Daftar Isi [Tampilkan]

Menentukan penginapan saat berlibur bersama keluarga kini sudah semakin mudah dan banyak pilihan menarik. Tak perlu bikin dompet menangis, cekak sampai meraung-raung, kita bisa happy bersantai dan bobo cantik di sebuah hostel. Apalagi jika menginap beramai-ramai dengan teman satu genk, wowwww….! Tentu akan menjadi momen indah tak terlupakan 😃 

Traveling Hemat dengan Pengalaman Seru Menginap Nginep di Hostel Pilih BestHostels Indonesia Nurul Sufitri

Pengalaman Menginap di Hostel Luar Negeri

Aku pernah menginap di hostel selama 2 malam di Mitraa Inn Singapore bersama 4 teman blogger. Meskipun hanya 3 hari 2 malam berada di Negeri Singa mulai 25 hingga 27 Agustus 2018, namun kami memiliki pengalaman seru yang mengesankan. Aku bersama Mbak Ade Ufi, Mbak Alida, Mbak Gita, Bubu Dita plus 2 krucil yang menggemaskan dibawa serta yakni Fikri dan Ayyas.  

Mitraa Inn yang beralamat di 531 Serangoon, Little India, Singapore 218163 tersebut menyediakan sarapan, free wifi, resepsionis 24 jam, AC, laundry, lift, shower dengan air panas, kamar mandi dalam, serta socket atau stop kontak yang berada di dinding tiap bed. Ada pula penyimpanan koper, perpustakaan mini lengkap dengan beberapa kursi dan meja untuk makan dan membaca buku.

Traveling Hemat dengan Pengalaman Seru Menginap Nginep di Hostel Pilih BestHostels Indonesia Nurul Sufitri
Mitraa Inn Singapore
 

Kalau butuh keperluan sehari-hari atau makanan ringan, tamu bisa membelinya di minimarket di hostel tersebut. Asyiknya lagi, hanya berjalan beberapa meter saja, terdapat sebuah halte bus di mana akan lewat bus tertentu yang dapat membawa penumpang ke arah tujuan. Meskipun bisa jadi menu sarapannya kurang beragam bak hotel berbintang, tetapi hati senang dan perut kenyang. 

Di Mitraa Inn, sarapan disediakan mulai pukul 07.00 sampai 10.30. Kami menikmati menu roti tawar dengan bread toaster dan berbagai pilihan topping olesan meses, selai kacang, keju, strawberry dan sebagainya. Minuman yang disajikan pun bervariasi mulai seperti teh biasa, teh tarik, Thai tea, kopi, creamer, gula hingga minuman herbal dan lain-lain.  

Akhirnya Menemukan Platform Hostel Terbaik di Indonesia

Gara-gara punya pengalaman nginep hemat di hostel luar negeri, aku tertarik juga ingin mencoba hostel di Indonesia suatu hari nanti. Aku menemukan website hostel yang memiliki aplikasi keren, di mana koleksi hostelnya buanyaaak dan istimewa lho! Hostel cakep, cantik, instagramable, fasilitas oke, harga bersahabat, pokoknya bukan kaleng-kaleng! Saking senangnya seperti dapat harta karun, aku langsung screenshoot media sosialnya dan mengunduh aplikasinya, namanya BestHostels Indonesia.

Oh ya, sebentar lagi anak-anak akan terima raport dan liburan sekolah pun tiba. Aku akan ajak suami tercinta, anak-anakku teteh Rafa dan ayang Fakhri, kalau perlu diajak serta mama dan papaku berwisata ke Kota Gudeg Yogyakarta. Terbayang dong, betapa ramai dan serunya sekamar, bercerita dan beristirahat bersama dengan keluarga tersayang? Aku juga sudah berencana ingin menginap bersama teman-teman blogger kapan-kapan nih.

Keberadaan hostel-hostel di Indonesia semakin marak. By the way, apakah teman-teman pasti masih penasaran, seperti apa sih model kamar tidur ala dormitory di hostel-hostel? Apakah menginap di hostel harus selalu sharing room? Ada kamar mandi pribadinya ga sih? Apakah tersedia lemari pakaian? Seperti apa tempat makan, lounge, dapur dan sebagainya? Eits, kalian yakin sudah tahu perbedaan hostel dan hotel? Yuk, kita simak bersama!

Apa Sih Perbedaan Hotel dan Hostel?

Orang-orang yang senang berwisata dan berpetualang sangat antusias dengan kehadiran hostel-hostel yang berkualitas. Tahu ga sih, nama hostel mulai dikenal masyarakat sejak adanya tren hotel capsule? Yang membedakan hotel dan hostel adalah fasilitas serta tipe kamarnya. Tak hanya backpackers yang senang, tetapi travelers pada umumnya maupun rombongan juga menantikan momen khusus untuk bisa bermalam di hostel.

Hotel

Biaya menginap di hotel relatif tinggi tergantung tipe kamarnya. Hotel memiliki kelas mulai hotel bintang dua hingga bintang lima. Tentu saja hotel berbintang lima jelas memiliki tarif inap per malam yang lebih mahal dibandingkan dengan bintang empat atau di bawahnya. Adapun fasilitas utama di hotel adalah kamar-kamar yang bersifat personal. 

Di hotel terdapat kamar khusus diinapi 1 orang, dua orang maupun keluarga. Tiap hotel mempunyai tipe-tipe kamar misalnya tipe standard, superior, deluxe dan lain-lain. Di dalam kamar disediakan kamar mandi dalam, AC, televisi kabel, tea/ coffee maker, lemari besar, kulkas, meja dan kursi dan sebagainya. Fasilitas pendukung hotel pun beragam seperti kolam renang, fitness center, restoran, spa, playground dan lainnya.

Hostel

Secara umum, hostel dan hotel itu sama yakni tempat menginap. Perbedaannya terletak pada biaya dan fasilitas yang disediakan. Hostel disebut juga dengan budget hotel di mana dari segi biaya tentu lebih ramah di kantong. Artinya, biaya menginap per malam jauh lebih murah dibanding hotel pada umumnya.

Mengapa lebih murah? Karena fasilitas yang diberikan juga biasa. Mulai dari kamar yang ukurannya yang besar, ditempati lebih dari 1 orang, 4 hingga 8 orang, bahkan 20 orang, tergantung kebijakan masing-masing hostel. Kamar mandi biasanya bermodel sharing (Shared bathroom), sehingga jika teman-teman hendak mandi atau ke toilet harus antre. Ada juga kamar privat dengan kamar mandi di dalamnya.

