup mudah ya mbak
    makasih ya mbak, sudah menulis ini
    mulai sekarang aku bakal rajin rawat tas kulit koleksiku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, koleksi tas kulitku masih belum seberapa sih hehehe tapi memang kudu merawatnya dg baik biar tetep cakep 😀 Sip, mbak Dian, sama2 😊

      Delete
  19. Jujur aku sampai sekarang agak bingung pakai tas kulit itu karena aku sendiri jarang pakai tas kulit dan gak punya kebetulan tapi ini bisa jadi referensi nanti kalau misalnya aku satu saat dapat kartu tas kulit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, Rara.... Asik loh jalan2 pakai tas kulit. Model backpack juga ada tapi lebih mahal dan aku belum beli 😂

      Delete
  20. Barang-barang dari bahan kulit emang terlihat lebih mewah dan awet disamping harganya juga sedikit diatas harga bahan sintetis. Tapi perawatan tetap yang utama ya, teh.. semahal apapun barangnya kalau gak dirawat pasti tak akan tahan lama juga, hehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Kang Maman. Lebih elegan kelihatannya ya hehehe. Tas kulit mesti telaten dirawat dan dibersihkan.

      Delete
  21. Aku baru beberapa tahun ini suka pakai tas/dompet dari kulit asli (bukan sintetis), tapi ya belum punya banyak hehehe. Terima kasih tipsnya ya, Mbak. Berguna banget untuk merawat tas/dompet kulitku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti lama2 bertambah koleksinya, Mbak Alfa hehehe :) Iya, sama2.

      Delete
  22. Aku kenal tas sling bag kuliot warna merahnya tuh pernah ketemuan ya hehehe. Gammara Leather asli bandung ya, oh skr tutup ya storenya di Citos. Punya tas kulit harus punya pembersih khususnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahah iya, Mbak Lid, pas event di Cibis Park ya :D

      Delete
  23. Wah model tas kulitnya mbak Nurul cakep2 mbak.
    Aku pun suka tas kulit,kalau pas di Sby dulu aku suka beli di Tanggulangin Sidoarjo.
    Ada satu tasku yg awet banget tapi aku tinggal di Sby
    Emang kalau kulit gini perawatannya kudu telaten dan jangan ngasal supaya awet ya mbak
    Wah aku baru tahu lho ada leather balm kyk gtu TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, mak April :) Sekarang gimana nasib tas2 mbak di Surabaya? Kudu beli yang baru tas2nya kalo gitu wkwkwkwk :D Sama2. Betul, rajin merawat itu kuncinya.

      Delete
  24. Aku baru tau tas ini ada kondisionernya jg ya. Aku dong biasa nyuci tas bahan apa aja pake detergen. Haduh, payah jg aku ini. Pantes gak awet punya tas. Heu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduh, jangan atuh mbak, masa nyucinya pakai deterjen hihihihi :(

      Delete
  25. Tas kukit tuh emang cakep kalo dipake. Bikin gaya kita keliatan makin classy. Tapi bahan kukit emang biasanya butuh perawatan biat ttp terjaga ya mak.. makasi sharingnya mak, mau cobain ah buat tas kulit aku dirumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, bener banget. Sama2, semoga cocok juga balm-nya di tas kulit mbak Dian.

      Delete
  26. Pantes banyak tas kulit saya yang rusak karena ternyata seperti ini cara merawat yang saya tidak ketahui
    Besok kalau beli lagi akan saya gunakan tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiiiip, mbak. Good luck merawat tas2 kulitnya hehehe :D

      Delete
  27. Nah iya, dengan dirawat dengan sepenuh hati begini, tasnya bisa bertahan lama.
    Suami juga semakin rajin beliin. Hehhee...selain warna, model juga perlu di koleksi.
    Buat occasion apapun, tas ini penting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuuuu bangeed hahaha :) Betul, jadi kesayangan tas2 kulit yang lucu, eh lucu semua deh.

      Delete
  28. Aku anak abekani makkkk. Kalau g kupake biasanya kumasukkan lemari. Sama sering ganti2 biar ga cepet dedel kulitnya 😂

    Tosss penyuka tas kulit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh yaaaa? IYa, sering dipakai bergantian tasnya.

      Delete
  29. Aku tuh salah satu penggemar aneka fashion item yang berbahan kulit,mba. Tas yang terbuat dari bahan kulit juga ada dan memang lebih kece aja saat dipadupadankan dengan fashion item lainnya. Saat traveling juga pernah pakai tas kulit beberapa kali. Nah,urusan perawatan nih yang terkadang aku masih suka gak telaten,bermanfaat banget pastinya cara merawat dan membersihkan tas kulit ini. Next,aku mau lebih rajin deh merawatnya agar awet dan tahan lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap, Mbak Ririn :) Iya sih kadang capek juga ya mesti mengangin2kan tas dari lemari wkwkwkwk butuh niat khusus nih merawatnya biar awet.

