Daftar Isi [Tampilkan]

Patuha Tjiwideij Resort merupakan tempat wisata dan peristirahatan di kawasan Ciwidey, Jawa Barat. Suasananya masih sangat alami, tenang, selalu berkabut dan berhawa sejuk di siang hari dan sangat dingin di malam hari. Inilah pengalaman pertamaku bersama keluarga menginap di kawasan hutan pohon pinus yang unik dan tak terlupakan.  

Patuha Resort Ciwidey, Tempat Wisata dan Penginapan Unik di Kawasan Hutan Pinus Nurul Sufitri Travel Blog

Dadakan Wisata ke Ciwidey 

Apa kabar, teman-teman? Kali ini aku mau berbagi cerita seru saat menginap di Patuha Resort Ciwidey. Kami berada di sana selama 3 hari 2 malam yaitu hari Jumat, Sabtu dan Minggu tanggal 15 sampai 17 Oktober 2021 lalu. Awalnya kami berencana berlibur ke Jogja sampai 20 Oktober, namun ternyata dibatalkan. 

Alasannya, Rafa dan Fakhri kesulitan konsentrasi jika mesti PJJ disertai liburan. Yang ada mendekam diri di hotal aja, kasihan kan. Maklum, tugas/ PR dari sekolah seringkali bererot, belum lagi hapalannya dan masih banyak lagi. Akhirnya dadakan deh pilihan jatuh ke Ciwidey. Ternyata warga Jakarta sudah booking villa, hotel dan sebagainya jauh-jauh bulan. Ga menyangka kami berjodoh di Patuha Resort ini hehehe.

Menuju Patuha Resort

Hari Jumat, 15 Oktober 2021 Aku, Aa Rahmad, teteh Rafa, ayang Fakhri, mama dan papaku berangkat dari Jagakarsa sekitar pukul 13.00 WIB. Kaum Adam menunaikan salat Jumat terlebih dahulu dan kami semua pun sudah salah zuhur dan makan siang. Suamiku full menyetir, menggunakan mobil papaku aja deh yang plat nomornya ganjil.

Bepergian bersama orang tua yang lansia mesti dimaklumi kalau sering berhenti untuk rehat sejenak. Meluruskan kaki sekalian buang air kecil plus jajan, tentunya salat ashar dan maghrib serta makan malam. 

Hampir saja kena macet di tol Kopo, untung langsung berbalik arah ke Pasir Koja. Posisi sebelah kanan jalan dari arah Soreang. Petunjuk arahnya agak menjebak, ternyata banyak mobil yang berputar balik ke kanan juga. 

Makan Malam Sate Ayam dan Kambing Madura di Pasar Soreang

Kami makan malam menu sate ayam dan sate kambing Madura di Soreang. Letaknya persis di pinggir jalan di area pasarnya. Ramainya bukan main, sepertinya di wilayah itu tampat kuliner favorit orang-orang di sana. Seporsi sate ayam maupun kambing dengan 10 tusuk dihargai Rp 25.000,- saja sudah termasuk nasi. Murah banget kan? Di sebelahnya jajan martabak telur dan manis buat ngemil malam di Patuha.

Jalanan Gelap dan Sepi, Patuha Resort Sempat Terlewati

Eng…ing…eeeeng! Melewati kawasan Ciwidey, terasa jalanan menanjak terus. Yang tadinya ramai masih kelihatan banyak minimarket, restoran, toko-toko, rumah penduduk dan berbagai hotel, lama-lama menjadi jarang dan senyap. 

Lampu jalan menghilang alias ga ada. Wah, kudu lihai menyetir di sini, karena di sisi kiri jalan, tonjolan tebing dan batu begitu nyata. Kalau ga berhati-hati, kendaraan bisa menabraknya. Lajur kanan dan kiri jalan pun terbilang pas-pasan.

Wow, terlewat Patuha Resort-nya! Fakhri yang duduk di kursi depan bersama papanya yang pegang Google Map di HP langsung kaget,”Kok, titiknya hilang? Kayaknya kelewat nih”. Benar saja, mamaku langsung bilang,”Kayaknya tadi mama lihat plang Patuha deh, tapi ga jelas soalnya gelap”. 

Mencari tempat berhenti sejenak untuk putar arah di malam hari tanpa penerangan lampu jalan ternyata ga mudah. Khawatir dari arah berlawanan ada mobil mendekat. Belajar dari pengalaman pertama, kalau kapan-kapan ke sini lai jangan sampai kemalaman deh.

Tiba di Patuha Resort

Singkat cerita, eh dari tadi panjang ya hahaha… sampailah kami di depan jalan akses menuju Patuha Resort. Sempat mau syut video sih cuma sudah lelah dan gelap, kami lebih menikmati susana sepi dan gelapnya malam pukul 20.30 WIB. 

Asliiiii, sepiiiii banget! Tibalah di area parkir yang hanya terlihat 2 mobil di sana. Eh tapi pas kami check out Minggu pagi, parkiran penuh banget, pertanda memang laris nih resort-nya. Unik, menuruni anak tangga menuju front office dan penginapan di Patuha. 

Semakin lama semakin menurun dan langsung terasa dinginnya malam. Ada tamu lain, bapak dan anaknya yang sedang berfoto dengan background sepeda ontel di sana. Mereka bilang setiap tahun selalu menginap di Patuha Resort karena suka dan cocok.