Di hostel rata-rata tidak ada pembagian kelas seperti hotel pada umumnya. Jangan berharap ada fasilitas mewah ketika menginap di hostel, sebab fokus hostel itu sendiri adalah memberikan penginapan yang murah tetapi bukan murahan lho ya. Buat kalian yang suka jalan-jalan, pelancong, travelers, backpackers, cocok banget nginep murah di hostel.  

Dorm atau Dormitory Room adalah salah satu tipe kamar yang ditawarkan oleh hostel. Dalam satu ruangan dormitory biasanya diisi oleh 4 hingga 10 orang. Saat memesan kamar tipe dormitory kita tidak akan dikenai biaya untuk satu ruangan melainkan per satu bed.

Apalagi kalau tujuan utamanya berkunjung ke berbagai destinasi wisata sejak pagi hingga malam hari, akibatnya kaki cekot-cekot hahaha 😂, sampai di kamar hostel tinggal mandi dan tidur deh. Meskipun murah, hostel tetap memberikan ruang privat seperti loker untuk menyimpan barang-barang pribadi para tamu agar aman.

Tips Memilih Hostels yang Tepat untuk Menginap Saat Traveling

  1. Cek lokasi hostel. Pilih hostel yang lokasinya strategis maupun dekat dengan destinasi wisata yang dituju. Selain menghemat waktu, uang, menghindari stress kemacetan di jalan, kualitas liburan akan semakin efektif.
  2. Pilihlah hostel sesuai budget. Persiapkan dana khusus traveling jauh-jauh hari. Jangan sampai over budget sehingga setiba di rumah kelar liburan, jadi pasang muka manyun hehehe. Tak perlu malu atau gengsi jika biaya yang dianggarkan untuk berwisata bersama keluarga atau teman-teman sesuai dengan kemampuan.
  3. Perhatikan fasilitas hostel. Pastikan hostel yang dipilih memiliki fasilitas sesuai keinginan maupun kebutuhan kita. Secara umum, kamar tidur, toilet, perlengkapan mandi, lemari, sarapan, pembuat teh dan kopi, AC dan sebagainya harus tersedia.
  4. Baca review wisatawan mengenai hostel. Tak ada salahnya kita cek dan baca ulasan travelers yang sudah pernah menginap di hostel-hostel. Hal ini dapat menjadi pertimbangan apakah kita jadi memilih hostel tersebut atau hendak beralih ke hostel lainnya. Biasanya ada penilaian dengan simbol bintang atau angka. Semakin tinggi angka atau banyak jumlah bintangnya, biasanya semakin baik kualitas keamanan, kenyamanan, fasilitas dan lain-lain dari sebuah hostel.

Bicara soal hostel, seperti yang sudah diceritakan di atas, aku punya rekomendasi buat teman-teman nih. Ada sebuah platform hostel nomor satu di Indonesia yang sedang hits, namanya BestHostels Indonesia. Waktu itu aku browsing di Google, penginapan hemat alias murah tapi ga murahan. Aku sekeluarga sudah niat berwisata ke Yogyakarta dan pengen mampir ke Goa Pindul lagi.. Ada magnet istimewa sehingga kami tak pernah bosan berkunjung ke sana. Sesuai namanya kan, ada 'Istimewa'-nya, Daerah Istimewa Yogyakarta hehehe. 

Apa Itu BestHostels Indonesia?

BestHostels Indonesia atau Besthostels.co.id merupakan Online Travel Agent (OTA) khusus hostel pertama di Indonesia yang berfokus pada penjualan hostel dan experience activity penunjang dari traveling. Kantor BestHostels Indonesia beralamat di Perumahan Nuansa Puri Abasan Jalan Gunung Salak Villa 888, Padangsambian Klod, Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali (80117). Nomor telepon yang bisa dihubungi yaitu +62 811 3883 301 sedangkan alamat emailnya adalah info@besthostels.co.id. 

Traveling Hemat dengan Pengalaman Seru Menginap Nginep di Hostel Pilih BestHostels Indonesia Nurul Sufitri
Pengalaman Tanpa Batas Bersama BestHostles Indonesia
 

Hostels yang menjadi mitra BestHostels Indonesia adalah hostel-hostel terbaik yang memiliki fasilitas unggulan. Mereka merekomendasikan hostel terbaik di manapun wisatawan berada dengan kenyamanan, lokasi strategis serta harga terjangkau. Selain hostel, travelers juga bisa memesan tiket transportasi lokal selama berwisata, tour ke destinasi wisata, kelas-kelas workshop, serta aktivitas seru lainnya. 

Menurut Founder dan CEO Best Hostels Indonesia, Rahmadi Aditya Putra, yang menjadi inspirasi platform OTA khusus hostel pertama di Indonesia adalah para pelaku hostel dan backpackers. Selain itu, terobosan ini adalah salah satu cara mengedukasi domestic travelers yang belum pernah merasakan pengalaman menginap di hostel. Besthostels.co.id hadir sebagai solusi untuk para wisatawan yang ingin mencoba hal baru. Mulai dari mudahkan melakukan pemesanan di Besthostels.co.id melalui transaksi pembayaran dari transfer antarbank, kartu kredit, e-wallet dan pembayaran di minimarket.

Corporate Strategic & Marketing Communication Best Hostels Indonesia, Juanito Alfa Nanlohy mengungkapkan bahwa Best Hostels Indonesia yang berawal dari digital agency bernama Galang Kangin Digital di Bali ini juga bertujuan mendukung pelaku usaha pariwisata untuk kembali berbenah pasca pandemi Covid-19 dan memenuhi permintaan para wisatawan domestik yang diperkirakan membludak nantinya.  

 
Traveling Hemat dengan Pengalaman Seru Menginap Nginep di Hostel Pilih BestHostels Indonesia Nurul Sufitri
Hostels Terbaik di Berbagai Destinasi Wisata di Indonesia

Fakta Unik BestHostels Indonesia

  • Founder sekaligus CEO dari Besthostels.co.id berusia 33 tahun.
  • Kantor pusatnya berada di Denpasar, Bali.
  • Sebagian besar tim BestHostels adalah kaum milenials. 
  • Didirikan pada tahun 2019.
  • BestHostels.coid sebagai OTA khusus hostel  pertama di Indonesia

Keuntungan Menggunakan BestHostels Indonesia

  • Tersedia kurasi ratusan hostel terbaik di Indonesia.
  • Harga pas di kantong backpacker.
  • Kemudahan transportasi selama traveling.
  • Paket traveling seru dan tak terlupakan.
  • Mudah bertransaksi sekali klik.