      Delete
  30. Aku tuh salut Ama orang2 yg koleksi tas kulit, Krn aku tau perawatannya harus telaten. Ga bisa sembarangan. Bbrp kali beli tas kulit, aku ga rajin ngerawatnya, yg ada terkelupas. Sejak itu ga pernah beli lagi, dan LBH suka tas yg dr canvas mba, Krn LBH kuat walopun ga terlalu dirawat hahahahaha.

    Alm Mama mertuaku banyak bgt koleksi tas kulitnya. Dan jujur itu tas msh tersimpen di lemari kamarnya, dan ga tersentuh buat aku juga Kaka ipar. Krn kami berdua juga bukan pecinta kulit2an hahahaha. Ga tau deh itu tas mau diapain jadinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu mbak hahahah :) Iya sih, rajin dan niat merawat tas kulit memang ga mudah hihihi :) Makanya ga usah punya banyak2, lagian mehong banget kalau yang merk2 luar negeri, belum saatnya dibeli, mungkin suatu hari nanti aamiin aja deh.

      Delete
  31. tips yang sangat bermanfaat....

    have a wonderful day

    ReplyDelete
  32. Wah, ada ya oil buat merawat kulit ini. Aku, karena tahu diri gak bisa ngurusna, jadi rada menghindar beli tas kulit asli begini. Takut rusak. Dulu pernah soalnya. Sekarang mah kudu belajar nih dari Mbak Nurul cara merawat tas kulit. Bagus2 soalnya ya tas kulit begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh, sayang soalnya kalau jadi rusak. Kudu disayang2 emang punya tas kulit asli mah 😁😁

      Delete
  33. Tasnya cakep cakep mba, punya sepatu sama tas kulit emang nyimpennya ngga bisa sembarangan. Kalo lembab bisa muncul jamur.
    Apa perlu dikasih silica di dus bagnya tas ya mba?
    Punyaku yang ngga awet malah yang imitasi mba, kalo kulit mesti awetnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe makasih mbak 😊😊 Iya memang mesti dirawat dengan baik dan sabar.

      Delete
  34. Keren-keren tas kulitnya, Mbak Nurul. Btw nama gammara, dalam bahasa Makassar artinya "cakep" 😍

    ReplyDelete
  35. Suka banget dengan tas kulit ASLI karena semakin lama semakin mateng warnanya hanya saja tas kulit cenderung berat ya hihih harus strong nih pundak bahu buat gendongnya.. btw saya baru tau tentang Leather Balm Lotus jadi untuk perawatan tas kulit ASLI gunakan ini saja ya mbak ..noted deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kayak baru tas kulit asli jika kita telaten merawatnya.

      Delete
  36. suami dan temenku punya sepatu kulit, kuliat mrk repot banget ngurusnya, jadi males aku. tapi pernah dpt hadiah ultah dompet kulit dr temen emang awet sih, sdh belasan tahun masih bisa dipake, tapi akunya bosen, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahan lama, awet memang barang2 yang terbuat dari kulit asli.

      Delete
  37. MasyaAllah keren2 banget tas nya. pantes disayang banget dan awet pula yak huhuhu....aku nih belum punya tas kulit hihi
    tapi makasih ya tips nya, siapa tau kelak bakal beli tas kulit yang asli pulaa #khayalandulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks 😍 Iya mbak, sama2. Siapa tau kapan2 beli tas kulit asli yaaaa hehe.

      Delete
  38. Mantab nih tas kulit kelihatan elegan. Perawatannya juga mudah ternyata yaaa jadi tambah awet

    ReplyDelete
  39. Tas kulitnya bagus bagus😍..makasi juga buat tipsnya yaa.. hiks.. coba aku tau dari dulu yaa, pasti tas tas kulitku ngga akan rusak...selama ini tas tas kulitku jarang terawat. Paling cuma kumasukan ke dus aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali....😁 Coba aja pakai balm-nya mulai selarang. Beli tas baru lagiiii hehehe.

      Delete
  40. Ramadhan ini aku kok sedih banget.. barengan pandemi jadi ada rasa khawatir kalau kalau ngga bisa melaluinya.. jadi pengennya ningkatin amal ibadah aja ..semoga bisa mendapatkan hikmah Ramadhan dan ningkatin skill

    ReplyDelete
  41. Aku ga paham sama sekali soal merek tas wanita, hehe. Cuma tahu di rumah istri punya satu tas kulit yang ternyata jadi belel dan mbladus gitu gara-gara ga pernah dipakai. Ya selama pindah, apalagi pandemi, kami memang jarang ke acara spesial. Malah seringnya pakai backpack. Mungkin itu ya kudu dimasukkan dust bag khusus dan diisi bubble wrap biar bentuknya ga mimpes atau menipis dan sulit balik lagi. Nah, baru tahu nih Mbak ternyata ada krim khusus buat merawat kulit kesayangan. Bagus banget ini, solutip apalagi buat kolektor tas. Makasih infonya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sami2 😊😊 Aku sih punya tas kulit asli merk lokal aja dulu. Kalau yang mahal2 banget belum kesampaian hahaha.

      Delete
  42. Kalau keluar pasti bertemu sinar matahari mbak. Jadi gmn melindungi tas kulit dari sinar matahari tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai payung 😁😁 Tutupi dengan kain 😄

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.