Harap Berhati-hati Melangkahkan Kaki di Kontur Tanah Lereng Gunung

Menunggu staf yang cukup lama (Katanya sih sedang melayani kamar tamu lain, antar handuk), akhirnya kami diberi kunci kamar Damar. Wuih, pantas saja staf laki-laki tersebut lama ditunggu. Ternyata jarak dari kamar tipe yang satu dengan tipe lainnya agak jauh dan butuh olahraga kaki naik turun tangga menyesuaikan kontur tanah pegunungan.

Kami berenam berjalan pelan sambil membawa tas berikut perintilan masing-masing. Melewati kolam ikan dna kolam renangnya juga. Kolam renang air panas alaminya ternyata ga panas. Staf bilang panasnya suam-suam kuku hihihi, kupikir mungkin besok pagi bakalan panas atau minimal hangat seperti yang kami baca di laman Patuha. Soalnya Fakhri ga sabar kepengen nyebur, main air di sana sebelum mandi.  

 
Patuha Resort Ciwidey, Tempat Wisata dan Penginapan Unik di Kawasan Hutan Pinus Nurul Sufitri Travel Blog
Tiba di Patuha Resort di Malam Hari

Sekilas Tentang Patuha Resort

Patuha Tjiwideij Resort berada di bawah pengelolaan Perum Perhutani KPH Bandung Selatan. Patuha Resort memiliki luas kurang lebih 20000 meter persegi, berada di dalam area hutan hujan Ciwidey. Berdiri sejak tahun 2000, Patuha Resort menawarkan sensasi menginap berbeda dengan objek wisata sejenis.

Suasana yang tenang dan menghanyutkan, jauh dari keramaian dan kebisingan kota menjadikan resort ini sebagai pilihan penginapan yang tepat. Memang sih ada pemukiman warga pribumi lokal di kawasan ini kurang lebih 2 km, namun tetap saja rasanya seperti menyendiri, dingin dan sepi dari dunia luar eeeeeaaaaaa 😀  

Lokasi

Patuha Resort  berada di kawasan wisata Ciwidey, tepatnya di Jalan Raya Situ Patengan KM. 8 Lebakmuncang, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat 40973. Nomor telepon/ Whatsapp yang bisa dihubungi yakni 082117591460 dengan Mbak Avisa di bagian marketing. Suamiku yang mengontak dia jika ada apapun yang dibutuhkan sebelum dan saat menginap di Patuha.

Penginapan di Patuha Resort ini berada di kawasan lereng pegunungan Patuha dengan pemandangan yang indah sekali, dikelilingi pohon-pohon pinus yang tinggi. Kawasan wisata Patuha mudah dijangkau dengan berkendara kurang lebih 1 jam perjalanan dari pusat kota Bandung. Tentu  dengan catatan arus lalu-lintas lancar tanpa kemacetan ya. Kalau dari tol Cipularang dapat ditempuh sekitar 4 jam.  

 
Patuha Resort Ciwidey, Tempat Wisata dan Penginapan Unik di Kawasan Hutan Pinus Nurul Sufitri Travel Blog
Berfoto Sejenak di Akses Masuk Patuha Resort Setelah Check Out
 

Kita dapat menemukan Patuha Resort setelah objek wisata Ciwidey Valley, sekitar 500 meter saja. Posisinya ada di sebelah kanan jalan dari arah Ciwidey. Lokasi persis di belokan jadi harus memperhatikan jalan jika hendak masuk ke resort ini.

Terlihat tulisan Patuha Resort berawarna putih pada dinding batu kali yang terpampang nyata di depan akses masuknya. Dari depan masih sekitar 500 meter lagi masuk ke dalam kawasan hutan dengan lebar jalan beraspal 5-6 meter dan terdapat pos keamanan.

Asyiknya menginap di Patuha Resort diantaranya dekat dengan Kawah Putih, Ranca Upas, Glamping Lakeside Rancabali, Situ Patenggang, Saung Gawir Bungalow & Resto Casual Dining (1,4 km), Kampung Cai Ranca Upas Alam (2.56 km) dan lain-lain.

Fasilitas

Patuha Resort dilengkapi dengan berbagai fasilitas serta menerapkan resort dengan konsep back to nature. Model arsitektur dan bangunannya sangat menyatu dengan alam, terutama hutan pohon pinus yang mengelilingi kamar-kamarnya. Terutama kamar Damar dan kamar Pinus lebih asyik karena balkonnya menghadap langsung hutan pinus.

Kita dapat memilih pondokan dengan tipe dan harga bervariasi. Ada kamar yang muat untuk dua orang, family room (keluarga berempat misalnya), bahkan yang bisa menampung banyak tamu yang menginap. Tersedia juga extra bed jika diperlukan. Selain free Wifi, terdapat kolam renang air panas alami yang menjadi daya tarik resort ini. 

 
Patuha Resort Ciwidey, Tempat Wisata dan Penginapan Unik di Kawasan Hutan Pinus Nurul Sufitri Travel Blog
Kolam Renang Air Panas Alami

Di Patuha Resort ini tersedia 8 unit villa/ resort/ cottage dengan total kamar sebanyak 42 kamar tidur dan maksimal huni 100 orang. Ada king bed, twin bed, queen bed, water heater, televisi, tea/ coffee maker, ruang tamu, ruang keluarga dan dapur, berbeda-beda tergantung tipe kamar yang dipilih. 