Traveling Hemat dengan Pengalaman Seru Menginap Nginep di Hostel Pilih BestHostels Indonesia Nurul Sufitri


  • Lebih dari platform perjalanan biasa. Semua kebutuhan perjalanan ada di tangan kita dan mulailah mencari pengalaman baru.
  • Jangan sampai melewatkan penawaran-penawaran yang bisa dinikmati. 
  • Buka pengalaman member secara penuh dan dapatkan harga khusus dengan mendaftarkan diri dan menjadi anggota BestHostel Indonesia. 

Tipe Kamar dan Fasilitas Hostel di BestHostels Indonesia

1. Kamar Asrama (Dormitory Room)

Dormitory merupakan kamar hostel yang bersifat sharing/ berbagi. Kamar tersebut biasanya dihuni lebih dari 4 orang per kamar. Pada umumnya 1 kamar asrama atau Dormitory ini bisa ditempati 6-8 orang, bahkan lebih sampai 20 orang. Jenis kamar Dormitory memiliki tipe tempat tidur single bed yang umumnya berukuran 90x200 cm dan bunk bed atau tempat tidur bertingkat.

Di dalam satu ruangan biasanya tempat tidur berbentuk ranjang bertingkat dua. Misalnya kamar untuk 8 orang, tersedia 4 ranjang bertingkat, di mana terdapat lemari pakaian tepat di bawah kasur. Bisa juga lemari kecil berada di atas atau di sisi tempat tidurnya, supaya ada space yang cukup untuk bergerak.

Ada beragam tipe Dormitory Room di hostel-hostel seperti mixed room, woman only dorm, male only dorm, private room, family room dan shared dorm. Tak sedikit hostel mempunyai fasilitas kolam renang dan minimarket lho. Berlama-lama menginap di hostel, bisa menjadi short escape from busy life terutama di perkotaan.

  • Mixed Dorm/ Room. Mixed Dorm/ Room merupakan kamar yang menggunakan tempat tidur tipe bunk bed di mana dalam  atu kamar tidak terbatas jenis kelamin. Tipe kamar yang boleh ditempati laki-laki dan perempuan ini tetap aman dan nyaman digunakan. Biasanya harga mixed room paling murah dibandingkan dengan tipe kamar lain di hostel. 
  • Woman Only Room. Tipe kamar Woman Only Room ini hanya diperbolehkan untuk perempuan saja, terutama bagi yang ingin lebih bebas dan memiliki privasi saat berada di dalam kamar.
  • Male Only Room. Kamar ini khusus diinapi laki-laki saja.

Traveling Hemat dengan Pengalaman Seru Menginap Nginep di Hostel Pilih BestHostels Indonesia Nurul Sufitri
Beragam Tipe Kamar Hostels Dormitory

2. Private Room

Nah, ini dia yang ditunggu-tunggu! Siapa bilang hostel tak punya private room? Ternyata ada lho! Kamar bertipe private room biasanya memiliki twin bed atau bahkan single bed. Selain itu, terdapat kamar mandi pribadi di dalamnya, sehingga cocok sekali buat teman-teman yang ingin staycation dan punya me time berkualitas. Harga private room tentu lebih tinggi dibandingkan dengan kamar-kamar lain di hostel, ya sesuai lah dengan fasilitas yang diberikan.

3. Dapur Bersama

Backpackers bisa menggunakan peralatan dapur yang tersedia untuk memasak seperti microwave, panci, kompor, bread toaster, wajan dan sebagainya. Tentu saja dapur digunakan bersama dan harus self service. Beneran menghemat budget makan ya? 

Traveling Hemat dengan Pengalaman Seru Menginap Nginep di Hostel Pilih BestHostels Indonesia Nurul Sufitri
Dapur-Dapur Cantik di BestHostels Indonesia

4. Lounge/ Ruang Bersama

Fasilitas lounge bisa digunakan pengunjung untuk sekadar duduk-duduk santai, mengobrol bersama maupun mencari kenalan selama berada di hostel. Ada meja, kursi, buku, aneka permainan yang dapat digunakan secara gratis lho.  Harga sesuai kantong, fasilitas yang lengkap, suasana dan kenalan baru, punya desain yang kece, lebih fleksibel. 

Traveling Hemat dengan Pengalaman Seru Menginap Nginep di Hostel Pilih BestHostels Indonesia Nurul Sufitri

Cara Pemesanan/Booking Hostel di BestHostels Indonesia

Untuk melakukan pemesanan/ booking hostel, kita bisa melihatnya di website maupun aplikasi BestHostels Indonesia pada bagian ‘Cara Pemesanan’. Setelah melakukan pembayaran, maka pesanan kita akan diverifikasi oleh sistem, kemudian e-voucher atau e-ticket akan dikirimkan ke email kita deh. Praktis, bukan?  

Traveling Hemat dengan Pengalaman Seru Menginap Nginep di Hostel Pilih BestHostels Indonesia Nurul Sufitri
Explore More and Feel The New Experiences with BestHostels Indonesia

Cara Menggunakan Aplikasi BestHostels Indonesia

  1. Klik dan masuk ke menu Google Play, ketik di kolom pencarian ‘BestHostels Indonesia’.
  2. Klik ‘Download’ tunggu beberapa saat, kemudian klik ‘Open’.
  3. Belum memiliki akun? Daftar. Lakukan ‘Sign Up’ dengan cara memasukkan alamat email, nama, nomor telepon/ handphone, password, kemudian beri tanda centang di kotak yang bertuliskan ‘By signing in or creating an account, you agree with our Terms & Conditions and Privacy Policy’ lalu klik kotak ‘Sign Up’.
  4. Login aplikasi. Ketik nama, masukkan password kemudian klik kotak orens ‘Masuk’. Bisa juga akun Google atau Facebook. 
  5. Apabila lupa password atau ingin mengubahnya, mudah saja. Caranya dengan memasukkan alamat email di bagian ‘Forgot Your Password’ kemudian klik kotak ‘Send Recovery Link’.
  6. Cek email seperti terlihat di foto berikut.
 
Traveling Hemat dengan Pengalaman Seru Menginap Nginep di Hostel Pilih BestHostels Indonesia Nurul Sufitri
Download Aplikasi BestHostels Indonesia


Traveling Hemat dengan Pengalaman Seru Menginap Nginep di Hostel Pilih BestHostels Indonesia Nurul Sufitri
Sign Up Aplikasi BestHostels Indonesia


Traveling Hemat dengan Pengalaman Seru Menginap Nginep di Hostel Pilih BestHostels Indonesia Nurul Sufitri
Aplikasi BestHostels Indonesia


Traveling Hemat dengan Pengalaman Seru Menginap Nginep di Hostel Pilih BestHostels Indonesia Nurul Sufitri
Log In Aplikasi BestHostels Indonesia

Metode Pembayaran

BestHostels menerima pembayaran melalui ATM atau transfer antar bank seperti Bank Mandiri, Bank Permata, Bank BCA, Bank BNI, ATM Bersama, ATM berlogo Prima dan ATM berlogo ALTO. Kita juga dapat melakukan pembayaran melalui Gopay, minimarket Alfamart, Alfamidi atau Dan+Dan. Setelah pembayaran, pemesanan akan diverifikasi secara otomatis. Kita tinggal menunggu dalam maksimum waktu yang telah ditentukan. 

Traveling Hemat dengan Pengalaman Seru Menginap Nginep di Hostel Pilih BestHostels Indonesia Nurul Sufitri
Metode Pembayaan

Jangan ragu untuk menghubungi customer service BestHostels Indonesia via Whatssapp maupun website di bagian contact, seandainya kita mengalami kesulitan saat bertransaksi ya. Begitu pula jika kita ingin mengubah jadwal kedatangan atau menginap di BestHostels Indonesia.  

Pelayanan BestHostels Indonesia Selama Pandemi Covid-19

Soal protokol kesehatan di hostels dan langkah-langkah agar terhindar dari penyebaran Covid-19, hostel-hostel dari BestHostels Indonesia telah siap siaga. Penerapan prokes 5M yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas dilakukan sebaik-baiknya sesuai anjuran Pemerintah Indonesia dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Jadi teman-teman ga usah takut saat ingin nginep di hostels.

Hostel selalu menyediakan hand sanitizer, mengecek suhu badan para tamu, melakukan desinfektan menyeluruh dan yang terpenting adalah social distancing. Untuk kamar dormitory, para pelaku hostels mengatur strategi untuk menutup sebagian bed. Keterisian kamar terjamin dan kalian ga perlu cemas ya.

Media Sosial BestHostels Indonesia

BestHostels Indonesia sering memberikan beragam promo menarik dan voucher diskon lho. Yuk, cek di media sosialnya di bawah ini:

Teman-teman ingin lebih mudah melihat-lihat semua yang ditawarkan BestHostels Indonesia? Langsung download saja aplikasinya melalui Google Play untuk pengguna android dan juga App Store untuk pengguna Apple.   
 
Traveling Hemat dengan Pengalaman Seru Menginap Nginep di Hostel Pilih BestHostels Indonesia Nurul Sufitri
Media Sosial BestHostels Indonesia

Traveling Hemat dengan Pengalaman Seru Menginap Nginep di Hostel Pilih BestHostels Indonesia Nurul Sufitri
Foto-Foto Traveling Bersama Keluarga Tercinta

Aku Sudah Punya 3 Hostel Pilihan di Yogyakarta

Jadi begini teman-teman. Jadwal terima raport anak-anakku adalah 25 Juni 2021. Aku langsung mencari hostel-hostel yang sekiranya cocok diinapi berempat. Sebisa mungkin kami bisa sekamar hanya berempat saja, dengan alasan privasi. Apalagi aku termasuk orang yang agak sulit tidur malam.

Taraaa….! Terpilihlah 3 hostel menarik dan cantik penampilannya. Coba dilihat deh, banyak sekali ya fasilitas yang disediakan. Jadi tak perlu gundah gulana, yang namanya hostel itu tidak kalah pamornya dengan hotel seperti pada umumnya. Kepengen traveling hemat dengan pengalaman seru nginep di hostels? Pilih BestHostels Indonesia aja! 😍

1. Arjuna Garden Homestay

Hostel ini berjarak 2,6 km dari Taman Pintar dan 2,7 km dari Keraton Yogyakarta serta menyediakan fasilitas taman. Tarif per malam mulai dari Rp 69.829,- Check in mulai pukul 14.00 WIB dan check out pukul 12.00 WIB. Hostel ini memiliki beragam fasilitas menarik, salah satunya adalah kolam renang yang bisa digunakan oleh tamu hostel.  

Traveling Hemat dengan Pengalaman Seru Menginap Nginep di Hostel Pilih BestHostels Indonesia Nurul Sufitri
Arjuna Garden Homestay (Foto: BestHostels Indonesia)

2. The toeRu Pod Jogja    

Hostel ini merupakan akomodasi dengan kamar kapsul (pod) yang memiliki ruang individual yang cukup besar. Tarif menginap per malam mulai dari Rp 100.000,- dengan waktu check in dan check out sama pada umumnya. Kolam renangnya cantik sekali, ada di roof top. Terlihat mewah, bukan? Yang membuat aku terkejut adalah ternyata hostel The toeRu Pod Jogja ini sold out, saudara-saudara! Hadeh hihihi 😂😂 

Traveling Hemat dengan Pengalaman Seru Menginap Nginep di Hostel Pilih BestHostels Indonesia Nurul Sufitri
The toeRu Pod Jogja (Foto: BestHostels Indonesia)

3. Home Addicts Hostel

Home Addicts Hostel menawarkan lounge bersama dan pemandangan taman. Fasilitasnya lebih beragam dibandingkan dengan kedua hostel yang disebutkan di atas. Tarif per malamnya adalah Rp 150.000,- Hostel yang berjarak 1,8 km dari Museum Sonobudoyo ini memang tidak memiliki fasilitas kolam renang. Kelonggaran waktu check in diberikan kepada tamu yang menginap di sini. Cantik sekali ya, tampilan hostelnya. 

Kami sekeluarga sangat suka berenang Biasanya kami pilih penginapan yang ada kolam renangnya. Namun karena situasi dan kondisi yang kurang bersahabat akibat pandemi corona, maka dengan berat hati, semenara tidak usah berenang dulu deh. 

Traveling Hemat dengan Pengalaman Seru Menginap Nginep di Hostel Pilih BestHostels Indonesia Nurul Sufitri
Home Addicts Hostel (Foto: BestHostelsIndonesia)

Aturan Menginap di Hostel

  • Dilarang berisik. Saat menginap di hostel, usahakan tenang dan tidak mengganggu orang lain.
  • Bersihkan fasilitas umum setelah dipakai. Biasakan cuci peralatan makan dan minum.
  • Gunakan kamar mandi seperlunya. Jangan terlalu lama berada di kamar mandi karena orang lain juga ingin segera menggunakannya.