Ada Villa Jati, Kamar Merkusi, Kelana, Sonokeling, Puspa, Pinus, Rasamala, Villa Meranti yang fassilitas dan harga per malamnya bervariasi mulai Rp 365.000,- hingga Rp 1.200.000,- atau bisa lebih. Oh ya, kamar yang harganya di bawah 400 ribu lantainya bukan kayu ya, melainkan seperti lantai keramik biasa.

Menginap di Kamar Damar

Kami memilih bobo syantik dan relaksasi sejenak dari hiruk-pikuk perkotaan di kamar tipe Damar sebanyak 3 unit. (per unit 2 orang). Total kamar Damar di sini ada 6 unit saja, sejajar begitu, dilengkapi dengan dispenser air panas dan dingin dengan galonnya tentu. Rate per malam adalah Rp 400.000,-

Kami menginap selama 3 hari dua malam di Patuha Resort ini. Salah satu pertimbangan kenapa pilih kamar Damar adalah ada balkon yang menghadap hutan pinus persis, Yaaa walaupun memang non breakfast ya hahaha tapi relaaaa deh. Aku sudah post video singkatnya di feed dan story Instagram-ku. Jadi teringat saat kami menginap di Cabin VIP The Forest Cisarua Puncak yang masih alami, dingin di kawasan hutan juga.


Patuha Resort Ciwidey, Tempat Wisata dan Penginapan Unik di Kawasan Hutan Pinus Nurul Sufitri Travel Blog
Kamar Damar dengan Balkon Menghadap Hutan Pinus

Aku sekamar dengan Aa Rahmad tentunya, di Damar 1, Rafa dan Fakhri di Damar 4, mama dan papaku di Damar nomor 3. Kenapa di-skip nomor 2? Karena sudah ada penghuninya wkwkwkkwkw itu ruameeee banget mengobrol, ada kayaknya sekitar 6 orang. Tetapi di malam kedua, Rafa dan Fakhri pindah ke kamar nomor 2 biar bersebelahan dengan kamarku, kebetulan mereka check out pagi.


Villa Jati Merkusi Room Kelana Room Sonokeling Room Puspa Room Pinus Room Rasamala Room Villa Meranti
Kamar Damar dan Pemandangan Resort


Mereka pakai extra bed 2 dan bawa kompor portable lalu bakar ayam pagi-pagi, eh kita kebagian aromanya doang huahaha. Tahu begitu aku bakalan bawa juga dari rumah, maybe next time kalau berjodoh menginap di Patuha lagi. Yang ada aku shoot pemandangan hutan pinus dari balkon dan menikmatinya dengan takjub dan mensyukuri nikmat Allah Yang Maha Pencipta ini.

Fasilitas yang disediakan di setiap kamar Damar adalah twin bed, lemari pakaian, televisi layar datar, 2 kursi dan 1 meja untuk bersantai, meja dan cermin rias, telepon, tea/coffee maker, 2 cangkir, handuk beserta jemurannya, keset, tempat sampah. 

Di dalam kamar mandi tersedia sampo dan sabun cair, wastafel, toilet duduk, shower, water heater, tempat sampan, cermin dan cantelan baju/ handuk. Mushola, aula, meeting room, kantin juga ada, serta play ground sederhana untuk bermain anak-anak.

Patuha Resort Ciwidey, Tempat Wisata dan Penginapan Unik di Kawasan Hutan Pinus Nurul Sufitri Travel Blog
Lemari Pakaian dan Kamar Mandi

Pengalaman Terkunci di Kamar Mandi

Oh ya, ada pengalaman ga terlupakan nih buat si bungsu Fakhri. Sabtu pagi dia sempat terkunci di kamar mandi, lho. Suamiku sedang duduk santai di beranda kamar dan menikmati martabak dan camilan yang semalam dibeli di Pasar Soreang. 

Katanya, terdengar teriakan "Teteh....teh.."! Memanggil teteh Rafa. Namun lama-lama terdengar minta tolong lebih kencang,"Tolooooong....tolooooong!". Waduh, langsung deh si papa menghampiri dan menelepon staf Patuha. 

Alhamdulillaah pintu kamar mandi berhasil dibuka dan ayang Fakhri selamat, eeeaaaa! Ada-ada aja sih. Sejak saat itu kami memutuskan jika ke manapun pergi, selain bawa diri jangan lupa juga bawa HP wkwkwkwkw 😁 

 
Patuha Resort Ciwidey, Tempat Wisata dan Penginapan Unik di Kawasan Hutan Pinus Nurul Sufitri Travel Blog
Pemandangan Patuha Resort
 

Cantigi View

Pohon Cantigi dikenal sebagai pohon awet muda yang legendaris. Pohon ini memiliki daun bernuansa kemerahan dan berbuah warna hitam. Pohon ini sangat kuat akarnya, bisa untuk berpegangan saat mendaki gunung dan berlindung ketika terjadi badai di pegunungan.

Menuju spot instagramable ini kita menaiki tangga sebentar saja, di area aula Patuha Resort. Betah berlama-lama di sini. Menikmati pemandangan gunung dan pepohonan yang cantik dan memesona seakan tiada habisnya. 

Kami berada di tempat ini pada Sabtu pagi, bersiao wisata ke Kawah Putih dan Situ Patenggang. Sayang sekali papaku ga memungkinkan ikutan difoto karena suka terengah-engah naik-turun lereng resort ini.

Villa Jati Merkusi Room Kelana Room Sonokeling Room Puspa Room Pinus Room Rasamala Room Villa Meranti
Cantigi View


Villa Jati Merkusi Room Kelana Room Sonokeling Room Puspa Room Pinus Room Rasamala Room Villa Meranti


Nilai Plus Patuha Resort

  • Sangat cocok bagi siapa saja yang ingin beristirahat dan santai secara intim seperti berbulan madu maupun privat bersama keluarga. 
  • Pas juga untuk reuni, acara kantor dan sebagainya secara natural dan jauh dari keramaian, melepas stres dari berbagai aktivitas di kota besar. 
  • Menikmati keindahan alam dan suasana asri pegunungan yang sejuk maupun dingin bisa mencapai 16?C bahkan lebih rendah lagi suhunya di malam hari. 
  • Pemandangan bernuansa hutan pinus asli, bukan kaleng-kaleng, yang ga bakalan didapatkan di tempat lain. 
  • Masih terlihat kabut cukup tebal yang menyelimuti kawasan hutan di sekitar penginapan.
  • Penginapan yang cukup nyaman, membuat pikiran tenang, banyak spot foto menarik yang instagramable.
  • Lantai dan perabotan dari bahan kayu, mungkin jati kalau lantainya. Bersih, tampak sudah disapu dan dipel.
  • Tersedia air galon dan dispenser panas dan dingin di tiap koridor. 
  • Ada kolam renang air panas alami dan kolam ikan.
  • Tersedia kantin, jika pilih kamar yang non breakfast kita tetap bisa memesan makanan seperti nasi goreng 25 ribu dan lain-lain di sini via telepon atau WA.
  • Bisa juga untuk dijadikan lokasi pertemuan bisnis, pendidikan, olah raga/ outbond dan yang lainnya.
  • Staf ramah dan helpful.

Yang Perlu Ditingkatkan oleh Patuha Resort

Aku tuliskan poin minus alias kekurangan di Patuha Resort ini karena aku sayang lho ya. Kepengen nantinya semoga fasilitas dan kebersihan ditingkatkan lagi. Memang kelihatannya kurang perawatan, banyak debu dan kerusakan bangunan yang belum diperbaiki.

Televisi layar datarnya terlalu mungil. Kebetulan tv di kamarku volume-nya ga bisa diutak-atik, jadi silent gitu cuma lihat gambarnya aja. Ada suara sih tapi keciiiiiil banget lama-lama hilang hihihi.

Ada sarang binatang di dekat jendela kamar dan debunya tampak jelas di depan mata. Beranda di depan kamar juga kotor, kurang tempat sampah. Kamar mandi so-so lah, ukurannya cukup bersih, walaupun ga dikasih pasta gigi dan sikat giginya. Shampo dan sabun cair sih oke sudah ready di wadah yang ditempelkan ke dindingnya.

Handuk dan keset di kamar anak dan orangtuaku belum tersedia, jadi mesti minta via WA. Kebetulan waktu itu sudah malam sekitar jam 9. Staf sudah sepi, jadi suamiku yang menelepon pihak marketing via WA. Walaupun responsnya agak lama, alhamdulillaah seorang staf laki-laki datang membawakan berang-barang apa saja yang belum ready.

Malam saat aku hendak mandi, flush tiba-tiba jebol, air muncrat ke mana-mana dengan aliran cukup deras. Padahal jariku baru menyentuh dan memegangnya sedikit. Suamiku berusaha menutupnya dengan plastik kiloan dan karet gelang (Untung aku sedia 2 benda ini tiap bepergian hehehe).

Memakan waktu cukup lama sampai akhirnya berhasil ditutup sementara. Sudah menghubungi staf via telepon maupun WA, kemungkinan orangnya datang pas aku dan suami sudah terlelap. Namun keesokan harinya dia datang kembali dan menggantinya dengan yang baru.

Tips Menginap di Patuha Resort

  • Membawa jaket yang cukup tebal.
  • Siapkan obat-obatan pribadi, minyak kayu putih, minyak telon dan semacamnya untuk jaga-jaga kulit kaligata/ gatal-gatal akibat alergi dingin.
  • Siapkan makanan dan minuman yang banyak sesuai selera karena lokasi resort jauh dari pertokoan maupun minimarket.
  • Boleh juga kalau mau bawa kompor portable, alat panggang untuk bakar ayam, jagung maupun menu lainnya.
  • Jangan lupa abadikan momen kebersamaan berlibur menggunakan kamera smartphone, DSLR atau mirrorless.
  • Sedia uang tunai siapa tahu membutuhkannya untuk berwisata dan belanja karena mesin ATM jarang sekali terlihat.

Mau Lagi atau Nggak, Menginap di Patuha Resort?

Honestly, aku sukaaaaaaa bangeeeddd menginap di Patuha Resort Ciwidey ini dan punya pengalaman ga terlupakan bersama keluarga selama 3 hari 2 malam di kamar Damar. Kalau ditanya, “Mau lagi kah, kapan-kapan staycation di Patuha Resort?”. Aku akan jawab, “Mauuu!”.

Oh ya, menginap 3 hari 2 malam di sini aku dapat diskon 15% lho. Dari 3 kamar Damar dikali dengan rate  Rp 400.000,- dipotong Rp 360.000,- sehingga total bayarnya hanya Rp 2.040.000,- alhamdulillaah.