Tips Menginap di Hostel

  1. Saat booking hostel, perhatikan lokasinya agar memudahkan kita pergi ke tempat wisata sesuai tujuan.
  2. Baca review hostel sebelum memutuskan pilihan hostel untuk diinapi seperti servis, keamanan dan kenyamanannya.
  3. Cari tahu apakah hostel yang dipilih memiliki loker atau tempat penyimpanan barang berharga lainnya. Jaga barang-barang bawaan agar tidak tercampur dengan milik orang lain. Kalau ada loker, taruh kepunyaan pribadi di dalamnya.
  4. Pilih hostel yang memiliki penutup/ gordyn di tempat tidur supaya kita merasa aman dan nyaman.
  5. Pahami bahwa kita akan berbagi kamar dan fasilitas lainnya dengan orang lain.
  6. Pahami dan merasa cocok dengan semua fasilitas yang disediakan hostel yang akan diinapi.
  7. Mengingat kamar mandi di hostel biasanya bermodel sharing. Jangan lupa membawa perlengkapan mandi pribadi juga handuk dan sandal jepit. 
  8. Bersikap sopan santun dan ramah dengan sesama teman baru sekamar, supaya merasa nyaman.
  9. Dapat berinteraksi dan bertoleransi dengan baik antar sesama teman dormitory, misalnya ketika istirahat, jam tidur siang atau malam. 

Unlimited Adventures Await!

Traveling Hemat dengan Pengalaman Seru Menginap Nginep di Hostel Pilih BestHostels Indonesia Nurul Sufitri
Yuk, Download Aplikasi BestHostels Sekarang Juga!

Traveling Hemat dengan Pengalaman Seru Menginap Nginep di Hostel Pilih BestHostels Indonesia Nurul Sufitri
Unduh Aplikasi BestHostels, Yuk!


Penginapan budget seperti hostel ternyata bisa menjadi rekomendasi travelers terutama backpackers yang ingin menginap hemat dengan fasilitas memadai. Pengelola hostel bersikap sopan, ramah, helpful tentunya, sehingga kita merasa diterima dengan baik dan diberikan pelayanan yang semestinya. Fasilitas utama maupun pendukung hostel pun masuk dalam kategori terbaik di BestHostels. Jadi, sudah tak ragu lagi menginap di hostel, bukan? 😀 Pengalaman tanpa batas menunggumu!

Sumber Referensi:

https://www.etalasebisnis.com/properti/3146/perbedaan-hotel-dengan-hostel-yang-perlu-kamu-tahu.html

https://blog.besthostels.co.id/strategi-hostel-di-indonesia-saat-pandemi/

https://www.beritasatu.com/gaya-hidup/629373/besthostelscoid-jadi-ota-khusus-hostel-pertama-di-ri

https://tekno.sindonews.com/read/18963/207/besthostelscoid-siap-eksis-jadi-ota-hostel-pertama-di-indonesia-1588741549

#LombaBlogBestHostelsIndonesia #Besthostels #Nginepnyadihostelaja


102 comments:

  1. Hostelnya cakep-cakep euy..Suka sama lobby nya yang bisa buat kumpul bareng2 ya.. Belum pernah sih nginep di hostel gini.. tapi ntar coba ah kepoin best hostels indonesia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak 😘😘 Zaman sekarang udah banyak hostel cakep2 dengan harga terjangkaaaaauuu. Sip2, silakan ceki2 website dan media sosial BestHostels ya lainnya ya.

      Delete
  2. WOWW, serunyaa udah ada Best Hostels Indonesia yg mengkurasi aneka hostel di negeri tercintaaaa!
    Aku baru sekali nginep hostel, pas plesir di San Francisco, Mak.
    Pilih hostel yg direkomen sohibku (diaspora yg tinggal di Amrik). Doi pilihkan yg aman, nyaman berkualitas, dgn harga 800 ribu per malam (jreeenggg!!) wkwkwkw.

    Untunglah, kalo di INDONESIA, taruf hostel masih "aman di kantong" yeee.
    Akupun tertarik bgt utk (suatu hari nanti) stay di Home Addicts Hostel
    Kece nian, fasilitas ciamik, dan harganya mantuulll! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kerennya mbak Nurul, nginep hematnya jauuuh di sana 😀😀 800K mayan euy hahaha. Tapi tenaaang aja, sekarang saatnya kita coba hostel2 di Indonesia. Iya, Gemesin banget Home Addicts Hostel yach hihihi.

      Delete
  3. seru banget ini traveling dan menginap di hostels yang harganya super ramah di kantong kelas menengah ke bawah seperti aku ini hehhehe.. anak-anak juga seneng nih modelan traveling begini, ada pengalaman yang bisa dibagikan sama temannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serunya pake bingits hahaha 😂😂 Murce2 lah nginep hemat di hostels. Lucu2 khaaan dormitory-nyaaaa 😍

      Delete
  4. Aku belum pernah pakai aplikasi ini, tapi menarik lah bisa dicoba untuk kapan hari pas mau dolan ke luar kota.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haseeeek...iya mas, silakan lihat2 BestHostels Indonesia 🤩🤩

      Delete
  5. Kalau pas travelling, datang ke penginapan kan udah malam, dan pastinya pengen segera tidur. Besok pagi-pagi udah berangkat lagi. Jadi Hostel emang lebih jadi pilihan di banding hotel ya mbak, kalau nginapnya di hotel kan sayang bayar malah tapi nggak menikmati fasilitas di kamar.

    Bagi yang travelling bawa anak, pastinya jauuuh lebih hemat kalau nginapnya di hostel, bisa ngumpul jadi satu kamar pula. Apalagi kalau nginapnya di Arjuna garden homestay. Dekat taman pintar dan cukup dengan biaya nginap 70 ribu kurang sekian aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe bener banget, mbak. Kita kudu punya taktik cantik supaya liburan bahagia tanpa over budget 😍😍 Kita bakalan lebih banyak di luar, berpetualang. Sampai di hostel tinggal mandi dan istirahat deh. Iya Arjuna Garden cute banget ya dan muraaah.

      Delete
  6. Waaaa, kudu dicatat nih Best Hostels Indonesia ini. Aku penasaran juga gimana rasanya nginep sama orang asing meski pastinya kita punya tujuan masing-masing dan gak bakal ngurusin orang lain. Yang terpenting, harganya itu bisa buat kantong backpacker, hehehe. Semoga segera kelar pandeminya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoiiiii 😘😘 Kalau dibayangin, bakalan seru ya sekamar dengan orang lain hehehe.... Aamiin, ga sabar jalan2 nih aku juga.

      Delete
  7. Wah, asik juga nih kalo nginep di hostel. Ramah budget ternyata. Melalui artikel ini aku juga baru tau ternyata homestay itu ya hostel juga ya hehehe. Sip lah, banyak info bermanfaat yang kudapat dari artikel ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okay mbak. Semoga nanti mbak dapat hostel pilihan sesuai kebutuhan yaaaaa 😊

      Delete
  8. Nuuuurrruuuulll!