Kemungkinan aku akan pilih kamar yang per malamnya 500 ribu (Non breakfast) atau 800 ribu (Breakfast) saja deh. Kedua tipe kamar tersebut posisinya di atas di samping kanan dan kiri front office. Cocok banget kalau bawa orang tua kita atau siapapun yang lansia atau sulit berjalan menurun dan menanjak menuju pondokannya. Ga usah yang privat berada di dekat parkiran dan pohon atas dengan jalan khusus, paling mahal 1,2 juta hahaha.

Teman-teman, itulah pengalaman unik pertamaku menginap di Patuha Resort Ciwidey, Jawa Barat. Betapa ingin mengulang kembali keseruan aku bersama keluarga di lain kesempatan. Nantikan cerita selanjutnya kami berkunjung ke Kawah Putih dan Situ Patenggang. Terima kasih sudah mampir. Sampai jumpa! 😊



92 comments:

  1. Menarik banget Mba, mirip penginapan di Malang kayak gini, tapi memang pemandangannya bagusan Patuha ini, karena di hutan kali ya.

    Meanriknya kalau tempat kayak gini lebih adem, AC nggak dibutuhkan lagi kalau malam ya.
    Meskipun juga nggak enaknya, selalu ada kisah-kisah seramnya juga, hahaha.

    Apalagi dengan pengalaman terkunci di kamar mandi hihihi.

    Oh ya, kayaknya memang sejak pandemi ini, masih sedikit hotel atau semacamnya yang berbenah ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa ahhahahaha awalnya aku mikir, kok ga pakai AC yach? Eh ternyata di Ciwidey memang super dingiiiiin hahaha :D Sampai aku kena kaligata alias gatal2 di sekujur tubuh gegara alergi wkwkwkwk :D Seru deh, yuk!

      Delete


  2. sering ke ciwidey tapi gak tau tentang Patuha Resort

    karena emang banyak resort di sana dan salah satu penyakitnya : kurang bersih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa sih, mungkiiin karena paling banyak ditempati saat liburan aja atau kurang tau juga kenapa ya heuheu :D

      Delete
  3. Jadi ini deket Situ Pantenggang ya Mba? Saya kayanya pernah lewat sini deh, cuman belum pernah cobain staycation di Paruha Resort ini. Seperti biasa Ciwidey punya daya tarik yang yang luar biasa, selain Lembang, Punclut, dan Dago. Viewnya cantik, adem pula. Cocok buat healing Dan refresh energy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga deket banget tapi masis satu kawasan CIeidey lah. Pemandangannya cantik2 semua, betah. Yang penting siap duwit hahaha :D

      Delete
  4. alami banget ya, suasananya. udara dingin emang udah konsekuensi, sih. tapi, enggak tiap hari kan bisa dapat pengalaman kayak gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadi bahagia deh bisa nyobain perdana nginep di Patuha Resort ini.

      Delete
  5. Astaga Fakhri sampai terkunci segala di kamar mandi :)) Syukurlah saat minta tolong mudah didengar ya. Aku kalau lagi nginap di luar, selalu bawa hp ke kamar mandi karena salah satunya menghindari kejadian terkunci :))

    Jalan di Ciwidey menanjak, makin naik dan makin jauh, suasana makin gelap kalau malam hari. Itu kenapa tahun lalu pas aku sama suamiku nginap 5 hari di sana ga keluar kalau malam. Kecuali dekat2 hotel aja pas kulineran atau belanja di minimarket.

    Suasana dan pemandangan di Patuha Resort ini apik yo mbak. Pokoknya kalau Ciwidey udah pasti sejuk, asri, dan betahin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi pengalaman nih kalau berlibur atau ngapain aja, penting banget bawa HP ke manapun diri ini pergi ya hahahah :D Nah itu dia mbak baru ngeh ternyata jalan menanjak mana sepi, gelap wuih seru, serem tapi dinikmati hihihi :D

      Delete
  6. Makasih infonya kak, keren banget kisah perjalanan wisata di Patuha Resortnya. View foto pemandangan alamnya juga estetik dan indah sekali. Layak nih kak Nurul Sufitri jadi fotografer profesional.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2. Hahah thanks mas Wahid. Yuk, kapan2 ke Ciwidey!

      Delete
  7. Seru mbak menginap di hutan pinus
    pasti udaranya segar dan suasananya tenang, cocok buat rehat sejenak dari rutinitas harian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serunya pake bangeeed :D Seneng deh ngajak prang tuaku ke sana :) Anak2 juga suka.

      Delete
  8. Tempatnya cocok untuk menepi, mbak. Bisa fokus liburan bersama keluarga, dan jauh dari keramaian

    ReplyDelete
  9. MasyaAllah, alhamdulillah sudah bisa berlibur ke Ciwidey. Butuh banget, suasana seperti ini. Lihatnya saja sudah bikin moodboster. Hati-hati di jalan Bun, semoga sehabis berlibur jadi semakin semangat menuliskan kebaikan lagi dan terus menginspirasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah, padahal ini dadakan hahaha :D Iya, masih bersambung nih tulisannya ke Kawah Putih dan Situ Patenggang :D

      Delete
  10. Tempat yang cocok menyendiri gini sih baiknya booking 3 hari 2 malam ya Nur. Dan benar-benar niatan untuk istirahat, retreat dan menikmati alam. Ngajak keluarga besar sepertinya ok juga. Puas-puasin ngobrol, berbagi cerita dan bawak sekarung makanan yang enak-enak. Etapi disana juga sudah ada warung ya. MashaAllah langsung kebayang makan mie instan kuah anget-anget di bawah di teras kamar atau sekalian camping di bawah pohon pinus hahahaha.