    Kok dirimu menjawab keingintahuanku tentang hostel! Aku berencana nih mau berangkat ama temen-temen juga, dan sedang cari hostel keren untuk nginep murah meriah tapi tanpa melupakan unsur kenyamanan dan instagrammable hihi...

    Suka banget sama post ini, daku bookmark karena butuh banget nih infonya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiiiii, mbak Tantiiiiii hahaha 😍😍 Alhamdulillaah, makasih...sip2 silakan baca2 lagi nanti kalau butuh tentang BestHostels Indonesia 😀

      Aku juga udah lama berencana kepengen traveling bareng keluarga dan teman2 blogger. Tunggu aja tanggal mainnya 😆

      Delete
  9. Waaah OTA baru yg khusus hostel di Indonesia ya mba?? Aku dulu taunya kalo mau pesen hostel dari Hostelworld ATO hostelbookers. Baguus juga nih ada yg OTA dari indoensia , jadi hopefully LBH bersaing harganya :)

    Aku jujurnya ga terlalu suka stay di hostel, Krn alasan harus sharing itu. Aku tipe yg ga bisa tidur bareng orang yg aku blm kenal.

    Pernah sih nginep di hostel, tp aku pilih yg private room dan di dlmnya juga ada kamar mandi sendiri, ga sharing jadinya. Naah kalo hostel yg begini aku ga masalah. Pokoknya bisa private aja utk kamar dan kamar mandi. Mungkin Krn aku tipe kalo mandi ritualnya lama hahahhaa. Takut ganggu kalo harus stay di tempat yg sharing gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, mbak Fanny 😀 Nah, iyaaa tuh kan kita bisa pilih private room. Pas aku dan teman2 blogger nginep di Mitraa Inn Singapora juga sekamar ya sama mereka. Kok sama ya, aku juga kalau mandi bisa lamaaaaa 😁

      Delete
  10. Aku belum pernah nginep di hostel yg sekamar rame2 gitu mbak, paling kalau rekoleksi acara gereja gitu sering, sekamar isi 4, tp itu wisma kan emang ga disewakan untuk umum, buat kalangan sendiri aja.

    Kalau traveling rame2 sama teman paling mentok sewa apartemen, bisa buat ber 6 hihihi.

    Seru kali ya kalau di hostel gitu, lebih hemat budget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dulu deh mbak, insya allah syuka hehehe. Ceki2 aja di BestHostels Indonesia 😍

      Delete
  11. Sekilas Hotel dan Hostel tampak sama padahal berbeda. Dan pengalaman kita waktu itu di SIngapura menyenangkan ya mba. Aku suka sekali. Belum pernah nginap di Hostel di Indonesia. Makasih rekomendasinya mba. Jadi ada pilihan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sama2 mbak Al. Kita jadi terkenang saat nginep di Singapura ya 😀😀 Kapan2 kita coba bobo syantik di hostel dari BestHotels yaaach.

      Delete
  12. Platform Hostels, baru beberapa hari lalu saya tahu aplikasi ini. Udah sempat browsing-browsing cari referensi penginapan di Malang, rate-nya cukup menarik dan banyak banget pilihan tempat menginapnya. Apalagi ada pilihan room utk backpackeran, klo kami sekeluarga kayaknya sangat menarik ini klo pilih paket backpacker ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, menarik banget ya pilihan hostelnya banyak dan lucu2, unyu2 😀😀

      Delete
  13. aku pikir dulu klo hostel itu house hotel kayak property yang ditengah-tengah antara guest house ma hotel. N biasanya emang hostel ini lebih ramah kantong buat para backpacker ya mbak, karena yang penting kan penginapannya nyaman buat mereka beristirahat di kota tempat mereka bertraveling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, ramah di kantong kalau hostels mah 😁 Apalagi ada private room, ga mesti dorm semua. Privasi tetap ada.

      Delete
    2. Nah ini solutif banget jadi bisa ambil yang kamar mandi dalam n juga shared bathroom ya mbak

      Delete
  14. Wahhh best hostels bisa jadi andalan ya mbak untuk mencari hostel / penginapan sewaktu wisata yang jauh-jauh dari rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bettuuulll...Aku aja udah mantengin tuh 3 hostel di Jogja hahaha semoga bisa terealisasi lihat sikon ya aamiin 😀

      Delete
  15. hostel di Yogyakarta, yang nomor satu dan tiga dekat tempatku tinggal ... eh, malah tinggalku dekaaaat banget dengan Museum Sonobudoyo. Cuma 200 meter saja kurang lebihnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooooooh yach, mbak? Enaknyaaaa lokasi strategis bener deh hehehe :)

      Delete
  16. Waaa ini mah asyik banget
    Meskipun kategorinya hostel tapi fasilitasnya tetep mantap, gak asal-asalan atau sekedar tempat nginep
    Ternyata semua masuk dalam best hostel ya, jadi ya memang direkomendasikan dan terjamin
    Kayaknya asyik nih buat traveling rame-rame gitu ya, jadi wlopun harus berbagi kamar tetap dengan grup sendiri jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu dia bedanya BestHostels dengan hostel2 lainnya. Fasilitas baik, cakep2 kamarnya dll bikin betah nginep deh :)

      Delete
    2. DAn aku berdoa banyak-banyak agar pandemi segera berlalu. Kangen banget traveling trus menikmati hostel secakep ini. Mauuuuu

      Delete
    3. Makanya aku udah punya hostel2 incaran di Jogja nih mbak hehehe :D

      Delete
  17. Enaknya nginep di daerah Little Insia itu, kita gampang dapat makanan halal ya Mbak. Di Kampung Gelam juga bisa. Tapi jauh ke ujung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya :) Mesti eksplorasi lebih jauh biar teu hehehe.

      Delete
  18. Ga sabar pengin cobain nginep di hostel eniihh
    tentu ciamik karena udah terkurasi dgn sangat baik ya.
    Sip, mau ubek2 situsnya ahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, mbak :) Okeh2 met lihat2 website-nya.

      Delete
  19. Hostel sekarang desainnya kece kece banget ya mbk. Aku pas jalan jalan dadakan biasanya googling penginapan on the spot wkwkwk. Banyak pilihan, apalagi kalo jalan jalannya di kota besar seperti Bandung, bakal banyak pilihan hotel maupun hostel yang ramah di kantong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoiiiii, kalau sekarang biasanya travelers senang hostel yang instagramable. Kan buat kenang2an gituuuuh, apalagi kalau ramah di kantong, asik banget dong.