    BTW, aku sama sekali belum pernah menjangkau Ciwidey. Next trip ah direncanain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, biar terasa kedinginannya wkwkwkwkw :D Oke banget buat acara rame2 juga. Ada warungnya kok, bisa pesen makanan. Iya mbak, kapan2 staycation di Ciwidey yach.

      Delete
  11. tempatnya nampak sejuk ya mbak. sangat rekomended liburan bareng keluarga tipis-tipis mendekati penghujung tahun. sekaligus bikin resolusi bareng kaaknnya keren ya. aha, jadi berfantasi aku mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejuk dingiiiiin bnaget :D Iya asyik deh coba kapan2 ke Patuha Resort.

      Delete
  12. Daku deg-degan pas bagian di Gmaps ternyata menghilang resortnya. Soalnya juga pernah kek gitu juga mbak, ya pas lokasi dekat. Tapi pernah juga muncul. Entah karena sinyal atau apa gak paham sih

    Yang penting Alhamdulillah seneng ya dengan resort indah di Ciwidey ini. Cocok nih buat masuk wishlist. Siip, banget mbak. Ditunggu rekomen selanjutnya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gara2 malem tuh dan emang ga ada lampu jalan deket Patuha hihihi :D Cocok banget. Yuk, jadwalkan mbak nginep di Patuha.

      Delete
  13. Resortnya asri banget nih, jadi kepengen liburan ke sana. Suasananya adem, masih banyak pohon, seger deh pikiran!

    ReplyDelete
  14. PEmandangan di Patuha Resort ini baguss banget mbaa. Ah andai bisa ke Ciwidey ya. Btw, memang nih kalau liburan sambil sekolah daring jangan ditanya deh mba, pasti anak anak akan fokus ke liburannya, wkwkwk. Btw, kata mba Resort ini cocok ya kalau bawa lansia. Soalnya Ibu saya lama ga diajak jalan-jalan, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan begitu mbak, malah anak2ku ga mau liburan pas masih PJJ karena tugasnya bererot. Mereka malah rajin banget.

      Delete
  15. Gak hanya staycation, tapi juga ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sana, yang pastinya gak cuma asyik, tapi juga memanjakan mata. Segerrrrr

    ReplyDelete
  16. Mbaaa, apakah vibes-nya berasa lagi syuting film "TWILIGHT"? :D
    Nginep di areal hutan pinus pastinyaaa menyenangkan bangeett
    suasananya
    aromanya
    ambience-nya

    akkkk, aku juga mupenggg!
    moga2 thn depan bisa main2 ke sini juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahah :D Ga kebayang sebelumnya aku sekeluarga nginep di kawasan hutan pinus kayak di Patuha :) Iyaaaaa, pokoknya mbak kudu coba yaaa.

      Delete
  17. Situ Patenggang kan dingin banget mba, aku pernah ke sana ada kabut dan berembun gitu tapi udaranya bersih, enak deh buat staycation bareng keluarga

    ReplyDelete
  18. Wah seru ya mbak, kayaknya dingin berada diantara pepohonan. Duh itu pasti panik banget terkunci di kamar mandi hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangetttt deh kayaknya. Saya terakhir kali lihat hutan pinus itu bertahun-tahun yang lalu, saat masih usia SMA, tapi hutan pinusnya di daerah Malino, Sulawesi Selatan. Setelah itu, belum pernah lagi. Hiks :(

      Delete
    2. Iya, mbak Yati. Untung suamiku denger pas anakku teriak2 gitu.

      Delete
    3. Oh, gitu mbak ANdy. Seru ya...serba hijau masih alami.

      Delete
  19. Aku bakal bawa kompor deh mba sesuai saran mba Nurul 😄 ngebayangin bakar ayam atau ikan gitu. Haduuh. Nikmat
    Walau ada beberapa drama, tetap berkesan ya mba. Alhamdulillah si ayang baik2 aja 😆😆 bontotnyaaa mamaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu dia, bawa kompor sama makanan yang banyak hahaha :) Iya mbak alhamdulillaah si bontot selamat hahaha.

      Delete
  20. Pilihan kamarnya variatif banget, ya. Bisa disesuaikan dengan kondisi kantong. Yang penting, dapat segernya, deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, kita bisa pilih tipe kamar :) Segernya bukan maeeen hahah :D

      Delete
  21. Pengalaman yang indah banget Mbak wisata keluarga dan menginap di Patuha resort ini. Kebayang aja malam malam dingin apalagi pas chek-in nya juga sudah agak larut. Terus mudah-mudahan Fahri tidak kapok menginap di sini ya karena terkunci di kamar mandi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indah dong. Iya kemalaman check in nya wkwkwkwk jadi meraba2 pas melangkahkan kaki turunan menuju kamar Damar :) Ga kapok kok, kalau jodoh kapan2 mau lagi nginep di Patuha :)

      Delete
  22. Kayaknya tempatnya asyik kalau mau liburan ala-ala kawasan pedesaan gitu ya. Btw aku penasaran ama pohon awet muda tadi, Knapa disebut pohon awet muda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena kokoh pohonnya jadi tahan banting :D