      Delete
  20. Tahun 2000an belum ada hostel di Indonesia jadi waktu itu mau ke luar kota nyari-nyari di internet nggak ada satupun. Padahal hostel itu andalan para backpacker banget untuk menekan budget seminimal mungkin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, alhamdulillaah kini semakin banyak hostel2 keren berkualitas yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan :)

      Delete
  21. Kebayang misal masih muda dulu dan jalan-jalan kemana-mana, paling pas nih nginep di hostel. Apalagi kalau senang kenalan dengan teman baru, oke banget nih. Kalau sekarang kayaknya bakalan nyaman kalau satu ruang dengan beberapa bed gitu untuk satu keluarga aja ya heheee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, sekarang juga masih muda mbak hehehe :D Iya, kita bisa pilih private room aja biar sekamar bareng keluarga.

      Delete
  22. Aaaaaakkkkkkkk... Gawat deh ini bikin semakin kangen liburan deh mbak, btw aku terakhir tuh pernah nginep di hostel waktu liburan ke Penang sama teman-teman. Karena kita explorenya selama seminggu dan emang pakai kamar hanya untuk tidur saja bukan untuk quality time jadi kalau lagi sama teman-teman fotografer gitu lebih senang ambil yang hostel. Selain lebih murah juga bisa menghemat selama berada di negara orang, hehehhee... Melihat rekomendasi hostel Yogyakarta aku malah tertarik pengen nyoba The Toeru Pod Jogja itu seru sepertinya ya. Jadi pengen lihat beberapa hostel lain yang ada di Best Hostel Indonesia deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, senangnya mbak Chichie ke Penang rame2 :D Iya ya pake buangeeeet hematnya menginap di hostel. IYa tuh The toeRu Jogja cantiiiik ya, ga sabar aku juga pengen nginep di sana. Sip2 met ubek2 BestHostels yaaach.

      Delete
  23. Seru yah mba bisa jalan bareng ke SIngapur bareng mba2 blogger lainnya udah gitu nginepnya di Hostel pastinya rame dan pengalaman menyenangkan..di Indonesia ternyata ada juga yah kaget banget CEO Hostelnya lebih muda dariku wkwkwkwk duh jadi pengen travelling terus tidurnya di Hostels

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah, iya mbak Herva. Nah, makanya nih kita sama2 penasaran ya nginep hemat di hostel2 di Indonesia. Semoga lekas terealisasi aamiin :)

      Delete
  24. menginap di hostel pasti jadi pengalaman yang menarik ya mbak
    aku pernah nginap di hostel saat ada kerjaan bareng teman teman ngeblog, nginep di tipe asrama, seru bisa rumpi bareng jadinya
    klo mau ajak keluarga mungkin bisa pilih hostel yang tipe private room ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sama temen2 yang ada begadang cerita2 seru hahaha. Iya, sama keluarga pilih private room aja 😊

      Delete
  25. Kalau traveling ke LN emang layaknya traveler low budget asal Indonesia aku pun jg nyari hostel mbak soalnya selain lbh murah jg kyknya lbh praktis dekat dengan beberapa area wisata gtu ya?
    Kalau di Indonesia sendiri terus terang belum pernah nyoba ke hostel tp kyknya menarik juga nih jaringan best hostel kapan2 dicoba pas lagi solo rveling gtu, apalagi kalau ada yg khusus cewek2 yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadinya kita makin kepo kan sama hostel2 di Indonesia? 🤗 Aku juga ga tahan nih kepengen buru2 nginep di BestHostels Indonesia 😍

      Delete
  26. kabayang serunyaa nginep di hostel rame2 gitu. andai bisa pergi bareng temen2 nginep di hostel aihh seneng banget. kelar pandemi, langsung cuss ah booking via best hostels :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Lihat2 aja mulai sekarang hehehehe 😀

      Delete
  27. Woo...Best Hostels Indonesia bisa menjadi alternatif terbaik saat travelling yaa..
    Meski kadang aku mikirnya, kalau pergi-pergi pengennya punya pengalaman seru di tempat menginap, jadi gak mau yang gitu-gitu aja.

    Kaya Capsule gitu...lucu juga.
    Nunggu anak-anak gedean yaak...biar bisa bolang bareng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, yang kapsul itu gemesin banget yaaaa hahaha 😂😂 Betah deh bobonya super nyenyak wkwkwkwkw...

      Delete
  28. Berangkat bersama... Heboh bersama dan bertualang bersama... Sama serunya dengan liburan itu sendiri ya Mak... Pengen cobain juga yang bisa bareng2 begini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dicobaaaa yeyeye 😍 sip mbak, ceki2 aja ya website BestHostels 😀

      Delete
  29. Aku dulu pengalaman tidur di hostel tadinya milih buat kita aja kupikir bisa bawa anak ternyata ga bisa jadilah kudu pake hostel yang sekamar gitu beberapa kamar

    Coba kenal ini ya pasti pas ke luar kemarin ga bingung :") yang penting harganya lebih terjangkau dibanding hotel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hitungannya per bed sih. Yang private room aja kalau bawa anak kecil biar lebih hangat dg keluarga 😊

      Delete
  30. Aku belom pernah nih nyoba nginep di hostel. Kayanya nanti pas pandemi selesai mesti cobain besthostels juga nih buat nyari pengalaman staycation baruuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, cocok buat kita yg pengen dapetin pengalaman baru yang seruuuu 🤩

      Delete
  31. Beberapa bulan ini saya lagi sering "studi banding" aplikasi penyewaan tempat tinggal untuk remote working di luar kota nih Mak. Rencananya pengen mulai travelling lagi mumpung kerjaan bisa dikelarin di mana aja, asal internet dan listriknya aman buat komunikasi sama tim. Bakal install Besthotels juga deh abis ini. Siapa tau ada harga menarik untuk tempat tinggal selama beberapa bulan di luar kota :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahkan yang +- 50K juga ada mbak. Murce2 deh rate hostel per bed per harinya...Fasilitasnya juga oke 😊

      Delete
  32. Hostelnya cakep-cakep ya. pasti siapapun yang menginap di sana jadi merasa nyaman dan nggak ingin pergi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget...yuk lihat2 hostel2nya. Unduh juga aplikasinya biar lbh nyaman ceki2nya 😊

      Delete
  33. Menurutku kalau hostel ini walaupun biasa tapi harga ramah dikantong dan cukup pas mau travelling selama kita lebih banyak diluar ruangan. Jadi bisa milih skala prioritasnya apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuuuul, mbak :D Liburan bahagia, namanya hehehe :D

      Delete
  34. Jujur belum pernah nginep di hostel, soalnya seringnya pergi brg keluarga nginep di hotel. Takut nya mah kurang privasi, tapi kalau lagi sendiri atau bareng temen backpaceran mah boleh juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pilih hostel yang menyediakan private room, Fril :)

      Delete
  35. Oh bedanya hotel dan hostel itu kalo hostel biayanya lebih murah dan tidak ada kelasnya. Cocok sekali buatku mbak yang kadang cenat cenut kalo lihat tarif hotel.