      Delete
  23. Ciwedey..ah, dulu kadang "ngeluyur" sampai sana. Jalannya memang ngeri2 sedap ya mbak...
    Tapi pemandangannya memang indah. Hihi, sejatinya sudah banyak lupa detailnya sih, lha wong sudah lamaa bangeeet main ke Ciwedey-nya.
    Btw, kok sama'an soal kekunci di kamar mandi hotel hihihi. Ini pengalaman saya sndiri dua minggu lalu pas diajak suami ke Kota Sengkang. Mana saya juga gak bawa HP. Bersyukur, bisa keluar dengan selamat nggak pakai lama :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mesti hati2 banget jalanan arah Ciwidey tuh ternyata :) Pemandangannya itu wah banget deh indahnya bukan main dan dingiiin aku syuka :D Oh begitu hahaha ada2a aja ya soal terkunci di kamar mandi.

      Delete
  24. Pilihan kamarnya variatif nih banyak pilihan. Ciwidey view nya pasti bagus banget deh, selain interior dan eksterior yang nyaman bikin betah nginep di mari ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serba kayu gitu interior kamarnya, apik. Cuma ada kekurangan soal kebersihan dan perawatan aja sih.

      Delete
  25. seru banget ini mbak, apalagi sama keluarga besar
    sukakk sama view alam yang ijo-ijo begini, pagi bangun tidur langsung menghirup udara pagi yang sejuk

    semoga nantinya resort patuha berbenah lagi ya mbak, jadi ga ada insiden kamar mandi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mudah2an semakin keren fasilitas dan segalanya di Patuha Resort supaya tamu2nya makin betah.

      Delete
  26. Ideal untuk liburan dan menginap bersama keluarga. Udara dan pemandangannya bikin fresh. Kalau bawa orang tua ke tempat ini lebih cocok karena tenang, adem, dan bisa rileks.

    Mbak Nurul cocok pakai baju ungu, kontras dengan warna alamnya, jadi terlihat menonjol dan cantik.

    ReplyDelete
  27. Aku udh lamaaa pengen stay di penginapan di tengah hutan Pinus gini mba. udah ada sih yg aku incer, tapi belum kesampaian aja ke daerah sana. Suami kdg males duluan kalo denger daerah Bandung kesana, muacettnya skr hahahahaha

    Kemarin pas weekend aku ke Lembang, macetnya pas pulang JKT paraaah.di lembangpun ga bisa kemana2, Krn padaat wkwkwkwjw. Tapi memang daerah Bandung atas itu favorit banyak org sih yaaa. Makanya selalu rame, trutama warga Jakarta 🤣.

    Itu kok Fakhri bisa terkunci sih 😅. Jadi penasaran model pintunya gimana. Agak riskan juga yaaa.

    Tapi kalo buatku, jujur aja, LBH pentingin dinginnya :D. Aku kan ga kuat panas. Jadi kalo stay di tempat yg begini, asalkan dingin, lebih bagus lagi kalo view oke, aku pasti tetep seneng 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu abis subuh berangkat dari Jakarta, mbak. Aku menghindari Lembang. Mendingan ke Ciwidey aja deh. Hahahaha bangunan lama mungkin ada yang nyengsol wkwkwkwkw jadi terkunci deh anakku :) Iya, sebagai pencinta suhu dingin (walaupun sempat kaligata), aku tetep mau lagiiiiii nginep di sana :D

      Delete
  28. Soal perawatan kyknya khas banget penginapan2 lawas gtu ya mbak, bener tuh semoga bisa ditingkatkan lagi, kalau perlu beberapa bagian direnov.
    Soalnya sayang view-nya udah secakep itu kalau msh ada minusnya.
    Tp emang lokasinya asyik buat jd tempat nginep sekaligus piknik sekeluarga yaa, kebayang pagi2 bangun seger sekali udaranya. Kangenbanget liat kabut eui :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iye tuh. View-nya udah cantik, kalau fasilitasnya makin ditingkatkan pasti banyak tamu makin suka menginap di Patuha Resort.

      Delete
  29. Dulu waktu zamannya sekolah, beberapa kali main ke Ciwidey. Udah berkeluarga malah jarang main ke sana, soalnya gak tahan sama macetnya. Untung lah sekarang ada tol Seroja, jadi bisa lebih cepat menuju Ciwidey, ya. Sepertinya Patuha Resort rekomended juga untuk tempat liburan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ada tol Seroja jadi makin cepat sampainya deh. Yuk, kapan2 nginep di sana.

      Delete
  30. Enak banget itu nginep di Patuha Resort. Kalau deket bisa nih staycstion di Patuha Resort, sambil menikmati pemandangan yang asri. Tapi kalau ke situ kudu bener-bener atur waktu nih, biar gak pas lagi ramai-ramainya.

    ReplyDelete
  31. Aku jadi kangen Ciwidei. Maret tahun ini aku dan suami kesana mba tapi nggak nginep, berangkat subuh dari Bandung pulang sore. Padahal pengen banget nginap, aku betah karena sejuuuk. Ntar pengen juga nyobain nginap di Patuha Resort.

    ReplyDelete
  32. Asik banget pasti ya nginep di sini. Bangun tidur langsung disapa sama pemandangan yang asik dan nyegerin gini

    ReplyDelete
  33. terakhir ke ciwiday jaman anak2 masih kuliah, suka aku di sana adem dan alamnya indah

    ReplyDelete
  34. Asyik banget mbak suasananya, harga kamarnya juga nggak terlalu mahal, masih dapat diskon pula.