    Makasih banyak ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe iya Mas Agus. Sami2 😀 Met nyoba bobo di hostel ya.

      Delete
  36. Hostel cakep, instagramble, harga bersahabat, fasilitas oke, wah... ini mah idaman para traveller banget ya Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ditunggu2 travelers ini mah hostel2nya 😍

      Delete
  37. Yuhuu, makin sakaw traveling nih eikeh, mbaa :D
    Bismillah, semogaaaa rezeki utk ngetrip segera datang
    pandeminya udahan juga yak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya allah ya mbaaak, samaaaaa... aku juga ga tahan pengen jalan2 😍

      Delete
  38. Lengkap sekali infonya, jadi tergoda coba pengalaman menginap di BestHostels Indonesia.
    Beberapa kali kalau traveling aku sekeluarga nginep di hostel. Pasalnya sejak anak-anak sudah makin besar enggak cukup lagi satu kamar. Maka biasa pesan 2 kamar hotel, aku sama si sulung, Bapaknya sama si bungsu. Tapi kalau di tujuan tarif hotelnya lumayan tinggi, kami pilih hostel biar lebih hemat biaya.
    Senang jika sudah ada pilihan dari BestHostels yang bagus dan terjangkau sekali ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks mbak Dian 😍 Iya donk, kalau anak2 udah abg, ga mungkin 1 bed rame ya hahaha pada bongsor bodynya wkwkwkwkw...Nginep hemat di BestHostels pasti okeee 😘

      Delete
  39. Wahhh nambah satu lagi nih rekomendasi aplikasi untuk mencari akomodasi yang nyaman kalau lagi traveling, dududu jadi pengen traveling lagi euyyy, sudah rindu serindunyaa aku tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, silakan unduh deh aplikasinyaaa biar bisa lebih asik ceki2 hostelsnya 😀😀

      Delete
  40. emang seru sih traveling nginep di hostel-hostel, dulu awalnya agak canggung tapi sekarang jadi seneng, selain lebih hemat berasa punya banyak temen kalo tidur, gak serem lagi daripada tidur sendirian di hotel :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, mas hehehe..Bisa punya teman baru ya kalo barengan di dormitory 😁

      Delete
  41. Enak ya di hostel kalau ramai-ramai dengan teman pikniknya jadi lebih guyub tidurpun bareng.. Kalau dengan orang asing rada aneh rasanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, ajak teman se-genk buat sekamar bakalan asyiiiik 😍😍😁

      Delete
  42. Akhirnya, ada platform yang khusus untuk mengakomodasi orang yang suka hemat kalau bepergian kayak saya ini untuk urusan menginap. Segera di bookmark nih buat persiapan kala pandemi mereda dan jadwal aktivitas luar kota kembali mengisi kalender, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah ya 😍😍 Bookmark trus unduh aplikasi BestHostels di HP 😘😘 Makin semangat jalan2 hemat nanti dwh 😀

      Delete
  43. Mau unduh juga ah supaya tahu hotel-hotel rekomendasi selama di Bandung
    Ya, Bandung ini kota impian banget buat saya untuk menjejakkan kaki di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk, unduh aplikasi BestHostels. Aku juga lagi demen lihat2 hostel di Jogja dll 😊

      Delete
  44. Kalau Nemu aplikasi BestHotels gini bisa pengin traveling Mulu bawaannya, Mbak. Semoga ya pandemi cepat usai agar pelesiran bisa kayak dulu lagi. Dengan bantuan BestHotels cari penginapan murah bukan lagi impian tapi jadi kenyataan. Bisa nginap bareng teman-teman sambil menikmati kuliner setempat, amboi asyik!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senangnyaaa ya sekarang ada solusi penginapan hemat di hostel 😍😍 Iyaaa, aku juga udah ga sabaaar kepengen traveling bareng keluarga dan teman2 😀

      Delete
  45. Ternyata di Indonesia pun sudah banyak pilihan hostel ya. Apalagi ada aplikasi khususnya. Jadi lebih mudah untuk mengatur perjalanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, mbak 😍😍 Kalau udah donlot aplikasinya, makin enak deh ceki2 hostelnya hehehe.

      Delete
  46. Sudah ada platform baru nih di dunia marketplace perhostelan hehe, sayangnya aq baru tau skrg, masa solo traveling ku sudah habis, tp ntar dicoba utk liburan bersama keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa 😁 Memang tergolong baru kok. Asyik kan, BestHostels bisa menjadi solusi kita traveling hemat bareng keluarga maupun teman2.

      Delete
  47. Keren ulasan aplikasi BestHostels nya Bu Nurul, jadi tahu bedanya Hotel dan Hostel serta SOP dan tips memilih Hostel. Beberapa kali menggunakan Hostel di beberapa negara saat backpakeran, pemilihan Hostel memang penting dan memang mirip seperti yang ditulis Bu Nurul. Pernah menginap di Hostel dengan 10 orang 1 kamar dan isinya semua backpaker dan bayangkan saat mencuci bareng dan menjemur bareng 😁😁😁, rentengan aneka macam rafia dan tali berebut di jendela. Terima kasih atas informasinya Bu Nurul 🙏🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, terima kasih, Pak Eko :) :) Hahahaha rupanya ada keseruan menjemur pakaian bareng teman2 baru di hostel luar negeri ya, Pak wkwkwkwkwk :D Iyaaa, kini udah ada platform hostels unggulan di Indonesia. Silakan ceki2 deh BestHostels Indonesia. Lebih asyik lihat2nya di aplikasi (Download dulu :) maupun website).

      Delete
  48. pengalaman saya kemarin nginep di hostel bawa anak yang aktif kurang rekomended, apalagi sekamar ada bnyak bunk bed. kalau anak berisik takut mengganggu
    tapi kalau nginep sama temen di hostel jdi seru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik pilih hostel yang menyediakan private room aja, mbak :) Iyaaaa, seruuuu pasti ya kalau nginep sekamar bareng teman2 segenk hehehe :D

      Delete
  49. noted mom, dulu aku gak tau bedanya hotel dengan hostel .. wkkwwkwkwk..

    btw, jujur aku sih belom pernah bobok di hostel, tapi makasih loh repiunya ini beneran membantu banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, sama2 mak Ruffie :) Selamat mencoba nginep hemat di hostel ya.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.