    Ayang Fakhri... Hihi bisaan ya terkunci di kamar mandi. Untung petugasnya sigap membebaskan dirimu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa :) Disesuaikan dengan kebutuhan aja tipe kamarnya. Iya, tente hehehe.

      Delete
  35. Pantesan familiar ternyata deket ama Ciwidey Valley. Emang lumayan banyak sih tempat buat staycation seru di Ciwidey. Tempatnya unik ya, seru staycation di sana pasti adem banget di sana kalau siang, dijamin malem bakalan dingin banget. Berkabar ya kalau ke Bandung lagi, nanti Kita meet up dan ngebolang bareng hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIp mbak Lia, insya allah kapan2 kita bisa ketemu :)

      Delete
  36. aku sudah lihat foto foto mbak di Instagram
    wah asik banget bisa menginap di tengah tengah hutan pinus gini ya mbak
    udaranya pasti segar, pas buat rileks sejenak dari kesibukan sehari hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay! Asyik banget, pengalaman pertama hahah :D

      Delete
  37. Aduuh, Kak Fakhri... Kasihan, tapi pengen ketawa, haha... Untungnya ada yang denger yaa, bayangin kalo ternyata yang lain lagi pada jalan-jalan di luar. Hihi...

    Asli, aku pengen banget sih, Mak, bisa nginep di tempat kayak gini. Untuk ke Ciwidey sih jauh, yaa, meskipun ya mungkin aja ntar kalau pas ada rezeki ke Bandung. Sebelum ada corona, biasanya kami suka ke Bandung sih setahun sekali. Tapi biasanya tujuan wisatanya udah diatur sama mertua, wkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. AH, tante Arinta bisa aja wkwkwkwkwk :D Oh gitu hahaha kapan2 mertua yang ngikut mbak Arin deh hihihi siapa tau mau ke Ciwidey.

      Delete
  38. Viewnya bagus Mbak, cocok nih buat staycation ama keluarga. Di salatiga ada juga view dengan pemandangan alam hutan kayak gini, udaranya sejuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok bingits :) Oh ya? Sejuknya kalau masih serba natural ya.

      Delete
  39. Kak Nurul teliti sekali kalau menulis. Ada kebahagiaan dan dibagikan juga minusnya agar pembaca tahu keadaan sebenarnya di Patuha Resort Ciwidey.
    Yang sesungguhnya, aku belum pernah ke Ciwidey sama sekali. Hihii~

    Pengen banget.

    Melihat resort nya yang seolah menyatu dengan alam, jadi semakin betah berlama-lama yaa, kka Nurul.
    Segeeerr~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mak Lendy :) Heheheh iya biar ada kesan dan pesannya :D Ayuk dong kapan2 pas liburan coba main ke Ciwidey.

      Delete
  40. AKu mau banget nih main ke sini..hehe.. Pemandangannya bagus..dan kebayang deh hawanya yang adem..Meski masih ada beberapa kekurangan..kayaknya ketutup dengan kelebihannya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener. Seneng deh dengan pemandangan hutan pinusnya.

      Delete
  41. Senangnya bisa menginap bareng keluarga di Patuha resort Ciwidey. Lihat perlengkapan yang harus di bawa, salah satunya jaket tebal. Pastinya dingin banget di sana yaa. Alhamdulillah ada kolam renang air panas alam. jadinya kalau mau berenang gak bakalan takut kedinginan. Btw makasih rekomendasinya yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah. Dingiiin sampe 16 derajat C bahkan bisa turun lagi. Sip, sama2.

      Delete
  42. Wah di Patuha, deket nih dari rumahku. Ya sekitar setengah jam deh. Tempatku sebelom Ciwidey. Hehe, aku sendiri belom pernah nginep di Patuha. Kalo ke sana, aku palingan camping aja. Gak tahu ya, orang kota banyak yang ke gunung, anak-anakku yang anak-anak gunung malah pengennya main ke kota./ Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? AKu malah kepengen kemping di Ciwidey kapan2 :)

      Delete
  43. Waaah dengan harga 400rb per malam tapi lumayan juga kekurangannya ya.. Sampai habsuk blm tersedia. Apa krn malem datangnya jadi blm ada persiapan? Harusnya sih ga gitu yaa. Mau kapan pun dtgnya.. Pelayanan harus optimal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya begitulah. Semoga nanti bisa lebih diperbaiki nilai minusnya :D

      Delete
  44. Whaaa asik nih Ada playgroundnya trus karena resort di pegunungan jadi view-nya ijo-ijo segaaar.

    Btw, PR nginep di resort itu banyak jalan kaki. Beda dengan hotel yang Naik turun pakai lift

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, anak2 seneng deh :D Itung2 olahraga hahah :D

      Delete
  45. Waahhh resortnya cantik bgt ya mba, suamiku pasti seneng bgt nih kalau stay ditengah hutan pinus kaya begini. Suasananya adem banget, jauh2 dah sama hiruk pikut ibukota hahaha.

    Mba itu si Fakhri gimana critanya bisa terkunci? Model pintunya kaya gimana mba? Ngeri juga ya kalau terkunci didalem gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, resort yang cantik begini, betah kita 😍 Ga sempet difoto pintunya, aku pas lagi mandi sih hahaha...

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.